Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
December 2018
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

9 Hotel Di Bandar Lampung

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 245,600

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Bandar Lampung

Bandar Lampung adalah sebuah kota sekaligus ibukota kota provinsi Lampung. Kota ini mulai menarik perhatian para wisatawan dari berbagai daerah karena memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Selain itu, Bandar Lampung juga memiliki banyak daya tarik lain yang membuat kota ini menjadi begitu istimewa.

Asal Usul Bandar Lampung

Bandar Lampung pada masa kolonial Hindia Belanda adalah wilayah Onder Afdeling Telokbetong. Kota ini terdiri dari Telokbetong sebagai ibukota dan mencakup beberapa daerah di sekitarnya. Kemudian Kota Telokbetong menjadi ibukota Keresidenan Lampung dan Tanjungkarang menjadi ibukota Onder Afdeling Telokbetong. Pada jaman penjajahan Jepang, Telokbetong dan Tanjungkarang dijadikan sebagai kota yang dipimpin oleh shicho dan fukushicho. Selanjutnya kota Telukbetung dan Tanjungkarang terus berubah dan mengalami perluasan sehingga menjadi kotamadya. Berdasarkan PP No. 24 Th. 1983, kotamadya DATI II Tanjungkarang – Telukbetung menjadi Kotamadya DATI III Bandar Lampung. Hingga saat ini nama Bandar Lampung pun tetap digunakan sebagai ibukota provinsi Lampung.

Cara ke Bandar Lampung

Jalur Udara

Bagi Anda yang datang dari luar daerah menggunakan pesawat, Anda dapat mencari penerbangan dengan tujuan Bandara Raden Intan II d(Branti) di Natar, Lampung Selatan kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat sejauh 22km ke Bandar Lampung bisa dengan menggunakan angkot ataupun taksi menuju Terminal Rajabasa Lampung. Harga angkutan kota ke terminal tersebut dari bandara mulai 6-8 ribu saja sedangkan pesawat dari Jakarta menuju Lampung berkisar 150-200 ribuan.

Jalur Darat

Bagi Anda yang berangkat dari Jakarta, Anda bisa naik Damri. Tetapi Damri tersebut tentu juga harus tetap menyeberang Selat Sunda. Rute yang tersedia adalah Jakarta – Merak – Bakauheni – Tanjung Karang. Harga Damri bermacam-macam bergantung dengan kelas yang ingin anda gunakan. Perjalanan menggunakan bus Damri paling cepat selama 6 jam, dengan asumsi Jakarta - Merak selama 2 jam, menyeberangi selat sunda selama 2 jam, kemudian Pelabuhan Bakauheni menuju Terminal Rajabasa Lampung selama 2 jam.

Jalur Laut

Untuk jalur laut, Anda dapat menyeberang dengan kapal dan berlabuh di Pelabuhan Bakauheni. Namun telah dibuka jalur tol laut antara Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Panjang Bandar Lampung yang bertaraf internasional.

Transportasi Di Lampung

  • Ojek, di Bandar Lampung juga terdapat ojek sama seperti ojek – ojek di daerah lain. Anda juga dapat memesan ojek online yang sekarang sudah banyak merambah kota-kota besar di Indonesia termasuk Bandar Lampung. Tentunya ojek dapat mengantarkan anda langsung ketempat tujuan, baik tempat wisata, rumah saudara, hotel, penginapan dan lainnya.
  • Angkutan Umum, Anda dapat menjelajah kota Bandar Lampung menggunakan angkutan umum. Angkot di sana memiliki beberapa rute yang dapat dipilih sesuai dengan tujuan.
  • Taksi, Di Bandar Lampung sudah terdapat taksi baik taksi konvensional maupun taksi online. Jadi jangan takut jika anda tak bisa bepergian dengan menggunakan taksi di kota ini.

Tempat Wisata di Bandar Lampung

Lokasi kota ini yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera menjadikan objek wisata alam di sana begitu memukau dengan panorama yang luar biasa. Selain wisata alam, kota ini juga memiliki berbagai macam destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik.

