Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
October 2019
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

1 Hotel Di Jember

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Jember

Kota Jember dikenal sebagai salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berada di area Tapal Kuda, yang pada zaman Kerajaan Majapahit dikenal dengan nama Blambangan. Kota lain yang berada di wilayah yang sama di antaranya adalah, Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, serta Banyuwangi.

Seperti halnya kota lainnya di wilayah Tapal Kuda Jawa Timur, mayoritas penduduk Kabupaten Jember adalah suku Madura yang kemudian disusul suku Jawa. Selain itu, ada pula sebagian kecil penduduk yang berasal dari suku Osing dan Tionghoa. Menurut data terbaru pada tahun 2018, jumlah penduduk di Kabupaten Jember mencapai angka 2,588 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 97,18% di antaranya beragama Islam.

Kabupaten Jember dikenal sebagai salah satu wilayah di Jawa Timur yang menjadi tempat berkembangnya budaya pendalungan. Budaya ini merupakan hasil asimilasi antara budaya khas Madura dan Jawa. Dalam kesehariannya, masyarakat Kota Jember lebih sering menggunakan bahasa Madura dibandingkan bahasa Jawa. Hanya saja, pelafalan bahasa Madura oleh masyarakat Jember dilakukan dengan dialek khas Surabaya.

Wilayah Kabupaten Jember memiliki luas mencapai 3.294,34 km persegi. Luas wilayah tersebut membentang dari area Pegunungan Iyang dengan puncak Gunung Argopuro yang memiliki ketinggian mencapai 3.088 meter di atas permukaan laut (mdpl) hingga Pulau Nusa Barong yang berada di tengah-tengah Samudera Hindia.

Di wilayah kabupaten ini, terdapat pula beberapa sungai yang berasal dari area pegunungan di sekitar. Sungai Mayang menjadi sumber air yang berasal dari Pegunungan Raung di sebelah timur. Sungai Bedadung bersumber dari Pegunungan Iyang bisa dijumpai di bagian tengah. Sementara itu, Sungai Bodoyudo di bagian barat berasal dari Gunung Semeru.

Karena memiliki sebagian wilayah yang berada di dataran tinggi, tidak heran kalau Kabupaten Jember memiliki area perkebunan yang luas. Bahkan, Jember dikenal sebagai salah satu produsen tembakau terbaik dunia yang reputasinya dikenal begitu baik di Jerman dan Belanda. Bahkan, Jember memiliki sebutan sebagai Kota Tembakau.

Pilihan tempat wisata yang bisa ditemukan di Kota Jember juga sangat beragam. Pantai Papuma dikenal sebagai pantai yang paling populer di Kabupaten Jember. Selain itu, kabupaten ini juga dikenal sebagai salah satu akses masuk menuju ke Gunung Argopuro yang dikenal sebagai gunung dengan jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa.

Sejarah Jember

Pada tahun 1900-an, wilayah Kota Jember bukanlah area permukiman. Sebagian besar dari wilayah kabupaten ini dimanfaatkan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai area perkebunan. Oleh karena itu, tidak heran kalau saat ini banyak wilayah perkebunan yang merupakan hasil peninggalan penjajah Belanda. Wilayah perkebunan di kota ini, dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII, Tarutama Nusantara, serta Perusahaan Daerah Perkebunan.

Karena bukan merupakan wilayah permukiman, tidak heran kalau Kota Jember hampir tidak memiliki penduduk asli. Mayoritas masyarakat yang mendiami wilayah Kota Jember merupakan para pendatang, baik yang berasal dari Madura ataupun wilayah sekitar seperti Blitar, Madiun, Trenggalek, Tulungagung dan sebagainya. Arus kedatangan para pendatang pun semakin bertambah seiring dengan pembangunan jalur kereta Surabaya-Jember-Banyuwangi.

Para pendatang yang merupakan suku Madura, kebanyakan mendiami wilayah dataran tinggi yang berada di bagian utara Kota Jember. Sementara itu, suku Jawa lebih banyak mendominasi wilayah pesisir selatan. Sementara itu, di wilayah Jember bagian tengah, timur dan barat, merupakan wilayah tempat terjadinya perpaduan budaya antara suku Madura dan Jawa.

Jember dikenal sebagai salah satu kabupaten termuda yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kota ini berdiri pada 1 Januari 1929. Pemerintah Hindia Belanda menetapkan kota ini sebagai Regendschap Djember lewat Staatsblad Nomor 322 yang dikeluarkan pada tanggal 9 Agustus 1928. Sebelumnya, wilayah Kota Jember dikenal sebagai bagian dari Kota Bondowoso. Noto Hadinegoro dikenal sebagai bupati pertama Kabupaten Jember, yang kini namanya diabadikan sebagai nama lapangan terbang di Jember.

Wilayah Pemerintahan Regenschap Djember dibagi menjadi 7 distrik. Pada tahun 1941, Pemerintah Hindia Belanda kemudian memecah wilayah Jember menjadi 25 onderdistrik. Selanjutnya, pada tahun 1950, Pemerintah Indonesia secara resmi mengubah status Regenschap Djember menjadi Kabupaten Jember yang merupakan bagian dari wilayah Provinsi Jawa Timur.

Pada tahun 1976 sampai 2003, wilayah Kota Jember sempat terbagi menjadi 2, yakni Kabupaten Jember dan Kota Administratif Jember. Pembentukan Kota Administratif Jember dilakukan lewat PP Nomor 14 Tahun 1976. Selanjutnya, pada tahun 2003, Kota Administratif Jember kembali menjadi wilayah Kabupaten Jember, seiring dengan berlakunya aturan tentang otonomi daerah.

