October 2017
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

2 Hotel Di Kupang

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 282,600
Sisa 2 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Kupang

Kota Kupang merupakan sebuah kotamadya dan ibukota provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur). Kota ini juga menjadi yang terbesar di Pulau Timor dengan lokasi berada di Teluk Kupang, barat laut Pulau Timor. Kota ini menjadi tempat tinggal bagi berbagai macam suku bangsa. Penduduk di kota tersebut didominasi oleh suku Rote, Timur, Tionghoa, Sabu, dan Flores. Selain itu ada pula pendatang dari Jawa dan Bugis. Kota dengan luas sekitar 180 kilometer persegi ini terdiri dari 6 kecamatan. Sebagai ibukota provinsi, kota ini adalah yang paling ramai dan sibuk di NTT. Kota ini juga memiliki banyak daya tarik yang memikat banyak orang untuk berkunjung ke sana.

Asal Usul Kota Kupang

Nama Kupang berasal dari nama seorang raja yakni Lai Kopan. Namun saat Belanda berada di sana menyebutnya sebagai Koepan dan menjadi Kupang dalam bahasa sehari – hari. Awalnya ini adalah daerah penyangga di sekitar teluk Kupang. Belanda saat itu mendatangkan penduduk dari Sabu, Rote, dan Solor. Pada 23 April 1886, batas – batas kota ini ditetapkan dan tanggal 23 April 1866 pun ditetapkan sebagai tanggal lahir Kupang.

Cara Menuju Kota Kupang

Melalui Jalur Laut

Bagi pengunjung dari luar NTT, Anda dapat menuju ke Kupang dari Tanjung Perak di Surabaya menggunakan Kapal Feri ke Pelabuhan Tenau Kupang. Pelabuhan ini berada di Jalan Adisucipto, Alak.

Melalui Jalur Udara

Di Kupang sudah terdapat bandara internasional El Tari. Lokasinya di Jalan Adisucipto,Maulafa. Sudah banyak penerbangan dari berbagai daerah menuju ke bandara ini.

Melalui Jalur Darat

Bagi Anda yang ingin ke Kupang menggunakan jalur darat, Anda tetap harus menyeberang dengan kapal Feri jika berangkat dari luar pulau ini baru kemudian melanjutkan dengan perjalanan darat dari Pelabuhan Tenau.

Transportasi di Kupang

Sebagai ibukota provinsi, sarana transportasi di Kupang sudah cukup lengkap untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat maupun wisatawan. Berikut pilihan transportasi yang dapat anda gunakan ketika berada di kota Kupang.

  • Bemo

    Ini adalah sejenis angkot ala Kupang, bukan seperti Bemo di Jakarta dengan tiga roda. Nama angkot disana sering disebut Bemo. Di Kupang, bemo memiliki beberapa rute yang mengakses berbagai penjuru kota Kupang termasuk akses ke tempat – tempat umum yang biasa dikunjungi oleh masyarakat.

  • Ojek

    Di Kupang juga terdapat ojek. Bahkan ojek di sana bisa dibilang cukup banyak karena lebih mampu mengakses daerah – daerah yang berada di pelosok atau yang tidak terjangkau oleh bemo.

  • Taksi

    Untuk transportasi umum yang nyaman, taksi masih menjadi pilihan yang tepat. Biasanya taksi banyak dijumpai di bandara maupun di tempat – tempat umum seperti hotel, penginapan, tempat wisata atau pusat keramaian.

    Tempat Wisata di Kupang

    Kupang memiliki banyak tempat wisata eksotis yang siap memanjakan mata sekaligus menjadi sarana untuk melepaskan penat. Tempat wisata tersebut menjadi favorit bagi masyarakat setempat maupun pelancong dari berbagai daerah.

    Pantai Pasir Panjang

    Ini adalah pantai yang lokasinya berada di kota Kupang dengan air berwarna biru cerah kehijauan dan dikelilingi oleh karang besar. Pengunjung di sana tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

    Pantai Tablolong

    Pantai di Kupang Barat ini cukup jauh dari pusat kota Kupangdan memiliki panorama yang sangat eksotis. Pantai ini memiliki air laut berwarna biru kehijauan dan pasir pantai berwarna putih.

