October 2017
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

19 Hotel Di Mataram

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 235,400
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 331,100
Sisa 2 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 293,200
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 263,300
Sisa 3 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Cara ke Mataram

Melalui jalur udara

Jika anda ingin bepergian ke kota Mataram dengan menggunakan jalur udara yakni pesawat. Di Mataram sebagai ibu kota Lombok memilki sebuah bandara internasional yang sudah mulai beroperasi sejak bulan Oktober tahun 2011 yang lalu. Bandara ini telah menjadi pintu gerbang utama kedatangan para wisatawan ke Mataram. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah penerbangan ke Lombok baik penerbangan internasional maupun domestic. Penambahan frekuensi penerbangan, rute penerbangan dan juga maskapai merupakan salah satu faktor utama peningkatan jumlah wisatawan ke Mataram melalui jalur udara. Ketika anda sudah tiba di Bandara Internasional Lombok, anda tidak usah bingung mengenai transportasi dari bandara menuju penginapan maupun tempat lainnya. Terdapat layanan bis damri Bandara Lombok dengan tujuan ke Terminal Mandalika di Kota Mataram dan juga Pantai Senggigi. Tarif bis damri ke Mataram adalah sekitar Rp 25.000,00 sedangkan jika anda ingin ke Senggigi sekitar Rp 35.000,-.

Melalui jalur darat

Transportasi darat merupakan pilihan yang bisa anda pilih ketika ingin berwisata ke Mataram. Jalur darat seringkali dianggap sebagai transportasi paling hemat akan tetapi jarak tempuhnya relatif lebih lama. Contohnya saja, jika anda berangkat dari Jakarta dengan menggunakan bus, waktu tempuh yang diperlukan yakni sekitar dua hari dua malam dengan biaya kurang lebih Rp 400.000,-. Jika anda tidak ingin menggunakan bus, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan kemudian menggunakan feri atau kapal penyebrangan melalui Padang Bai menuju Pelabuhan Jembar dengan jarak sekitar satu jam ke Mataram.

Melalui jalur laut

Jika anda tidak ingin menggunakan moda transportasi udara maupun darat, perjalanan melalui jalur laut mungkin bisa jadi alternatif yang bagus. Secara umm, ada 2 pelabuhan di Bali yang seringkali digunakan menuju Lombok yakni Tanjung Benoa dan Pelabuhan Padang Bai. Jika anda berangkat dari Padang Bai, anda bisa menuju ke arah Pelabuhan Lembar. Waktu tempuh mungkin akan memakan waktu sekitar kurang lebih empat jam dengan menggunakan kapal feri. Harga tiket sekitar Rp 50.000,- dan tersedia selama dua puluh empat jam. Jika ingin waktu tempuh yang lebih cepat anda bisa menggunakan kapal cepat atau boast dengan waktu tempuh sekitar dua jam dengan tarif sebesar Rp 650.000,-.

Transportasi di Mataram

Selama berada di kota Mataram, anda bisa menggunakan berbagai alternatif moda transportasi, salah satunya yaitu bemo. Bemo di mataram bukanlah bemo seperti yang ada di kota lain yang beroda tiga, namun merupakan angkutan kota yang melayani berbagai rute menuju beberapa tujuan wisata dengan tarif yang relatif terjangkau. Selain bemo, anda juga bisa menggunakan jasa ojek. Ojek merupakan moda transportasi yang paling diminati terutama pada malam hari, karena bemo hanya beroperasi sampai sore hari saja. Karena tidak ada tarif resmi jasa ojek ini, maka anda haruslah pandai-pandai menawar. Namun, jika anda ingin merasakan sensasi lain, anda bisa mencoba naik cidomo. Cidomo merupakan singkatan dari cikar, dokar dan motor. Cidomo secara umum seperti delman yaitu memanfaatkan tenaga kuda. Pada umumnya, cidomo digunakan untuk mengelilingi tempat wisata yang ada di kota Mataram. Jika anda tidak mau kerepotan dengan moda transportasi yang ada di Mataram, menyewa sebuah mobil mungkin merupakan pilihan yang tepat. Harga sewa mobil pada dasarnya sangat tergantung pada durasi sewa dan juga merk kendaraan. Harga sewa moil rata-rata dipatok dengan harga sekitar Rp 250.000,- sampai dengan Rp 300.000,-. Jika anda ingin transportasi yang lebih murah, anda bisa menyewa sepeda motor dengan tariff sewa sekitar Rp 35.000,- hingga Rp 50.000,-.