Cara Menuju ke Jember

Jember memang bukan kota terbesar yang ada di Jawa Timur. Meski begitu, kota yang satu ini memberikan akses transportasi yang begitu mudah untuk para wisatawan dan pebisnis yang datang. Pilihan transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke Kota Jember di antaranya adalah:

Bus

Transportasi menggunakan bus menjadi pilihan pertama yang bisa dipakai oleh para wisatawan untuk menuju ke Jember. Terminal Bus Tawang Alun menjadi terminal pemberhentian utama bus-bus yang berangkat dari berbagai kota di Jawa Timur. Wisatawan pun bisa menjumpai bus ekonomi ataupun bus patas di terminal ini.

Di terminal ini, wisatawan bisa menjumpai bus ekonomi yang melayani rute Surabaya-Jember-Banyuwangi via Tanggul, Surabaya-Jember-Banyuwangi via Kencong-Balung. Sementara itu, pilihan bus patas (cepat terbatas) yang ada di sini adalah bus rute Jember-Yogyakarta, Jember-Malang, serta Jember-Denpasar.

Selain Terminal Bus Tawang Alun, ada pula Terminal Arjasa, serta Terminal Pakusari yang menjadi lokasi transit bus. Terminal Bus Arjasa juga menjadi tempat pemberhentian bus yang melayani rute menuju ke Bondowoso dan Situbondo. Sebagai tambahan, ada pula Terminal Bus Ambulu yang menyediakan rute bus tujuan Ambulu-Kencong-Lumajang-Pasuruan-Surabaya serta Malang.

Kereta

Selanjutnya, tersedia pula akses transportasi menggunakan kereta untuk menuju ke Kota Jember. Di sini, wisatawan bisa menjumpai keberadaan Stasiun Jember yang dikenal sebagai stasiun terbesar yang ada di wilayah Kabupaten Jember. Bahkan, Stasiun Jember merupakan lokasi pusat Daerah Operasi (Daop) IX Jember yang membawahi beberapa stasiun lainnya di Jawa Timur, seperti Stasiun Pasuruan, Stasiun Probolinggo, ataupun Stasiun Banyuwangi Baru.

Selain memiliki Stasiun Jember, ada pula beberapa stasiun kecil lainnya di Kabupaten Jember, seperti Stasiun Tanggul, Rambipuji, ataupun Kalisat. Stasiun Jember telah berdiri sejak tahun 1897 dan melayani beberapa kereta jarak jauh di Pulau Jawa. Tak hanya itu, ada pula kereta lokal serta kereta barang yang bisa dijumpai di stasiun ini.

Untuk pilihan kereta jarak jauh, wisatawan dapat menemukan beragam opsi kereta. Opsi kelas campuran, tersedia KA Mutiara Timur (Surabaya-Banyuwangi), Ranggajati (Surabaya-Cirebon), serta Wijayakusuma (Surabaya-Cilacap). Sementara itu, opsi kereta ekonomi AC bisa ditemukan pada KA Logawa (Surabaya-Yogyakarta), Sri Tanjung (Surabaya-Yogyakarta), Tawang Alun (Bangil-Banyuwangi, dan Probowangi (Surabaya-Banyuwangi).

Selanjutnya, KA Pandanwangi merupakan pilihan kereta ekonomi AC lokal tujuan Banyuwangi yang bisa ditemukan di Stasiun Jember. Terakhir, ada pula KA Semen Tiga Roda yang memiliki Nambo-Banyuwangi via Surabaya-Semarang-Cirebon yang merupakan kereta barang.

Pesawat

Selain bisa menggunakan transportasi bus dan kereta, Kota Jember juga dapat dikunjungi lewat jalur udara. Hanya saja, Bandara Noto Hadinegoro Jember merupakan bandara kecil yang dibangun dengan dana sepenuhnya dari APBD Kabupaten Jember.

Karena landasan pacunya yang tak terlalu besar, pesawat yang bisa mendarat di sini juga terbatas. Oleh karena itu, tak heran kalau rute penerbangan di Bandara Noto Hadinegoro juga sangat terbatas. Hanya ada 2 rute, yakni Surabaya-Jember yang dilayani oleh Garuda Indonesia dan Jember-Sumenep oleh Susi Air.

Transportasi di Jember

Sesampainya di Kota Jember, wisatawan bisa menemukan berbagai transportasi umum yang bisa digunakan secara gampang. Pilihan transportasi umum tersebut di antaranya adalah ojek sepeda motor, taksi, serta angkutan umum. Sebagai tambahan, ada pula opsi transportasi online yang bisa dipakai untuk mengantar ke berbagai destinasi di Kota Jember.

Untuk pilihan transportasi yang pemakaiannya sangat fleksibel, para wisatawan bisa memilih untuk memakai layanan sewa kendaraan. Tersedia layanan sewa sepeda motor ataupun mobil yang bisa dimanfaatkan. Bahkan, wisatawan juga bisa menjumpai sewa mobil lepas kunci di kota ini.

Tempat Wisata di Jember dan Sekitarnya

Kekayaan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Jember membuatnya punya banyak pilihan tempat wisata. Berikut ini destinasi wisata favorit yang bisa dikunjungi ketika tengah liburan ke Jember:

Pantai Papuma

Pantai Pasir Putih Malikan, disingkat Papuma menjadi destinasi wisata utama yang ada di Kota Jember. Sesuai dengan namanya, pantai ini menawarkan hamparan pasir putih yang cantik. Hamparan pasir tersebut menjadi lokasi yang cocok untuk bermain pasir. Keberadaan batu karang di tepi pantai pun membuat Papuma terlihat semakin cantik.