Pulau Pahawang

Ini adalah sebuah taman laut yang dikenal akan keindahannya. Pulau ini memiliki luas 1084 hektar dan terdiri dari dua pulau yakni Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Perlu perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Bandar Lampung untuk sampai di tempat ini.

Museum Negeri Lampung

Ini adalah museum pertama dan terbesar yang terdapat di Lampung dan menjadi kebanggaan penduduk Bandar Lampung. Museum ini menjadi destinasi wisata sejarah, penelitian, pendidikan, dan rekreasi. Lokasi museum ini berada di Jalan ZA Pagar Alam 64.

Pantai Tirtayasa

Letak kota Bandar Lampung yang langsung berbatasan dengan Teluk Lampung menjadikan tempat ini memiliki banyak destinasi wisata pantai. Pantai Tirtayasa berada di Dusun Way Tataan, Sukamaju, Teluk Betung Timur, Bandar Lampung. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang cukup sepi.

Taman Kupu-kupu Gita Persada

Ini menjadi destinasi favorit bagi para wanita. Lokasi taman ini berada di kaki Gunung Betung. Dari pusat kota Bandar Lampung, lokasi ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 15 menit. Taman ini menjadi rumah bagi sekitar 100 jenis kupu-kupu Sumatera.

Masjid Agung Al-Furqon

Ini adalah tempat wisata religi di Bandar Lampung. Lokasi masjid ini berada di persimpangan antara Jalan Diponegoro dan Jalan Dr. Susilo. Masjid Agung ini merupakan masjid terbesar di Lampung. Masjid ini tersusun dari dua lantai di mana lantai dasar dimanfaatkan sebagai ruang pertemuan.

Pura Kerti Bhuana

Wisata religi ini berada di Way Lunik, Kecamatan Panjang, lebih tepatnya di Jalan Bypass Soekarno-Hatta. Pura ini juga dikenal dengan nama Pura Jagatnatha Kerti Bhuana. Pura ini dibangun pada tahun 1974. Desain pura ini hampir sama seperti pura – pura yang ada di Bali.

Vihara Thay Hin Bio

Vihara Thay Hin Bio merupakan tujuan wisata religi bagi masyarakat keturunan Tionghoa. Lokasi vihara ini berada di Kampung Pecinan Teluk Betung, Pesawahan, Telung Betung Selatan. Walaupun memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, vihara ini merupakan kelenteng terbesar dan tertua di Bandar Lampung.

Monumen Tugu Siger

Menara Siger berada di Bukit Gampung yang sangat ikonik di Bakauheni. Karena saking menariknya di Bandar Lampung pun didirikan monument serupa sebagai replika dengan nama Monumen Tugu Siger. Lokasinya berada di pertigaan jalan di Bandar Lampung. Siger merupakan mahkota pengantin wanita Lampung berbentuk segitiga warna emas yang berlekuk – lekuk.

Pulau Pasaran

Pulau kecil dengan luas sekitar 8 hektar ini masuk di wilayah Teluk Betung Barat, Bandar Lampung. Pengunjung dapat mengakses tempat ini dengan jembatan kayu yang dapat dilewati sepeda motor sehingga tidak perlu menggunakan perahu. Di sana pengunjung dapat melihat proses pembuatan ikan asin.

Pantai Puri Gading

Pantai ini berada di kawasan Perumahan Puri Gading, Lempasing. Walaupun merupakan pantai privat, pantai ini sudah dibuka untuk umum. Di sana, pengunjung dapat berperahu ke pulau – pulau kecil atau bermain banana boat.

Pelabuhan Panjang

Ini adalah pelabuhan bertaraf internasional di Bandar Lampung. Destinasi ini sangat cocok bagi pengunjung yang memiliki hobi fotografi.

