Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
December 2018
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

23 Hotel Di Lombok

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 294,800
Sisa 2 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 177,600

Airy Indonesia
 
Full Book
Kamar penuh

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 2 halaman
Selanjutnya
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Hotel di Lombok

Saat berkunjung ke kota Lombok sayang sekali bila pulang kembali ke kota asal di hari itu juga. Apalagi jika anda berasal dari kota yang jauh dari Lombok, karena banyak tempat wisata di Lombok yang bisa anda kunjungi selama berada di kota ini. Berkunjung ke Lombok yang jauh dari rumah tentu tidak cukup untuk sebentar, pastinya Anda butuh dua hingga beberapa hari kedepan menikmati sajian keindahan kota Lombok.

Selama berada di Lombok, Anda butuh hotel atau penginapan untuk menginap menghabiskan malam. Untuk itu Anda tak perlu takut tidak menemukan hotel, penginapan atau rumah singgah (guest house) ketika berkunjung ke Lombok ini.Anda tak perlu bingung karena ada banyak penginapan atau hotel murah di Lombok yang menawarkan harga menarik.

Perlu diketahui bahwa kategori hotel murah juga memiliki kelas - kelas tersendiri seperti di Airy Lombok. Hotel murah memang sangat cocok untuk anda yang bertipe budget traveler. Namun bukan berarti tidak bisa digunakan anda dan keluarga. Hotel murah di Lombok memiliki fasilitas yang lengkap dan membuat tidur anda nyaman seperti menginap di hotel berbintang tinggi sekalipun. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari 100 ribuan dan Anda akan menemukan banyak di Lombok. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis hotel di Lombok yang ada di Airy yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap saat sedang berkunjung ke kota Lombok, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena jenis hotel di Lombok ini memberikan harga yang sangat terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, anda tak perlu ragu, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel di lombok ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman. Fasilitas tersebut seperti wifi gratis, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, tv dan air conditioner (AC). Tentu hotel jenis ini cocok untuk para Backpacker dengan budget terbatas yang hanya butuh tempat untuk tidur. Harga untuk hotel eco di Lombok mulai dari 100 ribuan anda dapat temukan dengan mudah.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang cukup, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel murah di Lombok dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel murah ini. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco. Fasilitas tambahan dapat berupa air panas untuk mandi hingga sarapan pagi gratis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata untuk lebih lama di hotel atau staycation saat berkunjung ke kota Lombok. Selain itu, hotel di lombok kelas standard ini juga sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis bertemu klien di Lombok. Anda dapat menikmati malam sambil menyiapkan presentasi atau menyelesaikan pekerjaan saat disaat harus keluar kota di dalam hotel.

Kelas Premier

Kelas yang terakhir adalah kelas Premier atau kelas yang paling high class di Airy Lombok. Ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier ini menawarkan hotel murah yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini. Cocok sekali untuk yang sedang honeymoon dan lebih banyak berdiam di hotel. Kelas hotel murah ini banyak ditemukan di Kota besar seperti Lombok.

Tips Memilih Hotel di Lombok

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Lombok, tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Bagi Anda yang mencari hotel murah di Lombok, maka anda akan menemukan banyak tawaran. Penting untuk anda mengetahui tips-tips agar terhindar dari hotel murahan. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Harga Per Malam

Budget menjadi faktor penting bagi beberapa wisatawan untuk memilih hotel, karena harganya yang cukup menguras dompet. Itulah yang menjadi kebanyakan wisatawan mencari hotel atau penginapan murah ketika berkunjung ke Lombok. Tak jarang pula wisatawan yang terjebak dengan harga yang ditawarkan hotel - hotel disana yang sangat murah dengan penipuan fasilitas. Oleh karena itu penting untuk Anda memerhatikan harga yang ditawarkan hotel murah di Lombok.

