Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
June 2019
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1 Malam
Cari Kamar

33 Hotel Di Malang

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 327,800

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 372,100
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 372,100

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 2 halaman
Selanjutnya
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book

Asal Usul Malang

Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur. Malang menjadi kota kedua di Jawa Timur. Daerah ini sudah dijadikan sebagai area pemukiman sejak zaman purbakala. Banyaknya sungai di sekitar area tersebut membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai kawasna pemukiman. Tlogomas dan Dinoyo diketahui adalah kawasan pemukiman pada zaman prasejarah. Sampai saat ini asal usul nama Malang masih diteliti. Hingga saat ini sudah didapatkan beberapa hipotesa terkait asal usul nama Malang. Salah satu hipotesa menyebutkan bahwa nama Malang diambil dari kata Malangkucecwara yang ada di lambangkota Malang. Malangkucecwara sendiri adalah sebuah bangunan suci yang namanya terdapat pada Prasasti Mantyasing Tahun 907 dan 908. Kota ini diperkirakan sebagai peninggalan zaman kerajaan Singosari.

Malang merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer di Jawa Timur. Destinasi ini juga dijuluki sebagai Kota Apel karena di sana terdapat banyak perkebunan apel. Selain itu Malang juga dikenal memiliki banyak tempat wisata menarik yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Kota ini juga menjadi destinasi untuk mengadakan berbagai macam kegiatan baik organisasi maupun instansi pemerintahan.

Kini kota Malang sudah sangat terkenal berkat banyaknya tempat wisata yang menarik para pelancong, dan karena suhu udara yang juga sejuk, tak heran kota ini menjadi salah satu destinasi terbaik untuk wisata. Hotel di Malang pun jumlahnya sudah tak terhitung.

Cara Menuju Kota Malang

Melalui Jalur Udara

Untuk menuju ke Malang melalui jalur udara, Anda dapat mendarat di Bandara Abdul Rachman Saleh. Bandara ini berada di Jln. Abdur Rachman Saleh, Pakis. Beberapa maskapai penerbangan dari seluruh Indonesia sudah ada yang mendarat di bandara tersebut. Lokasi bandara ini berjarak sekitar 17 km dari pusat kota.

Melalui Jalur Darat

Jalur darat menjadi pilihan populer bagi masyarakat untuk menuju ke Malang karena mereka dapat membawa kendaraan pribadi untuk menuju ke sana baik roda dua maupun roda empat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bus dan berhenti di Terminal Arjosari atau Terminal Gadang. Terminal Arjosari sendiri berada di Jln. Terusan Raden Intan Nomor 1. Terminal ini berada di Kelurahan Blimbing dan menjadi pintu gerbang Malang dari arah utara. Sementara itu Terminal Gadang berada di Jln. Kolonel Sugiono, Malang Selatan, Sukun. Bagi Anda yang datang dari luar kota dengan menggunakan jalur darat, Anda juga dapat menggunakan kereta api dan berhenti di Stasiun Malang. Ini adalah stasiun kereta api terbesar yang ada dikota Malang.

Jika ingin lebih enak, sebaiknya Anda memesan hotel di Malang yang jaraknya tidak jauh dari bandara maupun dari stasiun atau terminal.

Transportasi Di Malang

Ada banyak pilihan alat transportasi yang dapat digunakan di Malang. Selain menggunakan kendaraan pribadi, di sana juga terdapat beberapa pilihan transportasi umum seperti mikrolet, ojek, dan taksi. Mikrolet di Malang memiliki beberapa rute di antaranya adalah Arjosari-Landungsari, Arjosari-Gadang, Arjosari-Tidar, Arjosari-Dinoyo-Landung Sari, Arjosari-Sukarno Hatta-Dinoyo, Arjosari-Borobudur-Gadang, Arjosari-Janti-Gadang, Arjosari-Mergosono-Gadang, Cemoro Kandang-Landung Sari,Gadang-Landung Sari, dan masih ada beberapa rute lainnya. Tarif mikrolet di Malang sekitar Rp 3000,-. Jika Anda ingin lebih nyaman Anda dapat menyewa mobil dengan tariff sekitar Rp 350 ribu-500 ribu per hari. Sewa tersebut dapat berupa unit mobil saja atau ditambah dengan jasa sopir tetapi dengan biaya tambahan. Sementara itu ada pula jasa sewa motor dengan tariff Rp 60 ribu per hari.

Sebenarnya para wisatawan yang ingin berkunjung ke Malang akan difasilitasi dengan bus tingkat wisata secara gratis untuk berkeliling Malang. Fasilitas ini dapat dinikmati oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Jadi jika ingin berhemat dapat menggunakan fasilitas ini. Jika ingin lebih nyaman dan tidak mau repot, Anda dapat menggunakan taksi. Di Malang terdapat banyak taksi yang dapat dipilih seperti Taksi Citra Kendedes, Mandala, Argo, dan Bima.

Tempat Wisata di Kota Malang dan Sekitarnya

Jawa Timur Park 1

Jawa Timur Park 1 memiliki 55 wahana permainan seru untuk segala usia. Selain menghadirkan wahana khusus permainan menantang, ada pula wahana sains, hingga sejarah yang dikemas secara interaktif. Sesuai dengan motto “Taman Belajar dan Rekreasi” yang diusungnya, Jatim Park 1 menghadirkan aneka wahana yang erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan budaya.

Galeri Batik Nusantara merupakan wahana budaya yang terdapat di Jatim Park 1. Di sini, pengunjung akan diajak melihat kekayaan bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Taman kolam renangnya pun dihiasi patung-patung figur penting di sejarah masyarakat Jawa, seperti Ken Arok dan Ken Dedes.

Dengan luas taman bermain yang mencapai 11 hektare, Anda mungkin perlu waktu seharian penuh untuk menjelajahi seisi Jatim Park 1. Tak perlu takut kelelahan, Jatim Park 1 menyediakan tempat khusus beristirahat seperti gazebo dan rumah makan untuk memulihkan tenaga sebelum melanjutkan perjalanan wisata. Tempat wisata yang terletak di Jalan Kartika Baru No.2 ini memiliki tiket masuk seharga Rp70.000 untuk hari biasa dan Rp100.000 khusus akhir pekan.

Jawa Timur Park 2

Berbeda dari Jatim Park 1 yang mengusung tema sains, sejarah, dan budaya, Jatim Park 2 lebih menonjolkan kehidupan satwa dan alam liar untuk konsep wahananya. Begitu memasuki area taman hiburan, Anda dapat merasakan nuansa purbakala yang kental berkat kehadiran replika fosil dinosaurus, serta hewan-hewan raksasa purbakala lainnya.

Perjalanan wisata di Jatim Park 2 umumnya diawali di Museum Satwa yang memerkan diorama satwa liar seperti di habitat aslinya jutaan tahun lalu. Replika fosil T-Rex berdiri dengan gagahnya di ruang pamer utama museum. Seluruh replika dan diorama dipresentasikan dengan cara yang menarik dan tidak membosankan.

Setelah puas melihat diorama hewan purba, saatnya melanjutkan perjalanan ke Batu Secret Zoo untuk menyapa hewan lainnya. Ratusan spesies burung dari berbagai penjuru dunia hidup di kebun binatang ini. Anda bahkan dapat menemukan spesies burung yang hampir punah seperti elang jawa, kasuari, hingga cenderawasih. Kawanan harimau, singa, dan macan tutul dapat pula Anda lihat langsung di Batu Secret Zoo.

Jawa Timur Park 2 berlokasi di Jalan Oro-oro Ombo No. 9, Kota Batu. Tiket masuk untuk hari biasa dibanderol dengan harga Rp84.000 per pengunjung. Sementara, untuk akhir pekan, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp120.000.

Jawa Timur Park 3

Jawa Timur Park 3 masih mengusung tema dinosaurus untuk taman hiburannya. Sekilas, taman ini akan mengingatkan Anda pada film Jurassic Park berkat banyaknya spesies “dinosaurus” yang bersarang di sini. Agar lebih mengenal kondisi bumi dari zaman ke zaman, cobalah untuk berkunjung ke dunia jelajah 5 zaman yang akan mengajak Anda mempelajari kondisi dari zaman purbakala hingga zaman es.

Bagi yang gemar berswafoto, Jatim park 3 pun memiliki wahana khusus dengan pemandangan ala kota ternama dunia. Di Terminal Selfie, misalnya, Anda dapat berfoto dengan latar belakang rumah klasik ala Eropa, istana tradisional Korea Selatan, pameran cahaya Infinite World, Ice Cream World, dan masih banyak lagi.

Jatim Park 3 terletak di Jalan Ir. Soekarno No. 144, Batu, Jawa Timur. Agar bisa bermain dengan puas di Jatim Park 3, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp75.000 pada hari biasa dan Rp100.000 untuk akhir pekan.

