1 Malam
Cari Kamar

14 Hotel Di Balikpapan

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Harga Per Malam
Rp. 248,000
Sisa 3 kamar

Harga Per Malam
Rp. 213,000
Sisa 5 kamar

Harga Per Malam
Rp. 190,000
Sisa 3 kamar

Harga Per Malam
Rp. 236,400
Sisa 5 kamar

Harga Per Malam
Rp. 295,000
Sisa 4 kamar

Harga Per Malam
Rp. 200,000
Sisa 2 kamar

Harga Per Malam
Rp. 178,000
Sisa 3 kamar

Harga Per Malam
Rp. 165,800
Sisa 3 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Asal usul Balikpapan

Kota Balikpapan dinamai dengan berdasarkan salah satu dari cerita rakyat yang ada di Balikpapan. Cerita tersebut menceritakan tentang rasa kehilangan seorang ratu bernama Aji Tatin terhadap panglima yang dipercayainya karena arus ombak sangat besar saat panglima menyeberang dan akan memungut upeti. Karena rasa sedih tersebut, ratu Aji Tatin menamai teluk tempat tenggelamnya kapal dengan nama Balikpapan yang diambil dari kata Balik dan juga Papan.

Kota Balikpapan

Balikpapan adalah salah satu kota yang populer di Indonesia. Popularitas Balikpapan ini disebabkan karena banyaknya tambang minyak yang ada di kota tersebut. Banyaknya tambang minyak ini kemudian menyebabkan Balikpapan mendapatkan sebutan sebagai Kota Minyak. Meskipun disebut sebagai kota minyak, Balikpapan juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan.

Cara ke Balikpapan

Kota Balikpapan adalah salah satu kota yang terletak di puau Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Timur. Ada banyak jalur yang bisa anda gunakan untuk mencapai kota ini. Ada jalur darat, laut dan yang jelas jalur udara.

Mencapai Kota Balikpapan Melalui Jalur Udara

Untuk mencapai Kota Balikpapan, anda bisa melakukannya melalui jalur udara yaitu dengan melakukan penerbangan langsung ke Kota Balikpapan. Di Kota Balikpapan ada sebuah bandara yang disebut sebagai Bandara Sepinggan, bandara ini kemudian berganti nama menjadi bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Bandara ini adalah bandara internasional dan merupakan bandara terbaik di Indonesia pada tahun 2014.

Untuk dapat lepas landas di bandara ini dari area domestik, anda bisa menumpang salah satu dari beberapa pesawat penerbangan berikut:

 

  • Batavia Air
  • Citilink
  • Garuda Indonesia
  • Lion Air
  • Sriwijaya Air
  • Batik Air
  • Air Asia
  • Kal Star Aviation

 

Untuk harga tiket masing-masing-masing penerbangan anda bisa melakukan pengecekan sendiri karena harga tiket bisa berbeda-beda setiap harinya. Di bandara ini anda bisa menemukan beberapa pelayanan umum seperti ATM center, restoran, mini bat, troli, meja informasi, tempat membeli tiket dan juga FIDS. Dari bandara, anda bisa melanjutkan perjalanan anda dengan menggunakan alat transportasi pribadi atau menggunakan alat transportasi umum berupa angkutan kota dan juga taksi.

Mencapai Kota Balikpapan Melalui Jalur Darat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Kota Balikpapan memang merupakan kota yang memiliki banyak tempat wisata. Hal ini menyebabkan bukan hanya orang yang berbisnis aja yang datang kesana tapi juga mereka penduduk lokal yang sedang mencari hiburan. Bagi anda yang berada di sekitar Kota Balikpapan, anda bisa mencapai Kota Balikpapan dengan jalur darat atau jalur udara seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Bagi anda yang ingin mencoba menggunakan jalur darat anda bisa menggunakan transportai umum seperti bus.

Bagi anda yang berada di luar kota, anda bisa menggunakan angkutan umum bus dengan tujuan Batu Ampar atau Damai, Batu Ampar dan juga Damai adalah terminal-terminal yang ada di Kota Balikpapan. Bagi anda yang berasal dari Samarinda, Bontang dan juga Sepaku anda bisa menggunakan Bus atau Mini Bus untuk mencapai terminal Batu Ampat, sedangkan Damai hanya bisa dicapai oleh angkutan umum dan juga mini bus yang berasal dari Hadil II.

Mencapai Kota Balikpapan Melalui Jalur Laut

Jika anda berada di luar pulau, anda bisa menggunakan jalur udara seperti yang telah disebutkan sebelumnya dan juga jalur laut dengan menggunakan kapal. Jika anda memilih jalur laut untuk mencapai Kota Balikpapan, maka anda bisa berlabuh di salah satu dari 2 pelabuhan yang ada di Kota Balikpapan ini. Pelabuhan yang ada di Balikpapan ini antara lain adalah pelabuhan Semyang dan juga Pelabuhan Kariangau.

