Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
June 2019
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1 Malam
Cari Kamar

12 Hotel Di Lombok

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 400,500
Sisa 2 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 295,900
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 295,600

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 169,800
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 470,400
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 191,300
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 237,100
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 270,400
Sisa 2 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book

Asal Usul Lombok

Suku Sasak merupakan ras tipe Melayu yang konon telah tinggal di Lombok selama 2.000 tahun lampau. Suku ini bahkan diperkirakan telah menduduki wilayah pesisir dan melakukan aktivitas perdagangan sejak 4.000 tahun lalu. Sasak merupakan etnis mayoritas penghuni Lombok, meliputi hampir 95% dari total populasi.

Secara etimologis, diduga leluhur Sasak adalah orang Jawa. Terbukti dari tulisan Sasak yang oleh penduduk Lombok disebut Jejawan, yakni aksara Jawa yang selengkapnya telah diresepsi oleh kesusastraan Sasak. Bukti lain terdapat pada prasasti Tongtong yang ditemukan di Pujungan, Bali, Suku Sasak sudah menghuni pulau Lombok sejak abad IX sampai XI Masehi.

Sejarah Lombok tak lepas dari silih bergantinya penguasaan dan peperangan yang terjadi, baik konflik internal maupun eksternal. Perkembangan era Hindu dan Buddha, memunculkan beberapa kerajaan di pulai ini, salah satunya Bayan. Kerajaan-kerajaan tersebut akhirnya ditundukkan oleh penguasa Majapahit saat ekspedisi Gajah Mada di abad XIII – XIV, dari sini lah nusantara mulai terbentuk.

Tentang Lombok

Lombok merupakan nama pulau yang terletak di selatan Indonesia dan termasuk bagian dari kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara. Lombok semakin terkenal dengan destinasi wisata yang tidak kalah indah dari pulau tetangga yaitu Bali. Tak sedikit wisatawan mancanegara yang juga berkunjung ke pulau ini menikmati indahnya pulau Lombok. Lombok ini terkenal dengan pantai dengan laut pasir yang indah yang sering dijadikan tempat relaksasi ternyaman. Selain itu, tempat belanja, tempat makan, penginapan, hotel juga jadi sasaran para turis berkunjung ke pulau ini.

Saudara pulau Bali ini dikelilingi beberapa pulau kecil yang sering disebut penduduk setempat dengan nama Gili. Gili diangkat dari bahasa Sasak yang berarti pulau. Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air menjadi Gili yang paling dikenal banyak turis. Bahkan Gili tersebut menjadi wajib dikunjungi ketika berkunjung ke pulau ini. Penduduk disini merupakan pemeluk agama Islam dan suku Sasak. Namun tak jarang anda menemukan banyak candi karena akulturasi budaya Hindu Bali. Selain itu, untuk makanan khas Lombok ini adalah Ayam Taliwang yang wajib dicoba ketika berkunjung ke lombok.

Cara ke Lombok

Melalui Jalur Udara

Menuju Lombok sangat mudah jika anda melewati jalur udara dengan pesawat. Anda akan mendarat di Bandara Internasional Lombok yang berada di Jalan Tanak Awu, kabupaten Lombok Tengah, NTB. Bandara ini baru dibangun yang diproyeksikan untuk mengganti bandara Selaparang Mataram. Bandara ini memiliki arsitektur yang khas mirip rumah adat suku Sasak. Luas bandara ini hingga 550 hektar lebih dan dibangun bangunan-bangunan pendukung seperti SPBU, hotel, restoran dan lain-lain. Bandara Internasional ini juga memiliki terminal penumpang yang terpisah. Terminal internasional yang memiliki luas 21.396 m2 dan terminal domestik yang memiliki luas 8.501 m2. Selain itu, bandara internasional ini juga memiliki 24 check-in counters untuk seluruh maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Lombok.

Walaupun bandara internasional namun bandara ini hanya melayani rute penerbangan domestik dan internasional secara terbatas. Untuk penerbangan domestik menuju Lombok biasanya berasal dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Sedangkan untuk penerbangan internasional biasanya berasal dari Singapura dan Malaysia. Maskapai yang melayani rute penerbangan ke Lombok seperti Garuda Indonesia, AirAsia, Citilink, Lion Air, Silk Air, Wings Air dan TransNusa Air Service. Untuk menuju Lombok dengan jalur udara ada beberapa jalur yang dapat Anda gunakan, yaitu:

Dari Pulau Bali

Karena jaraknya yang dekat, maka tarif untuk perjalanan udara dari Bali tergolong murah, yaitu antara Rp. 200 ribu hingga Rp. 300 ribu. Dan, perjalanan terbang ini hanya membutuhkan waktu 25 menit.

Dari Pulau Jawa

Anda dapat mengambil penerbangan dari beberapa kota besar. Untuk Anda yang berangkat dari Surabaya, Anda dapat menggunakan Wings Air atau Batavia Air. Tarifnya haya Rp. 300 ribuan. Lama perjalanan sekitar 55 hingga 60 menit. Untuk Jakarta, Lion Air, Garuda dan Batavia Air dapat Anda gunakan dengan tarif mulai Rp. 500 ribu dengan lama penerbangan sekitar 2 jam. Semua penerbangan ini akan mendarat dan terhubung di Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) di Tanah Awu, Lombok Tengah. Dari sini, Anda dapat menggunakan berbagai transportasi untuk menuju kota tujuan wisata Anda.

Melalui Jalur Darat

Selain jalur udara, Anda juga dapat mengambil jalur darat. Namun, waktu yang diperlukan untuk cara ini jauh lebih lama, bahkan memakan waktu dua hari. Biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu berbeda, yaitu sekitar Rp. 400 ribuan dengan menggunakan transportasi bus. Anda juga dapat menggunakan mobil pribadi atau rental, dengan biaya yang hampir sama. Untuk transportasi ini, Anda akan menggunakan jalur penyeberangan Padang Bai ke Pelabuhan Lembar di Lombok.

Melalui Jalur Laut

Khusus backpacker atau yang ingin lebih hemat ongkos transport, anda bisa menggunakan jalur laut dengan kapal. Memang anda akan melakukan perjalanan lebih lama, namun anda bisa menikmati pemandangan laut yang indah.

Untuk jalur laut, akan lebih baik berangkat dari pelabuhan di Bali. Dari Pelabuhan Padang Bai atau Tanjung Benoa Bali, Anda akan berangkat dan menuju ke Pelabuhan Lembar di Lombok. Tiket untuk satu kali penyeberangan hanya Rp. 50 ribu per orang. Perjalanan ini membutuhkan waktu 4 jam.

Anda juga dapat menggunakan kapal cepat selain kapal feri. Namun, kapal cepat ini hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Padang Bai maupun Tanjung Benoa. Tarifnya antara Rp. 550 ribu hingga Rp. 650 ribu tergantung tujuan Anda. Anda dapat memilih tidak hanya ke Pulau Lombok, sebagai pulau utama, tetapi juga langsung ke pulau kecil atau Gili yang menjadi tujuan wisata.

Transportasi di Lombok

Ada beberapa alat transportasi yang dapat digunakan untuk menjelajahi Lombok.

Berjalan Kaki

Untuk para backpacker dan petualang, cara ini dapat menjadi cara terbaik. Anda dapat menikmati pemandangan dan tempat-tempat khusus di Lombok, yang tidak dapat ditemukan dengan menggunakan kendaraan.

Bemo

Merupakan angkutan umum yang cukup praktis untuk Anda gunakan. Tarifnya juga sudah ditetapkan, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Ojek

Jika ingin proses transaksi lebih praktis dan modern, Anda dapat memanfaatkan ojek serta kurir online. Beberapa ojek online yang terkenal di Lombok misalnya Fast Courier, Onma Indonesia, Mataram Ojek, Lombok Ojek Indonesia, juga M-Jek. Sebagian ojek online tersebut beroperasi hanya di waktu-waktu tertetu, namun ada pula yang beroperasi selama 24 jam.

Cidomo

Cidomo termasuk kategori angkutan tradisional unik. Namun cidomo hanya tersedia di beberapa lokasi wisata, salah satunya pantai Senggigi. Selain itu, cidomo pun sudah mulai langka serta terancam ditiadakan karena dianggap menimbulkan polusi. Jika Anda ingin menyewa cidomo untuk berkeliling pantai, cukup membayar Rp. 75.000,00 saja.

Rental Mobil atau Motor

Bagi Anda yang menginginkan suasana lebih nyaman bersama keluarga, mobil rental banyak tersedia di Lombok. Tarif yang dipasang oleh agen berbeda-beda, tergantung merek mobil serta lama penyewaannya. Rata-rata dalam tiap jam penyewaan dikenakan biaya sekitar Rp. 250.000,00 hingga Rp. 300.000,00. Selain mobil, sepeda motor juga tersedia untuk disewa dengan tarif mulai dari Rp. 35.000,00 hingga Rp. 50.000,00.