Museum Angkut

Museum Angkut merupakan salah satu ikon wisata Kota Malang yang terkenal dengan pameran angkutan transportasi dari masa ke masa. Museum seluas 3,8 hektare ini menyimpan 300 koleksi kendaraan dari berbagai era dan termasuk sebagai museum transportasi terbesar di Asia Tenggara. Pameran angkutan ini terbagi ke dalam 8 zona. Salah satu zona yang paling banyak disambangi pengunjung adalah Euro Zone yang memamerkan koleksi mobil kuno ala Eropa, termasuk mobil Range Rover yang pernah digunakan Ratu Inggris.

Di luar museum terdapat area Pasar Apung yang menjual makanan dan minuman dari atas perahu gondola, layakna pasar apung yang Anda temui di daerah Sumatera Selatan. Anda pun dapat turut merasakan asyiknya menaiki gondola sembari menikmati minuman maupun camilan. Museum Angkut berlokasi di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Kecamatan Batu, Kota Batu. Harga tiket masuk untuk hari biasa sebesar Rp70.000 dan Rp100.000 untuk akhir pekan.

Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna terletak di area hutan konservasi. Tak heran jika suasananya terasa sejuk dan menyenangkan. Pengunjung yang datang pun tak terlalu ramai sehingga Anda dapat dengan nyaman menikmati keindahan pantai.

Sesuai namanya, pantai ini menyajikan harmoni pemandangan alam yang terdiri dari tiga warna. Warna air laut yang berwarna biru terkadang menciptakan gradasi warna hijau tosca. Gradasi air warna laut yang cantik tersebut semakin memikat kala dipadukan dengan putihnya pasir pantai yang halus.

Saat berkunjung ke Pantai Tiga Warna, jangan sampai lupa untuk snorkeling menikmati keindahan terumbu karang yang akan membuat Anda jatuh hati. Perjalanan menuju dan dari pantai pun tak kalah menyenangkannya. Suasana sejuk hutan mangrove yang rindang membuat perjalanan yang cukup panjang jadi tidak terasa melelahkan.

Pantai Balekambang

Banyak yang bilang, Pantai Balekambang adalah Tanah Lot-nya Malang. Anggapan tersebut tidak salah sebab Pantai Balekambang pun memiliki bangunan pura yang berdiri kukuh di atas tebing. Saat cuaca cerah, birunya langit berpadu manis dengan laut biru yang berkilauan. Karena pemandangannya yang cantik, Anda dapat menemukan deretan spot berfoto di sekitar pantai.

Jika ingin bersantai di tepi pantai pun tak masalah. Saat air laut sedang surut, Anda bahkan dapat melihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang lalu-lalang di sekitar laut. Konon, Pantai Balekambang pun memiliki pemandangan sunset yang mampu menyihir mata. Jangan sampa ketinggalan, ya!

Coban Rais

Coban Rais punya atraksi wisata alam yang terbilang lengkap. Mulai air terjun, taman bunga, hingga tempat foto yang Instagramable. Anda bahkan dapat mengayuh sepeda di atas langit sembari berfoto manis, lho. Bagi yang ingin berelaksasi, datanglah ke Air Terjun Coban Rais yang menyejukkan. Pemandangan di sekitar air terjun pun tak kalah ademnya.

Pepohonan dan semak belukar menambah unsur alam yang makin membuat kawasan air terjun jadi pemandangan yang memanjakan mata. Agar lebih aman, ada baiknya untuk mengunjungi air terjun saat cuaca sedang cerah. Jalanan menuju air terjun dapat terlalu licin dan berlumpur untuk dilalui saat musim hujan.

Gua Pinus

Objek wisata satu ini sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial. Pemandangan hutan pinus yang asri dan tinggi menjulang tentu jadi hal yang membuat banyak orang takjub. Berkat rimbunnya hutan pinus, perjalanan menuju gua pun jadi terasa lebih menyenangkan.

Di sepanjang hutan, terdapat deretan atraksi unik yang dapat menjadi objek foto Instagramable. Gerbang masuknya terlihat unik karena terbuat dari cabang-cabang pohon yang membentuk bingkai. Area Gua Pinus dilengkapi gardu pandang dengan nuansa etnik yang menarik untuk difoto. Dari atas gardu pandang, Anda dapat melihat pemandangan sekitar Gua Pinus dari ketinggian.

Taman Langit Gunung Banyak

Kota Batu punya spot wisata dataran tinggi yang tak kalah cantiknya dengan Bandung atau Yogyakarta. Salah satunya adalah Taman Langit Gunung Banyak yang menawarkan pengalaman wisata bak negeri di atas langit.

Daya tarik utama objek wisata ini tak lain terletak pada spot Instagramable seperti taman bunga, patung artistik, kabin kayu, hingga gardu pandang. Lokasinya yang terletak di kawasan Gunung Banyak membuat cuaca terasa lebih sejuk. Hingga saat ini, pengelola Taman Langit Gunung Banyak masih mengembangkan wahana permainan dan fasilitas tempat wisata untuk meningkatkan pengalaman wisata pengunjung.

Kampung Warna-warni Jodipan

Ini dia tempat wisata Instagramable yang unik di Kota Malang. Awalnya, Kampung Jodipan dikenal sebagai daerah permukiman kumuh. Namun, semenjak dipugar, penampilannya berubah dratstis dan mampu menjadi objek wisata alternatif bagi warga setempat dan pelancong.

Selain rumah dengan tembok warna-warni, Kampung Jodipan pun dipenuhi karya seni mural 3D yang unik. Area yang cukup banyak digemari pengunjung saat berkunjung ke Kampung Jodipan adalah Balai Payung yang dipenuhi aneka payung warna-warni. Anda bahkan dapat menemukan jembatan kaca seperti yang terdapat di Zhangjiajie, Tiongkok. Jembatan tersebut menghubungkan Kampung Jodipan dan Tridi.

Taman Labirin Coban Rondo

Buat petualangan di Malang makin seru dengan mengunjungi Taman Labirin Coban Rondo. Ajak teman dan keluarga untuk berlomba mencari jalan menuju air mancur di tengah labirin. Sekilas, mungkin tampak mudah untuk menaklukkan labirin. Namun, begitu sudah masuk di labirin, Anda dijamin akan kebingungan mencari rute yang sesuai.

Agar tidak tersesat terlalu lama, minta salah satu anggota keluarga atau teman untuk mengarahkan dari atas gardu pandang. Kalau terus-menerus menemui jalan buntu, tidak ada salahnya untuk istirahat sejenak sambil berfoto dalam labirin.

Selain taman labirin, area wisata ini juga memiliki daya tarik lain berupa Air Terjun Coban Rondo. Selepas menaklukkan labirin, pastikan untuk bersantai menikmati sejuknya deburan air terjun, ya.

Perkebunan Teh Wonosari

Cari suasana sejuk dengan pemandangan permadani hijau? Datang saja ke Perkebunan Teh Wonosari yang berlokasi di Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Semenjak dibuka untuk umum, Perkebunan Teh Wonosari selalu dipadati pengunjung yang ingin menikmati suasana sejuk sekaligus mencoba berbagai wahana wisata seperti ATV dan outbound.

Jika mengajak si kecil, ajak mereka untuk berkenalan dengan burung kakaktua yang mendiami area kebun teh atau berkeliling kebun dengan menunggang kuda. Agar kunjungan lebih lengkap, jangan lewatkan pula tur ke pabrik untuk mengetahui bagaimana daun teh diproses menjadi teh siap saji.

Tutup perjalanan di Perkebunan Teh Wonosari dengan berelaksasi di Pemandian Sumber Krabyakan. Mata air di pemandian ini berasal dari Gunung Arjuno, lho. Pemandangan Gunung Arjuno pun dapat dinikmati langsung sembari berendam di kolam pemandian.

Desa Wisata Oro-oro Ombo

Penasaran ingin tahu rasanya hidup di pedesaan seperti gim Harvest Moon? Datang saja ke Desa Wisata Oro-oro Ombo. Taman wisata ini menghadirkan keindahan alam khas pedesaan yang tecermin dari kebun bunga warna-warni, persawahan, hingga peternakan mini yang dihuni kawanan kuda.

Sebagai ikon wisata Kota Batu, Desa Oro-oro Ombo menawarkan hiburan dari pagi sampai malam. Saat malam hari, ada Batu Night Spectacular yang dipenuhi beragam wahana permainan menarik khas pasar malam serta kerlap-kerlip lampion dan lampu hias yang membuat suasananya makin semarak. Keramaian Desa Wisata Oro-oro Ombo dapat meningkat berkali-kali lipat saat musim liburan. Jika ingin lebih puas, ada baiknya memilih waktu kunjungan di luar hari libur, ya.

Gunung Bromo

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Malang tanpa menyambangi Gunung Bromo. Gunung yang berlokasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini lekat dengan padang pasirnya yang menjadi magnet wisata bagi para pengunjung. Sejak dini hari, mobil jeep sudah berlalu-lalang melintasi padang pasir Bromo untuk mengantarkan pengunjung yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit. Berhubung udaranya sangat dingin, pastikan untuk mengenakan pakaian hangat lengkap dengan topi dan sarung tangan selama berkunjung ke Bromo, terutama saat pagi dan malam hari.

