Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
July 2019
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

32 Hotel Di Makassar

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 253,100

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 253,100

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 159,000

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 253,100

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 278,400
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 198,500

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 244,100
Sisa 2 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 271,200

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 244,100
Sisa 1 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 2 halaman
Selanjutnya
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book

Tentang Makassar

Makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Pada awalnya, Makassar memilki nama Ujung Pandang, yaitu sejak 1971 hingga 1999. Kota ini termasuk kota metropolitan terbesar di Indonesia Timur. Kota ini terletak di pesisir Barat Daya pulau Sulawesi dan memiliki luas hingga 200km2 dengan penduduk yang mencapai 1,6 juta jiwa.

Pada awalnya, Makassar ini merupakan daerah kekuasaan kerajaan Gowa-Tallo. Saat itu Raja memindahkan pusat pemerintahan dari pedalaman menuju ke tepi pantai. Lalu menyulap kota ini menjadi kota dagang terbesar di asia tenggara. Sejak Belanda dengan VOC nya menyerang, kerajaan ini runtuh dan pusat perdagangan dikuasai oleh Belanda.

Pergantian nama Makassar menjadi Ujung Pandang dikarenakan nama Makassar yang tidak hanya diduduki oleh masyarakat etnik Makassar saja. Akhirnya Ujung Pandang resmi menjadi nama kota ini sejak 1971. Lalu ketika Presiden BJ Habibie menjabat, nama Makassar kembali disematkan pada kota Daeng ini karena permintaan warga Makassar itu sendiri dan didukung oleh anggota DPRD Makassar pada tahun 1999.

Kota Makassar termasuk kota besar yang berada diurutan kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Di kota Makassar anda dapat menemukan multi kultur karena cukup banyak suku yang menetap di kota Makassar ini. Suku tersebut seperti Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionhoa. Kota Makassar ini juga menyimpan banyak destinasi wisata yang mengagumkan. Tak jarang wisatawan memasukkan kota Makassar menjadi destinasi tujuan untuk berwisata. Banyaknya tempat wisata membuat hotel di Makassar bermunculan. Anda akan dapat menemukan hotel di Makassar ini dengan budget yang beragam.

Cara ke Makassar

Makassar adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan. Kota ini kini sangat maju dan memiliki banyak pengunjung baik pengunjung dari dalam pulau ataupun dari luar pulau. Ada banyak hal menarik yang bisa anda nikmati dari kota Makassar. Mulai dari wisata alam seperti wisata pantai Losari hingga arena bermain Trans Studio yang kini tengah populer. Bagi anda yang berminat untuk datang ke Makassar dan ikut menikmati beragam wisata yang ada di Makassar anda bisa mengikuti jalur transportasi yang dimiliki oleh Makassar. Jangan takut akan penginapan, anda dapat menemukannya dengan mudah

Melalui Jalur Udara

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Makassar adalah sebuah kota yang memiliki beragam wisata untuk di nikmati. Banyak sekali orang yang tertarik untuk datang ke Pulau Sulawesi untuk menikmati wisata yang disediakan oleh Makassar atau sekedar staycation di hotel Makassar. Bagi anda yang berasal dari luar pulau maka salah satu jalur yang bisa anda tempuh adalah dengan menggunakan jalur udara. Jalur udara disediakan oleh pemerintah bagi mereka yang ingin datang ke Makassar tanpa membuang banyak waktu. Ada banyak rute penerbangan untuk mencapai Makassar. Diantaranya adalah dari Jakarta, Denpasar atau Bali, Surabaya, Balikpapan, bahkan rute luar negeri seperti Kuala Lumpur dan juga Singapura. Semuanya dapat langsung menuju ke Makassar. Di Makassar ada tersedia bandar udara bernama Sultan Hasanuddin yang merupakan bandar udara Internasional. Dari bandara anda bisa langsung menuju ke pusat kota dengan menggunakan alat angkutan seperti Ojek, Bus Damri, Taksi dari bandara atau mobil taksi online.

Anda tak perlu bingung untuk mencari agen tiket pesawat. Anda dapat memesannya di Airy, hanya dengan mengunjungi situs resmi Airy www.airy.com. Anda akan menemukan banyak pilihan jadwal penerbangan dan tentu maskapai favorit untuk menuju kota Makassar ini. Maskapai seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, Batik Air, Wings Air, NAM Air, Air Asia, Xpress Air, Trigana Air, Kalstar Aviation dan lainnya. Booking yang mudah, pilihan pembayaran yang banyak tentu akan membuat anda lebih nyaman dalam memesan tiket pesawat murah ke Makassar di Airy.

Melalui Jalur Darat

Bagi anda yang berada di Pulau Sulawesi dan ingin ke Makassar, anda bisa mencoba menggunakan jalur darat yaitu dengan menggunakan bus. Untuk mencapai kota Makassar, anda bisa menggunakan Terminal Regional Daya. Terminal ini adalah terminal besar yang dimiliki oleh kota Makassar. Terminal didirikan sekitar tahun 2003. Meskipun Terminal Daya ini adalah terminal yang besar dan utama di Makassar, tapi Terminal Daya memiliki hawa yang sangat sepi terutama pada tahun 2012. Tidak banyak kendaraan umum dan juga pengguna yang masuk ke terminal, sebaliknya bagian luar dari terminal malah sangat ramai. Hingga saat ini Terminal Daya belum menjadi terminal yang memiliki lalu lintas yang teratur. Bahkan pada bulan November tahun 2015, terjadi demonstrasi terkait dengan kenaikan retribusi.

Melalui Jalur Laut

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa untuk mencapai kota Makassar dari luar pulau dapat dicapai dengan menggunakan 2 jalur, jalur udara dan juga jalur laut. Untuk jalur udara sudah dijelaskan seperti diatas. Untuk jalur laut, anda bisa menggunakan kapal laut yang kan menuju ke Pelabuhan Belang Belang. Pelabuhan Belang Belang ini dahulu adalah pelabuhan yang hanya digunakan untuk pelabuhan barang tapi sejak 2012 di Pelabuhan Belang Belang ini dibangun terminal penumpang untuk mengangkut penumpang dari jalur laut.

Transportasi di Makassar

Makassar merupakan salah satu kota penting yang berada pulau Sulawesi, ada banyak wisata yang bisa anda temui di kota Makassar. Dengan banyaknya tempat wisata, kota Makassar disertai dengan alat transportasi yang lengkap. Salah satu alat transportasi yang sangat populer di Makassar adalah transportasi pete-pete. Pete-pete adalah alat transportasi sejenis mikrolet yang merupakan alat transportasi murah yang akan memudahkan perjalanan anda di Makassar.

Selain pete-pete, anda juga bisa menumpang taksi atau becak tergantung keinginan anda. Sayangnya anda hanya bisa menumpang becak di kawasan atau daerah tertentu. Jika anda memiliki kantong yang lebih tebal, anda bisa menggunakan alat transportasi taksi yang merupakan alat transportasi umum yang paling elegan di Makassar. Bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga, anda bisa menyewa mobil sehingga anda bisa berlibur dengan lebih nyaman bersama keluarga anda. Untuk Taksi anda dapat menemukan dengan mudah di daerah keramaian seperti Bandara, Mall, Hotel, Penginapan dan daerah tempat wisata.

Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya

Fort Rotterdam

Fort Rotterdam merupakan sebuah benteng yang terletak di Jalan Ujung Pandang, Bulogading, Makassar. Pada tahun 1545, bangunan peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo ini dibangun di bawah pemerintahan I manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ kallonna dengan nama Benteng Ujung Pandang. Namun, setelah penandatanganan Perjanjian Bungayya, benteng ini diambil alih oleh penjajah Belanda dan diubah namanya menjadi Fort Rotterdam.

Pada awal pembangunannya, benteng ini terbuat dari tanah liat dan batu biasa. Namun, bahan tersebut akhirnya diubah menggunakan batu padas hitam yang lebih kokoh. Bentuk bangunan benteng menyerupai penyu jika dilihat dari ketinggian. Itulah sebabnya Fort Rotterdam juga dikenal sebagai Benteng Panyyua.

Benteng ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan ketebalan mencapai 2 meter. Sementara itu, pintu masuknya berukuran 3 meter. Di dalam benteng, Anda bisa menemukan bangunan-bangunan Belanda yang masih dilestarikan dan dimanfaatkan sampai sekarang. Ada juga area taman hijau luas yang cocok untuk bersantai. Anda tidak perlu membayar untuk masuk ke sini.

Museum La Galigo

Museum La Galigo berada di area Fort Rotterdam. Untuk bisa menyaksikan seluruh koleksi museum, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp3.000 dan mengisi buku tamu. Museum ini sebenarnya dibangun sekitar tahun 1938 dengan nama Celebes Museum. Namun, setelah sempat berhenti beroperasi, museum ini kemudian diresmikan kembali dengan nama Museum La Galigo pada tahun 1970.