Pastikan harga hotel murah yang ingin Anda booking berada pada standar OTA. Hotel murah yang disediakan Airy tentu lebih murah dibanding penyedia hotel lainnya di Lombok. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, Anda dapat membuktikannya. Selain itu, jangan memaksakan untuk memilih hotel yang melebihi budget yang anda punya. Karena harga murah pun Anda dapat menikmati kenyamanan yang dijamin oleh Airy Lombok.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya Anda harus perhatikan lokasi hotel murah yang Anda pilih di Lombok. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Lombok. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Lombok seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian.

Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Lombok atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Lombok.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel murah di Lombok, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel Lombok. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Lombok anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel murah di Lombok akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian untuk booking hotel Lombok secara online juga lebih banyak yang menyediakan. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan OTA lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Lombok.

Rekomendasi Hotel Murah di Lombok

Jika anda sudah punya rencana mengunjungi Lombok maka anda dapat booking hotel di Lombok secepatnya agar tak menjadi beban pikiran. Anda akan menemukan hotel murah di Lombok. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Lombok.

  • Airy Mataram Cakranegara Bangau 2 Lombok, pilihan untuk anda menikmati kelas Standard kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jalan Bangau No 2 Cakranegara. Di dekat hotel ini terdapat beberapa tempat menarik seperti Mataram Mall, Mayura Temple and Park, Bangsal Harbor, Pantai Sekotong, Pantai Elak Elak. Selain itu, anda juga bisa wisata kuliner di dekat hotel ini. Anda dapat mencoba Melissa Bakery, RM Aroma, Mirasa Bakery, Maktal Coffee Bar, Zetzot. Anda dapat booking hotel ini mulai dari 200 ribuan. Tentunya harga tersebut terjangkau untuk anda dengan fasilitas yang lengkap.

Itulah rekomendasi hotel murah di Lombok yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Lombok ini. Tentunya hotel-hotel murah Lombok bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Lombok ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.

Asal Usul Lombok

Berdasarkan kitab Babad Lombok, pulau ini dulunya termasuk dalam wilayah Kerajan Laeq. Lalu berpindah kekuasaan di beberapa kerajaan, seperti kerajaan Islam, Kerajaan Selaparang kedua, lalu kerajaan Karangasem yang memberikan sentuhan budaya Bali. Pemerintah Hindia Belanda juga sempat berkuasa, yang uniknya, mereka diundang oleh pemberontakan orang Sasak. Jepang masuk pada 1942 dan setelah Indonesia Merdeka, Lombok bergabung dengan Republik Indonesia pada tahun 1950.

Tentang Lombok

Lombok merupakan nama pulau yang terletak di selatan Indonesia dan termasuk bagian dari kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara. Lombok semakin terkenal dengan destinasi wisata yang tidak kalah indah dari pulau tetangga yaitu Bali. Tak sedikit wisatawan mancanegara yang juga berkunjung ke pulau ini menikmati indahnya pulau Lombok. Lombok ini terkenal dengan pantai dengan laut pasir yang indah yang sering dijadikan tempat relaksasi ternyaman. Selain itu, tempat belanja, tempat makan, penginapan, hotel juga jadi sasaran para turis berkunjung ke pulau ini.

Saudara pulau Bali ini dikelilingi beberapa pulau kecil yang sering disebut penduduk setempat dengan nama Gili. Gili diangkat dari bahasa Sasak yang berarti pulau. Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air menjadi Gili yang paling dikenal banyak turis. Bahkan Gili tersebut menjadi wajib dikunjungi ketika berkunjung ke pulau ini. Penduduk disini merupakan pemeluk agama Islam dan suku Sasak. Namun tak jarang anda menemukan banyak candi karena akulturasi budaya Hindu Bali. Selain itu, untuk makanan khas Lombok ini adalah Ayam Taliwang yang wajib dicoba ketika berkunjung ke lombok.