Setelah puas mengabadikan momen matahari terbit, lanjutkan perjalanan dengan menjelajahi padang sabana yang mirip bukit Teletubbies. Rasakan damainya hati saat memandangi permadani hijau sejauh mata memandang. Untuk melengkapi perjalanan, kelilingi area taman nasional dengan menunggangi kuda.

Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata merupakan tempat wisata yang pas dikunjungi bersama keluarga. Atraksi wisata yang terdapat di sini lumayan lengkap, mulai dari wahana petualangan, edukasi, hingga relaksasi. Tertarik mengadu nyali bersama si kecil? Cobalah untuk menjajal wahana outbound atau menunggang kuda mengelilingi kawasan taman wisata.

Ajak pula si kecil memberi makan kelinci atau memetik buah stroberi untuk mengenalkannya pada keberagaman flora dan fauna. Jika ingin bermain air, langsung saja meluncur ke area waterboomnya. Dijamin, pengunjung dewasa maupun anak-anak dapat bersenang-senang selama bermain di Kusuma Agrowisata.

Coban Talun

Berlokasi di Lereng Gunung Arjuna, Coban Talun menawarkan pemandangan alam yang eksotis. Hanya berjarak 15 km dari pusat Kota Malang, bersiaplah dibuat takjub oleh panorama air terjun yang menakjubkan. Pemandangannya akan semakin cantik saat dinikmati di cuaca cerah. Area Coban Talun juga sarat akan tempat menarik untuk bersantai maupun berfoto.

Terdapat area taman bunga dan hutan pinus di rute jalan menuju air terjun. Gardu pandang kekinian pun dapat Anda temukan di sini untuk melihat pemandangan air terjun dari kejauhan. Menariknya, di sekitar gardu pandang terdapat spot berfoto yang Instagramable, seperti ayunan tinggi, bingkai berbentuk hati, hingga hammock warna-warni.

Kuliner Khas Kota Malang

Angsle dan Ronde Titoni

Malang terkenal memiliki cuaca sejuk. Saat berwisata di malam hari, hangatkan tubuh dengan menyantap semangkuk angsle dan ronde titoni. Kuah jahe yang berpadu dengan menu racikan angsle membuat malam semakin terasa hangat dan manis.

Kedai Angsle dan Ronde Titoni ini pun cukup legendaris di Malang dan sudah eksis selama 70 tahun. Kedai Angsle dan Ronde Titoni berlokasi di Jalan Zainul Arifin No. 17, Sukoharjo, Malang dan buka setiap Senin-Sabtu pukul 18.00-00.00 WIB. Semangkuk wedang ronde di kedai ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau yakni Rp7.000-Rp9.000.

Soto Daging Rahayu

Sejak berdiri tahun 1928, Soto Daging Rahayu tak pernah sepi pengunjung berkat kelezatan bumbu soto dengan resep turun-temurunnya. Kuah soto yang nikmat dan kaya akan rempah semakin lezat kala berpadu dengan empuknya daging serta nasi hangat yang masih dimasak menggunakan dandang.

Untuk ukuran soto daging porsi besar, harga yang dipatok lumayan murah, yakni hanya Rp10.000. Warung Soto Daging Rahayu terletak di Gang 7, Mergosono, Kedungkandang, Kota Malang. Warung soto satu ini buka mulai pukul 06.00-21.00.

Tahu Lontong Lonceng

Sedapnya Kota Malang pun dapat dinikmati dengan sepiring Tahu Lontong Lonceng. Penganan khas Kota Apel ini terdiri dari lontong yang berpadu dengan kecambah, mentimun, dan siraman bumbu kacang serta kecap untuk membuat rasanya semakin mantap.

Untuk dapat menikmati Tahu Lontong Lonceng yang legendaris ini, langsung saja meluncur ke lokasinya di kawasan Pasar Besar Jalan Laks. Martadinata No. 66 Kota Malang. Warung Tahu Lontong Lonceng ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Tidak perlu merogoh koeck terlalu dalam untuk menikmati sepiring Tahu Lontong Lonceng. Anda hanya perlu membayar Rp8.000.Rp10.000. Sangat terjangkau, bukan?

Warung Sate Gebug

Sate gebug juga merupakan kuliner favorit warga Malang dan para pelancong. Warung makan yang berdiri di bekas gardu listrik ini sudah eksis selama hampir satu abad. Apa lagi yang bikin warung ini selalu dipenuhi pelanggan setianya dari tahun ke tahun jika bukan sajian satenya yang autentik dan lezat?

Sate gebug terkenal memiliki tekstur daging yang tebal dan lembut, terlebih saat dimasak bersama bumbu kecap yang membuat rasanya semakin mantap. Untuk melengkapi kegiatan santap, hadir pula menu pendamping seperti sop, soto, dan rawon yang cita rasanya pun tak kalah lezat. Warung Sate Gebug berlokasi di Jalan Basuki Rachmat No. 113A, Malang, dan buka setiap Sabtu-Kamis sejak pukul 08.00-16.30.

Depot Rawon Nguling

Rawon memang tak bisa dilepaskan dari daftar kuliner khas Jawa Timur. Di Malang, ada warung rawon legendaris di Jalan Zainul Arifin No. 62 bernama Depot Rawon Nguling. Hampir setiap harinya, Depot Rawon Nguling selalu ramai dipadati pengunjung yang penasaran ingin mencicipi cita rasa rawon legendaris ini. Tersedia dua menu rawon yang dapat dipesan, yakni rawon dhengkul dan rawon biasa.

Biar makin mantap, pesan juga menu makanan lain seperti tempe penyet, perkedel, serta minuman dingin untuk membasuh tenggorokan selepas makan. Harga seporsi rawon di sini pun masih tergolong murah, yakni mulai Rp27.000. Oh ya, Depot Rawon Nguling ini buka setiap hari sejak pukul 07.00-16.30 WIB.

Sego Resek

Sego Resek bisa jadi merupakan definisi makanan kaki lima rasa bintang lima. Bagaimana tidak, banyak pengunjung rela antre demi menikmati seporsi nasi mawut maupun nasi goreng yang dimasak menggunakan arang. Lauk-pauk yang ditawarkan untuk dua menu utama tersebut pun cukup beragam, terdiri dari telur, ayam goreng, tempe dan usus goreng, serta sambal dan sayuran. Pokoknya, dengan harga Rp8.000 per porsi, lidah dan perut Anda dijamin puas. Warung Sego Resek Pak Noto dan Bu Sadiah ini berlokasi di Jalan Brigjen Katamso No. 4, Kauman, Malang, dan buka sejak pukul 18.00-22.00 WIB, cocok untuk santap malam.

Rujak Cingur Bude Ruk

Jangan lupakan rujak cingur saat membahas kuliner khas Malang, apalagi Rujak Cingur Bude Ruk yang cita rasanya sudah tersohor seantero Malang. Saking terkenalnya, gang sekitar warung pun diberi nama Gang Rujak. Warung rujak cingur ini jadi destinasi wisata kuliner wajib bagi para pelancong.

Rujak Cingur Bude Ruk terkenal berkat cita rasa bumbunya yang autentik serta bahan makanannya yang segar. Harganya pun murah-meriah untuk ukuran seporsi besar rujak cingur, yakni Rp15.000. Bagi yang tak sabar ingin segera mencicipi Rujak Cingur Bude Ruk, segera datang ke lokasinya di Jalan Soeroeji No. 17, Gang 1, Kepanjen, Malang.

Soto Ayam Lombok

Namanya boleh mengecoh, tapi kuliner satu ini tetap 100% asli Malang. Dinamakan Soto Ayam Lombok sebab warung soto pertama dibuka di Jalan Lombok. Sejak berdiri tahun 1935, warung Soto Ayam Lombok sudah memiliki cabang di penjuru Kota Malang.

Meski sudah banyak cabangnya, rasa asli Soto Ayam Lombok ini tidak pernah berubah. Dalam semangkuk soto ayamnya, terdapat irisan daging ayam tebal dilengkapi telur, kentang, lontong, dan tak lupa siraman kuah soto yang kental. Seporsi Soto Ayam Lombok dibanderol dengan harga Rp10.000-Rp15.000. Lokasi cabang utama kedai soto berada di Jalan Lombok No. 1, Kasin, Malang. Warung Soto Ayam Lombok buka mulai pukul 07.00-00.30 WIB.

Soto Geprak Mbah Djo

Dinamakan soto geprak karena daging sapi yang diolah terlebih dulu dihancurkan dengan cara dipukul hingga halus. Saat dipadukan dengan kuah soto yang segar, telur, sayuran, bawang goreng, dan jeruk nipis, Anda akan langsung merasakan rasa gurih, asam, dan pedas menjadi satu. Warung makan ini pun menyediakan menu tambahan lain berupa lumpia, tempe serta tahu untuk membuat santap semakin lengkap. Biar makin segar, jangan lupa pilih es jeruk untuk melepas dahaga setelah makan.

