Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
August 2019
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

3 Hotel Di Jambi

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 241,100
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
 
Full Book
Kamar penuh

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Jambi

Jambi merupakan sebuah wilayah provinsi yang berada di Pulau Sumatra, dengan Kota Jambi sebagai ibu kotanya. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Provinsi Riau di bagian utara, Laut Cina Selatan di sebelah timur, Provinsi Sumatra Selatan di sebelah selatan, dan Provinsi Sumatra Barat di bagian Barat.

Memiliki luas wilayah sebesar 53.435,72 kilometer persegi, Jambi terbilang berada pada posisi yang sangat strategis. Wilayah ini berhadapan langsung dengan kawasan pertumbuhan ekonomi, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura Growth Triangle, atau yang lebih dikenal dengan istilah IMS-GT.

Berdasarkan topografisnya, Jambi terbagi menjadi tiga kelompok wilayah dengan ketinggian yang berbeda. Daerah dataran rendah berada pada Jambi bagian timur hingga ke bagian tengah. Lalu, daerah dataran dengan tingkat ketinggian sedang berada pada Jambi bagian tengah. Sementara dataran tingginya berada pada bagian barat. Semakin ke arah barat, morfologi tanah akan semakin tinggi, karena merupakan kawasan Bukit Barisan.

Penduduk yang mendiami wilayah Provinsi Jambi berasal dari berbagai suku bangsa, dengan dominasi Suku Melayu. Lalu, ada pula Suku Jawa, Kerinci, Minangkabau, Banjar, Sunda, dan beberapa suku lainnya. Islam menjadi agama mayoritas di sini, disusul Kristen, Budha, dan Hindu. Sementara itu, bahasa harian yang digunakan oleh penduduk asli Jambi adalah Bahasa Indonesia. Beberapa masyarakat asli masih menggunakan Bahasa Melayu Jambi dan Kerinci untuk bercakap sehari-hari.

Destinasi wisata di Jambi didominasi oleh wisata alam. Tempat paling terkenal yang menjadi incaran para wisatawan adalah Danau Gunung Tujuh. Selain itu, beberapa destinasi lain yang layak dikunjungi adalah Jembatan Gentala Arasy.

Sebenarnya, destinasi ini terbagi menjadi dua, yaitu Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy. Oleh karena letaknya yang berdekatan, masyarakat pun kemudian menamainya menjadi satu, yaitu Jembatan Gentala Arasy. Untuk menuju menara, pengunjung harus melewati Jembatan Pedestrian dengan alur berkelok dengan suguhan pemandangan alam yang sangat indah.

Sejarah Jambi

Masa kesultanan Jambi berakhir setelah Sulthan Thaha Saifuddin dinyatakan gugur pada tahun 1904 silam. Masuknya Belanda ke wilayah Kesultanan Jambi menjadikan Jambi sebagai daerah Keresidenan yang tergabung dalam wilayah Nederlandsch Indie dengan residen pertama adalah O. L. Helfrich yang dilantik pada tahun 1906.

Setelah dinyatakan merdeka pada tahun 1745, wilayah Sumatra masih menjadi satu dengan Medan ditunjuk sebagai wilayah ibu kota dan M.R. Teuku Muhammad Hasan menjabat sebagai Gubernur pertama. Perkembangan demi perkembangan dialami, termasuk kala diputuskan untuk membagi wilayah Sumatra menjadi tiga bagian pada tahun 1946, menjadi Sumatra Utara, Tengah, dan Selatan.

Posisi Jambi diperebutkan dengan alot antara wilayah Sumatra Tengah dan Selatan. Hingga pada akhirnya, pemungutan suara memutuskan bahwa Jambi menjadi bagian dari Sumatra bagian Tengah. Dua tahun berselang setelah pembagian wilayah Sumatera, tepatnya pada tahun 1948, Jambi akhirnya menjadi daerah Provinsi.

Akses Ke Jambi

Menuju Jambi dengan Jalur Udara

Jambi memiliki sebuah bandara, yaitu Bandar Udara Internasional Sultan Thaha yang berada di pusat Kota Jambi. Diresmikan pada tahun 2007, bandar udara yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura II ini melayani berbagai penerbangan dari maskapai-maskapai terbaik Indonesia untuk penerbangan domestik. Bandar udara ini masih terus dikembangkan, sehingga nantinya bisa melayani rute penerbangan internasional. Jadi, jika ingin menuju Jambi dalam waktu singkat, pesawat menjadi pilihan moda transportasi yang tepat.

Menuju Jambi dengan Jalur Darat

Pilihan transportasi lain untuk menuju Jambi bisa melalui Jalur Darat. Namun, karena terletak di Pulau Sumatra, maka perjalanan darat ini juga harus dilanjutkan dengan perjalanan laut, yaitu dengan menyeberangi Selat Sunda di ujung Jawa bagian barat menuju Pelabuhan Bakauheni di Lampung, sebelum akhirnya kembali melanjutkan perjalanan darat menuju Jambi.

Jambi memiliki dua terminal, yaitu Terminal Alam Barajo dan Terminal Simpang Rimbo yang berada di Jalan Lingkar Barat III. Selain bus, wisatawan juga bisa berkunjung ke Jambi menggunakan travel atau kendaraan mini bus.

Menuju Jambi dengan Jalur Laut

Terakhir adalah melalui jalur laut. Sebenarnya, Jambi memiliki dua pelabuhan utama yang berada di lokasi aliran Sungai Batanghari, yaitu Pelabuhan Talang Duku, dan Pelabuhan Muarasabak. Namun, kedua pelabuhan ini masih dalam tahap proses pengembangan oleh pemerintah setempat, sehingga belum tampak bangunan-bangunan seperti pelabuhan pada umumnya.

