November 2017
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1 Malam
Cari Kamar

25 Hotel Di Lombok

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 335,900
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 413,600
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 297,100
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 413,600
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 374,800
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
 
Full Book
Kamar penuh

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 2 halaman
Selanjutnya
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Asal Usul Lombok

Berdasarkan kitab Babad Lombok, pulau ini dulunya termasuk dalam wilayah Kerajan Laeq. Lalu berpindah kekuasaan di beberapa kerajaan, seperti kerajaan Islam, Kerajaan Selaparang kedua, lalu kerajaan Karangasem yang memberikan sentuhan budaya Bali. Pemerintah Hindia Belanda juga sempat berkuasa, yang uniknya, mereka diundang oleh pemberontakan orang Sasak. Jepang masuk pada 1942 dan setelah Indonesia Merdeka, Lombok bergabung dengan Republik Indonesia pada tahun 1950.

Cara ke Lombok

Melalui Jalur Udara

Untuk menuju Lombok dengan jalur udara ada beberapa jalur yang dapat Anda gunakan, yaitu:

Dari Pulau Bali

Karena jaraknya yang dekat, maka tarif untuk perjalanan udara dari Bali tergolong murah, yaitu antara Rp. 200 ribu hingga Rp. 300 ribu. Dan, perjalanan terbang ini hanya membutuhkan waktu 25 menit.

Dari Pulau Jawa

Anda dapat mengambil penerbangan dari beberapa kota besar. Untuk Anda yang berangkat dari Surabaya, Anda dapat menggunakan Wings Air atau Batavia Air. Tarifnya haya Rp. 300 ribuan. Lama perjalanan sekitar 55 hingga 60 menit. Untuk Jakarta, Lion Air, Garuda dan Batavia Air dapat Anda gunakan dengan tarif mulai Rp. 500 ribu dengan lama penerbangan sekitar 2 jam. Semua penerbangan ini akan mendarat dan terhubung di Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) di Tanah Awu, Lombok Tengah. Dari sini, Anda dapat menggunakan berbagai transportasi untuk menuju kota tujuan wisata Anda.

Melalui Jalur Darat

Selain jalur udara, Anda juga dapat mengambil jalur darat. Namun, waktu yang diperlukan untuk cara ini jauh lebih lama, bahkan memakan waktu dua hari. Biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu berbeda, yaitu sekitar Rp. 400 ribuan dengan menggunakan transportasi bus. Anda juga dapat menggunakan mobil pribadi atau rental, dengan biaya yang hampir sama. Untuk transportasi ini, Anda akan menggunakan jalur penyeberangan Padang Bai ke Pelabuhan Lembar di Lombok.

Melalui Jalur Laut

Untuk jalur laut, akan lebih baik berangkat dari pelabuhan di Bali. Dari Pelabuhan Padang Bai atau Tanjung Benoa Bali, Anda akan berangkat dan menuju ke Pelabuhan Lembar di Lombok. Tiket untuk satu kali penyeberangan hanya Rp. 50 ribu per orang. Perjalanan ini membutuhkan waktu 4 jam.

Anda juga dapat menggunakan kapal cepat selain kapal feri. Namun, kapal cepat ini hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Padang Bai maupun Tanjung Benoa. Tarifnya antara Rp. 550 ribu hingga Rp. 650 ribu tergantung tujuan Anda. Anda dapat memilih tidak hanya ke Pulau Lombok, sebagai pulau utama, tetapi juga langsung ke pulau kecil atau Gili yang menjadi tujuan wisata.

Transportasi di Lombok

Ada beberapa alat transportasi yang dapat digunakan untuk menjelajahi Lombok.

Berjalan Kaki

Untuk para backpacker dan petualang, cara ini dapat menjadi cara terbaik. Anda dapat menikmati pemandangan dan tempat-tempat khusus di Lombok, yang tidak dapat ditemukan dengan menggunakan kendaraan.

Bemo

Merupakan angkutan umum yang cukup praktis untuk Anda gunakan. Tarifnya juga sudah ditetapkan, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Ojek

Ojek sangat cocok untuk Anda yang bepergian pada malam hari. Hal ini disebabkan, bemo hanya beroperasi hingga sore hari. Dan, ojek terbilang tersedia selama 24 jam. Untuk tarif, Anda perlu menegosiasikan dengan pengemudinya, untuk mendapatkan harga paling tepat.

Cidomo

Cidomo merupakan singkatan dari Cikar Dokar dan Motor yang dapat ditemukan di berbagai tempat wisata, seperti Gili Trawangan dan lainnya. Tarif transportasi ini sekitar Rp. 50 ribu per orang. Jadi, akan lebih baik, bila Anda menggunakannya, saat Anda membawa banyak barang saat berwisata.