Warung Soto Geprak Mbah Djo berada di Jalan Letjen S. Parman No. 77-79, Malang dan buka mulai pukul 08.00-18.00. Seporsi soto geprak ini dihargai sangat terjangkau, lho, yakni mulai Rp7.000 saja. Buat backpacker, Soto Geprak Mbah Djo sudah pasti mampu mengenyangkan perut sekaligus memanjakan lidah. Wajib coba!

Pos Ketan Legenda

Usai makan berat, jangan lupa makan yang manis-manis. Di Kota Batu, ada warung kudapan ketan yang melegenda seperti namanya, yakni Pos Ketan Legenda. Ketan yang disajikan di sini bukan sembarang ketan. Anda dapat memesan ketan dengan topping nangka, pisang, keju, meses, gula merah, susu, dan masih banyak lagi topping kekinian lainnya.

Setiap pagi hingga sore, banyak pengunjung yang rela antre demi mendapatan sepiring ketan legit murah-meriah ini. Pos Ketan Legenda berlokasi di Jalan Kartini No. 6, Ngaglik, Kota Batu dan buka pukul 07.30-15.30.

Puthu Lanang Celaket

Warung putu satu ini termasuk yang tertua di Kota Malang. Meski hanya menjual aneka jajan pasar sepertu putu, lupis, cenil, dan klepon, penggemarnya tidak pernah surut dari tahun ke tahun. Selain rasanya enak, harganya pun cukup terjangkau, yakni mulai Rp10.000. Warung Puthu Lanang Celaket berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT 03, Klojen, Malang.

Tempat Hangout Anak Muda di Malang

Alun-alun Kota Malang

Cari tempat nongkrong yang gratis, seru, dan adem? Alun-alun Kota Malang tempatnya. Biasanya, alun-alun ramai dipadati muda-mudi untuk menghabiskan waktu sore sembari bersantai atau joging. Biar tidak terlalu sepi, di area alun-alun pun disediakan pusat jajanan serba ada atau pujasera yang menjual aneka makanan dan camilan dengan harga terjangkau.

Beragam aktivitas seru seperti pertunjukkan musik jalanan juga kerap digelar di alun-alun. Bagi komunitas, alun-alun jadi tempat yang asyik untuk berkumpul. Saat malam takbiran atau tahun baru, keramaian kerap dipusatkan di kawasan alun-alun. Bisa dibilang, Alun-alun Kota Malang merupakan tempat hiburan alternatif bagi warga Malang.

Alun-alun Kota Batu

Bagi anak muda Kota Batu, alun-alun kota jadi tempat nongkrong nomor satu. Berbeda dari alun-alun kota pada umumnya, Alun-alun Batu didesain mirip pasar malam, lengkap dengan wahana permainan dan pusat kulinernya. Tak heran jika banyak pelancong yang betah berlama-lama nongkrong di alun-alun ini.

Selain menjadi sarana hiburan, Alun-alun Kota Batu diandalkan juga sebagai tempat olahraga bagi warga sekitar. Setiap pagi dan sore, para anak muda maupun lansia joging di area alun-alun secara rutin. Seluruh kebutuhan rekreasi warga tampaknya dapat terpenuhi di alun-alun kota.

Bukit Delight

Malang memang surganya kafe bertema outdoor. Bukit Delight, misalnya, mengusung konsep tempat tongkrongan di daerah dataran tinggi Malang yang terkenal sejuk dan asri. Pengunjung banyak memilih untuk datang pada malam hari agar suasananya terasa semakin romantis berkat kelap-kelip lampu hias yang terpasang di seluruh area kafe. Sembari menyaksikan pemandangan pegunungan yang memikat ditemani sahabat dan orang terkasih, nikmati sajian unggulan Bukit Delight seperti beef teriyaki rice dan blackpepper chicken rice. Bukit Delight berlokasi di Jalan Raya Joyo Agung No. 1 Merjosari, Lowokwaru, Malang.

Omah Coffee

Omah Coffee merupakan surganya penikmat kopi di daerah Malang dan sekitarnya. Kafe yang berlokasi di Jalan Suropati No. 10, Malang ini memiliki nuansa yang nyaman bak di rumah sendiri. Hampir seluruh furnitur di kafe bernuansa kayu, terlebih dengan kehadiran koleksi ornamen tradisionalnya yang membuat suasananya semakin homey.

Saat di kafe, aroma sedap kopi dan gurihnya hidangan tercium begitu tajam, seakan-akan mengundang pengunjung untuk segera menikmati hidangannya. Layaknya kafe pada umumnya, Omah Coffee menyajikan menu minuman olahan kopi seperti latte, cappuccino, ice blended, frappuccino, dan berbagai kudapan pendamping seperti roti bakar dan pasta. Buat yang ingin makan berat, Omah Coffee tak lupa menawarkan menu makanan utama seperti nasi goreng, rice bowl, aneka mi, dan pizza.

Angkringan Kapal Soekarno-Hatta

Yogyakarta bukan satu-satunya kota yang lekat dengan deretan angkringan di sepanjang jalannya. Di Malang, angkringan pun merupakan pemandangan umum. Banyak anak muda yang gemar menghabiskan waktu bersama di angkringan, salah satunya Angkringan Kapal Seokarno-Hatta. Angkringan ini tempat nongkrong wajib bagi mahasiwa Universitas Brawijaya dan sekitarnya.

Tidak ada yang istimewa dari angkringan ini, tapi Anda dapat merasakan suasana yang familier dan meriah berkat kumpulan anak muda yang nongkrong di sini. Sajiannya pun sederhana, yakni nasi kucing dan tak ketinggalan kopi joss atau kopi arang. Karena jadi tempat nongkrongnya mahasiswa, harga makanannya pun murah-meriah.

STMJ Ijen Sob

Tempat nongkrong sederhana ini jadi favorit anak muda dan mahasiswa Malang. STMJ Ijen Sob berlokasi di halaman depan kampus SOB (School of Business) Jalan Ijen No. 90-92, Malang. Tempatnya memang sederhana, tapi bagi anak muda, STMJ Ijen Sob paling asyik buat kumpul-kumpul. Dengan ikon VW Combi cat kuningnya, STMJ Ijen Sob menjajakan menu andalannya yang tak lain berupa minuman susu telur madu jahe (STMJ) serta makanan lain seperti roti bakar dan mi instan. Karena harganya murah-meriah, banyak anak muda yang kerap datang ke sini untuk santap malam.

Cafe Monopoli

Dengan konsep kafe outdoornya, Cafe Monopoli menghadirkan keindahan pemandangan Hutan Kota Malabar sebagai daya tarik utamanya. Fasilitas yang tersedia pun lumayan lengkap, terdiri dari smoking area, live music, VIP room, hingga Wi-Fi gratis.

Cafe Monopoli memiliki ratusan menu makanan dan minuman dengan cita rasa yang lezat, tapi harganya masih cukup terjangkau. Seporsi makanan dan minuman ringan di Cafe Monopoli dibanderol dengan harga mulai Rp10.000-Rp30.000. Kafe yang berlokasi di Jalan Merbabu No. 21 ini buka mulai pukul 09.00-23.00 WIB.

Akalpa Cafe

Penggemar selfie tampaknya akan puas saat berkunjung ke Akalpa Cafe. Kafe ini menghadirkan deretan spot foto yang Instagramable. Area kafe dihiasi warna-warna cerah dan mural bertema unik. Bahkan, di sini juga terdapat bilik telpon merah khas Inggris yang oke untuk dijadikan tempat berfoto.

Soal sajiannya tak perlu diragukan lagi. Meskipun menang dalam segi tempat, cita rasa menu makanan Akalpa Cafe pun bisa memuaskan lidah. Menu favorit pengunjung kafe didominasi kudapan seperti waffle, es krim, milkshake, dan minuman artisan kekinian. Menu nasi goreng, rice bowl, mi, pasta, dan bahkan makanan tradisional masih dapat ditemukan di Akalpa Cafe.

Harga makanan dan minuman di kafe masih cukup terjangkau yakni mulai Rp10.000-Rp50.000 per porsi. Akalpa Cafe berlokasi di Jalan Terusan Dieng No. 67, Malang dan buka setiap hari pukul 10.00-22.00.

Restoran Terkenal di Kota Malang

Toko Oen

Toko Oen disebut-sebut sebagai ikon wisata kuliner Kota Malang yang legendaris. Restoran yang berdiri sejak 1930 ini menghadirkan nuansa desain vintage berkat kehadiran ornamen kuno seperti lampu dan furniturnya yang masih awet sejak era pendudukan Belanda. Sajian unggulan Toko Oen yakni es krim dengan resep rahasia yang masih dipertahankan sejak awal berdirinya restoran.