Pantai Papuma memang menjadi salah satu deretan pantai yang ada di pesisir selatan Pulau Jawa yang terkenal dengan ombak besar. Namun, Papuma memiliki ombak yang relatif aman, karena lokasi pantainya yang agak menjorok ke dalam dan cukup banyak batu karang yang berperan sebagai pemecah ombak alami.

Dengan kondisi seperti itu, para wisatawan bisa mencoba untuk menceburkan diri ke laut untuk berenang ataupun snorkeling. Hanya saja, faktor keamanan harus tetap diperhatikan. Wisatawan tak diperbolehkan untuk berenang ataupun ber-snorkeling di area yang berada cukup jauh dari bibir pantai. 

Fasilitas yang ada di Pantai Papuma juga cukup lengkap. Di tepi pantai, wisatawan dapat menjumpai deretan warung makan yang menyediakan olahan laut. Harga makanan di warung-warung ini juga cukup murah. Namun, tidak ada salahnya pula untuk menanyakan harga makanan terlebih dahulu sebelum memesan.

Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo menjadi tempat wisata yang sudah berkembang cukup lama di Kota Jember. Pantai ini berlokasi di wilayah Desa Sumberejo di Kecamatan Ambulu yang berjarak sekitar 40 km di arah selatan pusat Kota Jember. Pantai ini memiliki ciri khas lewat keberadaan batu karang yang berbentuk memanjang dari bibir pantai menuju ke lautan.

Masyarakat sekitar Pantai Watu Ulo memiliki tradisi yang secara rutin dilakukan setiap perayaan Idulfitri. Tradisi rutin tersebut adalah dengan mengadakan acara larung sesaji yang dijalankan dengan melemparkan sesaji ke lautan menggunakan perahu. Penyerahan sesaji ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil laut yang didapatkan oleh para nelayan.

Pantai Kayangan

Pantai Kayangan menjadi destinasi yang ngehits dalam beberapa tahun terakhir. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, terpesona dengan keberadaan teluk yang berbentuk hati—disebut dengan Teluk Cinta—yang ada di kawasan pantai ini. Menariknya lagi, pantai ini juga memiliki bukit yang memungkinkan wisatawan untuk melihat pemandangan Teluk Cinta secara menyeluruh.

Pulau Nusa Barong

Menjadi wilayah paling selatan dari Kabupaten Jember, Pulau Nusa Barong merupakan sebuah pulau tak berpenghuni yang eksotis. Banyak wisatawan yang pernah menginjakkan kakinya ke pulau ini, memberikan sebutan sebagai Phi Phi Island dari Indonesia. Alasannya, mereka melihat suasana yang sangat mirip antara Pulau Nusa Barong dengan Phi Phi Island di Thailand.

Karena bukan pantai yang dihuni oleh manusia, tidak heran kalau Pulau Nusa Barong memiliki suasana yang masih sangat alami. Berbagai jenis hewan pun mendiami pulau ini, termasuk di antaranya adalah biawak, rusa jawa, penyu hijau, ataupun monyet.

Wisatawan pun bisa mencoba beragam aktivitas menarik selama ada di pantai ini. Selain bisa menghabiskan waktu untuk berenang, wisatawan juga berkesempatan untuk berfoto seperti layaknya di Phi Phi Island. Hanya saja, ketika berkunjung ke tempat ini, wisatawan terlebih dahulu harus mendapatkan izin masuk dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur yang membawahi wilayah Jember.

Air Terjun Antrokan

Untuk para wisatawan yang suka berpetualang menembus hutan, berkunjung ke Air Terjun Antrokan di Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Jember bisa jadi pilihan menarik. Air terjun ini tak terlalu tinggi, hanya 15 meter. Namun, lokasinya yang tersembunyi, membuat suasana Air Terjun Antrokan masih terjaga keasriannya.

Untuk menjangkau wisata air terjun alami ini, wisatawan pun harus berjuang cukup keras. Tak hanya harus menempuh perjalanan cukup jauh dari pusat Kota Jember, wisatawan juga harus berjalan kaki cukup lama untuk sampai ke lokasi air terjun. Perjalanan berjalan kaki tersebut bisa memakan waktu sekitar setengah jam. Namun, rasa lelah yang ada, bakal terbayar lunas setelah mendapat kesempatan menceburkan diri ke kolam di bawah air terjun.

Air Terjun Taman Mumbulsari

Terletak di Desa Suco, Kecamatan Mumbulsari, Air Terjun Taman Mumbulsari menjadi pilihan tepat untuk wisatawan yang doyan berburu foto instagramable. Air terjun yang juga disebut dengan nama Air Terjun Mandigu ini memiliki bentuk yang unik karena berundak-undak. Airnya yang jernih, membuat para pengunjung bisa bermain air secara bebas di air terjun ini. Hanya saja, pastikan untuk tetap berhati-hati, karena bebatuan di air terjun ini cukup licin.

Kebun Teh Gunung Gambir

Kebun Teh Gunung Gambir menjadi lokasi yang menarik untuk menghabiskan waktu liburan ke Jember dengan suasana yang menyegarkan. Wilayah perkebunan ini berada di ketinggian 900 mdpl dan merupakan bagian dari lereng Pegunungan Argopuro. Perkebunan ini sendiri merupakan bekas peninggalan dari Belanda yang kini dikelola oleh PTPN XII.

Ketika berada di tempat wisata ini, pengunjung dapat mencoba beragam aktivitas yang menarik. Berfoto dengan hamparan daun teh hijau menjadi pilihan aktivitas yang tidak akan pernah membosankan. Selain itu, wisatawan juga berkesempatan untuk melihat para pemetik daun teh secara langsung. Sebagai tambahan, beberapa fasilitas penunjang juga bisa ditemukan lengkap di kawasan ini, termasuk di antaranya adalah camping ground, lapangan voli, gedung olahraga badminton, ataupun gedung pertemuan.