Pelabuhan Semyang

Pelabuhan Semyang adalah salah satu dari 2 pelabuhan domestik di Kota Balikpapan. Pelabuhan domestik Semyang ini adalah pelabuhan yang sangat ramai baik karena penumpangnya yang padat maupun karena barang-barang yang datang. Pelabuhan ini melayani pelayaran domestik dari kota-kota tertentu seperti Surabaya, Makasar, Parepare dan juga Batulicin.

Pelabuhan Kariangau

Pelabuhan Kariangau adalah salah satu pelabuhan yang juga ada di Balikpapan, pelabuhan ini sesungguhnya adalah pelabuhan yang digunakan untuk peti kemas dan barang-barang lainnya. Pelabuhan in melayani pelayaran dari Mamuju, Palu dan juga Penajam.

Transportasi di Kota Balikpapan

Bagi anda yang akan datang ke Balikpapan tapi tidak memiliki alat transportasi pribadi anda bisa menyewa mobil disana. Jika anda ingin berwisata secara backpacking, anda juga bisa menggunakan alat angkutan umum di Balikpapan. Kota Balikpapan memiliki banyak sekali alat angkutan umum baik itu angkutan kota ataupun bus dan juga taksi.

Di Kota Balikpapan, anda bisa menemukan alat angkutan kota yang sangat lengkap. Ada 8 macam alat angkutan kota yang dimiliki oleh Kota Balikpapan, masing-masing jenis dibedakan dengan menggunakan warna-warna angkotnya. Warna-warna tersebut digunakan untuk membedakan tujuan dari angkot tersebut, misalnya jika anda ingin ke asrama Bukit dan ke Kebun Sayur dari terminal Batu Ampar anda bisa naik angkot yang memiliki warna orange. Selain warna orange ada juga warna-warna angkot yang lainnya seperti warna abu-abu, hijau muda, biru muda, biru tua, kuning tua, hijau tua dan juga coklat muda atau warna krem.

Jika menggunakan angkutan kota sedikit membingungkan bagi anda, maka anda memiliki pilihan untuk menggunakan alat transportasi yang lain yaitu taksi. Jika anda ingin menggunakan taksi pastikan bahwa taksi yang anda tumpangi memiliki salah satu nama dari daftar nama taksi resmi di Kota Balikpapan ini.

  • Borneo taksi
  • Global taksi
  • Mawar taksi
  • Dan juga Kalung Mas taksi.

Tempat Wisata di Balikpapan

Ketika seseorang datang ke Kota Balikpapan tujuannya bisa bermacam-macam, ada yang mengunjungi keluarganya, acara bisnis atau sekedar untuk jalan-jalan. Jika anda ingin memperluas pengetahuan anda mengenai tempat wisata di Indonesia khususnya di Kota Balikpapan, berikut ini dalah tempat wisata yang wajib anda kunjungi

KWPLH Beruang Madu dan Penangkaran Buaya Terintip

Jika anda sedang berjalan-jalan dengan anak anda maka wisata yang paling tepat adalah dengan mengajaknya untuk lebih dekat dengan alam. Kalimantan adalah salah satu pulau yang populer dengan hutannya dan juga kekayaan satwa yang ada di dalamnya. Salah satu hewan dari hutan tropis yang bisa anda ajak berkenalan dengan anak anda adalah beruang madu. Di Balikpapan, anda bisa berkunjung ke KWPLH Beruang Madu untuk melihat Beruang Madu di Habitat Aslinya. KWLPH beruang madu adalah sebuah penangkaran yang digunakan untuk melindungi beruang madu yang merupakan maskot dari Kota Balikpapan.

Penangkaran Buaya Terintip

Selain beruang madu center, anda juga bisa menemukan tempat wisata kehewanan lainnya di Balikpapan, tempat ini adalah penangkaran buaya terintip. Penangkaran buaya terintip ini adalah sebuah penangkaran buaya yang hingga saat ini memiliki jumlah dan jenis yang beragam, sangat cocok untuk wisata pengenalan bagi anak-anak anda. Tapi jika anda mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk terus mengawasi mereka ya.

Carribean Waterpark Balikpapan

Selain mengajak anak jalan-jalan kealam, anda juga bisa mengajak anak anda untuk berwisata di waterpark. Water park yang ada di Balikpapan ini disebut dengan Carribean Waterpark. Sesuai dengan namanya waterpark ini memiliki tema bajak laut yang terinspirasi dari salah satu film Hollywood yang berjudul The Pirates of Carribean.

Pantai Kemala Balikpapan

Pantai Kemala adalah sebuah pantai yang populer di Balikpapan. Pantai ini banyak diminati karena pemandangannya yang indah dan juga sentuhan-sentuhan manusia yang nampak makin apik. Pantai Kemala ini disebut juga dengan pantai Polda karena pengelolaannya dilakukan oleh polisi daerah Kalimantan Timur.