Menu makanan utama yang tersaji tak jauh dari hidangan khas Jawa Timur seperti rawon, rujak cingur, serta hidangan oriental. Bagi yang tertarik ingin menikmati kuliner khas Malang sekaligus menjelajahi Malang di era 1930-an, datang langsung ke lokasi Toko Oen di Jalan Jenderal Basuki Rahmat No. 5, Kauman, Malang. Menu makanan di Toko Oen dibanderol dengan harga mulai Rp25.000.

Bakso President Malang

Kepopuleran Bakso President Malang sudah tersebar di seantero negeri. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang selalu menyempatkan diri untuk menikmati semangkuk bakso asli Malang di tempat ini. Yang membuat restoran Bakso President Malang unik adalah lokasinya yang berada pas di dekat rel kereta. Sambil makan, Anda dapat turut merasakan getaran dari kereta yang sedang melintas di rel.

Soal cita rasa baksonya, Anda tak perlu khawatir. Bakso President menghadirkan beragam menu bakso unggulan seperti bakso daging biasa, bakso urat, bakso telor, bakso bakar, serta makanan pendamping lain misalnya lontong atau mi. Seporsi bakso memiliki harga yang cukup murah yakni mulai Rp10.000-Rp20.000. 

Jika ingin menambah mi atau lontong, Anda hanya perlu membayar tambahan Rp1.000 untuk tiap porsinya. Tertarik mencoba? Datang langsung ke lokasinya di Jalan Batanghari No. 5, Klojen, Malang. Bakso President buka setiap hari mulai pukul 08.00-21.30 WIB.

Restoran Melati

Restoran Melati identik dengan nuansa vintagenya. Restoran yang berlokasi di Jalan Tugu No. 3, Hotel Tugu, Malang ini menghadirkan perpaduan desain interior khas Jawa dan Pecinan yang didominasi warna merah. Desain interior dengan dua tema yang kontras tersebut sukses menciptakan kesan romantis dan elegan bagi keseluruhan isi ruangan.

Tak hanya unggul dalam segi penataan ruangnya, Restoran Melati menyajikan menu makanan yang cukup beragam. Di sini Anda dapat memesan menu makanan tradisional Jawa, Eropa, hingga peranakan yang kaya akan bumbu rempah. Menu nasi goreng, steak, hingga berbagai kudapan manis dapat dinikmati dengan harga mulai Rp50.000.

Pupuk Bawang Cafe & Dining

Bayangkan betapa asyiknya menyantap hidangan lezat di tengah pemandangan pegunungan yang hijau dan menyejukkan. Pupuk Bawang Cafe & Dining menghadirkan pengalaman bersantap terbaik di tengah alam bersama orang-orang terkasih. Lokasinya yang jauh dari pusat keramaian membuat banyak orang menjadikan restoran satu ini sebagai tempat “pelarian” dari padatnya rutinitas sehari-hari.

Suasana santap semakin santai dengan duduk di atas beanbag di tengah perkebunan hijau sembari menatap sayur dan buah yang sedang tumbuh. Bagaimana dengan menunya? Pupuk Bawang Cafe & Dining menyajikan menu internasional dan tradisional Jawa seperti beef burger, ayam lima rasa, olahan boga bahari, dan bermacam-macam kudapan penutup. Pupuk Bawang Cafe & Dining berlokasi di Jalan Panglima Sudirman No. 116, Kota Batu. Resto ini buka setiap hari sejak pukul 10.00-24.00 WIB.

Pondok Desa Kampoeng Telaga

Pondok Desa Kampoeng Telaga menawarkan pengalaman bersantap ala lesehan di tengah kolam ikan dan saung tradisional. Dengan luas lahan mencapai 35 hektare, resto satu ini memiliki kolam ikan yang cukup besar. Di manapun Anda melangkah, pemandangan sejuk dan rindang akan mudah didapat di sini.

Pilihan makanannya pun sangat beragam. Ada olahan ikan dan boga bahari seperti kakap bakar, cumi goreng, gurame terbang hingga aneka sambal dan tumis pelengkap hidangan. Bisa dibilang, Pondok Desa Kampoeng Telaga merupakan pilihan yang tepat untuk bersantap bersama keluarga besar. Restoran bernuansa tradisional ini berada di Dusun Telaga Villa Resort Jalan Raya Griya Permata Alam , Karangploso, Malang.

Rumah Makan Inggil

Banyak yang bilang, Rumah Makan Inggil lebih cocok dikatakan sebagai museum berkat koleksi benda-benda kunonya. Namun, hal itulah yang membuat Rumah Makan Inggil beda dari rumah makan pada umumnya. Sensasi menyantap hidangan ditemani aneka koleksi benda vintage akan menambah pengalaman para pengunjung. Di sekeliling dinding restoran, terdapat koleksi topeng Jawa, patung, foto hitam putih, lukisan, hingga perabotan zaman dulu. Pada malam hari, pertunjukkan gamelan akan menemani kegiatan santap malam Anda.

Soal menu makanan, Rumah makan Inggil mengusung kuliner tradisional Jawa seperti plecing, bakar ayam, rawon, sambal uleg, rujak cingur, dan masih banyak lagi. Tertarik berkunjung ke restoran museum ini? Yuk, sambangi lokasinya di Jalan Gajah Mada No. 4, Malang. Rumah Makan Inggil dibuka setiap hari pada pukul 10.00-22.00.

Oleh-oleh Khas Malang

Apel dan Hasil Olahannya

Identik dengan julukan Kota Apel, Malang tentu mengandalkan apel serta hasil olahannya sebagai buah tangan unggulan. Apel Malang manalagi merupakan salah satu oleh-oleh khas yang banyak diburu wisatawan. Bentuknya mungil bulat, berwarna hijau dan rasanya manis. Selain dinikmati secara utuh, apel Malang pun dapat Anda konsumsi dalam bentuk sari apel dan keripik yang banyak dijual di toko oleh-oleh di seantero Malang.

Jika tertarik membeli apel Malang dan hasil olahannya sebagai buah tangan, Anda dapat membelinya di agrowisata petik apel yang salah satunya berlokasi di Kawasan Wisata Kusuma Agro, Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kota Batu. Apel Malang pun banyak dijual di penjaja buah pinggir jalan atau Pasar Buah dan Sayur Dewi Sri, Kota Batu.

Strudel

Penikmat kudapan manis pasti sudah tahu dengan oleh-oleh khas Malang yang satu ini. Buat yang belum kenal, strudel merupakan kue lapis yang terbuat dari bahan pastry dan dilengkapi rasa serta potongan aneka buah. Di Malang, varian strudel yang paling terkenal tak lain strudel apel. Selain apel, masih banyak jenis rasa strudel yang tak kalah nikmatnya, sebut saja strudel stroberi, nanas, mangga, jeruk, telo, kurma, keju, karamel, durian, hingga green tea.

Harga sekotak strudel tentu menyesuaikan dengan varian rasa yang dipilih. Namun, umumnya harganya berada di kisaran Rp60.000-Rp80.000. Salah satu gerai strudel terfavorit bagi warga Malang dan wisatawan adalah Malang Strudel yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta Blok D No. 408.

Pia Mangkok

Yogyakarta bukan satu-satunya kota penghasil pia. Malang juga punya pia sebagai oleh-oleh andalannya, namanya pia mangkok. Seperti namanya, bentuk pia ini menyerupai mangkok dan cenderung lebih besar dibanding pia pada umumnya. Pia mangkok terdiri dari beberapa varian rasa seperti keju, kacang hijau, dan cokelat serta dapat bertahan hingga 2 minggu. Anda dapat membeli pia mangkok di Ruko Grand Soekarno-Hatta Kav. 16-17, Malang.

Keripik Buah

Malang dikenal sebagai penghasil buah terbaik di Indonesia. Selain dijual secara utuh, buah-buahan yang tumbuh di Malang pun diolah menjadi keripik yang akhirnya menjadi oleh-oleh unggulan khas Kota Malang. Beberapa varian keripik buah yang jamak ditemukan di toko oleh-oleh terdiri dari keripik apel, semangka, nangka, salak, rambutan hingga kelengkeng. Jika tertarik mencobanya, datang saja langsung ke Pusat Oleh-oleh Khas Malang Karina di Jalan Sunan No. 18, Purwantoro, Blimbing.

Keripik Tempe

Malang memiliki keripik tempe yang terkenal enak. Anda bahkan dapat menemukan penjaja keripik tempe khas Malang di seluruh sudut kota. Namun, jika mau yang autentik, datang saja ke kawasan Kampung Sunan Kecamatan Blimbing yang dikenal sebagai sentra penghasil tempe serta olahannya. Keripik Tempe khas Malang hadir dalam berbagai varian rasa seperti keju, rumput laut, pizza, dan jagung manis.

Olahan Telo

Ubi ungu atau telo juga jadi oleh-oleh khas Malang yang paling banyak diburu. Telo banyak diolah menjadi kudapan nikmat dan sehat, sebut saja keripik, pia, brownies, strudel, bakpao, mi, hingga es krim. Anda dapat menemukan seluruh hasil olahan telo ini di satu tempat bernama Repoeblik Telo yang berlokasi di Jalan Dr. Sutomo, Lawang, Malang.

