Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
September 2018
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1 Malam
Cari Kamar

1 Hotel Di Madiun

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 428,800
Sisa 3 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Hotel Murah di Madiun

Saat berkunjung ke kota Madiun sayang sekali bila pulang kembali ke kota asal di hari itu juga. Apalagi jika anda berasal dari kota yang jauh dari Madiun, karena banyak tempat wisata di Madiun yang bisa anda kunjungi selama berada di kota ini. Berkunjung ke Madiun yang jauh dari rumah tentu tidak cukup untuk sebentar, pastinya Anda butuh dua hingga beberapa hari kedepan menikmati sajian keindahan kota Madiun.

Selama berada di Madiun, Anda butuh hotel atau penginapan untuk menginap menghabiskan malam. Untuk itu Anda tak perlu takut tidak menemukan hotel, penginapan atau rumah singgah (guest house) ketika berkunjung ke Madiun ini.Anda tak perlu bingung karena ada banyak penginapan atau hotel murah di Madiun yang menawarkan harga menarik.

Perlu diketahui bahwa kategori hotel murah juga memiliki kelas - kelas tersendiri seperti di Airy Madiun. Hotel murah memang sangat cocok untuk anda yang bertipe budget traveler. Namun bukan berarti tidak bisa digunakan anda dan keluarga. Hotel murah di Madiun memiliki fasilitas yang lengkap dan membuat tidur anda nyaman seperti menginap di hotel berbintang tinggi sekalipun. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari 100 ribuan dan Anda akan menemukan banyak di Madiun. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis hotel di Madiun yang ada di Airy yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap saat sedang berkunjung ke kota Madiun, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang sangat terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, anda tak perlu ragu, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman. Fasilitas tersebut seperti wifi gratis, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, tv dan air conditioner (AC). Tentu hotel jenis ini cocok untuk para Backpacker dengan budget terbatas yang hanya butuh tempat untuk tidur. Harga untuk hotel eco di Madiun mulai dari 100 ribuan anda dapat temukan dengan mudah.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang cukup, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel murah di Madiun dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel murah ini. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco. Fasilitas tambahan dapat berupa air panas untuk mandi hingga sarapan pagi gratis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata untuk lebih lama di hotel atau staycation saat berkunjung ke kota Madiun. Selain itu, hotel murah kelas standard ini juga sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis bertemu klien di Madiun. Anda dapat menikmati malam sambil menyiapkan presentasi atau menyelesaikan pekerjaan saat disaat harus keluar kota di dalam hotel.

Kelas Premier

Kelas yang terakhir adalah kelas Premier atau kelas yang paling high class di Airy Madiun. Ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier ini menawarkan hotel murah yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini. Cocok sekali untuk yang sedang honeymoon dan lebih banyak berdiam di hotel. Kelas hotel murah ini banyak ditemukan di Kota besar seperti Madiun.

Tips Memilih Hotel Murah di Madiun

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Madiun, tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Bagi Anda yang mencari hotel murah di Madiun, maka anda akan menemukan banyak tawaran. Penting untuk anda mengetahui tips-tips agar terhindar dari hotel murahan. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Harga Per Malam

Budget menjadi faktor penting bagi beberapa wisatawan untuk memilih hotel, karena harganya yang cukup menguras dompet. Itulah yang menjadi kebanyakan wisatawan mencari hotel atau penginapan murah ketika berkunjung ke Madiun. Tak jarang pula wisatawan yang terjebak dengan harga yang ditawarkan hotel - hotel disana yang sangat murah dengan penipuan fasilitas. Oleh karena itu penting untuk Anda memerhatikan harga yang ditawarkan hotel murah di Madiun.

Pastikan harga hotel murah yang ingin Anda booking berada pada standar OTA. Hotel murah yang disediakan Airy tentu lebih murah dibanding penyedia hotel lainnya di Madiun. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, Anda dapat membuktikannya. Selain itu, jangan memaksakan untuk memilih hotel yang melebihi budget yang anda punya. Karena harga murah pun Anda dapat menikmati kenyamanan yang dijamin oleh Airy Madiun.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya Anda harus perhatikan lokasi hotel murah yang Anda pilih di Madiun. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Madiun. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Madiun seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian.

Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Madiun atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Madiun.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel murah di Madiun, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel Madiun. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Madiun anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel murah di Madiun akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian untuk booking hotel Madiun secara online juga lebih banyak yang menyediakan. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan OTA lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Madiun.

Rekomendasi Hotel Murah di Madiun

Jika anda sudah punya rencana mengunjungi Madiun maka anda dapat booking hotel di Madiun secepatnya agar tak menjadi beban pikiran. Anda akan menemukan hotel murah di Madiun. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Madiun.

  • Airy Kejuron Mangga 4 Madiun, pilihan untuk anda menikmati kelas Standard kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jalan Mangga No 4. Di dekat hotel ini terdapat beberapa tempat menarik seperti Pasar Besar Madiun untuk anda berbelanja. Selain itu hotel ini juga dekat dengan Alun-Alun kota Madiun yang dapat anda gunakan untuk jogging di pagi hari. Disamping Alun-Alun Madiun, anda juga bisa melakukan ibadah shalat di Masjid Agung Madiun. Anda dapat booking hotel ini mulai dari 300 ribuan. Tentunya harga tersebut terjangkau untuk anda dengan fasilitas yang lengkap.

Itulah rekomendasi hotel murah di Madiun yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Madiun ini. Tentunya hotel-hotel murah Madiun bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Madiun ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.

Tentang Madiun

Madiun merupakan sebuah kota di provinsi Jawa Timur. Kota ini memiliki banyak julukan. Ada yang menyebutnya sebagai Kota Pecel, Kota Gadis, dan Kota Brem. Daerah ini menawarkan banyak hal menarik yang dapat digali oleh siapa saja mulai dari tempat wisata, atraksi budaya, hingga aneka kulinernya yang sudah dikenal luas hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

Asal Usul Kota Madiun

Madiun adalah wilayah rintisan Ki Panembahan Ronggo Jumeno atau Ki Ageng Ronggo. Kata Madiun itu sendiri berasal dari kata medi yang berarti hantu dan ayun – ayun yang berarti berayunan. Jadi saat Ronggo Jumeno melakukan babat tanah di sana, banyak hantu yang berkeliaran. Selain itu, versi lain menyebutkan bahwa nama tersebut diambil dari nama keris milik Ronggo Jumeno yakni keris Tundhung Medhiun. Awalnya tempat ini bernama Wonosari.

Sebelum dinamai menjadi Madiun,ada beberapa nama yang digunakan yakni Wonorejo dan Purbaya. Nama Madiun digunakan mulai tanggal 16 November 1590 Masehi dan menggantikan nama Purbaya. Pemerintahan kabupaten Madiun berawal dari Nguwaran Dolopo dan pemerintahan kemudian dipindahkan ke desa Sogaten. Tahun 1575, pemerintahan berpindah ke Kuncen atau Wonorejo hingga 1590. Pusat pemerintahan kota Madiun awalnya adalah Kuto Miring di Desa Demangan, Taman Kota, Madiun. Setelah itu pemerintahan bergeser ke utara yakni di tengah kota Madiun yang saat ini menjadi kompleks perumahan dinas bupati Madiun.

Madiun dikuasai oleh Hindia Belanda pada 1 Januari 1832 dan dibentuk tata pemerintahan berstatus karesidenan. Kerajaan Belanda pada tahun 1906 mengeluarkan Undang-undang untuk memisahkan kota Madiun dengan pemerintah Kabupaten Madiun. Madiun sejak awal adalah wilayah kekuasaan Kesultanan Mataram karena lokasinya yang sangat strategis yakni di tengah perbatasan dengan kerajaan Daha. Sejak jaman Hindia Belanda, madiun merupakan gementee yang swapraja atau berpemerintahan sendiri, Sejak tahun 1927, Madiun dipimpin oleh walikota.