Untuk menuju ke Jambi melalui jalur laut, bisa menggunakan kapal feri untuk jarak dekat. Namun, transportasi laut Jambi juga menyediakan akses kapal penumpang besar untuk wisatawan atau pengunjung yang ingin singgah ke Jambi melalui jalur laut. Hubungi jasa penyedia layanan tiket kapal laut untuk mengetahui jadwal keberangkatan berikut harganya.

Transportasi di Jambi

Di Kota Jambi, tersedia berbagai pilihan transportasi yang menghubungkan satu daerah dengan daerah yang lain. Beberapa pilihan yang tersedia adalah mini bus, angkutan umum, dan bus antarkota antarprovinsi. Jika ingin berkeliling menggunakan taksi, sebaiknya pastikan taksi menggunakan tarif yang sesuai dengan argo, bukan memberikan harga tembak. Namun, jika terpaksa harus menggunakan harga tembak, lakukan penawaran dengan baik untuk mendapatkan harga kesepakatan.

Selain itu, pilihan transportasi lainnya adalah sarana transportasi berbasis online. Dibandingkan dengan moda transportasi tradisional, sarana berbasis aplikasi ponsel ini memiliki harga yang lebih murah dan tepercaya, karena sudah disesuaikan dengan jarak tempuhnya. Jadi, tidak akan ada harga tembak seperti pada transportasi tradisional. Namun, perhatikan lokasi pemesanan. Di beberapa wilayah, transportasi online masih kerap bersaing secara tidak sehat dengan transportasi tradisional, jadi tanyakan pada masyarakat setempat di mana lokasi yang aman untuk melakukan pemesanan.

Tempat Wisata di Jambi dan Sekitarnya

Danau Gunung Tujuh

Danau yang tersembunyi di balik gunung memang mampu menghadirkan daya tarik tersendiri. Seperti misalnya Ranukumbolo, yang berada di dalam Gunung Semeru. Pesona pasti tidak terkalahkan. Namun, tidak hanya itu, Indonesia masih memiliki lagi danau yang tersembunyi di balik megahnya gunung, yaitu Danau Gunung Tujuh, Berlokasi di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Provinsi Jambi, Danau Gunung Tujuh dinamai sesuai dengan kondisi alaminya.

Ya, benar, danau ini terletak di antara tujuh gunung yang ada di Jambi. Pasti sudah bisa dibayangkan bagaimana indahnya fenomena alam ini. Sejauh mata memandang, hanya hamparan hijau gugusan pegunungan yang terlihat, berpadu sempurna dengan birunya air laut. Danau tertinggi di kawasan Asia Tenggara ini menawarkan udara khas pegunungan yang sejuk dan segar. Fasilitas perahu kecil tampak tersedia di sisi danau, bisa digunakan untuk berkeliling.

Air Terjun Pancuran Rayo

Mungkin, Jambi tidak setenar destinasi wisata lain di Pulau Sumatera, seperti Aceh atau Bangka Belitung. Namun, tidak pernah salah untuk mencoba menjelajah kawasan ini, karena ada surga tersembunyi yang menunggu untuk diketahui. Adalah Air Terjun Rayo, air terjun dengan debit yang sangat besar dan menjadi air terjun paling tinggi yang dimiliki Pulau Sumatra.

Berada di balik lebatnya hujan dengan akses jalan yang terbilang cukup menantang, Air Terjun Pancuran Rayo menawarkan nuansa alam yang masih sangat asri dan sejuk. Suara jatuhnya air dari ketinggian memecah kesunyian, menjadi teman terbaik untuk menyegarkan kembali pikiran. Hanya bermodal Rp5.000 sebagai tiket masuk dan stamina yang cukup untuk berjalan kaki, air terjun yang berlokasi di Dusun Baru Pulau Tengah, Kecamatan Danau Keliling, Provinsi Jambi ini siap menyambut kedatangan para penakluk alam.

Bukit Ngarau Merangin

Alam memang selalu berhasil menyihir siapa saja yang ingin meluangkan waktu sejenak untuk menyesapi keindahannya. Di balik kesibukan yang seperti tak ada habisnya, menyapa alam meski sesaat tidak ada salahnya. Bukit Ngarau Merangin yang berlokasi di Kecamatan tabir Ulu, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi bisa menjadi pilihan tempat untuk melakukannya. Tanpa dipungut biaya, waktu seperti berhenti bergerak kala menyaksikan apa yang dimiliki tempat ini.

Adalah ketinggian, yang membuat pengunjung bisa melihat indahnya alam tanpa ada batasan. Sejauh mata memandang, hanya eksotisme alam memukau yang tampak. Udara yang dingin terasa sangat menyegarkan paru-paru, tanpa terganggu polusi. Jangan cepat-cepat, karena di sini, alam akan mengajarkan bagaimana cara menikmati dunia yang sesungguhnya. Tanpa menghabiskan banyak uang, cukup dengan menyapa dalam diam.

Pulau Penyu

Tidak hanya manusia yang membutuhkan habitat untuk hidup dan berinteraksi di dunia. Hewan pun membutuhkannya, untuk berkembang biak dan menambah jumlah populasinya. Penyu, salah satu satwa laut yang kini keberadaannya semakin langka, memiliki tempat khusus untuk bertelur sebelum kembali lagi pergi mengarungi samudera. Di Pulau Penyu, Provinsi Jambi, hewan-hewan lucu ini mungkin sangat berterima kasih akan kebaikan manusia yang masih menyisakan tempat hidup untuknya.

Pulau Penyu terbuka untuk siapa saja yang ingin menyaksikan dan berinteraksi langsung dengan hewan bercangkang ini. Atau, hanya sekadar melepas lelah sembari menikmati indahnya pantai dan lembutnya pasir putih yang menyentuh kaki. Tidak ada penghuni lain selain sekumpulan penyu di pulau ini, jadi kenyamanan dan ketenangan sudah pasti menjadi milik sendiri.