Ledre Pisang Bangka

Crepes jadi camilan favorit banyak orang. Siapa sangka Malang juga punya crepes sebagai oleh-oleh andalannya. Crepes asli Malang ini dikenal dengan nama ledre. Varian ledre yang paling terkenal adalah rasa pisang. Harga sekotak sedre pun lumayan terjangkau, yakni sekitar Rp40.000. Salah satu outlet ledre pisang Malang berlokasi di Jalan Bangka No. 20-22, Malang.

Keripik Kentang Macan

Keripik kentang asli Malang ini dikenal renyah dan gurih. Tak heran jika banyak wisatawan yang berburu keripik satu ini untuk dijadikan oleh-oleh. Keripik Kentang Cap Macan dijual di hampir semua toko oleh-oleh khas Malang dan Batu, salah satunya di Jalan Brantas No. 23, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Keramik Dinoyo

Jika ingin oleh-oleh khas selain makanan, Anda bisa membawa pulang hasil kerajinan keramik warga Dinoyo. Terdapat aneka kreasi keramik seperti vas bunga, cangkir, dan benda dekorasi lain yang dihiasi ukiran maupun lukisan bertema Malang. Datang saja ke Kampung Wisata Keramik Dinoyo di Jalan MT. Haryono XIII No. 450, Kecamatan Lowokwaru, Malang untuk melihat kerajinan tangan keramik yang cantik sekaligus mengintip proses pembuatannya.

Daftar Mall di Malang

Malang Town Square

Malang Town Square (Matos) merupakan mal besar di Kota Malang. Pusat perbelanjaan yang memiliki 4 lantai ini menghadirkan fasilitas hiburan lengkap. Di Ground Floor, Anda akan menemukan swalayan Hypermart, toko obat-obatan Boston, Food Court, Pizza Hut, Gramedia, Restoran Kedai Si Mbok, Holland Bakery, dan gerai sepatu Bata. Sementara itu, gerai fashion seperti Matahari dan Sports Station berlokasi di Lantai Upper Ground dan Lantai 1.

Pusat perbelanjaan berkonsep family mall ini juga menghadirkan bioskop yang menayangkan film terbaik dari dalam dan luar negeri. Sebagai tempat nongkrong andalan anak-anak muda Malang, Matos juga dihuni beragam tenant fast food ternama seperti Yoshinoya, McDonald’s Ice Cream, Hoka-Hoka Bento, CFC, dan masih banyak lagi. Lokasi Malang Town Square berada di Jalan Veteran No. 02, Penanggungan, Klojen, Malang.

Mall Dinoyo City

Mall Dinoyo Citu sering dijadikan tempat hiburan alternatif bagi warga Malang dan sekitarnya. Lokasinya tak jauh dari kawasan pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Sebagai pusat perbelanjaan dan hiburan, Mall Dinoyo City menghadirkan gerai fashion murah seperti Ramayana, serta outlet fast food dan makanan ringan ternama mulai dari J.Co, Richeese Factory, dan aneka restoran bernuansa tradisional.

Untuk melengkapi kebutuhan hiburan pengunjung, Mall Dinoyo City pun menyediakan bioskop, tempat karaoke Happy Puppy, dan taman bermain anak. Beragam event menarik pun kerap digelar di sini untuk memeriahkan kegiatan belanja pengunjung. Mall Dinoyo City berlokasi di Jalan MT. Haryono No. 195-197, Dinoyo, Lowokwaru, Kota Malang.

Gajah Mada Plaza

Gajah Mada Plaza bisa dibilang sebagai pusat perbelanjaan terpadat di Malang berkat lokasinya yang strategis dan tak jauh dari alun-alun kota. Gajah Mada Plaza pun dikenal sebagai pusat sandang tertua di Kota Malang. Bangunan pusat perbelanjaan berada di gedung pertokoan yang memiliki akses langsung menuju Pasar Besar Malang.

Bangunan pertokoan tiga lantai ini memiliki gerai mode yang menjual beragam busana dan aksesori berharga terjangkau. Selain busana, Gajah Mada Plaza juga menghadirkan toko-toko yang menjajakan aneka bahan makanan, mainan, dan elektronik.

Supermarket yang terletak di lantai 2 Gajah Mada Plaza bahkan diklaim menjual barang-barang pokok dengan harga grosir yang tentunya jauh lebih murah. Untuk melengkapi sarana hiburan, tersedia arena bermain anak serta food court di lantai 3. Gajah Mada Plaza berlokasi di kawasan Sukoharjo, Klojen, yang berjarak sekitar 5 menit dari alun-alun kota.

Mall Olympic Garden

Mall Olympic Garden merupakan pusat perbelanjaan dan hiburan terbesar di Malang. Mal yang didirikan pada 2006 ini memiliki 4 lantai yang dihuni aneka tenant ternama. Di area Ground Floor terdapat gerai makanan, fashion, dan kosmetik seperti Hoka-Hoka Bento, Tong Tji Cafe, Rotiboy, Bateeq, dan The Body Shop.

Gerai sepatu ternama internasional seperti Converse, Adidas, dan Skechers dapat ditemukan di First Floor, lengkap dengan aneka outlet fashion ternama lainnya. Jika ingin bermain di wahana permainan interaktif, Anda dapat naik ke Third Floor untuk menyambangi Amazone Game Center sekaligus melepas lelah di kafe dan restoran yang berada di area tersebut seperti Harmoni Resto, Niki Kopitiam, dan Istana Mie & Es. Mall Olympic Garden terletak di kawasan strategis Kauman, Klojen, Kota Malang yang tidak jauh dari kawasan elit serta rumah dinas Wali Kota Malang.

Cyber Mall

Cyber Mall merupakan sentra elektronik Kota Malang yang berlokasi di Jalan Raya Langsep No. 02, Pisang Candi, Sukun, Malang. Pusat elektronik yang berdiri sejak tahun 1990-an ini memiliki gerai peralatan elektronik dan gawai yang lengkap dengan harga yang kompetitif. Tak hanya menual aneka produk elektronik, Cyber Mall pun memiliki food court, kafe, dan restoran untuk mengisi perut setelah lelah berkeliling berburu gawai idaman.

Tempat Jajanan Murah di Malang

Pukis Hollywood

Warga Malang pasti tak asing dengan jajanan satu ini. Pukis Hollywood memang sudah wira-wiri menemani suasana senggang warga Malang dan sekitarnya. Kedai pukis dan terang bulan yang sudah eksis sejak tahun 1970-an ini berbeda dari yang lain. Bukannya berjualan di gerobak atau ruko, Pukis Hollywood justru dijajakan dari mobil VW Combi kuning.

Hadir dalam varian rasa cokelat, keju, nanas, dan kismis, legitnya Pukis Hollywood mampu membuat penggemarnya rela mengantre. Harganya pun murah-meriah, yakni mulai Rp5.000. Jika mau merasakan pukis yang hangat, Anda harus menunggu beberapa menit selagi pukis dimasak. Namun, jika tidak sabar, langsung saja pilih pukis yang sudah dijajakan. Kedai Pukis Hollywood berlokasi di Jalan Agus Salim, Klojen dan buka mulai pukul 15.00-21.00 WIB.

Rujak Manis Semeru

Jajanan legendaris ini sudah menemani warga Malang selama puluhan tahun. Yang membuat Rujak Manis Semeru digemari banyak orang adalah resep bumbu manis sedapnya yang selalu konsisten dari tahun ke tahun. Lokasi kedainya pun cukup strategis, tepat di depan Stadion Gajayana dan tak jauh dari Perpustakaan Umum Malang.

Nikmati Rujak Manis Semeru ketika siang hari untuk melepas dahaga akan teriknya matahari. Seporsi Rujak Manis Semeru dijual dengan harga Rp20.000. Tenang, meski harganya relatif lebih mahal untuk sepiring rujak, porsinya lumayan besar dan cukup untuk tiga orang.

Toko Kue Madjoe

Datanglah ke Toko Kue Madjoe untuk menikmati aneka kue kering. Toko Kue Madjoe menawarkan varian kue kering legendaris termasuk kue lidah kucing, nastar, semprit, krantjes, cokelat kenari, kastangel, dan masih banyak lagi. Masing-masing kue dijajakan dalam toples kaca besar untuk menjaga kualitas rasanya.

Resep kue pun tak pernah berubah sejak toko pertama kali didirikan pada 1930. Untuk satu ons kue kering, Anda perlu membayar sekitar Rp15.000. Biarpun harganya lebih mahal dari harga pasaran, rasanya tak perlu diragukan lagi. Buat yang penasaran ingin mencicipi kue dengan resep turun-temurun, langsung saja meluncur ke lokasi tokonya di Jalan Pasar Besar No. 30B, Sukoharjo, Klojen, Malang.