Air Terjun Sumber Salak

Air Terjun Sumber Salak jadi destinasi wisata air terjun cantik berikutnya yang bisa ditemukan di Kota Jember. Air terjun ini berukuran kecil, berlokasi di Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember dan masuk dalam wilayah hutan Desa Sumbersalak. Namun, bentuk dari air terjun ini, bakal mengingatkan setiap pengunjungnya dengan Air Terjun Niagara yang berlokasi di Ontario, Kanada.

Pabrik Kopi Gumitir

Selain kebun teh, Kota Jember juga memiliki perkebunan sekaligus pabrik pengolahan kopi, tepatnya Pabrik Kopi Gumitir. Tempat ini berlokasi di Desa Garahan, Kecamatan Silo yang menjadi area perbatasan antara Kabupaten Jember dengan Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, tempat wisata ini juga dikenal sebagai Cafe & Rest Area Gumitir dan menjadi tempat peristirahatan bagi wisatawan yang tengah menuju ke Banyuwangi atau Bali.

Berkunjung ke Pabrik Kopi Gumitir, wisatawan tak hanya bisa beristirahat serta menyantap sajian kopi yang nikmat. Ada deretan aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama berada di tempat ini. Berfoto di area terbuka dengan kursi raksasa menjadi favorit banyak pengunjung. Kegiatan yang tak kalah menariknya, wisatawan bisa menghabiskan waktu untuk berkunjung ke pabrik pengolahan kopi peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1934.

 Loko Lori

Pabrik Gula Semboro menjadi pabrik tua peninggalan Belanda selanjutnya yang bisa ditemukan di Kota Jember. Di kawasan pabrik ini, ada aktivitas wisata yang begitu menyenangkan, yakni Wisata Loko Lori. Dalam aktivitas wisata ini, para pengunjung akan diajak untuk menaiki kereta uap kuno yang dulunya dimiliki oleh perusahaan swasta Belanda bernama Hendeles Veneriniging Amsterdam.

Perjalanan menaiki lokomotif uap di PG Semboro ini pun bakal cukup memuaskan. Apalagi, wisatawan bakal diajak untuk menempuh perjalanan sejauh 45 km dengan durasi 2 jam. Selain bisa merasakan nostalgia zaman dahulu, para wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan indah di sepanjang perjalanan.

Taman Nasional Meru Betiri

Kunjungan ke Taman Nasional Meru Betiri yang terletak di wilayah Kabupaten Jember dan Banyuwangi tak bisa dilewatkan begitu saja. Apalagi, taman nasional ini terkenal dengan keindahan deretan wisata alam di dalamnya. Bahkan, Taman Nasional Meru Betiri memiliki banyak pantai yang masih belum pernah dijamah oleh tangan manusia.

Pantai Bandealit menjadi salah satu pantai cantik yang ada di Taman Nasional Meru Betiri. Di pantai ini, wisatawan bisa merasakan suasana yang begitu tenang dengan pemandangan indah di mana pun mata memandang. Pantai cantik lainnya yang sudah dibuka untuk umum di taman nasional ini adalah Pantai Sukamande dan Pantai Rajegwesi—keduanya berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Situs Duplang

Menelusuri sejarah masa lalu di Situs Duplang jadi pilihan perjalanan wisata menarik selanjutnya di Kota Jember. Situs Duplang bisa ditemukan di wilayah Desa Kamal, Kecamatan Arjasa yang dikenal sebagai desa cukup terpencil. Meski berjarak cukup dekat dengan pusat Kota Jember, hanya 16 km, akses jalan yang rusak membuat perjalanan ke tempat ini terasa kurang begitu nyaman.

Situs Duplang sendiri merupakan peninggalan sejarah dari abad ke-10. Ada banyak peninggalan zaman purbakala yang bisa ditemukan di tempat bersejarah ini. Benda peninggalan purbakala tersebut di antaranya adalah dolmen, menhir, serta watu kenong. Menariknya lagi, lokasi penempatan batu-batu purbakala tersebut sengaja dipertahankan seperti tempat penemuan aslinya.

Museum Tembakau

Kunjungan ke Museum Tembakau jadi aktivitas wisata yang menarik untuk melihat potensi Jember sebagai produsen tembakau berkualitas. Lewat kunjungan ke museum ini, para pengunjung bisa mendapatkan pengetahuan terkait proses pengolahan tembakau sebelum menjadi cerutu ataupun rokok.

Menariknya lagi, kunjungan ke Museum Tembakau Jember juga menjadi kesempatan untuk mengetahui manfaat positif dari daun tumbuhan yang satu ini. Selain digunakan untuk bahan pembuatan rokok serta cerutu, daun tembakau juga berguna untuk pembuatan pestisida, minyak atsiri, pupuk organik, parfum, serta bio diesel.

Kuliner Khas Kota Jember

Selain memiliki keindahan alam yang memukau, Kota Jember juga punya banyak variasi kuliner yang enak. Berikut ini 7 kuliner khas Jember yang wajib dicicipi oleh para wisatawan:

Pecel gudeg

Menu pecel sudah biasa dijumpai di berbagai kota. Demikian pula gudeg yang dikenal sebagai makanan khas Yogyakarta. Namun, bagaimana dengan pecel gudeg yang merupakan kuliner perpaduan antara pecel dan gudeg?

Makanan yang satu ini menjadi salah satu keunikan yang begitu khas di Jember. Untuk mencicipi menu yang satu ini, wisatawan bisa menjumpainya dengan mudah. Bahkan, hampir setiap warung makan di Jember menyajikan menu ini.

