Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
December 2018
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

2 Hotel Di Blitar

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 326,100
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 261,600
Sisa 1 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Blitar

Blitar adalah sebuah kota yang menjadi bagian dari provinsi Jawa Timur. Kota ini menjadi salah satu tempat yang dikenal luas di Indonesia karena merupakan tanah kelahiran Bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Ir. Soekarno. Selain itu, kota ini juga menyimpan banyak hal menarik yang patut untuk dieksplorasi.

Blitar itu sendiri berada di bagian selatan provinsi Jawa Timur. Jika dari Surabaya, kota ini berjarak sekitar 167 km sedangkan 80 km jika dari Malang. Blitar selain dijuluki sebagai kota Proklamator juga disebut dengan Kota Peta atau Pembela Tanah Air. Pasalnya laskar Peta di bawah kepemimpinan Soeprijadi melakukan perlawanan pada 14 Februari 1945 terhadap Jepang.

Asal Usul Kota Blitar

Nama Blitar pada kota ini awalnya adalah Balitar yang artinya pulanglah tartar. Memang, Blitar awalnya dikuasai oleh suku Tartar asal Mongolia. Selanjutnya, Raja Majapahit meminta Nilasuwarna mengusir suku Tartar tersebut. Makam Nilasuwarna sampai saat ini masih dapat dijumpai di Desa Blitar, Sukorejo.

Cara Ke Blitar

Ada beberapa cara yang dapat dipilih untuk sampai di kota Blitar.

Melalui Jalur Darat

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, bus, maupun kereta api. Bagi pengguna kereta api Anda dapat mencari kereta dengan jalur Stasiun Blitar di Kepanjenkidul. Atau jika Anda naik bus, Anda bisa berhenti di Terminal Bus Patria. Terminal ini terletak di Rembang, Sananwetan, Blitar.

Melalui Jalur Laut

Di Blitar sudah ada pelabuhan baru yang merupakan dermaga bagi kapal – kapal ikan milik nelayan. Sayangnya belum ada kapal komersial dengan jalur tersebut. Alternatif yang dapat dipilih adalah menggunakan perahu atay ferry ke Pelabuhan Tanjung Perak dan kemudian perjalanan dilanjutnkan dengan angkutan darat.

Melalu Jalur Udara

Sama seperti jalur Laut, anda belum bisa mendarat langsung di Kota Blitar. Anda harus mendarat di Bandara Juanda Surabaya lalu dilanjutkan dengan perjalanan darat yang dapat ditempuh sekitar 4 Jam.

Transportasi di Blitar

Pilihan sarana transportasi di kota Blitar pada dasarnya hampir sama dengan kota – kota lainnya di Indonesia. Walaupun jalanan di Blitar didominasi oleh kendaraan pribadi, Anda masih dapat menjumpai transportasi umum dengan tarif yang beragam.

Angkot

Keberadaan angkutan ini masih ada tetapi sudah mulai jarang karena semakin banyak masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan pribadi. Angkot mulai bermunculan ketika sedang momen liburan dan itupun armadanya sedikit sehingga Anda akan sulit menemukan angkutan umum.

Ojek

Ojek di kota Blitar hampir sama dengan ojek pada umumnya. Ojek tersebut dapat dijumpai di stasiun, terminal, atau tempat – tempat umum lainnya di mana harga ditentukan berdasarkan kesepakatan antara tukang ojek dengan penumpang. Ojek di Biltar sangat banyak, anda dapat dengan mudah menemukan ojek di kota ini. Terlebih lagi munculnya ojek online yang dapat anda akses menggunakan smartphone anda.

Taksi

Jika Anda mencari transportasi umum yang lebih nyaman, di Blitar sudah terdapat banyak taksi. Taksi tersebut dapat dijumpai di tempat – tempat umum seperti terminal, pusat keramaian, mall, hotel dan lainnya. Sama seperti di kota lainnya, anda membutuhkan biaya sesuai jarak yang anda tempuh.

Tempat Wisata di Blitar

Di Blitar terdapat banyak tempat wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Tempat – tempat wisata tersebut tidak kalah menarik dibandingkan destinasi wisata lainnya di Indonesia baik itu pantai, air terjun, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang direkomendasikan.

Makam Bung Karno

Ini adalah makam tempat disemayamkannya bapak proklamator RI, Ir. Soekarno. Makam ini selalu ramai oleh pengunjung sepanjang tahun untuk berziarah. Lokasi makam ini berada di Bondogerit Sananwetan.

Pantai Tambakrejo

Tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan saat akhir pekan ini memiliki pasir pantai berwarna putih dengan air laut yang jernih. Pantai Tambakrejo berada di wilayah Blitar bagian selatan tepatnya di Desa Tambakrejo, Wonotirto. Selain cocok untuk berenang, di sana juga terdapat tempat pelelangaan ikan hasil tangkapan nelayan.

