1 Malam
Cari Kamar

23 Hotel Di Banjarmasin

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Harga Per Malam
Rp. 312,000
Sisa 3 kamar

Harga Per Malam
Rp. 248,400
Sisa 3 kamar

Harga Per Malam
Rp. 189,000
Sisa 1 kamar

Harga Per Malam
Rp. 180,300
Sisa 1 kamar

Harga Per Malam
Rp. 330,800
Sisa 4 kamar

Harga Per Malam
Rp. 177,800
Sisa 4 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 2 halaman
Selanjutnya
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Banjarmasin

Banjarmasin dikenal sebagai kota Seribu Sungai karena di sana memang terdapat banyak sekali sungai,. Oleh sebab itu, tidak heran jika sungai di kota ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Walaupun nama Banjarmasin masih kalah populer dibandingkan kota – kota wisata lainnya di Indonesia, kota ini sebenarnya menyimpan banyak hal yang menarik mulai dari tempat wisata, budaya, hingga kulinernya.

Asal Usul Kota Banjarmasin

Banjarmasin sebenarnya merupakan nama sebuah kampung yang dihuni oleh suku Melayu. Kampung ini berada di sebelah utara muara sungai Kuin. Kata banjar diambil dari bahasa Melayu yang artinya rumah berderet – deret atau kampung. Dengan kata lain, Banjarmasin berarti kampung bagi orang-orang Melayu. Menurut Hikayat Banjar, saat menjadi ibukota kerajaan, Banjarmasin mempunyai pelabuhan perdagangan yang bernama Bandar di tepi sungai Martapura. Pada abad ke-16 muncul kerajaan Banjarmasin. Dengan raja pertamanya adalah Raden Samudera, Beliau adalah pelarian dari Kerajaan Negara Daha karena keselamatannya terancam oleh Pangeran Tumenggung.

Saat itu, Raden Samudera melarikan diri menuju arah hilir Sungai Barito di mana saat itu sudah terdapat beberapa kampung, termasuk kampung Banjarmasin. Kerajaan Banjarmasin saat itu berkembang pesat hingga beberapa generasi sampai akhirnya tumbang pada masa kolonial Belanda. Pada tahun 1860, Kesultanan Banjar dihapuskan dan wilayah tersebut menjadi yang terakhir bergabung dengan Kalimantan.

Cara Ke Kota Banjarmasin

Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk menuju ke Banjarmasin yakni sebagai berikut:

Jalur Darat

Banjarmasin sendiri memiliki terminal bus bernama Pal 6 yang terletak di Jl. Pramuka Km6. Jika dari Samarinda, Anda dapat menempuh perjalanan dengan berkendara selama sekitar 14 jam melalui Jln. Penajam - Kuaro. Jika anda menggunakan bus, berikut beberapa trayek yang menuju Terminal Pal 6.
Banjarbaru (tiket sebesar Rp 16,000, dengan lama perjalanan 45 menit)
Kandangan (tiket sebesar Rp 23,000,dengan lama perjalanan 3 jam)
Negara (tiket sebesar Rp 35,000, dengan lama perjalanan 4 jam)
Balikpapan (tiket sebesar Rp 75,000, dengan lama perjalanan 15 jam)
Samarinda (tiket sebesar Rp 90,000, dengan lama perjalanan 17 jam)

Jalur Laut

Untuk jalur laut, Banjarmasin memiliki pelabuhan terbesar dan paling tersibuk di Kalimantan Selatan yang bernama Pelabuhan Trisakti. Para pengunjung dapat melakukan penyeberangan dari kota Semarang menuju Banjarmasin. Ada pula rute dari Surabaya-Banjarmasin. Namun tiket kapal untuk tujuan Banjarmasin biasanya dibanderol dengan harga yang hampir sama dengan tiket pesawat. Jadi dipertimbangkan kemudahan anda menuju kota ini.

Jalur Udara

Untuk anda yang berada diluar pulau kalimantan, maka anda dapat melakukan penerbangan menuju bandara Internasional Syamsudin Noor. Kemudian dari Bandara Syamsudin Noor melanjutkan perjalanan ke kota Banjarmasin dengan jarak sekitar 25 km. Beberapa maskapai yang beroperasi di bandara ini seperti Air Born (Internasional), Airfast Indonesia (Domestik), Aviastrar Indonesia (Domestik), Citilink (Domestik), Garuda Indonesia (Domestik-Internasional), Johnlin Air Transport (Domestik), Kal Star Aviation (Domestik), Lion Air (Internasional), Merpati Nusantara Airlines (Domestik), Sriwijaya Air (Domestik), Susi Air (Domestik), Trigana Air Service (Domestik), Wings Air (Domestik).