    Pantai Lasiana

    Pantai ini terletak di kecamatan Kelapa Lima. Jika dari pusat kota berjarak sekitar 15 km. Pantai berpasir putih ini memiliki ombak yang tenang dengan pohon lontar dan nyiur melambai di sekelilingnya.

    Pantai Timor

    Pantai ini berada di dekat Kampung Solor Kupang. Di sana pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan lumut yang tumbuh menyelimuti batu karang yang tersusun acak sehingga semakin menambah kesan misterius Pantai Timor. Pantai ini banyak diminati untuk melihat sunset.

    Pantai Neam

    Perlu perjuangan yang tidak mudah untuk mencapai lokasi pantai ini. Anda harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari pusat kota melewati pedesaan dan jalanan yang berliku. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang besar dan panorama sunset yang menutupi gunung karang.

    Pantai Kolbano

    Ini adalah pantai yang dipenuhi oleh bebatuan. Menariknua, di pantai ini tidak terdapat pasir. Perlu waktu sekitar 4 jam dari Kupang melewati Timor Selatan.

    Pulau Kera, Kupang

    Pulau di tengah lautan ini masih menjadi bagian dari Kupang . Pulau ini memiliki pasir putih yang terlihat menawan dengan air laut berwarna biru kehijauan dan keunguan.

    Pulau Semau

    Lokasi pulau ini cukup dekat dengan Pulau Kera dan menawarkan keeksotisan tersendiri. Di sana terdapat mata air berbentuk kolam dengan air yang segar dan dikelilingi oleh pepohonan. Pengunjung juga tidak perlu membayar untuk mandi di kolam tersebut.

    Air Terjun Tesbatan

    Objek wisata air terjun ini terletak di Kecamatan Amarasi. Lokasinya berada d tengah hutan dan memiliki beberapa tingkatan.

    Air Terjun Oenesu

    Pantai ini berjarak sekitar 17 km dari pusat kota Kupang. Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah batuannya yang berbentuk seperti mulut gorilla dan singa.

    Air Terjun Oehala

    Air terjun ini sangatlah unik karena berbentuk seperti kasur dan dipenuhi oleh pepohonan. Di sekitarnya sudah terdapat gazebo. Airnya yang segar dan pemandangannya yang hijau akan membuat Anda merasa lebih segar.

    Gua Kristal

    Di dalam gua ini terdapat air sebening kristal yang memungkinkan pengunjung untuk melihat ke dasar gua. Uniknya air di gua ini tidak asin. Padahal gua ini menyatu dengan laut. Anda bisa melalui Bolok untuk sampai di gua ini.

    Kuliner Khas Kupang

    Kupang memiliki beberapa kuliner khas yang memiliki citarasa unik sekaligus lezat. Kuliner ini dapat Anda cicipi saat berkunjung ke sana, tentunya lebih nikmat jika dinikmati di kota asalnya bukan. Berikut diantaranya kuliner yang bisa anda dapatkan di Kupang.

    Rujak Manis khas Kupang

    Kupang menawarkan sajian kuliner berupa rujak yang cocok disantap saat cuaca sedang terik. Rujak dengan citarasa unik ini dapat dengan mudah dijumpai di Jalan Urip Sumoharjo, Kampung Solor, Kota Lama. Sama seperti rujak pada umumnya, rujak tersebut terbuat dari berbagai macam buah yang dicampur dengan air kental gula merah Rote dan tumbukan kacang tanah.

    Kuah Asam Ikan Tenau

    Kuliner dengan citarasa unik ini dapat Anda temukan di Jalan M. Praja, Alak. Di Kupang sebenarnya banyak yang menyajikaan masakan kuah asam. Namun yang paling fenomenal adalah Warung Artis karena memiliki citarasa yang sangat khas.

