December 2017
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

15 Hotel Di Cirebon

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 259,100
Sisa 10 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Hotel Murah di Cirebon

Saat berkunjung ke kota Cirebon sayang sekali bila pulang kembali ke kota asal di hari itu juga. Apalagi jika anda berasal dari kota yang jauh dari Cirebon, karena banyak tempat wisata di Cirebon yang bisa anda kunjungi selama berada di kota ini. Berkunjung ke Cirebon yang jauh dari rumah tentu tidak cukup untuk sebentar, pastinya Anda butuh dua hingga beberapa hari kedepan menikmati sajian keindahan kota Cirebon.

Selama berada di Cirebon, Anda butuh hotel atau penginapan untuk menginap menghabiskan malam. Untuk itu Anda tak perlu takut tidak menemukan hotel, penginapan atau rumah singgah (guest house) ketika berkunjung ke Cirebon ini.Anda tak perlu bingung karena ada banyak penginapan atau hotel murah di Cirebon yang menawarkan harga menarik.

Perlu diketahui bahwa kategori hotel murah juga memiliki kelas - kelas tersendiri seperti di Airy Cirebon. Hotel murah memang sangat cocok untuk anda yang bertipe budget traveler. Namun bukan berarti tidak bisa digunakan anda dan keluarga. Hotel murah di Cirebon memiliki fasilitas yang lengkap dan membuat tidur anda nyaman seperti menginap di hotel berbintang tinggi sekalipun. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari 100 ribuan dan Anda akan menemukan banyak di Cirebon. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis hotel di Cirebon yang ada di Airy yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap saat sedang berkunjung ke kota Cirebon, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang sangat terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, anda tak perlu ragu, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman. Fasilitas tersebut seperti wifi gratis, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, tv dan air conditioner (AC). Tentu hotel jenis ini cocok untuk para Backpacker dengan budget terbatas yang hanya butuh tempat untuk tidur. Harga untuk hotel eco di Cirebon mulai dari 100 ribuan anda dapat temukan dengan mudah.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang cukup, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel murah di Cirebon dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel murah ini. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco. Fasilitas tambahan dapat berupa air panas untuk mandi hingga sarapan pagi gratis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata untuk lebih lama di hotel atau staycation saat berkunjung ke kota Cirebon. Selain itu, hotel murah kelas standard ini juga sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis bertemu klien di Cirebon. Anda dapat menikmati malam sambil menyiapkan presentasi atau menyelesaikan pekerjaan saat disaat harus keluar kota di dalam hotel.

Kelas Premier

Kelas yang terakhir adalah kelas Premier atau kelas yang paling high class di Airy Cirebon. Ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier ini menawarkan hotel murah yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini. Cocok sekali untuk yang sedang honeymoon dan lebih banyak berdiam di hotel. Kelas hotel murah ini banyak ditemukan di Kota besar seperti Cirebon.

Tips Memilih Hotel Murah di Cirebon

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Cirebon, tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Bagi Anda yang mencari hotel murah di Cirebon, maka anda akan menemukan banyak tawaran. Penting untuk anda mengetahui tips-tips agar terhindar dari hotel murahan. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Harga Per Malam

Budget menjadi faktor penting bagi beberapa wisatawan untuk memilih hotel, karena harganya yang cukup menguras dompet. Itulah yang menjadi kebanyakan wisatawan mencari hotel atau penginapan murah ketika berkunjung ke Cirebon. Tak jarang pula wisatawan yang terjebak dengan harga yang ditawarkan hotel - hotel disana yang sangat murah dengan penipuan fasilitas. Oleh karena itu penting untuk Anda memerhatikan harga yang ditawarkan hotel murah di Cirebon.

Pastikan harga hotel murah yang ingin Anda booking berada pada standar OTA. Hotel murah yang disediakan Airy tentu lebih murah dibanding penyedia hotel lainnya di Cirebon. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, Anda dapat membuktikannya. Selain itu, jangan memaksakan untuk memilih hotel yang melebihi budget yang anda punya. Karena harga murah pun Anda dapat menikmati kenyamanan yang dijamin oleh Airy Cirebon.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya Anda harus perhatikan lokasi hotel murah yang Anda pilih di Cirebon. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Cirebon. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Cirebon seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian.

Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Cirebon atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Cirebon.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel murah di Cirebon, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel Cirebon. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Cirebon anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel murah di Cirebon akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian untuk booking hotel Cirebon secara online juga lebih banyak yang menyediakan. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan OTA lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Cirebon.

Rekomendasi Hotel Murah di Cirebon

Jika anda sudah punya rencana mengunjungi Cirebon maka anda dapat booking hotel di Cirebon secepatnya agar tak menjadi beban pikiran. Anda akan menemukan hotel murah di Cirebon. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Cirebon.

  • Airy Alun Alun Pamitran Cirebon, hotel ini sangat dekat sekali dengan stasiun Cirebon. Cocok untuk anda yang ingin menuju kota ini melalui jalur darat dengan menggunakan Kereta Api namun tak ingin jauh-jauh menuju hotel penginapan. Selain itu hotel ini juga dekat dengan Keraton Kanoman dan Keraton Kasepuhan.
  • Airy Kesambi Tuparev 107 Cirebon, hotel ini juga dekat dengan stasiun Cirebon, alternatif selain hotel sebelumnya. Tak perlu takut urusan kuliner, di dekat hotel ini banyak restoran yang bisa anda coba seperti Takemori Japanese Dinning, Rumah makan Hj. Dian, Petik Merah Coffee Roaster, atau Baraja Coffee.
  • Airy Alun Alun Kejaksan Veteran 32 Cirebon, hotel ini juga dekat dari stasiun sebagai alternatif yang lain. Di dekat hotel ini, anda dapat menikmati wisata kuliner di Restaurant Jumbo, Original Bistro Cafe, Olive Bistro, Bubur Ayam Moh Toha atau Mie Ayam Tunggal Rasa.
  • Airy Balai Kota Siliwangi 107 Cirebon, nah hotel ini adalah hotel paling dekat dengan stasiun Cirebon. Jaraknya hanya sekitar 200meter, anda pun bisa jalan kaki menuju hotel ini. Anda juga dapat mencoba wisata kuliner di Strawberry Delight atau Blankon Jamblank.

Itulah rekomendasi hotel murah di Cirebon yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Cirebon ini. Tentunya hotel-hotel murah Cirebon bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Cirebon ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.

Tentang Cirebon

Kota Cirebon adalah kota yang berada di jalur Pantura yang menghubungkan empat kota besar di Indonesia, yaitu Surabaya-Semarang-Cirebon dan Jakarta. Secara historis dan menurut cerita rakyat setempat, nama Cirebon berasal dari kata Sarumban dimana Cirebon sendiri merupakan dukuh kecil yang didirikan oleh seorang yang sakti mandraguna bernama Ki Gede Tapa.

Lama kelamaan, kota Cirebon yang semula sepi berubah menjadi ramai yang pada akhirnya disebut dengan istilah Caruban. Carub dalam bahasa setempat berarti bersatu karena di kota ini ada cukup banyak suku dan tradisi yang berkumpul menjadi satu, mulai dari Sunda, Tionghoa, Arab, Jawa, yang memberikan keunikan tersendiri bagi kota ini. Lalu Caruban pada akhirnya dilafalkan dengan istilah Cerbon atau Cirebon.

Selain daripada itu, kata Cirebon juga berkorelasi dengan mata pencaharian rakyat setempat yang adalah nelayan. Penduduk Cirebon gemar menangkap ikan dan juga rebon atau udang kecil di pantai. Dari bahan udang kecil itulah, dibuat terasi dan petis. Adapun air yang telah digunakan untuk membuat terasi itu dalam bahasa setempat disebut dengan Cai-Rebon. Cai-Rebon berarti air rebon dimana air yang dipakai adalah bekas pengolahan udang Rebon. Dari kata Cai-Rebon inilah agar lebih mudah pelafalannya diubah menjadi Cirebon.