Danau Lingkat

Selain Danau Gunung Tujuh, Jambi masih memiliki danau indah lain yang tidak boleh dilewatkan. Berlokasi di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Provinsi Jambi, Danau Lingkat hadir dengan membawa nuansa mistis yang begitu kentara. Danau dengan air berwarna hijau ini dikelilingi oleh pepohonan rimbun, bersanding dengan deretan pegunungan dan bukit-bukit di kejauhan.

Tidak hanya alam, suara kicauan burung akan menjadi teman selama pengunjung menikmati keindahan dan pesona yang mengagumkan di sini, seakan benar-benar terlepas dari kepadatan dan hiruk-pikuk yang terasa menjemukan. Jika ingin pengalaman berkunjung ke Danau Lingkat makin sempurna, ada rakit kecil yang bisa disewa.

Danau Kaco

Tinggalkan Danau Lingkat dengan nuansa mistisnya yang sangat terasa, mari lanjutkan langkah menyambut pesona alam danau lain yang akan membuat mulut tak berhenti berdecak kagum. Masih berada di satu kawasan dengan Danau Lingkat, yaitu Desa Lempur, Danau Kaco siap untuk menjadi destinasi berikutnya untuk dikunjungi.

Jika Danau Lingkat menawarkan air berwarna hijau, Danau Kaco akan menyambut dengan warna biru airnya yang benar-benar mengagumkan. Benar-benar biru, seperti ditetesi pewarna di atasnya, menampilkan dasar danau yang terasa tidak tergapai. Ya, belum diketahui berapa dalamnya Danau Kaco, sehingga berhati-hatilah kala menghabiskan waktu di sini. Alam bisa sangat baik, tetapi juga bisa menjadi musuh yang tidak disangka-sangka.

Air Terjun Sigerincing

Kembali ke wisata air terjun, selepas air terjun tertinggi di Sumatra, silakan menuju ke Air Terjun Sigerincing, destinasi wisata yang mulai diminati oleh para wisatawan. Berada di kawasan Tuo, Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, destinasi wisata alam ini begitu diminati karena menyuguhkan suasana alam yang masih begitu alami dengan udara sejuk sebagai pendamping setia.

Tingginya tebing berselimut rerumputan hijau dan bebatuan besar akan menghadirkan nuansa yang kontras dengan laju debit air yang begitu deras. Suara deburan airnya mampu menyihir siapa pun yang baru saja tiba. Dingin air sangat segar di tubuh, membuat pengunjung ingin mencoba berinteraksi dengan berenang di cekungannya. Hati-hati, selalu jaga keselamatan jika ingin berenang. Mungkin, jika memang dirasa kurang aman, sebaiknya urungkan.

Air Terjun Talang Kemulun

Alam selalu memiliki rahasianya. Terkadang, menunggu untuk ditemukan dan dibagi supaya bisa dinikmati bersamaan. Alam begitu baik, karena mampu membuat manusia kembali segar tanpa perlu menghabiskan banyak uang. Seperti yang ditawarkan oleh Air terjun Talang Kemulung, yang menjadi salah satu surga tersembunyi di Jambi. Mengapa demikian?

Air terjun ini terletak tidak jauh dari pusat Kota Sungai Penuh, yang begitu identik dengan kesibukan dan keramaiannya. Namun, siapa sangka, masih ada surga yang belum banyak diketahui bersisian dengan pusat kota. Air mengalir jatuh melalui undakan-undakan tebing yang tertutup oleh ilalang. Sangat sempurna dan sayang jika tidak diabadikan. Debit airnya bersahabat, tetapi jangan kurangi kehati-hatian kala ingin menjangkau lebih dekat.

Bukit Khayangan

Berada di Desa Renah Kayu Embun, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi, Bukit Khayangan menjadi destinasi berikutnya yang bisa dikunjungi selepas menikmati indahnya Air Terjun Talang Kemulun. Seperti namanya, bukit ini menyuguhkan fenomena alam dari ketinggian, aktivitas yang beberapa waktu belakangan cukup digemari wisatawan. Duduk bersantai sembari menikmati udara sejuk dengan pemandangan indah, apa lagi yang kurang?

Mungkin, teman. Namun, apalah artinya jika alam telah berhasil mencuri perhatian dan menduduki posisi teratas teman baik kala perjalanan. Jambi tidak pernah membosankan, meski cuaca terkadang tidak bersahabat, alam selalu mampu meredam. Tenang saja, tidak akan ada biaya ekstra, datang kapan saja selagi bisa.

Hesti’s Garden

Tidak hanya gunung, danau, dan air terjun, Tuhan juga menciptakan berbagai jenis bunga di dunia. Coba kunjungi Hesti’s Garden yang berada di Muara Manderas, Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi, dan sapalah lebih dari 20 jenis bunga yang ditanam dan tumbuh subur di area seluas satu hektare ini. Ragam warnanya begitu memikat, menjadi objek bidikan foto yang tepat.

Jika memungkinkan, ajaklah pasangan untuk menikmati cantiknya bunga-bunga ini bersama-sama. Tanpa ada pungutan biaya, tentu seharusnya tempat ini sangat ramai dikunjungi, karena menawarkan suasana romantis idaman para wanita. Namun, ingat selalu, alam tidak pernah suka untuk dirusak, jadi jaga dan rawatlah dengan baik, karena ia telah berbaik hati memberikan keindahan.

Kuliner Khas Jambi

Gulai Tepek Ikan

Ikan gabus menjadi bahan dasar utama untuk membuat masakan berkuah kental dan identik dengan santan ini. Sebelum akhirnya diolah menjadi satu dengan kuah kentalnya, ikan gabus harus diolah terlebih dahulu hingga menjadi tepek. Tepek sendiri berarti memadatkan atau memipihkan ikan terlebih dahulu sebelum akhirnya dimasak.

