Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
May 2019
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

5 Hotel Di Padang

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 717,200

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 539,100
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 238,100
Sisa 3 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book

Asal-usul Kota Padang

Kota Padang termasuk yang terbesar di sepanjang garis pantai barat Sumatra. Kota ini sekaligus menjadi ibukota Provinsi Sumatra Barat dan tercatat sebagai wilayah di Indonesia dengan jumlah pendapatan tertinggi di antara kota-kota lain di Sumatra Barat. Asal-usul pemberian namanya juga kurang begitu jelas. Kalau dalam Bahasa Minang, Padang berarti Pedang. Namun bisa jadi nama itu digunakan karena wilayahnya yang sangat luas membentang berupa dataran dan kerap disebut Padang. Kota ini dahulu merupakan bagian dari Kesultanan Aceh, semakin berkembang di Masa Kolonial dan menjadi salah satu titik penting pemerintahaan dan perekonomian.

Cara ke Kota Padang

Perjalanan ke Kota Padang bisa ditempuh melalui jalur udara, darat, dan laut tergantung dari mana Anda berangkat. Masing-masing tarif disesuaikan pada asal keberangkatan dan jenis alat transportasi yang hendak digunakan.

Melalui Jalur Udara

Misalnya akan berangkat dari Jakarta, silakan memesan tiket pesawat dengan tarif yang tergantung dari maskapai. Contohnya menggunakan maskapai Lion Air, durasi perjalanan dari Jakarta menuju Padang sekitar 1 jam 40 menit. Biasanya, dalam sepekan ada sekitar 165 jadwal penerbangan dari Jakarta ke Padang. Pesawat akan bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Minangkabau. Berdasarkan informasi dari sumber agen perjalanan resmi, tarif termurah dari jalur penerbangan ini sekitar Rp. 926.853. Dengan jarak sekitar 911 yang membentang antara Jakarta dan Kota Padang, jalur udara lebih diprioritaskan jika ingin menghemat waktu dan tenaga selama perjalanan.

Melalui Jalur Darat

Jalur darat masih difavoritkan sebagian besar penumpang karena tarifnya yang lebih terjangkau. Bahkan bisa lebih dari setengah tarif paling murah tiket pesawatnya. Perjalanan dengan jalur darat juga mungkin bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi asalkan tahu rute-rutenya serta punya energi cukup. Namun demi keamanan selama menempuh perjalanan, penggunaan jalur darat melalui transportasi publik lebih direkomendasikan. Bisa menaiki bus antar provinsi kalau masih dalam jangkauan Pulau Sumatra, atau bus lintas pulau dari Jakarta.

Perjalanan dengan bus dari Jakarta bertolak dari Terminal Pulogadung dan biasanya menyusuri rute lintas timur. Total jarak tempuhnya sekitar 1404 km, diawali dari Jakarta menuju Merak, Bakauheni, Kalianda, Bandar Lampung, Terbanggi Besar, Menggala, Tulang Bawang, Teluk Gelam, Indralaya, Palembang, Sungai Lilin, Bayung Lincir, Simpang Tempino, Jambi, Muara Bulian, Muara Tembesi, Muara Tebo, Muara Bungo, Gn Medan, Solok, dan berakhir di Terminal Padang. Untuk saat ini, Kota Padang baru menyediakan sejumlah terminal bayangan. Jadi, disarankan untuk menggunakan bus antar provinsi seperti Lorena yang berangkat dari poolmasing-masing. Tarif tiket biasa sekitar Rp.365.000, terkecuali pada saat menjelang masa-masa mudik Hari Raya Lebaran atau Hari Libur Besar Nasional lainnya.

Melalui Jalur Laut

Agak ironis kalau memikirkan jalur laut ternyata kurang begitu diminati di sebuah negara yang konon dibesarkan oleh sejarah maritim. Selain itu, perjalanan via jalur darat khususnya dari lain pulau menuju Kota Padang pada dasarnya juga melewati jalur laut. Alias menyebrang Selat Sunda dari Merak. Oleh karena itu, rutenya pun tidak jauh berbeda dari jalur darat. Tergantung mau lewat jalur lintas timur atau tengah. Namun perjalanan melalui jalur lintas timur lebih disarankan karena memudahkan dari segi ketersediaan tempat makan dan penginapan.

Transportasi di Kota Padang

Jalur transportasi di Kota Padang tergolong mudah. Untuk angkutan dalam kota, bisa menggunakan mikrolet, bus kota, atau taksi. Di beberapa spot dalam kota pun masih bisa dijumpai bendi alias kereta kuda. Anda juga bisa memanfaatkan jasa ojek jika harus menempuh perjalanan ke area-area pinggiran kota atau pedalaman. Setiap tarifnya tergantung dari jarak tempuh perjalanan.

Terhitung dua tahun ini, pemerintah setempat telah meresmikan layanan transportasi Bus Trans Padang seperti di Jakarta dan Jogjakarta. Sayangnya, baru ada 6 koridor yang dibuat. Itu pun cuma 1 yang dioperasikan dari rute Pasar Raya Padang hingga Lubuk Buaya.

Jika ingin bepergian dengan lebih nyaman dan fleksibel apalagi dalam rombongan, disarankan menyewa mobil. Bisa menggunakan sopir atau tidak. Rata-rata tarifnya standar berdasarkan jenis mobil dan layanan yang disediakan. Misalnya untuk sewa mobil Avanza termasuk sopir, tarifnya sekitar Rp.325.000 per 24 jam. Atau jika ingin kapasitas lebih besar bisa menyewa Isuzu Elf 14 bangku penumpang. Tarifnya sekitar Rp.750.000 per 24 jam sudah termasuk sopir.

Tempat Wisata di Kota Padang

Pantai Padang

Pantai yang berlokasi tak jauh dari penginapan murah di Kota Padang ini dikenal dengan sebutan TapLau (Tapi Lauik). Pantai Padang tergolong sebagai tempat wisata favorit yang selalu ramai dikunjungi. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang rupawan. Alih-alih pohon kelapa khas pantai, di sini Anda akan menemukan puluhan bunga nan cantik sebagai hiasan.

Pulau Cubadak

Pulau Cubadak dikenal sebagai surganya pencinta dunia bawah laut. Pulau ini menawarkan bentang alam yang indah. Air lautnya sangat jernih, suasananya pun asri. Sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat.

Pantai Pasir Jambak

Pantai yang berada di Tabing ini berjarak cukup jauh dari pusat Kota Padang, sekitar 20 kilometer. Pantai Pasir Jambak menawarkan pesona yang akan membuat Anda jatuh hati. Pasirnya putih dengan tekstur halus. Di sekitarnya tampak deretan pohon kelapa nan menjulang tinggi. Pantai ini tergolong landai sehingga Anda boleh berenang atau sekadar bermain air.

Masjid Tuo Kayu Jao

Ingin wisata religi di Padang? Datanglah ke Masjid Tuo Kayu Jao. Masjid tertua di Minangkabau ini telah berdiri sekitar 400 tahun silam. Bentuk bangunannya sangat unik dan cantik. Meskipun masjid ini selalu ramai, menjelang bulan Ramadan hingga lebaran pengunjung akan meningkat hingga dua kali lipat.

Taman Wisata Banto Rayo

Tamana Wisata Banto Rayo memang tergolong sebagai destinasi wisata baru di Padang. Namun, tempat ini langsung memikat hati para wisata lantaran keindahannya. Di sini, Anda dapat menikmati suasana asri khas hutan bakau. Jangan lewatkan pula kesempatan untuk melintasi jembatan papan yang mengelilingi perairan dan kawasan hutan.

Pemandian Lubuk Minturun

Pemandian Lubuk Minturun merupakan peninggalan Belanda yang masih asri dan terawat. Pemandangan yang ditawarkan pun sangat indah. Sepanjang mata memandang tampak deretan pohon kelapa, pohon jambu, dan bebatuan besar. Airnya jernih dan dingin. Sangat menyegarkan dan cocok untuk relaksasi.

Air Terjun Tiga Tingkat

Destinasi wisata ini memang belum begitu populer, tetapi keindahannya dapat membuat Anda terpesona. Sesuai namanya, air terjun ini memiliki tiga tingkatan dengan puncak tertinggi sekitar 600 meter di atas permukaan laut. Airnya jernih, bersih, dan sangat dingin.

Danau Kembar

Danau Kembar merupakan nama yang diberikan untuk Danau Diateh dan Danau di Bawah. Konon nama Danau Kembar disematkan lantaran kedua danau yang terletak berdekatan ini memiliki luas yang hampir sama. Danau Kembar menyajikan pemandangan alam yang sangat indah, berupa perbukitan yang dibalut kabut. Maklum saja, Danau Kembar berada di atas ketinggian sehingga kerap diliputi kabut dan bersuhu rendah.