Arung Jeram Soko Adventure

Ini adalah tempat wisata bagi pecinta tantangan untuk melakukan arung jeram. Di sana terdapat 2 sungai yang dapat digunakan untuk arung jeram yakni Sungai Tiko dan Lekso. Lokasinya berada di Desa Tegalasri, Wlingi. Selain arung jeram, Anda juga dapat melakukan kayaking, rafting, dan tubing.

Pantai Jolosutro

Pantai ini juga memiliki pasir berwarna putih dan bersih. Di sana para pengunjung dapat melakukan surfing karena ombaknya cukup tinggi. Pantai ini terletak di Ringinrejo, Wates.

Pantai PangiPangi

Pantai ini berada di Krajan, Tumpakkepuh. Perlu perjalanan selama 90 menit dari pusat kota Blitar untuk sampai di sana.

Pesanggrahan Tambakrejo

Ini adalah tempat yang indah untuk menikmati sunset. Pesanggrahan ini adalah penginapan yang terletak di atas bukit dan langsung menghadap ke pantai.

Pantai Serang

Pantai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia. Memiliki pasir berwarna putih dan halus, pantai ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Pantai ini terletak di Desa Serang, Panggungrejo.

Desa Wisata Semen

Ini adalah destinasi wisata alam dan ekologis. Lokasinya berada di dekat wahana arung jeram dan berjarak sekitar 35 km dari pusat kota. Di ana terdapat gazebo yang penuh dengan aneka hiasan bunga anggrek yang merupakan ikon Desa Semen.

Petilasan Rambu Monte

Ada banyak spot menarik yang dapat dinikmati seperti candi, telaga, petilasan atau tempat meditasi dengan latar belakang pemandangan perkebunan teh dan sawah yang hijau. Petilasan ini berada di Desa Krisik, Gandusari atau berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Blitar.

Candi Penataran

Di candi ini, Gajah Mada konon mengucapkan Sumpah Palapa yang merupakan janji untuk mempersatukan wilayah Nusantara. Sesuai namanya, candi ini berada di Desa Penataran, Nglegok yakni di kaki Gunung Kelud. Tempat wisata ini memiliki kompleks candi terbesar di Jawa Timur.

Pantai Peh Pulo

Pantai ini terletak di Panggung Rejo. Memerlukan perjalanan selama 90 menit, tidak mudah untuk sampai di lokasi pantai ini. Anda harus melewati perbukitan dahutan di Panggungrejo. Selain itu jalan menuju ke sana sebagian juga masih berupa jalan macadam.

Goa Embultuk

Goa di Desa Tumpaklepuh, Bakung ini menawarkan nuansa alami yang menantang. Ini adalah satu-satunya gua di Blitar dengan bentuk stalagmite yang unik. Di penghujung goa terdapat kubah seperti aula besar yang dapat menampung ribuan orang di dalamnya. Gua ini konon menjadi tempat persembunyian PKI.

Candi Gambar Wetan

Candi ini terletak di Desa Gambar, Nglegok. Objek wisata ini menawarkan panorama yang sangat asri dan sejuk di kawasan kebun kopi Gambar. Dari sana pengunjung dapat melihat jaringan sungai lahar dari Gunung Kelud.

Candi Kotes

Candi ini berada di Kotes, Gandusari. Candi yang indah ini didirikan pada tahun 1302 M dan merupakan asset berharga desa Sukosewu. Candi ini lebih tua 8 tahun dari Candi Penataran.

Kuliner Khas Blitar

Blitar menawarkan ragam kuliner yang bervariasi. Beberapa jenis kuliner tersebut memiliki kemiripan dengan beberapa kota lainnya di Jawa Timur. Namun tetap saja kuliner tersebut menawarkan keunikan yang khas.

Ayam Bakar

Ayam bakar adalah sajian olahan berbahan dasar ayam yang banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Di Blitar terdapat ayam bakar dengan citarasa yang sangat unik. Sajian ini dapat ditemukan di warung Ayam Bakar Bu Mamik. Ayam bakar ini sangat populer di kalangan para penggemar ayam bakar.

Sayur Tewel

Tewel adalah istilah yang digunakan untuk menyebut nangka muda. Jika di Jogja nangka muda diolah menjadi gudeg, di Blitar nangka tersebut diolah menjadi sayur dengan bumbu yang khas. Salah satu tempat yang dikenal dengan sayur tewel yang khas adalah Warung Tewel Mbah Martumi di Ngorap, Nglegok. Di sana Anda dapat menikmati sayur tewel dengan citarasa yang pedas.