La Galigo diambil dari nama putra Sawerigading Oppuna Ware, seorang tokoh dari mitologi Bugis. Pada abad 14, La Galigo telah dikenal sebagai raja muda (Pajung Lolo) di Kerajaan Luwu. La Galigo sendiri juga merupakan sebuah karya sastra klasik berbahasa Bugis dengan panjang mencapai 9.000 halaman.

Koleksi tetap museum berada di Gedung 2. Dulunya, gedung ini merupakan kediaman Laksamana Cornelis Speelman di masa kolonial. Anda bisa menemukan peta, foto, lukisan prasejarah, koleksi arkeologi, dan benda peninggalan kerajaan-kerajaan yang pernah berjaya di Sulawesi Selatan. Sementara itu, Gedung 10 menyimpan koleksi yang berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat Sulawesi Selatan. Sebut saja alat pertanian, pakaian tradisional, alat tenun, bahkan alat penangkap ikan.

Museum Kota Makassar

Diresmikan tahun 2000, Museum Kota Makassar terletak di Jalan Balaikota No. 11, Baru, Makassar. Museum ini menempati bangunan peninggalan kolonial Belanda yang artistik dari tahun 1916.

Setidaknya, ada 560 buah koleksi dari berbagai bidang, seperti arkeologi, budaya, maupun seni di sini. Koleksi ini banyak menceritakan tentang Kota Makassar dari waktu ke waktu, khususnya di masa penjajahan Belanda. Anda bisa menemukan meriam berumur lebih dari 300 tahun, foto perkembangan Makassar, lukisan Belanda, dan mata uang dari masa lampau. Alat musik tradisional, kerajinan tangan, bahkan pakaian adat daerah juga dapat ditemukan di Museum Kota Makassar.

Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat

Bagi Anda yang tertarik berwisata sejarah, monumen yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Baru, Ujung Pandang, Makassar ini bisa menjadi tujuan. Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat diresmikan tahun 1995 sebagai lambang perjuangan bangsa Indonesia ketika merebut kembali wilayah yang sekarang dikenal dengan nama Papua.

Dalam monumen empat lantai ini, Anda bisa melihat relief, foto, diorama, dan benda-benda bersejarah di Sulawesi Selatan. Sejarah tersebut mencakup kisah perjuangan masyarakat provinsi ini di abad XVII sampai proses pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda. Koleksi tersebut tersimpan di tiga lantai terbawah monumen. Di lantai empat, Anda bisa menyaksikan keindahan Kota Anging Mamiri dari ketinggian.

Sekilas, Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat mirip dengan Monumen Nasional. Namun, bentuk tubuhnya segitiga yang melambangkan Tri Komando Rakyat (Trikora). Relief berbentuk kobaran api yang menggambarkan semangat Trikora dapat dilihat di bagian bawah dan puncak bangunan setinggi 75 meter ini.

Pantai Losari

Meski tidak memiliki area berpasir layaknya pantai pada umumnya, Pantai Losari wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda di Makassar. Di pagi hari, pantai ini ramai dengan pengunjung yang berolahraga atau joging. Sementara itu, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara bersantai sembari memandangi keindahan matahari terbenam kala sore tiba.

Pantai Losari kerap menjadi area nongkrong bagi kalangan muda. Selain tiket masuknya gratis, ada akses WiFi yang bisa dimanfaatkan. Kawasan ini pun menawarkan aneka kuliner, seperti pisang epe, es pallu butung, coto Makassar, sampai olahan seafood segar yang menggugah selera. Jika mencari penginapan murah di Makassar, tersedia banyak pilihan di sekitar ikon wisata Kota Daeng ini.

Pantai Akkarena

Pantai Akkarena bisa menjadi alternatif wisata keluarga di Makassar. Pantai ini memiliki area berpasir hitam yang luas dengan perairan jernih. Terlebih, pemandangan matahari terbenam selalu ditunggu-tunggu para wisatawan. Pantai Akarena berada di Jalan Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Tamalate, Makassar.

Tersedia banyak fasilitas untuk menambah kenyamanan liburan, seperti hotel, kafe, dan restoran. Di sini, Anda juga bisa menemukan kid zone, area berkemah, permainan outbound, dan paintball. Selain itu, permainan air seru seperti banana boat atau jet ski bisa Anda nikmati dengan biaya tertentu.

Salah satu daya tarik Pantai Akkarena adalah dermaga kayu berukuran 150 meter x 5 meter. Spot ini sangat populer untuk lokasi berfoto, terutama di sore dan malam hari. Dermaga tampak romantis dengan lampu hias warna-warni. Meskipun jadi spot foto favorit, dermaga yang kerap disebut Dermaga Cinta ini masih aktif sebagai tempat berlabuh perahu-perahu wisata.

Pulau Samalona

Berada di sebelah barat Kota Makassar, pulau mungil ini cocok bagi Anda yang mendambakan suasana liburan di tengah alam nan asri. Dari Dermaga Popsa atau Kayu Bangkoa, Pulau Samalona dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dengan perahu motor. Anda bisa menyewa perahu pribadi maupun umum; sesuaikan saja dengan bujet dan kebutuhan. Kalau perlu, Anda dapat menawar tarif penyeberangan sehingga lebih murah.

Pulau Samalona menawarkan pasir putih, pepohonan hijau rindang, serta laut biru dan jernih. Anda dapat berjemur sembari menikmati panorama alam, diving, dan snorkeling. Untuk menunjang kenyamanan wisatawan, pulau ini dilengkapi dengan tempat penyewaan alat menyelam, kedai makanan, serta penginapan.

Pulau Lae-Lae

Satu lagi pulau kecil nan cantik yang bisa Anda kunjungi di Kota Daeng adalah Pulau Lae-Lae. Letaknya sekitar 1,5 kilometer arah barat Makassar. Pulau Lae-Lae juga berada tidak jauh dari Pulau Samalona yang eksotis. Untuk dapat menjangkau pulau ini, Anda harus menyeberang menggunakan perahu motor dari dermaga kota.

Pulau Lae-Lae menawarkan banyak aktivitas untuk menyegarkan diri. Anda bisa bersantai dan berenang di pantai asri dari pulau ini. Menikmati pemandangan laut biru yang membentang luas, menyaksikan pemandangan senja, atau snorkeling juga bisa dilakukan. Jangan lupa mencicip kuliner yang ditawarkan berbagai kedai di pulau ini untuk menghapus rasa lapar.

Anda juga bisa mengunjungi sebuah situs bersejarah berupa terowongan bawah tanah. Masyarakat sekitar percaya bahwa terowongan ini menghubungkan Pulau Lae-Lae dengan Benteng Rotterdam.

Pulau Kodingareng Keke

Pulau ini adalah surga tersembunyi di Makassar yang hanya bisa ditempuh dengan perahu motor. Pulau Kodingareng Keke merupakan lokasi favorit bagi para wisatawan yang hendak melakukan diving dan snorkeling. Pasalnya, kawasan perairannya cukup dangkal dengan kejernihan air yang masih terjaga. Kawasan pantai ini memiliki warna biru kehijauan yang sangat memukau. Terlebih, area pasir putihnya sungguh menarik siapa pun untuk duduk santai atau berjemur.

Pulau Kodingareng Keke bukanlah pulau berpenghuni. Luasnya hanya sekitar satu hektare dengan beberapa semak dan pohon pinus. Nyaris tidak ada bangunan apa pun kecuali dermaga dan bangunan terbuka tiga lantai. Dari atas bangunan ini, Anda bisa melihat bentangan laut biru sepanjang mata memandang. Meskipun demikian, pulau ini bisa jadi alternatif destinasi wisata jika Anda berniat menjauh sejenak dari keramaian kota.

Trans Studio Makassar

Rasakan pengalaman seru mencoba beragam wahana permainan di Trans Studio Makassar. Taman rekreasi indoor ini berada di Jalan HM. Dg. Patompo, Metro Tanjung Bunga, Makassar. Dari pusat kota, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 15 menit. Tiket masuk Trans Studio Makassar adalah Rp150.000 (hari kerja) dan Rp200.000 (akhir pekan dan hari libur).

Luas Trans Studio Makassar mencapai 2,7 hektare dan terbagi menjadi empat area. Dalam area tersebut, Anda bisa menemukan 22 wahana permainan. Sebut saja Trans City Theater, Dunia Lain, Karosel, Ferris Wheel, Sepeda Terbang, dan Kids Studio. Fasilitas pendukung lain yang tersedia di antaranya tempat makan, toilet, ATM, musala, dan tempat perawatan bayi.

Taman Maccini Sombala

Taman Maccini Sombala merupakan sebuah ruang terbuka hijau di Makassar yang cocok untuk menghapus penat karena rutinitas. Taman seluas empat hektare ini berada di Maccini Sombala, Tamalate, Makassar. Dulunya, kawasan ini adalah laut yang diubah menjadi tambak dan selanjutnya disulap menjadi sebuah taman.