Gua Batu Kapal

Gua yang berada di kawasan perkebunan kelapa sawit terbesar di Solok Selatan ini wajib Anda kunjungi. Gua Batu Kapal merupakan destinasi wisata populer yang menawarkan keindahan berupa stalagtit dan staglamit. Di sore hari, Anda dapat menikmati pesona matahari terbenam di atas bukit. Dijamin Anda akan terpesona dengan keindahan warna Gua Batu Kapal.

Pulau Sikuai

Pulai Sikuai merupakan salah satu destinasi romantis yang cocok dikunjungi bersama pasangan. Pulau ini menawarkan suasana yang tenang lantaran jauh dari keramaian. Pemandangannya pun sangat indah. Air lautnya begitu jernih, pasirnya pun putih bersih. Di sini, Anda dapat menghabiskan waktu berdua dengan pasangan sembari menikmati sunset ataupun memancing.

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana merupakan destinasi wisata favorit keluarga yang wajib dikunjungi. Pantai ini memiliki pasir yang putih, bersih, dan halus. Di sini, Anda dapat bermain air, berenang, atau berjalan di sekitar bibir pantai. Tak perlu khawatir karena Pantai Nirwana tergolong landai.

Lembah Anai

Lembah yang terletak di jalur perlintasan Kota Padang dengan Bukittinggi ini menawarkan keindahan alam nan memukau. Di sini, Anda tidak hanya dapat menikmati kesegaran air terjun, melainkan juga keindahan deretan perbukitan Gunung Singgalang. Uniknya, di tempat ini pun terdapat rangkaian rel kereta tua yang melintang di atas jalanan, tak jauh dari lokasi air terjun.

Danau Singkarak

Belum lengkap rasanya mengunjungi Kota Padang sebelum bertandang ke Danau Singkarak. Danau terluas di Pulau Sumatera ini menawarkan nuansa alami dan pemandangan yang indah, membentang dari Kabupaten Solok hingga Kabupaten Padang Panjang. Selain dikenal sebagai tempat wisata terpopuler, Danau Singkarak pun kerap dijadikan sebagai tempat perhelatan event atau kegiatan penting.

Pantai Air Manis Batu Malin Kundang

Sesuai dengan namanya, pantai ini erat kaitannya dengan legenda Malin Kundang. Di sini, Anda dapat menyaksikan batu yang bentuknya menyerupai manusia. Pantai yang berada tak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur ini cukup berbeda dengan pantai pada umumnya. Pasalnya, ketika air surut, Anda dapat berjalan menuju Pulau Pisang yang terletak di tepian pantai.

Kota Tua Padang

Destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan tempo dulu. Bisa dibilang Kota Tua Padang sangat cocok bagi pencinta vintage. Maklum saja, suasana yang dihadirkan sangat klasik dan menyenangkan. Di sini, Anda dapat melihat deretan bangunan bergaya lama yang menarik dan artistik.

Terdapat cukup banyak spot foto yang dapat membuat gambar Anda semakin cantik. Tak heran jika Kota Tua Padang menjadi buruan pencinta swafoto. Bahkan, destinasi wisata ini pun kerap digunakan sebagai latar foto pranikah.

Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan termasuk dalam destinasi wisata wajib kunjung selama liburan di Manado. Di tempat ini terdapat banyak spot dan lanskap yang memesona. Anda dapat mengabiskan waktu dengan menjelajahi pulau, menyelam, atau sekadar menunggu waktu sunset.

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok merupakan lembah curam yang berada di perbatasan Bukittinggi dan Agam. Konturnya unik sehingga sangat menarik untuk dijelajahi. Ngarai Sianok pun dikenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati pesona Sumatera Barat sembari mencicipi aneka kuliner nan lezat.

Museum Adityawarman

Museum yang diresmikan pada tahun 1977 ini merupakan tempat yang dibangun untuk menyimpan benda bersejarah dan melestarikan budaya Minang, Mentawai, dan Nusantara. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan tentang budaya dan sejarah Nusantara, khususnya Minangkabau. 

Pantai Caroline

Pantai yang berjarak sekitar 25 kilometer dari Pusat Kota Padang ini menawarkan pemandangan yang memesona. Di sepanjang pantai tampak deretan pepohonan hijau nan rindang. Di sini, Anda dapat bermain air, membangun istana pasir, ataupun menyewa perahu menuju Pulau Karang di tengah lautan.

Jembatan Sitti Nurbaya

Jembatan Sitti Nurbaya menawarkan pemandangan Kota Padang yang menakjubkan. Di malam hari, Anda akan menyaksikan deretan lampu kota yang cantik. Meskipun suhu udara cukup dingin, Anda dapat menghangatkan tubuh dengan menikmati berbagai kuliner lezat di sekitar jembatan. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah roti bakar.

Air Terjun Bayang Sani

Air Terjun Bayang Sani merupakan air terjun terbesar yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan. Destinasi wisata ini menawarkan lima tingkatan air terjun. Namun, baru dua tingkat terbawah yang dapat dikunjungi. Meskipun demikian, keduanya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Pasalnya, air terjun ini menyuguhkan pemandangan alam yang fantastis.

Danau Biru

Tak banyak yang tahu bahwa Danau Biru merupakan bekas galian tambang batu bara yang kemudian disulap menjadi sebuah danau nan indah. Danau buatan ini menampung air biru nan jernih yang akan berkilau ketika terkena sinar matahari. Sangat memukau. Dijamin Anda akan betah berlama-lama di tempat ini.

Lawang Adventure Park

Mencari spot yang asyik untuk bersantai? Kunjungi Lawang Adventure Park. Destinasi wisata ini tidak hanya menawarkan panorama nan indah, melainkan juga wahana permainan yang seru dan mengasyikkan.

Puncak Gagoan

Puncak Gagaon merupakan destinasi wisata yang menawarkan panorama perbukitan nan eksotis. Dari atas ketinggian, Anda akan menyaksikan hamparan pepohonan hijau nan rindang. Tak hanya itu saja, di sini Anda dapat menikmati indahnya Danau Singkarak dari kejauhan. Sangat mengesankan!

Pulau Siburu

Satu lagi pulau yang tak kalah eksotis dari Raja Ampat, yakni Pulau Siburu. Di pulau ini terdapat sebuah pulau yang hanya muncul saat laut sedang surut, yakni Pulau Pasir Timbul. Pulau nan unik ini menawarkan pemandangan pasir putih dengan air sejernih kristal. Liburan Anda pun akan sangat berkesan!

Wisata Alam Tonang

Wisata Alam Tonang merupakan tempat yang wajib dikunjungi para pencinta swafoto. Maklum saja, tempat ini menawarkan sejumlah spot foto yang instagrammable dan unik. Dijamin hasil foto Anda akan tampak luar biasa.

Ngalau Simarasok

Destinasi wisata yang masih terjaga keasriannya ini terletak di kawasan Jorong Simarasok. Di sini, Anda dapat menikmati suasana alam yang menenangkan. Deretan pepohonan hijau di sekitarnya akan membuat Anda damai, pikiran pun kembali jernih.

Danau Maninjau

Danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Sitinjau 52.000 tahun silam ini terletak sangat jauh dari Pusat Kota Padang, yakni sekitar 140 kilometer. Meskipun demikian, pesona yang ditawarkan sangat luar biasa, Anda akan terpukau dibuatnya. Konon, danau ini memiliki kaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan.

Jembatan Akar Bayang

Ingin liburan yang antimainstream? Datanglah ke Jembatan Akar Bayang. Meskipun hanya sebuah jembatan, tempat ini sangat eksotis dan instagrammable. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan seru tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Air Terjun Langkuik Tinggi

Air Terjun Langkuik Tinggi termasuk dalam destinasi wisata yang belum begitu populer lantaran lokasinya yang tersembunyi. Meskipun demikian, air terjun ini menawarkan pesona yang tak dapat diabaikan begitu saja. Di tempat ini, Anda akan menemukan enam air terjun sebelum sampai pada air terjun utama. Airnya jernih dan sangat menyegarkan. Hanya dengan melihatnya saja, tubuh akan kembali bugar dan penuh semangat.

Kuliner Khas Padang

Rendang

Rendang merupakan salah satu makanan khas Padang yang sangat terkenal. Bahkan kelezatannya telah dikenal hingga mancanegara. Makanan yang terbuat dari daging sapi ini dapat ditemukan di hampir seluruh Rumah Makan Padang. Berbeda dengan daging biasa, rendang harus diolah dengan bumbu rempah dan dimasak bersama santan. Dibutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 jam agar bumbu rempat meresap sempurna.

Dendeng Balado

Makanan yang terbuat dari olahan daging sapi ini merupakan favorit masyarakat Minangkabau. Sebelum dimasak, daging sapi harus diiris tipis dan dikeringkan. Bumbunya sendiri terbuat dari campuran rempah dan cabai. Rasanya sangat nikmat. Tidak hanya dijadikan menu makanan utama, dendeng pun dapat dijadikan camilan bergizi tinggi.