Ikan gabus yang akan dijadikan tepek akan dibumbui dengan adonan dari tepung sagu dan ditambah bawang putih untuk menjadikan rasanya semakin sedap. Namun, makanan lezat ini hanya dihidangkan untuk acara-acara tertentu, seperti kenduri, acara pernikahan, atau perayaan adat di Jambi lainnya.

Tempoyak

Pasti sangat enak rasanya memakan buah durian secara utuh. Tidak berkurang pula lezatnya kala menjadikan durian sebagai campuran, untuk kue, es, atau camilan. Namun, bagaimana jika membuat makanan dari bahan durian? Jangan penasaran, karena di Jambi, tempoyak menjadi kuliner berbahan dasar durian yang wajib dicoba.

Bahkan, tempoyak ini diolah dengan berbagai bumbu dan rempah, juga irisan cabai merah agar rasanya semakin kuat. Pedas, tentu saja, tetapi rasa ini sangat dirindukan oleh pengunjung yang memang mencari hidangan dengan rasa pedas yang menggugah selera. Jangan lupa, santap selagi hangat bersama dengan sepiring nasi putih dan teh manis hangat. Sajian ini juga bisa dicampurkan dengan ikan segar supaya rasanya lebih sempurna.

Mi Celor

Namanya unik, ya? Namun, jangan ragukan cita rasanya. Pada dasarnya, sajian ini mirip dengan mi telor. Bedanya, mi celor ini dibuat dari bahan dasar tepung terigu yang ditambahkan taoge dan daun sop. Sebagai pelengkap, ditambahkan pula irisan daging ayam dan telur, membuat mi khas Jambi ini sangat lezat dan menggoyang lidah. Tentu saja, mengenyangkan.

Aroma kuat dan khas akan menguar kala mi ini datang selagi panas. Aroma ini berasal dari kuah mi yang memang dibuat dari campuran berbagai rempah. Jadi, jangan lewatkan untuk menjajal mi lezat satu ini kala berkunjung ke Jambi.

Kerutup Ikan

Bukan, bukan kerupuk ikan, melainkan kerutup ikan. Bahan dasarnya adalah ikan yang berasal dari ikan air tawar, seperti nila, ikan mas, atau gurami. Proses pengolahannya sama dengan ketika menggoreng ikan. Perbedaannya, adalah pada bumbu yang digunakan. Kerutup ikan tidak hanya menggunakan minyak, tetapi juga tambahan daun kunyit untuk penyedap rasa dan penguat aroma.

Sebelum disajikan, ikan kerutup ini ditambah irisan cabai merah dan hijau di atasnya untuk menyempurnakan tampilannya. Tidak susah untuk menemukan kerutup ikan, karena sajian khas Jambi ini bisa ditemukan dengan mudah di rumah makan maupun restoran yang ada di Jambi sebagai salah satu menu yang paling direkomendasikan.

Gulai Terjun

Nama kuliner satu ini juga terbilang unik. Adalah gulai terjun, sajian gulai dengan bahan dasar daging sapi, kambing, atau daging kerbau. Meski namanya gulai, kuliner satu ini memiliki perbedaan pada kuahnya. Jika gulai pada umumnya memiliki kuah santan yang kental, gulai terjun khas Jambi ini disajikan dengan kuah encer. Tetap, warnanya sama, kuning pucat khas gulai.

Sama halnya dengan gulai tepek ikan, gulai terjun juga disajikan hanya pada perayaan atau acara tertentu. Jadi, jika ingin mencicipi kelezatan gulai satu ini, sebaiknya datang ke Jambi saat ada perayaan saja, supaya tidak penasaran akan sedapnya kuliner ini.

Nasi Gemuk

Nasi gemuk, apakah nasi yang bisa membuat pengunjung yang mengonsumsinya jadi gemuk? Mungkin, kalau makan terlalu banyak. Namun, sebenarnya tidak demikian, ini hanya namanya saja. Sekilas, nasi gemuk khas Jambi ini memiliki tampilan seperti nasi uduk khas Betawi atau nasi lemak. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuliner ini seperti beras, santan, daun salam, daun jeruk, dan daun pandan.

Sebagai teman, nasi lemak biasanya dikonsumsi dengan telur atau ayam, tak lupa sambalnya. Supaya rasanya lebih sempurna, tambahkan beberapa buah emping goreng di atasnya. Emping ini akan membuat nasi gemuk terasa semakin gurih di lidah. Nasi ini sangat cocok dikonsumsi pagi hari, jadi masukkan dalam menu sarapan, ya!

Daging Masak Itam

Kuliner satu ini mirip dengan semur dari Betawi. Warnanya cokelat kehitaman, dengan daging sapi sebagai bahan dasarnya. Tentu saja, lengkap dengan bumbu dan rempah sebagai penguat aroma dan penyedap rasa. Daging masak itam dimasak dengan tambahan adas manis, kelapa, jintan, kayu manis, pala bubuk, dan tak lupa, kecap manis. Rasanya memang dominan manis, tapi bisa juga ditambahkan cabai untuk membuat paduan pedas.

Pastikan daging sapi yang diolah sudah empuk ya. Jika perlu, rebus dulu dagingnya. Atau olah dengan menggunakan api kecil agar bumbunya teresap dengan sempurna dan dagingnya pun tidak alot saat dipotong maupun digigit. Jangan lupa, sediakan sepiring nasi putih dan teh hangat untuk teman bersantap.

Sup Tulang

Pengunjung yang pernah mencoba kuliner sup iga mungkin sudah tidak asing dengan olahan satu ini. Di Jambi, sup iga juga disebut dengan sup tulang. Namun, sambal kecap yang ditambah irisan cabai rawit inilah yang menjadi pembeda rasanya. Sedap dan gurih, berpadu dengan rasa manis dan pedas dari sambal kecapnya. Sungguh menggugah selera.