Cara Menuju Kota Cirebon

Bagi para turis asing atau turis domestik yang ingin bertandang ke Cirebon, anda dapat menempuh beberapa opsi, berikut adalah opsi yang dapat anda gunakan:

Jalur Laut

Sebenarnya untuk sampai di Cirebon bisa dilakukan dengan menempuh jalur laut karena lokasi Cirebon yang dekat dengan pantai utara. Sayangnya, untuk saat ini belum ada kapal laut belum tersedia. Mungkin suatu saat nanti pemerintah daerah maupun pusat dapat mengembangkan pelabuhan untuk transportasi laut menuju Cirebon ini.

Jalur Udara

Jika anda berasal dari luar Jawa dan ingin berlibur atau mengunjungi Kota Cirebon melalui jalur udara, Anda bisa naik pesawat dengan tujuan Bandung yaitu Bandara Husein Sastranegara. Setelah mendarat di Bandung, anda dapat melakukan perjalanan darat menuju Cirebon kurang lebih selama 4 Jam menggunakan bus atau mobil. Memang Cirebon memiliki bandara sendiri yaitu bandara Chakrabuwana yang ada di jalan Jenderal Sudirman, nomor 1, Kalijaga, Harjamukti, Cirebon, Jawa Barat 45144. Namun sayang, bandara tersebut hingga kini hanya dipergunakan untuk khusus untuk sekolah penerbangan dan militer.

Anda tak perlu bingung untuk mencari agen tiket pesawat untuk menuju kota Bandung. Anda dapat memesannya di Airy dengan mengunjungi situs resmi Airy www.airy.com. Anda akan menemukan banyak pilihan jadwal penerbangan dan tentu maskapai favorit untuk menuju kota Bandung lalu menuju Cirebon. Maskapai seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, Batik Air, Wings Air, NAM Air, Air Asia, Xpress Air, Trigana Air, Kalstar Aviation dan lainnya. Booking yang mudah, pilihan pembayaran yang banyak tentu akan membuat anda lebih nyaman dalam memesan tiket pesawat murah ke Bandung di Airy.

Jalur darat

Untuk rute transportasi yang paling pas digunakan untuk sampai di Cirebon adalah melalui perjalanan darat. Ada banyak bus jurusan Cirebon baik dari arah utara, selatan, barat dan Timur. Jika Anda menggunakan bus, anda akan menuju Terminal Bus di Cirebon yang bernama Terminal Harjamukti, yang terletak di Jalan Raya By Pass Jalan Ahmad Yani. Tarif bus bervariasi, mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 120.000, tergantung kelas bus.

Selain bus, ada juga kereta api yang bisa Anda pesan tiketnya dengan biaya yang terjangkau untuk sampai di Cirebon. Bila Anda dari Jakarta, dapat menggunakan Argo Jati yang berangkat dari stasiun Gambir atau stasiun Jatinegara untuk menuju stasiun Cirebon. Harga untuk tiket kereta dari Jakarta mulai dari Rp 220.000 bergantung kelas kereta yang anda gunakan. Nah jika anda ingin menginap tidak jauh dari stasiun Cirebon, anda dapat menginap di hotel murah dekat stasiun seperti Airy Alun Alun Pamitran Cirebon atau Airy Eco PGC Sukalila Selatan 47 Cirebon.

Transportasi di Cirebon

Selama berada di Cirebon, Anda dapat menjelajahi indahnya kota ini dengan menggunakan beberapa transportasi yang ada di kota Cirebon, diantaranya adalah:

Angkutan Kota

Angkutan kota atau angkot di Cirebon berwarna biru sedangkan untuk angkutan desanya berwarna kuning. Ada cukup banyak trayek angkutan umum di kota ini dengan warna biru muda. Harga yang ditawarkan juga tidak mahal, hanya berkisar Rp 3000-5000. Jika kesulitan untuk mengetahui trayek angkot, sebaiknya anda menanyakan kepada supir angkot tersebut atau warga sekitar.

Becak

Becak di Cirebon modelnya cukup unik, yaitu bertubuh pendek dengan kontur datar. Becak ini memiliki peran yang penting di Cirebon. Becak sangat cocok dipakai jika ingin memangkas waktu perjalanan yang tidak bisa dilakukan oleh angkot atau angdes.

Ojek

Di stasiun, terminal, dan pasar, ada cukup banyak ojek. Namun selain ketiga tempat tersebut jangan berharap Anda akan dengan mudah menemukan ojek. Ojek bisa dipakai saat pada malam hari tidak ada angkot atau angdes yang beroperasi.

