Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
December 2018
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

3 Hotel Di Jambi

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 257,600

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Jambi

Jambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di bagian tengah dan pesisir timur Pulau Sumatera. Jambi menawarkan banyak daya tarik yang selama ini belum banyak diketahui oleh khalayak luas. Namun semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi saat ini membuat Jambi semakin dikenal luas termasuk berbagai potensi yang dimilikinya.

Asal Usul Jambi

Menurut para pemangku adat Melayu Jambi, Tuanku Ahmad Salim dari Gujarat berlabuh di Selat Berhala. Di sana ia mendirikan pemerintahan baru berdasarkan Islam dan mendapat gelar Datuk Paduko Berhalo. Beliau menikah dengan seorang putri bernama Putri Selaras Pinang Masak dari Minangkabau. Mereka memiliki empat anak dan semuanya menjadi datuk wilayah di sekitar kuala tersebut.

Putra Bungsu yang mendapat gelar Orang Kayo Hitam ingin meluaskan wilayahnya ke pedalaman. Ia kemudian menikah dengan Putri Mayang Mangurai, anak Tumenggung Merah Mato. Keduanya naik perahu kajang lako untuk menghiliri aliran Sungai Batanghari. Mereka pun menemukan tempat untuk mendirikan kerajaan baru di mana angsa yang mereka bawa saat berperahu mau naik ke tebing dan berdiam di sana selama 2 hari 2 malam. Maka Orang Kayo Hitam dan istrinya serta para pengikutnya pun membangun kerajaan baru dengan nama Tanah Pilih yang saat ini menjadi Kota Jambi.

Cara Ke Jambi

Jalur Darat

Jika Anda menggunakan jalur darat dari Jawa, Anda tetap harus menyeberang Selat Sunda kemudian melanjutkan perjalanan melewati rute Jalan Palembang – Jambi. Jarak Palembang menuju Jambi dapat ditempuh selama 5 jam. Sedangkan jika anda berasal dari Jakarta, waktu tempuh yang anda lewati sekitar 1 hari 1 malam.

Jalur Laut

Di Jambi sudah ada Pelabuhan Talang Duku yang dapat diakses oleh kapal laut. Namun perjalanan dengan kapal secara langsung ke Jambi cukup jarang digunakan. Apalagi jaraknya juga cukup jauh dari kota Jambi yakni sekitar 25 km. Namun perjalanan laut ini cocok untuk anda yang berasal dari Pulau Batam. Butuh waktu selama 5-6 jam menuju pelabuhan Talang Duku lalu dilanjutkan perjalanan darat selama 3 jam menuju kota Jambi.

Jalur Udara

Jalur udara menjadi pilihan yang paling banyak diminati karena lebih cepat dan mudah. Saat ini sudah banyak penerbangan dari luar provinsi dan luar pulau yang melayani penerbangan ke Jambi yakni mendarat di Bandara Sultan Thaha Syaifudin. Terdapat beberapa maskapai yang melayani rute Jakarta - Jambi seperti Lion Air, Garuda Indonesia, Batavia air, Sky Airline, Sriwijaya Air. Waktu tempuh penerbangan dari Jakarta sekitar 55menit.

Transportasi di Jambi

Ada beberapa alat transportasi umum yang dapat digunakan selama berada di Jambi. Dengan semakin berkembang pesatnya kota Jambi, moda transportasinya pun semakin beragam.

  • Taksi, Taksi banyak dijumpai di pusat perbelanjaan bandara, dan beberapa hotel dengan tarif berdasarkan jarak yang ditempuh.
  • Ojek Motor, Anda dapat dengan mudah menjumpai ojek motor di beberapa sudut pemukiman. Saat ini ojek motor online juga telah hadir di Jambi.
  • Sado, Ini adalah alat transportasi tradisional. Tetapi keberadaannya saat ini mulai terpinggirkan sehingga hanya untuk wisata.
  • Angkutan Umum, Alat transportasi ini hampir sama seperti angkot di kota-kota lain dan menawarkan tarif yang murah.

    Tempat Wisata di Jambi

    Tempat wisata di Jambi didominasi oleh wisata alam karena kenampakan alam di sana memang snagat mendukung. Dijamin Anda tidak akan kecewa jika mengunjungi tempat – tempat wisata di Jambi. Berikut ini adalah tempat wisata yang dapat anda kunjungi jika berada di Jambi.