Taksi, Bus, Travel

Dari bandara, ada beberapa alternatif kendaraan, misal taksi atau bus Damri. Bus Damri sendiri beroperasi di bawah pemerintah daerah. Anda cukup mengeluarkan uang sekitar Rp. 15.000,00 dari bandara menuju kota Mataram. Ada pula mobil travel bagi Anda yang datang bersama rombongan.

Fast Boat

Beberapa fast boat tersedia dari pelabuhan langsung menuju lokasi wisata seperti Gili Trawangan atau Teluk Kodek. Dengan biaya Rp. 660.000,00 Anda dapat melewati Pelabuhan Padang Baik menuju Gili Trawangan hanya dalam waktu 2-2,5 jam.

Harga di atas berlaku jika pengunjung menggunakan Kapal Cepat Gili Cat. Kapal lainnya seperti Blue Water Express rute Bali ke Gili Meno, Gili Trawangan, Gili Air dikenakan tarif Rp. 650.000,00. Sementara itu, kapal Suranadi Express mematok biaya Rp. 550.000,00 untuk satu tiket perjalanan.

Tempat Wisata di Lombok

Tentu, tujuan Anda berkunjung ke Lombok adalah untuk berwisata. Dan, di Pulau Lombok, terdapat banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi. Berikut beberapa diantaranya.

Pantai Tangsi

Barangkali salah satu primadona dari Lombok adalah Pantai Tangsi atau sering dijuluki Pink Beach. Pantai ini memiliki pantai berwarna merah muda yang sangat indah. Sekilas, pantai ini seperti pantai yang berasal dari negeri dongeng. Namun, pantai ini benar-benar nyata karena warna merah muda berasa dari koral laut dari jenis foraminifera.

Saat terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah pagi hingga sore hari. Saat matahari sudah terbit, bias cahayanya akan membuat pantai ini terlihat lebih indah dan menarik. Anda bisa melakukan penjelajahan di sekitarnya atau berburu foto dari daratan yang ada di atasnya agar foto lanskap yang didapatkan menarik.

Meski terbilang menarik dan diburu oleh wisatawan dan fotografer, akses ke pantai merah muda ini masih belum dibenahi. Sementara ada dua akses yang bisa dilakukan pertama akses melalui darat dengan jalan rusak dan laut dengan menyewa perahu dari Tanjung Luar. Pantai Tangsi berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti bukanlah air terjun tinggi yang menghantamkan airnya jatuh hingga ke bawah. Air terjun ini lebih mirip sungai yang membelah batuan. Air dengan warna agak kebiruan ini terlihat pekat karena mengandung kadar belerang yang cukup tinggi.

Air yang berwarna agak kebiruan ini terlihat sangat indah saat dipandang. Kalau Anda penyuka fotografi, hampir di setiap sudut yang dimiliki oleh air terjun, sangat menarik. Air yang mengalir menjadi air terjun ini berasal dari Segara Anak, Gunung Rinjani. Kalau Anda ingin datang ke air terjun yang menarik ini datanglah ke Dusun Sajang, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Lingkoq Datu

Lingkoq Datu menawarkan tiga hal kepada Anda yang datang ke sini dengan susah paya. Pertama adalah hamparan sabana yang sangat luas. Selanjutnya, berbatasan langsung dengan sabana ada tebing terjal yang berlapis-lapis dengan warna sedikit keemasan. Tidak berhenti di sini saja, kawasan yang berada di Pantai Penyisok ini juga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia yang biru.

Akses ke Lingkoq Datu ini terbilang sangat sulit dan harus melalui jalanan yang cukup terjal. Itulah kenapa kawasan ini masih terbilang sepi dan hanya dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati penjelajahan yang menantang. Lingkoq Datu berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Pantai Semeti

Lombok sering sekali dijuluki sebagai Bali kedua karena kawasan ini menyimpan cukup banyak wisata menarik dan eksotis. Salah satu tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Semeti. Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai lain di Lombok yang berpasir lembut, di tempat wisata ini Anda hanya akan menikmati hamparan batu karang yang menjulang.

Karang yang memiliki struktur unik ini justru menarik perhatian banyak sekali wisatawan. Tidak mengherankan kalau setiap hari ada puluhan orang rela naik tebing terjal yang rawan sekali terjatuh ini. Oh ya, kalau Anda datang ke sini pastikan untuk datang dari pagi dan menggunakan sepeda motor. Lokasinya berada di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah.

Gunung Rinjani

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau Gunung Rinjani adalah salah satu daya tarik paling besar dari Lombok. Seperti halnya Semeru di Jawa Timur, gunung selalu ramai dikunjungi oleh para pendaki saat musimnya tiba. Para pendaki akan menjelajahi kawasan lereng gunung hingga akhirnya sampai di puncak 3.762 mdpl.

Kalau Anda ingin mendaki gunung ini ada baiknya didampingi oleh mereka yang sudah ahli dan tidak sendirian saja. Mengingat jalurnya yang cukup menantang dan juga berbahaya, gunakan perlengkapan yang baik untuk meminimalkan cedera. Kalau Anda ingin melakukan pendakian, lakukan dari pos Sembalun atau Senaru.

Taman Wisata Pusuk Sembalun

Salah satu objek wisata yang paling terkenal di Lombok adalah Gunung Rinjani. Sayangnya tidak semua orang bisa melakukan pendakian hingga ke puncak mengingat medan yang cukup berbahaya untuk pemula. Kalau Anda sedang berada di Lombok dan tetap ingin menikmati keindahan dari Gunung Rinjani, datanglah ke Taman Wisata Pusuk Sembalun yang memiliki ketinggian sekitar 1.250 mdpl.

Dari kawasan ini Anda bisa menyaksikan pemandangan lembah yang hijau dan tentu saja Gunung Rinjani yang indah dari kejauhan. Lokasi dari Taman Wisata Pusuk Sembalun berada di Jl. Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Saat datang ke sini pastikan untuk membawa barang dengan hati-hati, pasalnya banyak monyet liar yang suka mengambil barang.

Air Terjun Penimbungan

Air Terjun Penimbungan adalah air terjun dengan ketinggian sekitar 75 meter. Sekeliling dari air terjun adalah tebing tinggi dan sekilas mirip sekali dengan zaman purba. Kalau Anda ingin sampai ke kawasan ini disarankan sekalian mendaki ke puncak dari Gunung Rinjani. Pasalnya air terjun yang bisa dilihat dari kejauhan ini berada di jalur pendakian Torean.

Jalur pendakian ini cukup sepi dibandingkan dengan jalur pendakian lain seperti lewat Sembalun atau Senaru. Kalau Anda kebetulan ingin menuju puncak Rinjani sebelum matahari terbit, sempatkan datang ke air terjun ini. Selanjutnya, jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan dari air terjun yang memikat ini.

Segara Anak

Kalau di Gunung Semeru kita mengenal Ranu Kumbolo sebagai salah satu tempat menarik untuk dikunjungi dan menginap, di Gunung Rinjani ada Segara Anak. Letak dari Segara Anak sekitar 700 meter di bawah puncak sehingga sering dijadikan tempat untuk bermalam dan beristirahat sebelum menuju puncak dan memburu matahari terbit.

Segara Anak dulu merupakan kawasan kawah dari Gunung Rinjani. Setelah meletus terbentuklah danau vulkanis dengan kedalaman mencapai 200 meter. Saat sampai di Segara Anak, wisatawan bisa beristirahat sejenak sembari menikmati keindahan dari hamparan pegunungan di sekitarnya dan Gunung Barujari yang merupakan anak dari Rinjani yang masih aktif di tengah danau.

Bukit Pergasingan

Selain Taman Wisata Pusuk Sembalun, kalau Anda ingin menikmati keindahan dari Rinjani tanpa perlu mendakinya, bisa datang ke Bukit Pergasingan. Bukit berada di atas kawasan Sembalun dengan ketinggian di atas 1.600 mdpl. Dengan ketinggian ini udara di kawasan bukit sangat sejuk dan pemandangan petak sawah warna-warni di bawahnya sangat memanjakan mata.

Meski bukit ini tidak lebih tinggi dari Rinjani, akses ke sini terbilang cukup menantang. Perjalanan untuk mencapai puncak bukit ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Setelah di atas, Anda bisa melakukan aktivitas menarik seperti melakuan paralayang atau sekadar menikmati pemandangan yang indah sembari kamping. Bukit Pergasingan berada di Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Tanjung Poki

Kalau di Nusa Lembongan Bali, kita mengenal ada Devil’s Tear. Nah, di Lombok ada tempat wisata serupa bernama Tanjung Poki. Di tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan indah dari deburan ombak yang sangat besar dan menabrak karang. Efeknya, air akan terpancar ke atas hingga ketinggian sampai 10 meter.

Lokasi Tanjung Poki berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Akses ke sini bisa dilakukan dari Mataram menuju Jerowaru dengan lama perjalanan 2-2,5 jam. Kalau ingin datang ke sini disarankan untuk menggunakan sepeda motor karena medannya cukup sulit dijangkau. Selain itu, jangan terlalu mendekati pinggir karang karena dikhawatirkan deburan air bisa mengenai tubuh dan membuat Anda jatuh.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi adalah ikon dari Lombok yang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat lembut dan panjangnya mencapai 10 km. Dengan garis pantai yang sangat panjang ini, Pantai Senggigi bertransformasi menjadi pusat pariwisata dengan kiri dan kanan berdiri banyak sekali hotel dan juga restoran.