Heci Ayam dan Roti Goreng Abah Tar

Saat berkeliling di pasar Kota Malang, Anda sudah pasti akan sering menemukan heci ayam. Gorengan dengan isian ayam ini merupakan camilan yang paling diburu warga Malang. Tapi, heci ayam yang paling bikin ketagihan hanya ada di Heci Ayam dan Roti Goreng Abah Tar.

Heci Ayam Abah Tar memiliki tekstur garing di luar dan lembut di dalam. Di setiap gigitannya, Anda akan merasakan potongan ayam yang juicy dan gurih. Saking padatnya isi heci ayam, banyak orang menjadikan camilan ini sebagai pengganti sarapan. Saat ini, warung Heci Ayam dan Roti Goreng Abah Tar berlokasi di Ruko Timur Pasar Comboran, Malang. Satu buah heci ayam dibanderol dengan harga murah-meriah, yakni hanya Rp2.500

Surabi Imut

Jangan kira, surabi hanya ditemukan di Bandung. Malang juga punya kudapan surabi dalam topping menarik seperti selai stroberi, cokelat, parutan keju dan sosis, green tea, dan masih banyak lagi. Meski namanya surabi imut, porsi surabinya lumayan besar dan mengenyangkan, cocok untuk mengganjal perut saat makan malam.

Untuk melengkapi sajian surabi imut, tersedia aneka minuman yang terdiri dari milkshake, jus, moccachino, hingga yogurt. Harga surabi imut bervariasi antara Rp2.000-Rp10.000, tergantung pilihan topping. Kedai Surabi Imut pun lumayan nyaman dan asyik dijadikan tempat nongkrong, lho. Lokasinya terletak di Jalan Cokroaminoto, Klojen, Malang.

Omah Jajan

Kalau mau berburu jajanan yang lengkap, datang saja ke Omah Jajan di Jalan Cimacan No. 6, Penanggungan, Klojen, Malang. Omah Jajan sebenarnya merupakan kafe yang mengusung konsep tempat nongkrong anak muda. Menu jajanan yang ditawarkan pun tidak hanya kudapan tradisional. Kudapan populer seperti lava cake, cheesecake, churros, dan crepes pun tersaji di sini. Harga jajanan di sini bervariasi mulai Rp2.500-Rp30.000. Pokoknya, Omah Jajan merupakan tempat yang cocok untuk bersantai bersama kawan sembari menikmati kudapan lezat.

Event Tahunan dan Tradisi di Malang

Malang Flower Carnival

Malang Flower Carnival (MFC) merupakan ajang tahunan yang memamerkan peragaan busana massal. Busana yang ingin diikutsertakan dalam MFC harus didominasi bunga dan terbuat dari bahan daur ulang. Peserta MFC datang dari berbagai daerah di Indonesia. Acara ini terbuka untuk peserta dewasa maupun anak-anak. Saking meriahnya, pagelaran akbar ini kerap mendapatkan penghargaan internasional. Ajang yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang ini umumnya digelar menjelang akhir tahun. Tahun lalu, MFC diadakan pada tanggal 4 September.

Grebeg Tengger Tirto Aji

Grebeg Tengger Tirto Aji menjadi ritual adat yang masuk ke dalam agenda wisata tahunan Kota Malang. Ritual adat Suku Tengger ini berisi upacara pengambilan air suci dari sumber mata air Sendang Widodaren. Ritual ini bertujuan untuk mengusir hama, bencana, menyembuhkan tubuh dari segala macam penyakit, mempererat persaudaraan, serta melestarikan adat istiadat Suku Tengger.

Malang Jazz Festival

Festival jazz yang baru berlangsung tiga tahun ini cukup menarik perhatian masyarakat setempat serta wisatawan. Sesuai namanya, Malang Jazz Festival menghadirkan para musisi jazz ternama tanah air serta komunitas jazz dari seluruh Indonesia. Festival ini pun turut dimeriahkan bintang tamu musisi jazz luar negeri. Dari tahun ke tahun, antusiasme masyarakat selalu meningkat untuk menyaksikan Malang Jazz Festival. Festival musik ternama ini biasanya digelar pada bulan Oktober atau menjelang akhir tahun. Harga tiket Malang Jazz Festival bervariasi mulai Rp100.000-Rp400.000 sesuai kategori tempat duduk.

Festival Budaya Malang

Festival Budaya Malang merupakan salah satu dari rangkaian acara peringatan HUT Kota Malang. Acara peringatan Hari Jadi Kota Malang ini digelar sejak bulan Maret-April. Adapun Festival Budaya Malang terdiri dari pagelaran seni tradisonal, lomba olahraga tradisional, festival kuliner, jambore, hingga pengajian akbar. Seluruh agenda tersebut merupakan program Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Malang, Dinas Olahraga, dan Dinas Industri.

Upacara Karo Ngadas

Upacara Karo Ngadas merupakan agenda tahunan Kabupaten Malang yang diadakan di Desa Ngadas, Poncokusumo. Tradisi ini merupakan bagian dari adat istiadat Suku Tengger yang memuat nilai-nilai budaya dan religi. Tujuan dari diadakannya Upacara Karo Ngadas ini adalah untuk memanjatkan rasa syukur atas karunia Tuhan sekaligus menghormati para leluhur Suku Tengger.

Yang identik dari Upacara Karo Ngadas adalah tradisi nyekar di makam leluhur menjelang ritual. Harapannya, ritual ini dapat menjadi pembelajaran bagi generasi muda dalam mengenal budaya serta menjadi penerus adat-istiadat.

Malang Beach Festival

Malang juga punya festival pantai yang selalu ditunggu warga dan para wisatawan. Malang Beach Festival digelar sebagai salah satu rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kota Malang. Acara ini terdiri dari festival kuliner dan beach marathon yang semuanya digelar di Pantai Malang Selatan. Untuk tahun ini, Malang Beah Festival akan digelar pada bulan September, Oktober, dan November.

Hotel di Malang

Saat berkunjung ke kota Malang sayang sekali bila pulang kembali ke kota asal di hari itu juga. Apalagi jika anda berasal dari kota yang jauh dari Malang, karena banyak tempat wisata di Malang yang bisa anda kunjungi selama berada di kota ini. Berkunjung ke Malang yang jauh dari rumah tentu tidak cukup untuk sebentar, pastinya Anda butuh dua hingga beberapa hari kedepan menikmati sajian keindahan kota Malang.

Selama berada di Malang, Anda butuh hotel atau penginapan untuk menginap menghabiskan malam. Untuk itu Anda tak perlu takut tidak menemukan hotel, penginapan atau rumah singgah (guest house) ketika berkunjung ke Malang ini.Anda tak perlu bingung karena ada banyak penginapan atau hotel murah di Malang yang menawarkan harga menarik.

Perlu diketahui bahwa kategori hotel murah juga memiliki kelas - kelas tersendiri seperti di Airy Malang. Hotel murah memang sangat cocok untuk anda yang bertipe budget traveler. Namun bukan berarti tidak bisa digunakan anda dan keluarga. Hotel murah di Malang memiliki fasilitas yang lengkap dan membuat tidur anda nyaman seperti menginap di hotel berbintang tinggi sekalipun. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari 100 ribuan dan Anda akan menemukan banyak di Malang. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis hotel di Malang yang ada di Airy yaitu sebagai berikut:

Airy Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap saat sedang berkunjung ke kota Malang, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang sangat terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, anda tak perlu ragu, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman. Fasilitas tersebut seperti wifi gratis, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, tv dan air conditioner (AC). Tentu hotel jenis ini cocok untuk para Backpacker dengan budget terbatas yang hanya butuh tempat untuk tidur. Harga untuk hotel eco di Malang mulai dari 100 ribuan anda dapat temukan dengan mudah.

Airy Standard

Jika anda memiliki budget yang cukup, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel murah di Malang dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel murah ini. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco. Fasilitas tambahan dapat berupa air panas untuk mandi hingga sarapan pagi gratis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata untuk lebih lama di hotel atau staycation saat berkunjung ke kota Malang. Selain itu, hotel murah kelas standard ini juga sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis bertemu klien di Malang. Anda dapat menikmati malam sambil menyiapkan presentasi atau menyelesaikan pekerjaan saat disaat harus keluar kota di dalam hotel.

Airy Premier

Kelas yang terakhir adalah kelas Premier atau kelas yang paling high class di Airy Malang. Ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier ini menawarkan hotel murah yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini. Cocok sekali untuk yang sedang honeymoon dan lebih banyak berdiam di hotel. Kelas hotel murah ini banyak ditemukan di Kota besar seperti Malang.

Tips Memilih Hotel Murah di Malang

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Malang, tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Bagi Anda yang mencari hotel murah di Malang, maka anda akan menemukan banyak tawaran. Penting untuk anda mengetahui tips-tips agar terhindar dari hotel murahan. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Harga Per Malam

Budget menjadi faktor penting bagi beberapa wisatawan untuk memilih hotel, karena harganya yang cukup menguras dompet. Itulah yang menjadi kebanyakan wisatawan mencari hotel atau penginapan murah ketika berkunjung ke Malang. Tak jarang pula wisatawan yang terjebak dengan harga yang ditawarkan hotel - hotel disana yang sangat murah dengan penipuan fasilitas. Oleh karena itu penting untuk Anda memerhatikan harga yang ditawarkan hotel murah di Malang.