Gulai Banak

Gulai banak merupakan makanan khas Padang yang menggunakan otak sapi sebagai bahan dasarnya. Otak sapi dipilih lantaran mengandung vitamin B5 dan B12 yang bagus untuk meningkatkan stamina tubuh. Otak sapi yang dipotong kecil pun memiliki teksur lembut dan lumer ketika disantap.

Sate Padang

Berbeda dengan sate Madura, sate Padang menggunakan daging sapi sebagai bahan baku utama. Daging sapi yang telah dipotong bentuk dadu akan dibakar kemudian diguyur kuah kuning nan kental. Kuah ini menjadi ciri khas sate Padang. Cita rasa yang dihasilkan pun sangat lezat lantaran terbuat dari campuran kaldu jeroan dan sejumlah bumbu rempah.

Ikan Balado

Ikan balado hampir mirip dengan dendeng balado. Perbedaannya hanya terletak pada bahan bakunya saja. Jika dendeng menggunakan daging sapi, maka makanan ini menggunakan ikan. Soal rasa, sama-sama lezat dan membuat selera makan Anda meningkat. Sekali coba, dijamin ketagihan!

Gulai Paku

Gulau paku merupakan kuliner khas Padang yang memiliki cita rasa kuat. Maklum saja, untuk membuat gulai ini diperlukan berbagai jenis rempah-rempah. Nantinya, bumbu rempah akan dicampur dengan tanaman paku sayur atau yang dikenal dengan pakis. Untuk menambahkan cita rasa, gulai ini kerap diberi tambahan berupa udang kecil, iso sapi, tempe, tahu, atau ikan teri.

Soto Padang

Makanan khas Padang lain yang tak kalah menggoda selera adalah Soto Padang. Soto ini terbuat dari daging sapi khas dalam yang diiris kecil. Teksur dagingnya empuk. Cita rasa rempah yang kuat membuat kelezatan Soto Padang semakin tak terbantahkan.

Dendeng Batokok

Dendeng batokok tak kalah populer dengan dendeng balado. Proses pembuatannya pun unik. Alih-alih diiris tipis, daging sapi harus dipukul hingga pipih. Bumbu dan aromanya sangat menggoda. Tak heran jika makanan ini menjadi menu wajib bagi wisatawan yang datang bertandang ke Kota Padang.

Gulai Tauco

Makanan ini merupakan kombinasi antara seafood dengan kuah khas Padang. Umumnya, Gulai Tauco terdiri dari tahu, buncis, ikan kecil, dan udang yang dimasak dengan bumbu gulai. Kuahnya kecokelatan dengan aroma rempah yang tajam. Sangat sedap dinikmati saat santap siang dan makan malam.

Kalio Dagiang

Bisa dibilang makanan khas Padang ini memiliki kemiripan dengan rendang. Bedanya, bumbu kalio daging tidak sepekat bumbu rendang. Meskipun proses memasaknya tak jauh berbeda, kalio dagiang menggunakan seluruh bagian tubuh sapi yang dapat dikonsumsi, seperti kikil dan usus. Soal rasa? Tak kalah dengan rendang, sangat lezat!

Gulai Itiak

Makanan berbahan dasar bebek ini dimasak dengan menggunakan bahan gulai pada umumnya. Hanya saja, dalam proses memasak gulai itiak ditambahkan dengan cabai hijau. Alhasil, rasanya pun lebih mantap, kombinasi antara pedas dan gurih. Sangat nikmat dan menyegarkan.

Cancang

Meskipun sebagian besar masakan padang didominasi daging sapi, ada satu makanan khasnya yang justru menggunakan daging kambing, yakni cancang. Daging kambing dimasak dengan campuran santan, gilingan cabai rawit, cabai merah, dan bumbu rempah. Penggunaan rempah inilah yang membuat bau khas daging kambing lenyap. Sekali mencicipi cancang, Anda pasti ketagihan!

Sate Lokan

Sate lokan merupakan makanan yang terbuat dari sejenis kerang. Kerang ini ditangkap langsung sehingga terjaga kesegarannya. Uniknya, kerang yang digunakan dalam pembuatan sate lokan memiliki tekstur yang gurih di bagian luar, tetapi sangat lembut di dalam.

Proses pembakarannya pun sedikit berbeda dari sate biasa lantaran menggunakan jeruk nipis dan nanas. Kedua bahan ini dikenal ampuh melenyapkan bau amis. Alhasil, rasa dagingnya pun lebih nikmat.

Kalio Jariang

Jengkol memang dikenal sebagai kuliner khas Betawi, tetapi di Padang pun terdapat menu masakan yang terbuat dari jengkol, yakni kalio jariang. Proses memasak makanan ini pun tergolong unik. Jengkol harus dipukul kemudian dipipihkan baru dimasak dengan bumbu gulai khas Padang. Bau dari jengkol pun dibiarkan untuk menciptakan aroma khas yang menggoda selera ketika bercampur dengan bumbu rempah.

Palai Rinuak

Palai rinuak merupakan makanan yang terbuat dari ikan. Kuliner khas Padang ini agak mirip dengan pepes ikan biasa. Bedanya, ikan yang digunakan haruslah berukuran kecil. Hal ini dilakukan karena cita rasa ikan kecil jauh lebih gurih.

Nantinya, ikan tersebut dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu rempah hingga menyatu kemudian dikukus menggunakan daun pisang. Ketika disantap bersama nasi hangat, rasanya seakan meleleh di mulut. Sangat nikmat!

Teh Talua

Kuliner khas Padang ini wajib Anda coba. Pasalnya, teh talua memiliki aroma dan rasa yang khas. Maklum saja, teh ini dibuat dengan menggunakan daun teh berkualitas yang dicampur kuning telur ayam kampung atau telur bebek. Tak hanya itu saja, perasan jeruk nipis dan gula pun ditambahkan untuk menghilangkan bau amis dan menambah cita rasa.

Lampong Sagu

Lampong sagu merupakan kue khas Padang yang keberadaannya cukup sulit ditemukan. Namun, makanan ini masih sering disajikan pada pesta adat. Sebelum disajikan, lampong sagu harus dipanggang lebih dulu. Rasanya unik lantaran terbuat dari pisang kapok yang dicampur parutan kelapa, gula merah, dan santan. Perpaduan antara manis, gurih, dan kenyal membuat lampong sagu sangat legit!

Nasi Kapau

Nasi kapau merupakan makanan yang dapat ditemukan hampir di seluruh warung makan. Kuliner khas Padang ini mirip dengan nasi Gudeg khas Yogyakarta karena sama-sama menggunakan nangka muda. Perbedaannya terletak pada bumbu. Nasi kapau menggunakan kunyit sehingga warnanya pun kuning mencolok. Umumnya, nasi bungkus ini disantap dengan tambahan lauk, seperti balado daging sapi, telur, ikan asin, dan dendeng.

Martabak Kubang

Bertandang ke Kota Padang tak afdal sebelum Anda mencicipi nikmatnya martabak kubang. Dari tampilan, martabak kubang tak ubahnya seperti martabak telur biasa, yakni menggunakan daging sapi yang dicampur dengan telur. Perbedaannya terletak pada cara penyajian. Martabak kubang disuguhkan dengan kuah asam manis yang sedikit pedas. Rasanya? Sangat menggugah selera dan cocok dijadikan kudapan saat bersantai atau berkumpul bersama keluarga.

Nasi Sala

Nasi sala merupakan makanan yang berasal dari daerah pesisir Pariaman. Konon, dulunya nasi ini sering disantap oleh para nelayan. Penyajian nasi sala pun tidak menggunakan piring, melainkan daun pisang. Di atas nasi ditambahkan sayuran kukus, ikan goreng gembulo, dan sambal balado pedas.

Tempat Hangout Anak Muda di Kota Padang

Kubik Koffie

Tempat hangout anak muda ini terletak di Jalan Olo Ladang Nomor 12, Olo, Padang. Sesuai dengan namanya, Kubik Koffie menawarkan berbagai jenis olahan kopi dan kudapan lezat. Selain kopinya yang beraroma harum, suasana kafe ini pun sangat menyenangkan. Tak heran jika banyak anak muda yang senang menghabiskan waktu untuk bercengkerama atau sekadar menikmati secangkir kopi. Kubik Koffie buka pada pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Teras Selera Padang

Kedai yang berlokasi di Jalan Banjir Kanal Linggarjatu, Parupuk Tabing, Padang ini menyuguhkan sajian lezat nan ramah kantong. Sebagian besar menunya didominasi oleh kudapan ringan nan mengenyangkan, seperti sandwich pisang glazzy, pisang kapik cokelat tiramisu, sandwich telur jagung, sandwich rainbow, dan pisang kapik chesee blueberry. Teras Selera Padang beroperasi setiap hari, kecuali Jumat, mulai dari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Khusus di akhir pekan, Teras Selera Padang buka hingga pukul 21.00 WIB.