Cara Menuju Kota Madiun

Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mencapai Madiun yakni:

Melalui Jalur Darat

Jika menggunakan bus, Anda dapat berhenti di terminal Purbaya. Terminal ini menerima bus dengan trayek yang bermacam-macam diantaranya Jakarta - Madiun, Surabaya - Yogyakarta dan kota lainnya. Selain itu juga terminal ini melayani bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi). Terminal ini aktif selama 24 jam namun sayangnya terminal ini sudah tua dan belum direvitalisasi untuk melayani bus dari berbagai kota, sehingga anda perlu berhati-hati setelah sampai di terminal ini. Selain dengan bus, anda dapat menggunakan kereta api menuju kota ini dan turun di Stasiun Madiun. Anda dapat menggunakan kereta yang menuju Surabaya atau Malang dari Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Gambir di Jakarta.

Melalui Jalur Laut

Tidak ada jalur perairan untuk mengakses Madiun. Jika menggunakan kapal, Anda harus berhenti di Pelabuhan Tanjung Perak baru kemudian perjalanan dilanjutkan dengan sarana transportasi darat.

Melalui Jalur Udara

Bagi Anda yang menggunakan pesawat, Anda juga tidak bisa langsung mendarat di kota Madiun. Anda dapat mendarat di Bandara Juanda Surabaya kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat menggunakan bus atau kereta api. Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 4,5 jam jika menggunakan bus.

Anda tak perlu bingung untuk mencari agen tiket pesawat untuk menuju kota Surabaya. Anda dapat memesannya di Airy dengan mengunjungi situs resmi Airy www.airy.com. Anda akan menemukan banyak pilihan jadwal penerbangan dan tentu maskapai favorit untuk menuju kota Surabaya ini. Maskapai seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, Batik Air, Wings Air, NAM Air, Air Asia, Xpress Air, Trigana Air, Kalstar Aviation dan lainnya. Booking yang mudah, pilihan pembayaran yang banyak tentu akan membuat anda lebih nyaman dalam memesan tiket pesawat murah ke Surabaya di Airy.

Transportasi di Madiun

Di Madiun ada beberapa sarana transportasi yang dapat dipilih jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi yaitu sebagai berikut:

Ojek

Sarana transportasi paling terkenal dan ada dimana-mana adalah Ojek. Sama seperti kota lainnya, di Madiun banyak sekali ojek yang akan anda temukan. Terlebih lagi saat ini sudah menjamur ojek online sehingga anda tidak perlu takut kehilangan transportasi jenis ini.

Angkutan Kota

Angkutan kota atau angkot di Madiun menawarkan banyak pilihan rute yang memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai sudut kota Madiun dengan mudah dan biaya yang murah. Tentunya ini pilihan yang menarik dibanding ojek yang cenderung membutuhkan biaya lebih banyak.

Taksi

Bagi Anda yang menginginkan transportasi umum yang nyaman, di Madiun sudah terdapat banyak taksi. Anda dapat menggunakan transportasi ini untuk cepat dan nyaman mencapai tujuan anda. Sama seperti taksi lainnya, taksi di Madiun menggunakan argo untuk menghitung biaya yang anda keluarkan.

Tempat Wisata di Madiun

Madiun memiliki banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi untuk mengisi waktu liburan baik bersama teman, keluarga, atau pasangan. Mulai dari tempat wisata alam hingga wisata sejarah dapat Anda jumpai di Madiun, Berikut ini adalah beberapa destinasi terpopuler di Madiun.

Gunung Wilis

Walaupun tidak terlalu tinggi, gunung ini sangat menantang untuk didaki. Tinggi Gunung Wilis ini mencapai 2.169 meter diatas permukaan laut. Gunung ini tidak hanya di wilayah Madiun saja, melainkan masuk wilayah Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Ponorogo dan Trenggalek.

Gunung wilis terkenal saat Serangan Umum 11 Maret 1949 karena dilewati oleh pasukan gerilya. Walaupun Gunung ini termasuk gunung berapi, tetapi jadi favorit pendaki karena statusnya sedang istirahat dan tidak terlalu tinggi. Pendaki dapat melapor lebih dulu pada petugas sebelum melakukan pendakian. Jalur pendakian yang populer untuk menjelajahi gunung ini adalah melalui Desa Kare. Saat hari pekan atau hari libur nasional, banyak pendaki yang berkunjung ke Gunung Wilis ini.

Air Terjun Seweru

Berada di ketinggian 400 mdpl, destinasi ini terletak di lereng Gunung Wilis dan berada di kawasan perkebunan kopi kandangan. Air terjun tersebut berasal dari gunung dan di bawahnya terdapat sebuah kolam alami. Memiliki luas hingga 6 hektare.