Pasar Kebun Sayur

Jika anda mendengar Kebun Sayur mungkin anda akan berpikir mengenai sebuah daerah yang penuh degan Kebun Sayuran bukan? Anda salah jika berpikir seperti itu. Pasar Kebun Sayur di Balikpapan ini sebetulnya adalah sebuah pasar kerajinan tangan yang dibuat oleh masyarakat Dayak dengan menggunakan motif-motif Dayak yang populer.

Kuliner Balikpapan

Jika mengunjungi suatu daerah, maka anda tidak boleh lupa untuk mencoba masakan daerah dan juga makanan terkenal di daerah tersebut, begitu juga di Balikpapan. Berikut ini adalah tempat-tempat seru dengan kuliner yang menarik yang tidak boleh anda lewatkan di Balikpapan.

Taman Bekapai Tempat Nongkrong di Balikpapan

Jika anda adalah pengunjung Balikpapan yang bejiwa muda, anda wajib datang ke Taman Bekapai. Taman Bekapai adalah taman kebanggan warga Balikpapan dan sangat populer dikalangan anak muda. Taman ini memiliki banyak pengunjung baik di siang hari atau malah hari karena suasannya yang sejuk di siang hari dan juga sangat indah di malam hari.

Tempat Makan Enak di Balikpapan

Selain nongkrong, anda juga bisa menikmati kuliner yang enak di Balikpapan ini. Ada beberapa rekomendasi makanan enak yang bisa anda coba ketika berada di Balikpapan. Tempat makanan tersebut antara lain adalah:

  • Nasi Kuning Haji Daud di pasar segar Balikpapan
  • Nurjana-Miki daerah Balikpapan Plaza
  • Soto Banjar Kuin dan juga RM Haji Isna di daerah Gunung Sari
  • Pondok kelapo di darah Pelabuhan Semayang
  • Bakso Iga DAM
  • Bakso Lik Min
  • Dan lain-lainnya

Kuliner Malam Balikpapan Mie Ayam Legend

Selain makanan-makanan di tempat yang telah disebutkan diatas, anda juga tidak boleh melewatkan kuliner tengah malam di Balikpapan ini. di Balikpapan, ada sebuah tempat makan yang hanya buka setelah lewat tengah malam. Warung makan ini bernama Mie Ayam Legend, lokasinya ada di Jalan MT. Haryono. Kuliner ini laris ditengah malan tentu saja karena rasa mie ayamnya yang tidak biasa.

Ocean’s, Restoran nomor wahid di Balikpapan

Jika anda masih kurang puas dengan kuliner yang telah disebutkan diatas, anda bisa mencoba makanan-makanan yang ada di Ocean’s. Ocean’s adalah sebuah restoran mewah yang dinilai memiliki pelayanan dan juga makanan yang istimewa. Memiliki pemandangan yang bagus dan juga makanan dari lobster dan kepiting yang istimewa.

Oleh-Oleh khas Balikpapan

Pusat Oleh-oleh Balikpapan

Jika anda akan pulang, jangan lupa untuk datang ke pusat oleh-oleh yang ada di Balikpapan dan membawakan sanak family oleh-oleh makanan atau barang khas Kalimantan. Untuk oleh-oleh barang anda bisa mengunjungi pasar kebun buah yang telah disebutkan diatas, tapi jika mengenai makanan anda bisa mengunjungi daerah-daerah yang menjual oleh-oleh seperti Ahmad Yani dan juga kawasan Stal Kuda.

Jajanan Khas Balikpapan

Untuk oleh-oleh jajanan, anda bisa membawa pulang beberapa jenis makanan jajan dari Balikpapan sebagai berikut:

  • Bingka
  • Amplang
  • Bakpia Balikpapan
  • Olahan kepiting

Daftar Mall Di Balikpapan

  • BSB-ewalk
  • Mall BC
  • Mall fantasy
  • Mall BunSay atau Kebun Sayur
  • BTC
  • B-Square

Event di Balikpapan

Ada banyak acara yang sering digelar di Balikpapan baik yang tahunan manupun acara biasa. Diantaranya ada Balikpapan Fair, Balikpapan Energy, Classical Night dan masih banyak lagi.

Hotel di Balikpapan

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Balikpapan. Jika anda yang berasal dari luar Balikpapan lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Balikpapan dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Balikpapan ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

Rekomendasi Hotel Murah di Balikpapan

  • Airy MT Haryono 55 Balikpapan
  • Airy Klandasan Ilir APT Pranoto 16 Balikpapan
  • Airy Gunung Bahagia MT Haryono 77 Balikpapan
  • Airy Damai MT Haryono 2 Balikpapan