    Gunung Kerinci

    Salah satu gunung api tertinggi di tanah air ini dikelilingi oleh Taman Nasional Kerinci Seblat dan masuk dalam bagian pegunungan Bukit Barisan. Bagi penggemar wisata alam, destinasi ini wajib untuk dikunjungi karena menawarkan kemegahan alam yang memukau. Seringkali tempat wisata ini dijuluki "Sekepal Tanah Surga Yang Tercampakkan Ke Bumi".

    Air Terjun Sigerincing

    Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Tuo, Lembah Mesurai, Merangin. Ketinggian air terjun ini mencapai 62 meter. Namun lokasinya cukup jauh karena berjarak sekitar 300 km dari pusat kota Jambi. Cocok untuk anda yang ingin menikmati alam karena promosi tempat wisata ini masih minim sehingga masih sepi pengunjung. Dampak positifnya, tempat ini belum kotor dengan sampah.
  • Danau Siplin

    Danau yang juga disebut dengan Solok Sipin ini berada di Simpang Baluran Kenali, Telanaipura. Ini adalah tempat budidaya ikan mujair dan nila. Pengunjung dapat berkeliling danau atau melihat lebih dekat aktivitas para nelayan. Jika anda ingin berkeliling danau atau ingin melihat aktivitas para nelayan lebih dekat, anda dapat menyewa perahu yang dapat menampung 3 – 4 orang, cukup dengan membayar Rp. 5000/orang.

    Danau Belibis

    Danau di lereng Gunung Kerinci ini memiliki hutan yang lebat dan sangat luas sekitar 2 hektar. Pemandangan yang disajikan pun membuat banyak pengunjung yang berkunjung ke danau ini.

    Danau Kerinci

    Ini adalah danau terbesar kedua di Sumatera setelah danau Tobadengan luas mencapai 5000 meter persegi dan berada di atas ketinggian 783 mdpl. Anda dapat melihat panorama indah jika ikan-ikan segar muncul di permukaan.

    Danau Gunung Tujuh

    Danau ini dikelilingi 7 buah gunung yang seolah menjadi dinding bagi danau tersebut. Ini termasuk danau tertinggi di Asia Tenggara. Lokasinya berada di Pelompek, Kayu Aro.

    Taman Nasional Kerinci Seblat

    Taman nasional ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Destinasi ini hampir sama dengan Kebun Raya Bogor tetapi menawarkan suasana alam yang lebih alami dengan pesona Danau Kerinci dan Gunung Kerinci.

    Tanggo Rajo

    Tempat wisata ini hampir sama seperti Taman Alun-alun Kapuas dengan berbagai wisata kuliner di tepi perairan. Daya tarik tempat wisata ini adalah menyuguhkan pemandangan Sungai Batanghari dan cocok untuk kegiatan memancing.

    Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

    Objek wisata ini menghadirkan miniature budaya Jambi lengkap dengan taman rekreasi. Konsep yang sama dengan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, namun Taman mini Jambi ini hanya menyajikan berbagai adat kabupaten yang ada di Jambi.

    Taman Anggrek Sri Soedewi

    Lokasi taman ini berada di Jalan Ahmad Yani. Di sana pengunjung dapat mempelajari cara perawatan anggrek sesuai jenisnya. Di sana terdapat lebih dari 60 jenis anggrek.

    Candi Muaro Jambi

    Peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu ini memiliki kompleks candi terluas di Indonesia dan telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO

    Museum Negeri Jambi

    Tempat wisata di Jalan Urip Sumoharjo ini memiliki bentuk bangunan seperti Rumah Kajang Lako atau rumah adat Jambi. Ada banyak koleksi benda bersejarah dan memiliki nilai seni budaya Jambi seperti anyaman, peralatan berburu, dan batik tenun serta hewan yang diawetkan.

    Istana Sultan Thaha Saifuddin

    Sultan Thaha termasuk salah satu pahlawan nasional dari Jambi. Istana ini dibuat untuk menghargai dan mengenang jasa beliau.

    Kebun Teh Kayu Aro

    Ini adalah kebun teh tertua di Indonesia yakni sudah ada sejak tahun 1925. Perkebunan ini juga merupakan yang tertinggi dan terluas kedua di dunia dengan berada di ketinggian 1600 mdpl dan luas 2500 hektar. Menariknya, the yang ditanam di sana adalah the orthodox atau teh hitam yang memiliki kualitas tinggi.