Pepohonan hijau dan bunga-bunga cantik penuh warna membuat Taman Maccini Sombala tampak indah. Suasananya pun terasa lebih segar. Terlebih, taman ini dikelilingi kanal buatan sepanjang 1.500 meter. Tempat rekreasi ini juga menawarkan beberapa spot foto unik. Untuk menambah kenyamanan, tersedia bangku taman, gazebo, dan jalur pejalan kaki, dan toilet.

Selain menikmati pemandangan dan berfoto, Anda bisa mencoba beberapa kegiatan seperti bersepeda atau joging. Memancing pun dapat Anda lakukan sebagai kegiatan mengisi waktu.

Bugis Waterpark

Bagi yang mendambakan permainan air, Anda bisa bertandang ke Bugis Waterpark di Perumahan Bukit Baruga Antang, Jalan Sektor Mahameru No. 1, Makassar. Didirikan tahun 2012, tempat wisata ini merupakan taman wisata pertama dan terbesar di Kota Daeng. Waterpark ini mengusung konsep Bugis yang kental untuk semua fasilitas, informasi, bahkan nama-nama wahananya. Tiket masuknya adalah Rp150.000 (Senin-Jumat), Rp180.000 (Sabtu), dan Rp200.000 (Minggu dan hari libur).

Di area seluas 4 hektare, Anda bisa menikmati 10 wahana air modern yang terbagi dalam 3 zona. Zona tersebut adalah Alabuang (Pelabuhan), Goa Batu Kalibampa (Goa Kupu-Kupu), dan Kampong Rilau (Kampung Nelayan). Beberapa wahana yang bisa Anda coba adalah Pipa Wae (Aquatube), Matenre (Freefall), Mattulili (Body Slide), Wae Massolo (Lazy River), dan Kollang To’loppo (Main Pool). Tersedia juga gazebo, loker, maupun tempat penyewaan baju dan alat renang yang bisa Anda manfaatkan.

Masjid Amirul Mukminin

Ingin beribadah sekaligus wisata religi di Makassar, Anda bisa berkunjung ke Masjid Amirul Mukminin. Dari Pantai Losari, masjid unik yang diresmikan tahun 2012 ini hanya berjarak sekitar 6 menit berkendara. Lokasi tepatnya berada di Teluk Makassar, Jalan Penghibur No. 289, Losari, Ujung Pandang, Makassar.

Keunikan masjid terlihat dari posisinya yang seolah mengapung di atas air. Hal ini membuat Masjid Amirul Mukminin menjadi masjid terapung pertama di Indonesia. Masjid tiga lantai yang didominasi warna putih, abu-abu, dan biru ini dapat menampung kurang lebih 500 jemaah. Selain beribadah dan mengagumi arsitekturnya, Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya, terutama saat matahari tenggelam.

Masjid Raya Makassar

Diresmikan tahun 1949, Masjid Raya Makassar merupakan masjid terbesar kedua di Kota Makassar dengan luas mencapai 13.912 meter persegi. Setidaknya, masjid ini bisa menampung 10.000 jemaah di dalam bangunan dan 50.000 umat di area halaman. Lokasinya berada di Jalan Masjid Raya, Bontoala, Andalas, Makassar.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Raya Makassar juga menjadi tempat penyimpanan Alquran raksasa. Kitab suci umat Islam ini memiliki ukuran 1 meter x 1,5 meter. Beratnya mencapai 584 kilogram dengan total halaman 605 lembar. Alquran ini ditulis oleh KH. Ahmad Faqih Muntaha dengan menggunakan tinta cina yang dicampur air teh kental dalam waktu satu tahun. Ingin memperdalam pengetahuan tentang Islam, tersedia perpustakaan dengan koleksi buku-buku agama yang cukup lengkap.

Vihara Girinaga

Makassar juga memiliki tempat wisata religi untuk umat Buddha. Wisatawan lintas agama yang tertarik mempelajari budaya dan agama Buddha pun diperkenankan mengunjunginya. Namanya Vihara Girinaga yang terletak di Jalan Salahutu. Vihara terbesar dan tertua di Makassar ini memiliki sembilan lantai dan dibangun sekitar tahun 1968.

Vihara Girinaga menjadi tempat ibadah sekaligus tempat tinggal bagi para bhikkhu. Selain itu, vihara ini juga menjadi tempat penyimpanan berbagai patung dan benda untuk keperluan sembahyang. Karena ini tempat untuk berdoa, maka Anda harus menjaga kesopanan saat berkunjung ke sini.

Ada patung-patung Buddha berukuran kecil sampai raksasa yang didominasi dengan warna emas. Salah satu patung tersebut berada di lantai pertama, yaitu patung Buddha yang sedang berbaring dengan ukuran panjang 7 meter dan tinggi 2,5 meter. Patung ini didatangkan langsung dari Kamboja. Di lantai sembilan, ada relikui emas yang dikelilingi miniatur patung Buddha. Sementara itu, Anda bisa menemukan miniatur Angkor Watt di lantai enam.

Chinatown Makassar

Makassar memiliki kawasan Pecinan yang terletak di dua kecamatan, yaitu Wajo dan Ujung Pandang. Kawasannya cukup luas dan meliputi beberapa jalan seperti Jalan Sumba, Sulawesi, serta Jampea. Area Chinatown ini masih berada di pusat Kota Makassar sehingga mudah diakses dengan berbagai moda transportasi.

Bangunan di Chinatown Makassar terdiri dari gedung-gedung berarsitektur Eropa kuno dan juga bernuansa Tionghoa kental. Salah satu bangunan terkenal di kawasan ini adalah Kelenteng Xian Ma. Tempat peribadatan ini merupakan kelenteng tertua di Makassar yang dibangun sekitar tahun 1864.

Seperti halnya kawasan Pecinan daerah lain, Anda bisa menemukan banyak toko yang menjual berbagai pernak-pernik khas Tionghoa. Tentu saja, kawasan ini dipenuhi dengan kedai dan restoran yang menawarkan kuliner dengan menu Chinese menggugah selera. Chinatown Makassar juga menjadi pusat dari penyelenggaraan berbagai festival keagamaan seperti perayaan Imlek atau Cap Go Meh.

Kuliner Khas Makassar

Coto Makassar

Saat bertandang ke Kota Daeng, Anda wajib merasakan lezatnya coto Makassar. Kuliner yang sering disebut coto mangkasara ini merupakan sajian dengan bahan dasar daging dan jeroan sapi. Jeroan ini bisa berupa hati, usus, jantung, babat, maupun paru. Semua bahan tersebut harus direbus dalam waktu lama untuk menghasilkan daging yang empuk.

Selanjutnya, irisan daging dan jeroan disiram kuah dengan racikan rempah khusus. Setidaknya, 40 jenis rempah digunakan untuk menciptakan rasa coto yang menggugah selera. Coto Makassar biasanya disantap dengan ketupat atau burasa. Burasa—juga dikenal dengan buras—merupakan sejenis lontong yang dibalut dengan daun pisang.

Pallubasa

Pallubasa sering dianggap sama dengan coto Makassar. Padahal, keduanya berbeda, meskipun sama-sama menggunakan bahan utama jeroan dan daging sapi. Untuk pallubasa, jeroan direbus lebih lama daripada coto Makassar. Selain itu, racikan bumbu kuahnya juga tidak sama. Kuah pallubasa biasanya lebih kental dengan tambahan kelapa parut sangrai yang membuat cita rasa lebih gurih dan lezat.

Pallubasa biasanya disajikan dengan telur setengah matang. Sebagai teman makan, nasi putih hangat lebih cocok untuk menikmati kuliner tradisional khas Makassar ini.

Konro

Konro adalah kuliner khas Makassar dari iga dan daging sapi atau kerbau. Bahan utama tersebut dimasak dengan berbagai rempah seperti ketumbar, kayu manis, asam, cengkih, pala, kunyit, dan sebagainya. Kuliner ini biasanya berwarna gelap dan pekat yang berasal dari kluwak.

Konro dibedakan menjadi dua, yaitu sup konro dan konro bakar. Keduanya memiliki cita rasa yang membuat ketagihan. Agar lebih nikmat, Anda bisa menikmati konro dengan burasa.

Sop Saudara

Sop saudara adalah sebuah hidangan yang tak kalah populer dibandingkan coto Makassar atau sup konro. Kuliner ini sama-sama berkuah gelap dan menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya. Namun, beberapa bahan ditambahkan untuk melengkapi kelezatannya. Sebut saja bihun, bola-bola kentang, telur rebus, dan jeroan sapi. Nikmati sop saudara dengan nasi putih hangat, ikan bandeng (bolu) bakar, dan sambal.

Mie Titi

Mie titi menjadi salah satu makanan andalan Kota Anging Mammiri. Kuliner ini berupa mi keriting goreng kering yang diguyur kuah kental dari tepung jagung (maizena) dan telur. Olahan mi ini akan terasa semakin nikmat dengan irisan kol, sawi, dan seledri. Belum lagi, ada tambahan daging ayam, bakso, cumi, udang, dan hati sapi. Rasanya gurih dan sangat cocok disantap panas untuk menghangatkan tubuh saat malam hari atau cuaca dingin.