Rujak Cingur

Ini adalah makanan tradisional khas Blitar dengan bahan utama terbuat dari cingur atau moncong sapi atau juga bisa menggunakan lidah sapi. Bahan utama tersebut kemudian ditambahkan dengan kerahi, mentimun, bengkuang, mangga muda, nanas, lontong, kedondong, tempa, tahu, kacang panjang, toge, dan kangkung. Bahan – bahan tersebut kemudian dicampur dengan saus dari campuran gula merah, cabai, kacang tanah, petis udang, garam, bawang goreng, dan irisan pisang klutuk.

Nasi Ampok

Ini merupakan nasi jagung khas Blitar. Nasi ampok menjadi pengganti nasi. Kuliner khas Blitar ini dapat dijumpai di sekitar alun – alun Blitar. Biasanya nasi ampok disajikan bersama dengan sayur rebus, sambal tomat, dan ikan asin.

Es Drop

Ini adalah minuman dingin yang memiliki bentuk mirip es krim. Biasanya es drop dibungkus dengan kertas dan dijajakan di dalam termos supaya tidak mencair. Kuliner ini dapat dijumpai di Alun-alun Blitar, Makam Bung Karno, dan berbagai objek wisata di Blitar.

Es Pleret

Selain es drop, es pleret juga termasuk kuliner minuman khas Blitar. Bahan dasar minuman ini adalah tepung beras. Selanjutnya bubur dari tepung beras ini disajikan dengan santan dan sirup.

Pecel Blitar

Blitar juga memiliki sajian kuliner khas berupa pecel. Yang membedakan pecel Blitar dengan pecel di daerah lain adalah rasanya tidak terlalu manus dan kacangnya juga tidak ditumbuk sampai halus.

Tahu Bumbu Lawu

Ini adalah masakan yang terdiri dari lontong, tahu, sambal, toge, kerupuk, dan bumbu lawu. Untuk menikmati makanan ini, Anda bisa membelinya di Jalan Lawu Blitar.

Opak Gambir

Opak gambir atau yang juga dikenal dengan sebutan kue semprong adalah camilan dengan citarasa gurih dan manis. Makanan ini memiliki tekstur yang renyah dan terbuat dari bahan dasar sari buah dan tepung terigu.

Kaos Blitar

Jika Anda mencari oleh-oleh selain makanan, kaos ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Oleh-oleh Khas Blitar

Bagi Anda yang sedang berburu oleh – oleh di Blitar, kota ini memiliki beberapa oleh-oleh yang khas dan tidak akan Anda jumpai di tempat lainnya. Berikut ini adalah pilihan produk yang dapat Anda beli. Semua produk tersebut dapat dengan mudah diperoleh di pusat oleh-oleh Blitar.

Geti

Bagi masyarakat dari luar Blitar, nama makanan ini mungkin masih terdengar aneh. Namun jika melihatnya pasti sudah cukup familiar. Makanan ini terbuat dari gula merah, kacang, dan wijen. Makanan ini mirip dengan brondong dan terasa ringan.

Peyek Uceng

Sesuai dengan namanya, peyek ini terbuat dari bahan dasar ikan uceng. Ikan uceng merupakan ikan air tawar dengan bentuk tubuh bulat memanjang dan ukurannya hanya sebesar jari kelingking.

Wajik Kletik

Ini merupakan oleh-oleh khas Blitar yang terbuat dari bahan dasar beras ketan dan gula kelapa. Makanan ini dibungkus dengan kulit jagung kering sehingga menjadikan makanan manis ini memiliki tampilan yang unik.

Event Terkenal Di Blitar

Perayaan Hari Jadi Kota Blitar

Perayaan ini diperingati setiap tanggal 1 April dengan berbagai rangkaian acara menarik.

Festival Serang

Ini adalah kegiatan rutin yang digelar di Pantai Serang setiap tahun dengan berbagai macam acara mulai dari festival layang-layang hingga Patung Pasir. Festival ini digelar setiap bulan September hingga Oktober.

Hotel di Blitar

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Blitar. Jika anda yang berasal dari luar Blitar lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Blitar dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Blitar ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

Rekomendasi Hotel Murah di Blitar

Setelah anda mengunjungi berbagai tempat wisata di kota Blitar seharian, mungkin diantara anda perlu hotel atau penginapan untuk menginap dan melanjutkan perjalanan wisata esok harinya. Nah, Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Blitar.

  • Airy Alun Alun Mastrip 56 Blitar, pilihan untuk anda menikmati kelas Standard kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jl. Mastrip No. 56 Blitar. Hotel ini sangat dekat sekali dengan Stasiun Blitar, cocok untuk anda yang menuju Blitar dengan menggunakan kereta api. Di dekat hotel ini juga terdapat Alun-Alun kota Blitar. Disana anda dapat melakukan jogging di pagi hari dan berburu kuliner pastinya.

Itulah rekomendasi hotel murah di Blitar yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Blitar ini. Tentunya hotel-hotel murah bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Blitar ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.