Taksi

Jika anda ingin berpergian dengan lebih nyaman, anda dapat menggunakan taksi. Salah satu agen taksi cirebon adalah Central Taksi. Sistem argo disana dapat menggunakan tarif borongan ataupun per jam. Jarang taksi yang menggunakan argo seperti di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan lainnya.

Tempat Wisata di Kota Cirebon

Berkunjung ke Cirebon tentunya akan sangat hambar jika tidak menyaksikan keindahan tempat wisata yang ada di kota ini. Beberapa tempat wisata yang paling terkenal di Cirebon seperti dibawah ini.

Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin merupakan hutan wisata di Cirebon yang memiliki keindahan alam luar biasa dengan ditumbuhi pohon kayu putih. Sangat cocok untuk anda yang gemar berjalan kaki dengan menikmati udara segar dari pepohonan. Di tempat ini dilengkapi pula arena motor cross serta danau Ciranca untuk anda yang gemar memancing. Jarak tempat wisata ini sekitar 30 menit dari pusat kota Cirebon yang berlokasi di Desa Ciwaringin.

Taman Sari Gua Sunyaragi

Nah, bagi kalian yang gemar dengan informasi seputar ilmu kanuragan, di Cirebon terdapat Taman Sari Gua Sanyurangi yang berdiri di atas tanah seluas 1,5 hektar dan terdapat tempat semedi di dalamnya. Konstruksi bangunannya sangat menarik dan merupakan kombinasi dari tradisi Indonesia dan Cina. Lokasi Gua ini berada di kelurahan Sunyaragi, Kesambi. Asal nama taman ini berasal dari bahasa Sansekerta yaitu "sunya" yang berarti sepi dan "ragi" yang berartikan raga. Taman sari gua sunyaragi ini digunakan raja dan keluarganya sebagai tempat untuk mencari ketenangan. Terdapat dua bangunan yaitu pesanggrahan dan gua. Disini anda juga bisa berbelanja oleh-oleh khas Cirebon, karena disekitar Gua ini banyak penjual makanan dan souvenir khas Cirebon.

Taman Ade Irma Suryani

Taman yang juga cukup populer di Cirebon adalah Taman Ade Irma Suryani. Sebelumnya taman ini terkenal dengan sebutan Taman Traffic Garden Cirebon yang lokasinya adalah di jalur pantura dan langsung berdampingan dengan Pelabuhan Cirebon. Disini kita bisa menyaksikan zoo, tempat bermain anak, wisata panti dan adanya hiburan pada hari Minggu oleh para artis yang sedang off air.

Banyu Panas Palimanan

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Cirebon dan yang paling banyak dikunjungi setiap harinya. Terletak di Desa Palimanan Barat, tempat wisata ini dapat ditempuh dalam waktu 25-30 menit dari pusat kota Cirebon. Dengan tiket seharga Rp 7000 per orang anda dapat menikmati pemandian air panas yang konon katanya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Di lokasi pemandian air panas ini juga terdapat gazebo-gazebo untuk anda dan keluarga beristirahat.

Obyek Wisata Plangon

Obyek wisata Plangon ini merupakan tempat rekreasi alam yang didalamnya dihuni sekelompok kera. Disini juga terdapat makam Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan. Cukup dengan Rp 2000 anda dapat menikmati keindahan alam di Plangon.

Keraton Kasepuhan

Tempat wisata menarik selanjutnya adalah Keraton Kasepuhan. Bangunan ini berdiri sejak 1529 silam oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II yang didalamnya terdapat museum koleksi bersejarah dan juga peninggalan keraton. Keraton Kasepuhan merupakan keraton tertua di Cirebon dan menjadi yang paling megah di kota ini. Bangunan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan bangunan utamanya berwarna putih yang berisi singgasana Sultan dan ruang istirahat. Keraton Kasepuhan juga termasuk tempat wisata favorit di kota Cirebon. Wisatawan lokal akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000, sedangkan wisatawan mancanegara akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 50.000.

