Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
December 2018
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

4 Hotel Di Belitung

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 232,100
Sisa 1 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Belitung

Belitung, daerah lepas pantai timur Pulau Sumatera yang diapit Selat Gaspar dan Selat Karimata. Belitung memiliki luas mencapai 4.800 km² atau 480.010 ha. Pulau ini juga termasuk dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hal ini menjadikan Pulau Belitung dikelilingi lebih dari 100 pulau kecil yang yang semuanya dihiasi pasir putih yang indah dan batu granit besar, juga ada beberapa pulau yang belum berpenghuni. Mendadak pulau kecil ini semakin dikenal banyak orang setelah munculnya sekuel film Laskar Pelangi. Berada di pesisir pantai, Belitung kaya akan sumber daya lautnya. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat Belitung berasal dari bahari. Di samping itu juga berbagai kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan timah sangat menjanjikan di sini.

Asal-Usul Belitung

Sedemikian menariknya pesona yang ditawarkan sebuah pulau di pantai lepas Sumatera. Kurang afdol rasanya jika belum menelusuri seluk beluk atau asal usul dari sejarah penamaan Belitung. Belitung ini sendiri berasal dari kata Belitong. Belitong ini berdasarkan makna dari bahasa daerah setempat artinya adalah siput laut. Jika merunut pada sejarah atau cerita rakyat, Belitung ini disebut-sebut sebagai bagian dari Pulau Bali yang terpisah. Mengenai kebenaran cerita tersebut tidak ada yang tahu. Hanya saja, legenda tersebut menjadi folklore yang mengakar dan akhirnya menjadi khas daerah Belitung.

Cara Ke Belitung

Akses ke Belitung dari luar pulau bisa ditempuh melalui dua jalur, di antaranya:

Jalur Laut

Karena Belitung adalah sebuah pulau, maka anda dapat menempuh melalui jalur laut. Anda bisa terlebih dahulu bergerak menuju pelabuhan yang ada di Jakarta. Setelah itu, carilah kapal yang memiliki tujuan ke Tanjungpandan. Di samping itu, jika tujuan Anda adalah untuk berlibur dan menyambangi Bangka terlebih dahulu, dari Bangka Anda bisa menggunakan kapal yang bertujuan ke Tanjungpandan juga. Sejauh ini rute Jakarta - Tanjung Pandan disediakan oleh PT PELNI, sedangkan perusahaan swasta Express Bahari melayani rute Bangka - Tanjung Pandan. Selain itu jika dari Palembang, wisatawan dapat menggunakan kapal cepat jetfoil dari Pelabuhan Boom Baru ke Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok sekitar 3 jam perjalanan.

Jalur Udara

Sementara akses lainnya yaitu menggunakan jalur udara atau pesawat. Perjalanan udara ke Belitung dapat ditempuh dari kota Jakarta, Palembang dan Pangkal Pinang dan mendarat di Bandara H. AS Hanandjoeddin.Bandara ini terletak sekitar 15 km dari kota Tanjung Pandan, Pulau Belitung. Untuk mencapai bandara ini, anda dapat menggunakan taksi dari pusat kota Tanjung Pandan dengan biaya sekitar Rp 80.000-Rp 100.000. Selain taksi anda juga bisa menggunakan sarana transportasi bus angkutan kota dengan biaya sekitar Rp 12.000.

Transportasi di Belitung

Sementara untuk hal lainnya terkait Belitong, hadir juga dari segi fasilitas transportasi. Jika bertandang ke Belitong dan Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa memanfaatkan moda transportasi di bawah ini sebagai penyokong semua kegiatan Anda. Di antaranya:

Bus AntarKota

Bus antarkota adalah alternatif pertama yang bisa menjadi moda transportasi umum di Belitung. Kota yang dihubungkan oleh bus antarkota ini adalah Kota Tanjungpandan dan Kota Manggar. Untuk perjalanan jarak jauh, menggunakan bus antarkota di Belitung adalah pilihan yang tepat.