Pantai Senggigi tidak begitu jauh dari Kota Mataram. Jaraknya hanya sekitar 40 menit perjalanan darat. Saat ini kawasan ini buka selama 24 jam. Beberapa bagian pantai berdiri tempat untuk nongkrong dan makan yang sangat berkelas. Kalau Anda sedang merencanakan perjalanan ke Lombok, sebisa mungkin menginap di kawasan komersial ini.

Pantai Setangi

Lombok memiliki cukup banyak pantai yang menakjubkan. Salah satu pantai yang layak untuk dikunjungi adalah Pantai Setangi yang berada di Jalan Raya Senggigi sebelum Pantai Nipah. Pantai ini menawarkan dua keindahan sekaligus yang akan membuat wisatawan seperti enggan beranjak dan mau berlama-lama.

Pantai ini dikenal masih sangat sepi dan belum banyak dijamah oleh wisatawan. Dalam satu hari hanya ada beberapa orang saja yang menikmati pantai dengan pasir halus dan pohon kelapa. Kedua adalah sensasi menarik dari villa yang ditinggalkan pemiliknya. Saat ini bangunan yang mendapatkan julukan villa hantu ini selalu menjadi lokasi fotografi dengan latar laut yang menarik.

Gili Trawangan

Gili Trawangan sering disebut sebagai salah satu surga yang ada di Bumi Lombok. Pulau kecil yang sangat eksotis ini bisa dijangkau dari kawasan Senggigi. Kalau Anda ingin menyeberang ke Gili Trawangan, pilihannya ada dua. Pertama menyewa kapal cepat dengan biaya lebih mahal atau menggunakan kapal laut biasa yang biayanya cukup murah tapi harus menunggu kapal penuh baru bisa menyeberang.

Di Gili Trawangan ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Aktivitas menarik yang bisa dilakukan adalah renang, snorkeling, hingga menikmati permainan pantai lainnya. Kalau Anda suka sekali penjelajahan bisa berkeliling ke pulau dengan menyewa sepeda. Oh ya, karena penjelajahan satu hari tidak akan cukup ada baiknya berburu hotel murah di Lombok untuk akomodasi.

Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu adalah salah satu air terjun yang terbilang unik di kawasan Lombok. Kalau Air terjun lain memiliki pancaran yang kuat, air terjun ini justru jatuh ke bawah dan menyusuri rerimbunan hijau yang sangat segar. Efeknya air jadi terjun ke bawah menyerupai kelambu yang sangat tipis dan berwarna putih.

Air dari Air Terjun Benang Kelambu ini berasal dari Segara Anak yang bersumber di Gunung Rinjani. Karena berada dari air gunung, air ini dipercaya bisa menyembuhkan banyak sekali penyakit. Tidak mengherankan kalau warga setempat sering sekali mandi di sini sembari menikmati kesegaran suasana. Kalau Anda ingin datang ke sini pergilah ke Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah.

Gili Meno

Gili Meno adalah pulau eksotis lain yang ada di Lombok selain Gili Trawangan. Saat ini pulau yang hanya bisa diakses dari kawasan Pantai Senggigi ini menjadi pusat perjalanan wisata khususnya pasangan yang ingin menikmati suasana syahdu bulan madu untuk merayakan pernikahan mereka.

Seperti halnya pulau Gili lainnya, kawasan ini sebagian besar adalah resor. Selanjutnya pantai juga mengelilingi pulau dengan keindahannya. Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan bermain main, ayunan di pantai, snorkeling, hingga menikmati matahari untuk berjemur. Di malam hari, bener kawasan di pulau ini mengadakan pertunjukan musik seru dan juga aktivitas menarik lainnya.

Pantai Nambung

Pantai Nambung yang berada di Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Pantai ini sedikit unik dibandingkan pantai berpasir lembut di Lombok. Ada fenomena unik yang membuat air laut memancar dari tebing dan menjadi air terjun. Hal ini bisa terjadi karena ombak menghantam daratan sangat kuat dan airnya sampai ke atas.

Selain air terjun yang terjadi sangat alami dan menari ini, Pantai Nambung yang memiliki ombak cukup tinggi ini juga cocok untuk surfing. Kalau Anda menyukai olahraga selancar ombak ini ada baiknya membawa peralatan dari kota. Pasalnya belum ada penyewaan papan selancar dan perlengkapan lainnya.

Gili Air

Gili Air merupakan salah satu pulau di kawasan Gili yang paling kecil di antara yang lain. Meski lebih kecil dari yang lain, pengelolaan di pulau ini sudah berjalan dengan baik. Anda bisa datang ke sini untuk sekadar melakukan staycation atau menikmati keindahan bawah laut yang memikat dengan snorkeling atau menyelam.

Dibandingkan dengan Gili yang lain, Gili Air dikenal cukup lengang sehingga cocok untuk lokasi memenangkan diri. Kalau Anda ingin pergi sejenak dari hiruk pikuk kota yang sangat bising, datanglah ke Gili Air yang memberikan ketenangan. Setelah menikmati 1-2 hari di sini, Anda bisa memiliki pikiran yang segar dan siap bekerja kembali.

Taman Narmada

Taman Narmada adalah petirtaan kuno yang konon sudah dibangun sejak tahun 1700-an. Pembangunan petirtaan ini dilakukan untuk memudahkan raja untuk bersuci atau mengambil air suci. Dia dan anggota kerajaan tidak perlu sampai naik ke Gunung Rinjani yang kala itu masih sangat berbahaya dan berisiko sebabkan kematian.

Di dalam Taman Narmada ini terdapat semacam pura yang cukup tinggi. Pura ini dibangun sebagai representasi dari Gunung Rinjani yang oleh masyarakat setempat disakralkan. Saat ini, tempat wisata yang berada di Lombok Barat dan tepat berada di Kaki Rinjani ini menjadi tempat wisata yang menarik karena memiliki cukup banyak pohon yang rindang, taman, dan tentu saja kolam air yang sangat luas.

Tanjung Aan

Tanjung Aan adalah satu semenanjung yang berada di kawasan Jalan Kuta Lombok, Lombok Tengah. Berada di kawasan pantai yang berjajar, Tanjung Aan menawarkan pantai yang menarik dengan tebing dan karang yang menyebar ke seluruh penjuru. Selain itu ada satu yang menarik dari pantai ini yaitu Batu Payung.

Sebutan Batu Payung ini diberikan karena ada salah satu batu karang yang menjulang di pinggir laut dan bentuknya seperti payung. Batu yang cukup tinggi ini juga bisa terlihat seperti wajah kalau dilihat dari sisi yang lain. Keunikan ini membuat Batu Payung di Tanjung Aan ini menjadi salah satu objek fotografi yang menarik

Mandalika

Mandalika adalah KEK atau Kawasan Ekonomi Khusus yang sengaja dikembangkan oleh pemerintah pusat. Pengembangan ini dimaksudkan untuk mengembangkan pariwisata di kawasan ini mungkin bisa bersaing dengan Bali. Selain itu, pengembangan juga diproyeksikan akan menyerap puluhan ribu tenaga kerja lokal.

Kawasan Mandalika memiliki panjang garis pantai sekitar 16 kilometer. Dengan kawasan yang cukup panjang dan luas ini, segala aspek bisa dimasukkan. Saat ini pengembangan resor telah dilakukan dan juga pusat oleh-oleh. Dalam beberapa tahun ke depan. Mandalika juga akan memiliki sirkuit Moto GP yang sangat indah dan menantang.

Gua Bangkang

Kawasan Lombok juga memiliki gua yang sangat menarik dan cocok untuk Anda yang suka melakukan penjelajahan. Akses masuk ke gua ini cukup sulit karena banyak batuan terjal yang cukup tajam. Setelah sampai di dalam, Anda bisa menikmati pemandangan gua yang megah dan di atasnya banyak sekali kelelawar yang tidur menggantung.

Saat terbaik untuk mengunjungi Gua Bangkang adalah sore menjelang senja. Biasanya ribuan kelelawar akan keluar dan mulai mencari makan. Saat datang ke sini pastikan menggunakan pakaian yang benar serta pelindung kaki dan tangan. Setelah menyaksikan kelelawar keluar, segera pulang sebelum hari gelap dan akses pulang mengalami gangguan. Gua ini berada di Dusun Bangkang, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Pantai Tebing

Di masa lalu Gunung Rinjani sering sekali meletus dan menyebabkan lahar panas turun dan menyebar ke mana-mana. Beberapa lahar yang turun dan terlempar terkena udara dingin dan air laut dan akhirnya membentuk tebing tinggi dengan ukiran menarik di Pantai Tebing. Di pantai ini Anda bisa menikmati pantai selayaknya berada di Grand Canyon.