    Sate Oebufu

    Ini adalah sate ayam dan sate kambing yang disajikan dengan pilihan sambal yang beragam. Ada sambal kacang pedas manis, sambal pedas, dan sambal petis.

    Se’i

    Makanan yang satu ini sudah sangat populer dan terbuat dari bahan dasar daging seperti daging sapi atau babi. Daging tersebut diolah dengan cara dipanggang dan dicampur dengan aneka rempah-rempah serta bahan lainnya. Biasanya se’i disajikan dengan nasi, bunga dan daun pepaya, juga sambal kecap. Anda dapat mencicipi kuliner ini di Rumah Makan Aroma Jalan Cak Doko dan Rumah Makan Pondok Jagung Gerhana Jalan Timor Raya.

    Jagung Bose

    Dilihat dari namanya sudah bisa ditebak bahwa bahan utamanya adalah jagung. Kuliner ini mirip seperti bubur tetapi masih berkuah dan jagungnya tidak hancur. Bahan tambahan lainnya adalah kacang tanah dan santan.

    Jagung Katemak

    Sama seperti jagung bose, makanan yang satu ini juga menggunakan bahan dasar jagung. Yang membedakan dengan jagung bose, makanan ini menggunakan kacang hijau dan tidak dilengkapi santan.

    Ikan Lawar Sarden

    Kuliner ini terbuat dari bahan utama ikan teri. Ikan tersebut tidak dimasak tetapi hanya dicuci dan dicampur dengan perasn air jeruk dan cabai.

    Sopi

    Ini adalah kuliner khas Kupang berupa minuman. Minuman ini dibuat melalui penyulngan pohon lontar dan memiliki warna kuning dengan aroma menyengat seperti alkohol. Minuman ini memiliki citarasa ang agak pahit. Sebelum diminum, sopi biasanya dicampur dengan air putih untuk mengurangi kandungan alkohol di dalamnya.

    Oleh-oleh Khas Kupang

    Jika berkunjung ke Kupang, jangan lupa untuk berbelanja oleh-oleh khas daerah setempat. Di Kupang, Anda dapat menemukan banyak barang yang menarik dan cocok untuk dijadikan sebagai oleh – oleh bagi sanak keluarga di rumah ataupun untuk teman kantor. Berikut diantaranya

    Kain Tenun

    NTT telah dikenal dengan kerajinan kain tenunnya yang berkualitas dengan corak yang khas. Di Kupang, Anda dapat berbelanja kain tenun di Toko Mitra Agung Utama di Jalan Jend. Soehartno Nomor 50. Harga kain tersebut dibanderol ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

    Kaos Kupang

    Ini adalah salah satu jenis oleh – oleh yang banyak diminati. Kaos tersebut hadir dengan berbagai macam warna, desain, dan ukuran di mana gambar dan kata-kata dari kaos tersebut merupakan representasi dari Kupang.

    Alat Musik Sasando

    Bagi Anda penggemar musik, alat musik Sasando dapat menjadi oleh – oleh untuk dijadikan sebagai hiasan di rumah atau melengkapi koleksi alat musik Anda.

    Kerajinan Tenun

    Selain kain tenun, di Kupang juga terdapat berbagai macam produk yang menggunakan bahan dasar kain tenun seperti tas, dompet, tempat tisu, dan tempat pensil.

    Sambel Lu’at

    Bagi para penggemar makanan pedas, ini adalah salah satu oleh-oleh yang wajib untuk dibawa pulang. Ini adalah sambal dengan citarasa pedas asam karena menggunakan banyak potongan jeruk nipis.

    Baju Tenun

    Jika Anda tidak suka membeli kain tenun karena tidak ingin repot menjahit, di Kupang sudah ada yang menjual pakaian jadi dari kain tenun dengan motif dan warna beragam.

    Daging Se’i

    Daging asap khas Kupang ini juga dapat dijadikan sebagai olah-oleh. Jika ingin membeli daging se’i sapi, Anda bisa membelinya di Toko Aldia di Jalan Herewila Nomor 196. Selain se’i sapi, ada pula se’i ikan.