Keraton Kanoman

Keraton lainnya di Cirebon adalah Keraton Kanoman yang berlokasi di kelurahan Kanoman. Keraton ini memiliki luas sekitar 6 Ha dan masih ditempati oleh sultan ke 12 yang bernama Raja Muhammad Emiruddin. Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 8.000 untuk berwisata ke keraton ini.

Danau Setu Patok

Danau Setu Patok berlokasi di Kecamatan Mundu, Cirebon. Disini Anda bisa menikmati serunya bermalam di hotel sambil menyaksikan indahnya Danau Setu.

Telaga Remis

Jika ingin suasana yang tenang dan jauh dari kebisingan, Anda bisa berkunjung ke Telaga Remis yang berlokasi di kaki Gunung Ciremai, Kaduela, Kuningan, Cirebon.

Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi merupakan tempat wisata berbelanja oleh-oleh khas Cirebon. Anda akan menemukan batik khas Cirebon dengan motif yang indah. Pembeliannya juga bisa eceran atau grosiran. Tentunya bicara harga disini lebih terjangkau dibanding yang dijual di Mall atau tempat perbelanjaan umum.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Selain wisata alam dan sejarah, Anda juga dapat berwisata religi di Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid ini tidak jauh dari pusat kota Cirebon, hanya sekitar 8 menit. Masjid ini juga dikenal dengan Masjid Agung Kasepuhan yang merupakan masjid tertua du Cirebon. Masjid ini dibangun pada tahun 1480 M hingga saat ini masih kokoh berdiri dan berlokasi di sekitar Keraton Kasepuhan.

Masjid Merah Panjunan

Masjid lainnya yang terkenal di Cirebon adalah masjid Merah Panjunan. Didirikan oleh Pangeran Panjunan pada tahun 1480 juga seperti Masjid Agung Kasepuhan. Masjid ini dibangun dengan bata merah sehingga sering dikenal dengan Masjid Merah Panjunan. Dahulu, masjid ini hanya berupa Mushalla sederhana untuk para pedagang dari berbagai suku bangsa. Hingga akhirnya Pangeran mengubahnya menjadi Masjid dengan perpaduan budaya Hindu dan Budha.

Kuliner di Kota Cirebon

Bagi Anda yang hobby kuliner, sayang sungguh sayang jika selama berada di Cirebon Anda tidak mencoba dahsyatnya kuliner yang ada di kota ini. Apa saja sih kuliner yang wajib dicicipi oleh para travellers?

Tahu gejrot

Perlu diketahui bahwa tahu gejrot tidak hanya booming di Cirebon saja, Makanan yang berasal dari bahan dasar tahu goreng yang lalu dikuahi ini juga sangat populer di kota lain termasuk Yogyakarta. Yang menjadikan kuah tahu gejrot berbeda dari yang lain adalah pada sensasi sambalnya yang di-ulek di tempat. Sambal tersebut kaya akan bawang merah dan lombok yang kemudian pada kuahnya di tambah cuka dan kecap.

Usus Sapi Rebus

Nah, ingin sajian menu kuliner dengan bahan usus yang berbeda dari biasanya. Coba dulu usus sapi rebus Cirebon yang dijamin kualitas rasa daging ususnya sangatlah empuh dan bumbunyapun meresap dan lumer di lidah.

Sego Jamblang dan Sego Lengko

Untuk makanan pokoknya, Cirebon memiliki dua makanan khas yang cocok untuk para traveller, yaitu Sego Jamblang dan Sego Lengko. Sego Jamblang dibungkus diatas daun jati dengan beberapa lauk yang mak nyus. Sedangkan Nasi Lengko cocok bagi para vegetarian sebab makanan ini hadir dengan lauk tahu dan tauge dengan kecap sebagai bumbu utamanya.

Mendoan

Makanan khas Cirebon ini sudah sampai di beberapa kota dan menjadi makanan favorit, lho! Tempe adalah bahan utama dari makanan ini yang diberi adonan dengan rasa bumbu yang pedas dan sedikit asam. Bentuknya lonjong dan biasa di goreng hingga merah kecoklatan.

Intip

Proses memasak nasi dengan panci atau sabruk yang terlalu matang biasanya bagian bawahnya akan menjadi intip. Nah, intip yang berwarna kemerahan ini akan digoreng dan saat dimakan pun akan terasa gurih dan renyah, hampir seperti rengginang.