Ingin lebih segar, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis. Bagi penggemar pedas, Anda bisa menikmati mie titi dengan potongan cabai rawit atau acar lombok biji.

Barongko

Di Makassar, barongko biasanya disuguhkan di berbagai hajatan. Kudapan tradisional ini juga bisa Anda dapatkan ketika bulan puasa. Di masa lalu, barongko dipercaya merupakan makanan penutup yang khusus dibuat untuk para raja Bugis.

Barongko terbuat dari pisang kepok yang telah dihaluskan. Selanjutnya, pisang tersebut dicampur dengan telur, garam, susu bubuk, gula pasir, dan vanili. Setelah selesai, adonan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Barongko akan terasa nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin. Terlebih, rasanya manis dengan tekstur lembut.

Pisang Epe

Satu lagi kuliner khas Makassar dari olahan pisang adalah pisang epe. Jika barongko menggunakan pisang kepok matang, maka kudapan ini justru memakai pisang yang masih mengkal sebagai bahan utamanya.

Untuk membuat makanan ini, buah pisang dikupas lalu dibakar sampai setengah matang. Selanjutnya, pisang dipipihkan dan dibakar kembali. Untuk penyajiannya, pisang epe diguyur kuah gula merah (aren) dengan aroma nangka atau durian. Rasanya sangat legit dan cocok dinikmati sembari bersantai. Biasanya, topping seperti cokelat, kelapa sangrai, keju, meses, atau kacang tanah ditambahkan sesuai selera untuk menambah cita rasa.

Burasa

Burasa adalah makanan pelengkap tradisional Makassar. Burasa mirip dengan lontong dan terbuat dari beras. Beras dimasak terlebih dahulu dengan santan. Selanjutnya, burasa dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus sampai matang.

Anda dapat menikmati burasa dengan sambal kacang, sambal haban, kelapa kering, atau telur rebus sebagai pengganti nasi. Namun, umumnya, burasa disajikan sebagai teman makan kuliner berkuah khas Makassar seperti sup konro atau coto. Burasa mudah ditemukan di mana saja, terutama di pasar tradisional atau tempat makan.

Jalangkote

Sekilas, jalangkote terlihat seperti pastel dengan bentuk menyerupai kerang dan berisi sayur atau daging. Camilan khas Makassar ini banyak ditemukan di bulan puasa. Seperti halnya pastel, kulit jalangkote juga terbuat dari tepung terigu, telur, santan, garam, dan mentega. Namun, teksturnya renyah karena kulitnya lebih tipis dibandingkan pastel.

Isian penganan tradisional ini biasanya berupa potongan ubi jalar, taoge, laksa, dan daging yang telah dibumbui. Jalangkote akan lebih terasa nikmat saat disantap dengan saus khusus dari cuka, gula, bawang putih, dan cabai.

Es Pallu Butung

Minuman dingin dari Makassar ini sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Es pallu butung merupakan sejenis es campur yang terdiri dari bubur sumsum dan potongan pisang yang telah masak. Sirup berwarna merah dan es serut ditambahkan untuk melengkapi minuman segar tetapi mengenyangkan ini.

Sekilas, es pallu butung nyaris sama dengan es pisang ijo. Keduanya merupakan minuman tradisional Makassar yang menggunakan bahan dasar serupa. Yang membedakan keduanya adalah jenis pisang yang digunakan. Es pallu butung menggunakan pisang raja, sementara es pisang ijo menggunakan pisang kepok.

Sesuai namanya, es pisang ijo pun dibalut dengan kulit tebal berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras, santan, dan pewarna alami. Es ini biasanya masih diberi tambahan topping seperti keju parut, meses, atau kacang tanah. Sementara itu, es pallu butung tidak menggunakannya.

Sarabba

Sarabba adalah minuman tradisional dari Makassar yang cocok untuk menghangatkan tubuh, terutama saat udara dingin atau malam hari. Minuman ini dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan flu dan masuk angin, bahkan juga menambah stamina. Anda dapat menikmatinya sembari bersantai dan makan berbagai kudapan seperti pisang goreng.

Sarabba terbuat dari berbagai rempah, seperti jahe, merica, kayu manis, dan biji pala. Kuning telur, santan, dan gula aren pun ditambahkan untuk menambah cita rasa dan khasiat. Rasa sarabba manis sekaligus pedas dengan aroma menggugah selera.

Tempat Hangout Anak Muda di Makassar

Pantai Losari

Pantai Losari merupakan landmark populer di Makassar. Tempat wisata yang buka 24 jam ini juga kerap menjadi lokasi nongkrong anak-anak muda. Selain gratis, pantai ini menawarkan spot untuk bersantai sembari menyaksikan pemandangan matahari terbit maupun terbenam.

Di sini, Anda bisa berfoto di depan tulisan Pantai Losari yang ikonik dengan tambahan latar laut atau sunset. Jika lapar, Anda dapat mengunjungi kafe, kedai, maupun restoran yang menawarkan beragam kuliner.

La Buana Café & Resto

Sempurnakan acara hangout bersama sahabat di La Buana Café & Resto. Tempat makan ini berada di Jalan Urip Sumoharjo No. 66, Macini, Makassar. La Buana Café & Resto menawarkan taman asri dan hijau dengan meja dan kursi yang membuat Anda seolah sedang piknik. Belum lagi, Anda bisa bersantai sembari menyantap aneka makanan dan minuman yang menggugah selera.

Anda pun bisa memilih menikmati santapan di dalam kafe. Lewat jendela-jendela besar, Anda berkesempatan untuk melihat pemandangan taman dan Kota Makassar yang ramai.

Urbanistbox

Mengusung konsep semi-outdoor dan industrial, Urbanistbox selalu menjadi sasaran kaum muda Makassar untuk bersantai dan menghabiskan waktu. Bangunan unik dua lantai ini terbentuk dari bekas-bekas kontainer yang tersusun sedemikian rupa. Ada beberapa area di dalam kedai ini, yaitu UBOX, KAMAE Co-Working, dan LAMAROWA Eatery.

Selain aneka makanan dan minuman, Urbanistbox juga menawarkan tempat kerja dan area untuk UKM. Anda dapat mengerjakan tugas kantor atau kuliah sambil menyesap kopi Aceh atau Gayo. Manfaatkan akses internet cepat untuk menunjang pekerjaan. Urbanistbox berada di Jalan Pelita Jaya No. 2, Balla Parang, Rappocini, Makassar.

Mark Trees Café

Kafe di Makassar yang juga kerap menjadi tempat hangout adalah Mark Trees Café. Kafe kekinian ini menerapkan konsep minimalis, tetapi spot di dalamnya sangatlah instagramable. Selain interiornya, keunikan kafe terlihat dari pohon peneduh asli yang dibiarkan tumbuh dalam bangunan. Alih-alih mengganggu, pohon ini justru menjadi daya tarik Mark Trees Café sekaligus menambah kenyamanan pengunjung. Anda bisa memilih bersantai di dalam maupun luar ruangan kafe.

Menu yang ditawarkan Mark Trees Café cukup beragam dengan harga terjangkau. Andalan dari kafe ini adalah kopinya. Kopi yang ditawarkan diambil langsung dari petani di kawasan Bantaeng dan Toraja. Proses pembuatan kopinya pun unik karena menggunakan cara tradisional. Mark Trees Café berada di Jalan Gunung Batu Putih No. 2, Mangkura, Makassar.

Masakini Food and Gallery

Salah satu kafe terbaru di Makassar yang cocok untuk berkumpul bersama teman adalah Masakini Food and Gallery. Kafe bernuansa industrial dan vintage ini dapat Anda temukan di Jalan Pengayoman No. 34, Makassar. Interior dan desain tempat ini sangatlah unik, terlihat dari lantai, dinding, dan ornamennya. Setiap meja dan kursi bahkan memiliki tema beragam. Kafe ini jelas merupakan salah satu tempat terbaik bagi penggemar fotografi.

Masakini Food and Gallery menawarkan menu kuliner Indonesia dan barat. Anda bisa memilih menikmati makanan di lantai satu maupun dua, baik di dalam maupun luar ruangan. Sementara itu, lantai tiga dikhususkan untuk ruang pertemuan dan tempat salat.

Bistropolis

Lokasi nongkrong yang tak pernah sepi di Makassar adalah Bistropolis. Restoran bernuansa barat kental ini menawarkan tempat seru untuk bersantai, mengobrol, sekaligus menikmati beragam kuliner lezat. Bistropolis terbagi menjadi tiga area, yaitu smoking area, bar, dan main dining yang total bisa menampung pengunjung sekitar 100 orang. Anda bisa menemukan restoran yang buka sejak 2013 ini di Jalan Sultan Hasanuddin 18A-18B, Makassar.

Di sini, ada banyak sajian yang bisa Anda pilih, seperti chicken porridge, burger, piza, pasta, dan sejenisnya. Namun, menu yang paling digemari adalah gelato dengan 12 pilihan rasa. Sebagian bahan gelato didatangkan langsung dari Italia. Proses pembuatannya pun dilakukan sendiri sehingga terjamin kualitasnya. Jenis gelato favorit pengunjung adalah Ferrero Rocher dengan cita rasa cokelat atau Chocochip Mint yang memadukan pecahan chocochip dengan rasa mint yang dingin dan segar.