Meski kawasan ini menarik, Anda tidak disarankan untuk memanjat tebing karena dikhawatirkan jatuh. Daripada melakukan hal yang berbahaya, Anda bisa menjelajahi garis pantai yang lurus dan pasir dengan warna cokelat tua. Pantai Tebing yang sangat menarik ini berada di Dusun Luk, Desa Sambiq Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara atau 1,5-2 jam perjalanan dari Mataram.

Sumber Air Kalak

Gunung Rinjani memiliki banyak potensi yang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Selain tempat wisata khusus mendaki, gunung ini juga memiliki panas bumi. Tidak mengherankan kalau rancangan untuk memanfaatkan geothermal ini pernah dirancang meski hingga saat ini belum ada realisasinya.

Potensi lain yang dimiliki oleh Lombok adalah Sumber Air Kalak atau air panas. Sumber ini berada di kaki Gunung Rinjani dan mengalir seperti air terjun. Warga sekitar sering memanfaatkan air ini untuk mandi dan membersihkan diri. Menurut mereka mandi di sini bisa mengobati penyakit khususnya penyakit kulit.

Desa Bayan Sasak

Tidak lengkap rasanya kalau ke Lombok tidak berkunjung ke desa milik penduduk asli di sana, masyarakat Sasak. Salah satu desa yang masih memegang teguh budayanya adalah Desa Bayan Sasak yang berada di Lombok Utara. Di desa ini Anda bisa menyaksikan kehidupan asli masyarakat Sasak.

Hal menarik dari kawasan desa ini adalah masyarakat yang ramah dan mau menerima kunjung masyarakat dari luar. Selain itu, rumah ada yang masih asli juga menarik untuk dinikmati dan diabaikan. Ketika berada di desa Sasak jangan lupa untuk menyaksikan kebiasaan nyirih yang masih dilakukan oleh sebagian besar masyarakat.

Masjid Klenteng Lombok

Seperti namanya, masjid ini memiliki desain mirip sekali kelenteng yang merupakan tempat ibadah masyarakat Tionghoa. Sebagian besar bangunan memiliki warna merah dan ornamen khas negeri tirai bambu. Meski sekilas terlihat seperti klenteng, fasilitas untuk ibadah masyarakat yang beragama Islam sangat lengkap.

Masjid yang berada di Dusun Jurang Malang, Desa Sesaot ini dibangun oleh mualaf setempat. Seorang pria bernama Ang Tian Kok membangun masjid ini sebagai perwujudan rasa suka citanya karena telah masuk Islam dan berganti nama menjadi H. Ahmad Maliki. Masjid Merah ini sekarang menjadi salah satu tujuan wisata ibadah dan pelengkap Lombok sebagai kawasan Seribu Masjid.

Pantai Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam berada di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Pantai dengan ombak cukup besar dan berbahaya ini tidak memiliki hamparan pasir pantai. Sepanjang mata memandang hanya ada hamparan bebatuan karang yang sangat terjal dan warnanya sangat kontras dengan laut yang biru

Beberapa karang ada yang menjulang ke atas menjorok ke sisi laut. Karang itu tersambung dengan daratan yang bolong di bagian tengahnya. Wisatawan yang datang ke sini biasanya menjelajah hingga ke tebing yang menjulang atau berburu foto ombak yang mengalir melalui lubang besar yang ada di bawahnya. Pantai ini buka setiap hari dan tidak cocok untuk berenang dan juga surfing.

Aik Nyet

Aik Nyet adalah salah satu kawasan hutan yang dikelola dengan baik oleh masyarakat di Sesaot. Di dalam kawasan ini terdapat pemandian alam yang sangat asri dengan 6 sumber yang terus mengalir setiap tahunnya. Konon sumber air ini tidak pernah kering meski sedang kemarau.

Aik Nyet banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar untuk menikmati alam sambil berendam. Akses ke kawasan ini cukup mudah dari pusat kota. Kalau Anda ingin bermain tapi bosan ke pantai, tempat ini adalah salah satu yang terbaik.

Pura Meru

Pura Meru adalah pura yang dibangun pada tahun 1720 oleh Anak Agung Made Karangasem dan 33 desa lain di kawasan ini. Pura ini dibangun untuk tempat peribadatan masyarakat Hindu yang kala itu banyak mendiami kawasan Lombok dan termasuk bagian dari kerjaan yang ada di Bali.

Pura Meru sama dengan pura tempat peribadatan Hindu lain yang dibuka untuk umum. Namun, pengunjung yang ingin datang ke sini disarankan untuk mematuhi beberapa peraturan. Salah satu aturan yang penting adalah larangan wanita yang datang bulan untuk masuk. Selanjutnya pakaian yang digunakan juga harus sopan. Pura Meru berada di Jalan Selaparang, Cakranegara, Kecamatan Mataram, Kota Mataram.

Bukit Malimbu

Bukit Malimbu masih berada di kawasan Senggigi yang menghadirkan pantai memikat. Di tempat ini Anda masih bisa menikmati pantai, tapi menikmatinya di atas bukit yang cukup tinggi. Dari kejauhan akan terlihat laut yang sangat luas dengan warna kebiruan.

Saat terbaik untuk mengunjungi Bukit Malimbu adalah sore hari. Sembari bersepeda dan menguras adrenalin, Anda juga bisa menikmati suasana yang sangat tenang. Selanjutnya Anda bisa menunggu senja yang akan turun dengan warna kuning keemasan.

Wisata Desa Batu Mekar

Begitu mendengar Lombok apa yang langsung ada di pikiran Anda? Kalau tidak pantai ya mendaki, benar bukan? Sebenarnya selain dua hal itu ada aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Desa Batu Mekar. Aktivitas itu adalah arung jeram.

Datanglah ke Desa Batu Mekar yang berada di Lombok Barat. Selanjutnya lakukan penjelajahan dengan menggunakan perahu karet untuk menikmati sungai yang berarus deras, persawahan yang masih alami dan hutan yang masih terjaga.

Kuliner Lombok

Ayam Taliwang

Ayam taliwang adalah salah satu kuliner khas dari Lombok yang terkenal hingga ke luar pulau. Ayam yang sudah dibersihkan akan diberi bumbu khusus lalu digunakan untuk membakar atau selanjutnya digoreng. Biasanya ayam yang digunakan berjenis ayam kampung atau ayam ternakan yang usianya belum terlalu tua.

Bumbu yang digunakan untuk membuat ayam taliwang ini biasanya menggunakan banyak cabai dan warnanya merah menyala. Ayam akan disajikan dengan nasi hangat, lalap, dan kadang sayuran yang ditumis seperti kangkung.

Plecing Kangkung

Plecing kangkung tidak sama dengan tumis kangkung. Sayur kangkung khas Lombok yang agak besar direbus hingga matang sesuai selera. Selanjutnya diberi taburan sambal khas yang terbuat dari cabai, tomat, dan terasi khas Lombok.

Plecing kangkung biasanya disajikan dengan ikan bakar atau ayam bakar. Makanan ini termasuk yang wajib ada seperti kerupuk. Kalau Anda ingin menikmati plecing kangkung, carilah di beberapa lokasi di sepanjang Mataram atau kota kecil di sekitarnya.

Kelaq Batih

Kelaq batih adalah salah makanan khas dari Lombok yang sudah jarang ada di warung makan atau restoran. Padahal rasa makanan ini sangat nikmat, gurih, dan menghangatkan tubuh karena menggunakan cukup banyak rempah yang berkhasiat.

Bahan baku dari makanan ini adalah buncis merah yang sudah kering dan daun ketela yang masih muda. Biji buncis yang sudah kering direbus dahulu hingga kering lalu dimasak dengan beberapa bumbu seperti merica, jahe, kencur, lengkuas, cengkeh dan bahan lainnya.

Nasi Puyung

Nasi Puyung adalah salah satu nasi campur khas Lombok yang banyak dicari wisatawan. Nasi ini memiliki rasa yang sangat nikmat karena memadukan beberapa elemen pelengkap yang teksturnya bermacam-macam meski semuanya memiliki cita rasa gurih dan juga kering.

Nasi campur ini terdiri dari nasi putih yang lauknya terdiri dari kedelai goreng, kentang goreng dalam bentuk irisan kecil, sambal goreng daging, dan sambal khas yang sangat pedas. Kalau Anda penggila makanan pedas, nasi puyung ini wajib dicoba saat bertandang ke Lombok.

Sate Bulayak

Sate Bulayak tidak sama dengan sate ayam yang menggunakan bumbu kacang. Sate yang sudah dibakar biasanya disiram dengan kuah kental yang terbuat dari santan dan kemiri. Rasanya sangat gurih dan bisa menyatu dengan daging ayam atau kambing yang digunakan sebagai bahan utama dari sate.

Oh ya, sate bulayak tidak menggunakan nasi atau lontong yang biasanya digunakan sebagai karbohidrat. Sate ini menggunakan bulayak yang merupakan lontong, tapi dibungkus dengan daun aren. Sekilas bulayak ini mirip sekali dengan makanan lepet yang ada di Jawa meski isiannya berbeda.

Sate Tanjung

Sate tanjung merupakan sate yang terbuat dari olahan ikan. Sate ini menggunakan ikan laut yang sudah dihancurkan lalu dibumbui dengan beberapa bahan agar menciptakan cita rasa yang manis, gurih, dan sedikit pedas.