    Gentala Arasy

    Ini adalah ikon baru di Jambi berupa bangunan menara di Kelurahan Arab Melayu, Pelayangan. Menara tersebut memiliki ketinggian 85 meter dan di bagian puncaknya terdapat jam besar dengan diameter 3,5 meter.

    Kuliner Khas Jambi

    Berkunjung ke Jambi rasanya masih belum lengkap jika tidak mencicipi berbagai kuliner khas yang dikenal lezat dan unik.

    Tempoyak

    Ini adalah makanan olahan dari bahan durian yang dibuat menjadi lauk untuk disantap bersama dengan nasi putih. Jadi durian difermentasi lebih dulu dan dicampur dengan ikan segar. Namun tempoyak juga dapat disajikan tanpa ikan. Tempoyak memiliki citarasa yang asam dengan aroma durian yang sangat kuat.

    Kue Srikaya

    Kue tradisional Jambi ini terbuat dari bahan dasar tape dan santan dengan pewarna hijau dari duan pandan.

    Gulai Tepek Ikan

    Makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan gabus yang dimasak menjadi semacam sayur. Sekilas tampilannya mirip dengan gulai ikan pada umumnya. Tetapi sajian ini biasanya hanya dijumpai saat acara – acara tertentu.

    Jus Pinang

    Minuman ini terbuat dari buah pinang, gula merah, jahe merah, cengkeh,serai, madu, dan pandan. Jus ini sangat cocok diminum saat masih hangat dan dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    Gandus

    Kue tradisional ini terbuat dari tepung beras, sagu, bawang putih, santan, dan garam. Bentuk kue ini biasanya persegi kecil atau bulat dengan bagian atas diberi taburan ayam, udang, atau abon ikan.

    Sup Tulang

    Sekilas sup ini hampir sama dengan sup iga tetapi memiliki citarasa gurih yang berbeda. Walaupun bernama sup tulang, sup ini tetap memiliki daging yang melekat di tulang.

    Nasi Gemuk

    Sajian ini hampir sama dengan nasi uduk Betawi dan nasi lemak Melayu.

    Daging Masak Itam

    Sajian ini terbuat dari daging has dalam sapi yang diolah dengan adas manis, kelapa, kayu manis, kecap, pala bubuk, dan jintan. Sekilas tampilannya seperti semur Betawi tetapi memiliki citarasa yang sangat berbeda.

    Oleh-oleh Khas Jambi

    Jika Anda pergi ke Jambi, jangan lupa untuk membeli buah tangan khas yang sangat unik dan tidak dijumpai di tempat lain seperti berikut:

    Dodol Nanas

    Ini adalah camilan manis khas Jambi. Untuk mendapatkannya, Anda dapat membelinya di sentra perkebunan nanas di Tangkit, Muarojambi. Selain dodol nanas, ada pula makanan lainnya dari olahan nanas.

    Dodol Kentang

    Dodol kentang di Jambi hadir dengan pilihan rasa yang beragam seperti gula merah, pandan, stroberi, durian, dan nanas.

    Keramik

    Di Pasar Keramik Sitimang, terdapat banyak pilihan keramik seperti toples, guci, hingga hiasan rumah yang unik.

    Pempek

    Pempek khas Jambi memiliki citarasa yang berbeda dengan pempek Palembang. Hal ini karena cara pengolahan dan kuah cuko yang digunakan tidak sama.

    Otak-otak

    Makanan khas Jambi ini dikenal memiliki citarasa yang lezat karena terbuat dari ikan – ikan di Sungai Batanghari.

    Lempok Durian

    Durian memang sangat populer di Sumatera, termasuk Jambi. Anda dapat dengan mudah menemukan lempok durian yang banyak dijual di kota ini.

    Duku Kumpeh

    Buah ini banyak ditemukan di Kumpeh, Muarojambi. Ciri khas duku kumpeh adalah memiliki daging buah yang besar dan rasanya manis sehingga banyak yang menjadikannya sebagai oleh-oleh.

    Kopi AAA

    Kopi dapat dengan mudah dijumpai di Kerinci yakni di Tanjung Jabung Barat dan Merangin yang termasuk pusat penghasil kopi terbaik.