Angkutan Umum

Angkutan umum juga menjadi salah satu pilihan bepergian dari satu titik ke titik lainnya yang berada dalam radius dekat. Meskipun sama-sama merupakan kendaraan umum yang beroperasi di darat, akan tetapi jelas terdapat perbedaan antara bus kota dengan angkutan umum. Angkutan umum hanya melayani perjalanan darat yang jaraknya masih terbilang dekat jika dibandingkan dengan rute perjalanan yang dilayani oleh bus antarkota. Namun perlu anda ketahui, semakin lama angkutan umum semakin jarang. Supir angkutan umum berubah menjadi taksi gelap yang sifatnya mengantar langsung wisatawan ke tempat tujuan.

Taksi

Selain angkutan umum yang mulai punah, bagi anda yang langsung ingin menuju hotel atau penginapan tujuan, anda dapat menggunakan taksi di Belitung. Jika anda ingin menuju bandara dari Tangjung Pandan, anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 30.000- Rp 45.000 per orang. Sedangkan apabila anda menuju tempat wisata, minimal anda akan mengeluarkan sejumlah Rp 50.000 per orang.

Kendaraan Sewa/Rental

Sewa kendaraan juga menjadi alternatif berkendara yang tak kalah tepat saat Anda mengunjungi Belitung untuk berlibur. Keindahan alam Belitung menjadi daya tarik tersendiri yang bisa memesona berpasang mata dan kaki untuk mengunjunginya. Karena masih sedikit angkutan umum atau transportasi lainnya yang bisa dijadikan sebagai fasilitas dalam hal transportasi, menyewa kendaraan adalah pilihan yang tak kalah cermat saat Anda berlibur di Belitung. Untuk sewa mobil sekelas Avanza/Xenia, anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 350.000 - Rp 400.000 per hari. Sedangkan untuk motor, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 50.000 - Rp 80.000 per hari.

Tempat Wisata di Belitung

Tidak hanya sumber daya alamnya yang kaya, Belitung juga memiliki daya tarik lain dari segi wisata. Berkunjung ke salah satu pulau kecil di lepas pantai timur Sumatera ini rasanya belum cukup jika tidak mengunjungi destinasi wisata di bawah ini:

Pulau Lengkuas

Lengkuas, identik dengan penamaan terhadap bumbu masakan. Namun di Belitung, penamaan lengkuas ini diberikan pada sebuah destinasi wisata cantik; Pulau Lengkuas. Berlokasi di Utara desa Tanjung Binga, Pulau Lengkuas memberikan pemandangan yang memanjakan mata dengan pasir putih dan air pantai yang bening sehingga pengunjung bisa melihat isi pantai tersebut.

Pantai Nyiur Melambai

Nyiur hijau di tepi pantai … lirik ini kerap kita temui pada sebuah lagu. Di Belitung, Anda tidak hanya bisa menyanyikan lagu ini, melainkan juga bisa mencicipi keindahan pesona alam Pantai Nyiur Melambai. Terletak di Desa Lalang, Manggra, Belitung Timur, Pantai Nyiur Melambai memberikan pesona keindahan melalui pohon kelapa, pohon pinus, dan suasana sejuk di tepi pantai.

Pantai dan Resort Bukit Berahu

Kawasan Pantai dan Resort Bukit Berahu juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi saat di Belitung. Berlokasi di Tanjung Tinggi, destinasi wisata yang satu ini memadukan resto dengan villa di pinggir pantai yang ada di Belitung. Dari sini Anda bisa menikmati keindahan alam yang begitu memesona.

Kampong Dedaun

Kampong Dedaun juga tak kalah menjadi destinasi wisata yang menarik di Belitung. Berlokasi di 3 KM dari Timur Pantai Tanjung Tinggi, Kampong Dedaun merupakan salah satu destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan pasir putih serta kecantikan batu-batu granit di tengah laut.

Burung Mandi

Kata “burung mandi”, yang pertama kali terlintas di pikiran tentulah membayangkan seekor burung sedang mandi. Namun, istilah burung mandi di Belitung ialah bermakna sebuah destinasi wisata yang menawan. Di Timur Laut Belitung terdapat sebuah gunung bernama Burung Mandi yang menyuguhkan pantai disertai ratusan pohon pinus laut yang cantik.