Sate ini biasanya dijual di pinggir jalan di kawasan Tanjung, Lombok Utara. Penyajiannya dengan menggunakan lontong atau bisa nasi jika menginginkannya. Saat menyantap sate ini biasanya plecing kangkung juga digunakan sebagai pelengkap bersama dengan sambalnya yang pedas.

Nasi Sukaraja

Setiap daerah di Lombok hampir semuanya memiliki nasi campur yang khas. Di daerah Sukaraja pun demikian, nasi campur yang ada di kota ini menawarkan rasa yang unik dan nikmat. Kalau Anda menikmati nasi campur ini, nasi panas akan dihidangkan dengan beberapa jenis lauk, sambal, dan sayuran yang diolah dengan khusus.

Biasanya sayuran inilah yang membedakan antara nasi campur satu dengan yang lain. Kalau beberapa daerah membuat sayuran yang mirip sekali dengan urap- urap, di sini sayurnya dilakukan lah dengan santan yang kental. Rasanya dominan gurih dengan sedikit rasa pedas kalau dicampur dengan sambal.

Ares

Ares adalah makanan yang terbuat dari bagian dalam dari pohon pisang. Biasanya setelah pisang dipanen dan dipotong, bagian dalamnya akan diambil lalu diiris tipis-tipis untuk dijadikan makanan bernama ares. Di Lombok, makanan ini cukup umum dan ada di hampir semua warung atau kedai makanan tradisional.

Potongan pohon pisang yang agak keras biasanya dilembutkan dahulu dengan diuleni. Setelah itu baru dibumbui dengan bumbu kuning dan mirip sekali dengan kari. Ketika memasak, ares biasanya dicampur dengan protein seperti daging sapi untuk menambah rasa agar kuat dan nikmat.

Kelaq Sebie

Kelaq sebie mungkin kuliner yang paling pedas di Lombok. Seperti namanya sebie merupakan cabai. Makanan ini terbuat dari banyak sekali cabai dan bumbu lain yang melengkapi. Biasanya sekali masak masakan ini dibutuhkan hingga sekilo cabai dengan warna hijau. Cabai biasanya dipotong agar mengeluarkan rasa khasnya yang pedas tapi bisa membuat seseorang ketagihan.

Makanan ini tidak diisi dengan cabai saja. Di dalam kuah juga akan ditambahkan beberapa jenis sayuran seperti terong dan kacang panjang. Selanjutnya untuk protein, ikan tongkol juga sering ditambahkan agar cita rasa makanan lebih nikmat. Kelaq Sebie bisa disantap dengan nasi hangat dan bisa ditemui di seluruh penjuru pulau.

Kelaq Lebui

Makanan ini terbuat dari biji kedelai hitam yang sering digunakan untuk membuat kecap. Kedelai hitam akan dimasak hingga lunak lalu dimasukkan ke dalam kuah asam pedas hingga bumbu meresap. Sebagai tambahan, biasanya akan ada campuran daging atau sayuran lain meski opsional saja.

Makanan ini biasanya disantap dengan nasi panas saat siang hari. Rasanya yang asam pedas bisa memberikan kesegaran. Kalau Anda ingin menyantap kuliner ini disarankan untuk pergi ke kawasan agar pinggiran dan makan di warung atau kedai makanan tradisional yang ada di Lombok.

Sate Rembiga

Dinamani Rembiga karena berasal dari kawasan Rembiga, Mataram. Sate ini tidak terbuat dari daging ayam atau kambing seperti kebanyakan. Sate ini terbuat dari bahan hati sapi dan daging kambing. Artinya sate ini berbahan dasar olahan sapi yang sangat jarang dilakukan oleh para penjual di berbagai daerah di Lombok dan Indonesia.

Sate ini memiliki rasa yang manis dan gurih karena menggunakan cukup banyak kecap saat dibakar. Saat dikonsumsi biasanya daging bisa langsung dimakan begitu saja dengan nasi hangat atau terlebih dahulu dimasukkan ke dalam bumbu kecap dengan rasa pedas dan manis.

Beberuk Terong

Beberuk Terong adalah salah satu makanan khas yang tidak bisa dipisahkan dari Lombok. Makanan ini lebih mirip dengan sambal dengan bahan baku terong yang masih segar. Terong lalap bulat yang muda diiris tipis lalu dicampur dengan kacang panjang mentah dan sambal khas yang digunakan untuk plecing kangkung. Bahan ini diaduk menjadi satu dan langsung dihidangkan.

Di beberapa daerah ada juga versi lain dari beberuk terong. Mereka menggunakan terong panjang yang dibakar terlebih dahulu. Terong yang sudah matang akan disuwir dan dicampur dengan sambal khas plecing. Rasa dari beberuk terong biasanya pedas manis san cocok untuk teman makan nasi.

Kelaq Kelor

Kelor adalah salah satu tanaman yang memiliki nutrisi melimpah. Tumbuhan berkayu dengan daun hijau melimpah ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat Lombok untuk memasak makanan yang mirip sekali dengan sayur bening. Rasanya sangat segar apalagi kalau dimakan saat siang hari dan dipadu dengan sambal khas Lombok yang sangat pedas.

Makanan ini biasanya disantap dengan nasi hangat. Sebagai lauknya Anda bisa memilih sendiri sesuai dengan selera. Yang paling sering digunakan sebagai teman makanan adalah protein goreng seperti ayam atau tempe. Selebihnya Anda bisa makan sayur segar ini dengan apa pun entah itu beberuk terong atau ayam taliwang bakar.

Nasi Kotaraja

Nasi Kotaraja sebenarnya merupakan makanan tradisional dari Kotaraja yang sangat sederhana. Mengapa dibilang sederhana? Karena nasi hangat hanya disajikan dengan satu lauk dan sambal. Lauk yang digunakan berupa daging sapi yang diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan rasa khas dengan teksturnya yang unik. Daging diolah dengan bumbu khusus, dijemur, lalu digoreng hingga matang.

Sementara itu untuk sambalnya menggunakan cabai yang masih hijau. Rasa sambalnya pedas dan agak sedikit pahit dan visa menyatu dengan nasi dan lauk ikannya. Kalau Anda ingin mendapatkan makanan ini datanglah ke kawasan Kotaraja. Pasalnya di daerah lain belum tentu ada dan kurang autentik.

Ikan Bakar Pantai Nipah

Lombok memiliki banyak sekali kawasan pesisir seperti kawasan Pantai Nipah. Kawasan pesisir biasanya memiliki makanan khas seperti olahan ikan yang dimasak dalam keadaan segar. Ikan ini akan dibakar dan diberi bumbu khusus seperti cabai merah dan rempah lain yang bisa merasuk ke dalam dan membuat ikan bakar terasa lebih nikmat.

Di Kawasan Pantai Nipah, Anda bisa mendapatkan ikan bakar dengan olahan sederhana, tapi rasanya sangat nikmat. Ikan bakar ini biasanya akan disajikan lagi dengan plecing kangkung lengkap dengan sambal pedasnya dan beberuk untuk memberikan rasa segar. Datanglah ke Pantai Nipah kalau ingin menikmati hidangan laut khas Lombok sambil menikmati keindahan laut.

Tempat Hangout Anak Muda di Lombok

La Chill Bar

La Chill Bar adalah salah satu tempat hangout paling ramai di kawasan Lombok khususnya di deretan Pantai Senggigi. Konsep dari tempat bersantai ini adalah menyatu dengan pantai dan lautan. Sebagian besar badan bar berada di pasir pantai dengan tempat duduk yang sangat nyaman dan warna-warni.

Sekilas tempat nongkrong ini mirip sekali dengan beach club yang cocok untuk berpesta. Lebih lanjut, kawasan ini juga menawarkan keindahan dari senja di sore hari yang sangat memikat. Kalau Anda ingin menikmati keindahan alam sekaligus bersenang-senang datanglah ke Jalan Raya Senggigi, Batu Bolong KM8, Senggigi, Batu Layar, Lombok Barat.

Maktal Coffee Bar

Maktal Coffee Bar adalah surganya para penggila kopi. Di tempat ini Anda bisa mendapatkan aneka olahan kopi lokal dari berbagai daerah di Indonesia. Selanjutnya olahan kopi mancanegara juga disajikan di bangunan yang memiliki konsep modern dan minimalis ini. Selai kopi ada menu kudapan manis lain untuk menikmati pahitnya kopi yang khas.

Kafe ini berada di Jalan Maktal no 3 Cakranegara, Mataram, Lombok. Di sekitar kafe ini terdapat banyak sekali hotel dan pusat perbelanjaan. Kalau Anda ingin hangout seru di Mataram, ada baiknya untuk mencari akomodasi di sekitar kafe ini. Maktal Coffee Bar buka sejak pagi hari pukul 09.00 hingga 14 jam ke depan.