    Teh Kajoe Aro

    Sebagai pusat perkebunan teh hitam terbesar, jangan sampai melewatkan untuk membeli teh ini sebagai oleh-oleh.

    Batik Jambi

    Ini adalah kain khas Jambi yang dibuat di Kampung Olak Kemang, Danau Teluk, Jambi. Banyak penjual batik khas Jambi yang menjual kain tradisional ini dengan beragam pilihan. Motif yang populer dari Batik Jambi adalah tampuk manggis, daun kangkung, siput, angso dua, bungo melati, dan kepiting.

    Daftar Mall di Jambi

    Jambi saat ini semakin banyak dikunjungi oleh para pendatang dan gaya hidup masyarakat di sana juga semakin modern. Karena itu di Jambi saat ini sudah banyak terdapat pusat perbelanjaan atau mall yang menyediakan hampir semua kebutuhan Anda.

    WTC Batanghari

    Ini adalah mall pertama dan terpopuler di Jambi. Lokasinya berada di jantung pasar kota Jambi dengan bangunannya tepat berada di atas Sungai Batanghari. Di dalamnya sudah terdapat banyak pusat kuliner, optic, butik, salon, bioskop, dll

    Ramayana

    Lokasinya masih satu kompleks dengan WTC. Menuju ke Ramaya sangat mudah karena dilewati oleh angkutan kota. Selain didominasi produk fashion, di sana juga terdapat gerai bahan pokok rumah tangga.

    Jambi Town Square

    Mall yang akrab disebut Jamtos ini memang masih baru. Lokasinya berada di Jalan Kapten A. Bakaruddin. Berada di pusat kota Mauang, mall ini tentu sangat mudah diakses. Jamtos termasuk mall terlengkap yang ada di Jambi.

    Jambi Prima Mall

    Mall ini berada di wilayah strategis dekat kawasan Pasar atau sebelum Simpang 3 Jelutung Mall dengan 3 lantai ini menyediakan berbagai macam produk untuk kebutuhan sehari – hari mulai dari buah segar, bahan pokok, kosmetik, fashion, hingga alat tulis. Di lantai 3 juga terdapat wahana untuk bermain anak.

    Matahari Department Store

    Mall ini berada di belakang Hotel Novita dan didominasi oleh aneka produk fashion. Di sana sudah terdapat gerai Pizza Hut di lantai dasar.

    Lippo Mall

    Ini adalah mall yang baru dibuka tahun 2016 kemarin. Berada di Talang Banjar, mall ini sudah dilengkapi dengan Bioskop Cinemaxx.

    Daftar Event Terkenal di Jambi

  • Festival Danau Kerinci
  • Festival Cap Go Meh
  • HUT Provinsi Jambi (Lomba Perahu)

    Hotel di Jambi

    Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Jambi. Jika anda yang berasal dari luar Jambi lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Jambi dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Jambi ini yaitu sebagai berikut:

    Kelas Eco

    Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

    Kelas Standard

    Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

    Kelas Premier

    Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

    Rekomendasi Hotel Murah di Jambi

    Setelah anda mengunjungi berbagai tempat wisata di kota Jambi seharian, mungkin diantara anda perlu hotel atau penginapan untuk menginap untuk tidur dan melanjutkan perjalanan wisata esok harinya. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Jambi.

    • Airy Angso Duo Gatot Subroto 132 Jambi, pilihan untuk anda menikmati kelas Standard kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jalan Jl. Gatot Soebroto No. 132-134, Kota Jambi. Urusan kuliner, anda juga dapat menikmati sajian dari beberapa restoran terkenal seperti Lotus Oriental Restaurant, RM Padang Gantino Baru 2, Terkenal Restaurant, Purnama Restaurant, RM. Aroma Cempaka.
    • Airy Eco Syariah Hm Bafadhal Sungai Asam Jambi, pilihan untuk anda yang memiliki budget terbatas. Hotel ini terletak di Jalan Haji Muhammad Bafadhal No. 108, Kecamatan Pasar, Kota Jambi. Urusan kuliner, anda juga dapat menikmati sajian dari beberapa restoran terkenal seperti Lotus Oriental Restaurant, RM Padang Gantino Baru 2, Terkenal Restaurant, Purnama Restaurant, RM. Aroma Cempaka.

    Itulah rekomendasi hotel murah di Jambi yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Jambi ini. Tentunya hotel-hotel murah bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Jambi ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.