Pastikan harga hotel murah yang ingin Anda booking berada pada standar OTA. Hotel murah yang disediakan Airy tentu lebih murah dibanding penyedia hotel lainnya di Malang. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, Anda dapat membuktikannya. Selain itu, jangan memaksakan untuk memilih hotel yang melebihi budget yang anda punya. Karena harga murah pun Anda dapat menikmati kenyamanan yang dijamin oleh Airy Malang.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya Anda harus perhatikan lokasi hotel murah yang Anda pilih di Malang. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Malang. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Malang seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian.

Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Malang atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Malang.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel murah di Malang, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel murah di Malang. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Malang anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya. Dengan memilih Airy yang ada di Malang, Anda tidak akan kecewa dengan layanan yang diberikan karena Airy sudah memastikan jaminan kenyamanan untuk seluruh hotel di Malang yang tersedia di Airy.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel murah di Malang akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian banyak juga penyedia booking hotel di Malang secara online. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan penyedia hotel lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Malang.

Waspada Dengan Penipuan

Dengan banyaknya penyedia jasa booking hotel online khususnya hotel di Malang, Anda harus waspada dengan kasus penipuan yang masih terjadi. Anda dapat memastikan bahwa penyedia jasa booking hotel tersebut memiliki nama yang terpercaya seperti Airy. Airy tidak bisa menjamin jika tidak ada yang melakukan penipuan atas nama Airy. Oleh karena itu sebagai pencegahan, sebelum Anda melakukan pembayaran, pastikan rekening tersebut atas nama Airy Nest Indonesia.

Rekomendasi Hotel Murah di Malang

Jika anda sudah punya rencana mengunjungi Malang maka anda dapat booking hotel di Malang secepatnya agar tak menjadi beban pikiran. Anda akan menemukan hotel murah di Malang. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Malang.

Airy Eco Syariah Sawojajar Danau Tondano

Penginapan murah di Malang yang berlokasi di Jalan Tondano Raya Blok F4 No. A14, Sawojajar ini merupakan pilihan akomodasi yang tepat bagi wisatawan yang menginginkan akses mudah ke Malang Town Square dan tempat hiburan lainnya. Jarak dari hotel menuju mal kebanggaan warga Malang ini hanya sekitar 5 km atau 10 menit berkendara.

Bagi yang bepergian menggunakan pesawat terbang, penginapan dapat ditempuh dengan jarak 7 km berkendara dari Bandara Abdul Rachman Saleh. Akses transportasi menuju tempat wisata ternama di Kota Batu seperti Jatim Park 1 dan 2 pun hanya sekitar 17 km. Berkat lokasinya yang strategis, Anda dapat menemukan aneka restoran dan kafe ternama. Yang paling dekat ada Chon Pleng Chinese Food, Bubur Mamani, dan Pecel Tumpang Pak Sun.

Fasilitas yang ditawarkan pun lengkap, khas Airy Rooms. Untuk penginapan Eco di daerah beriklim sejuk, fasilitas AC tidak disediakan. Tarif menginap di Airy Eco Syariah Sawojajar Danau Tondano pun sangat terjangkau, yakni mulai Rp159.000/malam.

Airy Alun-alun Malang Aries Munandar 41

Lokasi penginapan yang dekat dari alun-alun kota akan memudahkan akses transportasi menuju tempat hiburan dan wisata di kawasan Malang dan Batu. Airy Alun-alun Malang Aires Munandar 41 berjarak sekitar 10 km dari Bandara Abdul Rachman Saleh. Lokasinya pun hanya sekitar 3 km dari Malang Town Square. Bagi yang ingin berkunjung ke Jatim Park 2 atau Batu Night Spectacular, jarak yang harus ditempuh dari penginapan kurang lebih 16 km. Tersedia moda transportasi seperti mobil rental dan bus umum menuju tempat wisata di sekitar Malang dan Batu.

Destinasi wisata kuliner ternama Depot Rawon Nguling dan Dandee’s Resto dapat dicapai dengan berjalan kaki selama 7 menit dari lokasi hotel. Tarif menginap yang ditawarkan Airy Alun-alun Malang Aries Munandar 41 mulai Rp350.000 untuk kamar dengan tempat tidur King Size.

Airy Jatim Park Cenderawasih A7 Batu Malang

Ingin menginap di hotel terdekat di Malang yang tak jauh dari tempat wisata ternama? Pilih Airy Jatim Park Cenderawasih A7 Batu. Destinasi wisata keluarga Jatim Park 1 dan 2 hanya berjarak 300 meter dari lokasi hotel. Anda hanya perlu berjalan kaki untuk sampai ke lokasi wisata. Selain Jatim Park, Batu Night Spectacular, Museum Angkut, dan Alun-alun Kota Batu pun hanya terletak 1 km. Bagi yang ingin mencicipi kuliner khas Malang, datang saja ke Warung Makan Sidik Batu atau Resto Bu Anik yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki selama 7 menit.

Karena lokasinya berada di Kota Batu, jarak dari Bandara Abdul Rachman Saleh menuju hotel relatif jauh yakni sekitar 20 km. Dengan fasilitas lengkap dan harga bersahabat, liburan Anda di Malang dan Batu akan semakin hemat. Oh ya, pihak hotel kemungkinan akan meminta Anda untuk membayar deposit demi menutup pembayaran tak terduga. Jadi, jangan lupa siapkan, ya.

Airy Lowokwaru Simpang Cokelat 5 Malang

Nikmati kemudahan akses menuju tempat hiburan di Malang yang berpadu dengan kenyamanan menginap bak di rumah sendiri dengan memilih Airy Lowokwaru Simpang Cokelat 5 Malang sebagai pilihan akomodasi Anda. Penginapan murah yang berjarak sekitar 10 km dari Bandara Abdul Rachman Saleh ini menawarkan akses mudah menuju pusat hiburan ternama Malang, seperti Malang Town Square yang berjarak hanya 1 km.

Lokasi hotel pun dikelilingi restoran dan kafe kekinian dengan hidangan tradisional dan internasional yang lezat. Ada WarSu yang berlokasi tepat di samping penginapan, Industrie Coffee and Pizza, Bara Bara Eat and Grills, serta Coffee Corner yang dapat disambangi dengan berjalan kaki selama 5 menit dari hotel.

Jarak tempuh menuju Jatim Park dan Batu Night Spectacular pun tidak terlalu jauh, hanya skeitar 10 km. Anda dapat menggunakan jasa penyewaan mobil atau angkutan umum yang menawarkan rute menuju destinasi wisata di Kota Batu. Jika menginap di Airy Lowokwaru Simpang Cokelat 5, Anda perlu check-in mulai pukul 14.00 WIB dan check-out sebelum pukul 12.00. Bagi backpacker, penginapan ini terhitung yang paling murah dengan tarif Rp165.000/malam.

Airy Syariah Stasiun Malang Gajah Mada 17

Suasana bak di rumah sendiri akan terasa begitu tiba di Airy Syariah Stasiun Malang Gajah Mada 17. Hotel murah di Malang yang mengusung konsep syariah ini merupakan pilihan penginapan tepat bagi para pelancong berbujet atau keluarga. Dari Bandara Abdul Rachman Saleh, penginapan dapat dicapai dengan berkendara sejauh 10 km.

Destinasi wisata kuliner ternama seperti Rumah Makan Inggil, Restoran Melati, dan Sop Kepala Ikan Pak Untung berjarak 300 meter dari penginapan. Bagi yang ingin berbelanja atau sekadar bersantai, pusat perbelanjaan Malang Town Square berada tak jauh dari lokasi hotel yakni hanya 3 km atau 7 menit berkendara.

Objek wisata ternama di Kota Batu seperti Jatim Park 1 dan 2, Museum Angkut, serta Batu Night Spectacular berjarak sekitar 30 menit perjalanan. Bisa dibilang, Airy Syariah Stasiun Malang Gajah Mada 17 dapat memudahkan Anda memperoleh akses menuju berbagai tempat menarik di Kota Malang dan Batu.

Fasilitas yang ditawarkan penginapan pun lengkap khas kamar Airy. Fasilitas terdiri dari Wi-Fi gratis, shower air hangat, tempat tidur bersih dan nyaman, peralatan mandi lengkap, air mineral, TV layar datar dan penyejuk ruangan. Tarif menginap di penginapan ini pun sangat terjangkau, yakni mulai Rp212.000. Bagi yang ingin menginap di kamar Airy saat liburan di Malang nanti, segera pesan kamarnya melalui aplikasi smartphone dan situs web airyrooms.com.

Itulah rekomendasi hotel murah di Malang yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Malang ini. Tentunya hotel-hotel murah Malang bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Malang ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.