Prol tape

Camilan prol dari bahan roti tawar menjadi sajian yang cukup umum. Nah, di Kota Jember, wisatawan berkesempatan untuk mencicipi prol tape yang dibuat dengan bahan utama tape singkong. Rasa dari prol tape khas Jember pun cukup unik, perpaduan antara rasa gurih, manis, serta asam.

Pia tape

Pia dari bahan tape menjadi kuliner khas selanjutnya yang bisa ditemukan di Kota Jember. Jajanan yang satu ini, bisa ditemukan dalam berbagai rasa, termasuk di antaranya adalah rasa keju, cokelat, pisang, stroberi, ataupun blueberry. Camilan yang satu ini juga kerap digunakan sebagai oleh-oleh khas Jember. Apalagi, pia tape bisa bertahan beberapa hari.

Nasi langgi

Nasi langgi menjadi pilihan menu sederhana yang begitu banyak dijumpai di berbagai warung makan di Kota Jember. Seporsi nasi langgi, bisa terdiri dari berbagai jenis bahan, termasuk di antaranya adalah telur asin, daging sapi dengan bumbu bali, sambal goreng tempe, abon sapi, sambal goreng kentang, mentimun, serta sambal.

Edamame

Kedelai edamame menjadi produk unggulan berikutnya yang dimiliki oleh Kota Jember. Bahkan, kedelai edamame yang diproduksi di kota ini bisa diekspor ke berbagai negara, termasuk di antaranya adalah Jepang. Setiap tahunnya, PT Mitratani Dua Tujuh yang memproduksi edamame di Jember, bisa menghasilkan sebanyak 9 ribu ton edamame.

Ketika berada di Jember, wisatawan berkesempatan untuk mencicipi kedelai edamame kualitas ekspor secara langsung. Ada berbagai cara dalam menikmati kedelai ini. Cara paling mudah adalah dengan merebus kacang kedelai ini dan membubuhinya dengan garam. Selain itu, wisatawan bisa pula menemukan cake edamame yang rasanya tak kalah enak dibandingkan dengan cake lain.

Brownies tape

Tape di Jember tak hanya digunakan untuk bahan membuat prol tape serta pia tape. Tape singkong juga menjadi bahan dasar utama untuk pembuatan brownies tape yang memiliki rasa begitu unik. Brownies tape ini pun tersedia dalam berbagai pilihan rasa, termasuk di antaranya adalah tape orisinal, tape cokelat kacang, serta tape keju.

Wedang cor

Untuk pilihan minuman, masyarakat Jember suka dengan minuman yang disebut dengan nama wedang cor. Minuman ini dibuat dengan campuran beberapa bahan seperti tape (bisa berupa tape singkong ataupun tape ketan hitam), jahe, susu, serta air hangat. Wedang cor menghadirkan rasa yang cukup unik, memadukan rasa manis dan asam. Minuman ini pun paling enak disajikan ketika sore hari bersama dengan beragam jenis gorengan.

Tempat Nongkrong di Jember

Keberadaan tempat wisata dan universitas negeri ternama—Universitas Negeri Jember (UNEJ)—membuat Jember punya banyak pilihan tempat bersantai untuk para kawula muda. Deretan kafe keren, nyaman, dan instagramable pun bertebaran di kota ini, di antaranya adalah:

Foodness

Pilihan tempat nongkrong asyik yang pertama adalah sebuah kafe bernama Foodness di alamat Jl. Jawa Nomor 49, Jember. Kafe ini menjadi lokasi favorit para kawula muda Jember. Pilihan menu yang ada di sini juga beragam, dan dijual dengan harga yang ramah untuk kantong pelajar.

The Anglo-Saxon Tavern

The Anglo-Saxon Tavern di Jl. Semeru, Jember menghadirkan kafe dengan nuansa yang berbeda. Kafe ini sengaja didesain dengan unsur British yang begitu kental. Kesan yang Inggris banget di The Anglo-Saxon tak hanya dihadirkan lewat interior. Mereka juga menyediakan buku-buku terkait budaya Inggris Raya. Suasananya yang tenang, membuat kafe ini begitu nyaman dijadikan tempat untuk membaca buku dan bersantai.

Hihi Cafe and Eatery

Hihi Cafe & Eatery menyediakan tempat nongkrong dengan desain interior yang begitu unik. Di tempat ini, pengunjung bisa mendapati keberadaan gambar 3D serta deretan grafiti yang membuatnya begitu populer disebut sebagai kafe instagenic di Jember. Cara pemilihan menu di sini juga tidak kalah unik. Pengunjung diberi kesempatan untuk menikmati menu hasil kreasi sendiri, dengan memilih karbo, main course, serta lauk.

Kafe Kolong

Nama kafe ini memang tak begitu menarik. Namun, ketika berkunjung secara langsung ke lokasinya yang ada di bawah Jembatan Mastrip, setiap pengunjung pasti akan terpesona. Kafe Kolong memang menawarkan lokasi nongkrong yang unik, berada di bawah kolong jembatan. Bahkan, karena keunikannya tersebut, banyak wisatawan yang menyempatkan waktu untuk singgah ke kafe ini.

Meski terbilang sebagai kafe yang sederhana, sarana hiburan yang disediakan oleh Kafe Kolong cukup menarik. Di sini, pengunjung bisa menemukan pertunjukan livemusic serta stand up comedy secara langsung. Pilihan menu yang disediakan juga beragam. Ditambah lagi, harga makanan yang ada di Kafe Kolong cukup murah.

Grand Cafe

Grand Cafe di Jalan Jawa 2 Nomor 28 menjadi kafe yang sangat cocok untuk tempat berkumpulnya komunitas. Kafe ini memiliki ruangan yang luas dan bertempat di lantai dua Grand Cell. Desain interior kafe ini juga membuatnya terlihat begitu mewah. Meski begitu, harga makanan serta minuman di kafe ini tidak terlalu mahal.