Restoran Terkenal di Makassar

Coto Nusantara

Jika ingin menikmati coto Makassar legendaris, Anda bisa datang ke Coto Nusantara. Kedai coto ini terletak di Jalan Nusantara No. 32 atau Jalan Merpati Ruko 2 dan 3, Makassar. Di sini, Anda dapat menikmati coto berkuah kental dengan potongan besar daging dengan ketupat. Tambahkan daun bawang, bawang goreng, atau jeruk nipis untuk semakin meningkatkan cita rasa coto Makassar. Harganya terjangkau, tentu saja dengan rasa maknyus.

Coto Nusantara buka mulai pukul 06.30 WITA dan tutup sekitar pukul 18.00 WITA. Lokasinya dekat dengan Pantai Losari sehingga kedai ini cocok untuk menghapus lapar sebelum atau selepas kunjungan ke ikon wisata Kota Makassar tersebut.

 Pallubasa Serigala

Pallubasa adalah makanan khas tradisional Kota Anging Mamiri. Salah satu tempat makan yang terkenal dengan kuliner ini adalah Pallubasa Serigala. Serigala merupakan nama jalan tempat kedai ini berada.

Disajikan dalam mangkuk kecil, Anda bisa menikmati kelezatan daging dan jeroan yang disiram kuah kental bercita rasa rempah kuat. Dengan tambahan nasi putih panas, sajian ini akan terasa sempurna. Meski Anda harus antre untuk menikmatinya, pelayanan di Pallubasa Serigala tergolong cepat. Harganya pun sangat terjangkau.

Sop Konro Karebosi

Tempat makan satu ini bisa Anda temukan di Jalan Gunung Lompobattang No. 41-43, Makassar. Inilah salah satu tempat makan sop konro yang tak pernah sepi pengunjung. Sop Konro Karebosi sudah mulai beroperasi sejak tahun 1968. Sampai sekarang, cita rasanya masih membuat siapa pun ketagihan. Untuk menikmati konro legendaris ini, pastikan Anda berkunjung antara pukul 10.30-23.00 WITA.

Di sini, daging iga yang ditawarkan sangat empuk karena melalui proses perebusan yang lama. Ditambah dengan racikan bumbu penuh rempah, sop konro ini tak pernah gagal memanjakan lidah dan perut. Selain sop konro, Anda juga bisa mencoba iga atau konro bakar yang tak kalah lezat.

Sop Saudara Irian

Ingin merasakan sop saudara populer, Anda bisa datang ke Jalan Irian, Makassar. Nama jalan ini sekarang dikenal sebagai Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 40, Pattunuang, Wajo. Kedai ini memiliki nama lengkap Warung Pangkep Sop Saudara, tetapi lebih populer dengan Sop Saudara Irian.

Untuk menikmati kuliner khas Makassar ini, Anda bisa memilih daging atau jeroan sapi sesuai selera. Ada pilihan paru, hati, kikil, babat, dan sejenisnya. Daging dan jeroan tersebut nantinya akan diguyur dengan kuah kental mirip kuah coto Makassar. Rasanya nikmat, terlebih dengan tambahan bihun dan perkedel kentang.

Sop Saudara Irian sudah mulai beroperasi sejak tahun 1970. Sampai sekarang, kedai ini selalu ramai dipenuhi pengunjung. Tempat makan ini buka 24 jam untuk memenuhi kebutuhan bersantap Anda selama di Kota Daeng.

Mie Titi

Penggemar hidangan mi wajib mencicip lezatnya mie titi. Kunjungi kedai di Jalan Irian untuk dapat merasakan mie titi. Hidangan ini terbuat dari mi yang digoreng lalu diguyur dengan kuah kental. Kuah ini terbuat dari telur, tepung maizena, dan beberapa bumbu. Sebagai pelengkap mie titi, ada tambahan berupa daging, seafood, dan sayuran.

Tempat kuliner legendaris ini buka sejak tahun 1970-an. Resep asli mie titi berasal dari sosok keturunan Tionghoa di Makassar bernama Ang Kho Tjao. Selanjutnya, resep kuliner khas nan lezat ini diturunkan pada beberapa anaknya. Saat ini, cabang mie titi telah tersebar di seluruh sudut Kota Makassar.

Bakso Ati Raja

Tempat makan bakso ini sangat populer di Makassar. Baksonya dibuat dari daging sapi asli dengan tambahan sedikit tepung. Rumah makan yang buka sejak tahun 1994 ini menawarkan beberapa jenis bakso, seperti bakso halus, bakso kasar, dan gorengan bakso.

Kelezatan bakso akan semakin terasa saat disantap dengan sambal kuning pedas dan buras. Terlebih, kuahnya bening dan segar dengan tambahan irisan seledri dan bawang goreng. Tak hanya bakso, kedai ini pun menawarkan beberapa menu lain, seperti nasi goreng, mi goreng Jawa, dan mi pangsit.

Untuk merasakan bakso menggugah selera ini, Anda bisa bertandang ke Jalan Gunung Merapi No. 170. Bakso Ati Raja juga membuka cabang di beberapa sudut Kota Makassar, di antaranya di Jalan Lanto Dg. Pasewang, Jalan Pengayoman, Jalan Penghibur, Jalan Gunung Nona, dan Jalan Urip Sumoharjo.

Rumah Makan Seafood Apong

Penggemar seafood wajib datang ke rumah makan yang ada di Jalan Boulevard, Panakkukang ini. Anda bisa menikmati beragam kuliner dari berbagai jenis ikan, cumi, udang, kepiting, dan sebagainya. Bahan yang digunakan sangat segar sehingga Anda bisa merasakan kelezatan yang lebih dari hasil laut ini. Setiap bahannya pun diolah dengan bumbu yang kaya sehingga menghasilkan hidangan memuaskan.

Anda tidak perlu khawatir soal harga. Dengan kualitas dan rasa makanan yang ditawarkan, harga yang dibanderol Rumah Makan Seafood Apong cukup terjangkau.

Oleh-Oleh Khas Makassar dan Lokasinya

Sirup DHT

Sirup DHT bisa menjadi pilihan buah tangan kalau Anda bertandang ke Makassar. Selain disajikan sebagai minuman menyegarkan, sirup berwarna merah dan kental ini juga dapat dinikmati sebagai pelengkap es pisang ijo, es buah, es pallu butung, atau topping aneka kudapan. Sirup ini memiliki aroma pisang ambon sehingga membuatnya kerap disebut sebagai sirup pisang ambon.

Sirup DHT dijual dalam kemasan botol kaca yang masih dipertahankan sejak dulu. Ada juga pilihan kemasan jeriken yang memang dikhususkan untuk buah tangan. DHT merupakan singkatan dari Dari Hasil Tangan. Untuk mendapatkan sirup khas ini, Anda bisa mengunjungi pusat oleh-oleh di Makassar dengan harga sekitar Rp20.000 per botolnya.

Bannang-Bannang

Bannang-bannang merupakan salah satu kue khas Kota Daeng yang memiliki bentuk silinder memanjang (terkadang agak pipih) dan menyerupai jalinan atau lipatan benang kusut. Bahan pembuat kue tradisional ini adalah tepung beras dan gula aren (gula merah) yang kemudian digoreng. Dengan warna kecokelatan, rasa bannang-bannang manis dan gurih dengan tekstur renyah. Kudapan ini dapat ditemukan dengan mudah, baik di pasar tradisional maupun pusat oleh-oleh kota.

Anda bisa menikmati kue ini sebagai teman minum teh atau kopi sembari bersantai. Di Makassar, bannang-bannang menjadi penganan yang wajib disuguhkan dalam acara-acara tradisional seperti lamaran atau upacara pernikahan. Kue ini memiliki filosofi menyatukan hubungan yang tidak akan mudah dipisahkan. Bannang-bannang juga dipercaya dapat membuat pernikahan menjadi manis.

Kopi Toraja

Kopi Toraja dikenal sebagai salah satu jenis kopi yang sangat diminati di Indonesia dan dunia. Kopi ini bahkan tergolong minuman mewah di beberapa negara, terutama Jepang. Untuk menikmati secangkir kopi Toraja, banyak orang harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Kopi Toraja memiliki rasa unik yang fruity dan tidak terlalu pahit. Aromanya harum menyerupai rempah. Pasalnya, kopi ini biasanya ditanam berdekatan dengan tanaman rempah di ketinggian lebih dari 1000 mdpl. Sebagai oleh-oleh, tersedia tiga jenis kopi Toraja yang ditawarkan seperti Robusta, Arabica, dan Special Blend. Kopi ini bisa Anda dapatkan di berbagai pusat oleh-oleh Makassar.