El’s Coffee

El’s Coffee merupakan kedai kopi yang menawarkan kenyamanan selama menikmati secangkir kopi. Bahkan, sejumlah konsumen merekomendasikan El’s Coffee untuk dikunjungi bersama keluarga. Menu yang ditawarkan cukup bervariasi, harganya pun masih terjangkau. Kafe yang terletak di Jalan Hayam Wuruk, Belakang Tangsi, Padang ini buka pada pukul 10.00 hingga 23.00 WIB.

Weekend Café

Weekend Café merupakan salah satu tempat nongkrong yang didesain dengan modern. Suasana di kafe ini sangat hangat dan nyaman. Alhasil, pengunjung pun betah berlama-lama menghabiskan waktunya di sini. Weekend Café menawarkan beragam kudapan dan minuman yang dibanderol dengan harga bersahabat.

Kafe kekinian ini dibuka pada pukul 11.00 hingga 22.00 WIB. Untuk menemukan kafe ini tidak sulit, letaknya mudah ditemukan lantaran berada di Jalan Kelenteng 2 Nomor 1, Kampung Pondok, Padang Barat.

Waroeng Nongkrong PDG

Waroeng Nongkrong PDG merupakan salah satu spot kekinian alias tempat gaulnya anak muda di Kota Padang. Kafe ini terletak di Jalan Dr. Sutomo Nomor 1, Lubuk Begalung Nan XX, Padang ini dibuka sejak pukul 13.00 hingga 01.00 WIB. Khusus di hari Minggu, kafe yang kerap dijadikan tempat nongkrong ini tidak beroperasi.

Tak jauh berbeda dengan kafe lain, Waroeng Nongkrong PDG pun menawarkan aneka menu makanan dan minuman yang menggoda selera. Harganya pun sangat bersahabat.

Restoran Terkenal di Kota Padang

Restoran Soto Garuda

Restoran yang telah berdiri sejak tahun 1976 ini tak pernah lengkang di makan waktu. Bahkan, semakin hari, penggemar Soto Garuda pun kian bertambah. Maklum saja, Soto Garuda selalu menjamin kualitas masakannya.

Soto khas Padang yang disajikan restoran ini memiliki rasa yang lezat. Potongan daging dan paru gorengnya cukup besar. Sotonya pun dilengkapi dengan bihun dan kentang sebagai pengganti rasa. Kuahnya sangat sedap, bumbu rempahnya begitu terasa dan menyegarkan. Restoran yang buka pada pukul 07.00 hingga 21.00 WIB ini terletak di Jalan Letjen. S. Parman 112-B-C-E, Kota Padang.

Rumah Makan Lamun Ombak

Rumah Makan Lamun Ombak menyuguhkan menu masakan khas Padang pada umumnya. Di tempat ini, Anda dapat mencicipi kuliner lezat, seperti gulai ikan, paru goreng, rendang, dan ikan asam pedeh. Rumah makan yang terletak di Jalan Kapten Sulaiman Nomor 99 ini buka setiap hari, mulai pukul 07.30 hingga 22.00 WIB.

Sate Mak Syukur

Warung sate yang terletak di Jalan Sutan Syahrir Nomor 250, Padang Panjang ini telah berdiri sejak tahun 1941. Meskipun puluhan tahun berselang, cita rasa sate Mak Syukur tetap sama. Tak heran jika sate ini selalu diincar oleh wisatawan.

Irisan daging sapi sate Mak Syukur cukup besar dan disiram menggunakan kuah kental yang gurih. Maklum saja, Mak Syukur menambahkan punuk dan rusuk sapi ke dalam kuahnya. Ketika disantap, dagingnya terasa sangat lembut dan meleleh di mulut. Sementara kuahnya terasa gurih dan sedikit pedas. Warung Sate Mak Syukur dibuka pada pukul 09.00 hingga 21.30 WIB.

Rumah Makan Fuja

Rumah Makan Fuja menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang tidak ingin mengonsumsi masakan khas Padang. Rumah makan ini menawarkan menu lain, berupa olahan laut. Mulai dari ikan, udang, cumi-cumi, hingga kepiting. Rumah makan yang terletak di Jalan Samudera Nomor 24, Padang Barat ini dibuka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Rumah Makan Pagi Sore

Salah satu rumah makan yang wajib Anda sambangi ketika berlibur di Padang adalah Rumah Makan Pagi Sore. Rumah makan ini menawarkan menu kuliner khas Padang. Berkat rasanya yang lezat dan harganya yang bersahabat, Rumah Makan Pagi Sore selalu ramai dikunjungi warga maupun wisatawan. Untuk menikmati hidangan khas Padang, datanglah ke Jalan Pd. Nomor 143, Padang Barat.

Lontong Malam Turagiri

Berbeda dari penjual lontong kebanyakan, warung makan yang terletak di Jalan Veteran Nomor 68, Padang ini justru beroperasi sejak pukul 17.00 hingga 03.00 WIB. Warung makan ini menawarkan lontong dengan tiga jenis menu sayur yang berbeda, yakni cubadak, gulai paku, dan tauco telur rebus. Tak hanya itu saja, Anda pun bebas menentukan jenis kuah, yakni kuah lontong, kuah pakis, atau kuah nangka. Selain menu lontong, tersedia menu lain, seperti bubur, bubur kacang hijau, bubur hitam, dan teh telur.

Martabak Malabar Arham

Martabak Malabar Arham sangat populer di Kota Padang. Kudapan ini cocok disajikan dalam berbagai suasana. Selain murah, rasanya pun nikmat. Sekali coba, Anda pasti akan ketagihan. Untuk menikmati martabak ini, datanglah ke Jalan Muhammad Husi Thamrin Nomor 1, Padang Selatan.

Kedai Es Durian Ganti Nan Lamo

Kedai yang telah berdiri sejak tahun 1960 ini terletak di Jalan Pulau Karam Nomor 103B. Jam operasional kedai ini dimulai pukul 08.00 hingga 22.30 WIB. Sesuai dengan namanya, kedia ini menawarkan aneka menu es durian, seperti es durian cream, es durian thok, dan es durian campur. Asyiknya, Anda bebas menambahkan topping, seperti es serut, agar-agar, cincau, hingga nata de coco. Es durian ini sangat nikmat disantap ketika cuaca terik.

Restoran Kubang Hayuda

Restoran Kubang Hayuda merupakan tempat makan paling populer di Padang. Letaknya cukup mudah ditemukan, berada di Jalan M. Yamin, Padang. Di tempat ini, terdapat cukup banyak kursi dan meja panjang nan nyaman. Restoran Kubang Hayuda menyuguhkan menu martabak Mesir dan roti cane.

Meskipun sama-sama lezat, terdapat perbedaan antara martabak biasa dengan martabak spesial, yakni pelengkap kuah cuka. Martabak Mesir biasa hanya dilengkapi satu mangkuk kuah cuka, sedangkan martabak Mesir spesial dilengkapi dua mangkuk.

Ada yang menarik dari proses pembuatan martabak Mesir, yakni penggunaan margarin. Alih-alih menggunakan minyak layaknya martabak telur, martabak Mesir justru menggunakan margarin. Selain lebih gurih, kombinasi antara margarin dengan rempahnya sukses membuat selera makan Anda meningkat. Aromanya begitu menggoda!

Rumah Makan Pau Paiaman

Rumah makan khas Padang ini tergolong elit. Pasalnya harga yang ditawarkan tergolong mahal. Namun, sesuai dengan menu yang ditawarkan, yakni Ayam Panas, Kailo Dagiang, Gulai Kepala Ikan, Ikan Pangek Padeh, dan Dendeng. Rumah Makan Pau Paiaman terletak di Jalan Khatib Sulaiman Nomor 63, Lolong Belanti, Padang Utara. Rumah makan ini buka setiap hari, sejak pagi hingga pukul 21.00 WIB.

Oleh-oleh Khas Kota Padang

Karupuak Sanjai

Karupuak Sanjai merupakan salah satu oleh-oleh khas Padang yang laris manis diburu wisatawan. Makanan ini terbuat dari singkong yang diolah dengan bumbu. Terdapat tiga pilihan rasa, yakni rasa tawar (warna putih), rasa asin (warna kuning), dan rasa pedas (warna merah). Camilan ini sangat cocok untuk menemani Anda bersantai di waktu sore.

Karupuak Sanjai dapat ditemukan di sentra pembuatan karupuak Sanjai, yakni di Jalan Sanjai, Desa Manggis, Kelurahan Manggis Gantiang Sanjai, Bukittinggi, Sumatera Barat. Oleh-oleh ini pun dapat Anda temukan di sejumlah toko oleh-oleh di Kota Padang maupun toko online.

Roti Randang

Roti randang merupakan salah satu makanan yang banyak dijadikan sebagai buah tangan. Maklum saja, roti ini memiliki cita rasa yang khas dan sulit dilupakan. Aromanya pun sangat menggoda selera, campuran antara bumbu rendang dengan taburan wijen. Umumnya, roti randang dijual per kotak dengan harga sekitar Rp60.000,00.