Brother’s Kopi Bar

Lokasinya yang berada di depan Gedung Soetardjo UNEJ, membuat Brother’s Kopi Bar begitu populer di kalangan mahasiswa. Apalagi, kafe ini menyediakan diskon sebesar 10% setiap hari Kamis. Diskon ini ditujukan untuk para pengunjung yang berstatus pelajar, cukup dengan memperlihatkan kartu pelajar ataupun kartu tanda mahasiswa (KTM).

Glovic Bakery

Kafe yang satu ini memang lebih terlihat sebagai toko roti dibandingkan tempat nongkrong. Namun, suasana yang dihadirkan oleh Glovic Bakery, begitu nyaman dengan desain interior yang cantik. Di lantai dua, pengunjung bisa menikmati sajian makanan sembari melihat situasi jalanan. Suasana tenang di kafe ini pun membuatnya cocok dijadikan sebagai lokasi kerja ketika berada di luar kantor.

Restoran Terkenal di Jember

Untuk pilihan tempat makan, Kota Jember menyediakan deretan restoran terkenal dan legendaris. Restoran-restoran ini pun menyajikan makanan yang terjamin kelezatannya. Berikut ini adalah rekomendasi restoran yang bisa dikunjungi selama berada di Jember:

Gudeg Lumintu

Banyak warung makan yang menyajikan pecel gudeg di Kota Jember. Namun, dari sekian banyak pilihan, Warung Gudeg Lumintu menjadi lokasi yang paling banyak diburu para pencinta makanan. Apalagi, Gudeg Lumintu dikenal sebagai salah satu warung gudeg legendaris di Jember, telah berdiri sejak tahun 1980-an.

Pecel gudeg merupakan menu andalan yang ada di Warung Gudeg Lumintu. Selain itu, ada pula menu lain yang bisa disantap selama di tempat ini, termasuk di antaranya adalah ayam bakar serta soto ayam. Bagi para pengunjung yang ingin mencicipi pecel gudeg di sini, pertimbangkan untuk datang di pagi hari. Alasannya, pada sekitar pukul 11.00 WIB, persediaan pecel gudeg di warung ini biasanya sudah habis.

Soto Ayam Dahlok

Satu lagi restoran makan enak yang legendaris di Kota Jember adalah Kedai Soto Ayam Dahlok. Tempat makan yang satu ini telah menyajikan soto yang lezat kepada masyarakat Jember sejak tahun 1958. Soto ayam di sini disajikan dengan potongan daging ayam kampung, jeroan, telur rebus, potongan tomat, serta pelengkap berupa taburan bawang goreng.

Lokasi kedai yang strategis juga membuatnya begitu mudah dijangkau. Kedai Soto Ayam Dahlok ini bisa dijumpai di Jalan Fatahillah Nomor 1, Kepatihan, Kaliwates, Jember. Lokasi kedai ini begitu dekat dengan Alun-Alun Kota Jember, berjarak hanya 500 meter. Oleh karena itu, tak heran kalau kedai soto ayam enak ini selalu ramai oleh para pengunjung.

Es Krim Domino

Untuk para pencinta es krim, Kota Jember punya kedai es krim legendaris yang wajib untuk dikunjungi, namanya Es Krim Domino. Kedai es krim yang satu ini telah berdiri di Kota Jember sejak tahun 1960. Seperti halnya kedai es krim legendaris Zangrandi ataupun Toko Oen, Es Krim Domino berupaya untuk menghadirkan cita rasa es krim berkualitas menggunakan resep turun-temurun.

Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan es krim di Domino juga dilakukan secara hati-hati. Susu yang dipakai, harus merupakan jenis susu yang segar. Hasilnya, pengunjung bisa menikmati es krim dengan tekstur yang lembut dan lumer di mulut.

Tak hanya menghadirkan kualitas es krim yang ciamik. Kedai Es Krim Domino juga menyediakan variasi es krim yang begitu banyak. Secara total, di sini ada sekitar 40 menu es krim yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Menariknya lagi, menu es krim yang ditawarkan tak hanya es krim zaman dulu, tetapi juga racikan es krim kekinian.

Donat-Roti Ciliwung

Donat-Roti Ciliwung bisa menjadi persinggahan berikutnya untuk aktivitas wisata kuliner legendaris di Kota Jember. Toko roti yang satu ini telah ada sejak tahun 1998, diawali dengan nama Toko Roti Ciliwung. Pendirinya adalah Bapak H. Mansur Daeng Rate yang mengawali usahanya dengan cara berdagang roti menggunakan gerobak.

Roti yang disajikan di toko ini merupakan produk roti rumahan. Proses pembuatannya dilakukan sendiri, termasuk di antaranya adalah isian yang digunakan. Dengan begitu, cita rasa serta kualitas dari produk roti yang dijual juga cukup terjamin. Menariknya lagi, produk roti yang bisa ditemukan di sini, dipatok dengan harga cukup ekonomis.

Angsle-Ronde Citarum

Sajian minuman hangat berupa angsle dan ronde juga bisa menjadi target kuliner selama berada di Jember. Pilihan tempat yang cocok untuk menikmati sajian angsle dan ronde di Jember adalah Angsle-Ronde Citarum yang berada di Jalan Citarum. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 WIB.

Angsle sendiri dikenal sebagai minuman khas yang bisa dijumpai di berbagai kota di Jawa Timur. Minuman ini dibuat dengan berbagai masam isian, seperti potongan roti, kacang tanah, mutiara, melinjo, kolang-kaling, petulo, dan sebagainya. Cara penyajiannya pun beragam, bisa dalam kondisi panas ataupun dingin.