Transportasi di Kota Banjarmasin

Taksi

Taksi di Banjarmasin berbeda dengan taksi kota – kota lainnya yang tarifnya ditentukan berdasarkan jarak. Misal taksi bandara ditentukan dengan kesepakatan harga antar wilayah. Jika anda menggunakan taksi tersebut menuju pusat kota, anda harus membayar sekitar Rp 120.000.

Angkutan Umum

Angkutan umum di Banjarmasin biasanya juga disebut dengan taksi atau taksi kuning karena mayoritas angkot di kota ini berwarna kuning. Namun tentu saja harganya lebih murah karena tidak sampai Rp 10 ribu per orang. Angkutan tersebut terdiri dari beberapa jenis dengan rute yang berbeda dan tidak sedikit pula angkot yang tidak mencantumkan informasi trayek. Sebelum menaiki angkot sebaiknya anda tanya lebih dulu warga sekitar ataupun supir angkot tersebut agar anda tak salah naik angkot.

Ojek

Di Banjarmasin saat ini terdapat dua jenis ojek yakni ojek konvensional dengan tarif yang ditentukan secara kesepakatan dan ada pula ojek online. Namun untuk ojek konvensional, anda sebaiknya menanyakan terlebih dahulu harga yang dibutuhkan, karena sering kali ojek konvevnsional mematok harga yang tinggi.

Tempat Wisata di Banjarmasin

Banjarmasin menyimpan banyak tempat wisata menarik yang selalu dikunjungi oleh masyarakat setempat maupun pelancong yang sedang berada di Banjarmasin. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata terpopuler di Banjarmasin.

Pasar Terapung Banjarmasin

Pasar ini dapat ditemui di hampir semua sungai di Banjarmasin, salah satunya adalah muara Sungai Barito di Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin. Pengunjung dapat membeli berbagai kebutuhan seperti hasil pertanian, makanan hingga pakaian. Namun pengunjung harus datang pagi karena aktivitas jual beli di sana hanya berlangsung mulai pukul 05.00 – 07.00 pagi.

Pulau Kembang

Ini merupakan sebuah pulau di tengah sungai Barito. Pulau ini menjadi habitat bagi beberapa jenis burung dan monyet. Menurut warga, di sana terdapat seekor monyet besar yakni dipercaya sebagai raja monyet.

Masjid Sultan Suriansyah

Ini adalah tempat wisata religi di Banjarmasin yang dibangun pada tahun 1526 – 1550 dan menjadikannya sebagai masjid tertua di Banjarmasin. Bangunan masjid berbentuk panggung dengan ukiran khas Kalimantan Selatan serta atap tumpang.

Masjid Sabilal Muhtadin

Ini adalah masjid terbesar di Banjarmasin yang memiliki 5 buah menara. Masjid ini memiliki daya tampung hingga 15.000 orang. Masjid ini berada di tepi barat Sungai Martapura, lebih tepatnya di Antasan Besar, Banjarmasin Tengah.

Taman Siring Sungai Martapura

Tempat wisata di Jalan Kapten Tendean dan Jalan Jenderal Sudirman ini menjadi tempat favorit anak-anak muda Banjarmasin. Tempat ini juga menjadi spot pemancingan yang populer. Di sana telah disediakan bangku – bangku untuk duduk sambil menikmati berbagai kuliner yang dsajikan.

Taman Maskot

Taman ini memiliki dua maskot yakni pohon kasturi dan patung bekantan yang berukuran besar. Taman Maskot sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti bangku taman, toilet, Mushola, tempat parkir, arena bermain, dan warung makan. Tempat wisata ini berada di Jalan H. Djok Mentaya.

Museum Wasaka

Tempat wisata sejarah di Jalan H. Andir ini memiliki arsitektur bangunan berupa rumah adat Banjarmasin berbentuk panggung dan memiliki atap yang tinggi. Di sana pengunjung dapat melihat seragam perjuangan, mesin ketik, koleksi foto, dan senjata yang digunakan untuk melawan penjajah pada masa itu serta senjata yang dirampas dari Belanda.

Kuliner di Banjarmasin

Bagi para pecinta kuliner, Banjarmasin memiliki beberapa sajian yang patut untuk dicoba dan siap untuk memanjakan lidah para penikmatnya.