Salah satu toko yang paling direkomendasikan untuk membeli roti randang adalah Toko Roti Tandang Ninur. Toko yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 3, Tarok Dipo, Guguk Panjang, Bukittinggi ini menyuguhkan roti randang dengan rasa yang unik dan lezat. Tak heran jika setiap hari toko ini selalu dipadati oleh wisatawan.

Karak Kaliang

Karak kaliang merupakan jenis kerupuk yang terbuat dari ubi kayu. Warnanya kuning, bentuknya menyerupai angka delapan. Untuk membuat karak kaling, ubi kayu haruslah dikupas lebih dulu kemudian dicuci hingga bersih. Setelahnya, ubi kayu diparut dan diproses hingga menghasilkan tepung ubi. Sebelum dibentuk, adonan diberi tambahan bawang putih dan garam. Rasa karak kaliang sangat gurih, cocok dijadikan sebagai camilan.

Untuk mendapatkan karak kaliang, Anda dapat mengunjungi pabrik produksi di Kota Payakumbuh atau Kabupaten Lima Puluh Kota. Di tempat ini, Anda dapat melihat proses pembuatan karak kaliang langsung. Dibandingkan dengan harga yang dipatok toko oleh-oleh, membeli langsung di tempat ini jauh lebih murah. Satu kemasan karak kaliang dibanderol sekitar Rp5.000,00.

Emping Balado

Sesuai dengan namanya, kudapan ini terbuat dari emping yang ditambahkan bumbu balado. Rasanya lezat dan sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Meskipun emping balado sangat mudah ditemukan di penjuru Kota Padang, terdapat satu tempat yang paling direkomendasikan, yakni Toko Keripik Balado Shirley yang terletak di Jalan Gereja Nomor 36, Padang Barat.

Kopi Khas Padang

Bagi Anda pencinta kopi, kopi khas Padang dapat dijadikan sebagai alternatif oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat. Untuk mendapatkan kopi khas Padang, Anda harus berkunjung ke Kiniko Enterprise yang terletak di Jalan Raya Batusangkar – Bukittinggi, Tabek Patah, Salimpaung, Tanah Datar.

Di sini, Anda dapat membeli kopi khas Padang sembari mencicipi kelezatannya. Uniknya, penyajian kopi khas Padang bukan menggunakan gelas atau cangkir, melainkan batok kelapa. Untuk mendapatkan kopi khas Padang, Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp20.000,00 per paketnya.

Bolu Batik

Bolu batik merupakan makanan yang terbuat dari campuran tepung, telur, dan gula. Sedikit berbeda dengan bolu biasa, bolu ini dibalut dengan ukiran batik nan cantik. Terdapat cukup banya variasi batik. Selain menarik, bolu batik pun memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Sangat cocok disajikan dengan secangkir teh.

Bolu batik dapat ditemukan di hampir seluruh toko oleh-oleh. Bahkan beberapa pusat perbelanjaan dan swalayan pun menjual bolu khas Padang ini. Untuk menikmati bolu batik, Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp60.000,00.

Kerupuk Jengek

Kerupuk jengek merupakan oleh-oleh khas Kota Padang yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Proses pengolahan camilan ini cukup panjang dan rumit. Mulanya, kulit sapi atau ketbau dibersihkan kemudian dijemur hingga kerik. Setelahnya, kulit digoreng dan ditambahkan bumbu, seperti gurih, balado pedas, atau pedas manis.

Kerupuk jengek dapat Anda temukan di hampir seluruh toko oleh-oleh di Kota Padang. Harganya bervariasi, tetapi sangat terjangkau.

Dendeng Daun Singkong

Selain daging, daun singkong pun dapat dijadikan dendeng yang lezat dan bergizi tinggi. Mulanya, dendeng daun singkong ditemukan oleh seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Kecamatan Nanggalo, Rita Yanit. Satu bungkus dendeng daun singkong dibanderol dengan harga sekitar Rp10.000,00 hingga Rp20.000,00. Kudapan ini dapat Anda temukan di seluruh sentra oleh-oleh di Kota Padang.

Rendang Telur

Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari telur yang dimasak dengan bumbu rempah hingga kering. Umumnya, orang Minang menyandingkan rendang telur dengan sepiring nasi hangat.

Anda dapat membeli rendang telur di toko oleh-oleh, seperti Toko Christine Hakim atau melalui toko online. Rata-rata, rendang telur dibanderol dengan harga sekitar Rp15.000,00 hingga Rp20.000,00 per kemasan.

Arai Pinang

Arai pinang terbuat dari bunga pinang yang dicampur dengan saus dan rebusan gula. Rasanya yang enak sangat cocok untuk menemani hari Anda. Arai pinang mudah ditemukan di hampir seluruh toko oleh, seperti Toko Pesona Nusantara dan pasar Pariaman yang terletak di Kelurahan Kampung Perak Pariaman Tengah, Pariaman, Sumatera Barat. Rata-rata harga arai pinang 500 gram berkisar antara Rp11.000,00 hingga Rp20.000,00.

Rendang Suwir Ayam

Rendang suwir ayam merupakan salah satu buah tangan khas Padang yang terkenal akan kelezatannya. Cita rasa rendang suwir ayam sangat unik dan istimewa lantaran berasal dari campuran rempah khas Padang. Selain disantap dengan nasi, rendang suwir ayam pun cocok disajikan sebagai topping olahan mie ataupun lontong kuah.

Anda dapat membeli rendang suwir ayam di toko khusus oleh-oleh yang tersebar di Kota Padang. Satu kotak ayam suwir dibanderol dengan harga sekitar Rp50.000,00 hingga Rp75.000,00, tergantung merek.

Galamai

Galamai merupakan makanan yang mirip dengan dodol. Galamai terbuat dari tepung beras yang dicampur gula aren dan santan. Berbeda dengan dodol, galamai memiliki tekstur yang agak kasar lantaran penambahan kacang tanah. Meskipun demikian, rasanya sangat lezat. Terasa lebih gurih dan legit.

Galamai dapat Anda beli sejumlah toko oleh-oleh. Namun, galamai dari Toko Christine Hakim yang paling laris diburu konsumen. Toko ini dapat Anda temukan di Jalan Nipah Nomor 38, Berok Nipah, Padang Barat.

Kain Sulam Karancang

Kain sulam karancang dibuat dengan teknik tenun yang khas, yakni berlubang di bagian ujung kain. Untuk membuat kain sulam karancang diperlukan benang berkualitas tinggi. Proses pengerjaannya cukup memakan waktu lantaran dikerjakan secara manual. Tak heran jika kain sulam karancang dibanderol dengan harga tinggi.

Di pasaran, kain ini tidak hanya dijual polosan, melainkan juga dijual dalam bentuk mukena, sarung, dan kerudung. Anda bisa mendapatkan kain sulam karancang di toko oleh-oleh atau toko kain. Jika ingin harga yang lebih murah, datang langsung ke sentra kesenian karancang di Kabupaten Lima Puluh Kota dan sekitar Kota Padang.

Kain Songket

Kain songket merupakan kain khas Padang yang dibuat secara tradisional. Dibutuhkan ketelitian tinggi dan waktu yang lama untuk menghasilkan kain songket berkualitas tinggi. Selain dijual lembaran, kain songket pun tersedia dalam bentuk sarung, tas, selendang, hingga kerudung.

Harga jual kain songket dibedakan dari jenisnya. Kain songket benang 1 dibanderol dengan harga yang sangat mahal, sedangkan kain songket benang 2 dan 3, dipatok dengan harga yang masih terjangkau. Sementara kain songket benang 4 dijual dengan harga paling murah. Kain songket dapat Anda temukan di seluruh toko oleh-oleh ataupun toko kain di Kota Padang.

Kaus Jam Gadang

Satu lagi oleh-oleh yang cocok dibawa pulang, yakni kaus Jam Gadang. Kaus ini banyak diburu pelancong. Bahannya cukup nyaman dikenakan. Harganya pun murah, berkisar antara Rp20.000,00 hingga Rp100.000,00. Untuk mendapatkan kaus Jam Gadang, Anda dapat berkunjung ke Pelataran Jam Gadang, Bukittinggi. Di tempat ini, cukup banyak pedagang yang menawarkan kaus dan miniatur Jam Gadang.

Daftar Mall di Kota Padang

Plaza Andalas

Plaza Andalas terletak di Jalan Pemuda, Olo, Padang Barat dan mulai beroperasi pada pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Mall populer di Kota Padang ini pernah hancur akibat gempa di tahun 2010 silam. Setelah dibangun dan renovasi ulang, mall ini kembali dibuka untuk umum.

Plaza Andalas merupakan tempat yang tepat untuk memenuhi kebutuhan harian. Selain aneka kebutuhan rumah tangga, tempat ini pun menjual berbagai peralatan dapur, busana, otomotif, dan gadget.

Mall berlantai empat ini pun tergolong pusat perbelanjaan mewah. Terdapat beberapa tenan ternama, seperti Jhonny Andrean, Solaria, Ramayana, Inul Vista, dan Cinema XXI. Tak hanya itu saja, Plaza Andalas pun dilengkapi dengan fasilitas mumpuni untuk menunjang kebutuhan pengunjung.