Kacang Disco

Selain Bali, kacang disco juga dapat ditemukan di Makassar sebagai alternatif oleh-oleh. Camilan menyerupai kacang telur ini memiliki tekstur kriuk dengan rasa gurih dan manis. Kacang tanah lokal dibalut dengan adonan tepung yang telah dibumbui dengan berbagai rempah.

Kacang disco banyak dijual di toko maupun pusat oleh-oleh Makassar. Harganya cukup terjangkau. Anda bisa memilih rasa orisinal maupun varian rasa lain sesuai selera.

Otak-Otak Ikan Tenggiri

Otak-otak ikan tenggiri merupakan oleh-oleh wajib yang harus Anda bawa dari Makassar. Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri yang telah dihaluskan serta dicampur dengan tepung gandum atau sagu dan berbagai rempah. Dibungkus dengan daun pisang, cita rasa otak-otak ini sangat menggugah selera. Anda bisa memanggang atau menggorengnya tanpa minyak dan menikmatinya dengan sambal petis khas Makassar.

Ada banyak tempat yang menjual otak-otak ikan tenggiri di Makassar. Namun, ada dua lokasi yang selalu menjadi sasaran utama warga sekitar maupun wisatawan dari luar Makassar. Tempat tersebut adalah Otak-Otak Ibu Elly (Jalan Kijang No. 7D) dan Otak-Otak Ibu Sanny (Jalan Singa No. 9 dan Jalan Lasinrang No. 47). Jika Anda membawa pulang makanan ini, jangan lupa untuk segera menyimpannya di freezer. Otak-otak ini bisa bertahan lebih dari seminggu, bahkan sebulan di dalam lemari pendingin.

Kerajinan Tangan Khas Toraja

Jika Anda menghendaki buah tangan yang lebih awet, tidak ada salahnya menyambangi pusat oleh-oleh untuk membeli aneka kerajinan khas Tana Toraja. Pernak-pernik kecil seperti kalung, gelang, atau gantungan kunci bisa menjadi pilihan untuk oleh-oleh dalam jumlah banyak. Alternatif lainnya adalah ukiran kayu, lukisan, atau hiasan dinding bermotif rumah adat tongkonan atau kapal pinisi yang bisa mempercantik rumah.

Kain Tenun Bugis

Kain tenun khas Bugis harus masuk dalam daftar oleh-oleh yang Anda beli di Makassar. Kain ini memiliki corak unik dengan warna-warna cerah. Tinggal pilih warna, corak, dan juga bahan kain yang Anda inginkan. Mau katun atau sutra, semua bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan bujet. Selain kain, Anda pun bisa membeli sarung, selendang, maupun pakaian jadi bermotif khas daerah Makassar dan sekitarnya.

Kain tenun Bugis juga populer dengan sebutan tenun Makassar atau Sengkang. Jadi, tidak perlu bingung ketika berburu jenis kain unik ini di Makassar. Banyak pusat oleh-oleh dan toko yang menawarkan kain tenun Bugis. Salah satu yang paling ramai dituju wisatawan adalah kawasan Jalan Somba Opu.

Baruasa

Baruasa merupakan salah satu kue kering dari Sulawesi Selatan. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, telur, gula aren, dan kelapa parut. Rasanya gurih sekaligus manis dengan tekstur renyah. Bentuk baruasa bulat dan pipih dengan warna putih susu sampai kecokelatan. Anda bisa mendapatkan baruasa di pasar tradisional maupun toko oleh-oleh di Makassar.

Sirup Markisa

Selain sirup DHT, Anda juga bisa menjadikan sirup markisa sebagai oleh-oleh untuk orang terkasih. Sirup ini terbuat dari buah markisa asli yang ditanam penduduk lokal. Proses pembuatannya pun tidak menggunakan bahan kimia. Jadi, Anda bisa merasakan kesegaran buah markisa yang dikenal memiliki banyak vitamin dan mineral.

Buah markisa dan olahannya dipercaya dapat membuat saraf relaks dan mengatasi gangguan pencernaan. Salah satu pusat pembuatan sirup ini di Sulawesi Selatan adalah kawasan Malino.

Kacang Sembunyi

Dari namanya, camilan ini terbilang unik. Kacang sembunyi adalah oleh-oleh khas Makassar berupa kacang tanah berbalut adonan tepung menyerupai kue molen berukuran kecil. Warna kecokelatannya berasal dari karamel yang manis. Rasa orisinal kacang sembunyi sendiri cukup gurih. Namun, Anda bisa mendapatkan beberapa varian rasa termasuk pedas di pusat oleh-oleh atau kawasan wisata di Makassar.

Kacang sembunyi sangat cocok untuk buah tangan. Harganya terjangkau, mulai dari belasan sampai puluhan ribu rupiah. Camilan ini sangat cocok dinikmati sambil minum teh atau kopi.

Daftar Mall di Makassar

Trans Studio Mall Makassar

Seperti halnya Trans Studio di daerah lainnya, pusat perbelanjaan yang merangkap sebagai taman bermain ini menawarkan sejumlah wahana seru. Sebut saja Magic Thunder Coaster, Dragon’s Tower, Angin Beliung, Bioskop 4D, dan Rimba Express. Anda dapat menemukan tempat ini di Jalan HM. Dg. Patompo, Metro Tanjung Bunga, Makassar.

Tak hanya bermain, Anda juga berkesempatan untuk belanja maupun bersantap di mal empat lantai ini. Ingin belanja produk fesyen dan aksesori, ada beberapa tenant baik lokal maupun internasional yang bisa Anda kunjungi: Adidas, Hush Puppies, Bellagio, Batik Keris, dan Everbest. Kebutuhan sehari-hari dapat dicari di Metro, Miniso, dan Transmart. Jika lapar, datang saja ke area food court yang menawarkan beragam makanan dan minuman. Ada Starbucks Coffee, A&W, Baskin Robbins, BreadTalk, dan Solaria.

Mal Panakkukang

Selesai dibangun tahun 2006, Mal Panakkukang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Kota Makassar. Mal ini berada Jalan Boulevard, Panakkukang. Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan. Pusat perbelanjaan ini pun dekat dengan berbagai hotel di Makassar.

Di sini, tersedia banyak tenant yang bisa membuat kunjungan Anda ke Makassar semakin berkesan. Beberapa di antaranya adalah Matahari Department Store, Hypermart, Texas Fried Chicken, Gramedia, Dunkin Donuts, dan Mama Hotplate. Beberapa tempat hiburan di Mal Panakkukang adalah NAV Karaoke, Timezone, dan Panakkukang XXI.

Mal Ratu Indah

Didirikan tahun 1999, Mal Ratu Indah mengusung konsep tempat yang memenuhi semua kebutuhan keluarga. Di sini, Anda bisa belanja aneka barang, mulai dari kebutuhan sehari-hari, fesyen, kosmetik, elektronik, aksesori, sampai peralatan olahraga. Beberapa tenant yang berada di pusat perbelanjaan terbesar kedua di Makassar ini adalah Optik Melawai, Giordano, Ace Hardware, EVB, dan Planet Sports.

Untuk memenuhi kebutuhan bersantap, Anda bisa mengunjungi Es Teler 77, J.Co Donuts & Coffee, KFC, dan Pizza Hut. Lepas penat Anda dengan menonton film terbaru di Cinema XXI atau menikmati keseruan bermain di Timezone. Lokasi mal ini berada di Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 35, Mamajang Luar, Makassar.

MTC Karebosi

MTC Karebosi bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin berburu berbagai barang elektronik seperti gawai dengan harga terjangkau. Pusat perbelanjaan empat lantai ini terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 47-49, Makassar. Didirikan tahun 2003, MTC (Makassar Trade Center) Karebosi menjadi salah satu pusat grosir ternama di Kota Daeng.

Tak hanya menawarkan sejumlah tenant peralatan elektronik, MTC Karebosi juga menghadirkan toko-toko yang menjual busana, aksesori, kebutuhan sehari-hari, termasuk kuliner. Sebut saja CFC, Carrefour, JBL, dan masih banyak lagi. MTC Karebosi dapat dijangkau melalui terowongan bawah tanah dari Karebosi Link.

Makassar Town Square

Makassar Town Square berada di Jalan Perintis Kemerdekaan Km. 8, Makassar. Pusat perbelanjaan ini memiliki tiga lantai dengan luas bangunan mencapai 30.000 m2. M’Tos—sebutan populer Makassar Town Square—mengusung konsep family mall yang cocok untuk memenuhi segala kebutuhan dalam satu tempat. Di sini, ada beberapa tenant populer seperti KFC dan Dunkin Donuts. Ramayana pun hadir sejak awal untuk menawarkan produk fesyen maupun kebutuhan sehari-hari.

Untuk keperluan hiburan, Cinema XXI hadir di Makassar Town Square sebagai tempat menonton film-film terbaru, baik dari dalam maupun luar negeri. Mal ini adalah salah satu pusat perbelanjaan populer di Makassar yang mudah dijangkau dengan transportasi umum maupun pribadi.