Soto Banjar

Kuliner ini hampir sama dengan soto pada umumnya tetapi memiliki ciri khas kuah yang lebih bening dan disajikan dengan ketupat, bukan nasi.

Ketupat Kandangan

Ini adalah ketupat yang disajikan dengan kuah bersantan. Biasanya ditambahkan telur atau ikan sebagai lauk. Ciri khas kuliner ini adalah tekstur ketupatnya lebih keras dari ketupat pada umumnya.

Patin Baubar

Ini merupakan pepes ikan patin yang dibumbui berbagai macam rempah dan kemudian dimasak dengan cara dibakar di tungku dan bara api hingga rempah – rempahnya meresap ke ikan patin.

Manday

Makanan ini terbuat dari tiwadak atau kulit cempedak yang diawetkan. Manday biasanya dimasak dengan digoreng, dibakar, atau digulai.

Gangan Asam Banja

Sayur khas Banjarmasin ini menggunakan bahan utama ikan gabus atau ikan haruan atau juga kadang diganti ikan patin. Sayur berkuah kuning ini menawarkan citarasa asam, segar, dan gurih.

Bingka

Camilan khas Banjar ini memiliki citarasa manis, lembut dan agak berlemak. Bingka terbuat dari tepung terigu, telur, santan, garam, dan gula pasir. Adonan bingka dipanggang dengan cetakan berbentuk bunga. Saat ini bingka telah hadir dalam berbagai pilihan rasa seperti pandan, tapai, kentang, dan labu.

Amparan Tatak

Kue dengan citarasa manis ini terbuat dari santan dan tepung beras dengan isian pisang atau nangka.

Iwak Pakasam

Bahan dasar makanan ini adalah ikan haruan, ikan mangki, ikan pepuyu, dan ikan sepat. Cara pengolahannya hampir sama dengan Manday. Ikan tersebut biasanyanya dimasak dengan bawang goreng.

Gangan Humbut

Ini adalah makanan dari inti pohon kelapa yang diolah menjadi sayur. Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan nasi hangat.

Oleh-oleh Khas Banjarmasin

Bagi Anda yang berkunjung ke Banjarmasin, jangan lupa untuk menyempatkan diri membeli oleh – oleh untuk sanak keluarga di rumah. Berikut ini adalah beberapa jenis oleh – oleh yang paling populer dicari.

  • Rabuk Ikan Haruan, Oleh-oleh ini sebenarnya adalah abon ikan haruan dengan citarasa yang gurih dan lezat.
  • Amplang Ikan Pipih, Ini adalah semacam kerupuk dengan bahan dasar dari ikan pipih. Ikan tersebut dilah dengan rempah-rempah dan tepung sehingga menghasilkan kerupuk dengan citarasa yang gurih dan lezat.
  • Wadai Rangai, Oleh-oleh berupa camilan ini terbuat dari sagu dan kelapa dengan citarasa manis dan gurih.
  • Batik Sasirangan, Sasirangan adalah batik yang dibuat oleh masyarakat di Banjarmasin dan memiliki beragam motif elegan seperti sinapur karang, turun dayang, gigi haruan, naga balimbur, dara manginang, dan masih banyak lagi.
  • Panting, Ini adalah alat musik dengan tampilan seperti gambus Arab dan berukuran lebih kecil. Alat musik dengan 3 dawai ini dapat dijadikan sebagai hiasan rumah yang unik.
  • Miniatur Rumah Adat, Miniatur rumah merupakan salah satu referensi yang menarik untuk oleh-oleh. Ada rumah joglo gudang, tadah alas, cacak burung, balai kak, dll. Biasanya miniature tersebut terbuat dari kayu agatis.
  • Ikan Seluang, Di Jawa, ikan seluang juga dikenal sebagai ikan wader. Oleh-oleh ini berupa camilan dari ikan seluang yang digoreng dengan balutan tepung tipis dan memiliki citarasa yang gurih.
  • Dodol Kandangan, Makanan yang selalu menjadi buruan sebagai oleh-oleh ini terbuat dari gula aren dan beras ketan. Dodol dengan varian rasa durian menjadi pilihan yang paling banyak dicari.

Daftar Mall di Kota Banjarmasin

Bagi penggemar wisata belanja, rasanya kurang lengkap jika ke Banjarmasin tanpa mengunjungi mall yang ada di sana. Berikut ini adalah beberapa mall yang dapat Anda kunjungi.