Kuliner Lezat Khas Belitung

Tidak hanya menawan dari segi destinasi wisata, Belitung juga menawarkan hal menarik lainnya, seperti dari segi kuliner. Meskipun sudah bertandang pada destinasi wisata Belitung di atas, masih belum lengkap jika tidak mencicipi beberapa kuliner khas Belitung di bawah ini:

Gangan

Gangan adalah makanan khas Belitung yang menghidangkan ikan dengan racikan lezat khas Belitung. Racikan rempah dan nanas yang dipadukan dengan ikan akan membuat sensasi asam dan pedas segar di lidah. Menikmati gangan sangat pas dengan sepiring nasi hangat.

Mie Belitung

Tak kalah dengan panganan khas Korea atau Jepang yang mengedepankan ramen atau mie. Begitu pula Belitung yang memiliki kuliner khas dari mie bernama Mie Belitung. Yang khas dari mie belitung ini adalah kental dan gurihnya kari udang serta kenyalnya mie yang dipadupadankan dengan tauge, tahu goreng, emping, juga cabai rawit.

Kopi Belitung

Siapa tak tahu kopi. Berbagai daerah di Indonesia memang kerap mengunggulkan kopi sebagai salah satu kekayaan kulinernya. Demikian juga dengan Belitung. Yang menarik dari kopi khas Belitung adalah teknik pembuatannya masih tradisional. Aroma kopi hitam atau kopi susu yang disiram dengan air mendidih dari ceret yang dipanaskan api dan arang akan semakin menambah kekentalan rasa dari kopi tersebut.

Pais

Pais juga menjadi salah satu kuliner khas Belitung yang menggoda untuk dicicipi. Perbedaan antara pais Belitung dan pais lainnya terletak pada bumbunya. Penggunaan bumbu pada pais serupa halnya dengan bumbu pada gangan.

Gangan Kepiting Bumbu Santan

Gangan Kepiting Bumbu Santan juga menjadi jenis kuliner lain yang menggoda untuk dinikmati. Gangan yang satu ini bukan berasal dari ikan, melainkan dari udang. Penggunaan bumbu sama saja dengan bumbu pada gangan. Yang membedakan adalah tambahan penggunaan santannya.

Oleh –Oleh dari Belitung

Sudah mengetahui daftar destinasi wisata di Belitung, kemudin juga lima kuliner lezatnya. Hal selanjutnya yang paling penting untuk dicari tahu ketika berkunjung ke Belitung adalah mencatat oleh-oleh apa saja yang bisa dijadikan sebagai buah tangan dari Belitung, seperti:

  1. Kerupuk Belitung, Siapa tak tahu kerupuk. Makanan ringan yang kerap dijadikan sebagai pelengkap nasi ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Belitung. Jika ke Belitung, Anda bisa memilih Kerupuk Belitung sebagai salah satu pilihan oleh-oleh Anda.
  2. Sambal Lingkong, Sambal juga tak kalah khas dengan selera orang Indonesia. Di Belitung, Anda bisa membawa Sambal Lingkong yang berbahan dasar ikan tenggiri dengan campuran santan kelapa dan cabai sebagai oleh-oleh lezat khas Belitung.
  3. Belacan/Terasi, Belacan/Terasi juga menjadi salah satu daftar oleh-oleh menarik khas Belitung. Belacan khas Belitung ini disebut juga sebagai pasta udang, saking segarnya rasa yang dihadirkan dari belacan tersebut.
  4. Dodol, Dodol ternyata tak hanya oleh-oleh yang ditawarkan dari Garut Jawa Barat atau Jakarta. Dodol juga menjadi oleh-oleh menarik khas Belitung yang bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga, teman, dan orang terkasih.
  5. Sirup Jeruk Kunci, Tidak hanya makanan, Belitung juga menghadirkan oleh-oleh menarik berupa Sirup Jeruk Kunci, minuman segar yang terbuat dari beragam jenis jeruk dengan suguhan rasa yang manis dan menyegarkan.