Rinjani Lodge

Sebagian besar kafe atau bar untuk tempat nongkrong di Lombok selalu menawarkan keindahan pantai seperti halnya dengan Bali. Namun, di Rinjani Lodge, Anda akan mendapatkan pemandangan yang berbeda. Gunung Rinjani yang menjadi puncak tertinggi di pulau akan menjadi panorama yang ditawarkan selain hidangan yang sangat nikmat.

Kafe ini menyediakan makanan tradisional dan modern yang dimasak dengan kualitas tinggi. Karena berlokasi di kawasan eksklusif, tentu harga makannya cukup tinggi. Kalau Anda ingin menikmati kemolekan Rinjani dan makan dengan sempurna, sesekali tidak masalah datang ke sini.

Rock Gilis Coffee

Rock Gilis Coffee menawarkan makanan tempat hangout seru dengan suasana minimalis dan memiliki sentuhan modern di berbagai sisi. Kafe ini buka sejak pukul 09.00 dan tutup saat tengah malam. Lokasinya juga cukup strategis karena berada di Jalan Langko, Dasan Agung Baru, Selaparang, Kota Mataram.

Di tempat nongkrong ini Anda bisa memesan aneka jenis kopi yang sangat nikmat dan orisinal. Selanjutnya untuk masalah hidangan terdapat banyak sekali olahan pizza dan juga pasta. Selanjutnya ada berbagai jenis kue dan pastry yang rasanya sangat nikmat. Harga makanan di sini cukup terjangkau di bawah Rp50.000 semuanya.

Verve Beach Club

Terletak di Jl. Raya Senggigi, Senggigi, Batu Layar, Lombok Barat, Verve Beach Club menyajikan banyak sekali pengalaman nongkrong seru di pinggir lautan. Di tempat ini Anda bisa mendapatkan aneka makanan laut yang masih segar dan diolah langsung begitu ada pesanan. Selain itu, aneka kudapan manis dan minuman juga ditawarkan dengan harga yang bervariasi.

Di kelab pantai ini Anda juga bisa duduk santai di pinggiran restoran untuk menikmati ombak. Datanglah saat akan senja untuk menikmati keindahan dari pantai sembari minum kopi atau menyantap hidangan laut. Verve Beach Club buka sejak pukul 10.00 hingga 22.00.

Restoran Terkenal di Lombok

Roemah Langko

Kalau Anda ingin menyantap makanan nikmat khas Lombok tanpa harus datang ke berbagai tempat Roemah Langko adalah pilihan terbaik. Restoran dengan konsep vintage ini menyajikan menu makanan tradisional yang lengkap dan diolah secara modern. Lokasi dari Roemah Langko berada di Jl. Langko No.68, Pejeruk, Ampenan, Kota Mataram.

Restoran Dua EM

Restoran yang berada di Jl. Transmigrasi No. 99, Karang, Taliwang, Mataram ini menawarkan makanan khas Taliwang yang memikat. Ada olahan ayam dan ikan khas Taliwang hingga sate sum-sum dan beberuk yang memiliki rasa segar. Datanglah ke restoran ini sepagi mungkin agar tidak antre saat membeli makanan.

Ashtari Lounge and Kitchen

Restoran ini berada di atas bukit dengan pemandangan Pantai Kuta dari kejauhan. Anda bisa makan di luar atau di beranda sambil menikmati kawasan lembah yang sangat memikat. Makanan yang disajikan di sini berjenis modern dan tradisional khas Lombok. Restoran ini terletak di Desa Prabu Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Restoran Tanjung Karang

Rumah makan ini sama dengan rumah makan tradisional Lombok lainnya. Namun, yang paling terkenal dari rumah makan ini adalah plecing kangkung dengan sambalnya yang khas. Selain itu semua makanan di sini diolah secara tradisional sehingga rasanya mirip makanan rumahan.

Ikan Bakar Madu Suranadi

Kedai yang berada di Jalan Hutan Wisata No. 7, Suranadi, Mataram ini menawarkan kuliner unik yaitu ikan bakar dengan bumbu khusus. Ikan yang digunakan tidak terlalu besar sehingga sekali makan Anda butuh dua porsi. Ikan bakar terlaris di restoran ini menggunakan madu sehingga rasanya manis dan pedas.

Oleh-Oleh Khas Lombok

Mutiara Sekarbela

Lombok juga dikenal sebagai pusat perhiasan mutiara. Kalau Anda ingin berburu mutiara yang indah ada baiknya untuk datang ke kawasan Sekarbela. Di kawasan ini banyak sekali penjual dan pengrajin mutiara yang bahan dasarnya berasal dari peternakan mutiara yang dilakukan sendiri oleh petani lokal.

Jenis mutiara yang dijual di tempat ini ada dua. Pertama mutiara air asin atau laut dan kedua air tawar. Secara harga, mutiara air asin lebih mahal ketimbang mutiara air tawar. Selain itu bentuknya juga sedikit berbeda. Mutiara air tawar lebih lonjong dan air laut lebih bulat.

Warna dari mutiara tidak hanya putih saja. Ada berbagai jenis warna mutiara lain seperti kekuningan, oranye, agak kemerahan, dan sebagainya. Warna ini berasal dari bibit mutiara yang dimasukkan oleh petani sebelum dipanen dan dijadikan kalung atau dijual butiran.

Gasing Lombok

Kalau Anda ingin oleh-oleh yang agak unik dan sedikit mahal bisa membeli gasing Lombok. Mainan ini biasanya memiliki ukuran besar atau kecil. Selanjutnya bahan baku yang digunakan adalah kayu asam dan diberi besi pada bagian pinggiran atau bagian bawah yang digunakan untuk memutar.

Gasing adalah mainan khas masyarakat Lombok yang saat ini sudah mulai jarang dibuat dan dimainkan. Kalau Anda membeli mainan ini artinya ikut melestarikan juga mainan khas Lombok. Oh ya, gasing ini bisa dibeli di toko oleh-oleh atau beberapa desa khusus yang masih membuatnya.

Anyaman Ketak

Anyaman ketak terbuat dari tanaman ketak yang telah dikeringkan dan diberi warna sesuai dengan keinginan. Ketak diubah menjadi anyaman seperti tas, nampan, dan hiasan lainnya. Anda bisa membelinya sesuai dengan selera. Semakin besar dan rumit jenis anyaman yang digunakan, harganya juga akan mahal.

Anyaman ketak banyak terdapat di Desa Beleka. Di tempat ini banyak sekali pengrajin ketak yang mengerjakan barang kerajinannya di rumah. Selanjutnya, barang yang sudah jadi akan dipajang di showroom atau langsung digantung di depan rumah. Kalau ada wisatawan yang sedang datang, mereka bisa segera menjualnya.

Telur Asin Bakar

Telur asin adalah telur bebek yang diasinkan dengan garam hingga rasanya berubah lebih gurih dan keasinan. Telur asin yang sudah jadi biasanya direbus lalu segera dijual. Di beberapa daerah ada juga yang digunakan sebagai bahan makanan khusus karena memiliki cita rasa yang sangat khas.

Telur asin yang ada di Lombok sedikit berbeda dengan telur yang biasanya direbus. Di sini telur asinnya dibakar hingga matang. Dengan metode memasak yang unik ini cita rasa yang khas bisa didapatkan dengan mudah. Telur bakar bisa Anda dapatkan dengan mudah di Jalan Saleh Sungkar Ruko Graha Kebon Talo Bintaro, Ampenan, Kota Mataram, Lombok dengan harga Rp5.000 per buah.

Dodol Rumput Laut

Beberapa daerah di Indonesia memiliki variasi makanan berupa dodol yang sangat khas. Umumnya dodol terbuat dari tepung ketan untuk menghasilkan sensasi kenyang dan mudah dibungkus. Di Lombok bahan yang digunakan sedikit berbeda yaitu rumput laut yang banyak dihasilkan oleh masyarakat di kawasan pesisir.

Dodol dari rumput laut memiliki beberapa kekhasan. Yang paling terlihat nyata adalah teksturnya yang sangat kenyal dan mirip dengan permen jeli. Selanjutnya, dodol juga tidak keruh dan cenderung bening sehingga terlihat cantik rasanya juga mengikuti rasa yang diberikan seperti buah-buahan atau susu dan cokelat.

Tenun dan Songket Sukarara

Sukarara adalah kawasan yang terletak di Kecamatan Jongot, Kabupaten Lombok Tengah yang memiliki penduduk sebagian besar adalah pengrajin. Di tempat ini tenun dan songket khas Lombok dikerjakan secara manual dan dijual langsung kepada wisatawan yang datang untuk berkunjung dan menyaksikan langsung bagaimana proses pembuatan.

Motif yang digunakan dalam kain tenun ini adalah motif khas Lombok yang sudah ada sejak ratusan tahun silam. Kalau Anda ingin membeli salah satu kain yang ada di sini siapkan uang minimal ratusan ribu hingga jutaan rumah. Harga kain memang terbilang mahal lantaran dibuat secara manual dan membutuhkan banyak sekali waktu untuk menyelesaikannya.

Minyak Gosok Sumbawa

Minyak gosok sumbawa adalah salah satu minyak tradisional yang banyak sekali dibuat oleh masyarakat Lombok atau pendatang. Minyak ini biasanya digunakan untuk mengobati nyeri otot, keseleo, dan masalah lain agar cepat sembuh dan tidak memerlukan penanganan dari dokter.