Rental Mobil

Anda juga dapat menyewa mobil. Untuk harga, tergantung merek, waktu serta rental mobil yang Anda gunakan. Namun, biasanya harga sewanya antar Rp. 250 ribu hingga Rp. 300 ribu per hari.

Rental Motor

Anda juga dapat menyewa motor dengan tarif antara Rp. 35 ribu hingga Rp. 50 ribu per hari.

Tempat Wisata di Lombok

Tentu, tujuan Anda berkunjung ke Lombok adalah untuk berwisata. Dan, di Pulau Lombok, terdapat banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi. Berikut beberapa diantaranya.

Hutan Lindung Pusuk atau Pusuk Pass

Obyek wisata ini mirip dengan Puncak di Bugor. Tetapi, di tempat ini Anda dapat menemui dan berinteraksi dengan para monyet jinak dan lucu. Tempat wisata ini termausk dalam kawasan Hutan Pusuk di Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) di kaki Gunung Rinjani bagian barat.

Bukit Merese

Bukit Merese mendapatkan julukan Bukit Cinta karena pemandangannya yang indah, membuatnya cocok untuk Anda dan pasangan Anda menghabiskan waktu. Terletak di area Pantai Tanjung Aan, bukit ini mempunyai pemandangan indah berwarna hijau dari bukit dan biru laut. Pemandangan matahari terbenam di tempat ini sangat indah.

Pantai Pink

Sebenarnya, pantai ini bernama Pantai Tangsi. Tetapi, karena pasir di pantai ini berwarna kemerah-merahan atau mendekati pink, maka sebutan Pantai Pink muncul. Pantai ini terletak di Desa Sekaroh, Lombok Timur. Ombak di pantai ini cukup tenang, jadi Anda dan keluarga dapat bermain-main tanpa khawatir.

Gili Kapal

Gili Trawangan, Gili Meno atau Gili Air mungkin sudah terkenal sebagai tempat wisata level internasional. Namun, Gili Kapal dapat dikatakan sebagai surga tersembunyi, karena belum diketahui banyak orang, tetapi menyimpan pemandangan yang sangat indah. Yang unik, pulau kecil ini tidak selalu dapat ditemukan, karena hanya muncul saat air laut surut atau pada pagi dan sore hari. Tetapi, saat Anda menemukannya, Anda dapat menyelam dan menikmati pemandangan bawah laut dan terumbu karang yang sangat indah di sekitaranya.

Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Anda dapat mengunjungi air terjun ini dengan melewati jalur Hutan Lindung Pusuk. Perjalanan akan memakan waktu lama dan melelahkan. Tetapi, saat Anda berhasil mencapai tempat ini, maka rasa lelah akan hilang karena keindahan air terjun ini. Tarif masuk untuk wisata ini hanya Rp. 2.000. Anda juga dapat menyewa jasa pemandu agar tidak tersesat dan dapat menikmati tempat ini lebih nyaman.

Kuliner Lombok

Makanan Khas Lombok

Ada banyak makanan khas Lombok yang dapat Anda cicipi. Tetapi, setidaknya, 5 makanan ini wajib Anda rasakan saat berkunjung ke pulau ini.

Plecing Kangkung

Makanan ini menggunakan bahan kangkung yang dicampur dengan berbagai racikan cabe rawit, garam, terasi dan tomat. Kangkung yang digunakan berbeda yang membuat rasanya juga berbeda dari kangkung lainnya. Dengan topping tauge dan kacang goreng, maka rasa makanan ini sangat lezat saat disantap dengan nasi putih hangat.

Ayam Taliwang

Ayam ini disajikan dengan dibakar atau digoreng. Bumbunya yang super pedas membuat Anda ingin terus memakannya.

Sate Bulayak

Sate ini cukup unik karena dihidangkan bersama Bulayak, yaitu lontong khas Lombok. Satenya sendiri terbuat dari daging sapi dengan lumuran bumbu khas Sasak.

Nasi Balap Pucung

Nasi khas Lombok dengan isi suwiran daging ayam, cabai, kacang kedelai, abon dan belut goreng, serta taburan udang kering. Nasi yang diciptakan oleh Inaq Esun ini dapat membuat Anda ketagihan karena rasa lezat serta pedasnya.

Ares

Namanya mirip dengan dewa perang, tetapi Ares merupakan sayuran khas Lombok yang menggunakan bahan utama pelepah pisang muda. Kuahnya terbuat dari santan dan rasanya gurih dan manis.

Tempat Nongkrong di Lombok

Ada banyak tempat untuk nongkrong dan bercengkerama bersama teman, keluarga atau kenalan baru Anda di Lombok. Berikut beberapa diantaranya.