Mall di Belitung

Tak kalah dengan berbagai kota-kota besar di Indonesia, Belitung juga menyuguhkan kemewahan berbelanja melalui adanya pusat perbelanjaan modern. Jika Anda ingin berbelanja cantik di Belitung, mungkin bisa bertandang pada beberapa tempat di bawah ini:

  1. Bangka Trade Center, Bangka Trade Center merupakan salah satu tempat perbelanjaan modern yang tersedia di Belitung.
  2. Hypermart Bangka Tengah, Hypermart Bangka Tengah juga menyusul deretan pusat perbelanjaan modern yang berlokasi di Belitung.
  3. Family Mart, Family Mart merupakan pusat perbelanjaan modern yang bisa Anda jadikan pilihan saat ingin berbelanja bersama keluarga.
  4. Asoka Shopping Center Belitung, Selanjutntya ada Asoka Shopping Center Belitung yang turut memberikan fasilitas berbelanja seru ketika Anda di Belitung.
  5. Barata Department Store, Terakhir, Barata Departement Store, pusat perbelanjaan modern yang bisa menjadi alternatif Anda berbelanja saat menyambangi Belitung.

Event Seru di Belitung

Belitung, tidak hanya menarik dari segi sumber daya laut yang notabene adalah sumber daya dari alamnya. Berbagai hal lainnya juga ditengarai sebagai daya tarik tersendiri yang disuguhkan Belitung. Hal tersebut berkaitan dengan sumber daya manusianya yang memberikan berbagai acara menarik di Belitung, seperti:

Karnaval Budaya Bangka

Karnaval Budaya Bangka adalah salah satu acara terdekat di Belitung yang akan dilangsungkan pada 29 April 2017. Berlokasi di Sungailiat, Karnaval Budaya Bangka merupakan acara yang dihelat oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka.

Bujang Dayang Belitong

Bujang Dayang Belitong merupakan acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung dan akan dilaksanakan pada Mei 2017 mendatang di Tanjung Pandan.

Peh Cun

Peh Cun adalah acara terdekat ketiga yang akan diselenggarakan di Belitung. Bertempat di Pantai Pasir Padi Pangkalpinang, Peh Cun direncanakan akan terselenggara pada Juli 2017 mendatang.

Muang Jong

Muang Jong adalah acara yang dihelat oleh Suku Sawang dan direncanakan akan berlangsung pada 5 hingga 20 Agustus 2017 mendatang. Muang Jong akan dilaksanakan di Tanjungpandan Belitung.

Belitong Fair and Pesona Bahari Nusantara

Belitong Fair and Pesona Bahari Nusantara merupakan salah satu acara menarik di Tanjung Pendam Belitung yang diselenggarakan oleh Pemda Belitung. Acara diagendakan akan dihelat pada Agustus mendatang.

Hotel di Belitung

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Belitung. Jika anda yang berasal dari luar Belitung lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Belitung dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Belitung ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

Rekomendasi Hotel Murah di Belitung

Setelah anda mengunjungi berbagai tempat wisata di kota Belitung seharian, mungkin diantara anda perlu hotel atau penginapan untuk menginap untuk tidur dan melanjutkan perjalanan wisata esok harinya. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Belitung.

  • Airy Tanjung Pandan Sudirman 16 Belitung, pilihan untuk anda menikmati kelas Standard kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jalan Jendral Sudirman no 16, Belitung. Anda dapat mengunjungi tempat wisata disekitar hotel ini seperti Tanjung Pandan Museum, Tanjung Tinggi Beach, Pantai Tenggiri. Urusan kuliner, anda juga dapat menikmati sajian dari beberapa restoran terkenal seperti Dagoel Bowls, Kitchen & Bar, Mie Belitung Acin, Mie Belitung Yamien Nyong Choi, Mak Panggong, Rumah Makan Daun Simpor.
  • Airy Eco Tanjung Pandan Pattimura 8 Belitung, pilihan untuk anda yang memiliki budget terbatas. Hotel ini terletak di Jl. Pattimura No.8 RT 008/RW 004. Anda dapat mengunjungi tempat wisata disekitar hotel ini seperti Tanjung Pandan Museum, Tanjung Tinggi Beach, Pantai Tenggiri. Urusan kuliner, anda juga dapat menikmati sajian dari beberapa restoran terkenal seperti Restoran Thai Fa, Ruma Makan Belitong Timpo, Mie Belitung Yamien Nyong Choi, Mak Panggong, Happy Resto.

Itulah rekomendasi hotel murah di Belitung yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Belitung ini. Tentunya hotel-hotel murah bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Belitung ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.