Oleh-Oleh Khas Jember

Tak lupa, Kota Jember juga menyediakan deretan oleh-oleh khas yang dapat dibawa pulang sebagai buah tangan untuk sanak keluarga, di antaranya adalah:

Jenang waluh

Jenang menjadi jajanan tradisional yang cukup banyak dijumpai di berbagai kota di Pulau Jawa. Selagi di Kota Jember, wisatawan bisa menemukan jenang yang secara khusus dibuat dari bahan buah labu yang disebut dengan nama buah waluh dalam bahasa Jawa.

Dalam proses pembuatannya, labu dicampurkan dengan ketan serta kelapa tua. Proses pemasakannya pun butuh waktu yang cukup lama. Hasilnya, jenang waluh memiliki aroma serta rasa yang begitu khas. Selain itu, makanan ini juga cukup awet sehingga cocok dipakai oleh-oleh.

Cerutu

Sebagai daerah penghasil cerutu berkualitas, tak heran kalau banyak wisatawan yang membawa pulang oleh-oleh khas Jember berupa olahan daun tembakau yang satu ini. Hanya saja, oleh-oleh yang satu ini hanya cocok untuk sebagian orang, terutama mereka yang memiliki kebiasaan merokok.

Kaos Jemberan

Di Bali ada produk kaos menggunakan merek Joger. Nah, di Kota Jember, ada pula produk kaos serupa yang menawarkan tema khas Jember. Kaos seperti ini kerap disebut dengan nama kaos jemberan. Ada beragam merek kaos jemberan yang dapat ditemukan di kota ini, termasuk di antaranya adalah Biru Daun serta Jember Banget.

Terasi

Terasi dari Kota Jember juga dapat digunakan sebagai pilihan oleh-oleh yang menarik. Kawasan Desa Puger kerap disebut sebagai penghasil terasi udang yang berkualitas, terasa begitu nikmat ketika dibuat sebagai bahan untuk membuat sambal. Di sini, wisatawan bisa menemukan terasi dalam berbagai ukuran kemasan, termasuk di antaranya adalah 50 gram, 100 gram, 200 gram, serta 1.000 gram.

Suwar-suwir

Suwar-suwir dikenal sebagai camilan yang begitu khas dari Jember dengan bentuk yang mirip dodol. Hanya saja, suwar-suwir memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dodol. Selain itu, dari teksturnya, suwar-suwir juga memiliki tekstur lebih keras.

Makanan ini dibuat dengan bahan utama dari tape yang kemudian dikemas dalam bentuk persegi panjang dengan ukuran sekitar 3-4 cm. Wisatawan bisa menemukan suwar-suwir yang hadir dengan beragam variasi rasa buah, seperti apel, jeruk, mangga, dan lain-lain.

Daftar Mall di Jember

Sebagai kota yang berkembang cukup pesat di Jawa Timur, Kota Jember punya banyak pilihan pusat perbelanjaan, di antaranya:

  • Lippo Plaza Mall
  • Golden Market
  • Larisso Supermarket
  • Super Galaxy Tempurejo
  • Transmart
  • Roxy Square
  • Dira Shopping Center Balung

Event Tahunan di Kota Jember

Ketika berada di Kota Jember, wisatawan tidak hanya bisa menghabiskan waktu untuk berkunjung ke tempat wisata menarik dan berburu kuliner enak. Ada pula deretan acara tahunan yang selalu ramai oleh para pengunjung, di antaranya:

Jember Fashion Carnival

Jember Fashion Carnaval (JFC) menjadi karnaval busana yang paling ditunggu di Kota Jember. Diadakan pertama kali pada tahun 2003, JFC kini menjelma menjadi festival tahunan tingkat dunia. Mereka yang datang untuk menyaksikan JFC tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga para turis mancanegara.

Setiap tahunnya, ribuan peserta turut berpartisipasi dalam karnaval ini. Mereka kemudian berjalan menyusuri jalan utama Kota Jember dengan berbagai busana yang unik dan atraktif. Karena popularitasnya, JFC kini pun dikenal sebagai salah satu street carnaval parade terbesar dunia.

Festival Egrang

Festival Egrang juga menjadi acara tahunan yang begitu ditunggu di Kota Jember. Festival ini memperlihatkan egrang, permainan tradisional yang menggunakan kayu, memungkinkan seseorang untuk berjalan pada ketinggian tertentu dari permukaan tanah. Ada berbagai pertunjukan menarik yang bisa disaksikan pada acara ini, termasuk di antaranya adalah tarian serta pertunjukan musik menggunakan egrang.

Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ)

Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ) menjadi serangkaian acara yang rutin dilaksanakan di Kota Jember. Acara ini biasanya berlangsung pada bulan Agustus dan diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk di antaranya adalah festival layang-layang, JFC, festival budaya Jepang, dan sebagainya.

Gerak Jalan Tajem

Gerak Jalan Tanggul-Jember (Tajem) menjadi event tahunan yang telah berjalan sejak tahun 1969. Acara ini diselenggarakan sebagai salah satu perayaan Hari Kemerdekaan RI. Para peserta gerak jalan akan melintasi jalur yang menghubungkan Tanggul-Jember dengan jarak sejauh 30 km. Menariknya, mereka yang berpartisipasi pada acara ini tak hanya masyarakat Kota Jember, tetapi juga warga dari luar Kabupaten Jember.

Hotel di Jember

Saat berkunjung ke kota Jember sayang sekali bila pulang kembali ke kota asal di hari itu juga. Apalagi jika anda berasal dari kota yang jauh dari Jember, karena banyak tempat wisata di Jember yang bisa anda kunjungi selama berada di kota ini. Berkunjung ke Jember yang jauh dari rumah tentu tidak cukup untuk sebentar, pastinya Anda butuh dua hingga beberapa hari kedepan menikmati sajian keindahan kota Jember.