    Emping Jagung

    Jika di Jawa emping terbuat dari bahan dasar melinjo, emping di kupang terbuat dari bahan dasar jagung.

    Daftar Mall di Kupang

    Bagi penggemar wisata belanja, di Kupang saat ini sudah terdapat banyak pusat perbelanjaan yang lengkap dan tidak kalah dengan kota – kota besar lainnya di Indonesia.

  • Kupang Indah Plaza
  • Hypermart El Tari, Pusat perbelanjaan yang satu ini menjadi tempat yang cocok untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Lokasinya berada di Jalan Frans Seda, Tuak Daun Merah, Oebobo
  • Lippo Plaza Kupang, Mall ini merupakan cabang dari Lippo Mall yang banyak terdapat di kota-kota besar di Indonesia. Di Kupang, mall ini berada di Jalan Veteran. Fatutuli, Oebobo
  • Flobamora Mall, Ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Kupang dan didirikan pada tahun 2003 silam. Mall dua lantai ini memiliki gerai – gerai yang sudah terkenal. Lokasi mall ini berada di Jalan W.J Lalamentik, Oebufu, Oebobo

    Event Terkenal di Kupang

    Kupang memiliki beberapa event atau acara yang menarik perhatian banyak orang untuk berkunjung ke dana dan melihatnya secara langsung.

    Upacara Adat Pahoru

    Event rutin tahunan ini biasanya digelar di bulan Februari di Pulau Sabu. Upacara ini sebagai bentuk ucapan rasa syukur yang dilanjutkan dengan kegiatan atau atraksi perang – perangan oleh para pemuda, tarian Padoa, dan pawai kuda di malam hari. Acara ini biasanya digelar di tepi Pantai Kampung Bhodo.

    Bui Ihi Hole

    Acara yang digelar di Sabu ini adalah upacara sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen. Upacara ini dilakukan dengan pertandingan Pehere Jara diiringi dengan alunan musk tradisional seperti tambur dan gong serta lagu – lagu daerah. Biasanya acara ini digelar di bulan April.

    HUT Provinsi NTT

    Acara peringatan ulang tahun NTT ini biasanya digelar di Fatutuli Kupang. Event ini biasanya digelar di bulan Desember dan dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan.

    Hotel di Kupang

    Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Kupang. Jika anda yang berasal dari luar Kupang lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Kupang dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Kupang ini yaitu sebagai berikut:

    Kelas Eco

    Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

    Kelas Standard

    Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

    Kelas Premier

    Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

    Rekomendasi Hotel Murah di Kupang

    Setelah anda mengunjungi berbagai tempat wisata di kota Kupang seharian, mungkin diantara anda perlu hotel atau penginapan untuk menginap dan melanjutkan perjalanan wisata esok harinya. Nah, Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Kupang.

    • Airy Bandara El Tari Yupiter Satu Kupang, pilihan untuk anda menikmati kelas Standard kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak dekat dengan bandara Kupang yaitu di Jalan Jupiter I, Oesape Selatan. Di dekat hotel ini terdapat beberapa tempat menarik seperti Lasiana Beach, Kupang Visitor's Center, Pura Oebananta. Selain itu untuk urusan kuliner anda tak perlu takut karena anda dapat menemukan restoran seperti Dapur Nakamese, Kit's Resto Rica-Rica, Excelso Amaris, Bambu Kuning, Twin's Restaurant.
    • Airy Goa Monyet Ra Kartini 1 Kupang, pilihan untuk anda menikmati kelas Standard kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jl. RA Kartini No. 1, Kelapa Lima. Di dekat hotel ini terdapat beberapa tempat menarik seperti Lasiana Beach, Kupang Visitor's Center, Pura Oebananta. Selain itu untuk urusan kuliner anda tak perlu takut karena anda dapat menemukan restoran seperti Leet Sky Lounge, Twin's Restaurant, Beer & Barrel Kitchen, Bambu Kuning, Excelso Amaris.

    Itulah rekomendasi hotel murah di Kupang yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Kupang ini. Tentunya hotel-hotel murah bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Kupang ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.