Cara ke Lombok

Melalui Jalur Udara

Menuju Lombok sangat mudah jika anda melewati jalur udara dengan pesawat. Anda akan mendarat di Bandara Internasional Lombok yang berada di Jalan Tanak Awu, kabupaten Lombok Tengah, NTB. Bandara ini baru dibangun yang diproyeksikan untuk mengganti bandara Selaparang Mataram. Bandara ini memiliki arsitektur yang khas mirip rumah adat suku Sasak. Luas bandara ini hingga 550 hektar lebih dan dibangun bangunan-bangunan pendukung seperti SPBU, hotel, restoran dan lain-lain. Bandara Internasional ini juga memiliki terminal penumpang yang terpisah. Terminal internasional yang memiliki luas 21.396 m2 dan terminal domestik yang memiliki luas 8.501 m2. Selain itu, bandara internasional ini juga memiliki 24 check-in counters untuk seluruh maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Lombok.

Walaupun bandara internasional namun bandara ini hanya melayani rute penerbangan domestik dan internasional secara terbatas. Untuk penerbangan domestik menuju Lombok biasanya berasal dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Sedangkan untuk penerbangan internasional biasanya berasal dari Singapura dan Malaysia. Maskapai yang melayani rute penerbangan ke Lombok seperti Garuda Indonesia, AirAsia, Citilink, Lion Air, Silk Air, Wings Air dan TransNusa Air Service. Untuk menuju Lombok dengan jalur udara ada beberapa jalur yang dapat Anda gunakan, yaitu:

Dari Pulau Bali

Karena jaraknya yang dekat, maka tarif untuk perjalanan udara dari Bali tergolong murah, yaitu antara Rp. 200 ribu hingga Rp. 300 ribu. Dan, perjalanan terbang ini hanya membutuhkan waktu 25 menit.

Dari Pulau Jawa

Anda dapat mengambil penerbangan dari beberapa kota besar. Untuk Anda yang berangkat dari Surabaya, Anda dapat menggunakan Wings Air atau Batavia Air. Tarifnya haya Rp. 300 ribuan. Lama perjalanan sekitar 55 hingga 60 menit. Untuk Jakarta, Lion Air, Garuda dan Batavia Air dapat Anda gunakan dengan tarif mulai Rp. 500 ribu dengan lama penerbangan sekitar 2 jam. Semua penerbangan ini akan mendarat dan terhubung di Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) di Tanah Awu, Lombok Tengah. Dari sini, Anda dapat menggunakan berbagai transportasi untuk menuju kota tujuan wisata Anda.

Melalui Jalur Darat

Selain jalur udara, Anda juga dapat mengambil jalur darat. Namun, waktu yang diperlukan untuk cara ini jauh lebih lama, bahkan memakan waktu dua hari. Biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu berbeda, yaitu sekitar Rp. 400 ribuan dengan menggunakan transportasi bus. Anda juga dapat menggunakan mobil pribadi atau rental, dengan biaya yang hampir sama. Untuk transportasi ini, Anda akan menggunakan jalur penyeberangan Padang Bai ke Pelabuhan Lembar di Lombok.

Melalui Jalur Laut

Khusus backpacker atau yang ingin lebih hemat ongkos transport, anda bisa menggunakan jalur laut dengan kapal. Memang anda akan melakukan perjalanan lebih lama, namun anda bisa menikmati pemandangan laut yang indah.

Untuk jalur laut, akan lebih baik berangkat dari pelabuhan di Bali. Dari Pelabuhan Padang Bai atau Tanjung Benoa Bali, Anda akan berangkat dan menuju ke Pelabuhan Lembar di Lombok. Tiket untuk satu kali penyeberangan hanya Rp. 50 ribu per orang. Perjalanan ini membutuhkan waktu 4 jam.

Anda juga dapat menggunakan kapal cepat selain kapal feri. Namun, kapal cepat ini hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Padang Bai maupun Tanjung Benoa. Tarifnya antara Rp. 550 ribu hingga Rp. 650 ribu tergantung tujuan Anda. Anda dapat memilih tidak hanya ke Pulau Lombok, sebagai pulau utama, tetapi juga langsung ke pulau kecil atau Gili yang menjadi tujuan wisata.