Tempat Wisata di Mataram

Sebenarnya ada banyak sekali tempat wisata yang bisa anda kunjungi selama berada di kota Mataram. Suasana kota Mataram lebih asri jika dibandingkan dengan Bali yang padat dan penuh dengan wisatawan. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang ada di kota Mataram.

Taman Air Mayura

Taman Air Mayura berada di Kecamatan Cakranegara, kota Mataram. Taman air ini dibangun pada tahun 1744 oleh Anak Agung Ngurah Karangasem. Nama Mayura sendiri berarti burung merak karena pada jaman dahulu burung merak banyak yang didatangkan untuk mengusir ular. Taman air ini dibagi menadi dua bagian yaitu area pura dan area taman air.

Pura Meru

Pura Meru juga terletak di kecamatan Cakranegara yang juga merupakan pusat bisnis kota Mataram. Pura Meru juga dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karangasem yakni pada tahun 1720. Saat ini Pura Meru banyak digunakan sebagai tempat wisata karena sebagian besar masyarakat Mataram banyak yang memeluk agama Islam. Di dalam pura terdapat 33 sanggah putih yang melambangkan 33 desa yang ikut membangun pura ini. atap pura berbentuk tingkat.

Kuliner Mataram

Makanan Khas Mataram

Ada berbagai jenis makanan khas Mataram yang bisa anda coba selama anda berada di Mataram. Plecing kangkung, merupakan salah satu makanan yang paling terkenal. Selan plecing kangkung, ayam taliwang juga merupakan makanan khas Mataram yang wajib anda coba. Ayam taliwang biasanya disajikan bersamaan dengan plecing kangkung. Selain kedua makanan tersebut, sate bulayak juga patut anda coba. Sate bulayak terbuat dari daging sapi yang dilumuri dengan menggunakan bumbu khas Lombok dan biasanya disajikan dengan lontong. Lontong itulah yang disebut dengan bulayak karena dibungkus dengan menggunakan daun enau atau aren dengan bentuk memanjang.

Tempat nongkrong di Mataram

Ada berbagai tempat nongkrong yang asik yang bisa anda coba kunjungi selama berada di kota Mataram. Gili merupakan salah satu tempat nongkrong favorit anak muda yang cukup populer. Tempat nongkrong ini terletak di dalam Mataram Mall. Cielo café merupakan tempat nongkrong yang paling eksis di kalangan anak muda Lombok. Di Cielo café juga terdapat live music dan berbagai event menarik lainnya.

Tempat makan enak di Mataram

Di berbagai sudut kota Mataram terdapat berbagai tempat makan yang enak. Anda bisa mencoba RM Taliwang khas Pak Udin untuk mencicipi seporsi ayam taliwang yang lezat. Atau anda bisa mencoba sate bulayak di warung makan sate bulayak Suranadi. Rumah makan Cahaya juga merupakan alternatif yang menarik untuk mencicipi nasi balap puyung.

Kuliner malam Mataram

Jika pada malam hari anda terserang rasa lapar dan sedang berada di Mataram, ada berbagai alternatif kuliner yang bisa anda coba diantaranya yaitu sate rembiga yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Kemudian anda juga bisa mencoba sate tanjung yang menggunakan bahan utama ikan. Selain sate anda juga bisa mencicipi bebalungan yang menggunakan iga sapi atau tulang sapi sebagai bahan utamanya.

Restoran terkenal di Mataram

Sejak menjadi tempat wisata baru, seiring berjalannya waktu banyak restoran atau rumah makan yang menjamur di kota Mataram diantaranya yaitu Pawon Mirasa, Lesehan Taliwang Irama, Warung bakso haji Anang, Ikan Bakar Madu Suranadi dan lain-lain.