Basko Grand Mall

Basko Grand Mall atau yang juga dikenal dengan Basko Minang Plaza ini terletak di Jalan Prof. DR. Hamka, Air Tawar Timur, Padang Utara. Pusat perbelanjaan yang mengusung konsep modern dinamis ini beroperasi pada pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Di sini, Anda dapat berbelanja dengan nyaman. Tempatnya pun strategis, berdekatan dengan penginapan murah di Kota Padang. Tak heran jika Basko Grand Mall selalu ramai dikunjungi warga dan wisatawan. Selain menawarkan barang-barang kebutuhan harian, di pusat perbelanjaan ini pun terdapat sejumlah tenan terkenal, seperti Matahari, KFC, Pizza Hut, dan J.Co Donuts.

Damar Plaza

Pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Damar, Olo, Padang ini mulai beroperasi pada pukul 09.30 hingga 21.00 WIB. Damar Plaza mengusung konsep bangunan berupa supermarket dengan tiga lantai.

Kendati Damar Plaza tidak begitu besar, pusat perbelanjaan ini tergolong lengkap. Selain menawarkan kebutuhan harian, Damar Plaza pun dikenal sebagai pusat fashion wanita di Kota Padang. Tak hanya itu saja, di tempat ini pun terdapat jaringan toko buku terbesar di Indonesia, Gramedia.

Sentral Pasar Raya

Pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Mohammad Yamin Nomor 146, Padang Barat ini beroperasi mulai pukul 09.30 hingga 22.00 WIB. Sentral Pasar Raya mengusung konsep yang serupa dengan Pasar Tanah Abang di Jakarta, yakni pertokoan grosir. Di tempat ini, Anda akan menemukan banyak pedagang grosir, ritel, dan eceran. Terdapat pula sejumlah tenan tersohor di Indonesia, seperti J.Co, Matahari, Breadtalk, Timezone, dan Cinema XXI.

Transmart Padang

Pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Khatib Sulaiman Nomor 85, Ulak Karang Selatan, Padang Utara ini tergolong baru. Sejak dibuka pada Mei 2017, plaza yang beroperasi pada pukul 09.00 hingga 22.00 WIB ini langsung menjadi primadona.

Maklum saja, Transmart Padang menawarkan berbagai barang kebutuhan dengan harga terjangkau. Selain itu, pusat perbelanjaan yang terdiri dari empat lantai ini pun dipenuhi tenan terkemuka di Indonesia, seperti Hypermart dan Trans Studio Mini. Termasuk, sejumlah restoran dan food court.

Sahabat Jaya Sentosa Plaza

Sahabat Jaya Sentosa Plaza merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin berbelanja peralatan elektronik, seperti televisi, lemari es, mesin cuci, AC, computer, laptop, dan smartphone. Selain itu, di sini Anda pun dapat menemukan berbagai perlengkapan furnitur yang dibanderol dengan harga murah. Mulai dari tempat tidur, lemari, sofa, hingga peralatan dapur.

Pusat perbelanjaan yang kerap disebut SJS ini berada di Jalan Johni Anwar Nomor 1, Ulak Karang Utara, Kampung Lapai Naggalo, Padang. Setiap hari Sahabat Jaya Sentosa Plaza buka dari pukul 09.00 hingga 21.30 WIB.

Padang Landmark

Mall yang berada di Jalan Khatib Sulaiman Nomor 89, Ulak Karang Selatan, Padang ini mulai beroperasi pada pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Padang Landmark merupakan pusat perbelanjaan bertaraf internasional yang telah melakukan afiliasi dengan Lippo Group.

Kendati demikian, di pusat perbelanjaan ini, Anda dapat menikmati berbagai produk lokal dengan harga bersahabat. Selain itu, di tempat ini pun terdapat bioskop Cinema XXI yang selalu menyuguhkan film terbaru, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Supermall Green City

Pusat perbelanjaan terbesar di Kota Padang ini terletak di Jalan Raya Bypass KM.09 Nomor 9, Padang. Letaknya yang strategis, yakni berada di pinggir jalan memudahkan pengunjung untuk menjangkau Supermall Green City. Mall ini terdiri dari lima lantai yang dilengkapi dengan Ball Room berkapasitas hingga 5.000 orang dan pusat perkantoran.

Paris Swalayan

Paris Swalayan merupakan salah satu pusat perbelanjaan paling populer di Padang. Mall yang terletak di Jalan Adam Bb, Balai-balai, Padang Panjang ini beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Di tempat ini, Anda dapat menemukan berbagai kebutuhan. Mulai dari produk makanan, perlengkapan harian, kosmetik, dan barang kebutuhan lainnya. Harganya pun relatif terjangkau. Tak heran jika pusat perbelanjaan ini selalu dipadati pengunjung.

Christine Hakim Idea Park

Christine Hakim Idea Park merupakan pusat belanja kuliner khas Sumatera Barat. Tidak hanya fokus pada kuliner, plaza yang beroperasi pada pukul 08.00 hingga 17.00 WIB ini pun menawarkan wahana ice skating yang seru untuk dicoba. Lokasi Christine Hakim Idea Park pun mudah ditemukan, yakni di Jalan Adinegoro Nomor 11A, Padang.

Tempat Jajanan Murah di Kota Padang

Kawasan Jalan Aur Duri

Kawasan ini mulai menjelma sebagai tempat jajanan murah di Kota Padang sejak tahun 2016. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencicipi aneka kuliner dengan harga bersahabat. Sejumlah makanan yang ditawarkan, meliputi mie ayam, baso, martabak Bandung, ketoprak, dan aneka gorengan.

Kawasan Jalan Permindo

Kawasan ini terletak tak jauh dari Pasar Raya Padang. Di sore hari, sepanjang jalan di kawasan ini, mulai dari pertigaan Pasar Raya hingga Mall Rocky selalu dipadati pedagang kaki lima. Terdapat berbagai pilihan makanan yang dapat Anda pilih, seperti nasi goreng, mie ayam, baso, sate Padang, dan aneka makanan ringan. Harganya pun bervariasi dan tergolong ramah kantong.

Kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan Jati

Sejak dulu, kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan Jati memang tidak pernah sepi. Letaknya yang strategis dengan Rumah Sakit Dr. M. Djamil dan pusat pendidikan membuat kawasan ini selalu ramai. Terdapat banyak pedagang makanan yang menyuguhkan menu lezat, seperti pempek Palembang, pecel lele, ayam goreng, soto, dan aneka kudapan lainnya.

Kawasan Depan Bioskop Raya Padang

Kawasan ini baru diresmikan oleh Pemerintah Kota Padang pada tahun 2018. Meskipun masih baru, kawasan ini selalu ramai dipadati wisatawan. Maklum saja, menu yang ditawarkan cukup variatif. Harganya pun relatif murah. Jam operasional kawasan ini dimulai pada pukul 19.00 WIB hingga tengah malam.

Kawasan Patung Api Simpang Haru

Berlibur ke Kota Padang tak lengkap rasanya sebelum Anda mengunjungi kawasan Patung Api Simpang Haru. Pasalnya, di tempat ini terdapat banyak penjaja makanan yang menawarkan berbagai menu, seperti lontong sayur, sekoteng, nasi Padang, dan aneka minuman.

Kawasan Pasar Alai Padang

Di kawasan ini terdapat tempat makan murah yang kerap disambangi oleh wisatawan luar daerah. Menu makanan yang disuguhkan tergolong lengkap, mulai dari sate Padang, nasi goreng, ayam bakar, martabak Bandung, hingga martabak Mesir. Tak hanya itu saja, tak jauh dari lokasi, tepatnya di depan SD di Jalan Gajah Mada, terdapat pedagang pakaian berkualitas dengan harga murah.

Kawasan Universitas Putra Indonesia Lubeg Padang

Selain dikenal sebagai pusat pendidikan, kawasan ini pun surganya pencinta kuliner. Terdapat banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai makanan lezat. Tidak hanya kuliner khas Padang, melainkan juga kuliner dari daerah lainnya. Harganya pun sangat ramah kantong, khas mahasiswa.

Kawasan Pasar Baru Kampus Limau Manih

Bisa dibilang kawasan ini merupakan surganya kuliner di Kota Padang. Di sekitar pertigaan, terdapat banyak pedagang kaki lima yang menawarkan aneka jenis kudapan. Di malam hari, kawasan ini akan semakin ramai dipadati pengunjung. Sembari menikmati malam, Anda dapat mencicipi kuliner yang ditawarkan, seperti soto, baso, fried chicken, ayam goreng, aneka minuman, dan gorengan.

Kawasan Museum Adityawarman

Satu lagi tempat jajanan murah di Kota Padang, yakni di sekitar kawasan Museum Adityawarman. Jika Anda berencana untuk mengunjungi museum ini, sempatkan diri untuk mencicipi aneka kuliner yang ditawarkan. Tak perlu khawatir soal harga, sebab harga yang dibanderol tergolong ramah kantong.