Transportasi di Lombok

Ada beberapa alat transportasi yang dapat digunakan untuk menjelajahi Lombok.

Berjalan Kaki

Untuk para backpacker dan petualang, cara ini dapat menjadi cara terbaik. Anda dapat menikmati pemandangan dan tempat-tempat khusus di Lombok, yang tidak dapat ditemukan dengan menggunakan kendaraan.

Bemo

Merupakan angkutan umum yang cukup praktis untuk Anda gunakan. Tarifnya juga sudah ditetapkan, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Ojek

Ojek sangat cocok untuk Anda yang bepergian pada malam hari. Hal ini disebabkan, bemo hanya beroperasi hingga sore hari. Dan, ojek terbilang tersedia selama 24 jam. Untuk tarif, Anda perlu menegosiasikan dengan pengemudinya, untuk mendapatkan harga paling tepat.

Cidomo

Cidomo merupakan singkatan dari Cikar Dokar dan Motor yang dapat ditemukan di berbagai tempat wisata, seperti Gili Trawangan dan lainnya. Tarif transportasi ini sekitar Rp. 50 ribu per orang. Jadi, akan lebih baik, bila Anda menggunakannya, saat Anda membawa banyak barang saat berwisata.

Rental Mobil

Anda juga dapat menyewa mobil. Untuk harga, tergantung merek, waktu serta rental mobil yang Anda gunakan. Namun, biasanya harga sewanya antar Rp. 250 ribu hingga Rp. 300 ribu per hari.

Rental Motor

Anda juga dapat menyewa motor dengan tarif antara Rp. 35 ribu hingga Rp. 50 ribu per hari.

Tempat Wisata di Lombok

Tentu, tujuan Anda berkunjung ke Lombok adalah untuk berwisata. Dan, di Pulau Lombok, terdapat banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi. Berikut beberapa diantaranya.

Hutan Lindung Pusuk atau Pusuk Pass

Obyek wisata ini mirip dengan Puncak di Bogor. Tetapi, di tempat ini Anda dapat menemui dan berinteraksi dengan para monyet jinak dan lucu. Tempat wisata ini termausk dalam kawasan Hutan Pusuk di Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) di kaki Gunung Rinjani bagian barat.

Hutan ini juga terkenal dengan Hutan Monyet Pusuk yang mirip juga dengan Monkey Forest Ubud. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam ditemani ratusan ekor monyet. Suasana yang sejuk akan anda temui di hutan lindung ini karena rerimbunan pohon yang membuat suasana yang damai. Anda juga bisa melihat keindahan laut Lombok Utara langsung dari tempat ini. Lokasi ini dapat anda tempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari Mataram dengan berkendara.

Bukit Merese

Bukit Merese mendapatkan julukan Bukit Cinta karena pemandangannya yang indah, membuatnya cocok untuk Anda dan pasangan Anda menghabiskan waktu. Terletak di area Pantai Tanjung Aan, bukit ini mempunyai pemandangan indah berwarna hijau dari bukit dan biru laut. Pemandangan matahari terbenam di tempat ini sangat indah.

Pantai Pink

Sebenarnya, pantai ini bernama Pantai Tangsi. Tetapi, karena pasir di pantai ini berwarna kemerah-merahan atau mendekati pink, maka sebutan Pantai Pink muncul. Pantai ini terletak di Desa Sekaroh, Lombok Timur. Ombak di pantai ini cukup tenang, jadi Anda dan keluarga dapat bermain-main tanpa khawatir.

Gili Kapal

Gili Trawangan, Gili Meno atau Gili Air mungkin sudah terkenal sebagai tempat wisata level internasional. Namun, Gili Kapal dapat dikatakan sebagai surga tersembunyi, karena belum diketahui banyak orang, tetapi menyimpan pemandangan yang sangat indah. Yang unik, pulau kecil ini tidak selalu dapat ditemukan, karena hanya muncul saat air laut surut atau pada pagi dan sore hari. Tetapi, saat Anda menemukannya, Anda dapat menyelam dan menikmati pemandangan bawah laut dan terumbu karang yang sangat indah di sekitaranya.

Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Anda dapat mengunjungi air terjun ini dengan melewati jalur Hutan Lindung Pusuk. Perjalanan akan memakan waktu lama dan melelahkan. Tetapi, saat Anda berhasil mencapai tempat ini, maka rasa lelah akan hilang karena keindahan air terjun ini. Tarif masuk untuk wisata ini hanya Rp. 2.000. Anda juga dapat menyewa jasa pemandu agar tidak tersesat dan dapat menikmati tempat ini lebih nyaman.

Air Terjung Sendang Gila ini merupakan destinasi anternatif jika Anda berwisata ke pulau Lombok. Ketinggian tebing air terjun ini mencapai lebih dari 32 meter dan berlokasi di desa Senaru Kecamatan Bayan yang berada 80km dari kota Mataram. Air terjun ini juga merupakan checkpoint sebelum mendaki ke puncak Rinjani. Kalau Anda ingin mendaki gunung Rinjani, sempatkanlah berkunjung ke Air Terjun ini. Terdapat dua bagian, bagian atas yang menjadi satu jalur air dan bagian bawah yang memiliki beberapa sumber air.

Pantai Senggigi

Pantai ini merupakan pantai yang sangat terkenal sampai ke turis mancanegara. Pantai Senggigi telah menjadi ikon pulau Lombok yang menjadi destinasi wajib ketika berwisata ke Pulau Lombok ini. Pantai Senggigi terletak disebelah timur pulau Lombok. Anda dapat menempuh perjalanan selama 30menit berkendara dari kota Mataram. Untuk menuju ke tempat ini anda dapat menyewa kendaraan di Mataram atau dapat pula menggunakan kendaraan umum. Sepanjang perjalanan menuju pantai tersebut, anda akan menemukan banyak toko yang menjual makanan oleh-oleh, cemilan hingga buku panduan.

Pantai Kuta Lombok

Kalau dilihat dari namanya, Kuta itu merupakan pantai di Bali. Namun jangan salah di Lombok juga ada pantai yang bernama Kuta. Nama Kuta diambil dari nama desa tempat pantai tersebut berada. Anda dapat menuju ke pantai Kuta Lombok dengan jarak sekitar 56km dari kota Mataram. Pantai Kuta ini punya pemandangan yang indah dengan pasir putih yang bersih. Anda dapat bermain bersama keluarga disini. Selain itu pantai ini juga merupakan spot terbaik untuk para peselancar karena ombaknya yang bagus untuk berselancar. Selain itu, anda dapat berkuda, snorkeling dan diving.

Pantai Seger

Pantai ini terletak tidak jauh dari Pantai Kuta Lombok. Hanya berjarak 2km sebelah timur pantai Kuta Lombok. Di pantai ini anda dapat menemukan pasar putih yang tak kalah menawan dari Pantai Kuta Lombok. Selain itu anda juga dapat snorkeling melihat pemandangan bawah laut yang indah. Pantai ini terkenal dengan tempat untuk ritual "Bau Nyale". Ritual tersebut adalah ritual tahunan masyarakat Lombok berupa aktivitas berburu cacing laut atau "Nyale". Biasanya berburu Nyale ini dilakukan pada bulan Februari - Maret yang muncul di sekitar pantai.