Nama sup tulang tidak lantas membuat sajian ini hanya berupa tulang yang disiramkan kuah kaldu. Tetap saja, masih ada potongan-potongan daging yang melekat pada tulang-tulang iganya. Makanan ini sangat tepat disajikan kala musim hujan tiba, dengan suasana Jambi yang dingin. Selagi panas, tentunya, beserta sepiring nasi hangat. Membayangkannya saja sudah membuat air liur menetes, apalagi kalau langsung mencobanya.

Pempek Sambal

Biasanya, pempek disajikan bersama dengan kuah asam yang terbuat dari cuka, dengan rasa manis maupun pedas. Sebagai pelengkap, ditambahkan mi kuning dan acar timun. Namun, tidak dengan pempek yang berasal dari Jambi ini, namanya pempek sambal. Bahan dasarnya sama, pempek seperti yang ada di wilayah Palembang, yang terbuat dari adonan tepung, sagu, dan ikan.

Bedanya, pempek di Jambi dipotong-potong terlebih dahulu, kemudian potongan pempek ini dicampur dengan sambal yang telah ditambah dengan daun kunyit dan daun jeruk. Seperti membuat sambal goreng tetapi dengan bahan dasar pempek. Olahan ini termasuk kudapan, yang akan sangat lezat disantap selagi panas.

Rambutan Goreng

Siapa sangka, buah yang identik dengan bentuk bulatnya dan adanya rambut di sekeliling kulit ini tak hanya bisa disantap dalam bentuk segar alias langsung dari pohonnya. Di Jambi, buah satu ini justru diolah dan dijadikan camilan dengan cara digoreng. Namun, bukan rambutan dalam bentuk segar yang diolah. Buah ini harus dikeringkan hingga benar-benar tidak lagi mengandung air sebelum akhirnya menuju tahap pengolahan selanjutnya.

Hilangkan bijinya, dan campurkan daging buah dengan bumbu yang berasal dari tepung terigu, garam, vanili, dan bahan pelengkap lainnya. Pastikan bumbu tercampur sempurna, lalu goreng buah ini di dalam minyak panas hingga warnanya berubah menjadi kekuningan. Rasanya gurih dan renyah, dan tentu saja, tidak ada di daerah lain selain Jambi.

Tempat Nongkrong di Jambi

KeSIKO

Mengusung konsep foodcourt, keSIKO merupakan sentra jajanan murah yang menjadi tempat terfavorit masyarakat Jambi. Pepohonan rindang menjadi penaung terbaik, menghadirkan suasana sejuk dan adem. Kira-kira terdapat 27 gerai makanan yang ada di sentra jajan yang berlokasi di Jl. Adam Malik, Simpang Tiga ini.

Masing-masing gerai menawarkan menu yang beragam dan unik. Beberapa gerai hadir dengan ukuran yang lebih kecil menawarkan aneka camilan ringan yang lezat. Ada banyak kursi yang disediakan, berikut lahan parkir yang luas, jadi jangan takut kehabisan kursi atau tidak mendapatkan lahan parkir. KeSIKO lebih tepat dikunjungi kala malam hari, terlebih jika cuaca sedang cerah.

Mabes

Selanjutnya, ada Mabes, sebuah kafe yang berada di Jl. H. Agus Salim No. 95, tak jauh dari Asrama Haji Jambi. Kafe ini mengusung konsep desain bergaya minimalis modern, dengan mural-mural apik terlukis di beberapa bagian dinding. Menu yang ditawarkan juga beragam, mulai dari jajanan murah seperti mi instan, soda susu, dan lumpia yang disajikan dengan tampilan yang apik. Tempatnya yang sangat nyaman membuat pengunjung yang didominasi oleh muda-mudi Jambi betah untuk berlama-lama.

Simon & Son’s

Kafe satu ini sangat cocok untuk pengunjung yang menginginkan suasana tenang kala menyesap kopi pilihan. Adalah Simon & Son’s, kafe dengan konsep kekinian yang berlokasi di Jl. Gajah Mada No. 1, Jelatung, Jambi. Tidak hanya kopi, tempat ini juga menyediakan berbagai camilan dan dessert dengan rasa yang tak bisa diragukan lagi kelezatannya. Selain untuk bersantai atau mengobrol ringan, Simon & Son’s juga cocok untuk makan malam bersama pasangan atau sekadar mengerjakan tugas.

Uncle K

Uncle K tidak hanya menawarkan menu-menu pilihan yang rasanya enak dan pastinya dibanderol dengan harga terjangkau, kafe ini juga menyediakan berbagai macam permainan papan yang seru untuk dimainkan bersama dengan teman dan pasangan. Berlokasi di dalam sentra belanja Jambi Town Square, Uncle K menjadi kafe dengan konsep unik dan minimalis yang begitu digemari oleh masyarakat muda Jambi.

Restoran Terkenal di Jambi

Wong Djogja

Berada di Jambi tak lantas membuat pengunjung hanya bisa menikmati sajian khas Sumatra. Rindu dengan masakan Jawa, terlebih kuliner Jogja dengan cita rasa kulinernya yang begitu khas tak menjadi masalah, karena Jambi memiliki restoran Wong Djogja yang menawarkan beragam menu masakan khas kota istimewa tersebut. Selain menunya yang sangat beragam, restoran ini mengusung konsep bersantap “lesehan” alias tanpa kursi, hanya duduk beralas karpet.

Dome Steak

Tempat nongkrong berikutnya dibuat khusus untuk pecinta steak atau masakan ala Barat. Meski menghadirkan makanan ala Western, tidak ada kata mahal untuk tempat satu ini. Dijamin, tidak akan membuat kocek habis dan kantong bolong. Belum lagi dengan tempatnya yang memang sangat instagramable, dengan meja dan kursi yang terbuat dari drum bekas dengan tambahan kayu. Pada malam hari, kerlap kerlip lampunya semakin memperindah tempat ini.