Event Tahunan atau Tradisi di Kota Padang

Festival Selaju Sampan

Festival ini merupakan lomba tahunan yang digelar oleh Pemerintah Kota Padang. Sesuai namanya, festival ini akan menguji ketangkasan mendayung perahu. Uniknya, acara ini tidak hanya diikuti oleh kaum pria. Tak sedikit kaum wanita yang turut berpartisipasi.

Untuk mengikuti festival ini, Anda harus memiliki tim dan anak dayung. Meskipun lomba ini umum, kalangan yang berasal dari anggota kepolisian, TNI, pelajar, dan mahasiswa tidak diperkenankan untuk mendaftarkan diri. Selain seru, acara ini pun menawarkan hadiah yang cukup besar.

Festival Rendang

Sesuai dengan namanya, festival rendang merupakan lomba memasak rendang. Acara ini diselenggarakan setiap tahun oleh Pemerintah Kota Padang untuk melestarikan dan mengenalkan rendang ke seluruh pesolok Indonesia. Di tahun 2011 silam, festival ini pun boleh diikuti oleh wisatawan asal Jerman. 

Festival Siti Nurbaya

Festival Siti Nurbaya diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Padang sebagai salah satu alat yang efektif untuk memperkenalkan budaya Minangkabau pada wisatawan. Lomba lagu Minang di Pantai Cimpago menjadi pembuka rangkaian kegiatan Festival Siti Nurbaya. Dalam festival ini, sekitar 1.000 orang wanita akan mengenakan pakaian khas Sumatera Barat, baju kuruang basiba. Parade akan dilakukan di Pantai Padang hingga festival ini selesai.

Tour de Singkarak

Tour de Singkarak merupakan kejuaraan balap sepeda yang diselenggarakan secara resmi oleh Persatuan Balap Sepeda Internasional. Festival ini pertama kali digelar pada tahun 2009. Setiap tahun, Tour de Singkarak diadakan antara bulan April hingga Juni selama satu minggu.

Kejuaraan yang telah menjalin kerja sama dengan penyelanggara Tour de France, Amaury Sport Organisation ini memilih Danau Singkarak lantaran pesonanya yang luar biasa. Danau Singkarak yang dikenal sebagai ikon Kota Padang memiliki jalur lintasan yang menantang. Festival Tour de Singkarak pun dijadikan sebagai alat yang ampuh untuk mempromosikan pariwisata Sumatera Barat.

Balimau

Balimau merupakan tradisi masyarakat Minangkabau yang dilakukan menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Tradisi mandi untuk membersihkan diri ini dilakukan di sungai. Tujuannya agar tubuh dan batin kembali suci. Di akhir acara, biasanya para warga akan saling bersalaman dan bermaaf-maafan.

Makan Bajamba

Makan bajamba atau yang dikenal dengan sebutan makan barapak ini merupakan tradisi makan bersama di sebuah tempat pada waktu tertentu. Misalnya, ketika upacara adat, hari besar Islam, atau acara penting lainnya. Konon, tradisi ini masuk bersamaan dengan masuknya Islam ke tanah Minang di abad ke-7. Tak heran jika adab dalam tradisi makan bajamba sesuai dengan syariat dan ajaran Islam.

Tabuik

Tabuik dilaksanakan sebagai tanda peringatan atas meninggalnya cucu Nabi Muhammad Saw, yakni Hasan dan Husein. Tabuik biasanya berlangsung selama tujuh hari. Setiap tahun, perayaan puncak acara ini, yakni Hoyak Tabuik dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram. Pada acara puncak, masyarakat dari seluruh penjuru Sumatera Barat akan datang memadati Kota Pariaman. Bahkan, tak sedikit wisatawan luar daerah dan asing yang turut hadir dalam perayaan ini.

Upacara Turun Mandi

Tradisi ini digelar sebagai tanda syukur atas kelahiran seorang anak ke dunia. Upacara turun mandi pun sekaligus menjadi ajang memperkenalkan anak pada lingkungan sekitar. Persiapan upacara turun mandi dimulai dengan arak-arakan menuju batang aia atau sungai.

Batagak Kudo-kudo

Batagak kudo-kudo merupakan upacara yang dilakukan ketika hendak membangun sebuah rumah baru, yakni saat kuda-kuda akan dipasang. Upacara ini hampir mirip dengan baralek lantaran turut mengundang warga desa dan keluarga. Umumnya, tamu yang hadir akan membawa kado berupa seng ataupun atap.

Batagak Pangulu

Tradisi ini digelar ketika sebuah suku hendak mengangkat pimpinan baru, seorang penghulu suku atau Datuak. Upacara ini tergolong acara besar yang telah menjadi tradisi suku Minangkabau sejak lama. Biasanya, upacara ini digelar selama tiga hingga satu minggu. Upacara batagak pangulu ditandai dengan menyembelih kerbau.

Pacu Jawi

Pacu Jawi merupakan tradisi balapan sapi yang biasanya dilombakan di Kabupaten Tanah Datar. Setiap tahunnya, tradisi ini akan diselenggarakan selama empat minggu secara bergilir di empat kecamatan, yakni Kecamatan Pariangan, Kecamatan Rambatan, Kecamatan Lima Kaum, dan Kecamatan Sungai Tarab.

Tradisi yang ada sejak ratusan tahun lalu ini mulanya adalah kegiatan yang biasa dilakukan petani setelah musim panen. Pacu Jawi dilakukan untuk mengisi waktu sekaligus sebagai hiburan bagi warga setempat. Sedikit berbeda dengan balapan sapi di Pulau Jawa, Pacu Jawi dilaksanakan di lintasan basah, dalam kondisi sawah berlumpur. Untuk mempercepat laju sapi, joki pacu tidak menggunakan tongkat, melainkan mengigit ekor sapi.

Pacu Itiak

Selain balapan sapi, masyarakat Minangkabau pun memiliki tradisi unik lainnya, yakni pacu itiak. Umumnya, balapan itik ini digelar di sebelas daerah berbeda yang masuk dalam wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh.

Tata cara lomba pacu itik ini cukup mudah, yakni dengan melemparkan itik. Nantinya, itik akan terbang mencapai garis finis sejauh 800 meter. Itik yang paling cepat menyentuh garis finis dinyatakan sebagai pemenang. Setiap tahun, acara ini selalu diikuti oleh ratusan peserta. Selain seru dan menyenangkan, terdapat hadiah yang tak kalah menarik.

Basapa

Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat sebagai tanda syukur dan terima kasih pada Syekh Burhanuddin atas jasanya dalam mengembangkan ajaran Islam di tanah Minang. Kegiatan ziarah ke makan Syekh Burhanuddin di Ulakan, Padang Pariaman ini biasanya dilakukan pada tanggal 10 bulan Safar. Tanggal 10 dipercaya sebagai hari meninggalnya Syekh Burhanuddin, yakni 10 Safar 1691 M.

Basapa yang diambil dari kata Safar diadakan sebanyak dua kali, yakni Sapa Gadang dan Sapa Ketek. Sapa Gadang biasanya dilaksanakan pada hari Rabu, Minggu kedua di bulan Safar. Sementara Sapa Ketek dilaksanakan pada hari Rabu, Minggu ketiga di bulan Safar.

Hotel di Padang

Saat berkunjung ke kota Padang sayang sekali bila pulang kembali ke kota asal di hari itu juga. Apalagi jika anda berasal dari kota yang jauh dari Padang, karena banyak tempat wisata di Padang yang bisa anda kunjungi selama berada di kota ini. Berkunjung ke Padang yang jauh dari rumah tentu tidak cukup untuk sebentar, pastinya Anda butuh dua hingga beberapa hari kedepan menikmati sajian keindahan kota Padang.

Selama berada di Padang, Anda butuh hotel atau penginapan untuk menginap menghabiskan malam. Untuk itu Anda tak perlu takut tidak menemukan hotel, penginapan atau rumah singgah (guest house) ketika berkunjung ke Padang ini.Anda tak perlu bingung karena ada banyak penginapan atau hotel murah di Padang yang menawarkan harga menarik.

Perlu diketahui bahwa kategori hotel murah juga memiliki kelas - kelas tersendiri seperti di Airy Padang. Hotel murah memang sangat cocok untuk anda yang bertipe budget traveler. Namun bukan berarti tidak bisa digunakan anda dan keluarga. Hotel murah di Padang memiliki fasilitas yang lengkap dan membuat tidur anda nyaman seperti menginap di hotel berbintang tinggi sekalipun. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari 100 ribuan dan Anda akan menemukan banyak di Padang. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis hotel di Padang yang ada di Airy yaitu sebagai berikut:

Airy Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap saat sedang berkunjung ke kota Padang, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang sangat terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, anda tak perlu ragu, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman. Fasilitas tersebut seperti wifi gratis, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, tv dan air conditioner (AC). Tentu hotel jenis ini cocok untuk para Backpacker dengan budget terbatas yang hanya butuh tempat untuk tidur. Harga untuk hotel eco di Padang mulai dari 100 ribuan anda dapat temukan dengan mudah.