Ada satu yang khas dari minyak tradisional ini. Pertama, minyak dibuat hanya pada bulan Muharram saja. Selanjutnya saat akan membelinya wanita tidak diperkenankan untuk membawanya. Harga dari minyak ini sekitar Rp 20.000 per botol.

Susu Kuda Liar

Susu kuda liar adalah salah satu oleh-oleh dari Lombok yang khas dan banyak sekali dicari oleh wisatawan. Susu ini diambil dari kuda yang dibiarkan bebas makan di padang sabana. Selanjutnya setiap sehari sekali susu akan diperah dan diolah menjadi produk siap minum.

Biasanya susu akan dimasukkan ke dalam kemasan botol dan bisa dibawa ke mana saja. Satu botol susu kuda liar dihargai sekitar Rp85 ribu atau bisa lebih bergantung dengan musimnya.

Terasi Lombok

Hampir setiap kawasan pesisir memproduksi kuliner khusus dalam bentuk terasi. Kuliner ini terbuat dari udang dan sisa ikan lain agar menjadi semacam pasta padat yang bisa digunakan untuk memasak berbagai jenis masakan tradisional.

Terasi Lombok memiliki beberapa kekhasan rasa sehingga kedap dijadikan oleh-oleh. Kalau Anda ingin membeku oleh-oleh khas Lombok ini disarankan untuk datang ke pasar tradisional.

Nutsafir Cookies

Lombok terus mengikuti zaman dengan menghadirkan makanan-makanan yang tidak hanya nikmat, tapi juga modern. Makanan yang dikemas menjadi kuliner yang modern itu adalah sejenisnya kue dengan bahan baku biji-bijian yang sangat khas Lombok.

Makanan ini diolah secara modern dan dikemas cukup menarik. Akibatnya, banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk membelinya sebagai oleh-oleh. Harga satu kotak kue kering ini mulai Rp17.500. Sebuah harga yang cukup murah untuk produk yang berkualitas.

Daftar Mall di Lombok

Lombok Epicentrum Mall

Lombok Epicentrum Mall atau LEM adalah salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Sriwijaya No.333, Punia, Kec. Mataram, Kota Mataram. Mall ini memiliki banyak sekali toko dan pusat retail yang dibutuhkan masyarakat. Selain itu bioskop juga menjadi daya tarik sehingga mall ini selalu dikunjungi anak mudah. LEM beroperasi pada pukul 10.00-22.00

Mataram Mall

Berbeda dengan pusat perbelanjaan lain yang ada di Mataram, Mataram Mall buka jauh lebih pagi atau tepatnya Pukul 08.00. Mal dengan tiga lantai ini menawarkan aneka tenant bermerek mulai dari makanan cepat saji hingga produk retail lainnya. Pusat perbelanjaan yang dibuka pada tahun 2005 silam ini berada di Jalan Pejanggik, Cilinaya, Cakranegara, Kota Mataram.

Transmart Mataram Lombok

Transmart adalah pusat perbelanjaan yang menghadirkan pengalaman berbelanja dan hiburan. Selain berbelanja produk retail, nonton ke bioskop, pengunjung juga bisa mengajak anaknya ke taman bermain mini. Lokasi dari Transmart Mataram Lombok di Jalan Selaparang No.60, Mayura, Cakranegara, Kota Mataram.

Lombok City Center

Lombok City Center adalah kawasan superblok pertama di NTB. Tidak mengherankan kalau kawasan ini dikunjungi oleh berbagai masyarakat dari semua kawasan pulau. Lombok City Center atau LLC berada di Jalan Ahmad Yani, Dasan Tereng, Narmada, Lombok Barat.

Tempat Jajanan Murah di Lombok

Kawasan Pantai Ampenan

Ada beberapa yang khas dari kawasan Pantai Ampenan di Lombok. Pertama adalah jajaran warung yang digunakan untuk menjual aneka jenis seafood yang masih sangat sehat dan nikmat. Anda bisa jajan aneka seafood murah yang bisa dimakan sambil.menikmati suasana pantai yang memikat.

Selain menikmati makanan laut segar yang dimasak langsung ketika dipesan, Anda juga bisa dinikmati camilan khas Lombok yang dijual juga oleh warga sekitar seperti aneka kue seperti kue clorot hingga kue bantal.

Pasar Cakranegara

Pasar yang terletak di kawasan Cakranegara ini memiliki beberapa hal menarik yang membuat wisatawan harus menjelajahinya. Pertama adalah deretan penjualan oleh-oleh yang menawarkan barang dagangannya. Anda bisa membeli aneka oleh-oleh menarik seperti anyaman hingga gerabah.

Di beberapa sudut pasar terdapat juga kawasan kuliner tradisional yang menawarkan berbagai makanan khas seperti camilan dan juga makanan murah seperti plecing kangkung dan ikan taliwang dalam wadah kecil. Kalau Anda ingin menikmati jajanan murah di sini, datanglah lebih pagi agar semua makanan yang dijual masih komplet.

Kawasan Jalan Cakranegara

Saat malam hari, kawasan Jalan Cakranegara akan dipenuhi oleh penjual makanan yang menawarkan berbagai olahan makanan laut, sate, hingga kudapan manis khas Lombok. Kalau Anda ingin menikmati kuliner malam yang murah dan jenisnya ada banyak, disarankan untuk datang ke kawasan ini lalu berjalan kaki untuk menikmati semua street food yang ada.

Salah satu rekomendasi makan makanan di Kawasan Jalan Cakranegara adalah Seafood 88. Kedai dalam bentuk tenda ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati makanan laut segar dengan harga cukup terjangkau sembari menikmati keindahan alam Lombok yang tenang di malam hari.

Kawasan Taliwang

Setiap malam, kawasan jalan utama dadi Taliwang, Lombok menawarkan aneka street food yang sangat beragam. Dari berbagai jenis jajanan yang ada di Taliwang, Ayam Bakar mungkin yang terkenal. Ada banyak sekali kedai yang menawarkan ayam bakar nikmat dengan harga bersahabat.

Di kawasan itu Anda juga bisa berburu kudapan manis seperti lupis atau makanan untuk menemani Anda saat minum kopi. Makanan ini bernama tikel dan terbuat dari ketan dan parutan kelapa lalu dibungkus seperti ketupat.

Event Tahunan dan Tradisi di Lombok

Tour de Lombok Mandalika

Setiap tahun perhelatan lomba sepeda nasional dan internasional diadakan di Lombok khususnya di kawasan KEK Mandalika. Perhelatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya olahraga sepeda dan mencari bibit unggul.

Karena lomba olahraga ini diikuti oleh masyarakat dunia, pemerintah juga bisa mengenalkan budaya dan tradisi Lombok kepada dunia. Festival ini biasanya dilakukan pada bulan April setiap tahunnya.

Festival Bau Nyale Mandalika

Festival yang dipusatkan pada jajaran Pantai Kuta di kawasan Mandalika ini dilakukan setiap setahun sekali. Masyarakat setempat meyakini kalau Bau Nyale diadakan, keberkahan akan didapatkan oleh masyarakat.

Bau Nyale dilakukan oleh ratusan hingga ribuan orang yang datang langsung ke laut. Mereka akan menangkap nyale atau cacing wawo yang dipercaya merupakan perwujudan dari Putri Mandalika yang dalam legenda rela mengorbankan dirinya untuk masyarakat agar tidak terkena balak.

Bulan Pesona Lombok Sumbawa

Festival ini biasanya dilakukan pada pertengahan Agustus dan September. Pada bulan ini, pemerintah NTB akan mempromosikan keragaman budayanya ke seluruh dunia. Aneka jenis pameran hingga festival diadakan selama satu bulan penuh di berbagai daerah untuk banyak menyedot wisatawan.

Kalau Anda ingin menikmati aneka pameran wisata, budaya, kerajinan, hingga kuliner dalam satu tempat, sempatkan datang saat Bulan Pesona Lombok Sumbawa diadakan.

Rinjani 100

Kalau lomba lari biasanya diadakan di jalanan raya atau lintasan yang ada di lapangan, pada Rinjani 100 tidak demikian. Jalur larinya ada di kawasan Gunung Rinjani yang dikenal memiliki medan cukup berbahaya, terjal, tapi pemandangannya sangat indah dan memikat.

Lomba lari yang diadakan di Gunung Rinjani diadakan sekitar bulan Mei. Pesertanya tidak hanya dari Indonesia saja, tapi juga berbagai negara di seluruh dunia. Total ada 18 negara yang ikut serta dalam perhelatan yang sangat menarik ini.

Pesona Desa Wisata

Setiap tahun khususnya pada bulan November akan ada festival bernama Desa Pesona. Festival ini diadakan untuk memperkenalkan desa wisata di Lombok yang cocok untuk kunjungan wisata turis lokal dan juga mancanegara.

Acara ini dilakukan untuk melakukan inkubasi desa-desa yang mau menawarkan pengalaman menarik pada wisatawan. Kalau desa bisa melakukannya, pemerintah akan ikut membantu dalam mengembangkan potensinya agar dilirik banyak wisatawan.