Pantai Selong Belanak

Pantai lainnya di Lombok adalah Pantai Selong Belanak yang bisa anda masukan ke daftar destinasi wisata ketika berkunjung ke Lombok. Pantai ini terletak di Lombok Tengah yang bisa anda akses kurang lebih 2 jam dari pusat kota. Terdapat tiket masuk yang harus anda bayar ketika masuk ke area pantai ini yaitu sebesar Rp 2.000. Sedangkan untuk biaya parkir berbeda dengan tiket masuk tersebut, yaitu sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Pantai Tanjung Aan

Kalau anda mencari tempat yang tenang, maka mengunjungi Pantai inilah anda dapat menemukannya. Pantai Tanjung Aan termasuk pantai yang masih sepi pengunjung dan belum ada fasilitas umum. Karena sepinya pantai ini, wisatawan mulai banyak yang mengunjungi pantai ini hanya sekedar untuk berjemur, surfing dan melihat pemandangan bukit-bukit yang berada di sekeliling pantai. Jika anda penasaran dengan pantai ini, anda dapat menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari Mataram.

Tanjung Ringgit

Satu destinasi lain yang masih sepi pengunjung adalah Tanjung Ringgit. Tanjung Ringgit ini merupakan tebing yang eksotis, pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru. Lokasinya berjarak sekitar 85km dari kota Mataram yang terletak di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Anda dapat mengunjungi Tanjung Ringgit ini apabila tak suka dengan keramaian, namun untuk menjangkaunya mungkin anda perlu usaha lebih karena medan yang cukup sulit.

Gunung Rinjani

Pendaki gunung banyak yang menuju Pulau Lombok hanya untuk menikmati pemandangan dari puncak gunung yang terkenal di Indonesia, yaitu Gunung Rinjani. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 3.726 mdpl. Menurut sebagian penduduk, Gunung Rinjani menjadi tempat bersemayam ratu jin bernama Dewi Anjani, putri raja Datu Tuan dari permaisurinya Dewi Mas. Gunung ini memiliki daya tarik yang luar biasa seperti panorama kaldera, danau, puncak, kawah, air terjun, mata air panas, goa, lubang letusan dan aliran lava baru.

Danau Segara Anak

Danau yang terletak di Gunung Rinjani tersebut adalah Danau Segara Anak. Danau ini terletak 2000 mdpl dan menjadi tempat menginap/berkemah para pendaki Rinjani. Selain itu, di danau ini wisatawan sering memancing untuk mendapatkan ikan nila, mas dan mujair. Pemandangan danau ini sangat indah dan menjadi spot wajib berfoto ketika mendaki Gunung Rinjani.

Air Terjun Kembar Tiu Teja

Salah satu wisata air terjun di Lombok adalah Air Terjun Kembar Tiu Teja yang berlokasi di Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 40 meter dan masih berada di area Gunung Rinjani. Anda dapat melihat pemandangan yang indah disini dengan ditemani dua air terjun yang keluar berdampingan. Untuk menuju lokasi ini, andak harus menempuh jarak sekitar 60km dari kota Mataram atau selama hampir 2 jam di perjalanan.

Desa Sade

Jika anda ingin berwisata budaya atau sejarah dari Pulau Lombok, anda dapat mengunjungi Desa Sade yang jaraknya sekitar 50 km dari pusat kota Mataram. Menurut infob yang beredar, Desa Sade ini merupakan desa wisata pertama di Indonesia. Dihuni oleh penduduk pribumi yaitu Suku Sasak. Suku ini masih bertahan hidup dengan warisan nenek moyang yang secara turun temurun. Anda dapat menemukan bangunan-bangunan tradisional yang unik dan khas suku Sasak. Atap yang masih menggunakan ijuk, kemudian tembok yang masih dibuat dari anyaman bambu dan lantai yang beralaskan tanah. Satu hal unik lainnya adalah kebiasaan warga Desa Sade ini adalah mengepel lantai rumahnya dengan menggunakan kotoran kerbau. Memang tidak tercium bau kotor ataupun bau busuk. Mereka percaya bahwa lantai yang dilapisi kotoran kerbau membuat rumah bebas dari nyamuk dan lebih hangat. Ketika berkunjung kesini, jangan lupa untuk membeli kain tenun buatan warga desa. Karena kain tenun tersebut sangat terkenal karena dibuat dengan cara tradisional.