  • Banjarmasin Duta Mall, Ini adalah mall terbesar di Banjarmasin yang didirikan di atas lahan seluas 42.000 meter persegi. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani Km. 2, Melayu, Banjarmasin Tengah.
  • Plaza Posindo, Selain Duta Mall, mall ini juga banyak dikunjungi oleh masyarakat. Lokasinya berada di Jalan Lambung Mangkurat, Telawang, Banjarmasin.
  • Plaza Mitra, Ini merupakan pusat perbelanjaan pertama yang didirikan pada tahun 1990 dan menjadikannya sebagai mall pertama di Banjarmasin. Lokasinya berada di Pekapuran Laut, Banjarmasin Tengah.
  • Arjuna Plaza, Ini juga merupakan mall dengan banyak restoran, outlet, dan karaoke. Lokasinya berasa di Lambung Mangkurat 62, Banjarmasin.
  • Makro Banjarmasin, Makro menjadi salah satu tempat belanja favorit bagi para ibu-ibu. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani Km 3,5, Sungai Baru.
  • Event Terkenal di Kota Banjarmasin

    Ketika Anda ke Banjarmasin, sebaiknya sempatkan diri untuk menyaksikan berbagai event menarik yang digelar di sana meliputi:

    Hari Jadi Kota Banjarmasin

    Hari jadi Banjarmasin selalu diperingati pada tanggal 26 September. Dalam rangka menyambut hari jadi tersebut, setiap tahunnya digelar berbagai macam event menarik untuk memeriahkannya.

    Banjarmasin Sasirangan Festival

    Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan menara pandang, Jalan Kapten Piere Tendean. Sesuai dengan namanya dalam festival ini dipamerkan beragam motif batik sasirangan khas Banjarmasin. Acara ini menjadi ajang untuk melestarikan kain tradisional khas Banjarmasin.

    Hotel di Banjarmasin

    Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Banjarmasin. Jika anda yang berasal dari luar Banjarmasin lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Banjarmasin dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Banjarmasin ini yaitu sebagai berikut:

    Kelas Eco

    Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

    Kelas Standard

    Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

    Kelas Premier

    Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

    Rekomendasi Hotel Murah di Banjarmasin

    Setelah anda mengunjungi berbagai tempat wisata di kota Banjarmasin seharian, mungkin diantara anda perlu hotel atau penginapan untuk menginap untuk tidur dan melanjutkan perjalanan wisata esok harinya. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Banjarmasin.

    • Airy Syariah UNLAM Flamboyan 1 Banjarmasin, Hotel ini berada di sebelah utara kota Banjarmasin. Hotel ini dekat dengan kampus Universitas Lambung Mangkurat yang cocok untuk anda apabila sedang mengantarkan anak untuk kuliah di kampus tersebut. Selain itu hotel ini juga dekat dengan Masjid Sultan Suriansyah. Anda dapat menemukan tempat makan yang terkenal di dekat hotel ini seperti Kedai Bunda Flamboyan, Depot Sari Patin, Pawon Tlogo, Jorong Cafe Resto, Warung Makan Galuh dan lainnya.
    • Airy Kuripan Gatot Subroto Merpati 9 Banjarmasin, Hotel ini berada di sebelah timur kota Banjarmasin. Anda dapat menemukan tempat makan yang menarik disekitar hotel ini seperti DMadezo, Soto Ayam Suroboyo Cak Hari, Depot Nyonya, RM. Ayam Taliwang Fm, Depot Nasi Hainan dan lainnya.
    • Airy Pemurus Dalam Raya Banjar Indah Permai Banjarmasin, Hotel ini berada di sebelah selatan kota Banjarmasin. Anda dapat menemukan tempat makan yang menarik disekitar hotel ini seperti Warung Anggrek Bulan, Bungo Tanjuong, Nasi Itik Gambut Tenda Biru, Rumah Makan Eskimo, Duta Rasa Food Court dan lainnya.
    • Airy Sungai Martapura RE Martadinata 6 Banjarmasin, Hotel ini berada di Banjarmasin Tengah. Secara geografis letaknya tak jauh dengan Sungai Martapura, anda dapat menikmati suasana sore hari di sungai ini. Anda juga dapat menemukan tempat makan yang menarik disekitar hotel ini seperti Rumah Makan Jayakarta, Cinto Raso, Nyamleng Roso, Haji Anang Soto, Cendrawasih dan lainnya.

    Itulah rekomendasi hotel murah di Banjarmasin yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Banjarmasin ini. Tentunya hotel-hotel murah bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Banjarmasin ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.