Selama berada di Jember, Anda butuh hotel atau penginapan untuk menginap menghabiskan malam. Untuk itu Anda tak perlu takut tidak menemukan hotel, penginapan atau rumah singgah (guest house) ketika berkunjung ke Jember ini.Anda tak perlu bingung karena ada banyak penginapan atau hotel murah di Jember yang menawarkan harga menarik.

Perlu diketahui bahwa kategori hotel murah juga memiliki kelas - kelas tersendiri seperti di Airy Jember. Hotel murah memang sangat cocok untuk anda yang bertipe budget traveler. Namun bukan berarti tidak bisa digunakan anda dan keluarga. Hotel murah di Jember memiliki fasilitas yang lengkap dan membuat tidur anda nyaman seperti menginap di hotel berbintang tinggi sekalipun. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari 100 ribuan dan Anda akan menemukan banyak di Jember. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis hotel di Jember yang ada di Airy yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap saat sedang berkunjung ke kota Jember, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang sangat terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, anda tak perlu ragu, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman. Fasilitas tersebut seperti wifi gratis, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, tv dan air conditioner (AC). Tentu hotel jenis ini cocok untuk para Backpacker dengan budget terbatas yang hanya butuh tempat untuk tidur. Harga untuk hotel eco di Jember mulai dari 100 ribuan anda dapat temukan dengan mudah.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang cukup, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel murah di Jember dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel murah ini. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco. Fasilitas tambahan dapat berupa air panas untuk mandi hingga sarapan pagi gratis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata untuk lebih lama di hotel atau staycation saat berkunjung ke kota Jember. Selain itu, hotel murah kelas standard ini juga sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis bertemu klien di Jember. Anda dapat menikmati malam sambil menyiapkan presentasi atau menyelesaikan pekerjaan saat disaat harus keluar kota di dalam hotel.

Kelas Premier

Kelas yang terakhir adalah kelas Premier atau kelas yang paling high class di Airy Jember. Ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier ini menawarkan hotel murah yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini. Cocok sekali untuk yang sedang honeymoon dan lebih banyak berdiam di hotel. Kelas hotel murah ini banyak ditemukan di Kota besar seperti Jember.

Tips Memilih Hotel di Jember

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Jember, tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Bagi Anda yang mencari hotel murah di Jember, maka anda akan menemukan banyak tawaran. Penting untuk anda mengetahui tips-tips agar terhindar dari hotel murahan. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Harga Per Malam

Budget menjadi faktor penting bagi beberapa wisatawan untuk memilih hotel, karena harganya yang cukup menguras dompet. Itulah yang menjadi kebanyakan wisatawan mencari hotel atau penginapan murah ketika berkunjung ke Jember. Tak jarang pula wisatawan yang terjebak dengan harga yang ditawarkan hotel - hotel disana yang sangat murah dengan penipuan fasilitas. Oleh karena itu penting untuk Anda memerhatikan harga yang ditawarkan hotel murah di Jember.

Pastikan harga hotel murah yang ingin Anda booking berada pada standar OTA. Hotel murah yang disediakan Airy tentu lebih murah dibanding penyedia hotel lainnya di Jember. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, Anda dapat membuktikannya. Selain itu, jangan memaksakan untuk memilih hotel yang melebihi budget yang anda punya. Karena harga murah pun Anda dapat menikmati kenyamanan yang dijamin oleh Airy Jember.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya Anda harus perhatikan lokasi hotel murah yang Anda pilih di Jember. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Jember. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Jember seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian.

Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Jember atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Jember.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel murah di Jember, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel Jember. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Jember anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel murah di Jember akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian untuk booking hotel Jember secara online juga lebih banyak yang menyediakan. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan OTA lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Jember.

Pilihan Hotel di Jember

Ketika tengah berkunjung ke Kota Jember, wisatawan bisa menggunakan solusi penginapan murah yang disediakan oleh Airy Rooms. Meskipun murah, penginapan Airy menyediakan sarana bermalam yang berkualitas, dengan jaminan kenyamanan untuk para tamu. Ada 2 pilihan hotel Airy yang bisa ditemukan di Kota Jember, yakni:

Airy Kaliwates Gajah Mada 233

Hotel Airy Kaliwates Gajah Mada menyediakan sarana menginap yang begitu dekat dengan Warung Gudeg Lumintu, terpisahkan jarak hanya sekitar 1 km. Selain itu, hotel ini juga memberikan akses yang begitu mudah ke Bandara Noto Hadinegoro, berjarak sekitar 6,8 km.

Hotel yang beralamat di Jl. Gajah Mada Nomor 233 ini berdekatan dengan Alun-Alun Kota Jember. Jarak tempuh menuju alun-alun, hanya butuh waktu berkendara sekitar 10 menit. Sementara itu, Kampus UNEJ bisa didatangi cukup dengan berkendara sekitar 15 menit.

Airy Kaliwates Hayam Wuruk 38

Airy Kaliwates Hayam Wuruk bisa jadi alternatif penginapan murah selanjutnya yang menawarkan lokasi tak kalah strategis di alamat Jl. Hayam Wuruk Nomor 38, Jember. Akses menuju ke berbagai tempat juga bisa dilakukan dengan begitu gampang ketika menginap di hotel ini.

Stasiun Jember hanya berjarak sekitar 11 km dari hotel. Sementara itu, Bandara Noto Hadinegoro yang menyediakan layanan penerbangan Surabaya-Jember, berada sekitar 6,7 km dari alamat Hotel Airy Kaliwates Hayam Wuruk. Terakhir, akses menuju ke Terminal Tawang Alun dapat dilakukan dengan berkendara hanya selama 5 menit.