Oleh-oleh khas Mataram

Jika anda sudah berkunjung ke kota Mataram maka kurang rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas Mataram. Yang paling terkenal yaitu dodol rumput laut, manisan rumput laut. Selain itu anda juga bisa mencoba peyek kangkung dengan sensai rasa pedas yang membakar lidah. Selain makanan, oleh-oleh khas Mataram lainnya antara lain kain tenun khas Lombok, mutiara Lombok, tembikar, madu Sumbawa, susu kuda liar, minyak gosok Sumbawa dan lain-lain.

Pusat oleh-oleh Mataram

Pasar Cakranegara merupakan salah satu pusat oleh-oleh khas Mataram dan Lombok yang paling terkenal. Ada berbagai pasar seni yang tersebar merata sepanjang kota Mataram yang bisa anda kunjungi.

Jajanan khas Mataram

Dodol rumput laut merupakan cemilan atau jajanan khas Mataram. Rasa dodol ini sangat manis dan juga segar dan teksturnya seperti jeli. Tidaksulit menemukan toko-toko yang menjual dodol rumput laut ini, bahkan berbagai toko disekitar bandara juga banyak yang menjualnya.

Daftar mall di Mataram

Secara umum, kota Mataram memilki berbagi mall atau pusat perbelanjaan antara lain Mataram Mall, Epicentrum Mall, Lombok City Center dan lain sebagainya. Selain mall, banyak sekali toko yang tersebar di sepanjang kota Mataram terutama toko yang menjual aneka kerajinan tangan dan buah tangan. Anda bisa mengunjungi Ampenan Cerah Ceria atau Pusat Kerajinan Mutiara Pagesangan.

Mataram mempunyai banyak pusat perbelanjaan, contohnya saja Pusat Kerajinan Mutiara Pagesangan Ampenan Cerah Ceria, Mataram Mall, Epicentrum Mall dan juga Lombok City Center.. Disamping itu untuk anda yang suka belanja oleh-oleh untuk keluarga anda, cobalah untuk mengunjungi Senggigi Square, Pusat Mutiara Pagesangan, Sukarara dan lai-lain.

Asal usul kota Mataram

Kota Mataram merupakan kota yang menjadi ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat. Kata Mataram berasal dari bahasa sansekerta ‘mata’ yang berarti ibu dan juga ‘aram’ yang berarti hiburan. Pada jaman dahulu kala, Mataram dipimpin oleh raja Mataram yang juga telah berhasil mengalahkan kerajaan Pagesangan. Setelah itu, ibukota kerajaan dipindahkan ke Cakranegara. Setelah Raja Mataram berhasil ditaklukan oleh belanda, Cakranegara menerapkan sistem tunggal dengan pusat kota berada di Singaraja, Bali. Dalam pemerintahan dwitunggal, kerajaan Mataram kemudian dibagi menjadi tiga wilayah atau biasa disebut dengan onder afdeling yang juga membawahi daerah kedistrikan.

Event di Mataram

Guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke kota Mataram, ada berbagai event yang memang sengaja diadakan untuk menarik minat wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Salah satu event yang paling sering digelar adalah event malam pergantian tahun atau tahun baru. Pesta rakyat Bau Nyale juga merupakan agenda tahunan yang sering diadakan di kota Mataram untuk napak tilas Putri Mandalika. Pawai ogoh-ogoh juga sering diadakan yang biasanya di gelar di kawasan Cakranegara. Wayang kulit sasak juga merupakan salah satu kesenian tradisional yang sering digelar setiap tahun. Wayang kulut sasak adalah kolaborasi yang unik antara wayang dengan tari, teater dan juga kesenian yang lainnya. Pagelaran wayang ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta akan budaya Indonesia khususnya pada kalangan anak muda. Festival mbojo juga merupakan festival pacuan kuda. tahunan yang melibatkan anak-anak di bawah usia sepuluh tahun.

Hotel di Mataram

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Mataram. Jika anda yang berasal dari luar Mataram lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Mataram dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Mataram ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.