Air terjun ini juga dikenal dengan Air Terjun Kedung Malam dan Serondo. Lokasinya sekitar 15km dari pusat kota Madiun yaitu di Dusun Seweru, Kare. Untuk menuju lokasi wisata ini, anda harus menggunakan sepeda motor lalu dilanjutkan berjalan kaki di jalan setapak sejauh 1km. Lelahnya perjalanan akan terbayarkan dengan pemandangan yang asri air terjun Seweru. Anda akan dikenakan tarif masuk kawasan wisata ini sebesar Rp 1.000-Rp 2.000. Cukup murah bukan?

Air Terjun Krecekan Denu

Lokasi tempat wisata ini terletak di Dusun Gilingan, Kepel, Kare dan cukup dekat dengan Wisata Grape. Lokasinya sekitar 20km dari pusat kota Madiun. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan debit airnya tidak terlalu deras. Pemandangan yang indah dan air jernih dengan batuan di sekelilingnya menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini.

Air terjun ini termasuk wisata baru karena baru ditemukan pada tahun 2012. Untuk masuk ke lokasi air terjun, Anda akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 2.000 saja. Tentu sangat murah untuk menikmati keindahan alam yang masih asri ini.

Tenang saja, disini terdapat fasilitas parkir kendaraan. Namun lokasinya agak jauh dengan denga air terjun, sekitar 15 menit ditempuh dengan berjalan kaki. Jalan yang dilalui cukup terjal dan menghabiskan tenaga. Jadi jangan sampai anda menggunakan pakaian yang merepotkan dan alas kaki yang licin.

Air Terjun Banyulawe Dong

Tempat wisata di Gligi, Desa Kepel ini berada di balik lereng Gunung Wilis dan menawarkan suasana yang sejuk khas daerah pegunungan. Masih satu kawasan dengan Air Terjun Krecekan Denu. Untuk mencapai lokasi ini, anda dapat mulai dari Alun-Alun Madiun kemudian menuju Dungus. Selanjutnya menuju Wana Wisata Grape terus hingga ke waduk PLTA Giringan.

Dari waduk tersebut dilanjutkan sejauh 2km dengan jalan aspal lalu berubah menjadi medan off road. Sama seperti air terjun lainnya. Untuk masuk kawasan Air Terjun Banyulawe anda hanya dikenakan tarif parkir saja karena belum dikelola oleh pihak manapun. Dijamin anda akan mendapatkan pemandangan yang indah di Air Terjun Banyulawe Dong ini. Ketinggian air terjun ini hingga 50 meter dan memiliki debit air yang cukup besar sehingga pengunjung harus hati-hati jika ingin berenang di lokasi air terjun ini.

Air Terjun Kucur

Tempat wisata air terjun ini berada di Pucang Sawit, Padas, Dagangan, Madiun. Objek wisata yang baru populer sejak tahun 2008 ini termasuk air terjun buatan dan sebenarnya digunakan untuk mengatasi masalah kekeringan ketika musim kemarau tiba.

Air terjun Kucur memiliki empat tingkatan di mana tingkat teratas memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Tiga tingkatan lainnya memiliki tinggi 2-3 meter saja. Selain menikmati air terjun, sering pula digunakan oleh pesepeda karena lokasinya yang mudah ditempuh. Saat ini untuk menikmati air terjun ini masih gratis, pengunjung belum dikenakan tarif. Anda mungkin hanya dikenakan tarif untuk parkir kendaraan jika membawa kendaraan ke lokasi ini.

Wisata Alam Grape

Wisata bernuansa alam ini berada di Desa Kresek, Wungsu, sekitar 15km dari Kota Madiun. Pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan yang alami dan telah dirancang sedemikian rupa. Di sana terdapat mata air alami dari Pegunungan Dungus. Anda dan keluarga bisa menikmati bersepeda, lintas alam, berkemah dan melakukan panjat tebing. Tidak lupa wahana permainan yang lainnya untuk rekreasi bersama keluarga. Wisata ini seluas 1,5 hektare dan masih dalam wilayah KPH Madiun. Tiket masuknya hanya Rp 1.000 saja.