Jagung Bakar Senggigi

Terletak di perbukitan pinggir Pantai Sengigi. Harganya hanya Rp. 5 ribu hingga Rp. 10 ribu. Anda dapat menikmatinya sambil melihat pemandangan matahari terbenam.

La Chill Bar, Senggigi

Masih di Pantai Senggigi, ada tempat makan ini dimana Anda dapat bersantai di bean bag sambil menikmati pemandangan pantai.

Epicentrum Mall

Sama seperti Mall di kota-kota besar, Anda dapat menemukan segalanya. Mulai dari pusat perbelanjaan hingga bioskop.

Tempat Makan Enak di Lombok

Untuk menikmati kuliner khas Lombok, berikut beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi.

  • Rumah Makan Dua-Em Bersaudara di Jl. Transmigrasi 99, Mataram, terkenal akan Plecing Kangkungnya.
  • Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama, di kawasan Cakranegara untuk menikmati Ayam Taliwang.
  • Pedagang kaki lima di Pura Lingsar, Taman Narmada dan Taman Suranadi untuk menimati Sate Bulayak.
  • Plaza Sengigi, Lombok Barat dan Jalan Sriwijaya Mataram, Anda dapat membeli nasi balap pucung cap Inaq Esun yang terkenal.

Kuliner Malam Lombok

Ada 3 kuliner malam unggulan yang dapat Anda coba.

  • Sate Rembiga terbuat dari daging sapi dengan rasa gurih, manis dan pedas.
  • Sate Tanjung terbuat dari ikan cakalang. Terbilang langka, jadi Anda harus langsung mencobanya begitu menemukannya.
  • Wedang Lombok, terbuat dari cabai dan mampu menghangatkan tubuh.

Restoran Terkenal di Lombok

Ada dua restoran yang cukup terkenal, yaitu:

  • El Bazar Cafe & Restaurant, yang menyajikan masakan Maroko dan Mediterania
  • Pituq Cafe, menyajikan masakan Vegetarian bebas Gluten dan makanan sehat.

Oleh-Oleh Khas Lombok

Berikut beberapa oleh-oleh yang dapat Anda beli.

  • Dodol Rumput Laut
  • Mutiara Lombok
  • Kain Tenun Sasak
  • Madu Sumbawa dan Susu Kuda Liar, keduanya produk Sumbawa, tetapi mudah ditemukan di Lombok.

Pusat Oleh-Oleh Lombok

Anda dapat mengunjungi beberapa tempat ini untuk mendapatkan oleh-oleh khas yang berbeda.

  • Pasar Seni Sayang-Sayang, untuk kerajinan Cukli
  • Mataram Craft Centre (MCC)
  • Jalanan di samping Mataram Mall
  • Pasar Seni Kute
  • Desa Adat Sade
  • Desa Seukerare
  • Jajanan Khas Lombok

Ada 3 jajanan khas Lombok yang dapat Anda coba.

  • Cerorot, bentuknya mirip terompet, terbuat dari gula merah, tepung beras dan santan, dan rasanya manis.
  • Klepon, sama dengan jajanan klepon di daerah lain, hanya bentuknya yang agak panjang
  • Jaje "Abuk" Khas Lombok, semacam ketan dengan taburan kelapa parut khas Lombok.

Daftar Mall di Lombok

Hanya ada sedikit Mall di Lombok, berikut beberapa diantaranya.

  • Lombok City Center di Desa Gerimax Indah, Kecamatan Narmada, Lombok Barat
  • Mataram Mall di kota Mataram, merupakan mall terbesar di Nusa Tenggara Barat
  • Lombok Epicentrum Mall

Event di Lombok

Ada banyak event di lombok, seperti:

  • Event Bau Nyale
  • Pawai Ogoh-Ogoh
  • Malean Sampi
  • Gendang Beleq
  • Peresean
  • Festival Tahunan Senggigi

Hotel di Lombok

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Lombok. Jika anda yang berasal dari luar Lombok lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Lombok dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Lombok ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

Rekomendasi Hotel Murah di Lombok

  • Airy Mataram Cakranegara Nakula 14 Lombok
  • Airy Mataram Ismail Marzuki 5 Lombok
  • Airy Mataram Airlangga Lombok
  • Airy Mataram Cakranegara Maktal 3 Lombok
  • Airy Mataram Ampenan Adi Sucipto 10 Lombok
  • Airy Mataram Selaparang Pendidikan 58 Lombok
  • Airy Pantai Senggigi Lombok
  • Airy Mataram Cakranegara Sriwijaya 132 Lombok
  • Airy Mataram Caturwarga 33 Lombok
  • Airy Mataram Caturwarga Lombok