Pondok Kelapo

Lalu, ada Pondok Kelapo, restoran keluarga yang menyajikan beragam menu kuliner khas Jambi dan Sumatra lainnya. Restoran ini juga mengusung konsep bersantap lesehan dengan desain pondokan kayu yang sangat elegan. Bagi para pengunjung yang tidak terlalu familier dengan masakan pedas Sumatra bisa memesan menu lain di sini, karena Pondok Kelapo juga menawarkan menu kuliner Nusantara.

Roemah Kebun

Roemah Kebun sebenarnya merupakan restoran keluarga yang terbilang baru di Jambi. Inilah mengapa rumah makan ini belum banyak dikenal oleh masyarakat. Padahal, konsepnya yang begitu alami sangat cocok sebagai tempat makan keluarga. Rumah-rumah pondokan beratap jerami yang dibangun di lahan sawah terasa begitu natural. Danau-danau buatan dengan ukuran kecil semakin membuat tempat ini nyaman. Belum lagi dengan menunya yang beragam dan lezat.

Saung Purnama

Sama halnya dengan Roemah Kebun, Saung Purnama juga merupakan restoran keluarga berkonsep lesehan baru di Jambi. Namun, tampilan rumah makan ini sedikit berbeda, yaitu tanpa adanya dinding sebagai pembatas, hanya pagar rongga yang berfungsi sebagai penghias. Namun, tak lepas, restoran ini juga menawarkan pengalaman bersantap di alam terbuka yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Lalu, ada pula fasilitas berupa live music yang akan menjadi teman kala bersantap.

Saonk Kito

Sederhana dan tradisional. Mungkin inilah gambaran restoran keluarga satu ini. Saonk Kito berlokasi di Jl. Kutilang I No. 49, Jambi Selatan, merupakan restoran keluarga dengan konsep lesehan yang cukup digemari oleh masyarakat lokal Jambi dan wisatawan yang datang ke kota ini. Padahal, Saonk Kito terbilang baru sebagai restoran dengan konsep lesehan untuk keluarga.

Bambu menjadi bahan dasar untuk membuat pondokan di restoran ini, menonjolkan nuansa tradisional setiap mata memandang. Terdapat kolam ikan kecil yang mengelilingi pondokan, menambah nuansa sejuk khas pedesaan. Menunya juga beragam, beberapa yang direkomendasikan adalah bebek mertua dengan minuman es ado-ado dan es kacang merah. Meski berkonsep restoran keluarga yang terkenal dengan harga tinggi, ternyata menu-menu di sini tidak menguras kantong.

Oleh-Oleh Khas Jambi

Kue Srikaya

Sekilas, akan banyak yang menebak bahwa kue hijau ini terbuat dari bahan dasar buah srikaya. Ternyata, sama sekali bukan. Srikaya hanya menjadi nama dari penganan ini karena tampilannya yang berwarna hijau pada bagian atas, sementara bagian bawahnya berwarna putih. Bahan dasar kue ini adalah tape dan santan, dengan tambahan pandan untuk menciptakan warna hijaunya.

Supaya lebih menarik, irisan daun pandan juga disematkan pada bagian atas kue. Perbedaan warna dari penganan ini membuatnya tampak sayang untuk dimakan, padahal rasanya begitu lezat. Paduan rasa manis dan gurih benar-benar melekat. Tidak hanya sebagai oleh-oleh, kue srikaya juga bisa disantap sebagai camilan ringan. Segera beli kue srikaya di pusat oleh-oleh di Jambi.

Dodol Nanas

Dodol memang mudah dijumpai di mana saja. Jakarta, Bali, Lombok, Bandung, Garut, semua memiliki penganan satu ini. Tak terkecuali di Jambi. Namun, dodol di Jambi menggunakan buah nanas sebagai bahan dasarnya, tentunya dengan campuran bahan-bahan lain hingga menghasilkan tekstur kental, lengket, dan basah.

Bahan nanas dipilih sebagai campuran utama dari dodol karena di Jambi, buah nanas sangat mudah didapatkan. Kreativitas masyarakat setempat kemudian menghasilkan salah satu camilan dengan rasa manis yang unik, karena berpadu dengan rasa asam khas nanas. Jika mencari oleh-oleh khas Jambi, dodol nanas ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

Kue Padamaran

Sebagai kudapan, sempurnakan bersantap dengan mencicipi kue khas Jambi, yaitu kue padamaran. Kue berwarna hijau pandan dengan tekstur lembut dan rasa manis ini menjadi ikon Kota Jambi. Dibuat dari bahan tepung beras yang dicampur dengan santan, dengan tambahan gula merah atau kinca untuk menciptakan rasa manisnya.

Sebelum dikukus, adonan dimasukkan dalam wadah yang terbuat dari daun pisang. Perlu tahu, warna hijau kue ini bukan berasal dari pandan, lho, meski warnanya sangat mirip. Warna hijau ini berasal dari air daun suji. Namun, tidak mengubah cita rasanya, kok. Pasti tetap enak disantap. Tidak sulit menemukan kue padamaran, karena bisa dibeli di pusat oleh-oleh atau penjaja di pinggir jalan.

Kue Gandus

Selain kue srikaya dan kue padamaran, camilan khas Jambi lain yang tidak boleh dilewatkan adalah kue gandus. Penganan satu ini terbuat dari tepung beras, tepung sagu, garam, dan santan. Namun, keunikan kue ini ada pada campuran bumbu seperti bawang putih, cabai, dan bawang merah, menghasilkan cita rasa gurih dan manis yang khas.