Airy Standard

Jika anda memiliki budget yang cukup, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel murah di Padang dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel murah ini. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco. Fasilitas tambahan dapat berupa air panas untuk mandi hingga sarapan pagi gratis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata untuk lebih lama di hotel atau staycation saat berkunjung ke kota Padang. Selain itu, hotel murah kelas standard ini juga sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis bertemu klien di Padang. Anda dapat menikmati malam sambil menyiapkan presentasi atau menyelesaikan pekerjaan saat disaat harus keluar kota di dalam hotel.

Airy Premier

Kelas yang terakhir adalah kelas Premier atau kelas yang paling high class di Airy Padang. Ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier ini menawarkan hotel murah yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini. Cocok sekali untuk yang sedang honeymoon dan lebih banyak berdiam di hotel. Kelas hotel murah ini banyak ditemukan di Kota besar seperti Padang.

Tips Memilih Hotel di Padang

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Padang, tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Bagi Anda yang mencari hotel murah di Padang, maka anda akan menemukan banyak tawaran. Penting untuk anda mengetahui tips-tips agar terhindar dari hotel murahan. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Harga Per Malam

Budget menjadi faktor penting bagi beberapa wisatawan untuk memilih hotel, karena harganya yang cukup menguras dompet. Itulah yang menjadi kebanyakan wisatawan mencari hotel atau penginapan murah ketika berkunjung ke Padang. Tak jarang pula wisatawan yang terjebak dengan harga yang ditawarkan hotel - hotel disana yang sangat murah dengan penipuan fasilitas. Oleh karena itu penting untuk Anda memerhatikan harga yang ditawarkan hotel murah di Padang.

Pastikan harga hotel murah yang ingin Anda booking berada pada standar OTA. Hotel murah yang disediakan Airy tentu lebih murah dibanding penyedia hotel lainnya di Padang. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, Anda dapat membuktikannya. Selain itu, jangan memaksakan untuk memilih hotel yang melebihi budget yang anda punya. Karena harga murah pun Anda dapat menikmati kenyamanan yang dijamin oleh Airy Padang.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya Anda harus perhatikan lokasi hotel murah yang Anda pilih di Padang. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Padang. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Padang seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian.

Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Padang atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Padang.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel murah di Padang, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel murah di Padang. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Padang anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya. Dengan memilih Airy yang ada di Padang, Anda tidak akan kecewa dengan layanan yang diberikan karena Airy sudah memastikan jaminan kenyamanan untuk seluruh hotel di Padang yang tersedia di Airy.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel murah di Padang akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian banyak juga penyedia booking hotel di Padang secara online. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan penyedia hotel lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Padang.

Waspada Dengan Penipuan

Dengan banyaknya penyedia jasa booking hotel online khususnya hotel di Padang, Anda harus waspada dengan kasus penipuan yang masih terjadi. Anda dapat memastikan bahwa penyedia jasa booking hotel tersebut memiliki nama yang terpercaya seperti Airy. Airy tidak bisa menjamin jika tidak ada yang melakukan penipuan atas nama Airy. Oleh karena itu sebagai pencegahan, sebelum Anda melakukan pembayaran, pastikan rekening tersebut atas nama Airy Nest Indonesia.

Rekomendasi Hotel Murah di Padang

Jika anda sudah punya rencana mengunjungi Padang maka anda dapat booking hotel di Padang secepatnya agar tak menjadi beban pikiran. Anda akan menemukan hotel murah di Padang. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Padang.

Airy Eco Syariah Padang Andalas Komplek Polamas A88 Hotel

Penginapan murah di Kota Padang ini terletak di Jalan Azizi Komplek Polamas A88, Andalas, Padang Timur. Sesuai dengan namanya, penginapan ini mengusung konsep syariah. Artinya, Anda akan diminta menunjukkan bukti akta nikah untuk pasangan yang hendak menginap dan kartu keluarga bagi anggota keluarga beda jenis kelamin.

Terdapat tiga jenis kamar di penginapan ini, yakni Airy Rooms Standard Twin, Airy Rooms Standard Double, dan Airy Rooms Deluxe Double. Setiap kamar yang ada tidak termasuk sarapan, tetapi dilengkapi dengan standar kenyamanan khas Airy. Penginapan ini berjarak dekat dengan Jembatan Sitti Nurbaya, sekitar 14 menit berkendara dan 44 menit berkendara dari Minangkabau Internasional Airport. 

Airy Padang Barat Bundo Kanduang Hotel

Airy Padang Barat Bundo Kanduang terletak di Jalan Bundo Kanduang Nomor 35, Padang Barat. Hotel ini menawarkan enam jenis kamar, yakni Airy Rooms Suite Twin, Airy Rooms Suite Double, Airy Rooms Deluxe Twin, Airy Rooms Deluxe Double, Airy Rooms Suite Double, dan Airy Rooms Suite Twin. Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas berupa tempat tidur bersih, air hangat, perlengkapan mandi, TV layar datar, air minum, AC, dan WiFi.

Masing-masing kamar pun mendapatkan gratis sarapan, kecuali kamar Airy Rooms Suite Twin dan Airy Rooms Suite Double. Hotel ini pun menyediakan fasilitas cukup lengkap, seperti layanan kamar, ATM, lift, restoran, minibar, ruang rapat, dan area merokok. Hotel ini berjarak sangat dekat dengan Jembatan Sitti Nurbaya, sekitar 4 menit berkendara. Sementara dari Minangkabau Internasional Airport, hotel ini dapat ditempuh selama 44 menit berkendara.

Airy Syariah Padang Barat Bundo Kanduang 19 Hotel

Penginapan ini terletak di Jalan Bundo Kanduang Nomor 19, Belakang Tangsi, Padang Barat. Untuk pasangan suami istri yang hendak menginap di hotel ini diwajibkan menunjukkan akta pernikahan. Sementara untuk saudara beda jenis kelamin, harus dibuktikan dengan kartu keluarga. Hotel ini menawarkan dua jenis kamar, yakni Airy Rooms Superior Double dan Airy Rooms Superior Twin.

Setiap kamar terjamin kebersihannya dan dilengkapi dengan AC, TV layar datar, shower air hangat, peralatan mandi, WiFi, air minum, dan sarapan gratis. Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, hotel ini pun menawarkan fasilitas berupa layanan kamar, pijat, telepon, dan lift. Penginapan ini berjarak sekitar 44 menit berkendara dari Minangkabau Internasional Airport dan 4 menit dari Jembatan Sitti Nurbaya.

Airy Syariah Pauh Djamaluddin Wak Ketok 20 Padang Hotel

Hotel murah di Kota Padang ini terletak di Jalan Djamaluddin Wak Ketok Koto Parak, Pisang, Padang. Serupa dengan hotel Airy Syariah lainnya, pengunjung wajib membawa dokumen berupa akta nikah atau kartu keluarga untuk pasangan menginap beda jenis kelamin.

Hotel ini hanya menawarkan satu jenis kamar, yakni Airy Rooms New Deluxe Double. Meskipun tidak dilengkapi dengan fasilitas sarapan, penginapan ini memberikan fasilitas kenyamanan khas Airy. Mulai dari kamar bersih, pendingin ruangan, peralatan mandi, air hangat, TV layar datar, WiFi, dan air minum gratis.

Dari Minangkabau Internasional Airport, Airy Syariah Pauh Djamaluddin Wak Ketok 20 Padang dapat dijangkau selama 42 menit berkendara. Sementara dari Jembatan Sitti Nurbaya memerlukan waktu sekitar 24 menit berkendara.

Airy Syariah Padang Selatan Kampung Nias Dua Dalam 16C Hotel

Penginapan murah di Kota Padang selanjutnya adalah Airy Syariah Padang Selatan Kampung Nias Dua Dalam 16C. Hotel ini terletak di Jalan Kampung Nias II Nomor 16C, Padang Selatan. Sebelum menginap, pasangan beda jenis kelamin wajib menyerahkan akta pernikahan. Sementara bagi saudara beda jenis kelamin harus membawa kartu keluarga sebagai bukti.

Hotel ini hanya menawarkan satu jenis ruangan, yakni Airy Rooms Superior Double. Selain fasilitas kenyamanan khas Airy, setiap pengunjung akan mendapatkan fasilitas sarapan gratis. Selain itu, penginapan ini pun dilengkapi dengan fasilitas berupa telepon, layanan kamar, dan area merokok.

Airy Syariah Padang Selatan Kampung Nias Dua Dalam 16C dapat ditempuh selama 41 menit berkendara dari Minangkabau Internasional Airport. Hotel ini pun sangat dekat dari Jembatan Sitti Nurbaya, hanya dibutuhkan waktu sekitar 4 menit berkendara.

Itulah rekomendasi hotel murah di Padang yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Padang ini. Tentunya hotel-hotel murah Padang bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Padang ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.