Kuliner di Bandar Lampung

Bandar Lampung menyajikan berbagai macam kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa pilihan yang wajib dicoba

  • Seriut, Ini adalah makanan dengan bahan dasar ikan yang dibakar dan dicampur dengan sambal terasi Lampung, tempoyak, dan kadang diberi mangga. Jenis ikan yang umum digunakan adalah ikan layis, ikan baung, ikan balide, dll.
  • Tempoyak, Kuliner ini wajib dicoba bagi para penggemar durian. Ini adalah makanan dari bahan dasar durian yang sudah difermentasi. Fermentasi durian tersebut kemudian diolah dengan ikan seperti ikan mas, mujair, teri, atau yang lainnya.
  • Gegaduh, Ini adalah kuliner berupa kudapan dengan citarasa manis. Bahan dasar kue ini adalah pisang yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung terigu, selai, dan susu. Jenis pisang yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah pisang kapok.
  • Gulai Taboh, Makanan ini terbuat dari bahan dasar umbi-umbian dan kacang-kacangan. Masakan bersantan ini dicampur dengan kacang tanah dan kacang hijau atau jenis kacang lainnya, rebung, dan kentang.
  • Umbu, Ini adalah kuliner dengan citarasa pahit seperti pare yang berasal dari rotan muda rebus. Rotan rebus tersebut diolah menjadi beragam sayuran seperti oseng-oseng atau dicampurkan pada masakan lainnya.
  • Engkak, Makanan ini menawarkan citarasa manis dari bahan dasar telur,mentega, gula, tepung ketan, santan, dan susu. Kudapan ini kemudian diolah dengan cara dipanggang.
  • Gabing, Bahan dasar kuliner ini adalah batang kelapa muda iris yang dimasak dengan aneka bumbu rempah. Masakan berkuah ini biasanya dicampur dengan daging, atau jamur untuk memberikan citarasa unik.
  • Lapis Legit, Kue ini memiliki ciri khas berlapis – lapis dan memiliki tekstur lembut dengan citarasa yang manis.
  • Pindang Lampung, Pindang merupakan sajian dengan kuah berwarna kuning dan memiliki citarasa asam gurih seperti Tom Yam. Daun kemangi yang dicampurkan pada sajian ini membuat aromanya terasa lebih sedap.

Oleh-oleh Khas Bandar Lampung

Bagi Anda yang berkunjung ke Bandar Lampung, jangan lupa untuk berbelanja oleh-oleh khas kota ini. Ada banyak pilihan produk yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga dan teman:

  • Lapis Legit
  • Kopi Lampung, Di Bandar Lampung terdapat banyak kedai kopi yang menyajikan kopi khas Lampung. Kopi Lampung memiliki citarasa dan aroma yang sangat khas. Ada banyak pilihan merek kopi lampung yang sudah populer dan banyak tersedia di toko oleh-oleh.
  • Kemplang, Ini adalah kerupuk yang terbuat dari ikan. Kerupuk tersebut digoreng dengan pasir dan biasanya disajikan dengan sambal.
  • Lempok Durian, Oleh-oleh ini memiliki tampilan seperti dodol tetapi menggunakan bahan dasar durian.
  • Kain Tapis, Ini adalah kain khas Bandar Lampung yang memiliki motif sangat unik.
  • Keripik Pisang, Bandar Lampung termasuk kota penghasil pisang. Keripik pisang tersebut banyak dibuat oleh industri rumah tangga.
  • Keripik Nangka, Ini adalah keripik dari bahan dasar nangka yang sudah dikeringkan. Keripik khas Lampung ini memliki citarasa yang gurih, manis, dan renyah.
  • Sambal Lampung, Sambal ini sudah dikemas dalam kemasan modern dan memiliki citarasa yang khas dibandingkan jenis sambal lainnya.
  • Manisan Lampung, Manisan ini terdiri dari berbagai macam variasi seperti manisan salak, pepaya, pala, lobi-lobi, dll. Manisan ini juga dikenal sebagai Manisan Yen – Yen.