Sebagai pelengkap, kue gandus biasanya ditambah dengan irisan cabai, abon ikan, daun seledri, dan bawang goreng. Tertarik mencobanya? Bawa sebagai buah tangan untuk sanak saudara dan keluarga kala bertandang ke Jambi, ya. Kue gandus ini bisa dengan mudah didapatkan di sentra oleh-oleh di Jambi

Dodol Kentang Kerinci

Berada di Provinsi Jambi, Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatra. Di bawah alias di bagian kaki gunung ini, masyarakat kemudian membuka lahan untuk dijadikan perkebunan kentang. Hasil kentang dari kebun ini sangat berkualitas, dan beberapa masyarakat lalu memanfaatkannya untuk dijadikan bahan dasar dodol. Bahan yang unik, ya.

Jika dodol nanas khas Jambi hanya tersedia dalam satu saja, dodol kentang khas Gunung Kerinci ini hadir dalam berbagai varian rasa. Ada rasa gula merah, pandan, stroberi, nanas, dan durian. Soal rasa, coba sendiri. Dijamin pasti akan membuat ketagihan. Yuk, segera beli dodol kentang kerinci di pusat oleh-oleh Jambi!

Daftar Mall di Jambi

Jambi Town Square (Jamtos)

Lebih populer dengan nama Jamtos, sentra belanja yang berlokasi di Jl. Kapten A. Bakaruddin ini menjadi mall terbesar, termewah, dan terlengkap yang ada di Jambi. Lokasinya begitu strategis, tak jauh dari Simpang III dan Universitas Jambi. Tak heran jika banyak masyarakat yang berkunjung ke sini untuk menghabiskan waktu.

Lippo Plaza Jambi

Selanjutnya, ada Lippo Plaza Jambi, sentra belanja yang didirikan oleh perusahaan properti Lippo. Hanya terdiri dari 2 lantai, tetapi mall yang berada di Jl. Mayor Abdul Kartawirana ini memiliki fasilitas belanja dan hiburan yang terbilang sangat lengkap. Tak hanya gerai yang menawarkan berbagai produk kelas atas, mall ini juga dilengkap dengan bioskop yang menayangkan berbagai film terbaru.

Jambi City Center

Sentra belanja ini masih dalam tahap penyempurnaan. Rencananya, mall ini akan dibuka secara resmi pada tahun 2019 ini. Beralamat di Jl. HOS Cokroaminoto, Simpang III Sipin, Jambi, pusat belanja ini dibangun setinggi 5 lantai yang menjadi satu dengan salah satu akomodasi mewah dan berkelas. Belum lagi dengan berbagai fasilitas lengkap nantinya, diharapkan mall ini akan menjadi mall terbaik di Jambi.

Transmart Carrefour

Berada di Tambak Sari, Jambi Selatan, Transmart juga menjadi salah satu sentra belanja yang terbilang baru. Mall ini memiliki supermarket dan dilengkapi dengan sarana bermain anak di dalam ruangan. Hanya setinggi 2 lantai, tetapi Transmart mampu menyita perhatian masyarakat, terlebih anak-anak karena adanya fasilitas mainan tersebut. Ditambah lagi dengan berbagai gerai yang menawarkan produk-produk ternama, sentra kuliner, dan toko-toko pakaian.

Event Tahunan atau Tradisi di Jambi

Lubuk Larangan

Tradisi di Jambi ini diadakan dengan latar belakang keserakahan manusia yang bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan. Lubuk Larangan sendiri merupakan suatu daerah dengan aliran sungai yang terbilang tenang, tempat yang sangat baik untuk membiakkan ikan. Namun, ikan yang dibiakkan di tempat ini dilarang keras untuk diambil oleh warga hingga waktu yang sudah disetujui bersama.

Di Jambi, tradisi Lubuk Larangan masih dilestarikan oleh masyarakat yang mendiami beberapa kampung di wilayah Merangin dan Bungo. Masyarakat di kampung ini membuat kesepakatan dan sumpah bersama pada suatu hal. Jika sumpah dilanggar, kabarnya sang pelanggar akan menderita sakit yang bisa berujung dengan meninggal dunia. Namun, kala musim panen sesuai kesepakatan telah tiba, akan digelar upacara pencabutan sumpah sebelum akhirnya ikan bisa dinikmati bersama.

Perahu Kajang Lako

Kajang Lako merujuk pada perahu berhias yang memang dibuat khas untuk memeriahkan pesta rakyat yang digelar di Jambi, tepatnya di kawasan Tanggo Rajo, tak jauh dari Jembatan Gentala Arasy. Hiasan yang digunakan pada perahu-perahu ini didominasi oleh warna putih dan kuning.

Ternyata, eksistensi perahu ini bukan untuk adu balap seperti yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Jambi, melainkan hanya untuk adu kecantikan dari hiasan yang dibuat di masing-masing perahu. Jika perahu balap dikemudikan oleh para pendayung profesional, perahu Kajang Lako berisi penumpang yang mengenakan pakaian adat khas Jambi,

Hotel di Jambi

Saat berkunjung ke kota Jambi sayang sekali bila pulang kembali ke kota asal di hari itu juga. Apalagi jika anda berasal dari kota yang jauh dari Jambi, karena banyak tempat wisata di Jambi yang bisa anda kunjungi selama berada di kota ini. Berkunjung ke Jambi yang jauh dari rumah tentu tidak cukup untuk sebentar, pastinya Anda butuh dua hingga beberapa hari kedepan menikmati sajian keindahan kota Jambi.

Selama berada di Jambi, Anda butuh hotel atau penginapan untuk menginap menghabiskan malam. Untuk itu Anda tak perlu takut tidak menemukan hotel, penginapan atau rumah singgah (guest house) ketika berkunjung ke Jambi ini.Anda tak perlu bingung karena ada banyak penginapan atau hotel murah di Jambi yang menawarkan harga menarik.