Desa Ende Lombok

Menikmati budaya asli Pulau Lombok bisa juga dengan berkunjung ke desa Ende yang masih satu wilayah dengan Desa Sade. Namun Desa Ende ini lebih dekat dengan kota Mataram. Bedanya sekitar 15 menit dari Mataram. Jika anda berkunjung ke pantai Kuta Lombok, anda dapat mampir ke desa ini. Desa ini lebih sunyi dan nyaman karena rindangnya pepohonan. Penduduk desa ini cukup banyak, terdapat 30 rumah dengan bangunan tradisional seperti di desa Sade. Hampir sama dengan desa Sade, lantai rumah di Desa Ende juga dilapisi kotoran kerbau. Anda juga diperbolehkan untuk masuk kedalam rumah penduduk untuk sekedar merasakan tinggal di rumah khas penduduk Desa Ende. Untuk masuk ke dalam rumah penduduk, anda harus menunduk karena teras rumah penduduk ini dibuat agak rendah. Menunduk ini memiliki filosofi sebagai pernghormatan kepada tuan rumah. Sebelum meninggalkan desa ini, anda dapat membeli cinderamata di artshop desa Ende. Cinderamata tersebut berupa kain tenun, sendok dari tanduk kerbau dan miniatur rumah suku Sasak.

Batu Bolong

Batu Bolong merupakan karang yang berbentuk lubang di Pantai Senggigi. Jaraknya hanya 30 menit berjalan kaki dari Pantai Senggigi. Pada Batu Bolong ini terdapat pura yang dibangun diatas karang tepi pantai. Mitosnya, dulu tempat ini menjadi tempat pengorbanan wanita perawan untuk diserahkan kepada ikan hiu. Ada lagi yang menyebutnya sebagai tempat para wanita yang menerjunkan dirinya karena patah hati.

Taman Nardama

Tempat wisata lain di Lombok yang bisa anda kunjungi adalah Taman Nardama. Taman yang dibangun oleh Raja Mataram ini terletak di Desa Kembuah, Kecamatan Narmada dengan jarak 10 km sebelah timur kota Mataram. Taman ini sering digunakan untuk upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka atau bulan Oktober-November. Selain untuk tempat upacara, taman ini juga sebagai tempat peristirahatan keluarga raja.

Kuliner Lombok

Makanan Khas Lombok

Ada banyak makanan khas Lombok yang dapat Anda cicipi. Tetapi, setidaknya, 5 makanan ini wajib Anda rasakan saat berkunjung ke pulau ini.

Plecing Kangkung

Makanan ini menggunakan bahan kangkung yang dicampur dengan berbagai racikan cabe rawit, garam, terasi dan tomat. Kangkung yang digunakan berbeda yang membuat rasanya juga berbeda dari kangkung lainnya. Dengan topping tauge dan kacang goreng, maka rasa makanan ini sangat lezat saat disantap dengan nasi putih hangat.

Ayam Taliwang

Ayam ini disajikan dengan dibakar atau digoreng. Bumbunya yang super pedas membuat Anda ingin terus memakannya.

Sate Bulayak

Sate ini cukup unik karena dihidangkan bersama Bulayak, yaitu lontong khas Lombok. Satenya sendiri terbuat dari daging sapi dengan lumuran bumbu khas Sasak.

Nasi Balap Pucung

Nasi khas Lombok dengan isi suwiran daging ayam, cabai, kacang kedelai, abon dan belut goreng, serta taburan udang kering. Nasi yang diciptakan oleh Inaq Esun ini dapat membuat Anda ketagihan karena rasa lezat serta pedasnya.

Ares

Namanya mirip dengan dewa perang, tetapi Ares merupakan sayuran khas Lombok yang menggunakan bahan utama pelepah pisang muda. Kuahnya terbuat dari santan dan rasanya gurih dan manis.

Tempat Nongkrong di Lombok

Ada banyak tempat untuk nongkrong dan bercengkerama bersama teman, keluarga atau kenalan baru Anda di Lombok. Berikut beberapa diantaranya.