Waduk Bening Widas

Tempat wisata ini berupa bendungan di Dusung Petung, Pajajaran, Sadaran. Juga dikenal sebagai waduk Saradan. Waduk ini difungsikan untuk sarana irigasi dan juga PLTM. Namun dimanfaatkan pula sebagai objek wisata yang dikelola oleh pihak swasta. Kegiatan yang banyak dilakukan di sana antara lain adalah naik kano, kemping, dan memancing. Wisata waduk dengan luas 860 km persegi ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Pengunjung akan dikenakan tarif masuk Rp7.500 per 2 orang.

Jarak waduk ini cukup jauh dari pusat kota Madiun yaitu sekitar 40km. Pemandangan alam yang indah bisa anda lihat disini di perbukitan Gunung Wilis. Waktu padat dilokasi ini adalah ketika akhir tahun atau tahun baru.

Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus berlokasi di dusun Kedungbrubus, Bulu, Pilangkenceng dan berbatasan Kabupaten Bojonegoro. Waduk ini dibangun pada Juni 2008 dan digunakan untuk sarana irigasi. Karena sering dikunjungi warga untuk melepas penat, akhirnya banyak penjual makanan yang dibangun disekitar area di waduk ini. Makanan yang bisa Anda nikmati disini seperti ikan bakar. Untuk berkunjung kesini, anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk.

Situs Bersejarah Nglambangan

Situs peninggalan Kerajaan Majapahit ini berada di Nglambangan, Wungu.Di sana terdapat pura yang dijadikan tempat untuk menyimpan pusaka. Terdapat beberapa artefak yang kondisinya masih terjaga sampai saat ini seperti Watu Dakon, Punden, sumur kuno, Pura Lambangsari, dan Sendang Jambangan.

Taman Wisata Umbul

Taman wisata ini, terletak di Glonggong, Dolopo atau sekitar 20 km dari pusat kota Madiun. Tempat ini merupakan peninggalan Belanda. Di sana terdapat wahana permainan yang lengkap, kolam renang, kebun binatang mini, pesanggrahan, taman bermain anak, sumber air belerang, dan rumah makan.

Waduk Notopuro

Waduk Dawuhan

Kuliner di Kota Madiun

Sebelum mengelilingi dan menikmati keindahan yang ditawarkan oleh kota Madiun, Anda wajib mencicipi kuliner khas Madiun yang sudah banyak dikenal luas hingga ke berbagai daerah. Tentu ada sensasi tersendiri ketika Anda dapat menikmati kuliner tersebut langsung dari daerah asalnya.

Ayam Panggang Gandu

Sesuai dengan namanya, kuliner ini berada di Desa Gandu, Karangrejo. Di sana Anda dapat menjumpai sentra kuliner ayam panggang. Kuliner tersebut sudah populer sejak tahun 90an.

Sate Tahu

Kuliner yang satu ini memiliki banyak sekali penggemar. Selain memiliki citarasa yang lezat, harganya juga sangat terjangkau. Anda dapat menemukan kuliner ini di Jalan Taman Praja atau depan kantor Kecamatan Taman, Madiun. Di sana terdapat puluhan pedagang sate tahu yang menjajakan dagangannya.

Rujak Cingur

Ini merupakan salah satu makanan khas Madiun yang terbuat dari irisan moncong atau mulut sapi rebus yang dicampur ke dalam hidangan. Biasanya rujak cingur terdiri dari irisan aneka macam buah seperti timun kerahi, nanas, bengkuang, kedondong yang ditambah dengan dengan cingur, tempe bendoyo, dan lontong serta beberapa sayuran seperti kangkung, kecambah, dan kacang panjang. Bahan – bahan tersebut dicampur dengan bumbu atau saus dari olahan petis udang, kacang tanah goreng, gula merah, garam, bawang goreng, dan irisan pisang klutuk. Semua bahan tersebut dicampur dengan cara diulek.

Lontong Tahu Telor atau Tahu Panggung

Sesuai dengan namanya, kuliner ini berupa tahu dan telor yang dipadukan dengan lontong. Bumbu kacang pada kuliner ini terasa sangat lezat dengan citarasa yang khas.