Mal GTC

Mal GTC yang terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga adalah pusat perbelanjaan terbesar ketiga di Kota Makassar. Selain bersantai sambil belanja berbagai kebutuhan, Anda pun bisa sekalian berjalan-jalan di Pantai Akkarena, Tayung Bayang, atau Barombong. Lokasi pantai-pantai ini memang sangat dekat dengan Mal Graha Tata Cemerlang (GTC).

Daya tarik dari mal yang dibangun tahun 2003 ini adalah lake side. Anda dapat memandangi danau buatan di Tanjung Bunga sambil menikmati aneka kuliner menggugah selera. Mal GTC pun cukup populer karena berdiri di kota mandiri sekaligus kawasan bisnis Makassar.

Phinisi Point Mall

Berada di area permukiman Tanjung Bunga yang padat dengan lokasi strategis, Phinisi Point adalah tempat terbaik untuk menghabiskan waktu. Mal ini belum lama diresmikan, yaitu pada tahun 2017. Banyak tenant lokal maupun internasional yang bisa Anda temukan di sini, seperti Starbucks, Foodmart Fresh, Usupso, Maxx Coffee, Cinemaxx, dan Montato. Anda pastinya bisa memenuhi hasrat belanja dan bersantai di mal ini.

Phinisi Point Mall populer juga dengan sebutan PIPO Mall. Pusat perbelanjaan modern ini mengusung konsep lifestyle dari lima kota metropolis dunia, yaitu Tokyo, New York, Amsterdam, Hongkong, dan London. Dengan konsep tersebut, ada banyak spot keren dan instagramable sebagai latar berfoto. Mal ini bisa Anda temukan di Jalan Metro Tanjung Bunga.

Nipah Mall

Nipah Mall merupakan sebuah pusat perbelanjaan modern terbaru di Makassar. Mal ini baru diresmikan pada 3 November 2018. Nipah Mall memiliki 5 lantai yang berisi berbagai retail shop dengan luas area mencapai 3,5 hektare. Selain tempat belanja, Anda juga akan menemukan gedung perkantoran setinggi 10 lantai dan taman di area ini.

Acara belanja Anda dijamin akan memuaskan dengan hadirnya berbagai tenant seperti The Body Shop, Manzone, UNIQLO, Gaudi, Excelso Coffee, Pizza Hut, Bakso Lapangan Tembak Senayan, Samsung, Erafone, dan sebagainya. Ada juga Fun World dan Cinema XXI untuk mengisi waktu dan bersenang-senang.

Tempat Jajanan Murah di Makassar

Kampoeng Popsa

Kampoeng Popsa terletak di Jalan Penghibur, tak jauh dari Fort Rotterdam Makassar. Popsa sendiri adalah singkatan dari Persatuan Olahraga Perahu Motor dan Ski Air. Dulunya, kawasan ini memang digunakan untuk komunitas pencinta olahraga air sebelum berkembang menjadi kawasan kuliner. Tempat ini juga merupakan tempat nongkrong favorit bagi masyarakat Makassar maupun siapa pun yang bertandang ke kota ini.

Dengan interior bernuansa kayu, Kampoeng Popsa menawarkan beragam kuliner menggugah selera dengan harga terjangkau. Nikmati sajian lokal seperti es pisang ijo, mie titi, ikan bakar, atau coto Makassar. Aneka makanan cepat saji juga bisa Anda temukan di sini.

Sembari menikmati jajanan murah, Anda dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam dari Kampoeng Popsa. Di waktu tertentu, Anda dapat menikmati acara live music. Puncak keramaian untuk menikmati jajanan di sini adalah saat weekend dari sore sampai malam hari. Kampoeng Popsa beroperasi pukul 10.00-23.30 WITA.

Kawasan Pantai Losari

Salah satu pusat jajanan lengkap dan murah di Makassar adalah Pantai Losari. Selain menikmati keindahan pantai dengan sunrise dan sunset memukau, Anda bisa mencicip beragam kuliner menggugah selera dengan harga murah. Makanan tradisional seperti pisang epe, es pallu butung, maupun coto bisa Anda temukan di sini. Makanan lain seperti olahan seafood juga cukup populer di Pantai Losari.

Kawasan Jalan Penghibur

Jalan Penghibur berada tak jauh dari Pantai Losari. Anda bisa menemukan banyak kuliner murah di kawasan ini, baik dari pedagang kaki lima, kedai, kafe, sampai restoran. Camilan, minuman, dan makanan berat khas Makassar sampai sajian nusantara dan internasional pun bisa dipilih sesuai selera.

Kawasan Jalan Somba Opu

Jika ingin berburu jajanan dan kuliner murah meriah, datang saja ke Jalan Somba Opu. Ada banyak pilihan kuliner di sini, seperti pisang epe, coto, dan pallubasa. Selain itu, karena lokasinya yang strategis dan dekat tempat wisata, hotel terdekat di Makassar pun dengan mudah ditemukan di kawasan Jalan Somba Opu.

Tak hanya berburu kuliner, Anda bisa belanja oleh-oleh di Jalan Somba Opu. Ada kain tenun Bugis, kerajinan tangan, camilan tradisional, minyak gosok cap tawon, dan sejenisnya. Jalan ini memang dikenal sebagai pusat oleh-oleh Makassar sejak tahun 1970. Jalan Somba Opu juga dikenal sebagai sentra jual beli emas terbesar di Sulawesi Selatan.

Event Tahunan atau Tradisi Makassar

Makassar International Eight Festival (F8)

Perhelatan internasional ini digelar pertama kalinya pada tahun 2016 dan berkembang menjadi festival di Makassar yang selalu ditunggu-tunggu. Pesertanya tidak hanya berasal dari Makassar, tetapi dari seluruh nusantara, bahkan luar negeri. Festival ini mewadahi berbagai kegiatan dalam serangkaian acara. Anda bisa menikmati film, kuliner, musik, kesenian, dan sejenisnya dari berbagai daerah.

F8 sebenarnya merupakan singkatan dari beberapa bidang yang ditampilkan dalam acara ini. Bidang tersebut adalah Fashion, Film, Food & Fruit, Folk, Flora & Fauna, Fine Arts, Fusion Music, dan Fiction Writers & Font. Jadi, selain bersenang-senang, Anda bisa mendapatkan banyak ilmu di festival ini.

Makassar International Writers Festival

Bagi penulis dan penggemar literasi, event tahunan di Makassar ini sangat dinanti-nanti. Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 2012 oleh komunitas independen bernama Rumata’ Artspace. Makassar International Writers Festival tidak hanya dihadiri penulis dan pencinta karya sastra lokal, tetapi juga mancanegara. Masyarakat awam pun turut serta menyemarakkan festival ini.

Selain menawarkan diskusi dan workshop sastra, Makassar International Writers Festival juga menjembatani semua kalangan tentang dunia literasi. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, mengenalkan dan menyebarkan sastra serta proses pembuatannya, sekaligus memotivasi siapa pun untuk menulis.

Rock in Celebes

Acara ini merupakan acara tahunan di Makassar yang selalu jadi sasaran pencinta musik rock. Rock in Celebes mulai hadir meramaikan kancah acara musik Indonesia pada tahun 2010. Anda bisa menyaksikan penampilan para penyanyi maupun band beraliran rock di panggung-panggung yang disediakan. Acara ini biasanya digelar selama dua hari.

Makassar Jazz Festival

Festival yang sudah ada sejak tahun 2010 ini adalah ajang yang dinanti para pencinta musik jaz. Makassar Jazz Festival diselenggarakan selama dua hari setiap tahunnya dan dimeriahkan oleh musisi-musisi jaz nusantara.

Penyelenggara acara ini adalah Makassar Media One, yang memang berkecimpung di bidang media, publikasi, dan hiburan di Sulawesi Selatan dan kawasan timur Indonesia. Tentu saja, pemerintah dan komunitas-komunitas lokal serta internasional juga ikut andil untuk menyemarakkan festival musik khas Afrika-Amerika ini.

Femme

Bagi penggiat fesyen, Anda harus menyempatkan diri untuk hadir dalam perhelatan tahunan yang selalu ditunggu kaum hawa ini. Femme (Female on the Move) merupakan event di Makassar yang sudah ada sejak tahun 2003.

Di sini, Anda bisa menyaksikan pertunjukan fesyen, melihat koleksi desainer nusantara, atau berburu busana dan pernak-perniknya. Untuk menyempurnakan kunjungan Anda di festival fesyen terbesar di Indonesia Timur ini, tersedia banyak stan makanan untuk menghapus rasa lapar.

Makasssar Culinary Night

Festival ini adalah surga bagi pencinta wisata kuliner. Digelar sejak tahun 2015, Makassar Culinary Night selalu berhasil memanjakan lidah dan perut pengunjung dengan berbagai jajanan modern dan tradisional, tentu dengan harga yang ramah kantong.

Selain menarik masyarakat dan wisatawan dengan beragam sajian, acara ini juga menjadi wadah para pegiat UKM untuk memperkenalkan produknya. Hiburan pun disiapkan untuk menambah semarak festival jajanan ini.