Perlu diketahui bahwa kategori hotel murah juga memiliki kelas - kelas tersendiri seperti di Airy Jambi. Hotel murah memang sangat cocok untuk anda yang bertipe budget traveler. Namun bukan berarti tidak bisa digunakan anda dan keluarga. Hotel murah di Jambi memiliki fasilitas yang lengkap dan membuat tidur anda nyaman seperti menginap di hotel berbintang tinggi sekalipun. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari 100 ribuan dan Anda akan menemukan banyak di Jambi. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis hotel di Jambi yang ada di Airy yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap saat sedang berkunjung ke kota Jambi, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang sangat terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, anda tak perlu ragu, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman. Fasilitas tersebut seperti wifi gratis, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, tv dan air conditioner (AC). Tentu hotel jenis ini cocok untuk para Backpacker dengan budget terbatas yang hanya butuh tempat untuk tidur. Harga untuk hotel eco di Jambi mulai dari 100 ribuan anda dapat temukan dengan mudah.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang cukup, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel murah di Jambi dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel murah ini. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco. Fasilitas tambahan dapat berupa air panas untuk mandi hingga sarapan pagi gratis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata untuk lebih lama di hotel atau staycation saat berkunjung ke kota Jambi. Selain itu, hotel murah kelas standard ini juga sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis bertemu klien di Jambi. Anda dapat menikmati malam sambil menyiapkan presentasi atau menyelesaikan pekerjaan saat disaat harus keluar kota di dalam hotel.

Kelas Premier

Kelas yang terakhir adalah kelas Premier atau kelas yang paling high class di Airy Jambi. Ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier ini menawarkan hotel murah yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini. Cocok sekali untuk yang sedang honeymoon dan lebih banyak berdiam di hotel. Kelas hotel murah ini banyak ditemukan di Kota besar seperti Jambi.

Tips Memilih Hotel Murah di Jambi

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Jambi, tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Bagi Anda yang mencari hotel murah di Jambi, maka anda akan menemukan banyak tawaran. Penting untuk anda mengetahui tips-tips agar terhindar dari hotel murahan. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Harga Per Malam

Budget menjadi faktor penting bagi beberapa wisatawan untuk memilih hotel, karena harganya yang cukup menguras dompet. Itulah yang menjadi kebanyakan wisatawan mencari hotel atau penginapan murah ketika berkunjung ke Jambi. Tak jarang pula wisatawan yang terjebak dengan harga yang ditawarkan hotel - hotel disana yang sangat murah dengan penipuan fasilitas. Oleh karena itu penting untuk Anda memerhatikan harga yang ditawarkan hotel murah di Jambi.

Pastikan harga hotel murah yang ingin Anda booking berada pada standar OTA. Hotel murah yang disediakan Airy tentu lebih murah dibanding penyedia hotel lainnya di Jambi. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, Anda dapat membuktikannya. Selain itu, jangan memaksakan untuk memilih hotel yang melebihi budget yang anda punya. Karena harga murah pun Anda dapat menikmati kenyamanan yang dijamin oleh Airy Jambi.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya Anda harus perhatikan lokasi hotel murah yang Anda pilih di Jambi. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Jambi. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Jambi seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian.

Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Jambi atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Jambi.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel murah di Jambi, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel Jambi. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Jambi anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel murah di Jambi akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian untuk booking hotel Jambi secara online juga lebih banyak yang menyediakan. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan OTA lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Jambi.

Pilihan Hotel di Jambi

Airy Selincah Sentot Ali Basa 96 Jambi

Akomodasi ini berlokasi di Jl. Sentot Ali Basa No.96, Jambi. Di sini, pengunjung bebas memilih tipe kamar sesuai dengan bujet yang dimiliki. Fasilitasnya lengkap meski terbilang sebagai hotel berbujet rendah. Lokasinya juga sangat dekat dengan berbagai destinasi wisata, terutama wisata kuliner, sehingga akan memudahkan para pengunjung untuk memuaskan lidah kala menginap di sini.

Airy Angso Duo Gatot Subroto 132 Jambi

Pilihan akomodasi Airy selanjutnya adalah yang berada di Jl. Gatot Soebroto. Akomodasi ini juga menyediakan beragam pilihan kamar yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Namun, apa pun kelasnya, Airy selalu mengutamakan kenyamanan dengan menghadirkan fasilitas lengkap berstandar hotel bintang lima di setiap kamarnya.

Airy Eco Syariah HOS Cokroaminoto Flamboyan 45 Jambi

Lalu, ada pula Airy Eco, akomodasi yang bekerja sama dengan penginapan, guesthouse, maupun residence dengan harga yang tentu saja lebih terjangkau. Namun, tipe akomodasi Airy satu ini mengedepankan konsep syariah atau sesuai dengan aturan agama Islam. Jadi, pengunjung yang datang berpasangan dengan lawan jenis harus menunjukkan dokumen yang menyatakan adanya hubungan resmi sebagai suami istri.

Airy Eco Syariah HM Bafadhal Sungai Asam Jambi

Pilihan akomodasi Airy terakhir adalah yang berlokasi di Jl. Haji Muhammad Bafadhal No. 108, Pasar Jambi. Sama halnya dengan akomodasi Airy yang berada di kawasan HOS Cokroaminoto, Airy di Sungai Asam Jambi ini juga mengusung konsep syariah. Namun, hal tersebut tidak mengurangi kenyamanan dan pelayanan yang diberikan.

Segera rencanakan dan pesan akomodasi Airy untuk menunjang perjalanan ke Jambi. Supaya lebih mudah, pemesanan bisa dilakukan melalui website atau aplikasi Airy. Pilih jenis kamarnya dan metode pembayarannya. Terdapat tiga metode transaksi yang bisa dipilih, yaitu kartu kredit, transfer ATM, dan membayar melalui gerai Indomaret yang terdekat, di mana saja. Liburan lebih mudah dan nyaman bersama Airy Rooms.