Daftar Mall di Bandar Lampung

Sebagai ibukota provinsi, Bandar Lampung telah menjadi kota yang sibuk dengan berbagai aktivitas. Untuk memenuhi kebutuhan berbelanja dan hiburan, di sana sudah terdapat beberapa pusat perbelanjaan atau mall yang selalu ramai dikunjungi

Mall Boemi Kedhaton

Ini adalah mall terbesar di Lampung. MBK didirikan di atas lahan seluas 3 hektar dan terdiri dari 4 lantai dengan 1 basemen. Luas bangunan mall ini sekitar 50.000 meter persegi. Mall yang mulai beroperasi sejak tahun 2014 silam ini berada di Jalan Teuku Umar-Sultan Agung No. 1 Kedaton. Pintu masuk mall ini berada di Jalan Sultan Agung sedangkan pintu keluarnya di Jalan Teuku Umar.

Ramayana Rajabasa atau Mall Lampung

Mall ini lebih tua dibandingkan MBK. Lokasinya berada di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam. Para pengunjung di mall ini biasanya menghabiskan waktu untuk nongkrong dan berbelanja.

Central Plaza

Mall ini didirikan tahun 2009 dan berada di Jalan Kartini No 21,Bandar Lampung. Mall Central Plaza terdiri dari 3 lantai dan didominasi oleh outlet pakaian, sepatu, dan aneka produk fashion lainnya. Di sana juga sudah terdapat bioskop.

Mall Kartini

Mall yang juga dijuluki sebagai Moka ini berada di Jalan Kartini No. 49, Bandar Lampung dan dekat dengan Central Plaza. Mall ini berdiri pada tahun 2003.

Chandra Department Store Lampung

Lokasi mall ini berada di Jalan Hayam Wuruk Pemuda Nomor 1, Tanjung Karang atau di belakang Ramayana Lampung. Selain outlet belanja, di sana juga terdapat Samsat dan tempat untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Simpur Center

Mall ini terletak di Jalan Raden Intan No 32, Tanjung Kadar. Ini merupakan salah satu mall dengan pusat elektronik yang lengkap.

Plaza Lotus

Lokasi plaza ini berada di Jalan Raden Intan No. 61, Tanjung Karang. Plaza Lotus terdiri dari 4 lantai dengan berbagai macam outlet di dalamnya.

Event Terkenal di Bandar Lampung

Festival Krakatau

Festival rutin tahunan ini sudah diselenggarakan sejak tahun 1990. Ini adalah parade kebudayaan yang memfokuskan pada kekayaan tradisi dan budaya Lampung sekaligus ajang promosi pariwisata Lampung.

HUT Provinsi

Peringatan hari ulang tahun Provinsi Lampung selalu digelar di Bandar Lampung dengan berbagai acara dan festival yang meriah. Hari ulang tahun tersebut jatuh pada tanggal 18 Maret.

Hotel di Bandar Lampung

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Bandar Lampung. Jika anda yang berasal dari luar Bandar Lampung lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Bandar Lampung dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Bandar Lampung ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

Rekomendasi Hotel Murah di Bandar Lampung

Setelah anda mengunjungi berbagai tempat wisata di kota Bandar Lampung seharian, mungkin diantara anda perlu hotel atau penginapan untuk menginap untuk tidur dan melanjutkan perjalanan wisata esok harinya. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Bandar Lampung.

  • Airy Tanjung Gading Gatot Subroto 63 Bandar Lampung, Hotel ini berada dipusat kota Bandar Lampung. Anda dapat menemukan tempat makan yang terkenal di dekat hotel ini seperti RM. Mbok Wito, Otosan Suki Restaurant, Pondok Kemuning, Azalea Restaurant, Nudi - Eat, Drink, Leasure dan lainnya.
  • Airy Tugu Adipura Jendral Suprapto 19 Bandar Lampung, Hotel ini juga ada di pusat kota Bandar Lampung. Anda dapat menemukan tempat makan yang menarik disekitar hotel ini seperti Dawiels Cafe & Resto, Aka Express, Sate Cak Umar, Marga Lie Noodle House & Resto, Bakso Sonhaji Sony dan lainnya.

Itulah rekomendasi hotel murah di Bandar Lampung yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Bandar Lampung ini. Tentunya hotel-hotel murah bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Bandar Lampung ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.