Hotel di Makassar

Saat berkunjung ke kota Makassar tentunya jarang sekali untuk pulang kembali ke kota asal di hari itu juga. Apalagi jika anda berasal dari kota yang jauh dari Makassar, pastinya Anda akan butuh penginapan untuk menginap selama berada di kota Makassar. Namun, jangan takut tidak menemukan hotel, penginapan atau rumah singgah (guest house) ketika berkunjung ke Makassar. Jika anda yang berasal dari luar Makassar lalu ingin menghadiri suatu acara atau sekedar berkunjung ke sanak saudara di Makassar dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan.

Anda tak perlu bingung karena ada banyak penginapan atau hotel di Makassar yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Jika anda seorang budget travel, anda juga dapat dengan mudah menemukan hotel murah di Makassar. Harga yang ditawarkan pun mulai 100 ribuan. Fasilitas yang ditawarkan hotel tersebut juga cukup untuk membuat tidur anda nyaman. Hotel lainnya pun ada dan tersedia untuk anda yang ingin fasilitas lebih banyak, namun ada harga yang harus dibayarkan untuk fasilitas tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis hotel di Makassar yang ada di Airy yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap saat sedang berkunjung ke kota Makassar, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman. Fasilitas tersebut seperti wifi gratis, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, tv dan air conditioner (AC). Tentu hotel jenis ini cocok untuk para Backpacker dengan budget terbatas yang hanya butuh tempat untuk tidur. Harga untuk hotel eco di Makassar mulai dari 100 ribuan anda dapat temukan dengan mudah.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang cukup, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel di Makassar dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco. Fasilitas tambahan dapat berupa air panas untuk mandi hingga sarapan pagi gratis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata untuk lebih lama di hotel atau staycation saat berkunjung ke kota Makassar. Selain itu, sangat cocok untuk perjalanan bisnis anda ketika harus bertemu klien ke kota Makassar ini. Anda dapat menikmati malam sambil menyiapkan presentasi atau menyelesaikan pekerjaan saat disaat harus keluar kota di dalam hotel.

Kelas Premier

Kelas yang terakhir adalah kelas Premier atau kelas yang paling high class di Airy. Ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier ini menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini. Cocok sekali untuk yang sedang honeymoon dan lebih banyak berdiam di hotel. Hotel ini banyak ditemukan di Kota besar seperti Makassar.

Tips Memilih Hotel di Makassar

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Daeng (sebutan kota Makassar), tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Anda akan butuh hotel atau penginapan karena mungkin tidak cukup untuk sehari menjelajahi kota Makassar jika anda berasal dari luar kota Makassar. Sebelum anda booking hotel di Makassar, berikut tips yang bisa anda lakukan.

Sesuaikan dengan Budget Anda

Budget mungkin menjadi salah satu faktor yang paling sering diperhatikan wisatawan sebelum booking hotel. Jika anda salah satunya maka sangat perlu untuk menyesuaikan budget yang anda punya sebelum booking hotel online. Sebelumnya telah dibahas macam-macam jenis hotel yang ada di kota Makassar. Anda bisa menyesuaikan kelas tersebut dengan budget anda. Sebaiknya tidak memaksakan untuk booking hotel dengan harga yang melampaui budget anda.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya anda perhatikan lokasi hotel di kota Makassar ini. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Makassar. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Makassar seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian. Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Makassar atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Makassar.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel Makassar. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Makassar anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel di Makassar akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian untuk booking hotel Makassar secara online juga lebih banyak yang menyediakan. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan OTA lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Makassar.

Rekomendasi Hotel Murah di Makassar

Jika anda sudah punya rencana mengunjungi Makassar maka anda dapat booking hotel di Makassar secepatnya agar tak menjadi beban pikiran. Anda akan menemukan hotel murah di Makassar. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Makassar.

Airy Eco Ujung Pandang Latimojong Square Nico Makassar

Jika Anda sedang mencari hotel murah di Makassar, Airy Eco Ujung Pandang Latimojong Square Nico Makassar bisa menjadi pilihan tempat menginap. Hotel ini menawarkan kamar nyaman dan bersih yang ditunjang berbagai fasilitas. Sebut saja kamar mandi dalam dengan air panas dan perlengkapan mandi gratis, TV, air minum cuma-cuma, serta AC. Anda pun bisa memanfaatkan koneksi internet gratis untuk tetap terhubung dengan keluarga dan kolega. Selain itu, ada layanan kamar, lift, restoran, dan ruang pertemuan untuk menambah kenyamanan.

Hotel ini terletak di Komp. Ruko Latimojong Square, Jalan Nico No. H39, Larian Bangi, Makassar. Lokasinya cukup strategis karena dekat dengan tempat wisata seperti Pantai Losari dan Fort Rotterdam. Jaraknya hanya kurang dari 2 kilometer. Nikmati kenyamanan menginap di hotel ramah kantong ini mulai dari Rp200 ribuan saja.

Airy Panakkukang Pandang Raya 12 Makassar

Salah satu hotel terdekat di Makassar adalah Airy Panakkukang Pandang Raya 12 Makassar. Hotel yang berada di Jalan Pandang Raya No. 12, Pandang, Panakkukang, Makassar ini siap memanjakan istirahat Anda dengan fasilitas kamar yang lengkap dan nyaman. Tarif bermalamnya pun sangat terjangkau mulai dari Rp200 ribuan.

Dari Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Anda bisa menjangkau hotel ini dalam waktu sekitar 30 menit. Untuk urusan bersantap, banyak pilihan tempat makan di sekitar hotel seperti Mama Hotplate, Cheng Kios Mie, atau Papa Sam Pizza & Pastry. Jaraknya hanya kurang dari 1 kilometer dan dapat dijangkau dengan berkendara kurang dari 5 menit.

Airy Sawerigading Boto Lempangan 28 Makassar

Hotel Airy ini berlokasi di Jalan Boto Lempangan No. 28, Sawerigading, Ujung Pandang, Makassar. Anda bisa menikmati istirahat nyaman di kamar bersih dan ber-AC. Terlebih, kamar mandinya ditunjang shower air panas dan perlengkapan mandi. Akses internet gratis dan televisi bisa menjadi hiburan kala bosan.

Nikmati juga segala fasilitas tambahan yang ditawarkan Airy Sawerigading Boto Lempangan 28 Makassar. Tersedia brankas, area merokok, restoran untuk bersantap, dan ruang pertemuan untuk urusan bisnis dan perjamuan. Ada juga layanan pijat untuk relaksasi. Dengan desain modern yang terkesan mewah, hotel di Makassar ini sangat cocok sebagai tempat menginap.

Akses menuju tempat wisata mudah, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Pantai Losari hanya berjarak kurang dari 1 kilometer. Hanya butuh 3 menit berkendara untuk mencapai objek wisata populer di Makassar ini. Sementara itu, hotel ini juga dekat dengan berbagai tempat makan untuk menghapus rasa lapar.

Airy Eco Karebosi Jampea 2 Makassar

Airy Eco Karebosi Jampea 2 Makassar adalah pilihan ideal bagi Anda yang bertandang ke Kota Anging Mamiri dengan bujet terbatas. Hanya dengan Rp100 ribuan, Anda sudah bisa menikmati istirahat di kamar bersih, nyaman, dan berfasilitas memadai. Ada AC, TV, WiFi gratis, dan air minum gratis. Fasilitas kebersihan diri ditunjang dengan pancuran air panas dan perlengkapan mandi. Desain hotel minimalis dan unik yang menjadi nilai tambah tersendiri.

Penginapan murah di Makassar ini berada di Jalan Jampea No. 2, Pattunuang, Wajo, Makassar. Ada banyak tempat makan di sekitar hotel. Sebut saja Rumah Makan Satu Satu, Nasi Kuning Riburane, atau Donalson. Untuk menuju Fort Rotterdam, Anda harus berkendara sekitar 5 menit dari penginapan. Pantai Losari pun hanya berjarak sekitar 6 menit berkendara.

Airy Eco Syariah Rappocini Mapala Raya A2 6 Makassar

Anda tidak perlu khawatir jika hanya memiliki dana terbatas saat mencari hotel murah di Makassar. Ada Airy Eco Syariah Rappocini Mapala Raya A2 6 Makassar yang siap menjadi tempat singgah Anda selama di Kota Daeng.

Harga kamar per malamnya mulai Rp150 ribuan saja. Itu pun Anda sudah mendapatkan kamar bersih dengan fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan. Karena mengusung kaidah syariah, Anda harus menunjukkan akta nikah maupun kartu keluarga jika menginap bersama lawan jenis di hotel ini.

Anda bisa menemukan hotel ini di Jalan Mapala Raya Blok A2 No. 6, Tidung, Makassar. Tidak perlu khawatir soal urusan bersantap. Ada banyak pilihan tempat makan di sekitar hotel seperti Koi Japanese Restaurant, Mama Cafe;, dan Rumah Makan Atiraja.

Itulah rekomendasi hotel murah di Makassar yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Makassar ini. Tentunya hotel-hotel murah Makassar bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Makassar ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.