Hotel di Lombok

Saat berkunjung ke kota Lombok sayang sekali bila pulang kembali ke kota asal di hari itu juga. Apalagi jika anda berasal dari kota yang jauh dari Lombok, karena banyak tempat wisata di Lombok yang bisa anda kunjungi selama berada di kota ini. Berkunjung ke Lombok yang jauh dari rumah tentu tidak cukup untuk sebentar, pastinya Anda butuh dua hingga beberapa hari kedepan menikmati sajian keindahan kota Lombok.

Selama berada di Lombok, Anda butuh hotel atau penginapan untuk menginap menghabiskan malam. Untuk itu Anda tak perlu takut tidak menemukan hotel, penginapan atau rumah singgah (guest house) ketika berkunjung ke Lombok ini.Anda tak perlu bingung karena ada banyak penginapan atau hotel murah di Lombok yang menawarkan harga menarik.

Perlu diketahui bahwa kategori hotel murah juga memiliki kelas - kelas tersendiri seperti di Airy Lombok. Hotel murah memang sangat cocok untuk anda yang bertipe budget traveler. Namun bukan berarti tidak bisa digunakan anda dan keluarga. Hotel murah di Lombok memiliki fasilitas yang lengkap dan membuat tidur anda nyaman seperti menginap di hotel berbintang tinggi sekalipun. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari 100 ribuan dan Anda akan menemukan banyak di Lombok. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis hotel di Lombok yang ada di Airy yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap saat sedang berkunjung ke kota Lombok, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena jenis hotel di Lombok ini memberikan harga yang sangat terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, anda tak perlu ragu, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel di lombok ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman. Fasilitas tersebut seperti wifi gratis, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, tv dan air conditioner (AC). Tentu hotel jenis ini cocok untuk para Backpacker dengan budget terbatas yang hanya butuh tempat untuk tidur. Harga untuk hotel eco di Lombok mulai dari 100 ribuan anda dapat temukan dengan mudah.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang cukup, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel murah di Lombok dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel murah ini. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco. Fasilitas tambahan dapat berupa air panas untuk mandi hingga sarapan pagi gratis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata untuk lebih lama di hotel atau staycation saat berkunjung ke kota Lombok. Selain itu, hotel di lombok kelas standard ini juga sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis bertemu klien di Lombok. Anda dapat menikmati malam sambil menyiapkan presentasi atau menyelesaikan pekerjaan saat disaat harus keluar kota di dalam hotel.

Kelas Premier

Kelas yang terakhir adalah kelas Premier atau kelas yang paling high class di Airy Lombok. Ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier ini menawarkan hotel murah yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini. Cocok sekali untuk yang sedang honeymoon dan lebih banyak berdiam di hotel. Kelas hotel murah ini banyak ditemukan di Kota besar seperti Lombok.

Tips Memilih Hotel di Lombok

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Lombok, tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Bagi Anda yang mencari hotel murah di Lombok, maka anda akan menemukan banyak tawaran. Penting untuk anda mengetahui tips-tips agar terhindar dari hotel murahan. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Harga Per Malam

Budget menjadi faktor penting bagi beberapa wisatawan untuk memilih hotel, karena harganya yang cukup menguras dompet. Itulah yang menjadi kebanyakan wisatawan mencari hotel atau penginapan murah ketika berkunjung ke Lombok. Tak jarang pula wisatawan yang terjebak dengan harga yang ditawarkan hotel - hotel disana yang sangat murah dengan penipuan fasilitas. Oleh karena itu penting untuk Anda memerhatikan harga yang ditawarkan hotel murah di Lombok.

Pastikan harga hotel murah yang ingin Anda booking berada pada standar OTA. Hotel murah yang disediakan Airy tentu lebih murah dibanding penyedia hotel lainnya di Lombok. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, Anda dapat membuktikannya. Selain itu, jangan memaksakan untuk memilih hotel yang melebihi budget yang anda punya. Karena harga murah pun Anda dapat menikmati kenyamanan yang dijamin oleh Airy Lombok.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya Anda harus perhatikan lokasi hotel murah yang Anda pilih di Lombok. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Lombok. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Lombok seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian.

Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Lombok atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Lombok.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel murah di Lombok, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel Lombok. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Lombok anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel murah di Lombok akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian untuk booking hotel Lombok secara online juga lebih banyak yang menyediakan. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan OTA lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Lombok.

Rekomendasi Hotel Murah di Lombok

Jika anda sudah punya rencana mengunjungi Lombok maka anda dapat booking hotel di Lombok secepatnya agar tak menjadi beban pikiran. Anda akan menemukan hotel murah di Lombok. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Lombok.

Airy Mataram Harimau 26 Lombok

Airy Mataram Harimau 26 Lombok berada Jl. Harimau, Pejanggik, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas menarik dengan harga yang cukup terjangkau. Anda bisa memilih ruangan dengan jenis Airy Rooms Superior Double, Airy Rooms Superior Twin, dan ruangan dengan jenis sama, tapi ditambah sarapan.

Semua kamar yang ada di dalam ruangan hotel ini sudah memiliki jaminan kenyamanan dengan tujuh fasilitas utama termasuk di dalamnya AC. Selain itu, tamu yang menginap di sini juga bisa mendapatkan fasilitas lain seperti ruang rapat dan juga restoran.

Hotel ini dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Taman Mayura dan juga pusat perbelanjaan Mataram Mall. Akses ke dua tempat itu sekitar 10 menit menggunakan kendaraan. Selanjutnya kiri dan kanan dari hotel juga merupakan kawasan kuliner dan kafe. Jarak hotel dengan Bandara sekitar 45-60 menit perjalanan

Airy Batu Layar Raya Senggigi KM 8 Lombok

Hotel yang terletak di Jalan Raya Senggigi KM 8 ini menawarkan fasilitas yang hampir sama dengan hotel dalam jaringan Airy lainnya. Jaminan kenyamanan berupa fasilitas standar diberikan. Jenis kamar di hotel ini terbagi menjadi dua pertama jenis Standard Double dan kedua Standard Twin.

Menginap di hotel ini bisa dilakukan dengan memesan dulu melalui aplikasi Airy. Selanjutnya pembayaran bisa dilakukan secara transfer baik transfer antar bank atau dengan menggunakan kartu kredit.

Selain mudah dan fasilitasnya lengkap, hotel ini juga dekat dengan Gili Trawangan dan Pantai Sekotong. Untuk akses ke sini bisa dilakukan dari Bandara Selaparang atau Bandara Internasional Praya yang berjarak sejam perjalanan.

Airy Mataram Cakranegara Subak Empat 6

Berada di pusat kota, hotel ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. Selain jaminan kenyamanan berupa fasilitas kamar yang lengkap, tamu juga akan mendapatkan beberapa fasilitas tambahan seperti restoran, lift, layanan kamar, hingga fasilitas rapat kalau mereka ingin membuat pertemuan di hotel.

Akomodasi mudah dengan fasilitas lengkap ini berada di Jalan Subak IV No. 6, Sapta Marga, Cakranegara, Mataram. Dari hotel, akses transportasi terdekat adalah Bandara Selaparang dengan jarak 4,9 km atau Bandara Praya dengan jarak 25 km.

Airy Lombok Tengah Raya Pantai Kuta

Terletak di Jalan Raya Pantai Kuta, Lombok, hotel ini memiliki akses yang cukup dekat dengan beberapa jenis pantai. Yang paling dekat adalah Pantai Kuta yang jaraknya hanya 15 menit jalan kaki atau 5 menit menggunakan kendaraan seperti motor.

Fasilitas kamar yang ada di dalam hotel ini cukup lengkap. Karena dekat dengan pantai tentu AC menjadi salah satu pilihan terbaik selain air yang melimpah. Selain itu, hotel juga memiliki kolam renang yang cukup lebar dan bisa digunakan oleh wisatawan yang ingin menikmati relaksasi.

Kalau Anda bosan di hotel dan ingin melakukan penjelajahan silakan kunjungi beberapa jenis pantai di sekitar hotel. Ada pantai dengan pasir berwarna pink, Pantai Seger, dan Pantai Beloam.

Airy Mataram Kulintang Satu 3 Lombok

Hotel murah di Lombok terakhir yang sangat direkomendasikan untuk tempat menginap berada di Jalan Kulintang I No. 3, Mataram Timur, Kota Mataram. Di hotel ini Anda bisa mendapatkan fasilitas lengkap termasuk di dalamnya ada AC, televisi, kasur yang nyaman, air minum, perlengkapan mandi, air hangat, dan akses internet nirkabel.

Hotel ini juga dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Pantai Sekotong dan Taman Mayura. Selanjutnya untuk kuliner di sekitar hotel ada banyak restoran yang menyajikan makanan khas Lombok seperti ayam taliwang.

Itulah rekomendasi hotel murah di Lombok yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Lombok ini. Tentunya hotel-hotel murah Lombok bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Lombok ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.

Hotel di Wilayah Nusa Tenggara Barat