Dawet Suronatan

Kuliner khas berupa minuman ini sudah sangat legendaris. Es cendol Suronatan memiliki tampilan yang cukup unik karena disajikan dengan mangkuk kecil dengan komposisi terdiri dari cendol, bubur ketan hitam, tape, dan bubur sumsum.

Pecel

Kuliner yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Pecel Madiun selama ini telah dikenal luas dan banyak dijumpai di luar kota Madiun. Di sana terdapat banyak warung yang menyediakan menu nasi pecel. Sama seperti pecel pada umumnya, makanan ini berupa aneka jenis sayur yang disiram dengan bumbu kacang.

Kripik Madiun

Ini termasuk kuliner legendaris di Madiun karena sudah dibuat secara turun menurun. Kripik ini merupakan camilan yang renyah dengan citarasa gurih perpaduan dari tempe dan racikan bumbu yang digunakan.

Oleh-oleh Khas Madiun

Kripik Tempe KD

Bisa dibilang bahwa kripik tempe adalah kuliner ikonik di Madiun sehingga banyak yang menjadikannya sebagai oleh-oleh. Di sana terdapat banyak pilihan merek kripik tempe, salah satu yang paling populer adalah Kripik Tempe KD. Camilan ini populer karena citarasa dan kerenyahan yang dimilikinya.

Krupuk Puli

Ini adalah makanan khas berupa camilan krupuk yang biasa dijadikan sebagai lauk pendamping makanan. Krupuk puli terbuat dari bahan dasar tepung beras dan memiliki citarasa yang sangat renyah.

Madumongso

Kuliner berupa camilan ini terbuat dari bahan dasar ketan hitam. Camilan khas dengan citarasa manis ini biasanya dibungkus dengan bentuk bulat atau lonjong dengan kertas berwarna – warni. Camilan ini banyak dijual di pasar – pasar tradisional dan pusat oleh-oleh.

Brem

Ini adalah kuliner khas yang paling populer di Madiun. Makanan yang terbuat dari fermentasi ketan ini memiliki citarasa yang khas dengan sensasi rasa dingin saat dimakan. Saat ini brem tidak hanya tersedia dalam satu rasa saja tetapi sudah sangat beragam. Brem memiliki bentuk kotak pipih berwarna putih kekuningan dengan citarasa yang dingin dan segar. Brem yang paling terkenal adalah Brem Suling. Brem ini memiliki beberapa varian rasa seperti coklat, stroberi, keju, original, dll.

Sambel Pecel Madiun

Pecel menjadi kuliner khas Madiun yang paling banyak diburu. Pecel tentu kurang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Namun Anda bisa menjadikan bumbu pecel sebagai oleh-oleh. Saat ini ada banyak bumbu pecel yang dikemas dengan citarasa yang lezat dan khas.

Roti Bluder

Di Madiun ada banyak sekali jenis roti bluder seperti bluder miroso, bluder kresna, dan bluder cokro. Ini sebenarnya merupakan roti kuno sejak jaman kolonial Belanda. Roti ini mempunyai tekstur yang lembut dengan bentuk unik.

Daftar Mall di Madiun

  • Mall Matahari Madiun (Jalan Pahlawan)
  • Sun City Mall Madiun (Jalan Letjend S.Parman Nomor 8)
  • Timbul Jaya Plaza (Jalan Pahlawan Kavling 46-48 Mangu Harjo)

    Event Terkenal di Madiun

    HUT Kota Madiun

    Hari ulang tahun kota Madiun jatuh pada tanggal 20 Juni 1918. Sejak saat itu tanggal 20 Juni diperingati sebagai HUT kota Madiun. Dalam peringatan tersebut, terdapat banyak acara menarik yang digelar dan melibatkan berbagai lapisan masyarakat.

    Grebeg Maulud

    Ini merupakan acara rutin tahunan yang digelar untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara ini menjadi wisata reiligi bagi masyarakat Madiun maupun dari luar daerah. Acara tersebut dilakukan dengan kirab gunungan Jaler Estri dari Masjid Kuno Taman sampai Alun-alun Kota Madiun. Begitu tiba di alun-alun, gunungan tersebut dijadikan rebutan oleh warga.