Jagung Bakar Senggigi

Terletak di perbukitan pinggir Pantai Sengigi. Harganya hanya Rp. 5 ribu hingga Rp. 10 ribu. Anda dapat menikmatinya sambil melihat pemandangan matahari terbenam.

La Chill Bar, Senggigi

Masih di Pantai Senggigi, ada tempat makan ini dimana Anda dapat bersantai di bean bag sambil menikmati pemandangan pantai.

Epicentrum Mall

Sama seperti Mall di kota-kota besar, Anda dapat menemukan segalanya. Mulai dari pusat perbelanjaan hingga bioskop.

Tempat Makan Enak di Lombok

Untuk menikmati kuliner khas Lombok, berikut beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi.

  • Rumah Makan Dua-Em Bersaudara di Jl. Transmigrasi 99, Mataram, terkenal akan Plecing Kangkungnya.
  • Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama, di kawasan Cakranegara untuk menikmati Ayam Taliwang.
  • Pedagang kaki lima di Pura Lingsar, Taman Narmada dan Taman Suranadi untuk menimati Sate Bulayak.
  • Plaza Sengigi, Lombok Barat dan Jalan Sriwijaya Mataram, Anda dapat membeli nasi balap pucung cap Inaq Esun yang terkenal.

Kuliner Malam Lombok

Ada 3 kuliner malam unggulan yang dapat Anda coba.

  • Sate Rembiga terbuat dari daging sapi dengan rasa gurih, manis dan pedas.
  • Sate Tanjung terbuat dari ikan cakalang. Terbilang langka, jadi Anda harus langsung mencobanya begitu menemukannya.
  • Wedang Lombok, terbuat dari cabai dan mampu menghangatkan tubuh.

Restoran Terkenal di Lombok

Ada dua restoran yang cukup terkenal, yaitu:

  • El Bazar Cafe & Restaurant, yang menyajikan masakan Maroko dan Mediterania
  • Pituq Cafe, menyajikan masakan Vegetarian bebas Gluten dan makanan sehat.

Oleh-Oleh Khas Lombok

Berikut beberapa oleh-oleh yang dapat Anda beli.

  • Dodol Rumput Laut
  • Mutiara Lombok
  • Kain Tenun Sasak
  • Madu Sumbawa dan Susu Kuda Liar, keduanya produk Sumbawa, tetapi mudah ditemukan di Lombok.

Pusat Oleh-Oleh Lombok

Anda dapat mengunjungi beberapa tempat ini untuk mendapatkan oleh-oleh khas yang berbeda.

  • Pasar Seni Sayang-Sayang, untuk kerajinan Cukli
  • Mataram Craft Centre (MCC)
  • Jalanan di samping Mataram Mall
  • Pasar Seni Kute
  • Desa Adat Sade
  • Desa Seukerare
  • Jajanan Khas Lombok

Ada 3 jajanan khas Lombok yang dapat Anda coba.

  • Cerorot, bentuknya mirip terompet, terbuat dari gula merah, tepung beras dan santan, dan rasanya manis.
  • Klepon, sama dengan jajanan klepon di daerah lain, hanya bentuknya yang agak panjang
  • Jaje "Abuk" Khas Lombok, semacam ketan dengan taburan kelapa parut khas Lombok.

Daftar Mall di Lombok

Hanya ada sedikit Mall di Lombok, berikut beberapa diantaranya.

  • Lombok City Center di Desa Gerimax Indah, Kecamatan Narmada, Lombok Barat
  • Mataram Mall di kota Mataram, merupakan mall terbesar di Nusa Tenggara Barat
  • Lombok Epicentrum Mall

Event di Lombok

Ada banyak event di lombok, seperti:

  • Event Bau Nyale
  • Pawai Ogoh-Ogoh
  • Malean Sampi
  • Gendang Beleq
  • Peresean
  • Festival Tahunan Senggigi