Kerupuk Mlarat

Wow, rupa-rupanya yang mlarat tidak hanya kita dari kelas manusia ya. Krupuk asal Cirebon ini pun pada akhirnya disebut kerupuk mlarat sebab digoreng dengan pasir panas dengan bahan dasar tepung tapioka.

Oleh-Oleh Khas Cirebon

Saat Anda bertandang ke Cirebon, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh untuk sanak famili di rumah. Oleh-oleh tersebut pastinya disukai sebab citarasanya yang khas.

Kerupuk Melarat

Makanan ini adalah makanan yang sangat digemari oleh masyarakat setempat dan dijamin menyehatkan. Kerupuk Melarat atau Kerupuk Miskin adalah kerupuk yang berasal dari bahan dasar tepung tapioka yang diolah dengan cara yang unik, yaitu dengan cara di goreng menggunakan pasir panas. Kerupuk Melarat biasanya berwarna putih, merah dan juga kuning yang cara makannya adalah dengan cara dicocol dengan terasi Cirebon.

Terasi

Terasi Rebon adalah terasi yang berasal dari Cirebon dengan rasanya yang luar biasa dahsyat. Terasi Cirebon adalah visualisasi dari julukan kota ini, yaitu Kota Udang Cirebon. Tidak hanya turis asing, turis domestik pun banyak yang mengincar terasi yang biasa dipakai untuk lalap makan ini.

Sirup Tjampolay

Bermula dari ide Tan Tjek Tjiu yang memproduksi sirup dengan tiga varian rasa yaitu nanas, asam jeruk dna rozen rose. Seiring berjalannya waku, sirup inipu memiliki banyak varian rasa yang dibuat dengan bahan alami dan gula murni serta resep pembuatan yang dirahasiakan.

Daftar Mall di Kota Cirebon

Setelah mencicipi kuliner dan juga beli oleh-oleh makanan khas Cirebon, tidak lengkap rasanya jika kita tidak shopping manja di 3 mall di Cirebon berikut ini:

Cirebon Superblock Mall

Untuk saat ini, Cirebon Superblock Mall adalah mall yang paling besar. Dibangun pada tahun 2008 silam dan beralamat di Jalan Doktor Cipto Mangunkusumo Nomor 26 Jawa Barat. Telepon 0231-235050, 234949.

Grage Mall

Grace Mall pada sekitaran tahun 2000-an adalah mall yang paling besar dan paling ramai pengunjung. Mall ini berdiri pada tahun 1995 yang menjadi icon bagi masyarakat setempat. Berlokasi di Jalan Tentara Pelajar Nomor 1, Jawa Barat 45123 Phone: (0231) 242652.

Grage City Mall

Grace City Mall adalah mall baru di Cirebon yang hadir dengan konsep yang unik yaitu lifestyle mall dan semi outdoor. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani Pegambiran Cirebon Telepon 0231- 8332 443.

Event Terkenal di Kota Cirebon

Jika Anda ingin merasakan kentalnya tradisi masyarakat setempat, Anda bisa datang pada event-event tradisional yang terkenal berikut ini:

Syawalan Gunung Jati

Syawalan Gunung Jati adalah acara dimana masyarakat setempat akan berziarah ke Makam Sunan Gunung Jati pada bulan Syawal. Mereka akan membawa bunga 7 rupa dengan uang receh. Bunga tersebut digunakan dilempar di pintu makam sebagai pengharapan barokah sedangkan uang receh diberikan kepada penjaga makam untuk perawatan.

Ganti Walit

Ganti Walit adalah upacara yang bertujuan untuk mengganti atap makan ki Buyut Trusmi sekeluarga yang dibuat dari anyaman daun kelapa. Ki Buyut Trusmi adalah putra Prabu Siliwangi yang datang ke Desa Trusmi, Weru. Cirebon yang menyebarkan agama islam di Trusmi dan juga mengajarkan cara bercocok tanam.

Ganti Sirap

Ganti Sirap dilaksanan setiap empat tahun sekali yang tujuannya adalah untuk mengganti atap makam Ki Buyut Trusmi yang dibuat dari sirap. Biasanya, acara ini akan dimeriahkan dengan terbang dan wayang.