1 Malam
Cari Kamar

6 Hotel Di Padang

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
 
Full Book
Kamar penuh

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Asal-usul Kota Padang

Kota Padang termasuk yang terbesar di sepanjang garis pantai barat Sumatra. Kota ini sekaligus menjadi ibukota Provinsi Sumatra Barat dan tercatat sebagai wilayah di Indonesia dengan jumlah pendapatan tertinggi di antara kota-kota lain di Sumatra Barat. Asal-usul pemberian namanya juga kurang begitu jelas. Kalau dalam Bahasa Minang, Padang berarti Pedang. Namun bisa jadi nama itu digunakan karena wilayahnya yang sangat luas membentang berupa dataran dan kerap disebut Padang. Kota ini dahulu merupakan bagian dari Kesultanan Aceh, semakin berkembang di Masa Kolonial dan menjadi salah satu titik penting pemerintahaan dan perekonomian.

Cara ke Kota Padang

Perjalanan ke Kota Padang bisa ditempuh melalui jalur udara, darat, dan laut tergantung dari mana Anda berangkat. Masing-masing tarif disesuaikan pada asal keberangkatan dan jenis alat transportasi yang hendak digunakan.

Melalui Jalur Udara

Misalnya akan berangkat dari Jakarta, silakan memesan tiket pesawat dengan tarif yang tergantung dari maskapai. Contohnya menggunakan maskapai Lion Air, durasi perjalanan dari Jakarta menuju Padang sekitar 1 jam 40 menit. Biasanya, dalam sepekan ada sekitar 165 jadwal penerbangan dari Jakarta ke Padang. Pesawat akan bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Minangkabau. Berdasarkan informasi dari sumber agen perjalanan resmi, tarif termurah dari jalur penerbangan ini sekitar Rp. 926.853. Dengan jarak sekitar 911 yang membentang antara Jakarta dan Kota Padang, jalur udara lebih diprioritaskan jika ingin menghemat waktu dan tenaga selama perjalanan.

Melalui Jalur Darat

Jalur darat masih difavoritkan sebagian besar penumpang karena tarifnya yang lebih terjangkau. Bahkan bisa lebih dari setengah tarif paling murah tiket pesawatnya. Perjalanan dengan jalur darat juga mungkin bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi asalkan tahu rute-rutenya serta punya energi cukup. Namun demi keamanan selama menempuh perjalanan, penggunaan jalur darat melalui transportasi publik lebih direkomendasikan. Bisa menaiki bus antar provinsi kalau masih dalam jangkauan Pulau Sumatra, atau bus lintas pulau dari Jakarta.

Perjalanan dengan bus dari Jakarta bertolak dari Terminal Pulogadung dan biasanya menyusuri rute lintas timur. Total jarak tempuhnya sekitar 1404 km, diawali dari Jakarta menuju Merak, Bakauheni, Kalianda, Bandar Lampung, Terbanggi Besar, Menggala, Tulang Bawang, Teluk Gelam, Indralaya, Palembang, Sungai Lilin, Bayung Lincir, Simpang Tempino, Jambi, Muara Bulian, Muara Tembesi, Muara Tebo, Muara Bungo, Gn Medan, Solok, dan berakhir di Terminal Padang. Untuk saat ini, Kota Padang baru menyediakan sejumlah terminal bayangan. Jadi, disarankan untuk menggunakan bus antar provinsi seperti Lorena yang berangkat dari poolmasing-masing. Tarif tiket biasa sekitar Rp.365.000, terkecuali pada saat menjelang masa-masa mudik Hari Raya Lebaran atau Hari Libur Besar Nasional lainnya.

Melalui Jalur Laut

Agak ironis kalau memikirkan jalur laut ternyata kurang begitu diminati di sebuah negara yang konon dibesarkan oleh sejarah maritim. Selain itu, perjalanan via jalur darat khususnya dari lain pulau menuju Kota Padang pada dasarnya juga melewati jalur laut. Alias menyebrang Selat Sunda dari Merak. Oleh karena itu, rutenya pun tidak jauh berbeda dari jalur darat. Tergantung mau lewat jalur lintas timur atau tengah. Namun perjalanan melalui jalur lintas timur lebih disarankan karena memudahkan dari segi ketersediaan tempat makan dan penginapan.

Transportasi di Kota Padang

Jalur transportasi di Kota Padang tergolong mudah. Untuk angkutan dalam kota, bisa menggunakan mikrolet, bus kota, atau taksi. Di beberapa spot dalam kota pun masih bisa dijumpai bendi alias kereta kuda. Anda juga bisa memanfaatkan jasa ojek jika harus menempuh perjalanan ke area-area pinggiran kota atau pedalaman. Setiap tarifnya tergantung dari jarak tempuh perjalanan.

Terhitung dua tahun ini, pemerintah setempat telah meresmikan layanan transportasi Bus Trans Padang seperti di Jakarta dan Jogjakarta. Sayangnya, baru ada 6 koridor yang dibuat. Itu pun cuma 1 yang dioperasikan dari rute Pasar Raya Padang hingga Lubuk Buaya.

Jika ingin bepergian dengan lebih nyaman dan fleksibel apalagi dalam rombongan, disarankan menyewa mobil. Bisa menggunakan sopir atau tidak. Rata-rata tarifnya standar berdasarkan jenis mobil dan layanan yang disediakan. Misalnya untuk sewa mobil Avanza termasuk sopir, tarifnya sekitar Rp.325.000 per 24 jam. Atau jika ingin kapasitas lebih besar bisa menyewa Isuzu Elf 14 bangku penumpang. Tarifnya sekitar Rp.750.000 per 24 jam sudah termasuk sopir.

Tempat Wisata di Kota Padang

Di Kota Padang dan sekitarnya, banyak sekali tempat wisata yang wajib dikunjungi. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

Museum Adityawarman

Inilah ikon penting di Kota Padang. Bisa dibilang, museum ini merupakan miniatur dari Kota Padang yang sekaligus merangkum seluruh kisah sejarah dan budayanya. Dibangun di atas area berukuran 2,6 hektar, museum ini kerap dijadikan rujukan utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Miniatur Makkah

Nama sangat unik dan pastinya menyedot perhatian siapa saja yang mendengarnya. Lokasi ini memang dibangun sebagai sebuah kawasan wisata religi yang bisa Anda kunjungi di Lubuk Minturun. Baru diresmikan kehadirannya tahun 2010 lalu, namun tempat ini semakin sering dikunjungi oleh para wisatawan dari wilayah sekitar atau dari luar pulau. Daya tariknya terletak pada spot-spot yang dibangun sebagai replika dari Tanah Suci yang sekaligus bisa dijadikan sarana manasik Haji atau Umroh. Di kawasan ini juga dihuni oleh sejumlah satwa unik seperti ular, ikan, dan unta.

Jembatan Siti Nurbaya

Apakah jembatan ini ada kaitannya dengan tokoh dari cerita sastra terkenal masyarakat Sumatra Barat? Sebetulnya penamaan jembatan ini memang diambil dari karya sastra karangan Marah Rusli itu. Namun tidak ada kaitannya dari segi sejarah atau faktor-faktor lainnya. Yang menarik dari jembatan ini adalah pemandangan khas terutama di malam hari. Membentang dengan gemerlap kemilau lampu-lampu di sepanjang jalan, sementara di bawahnya adalah perairan sungai dengan perahu-perahu dan kapal-kapal berlalu lalang.

Sitinjau Lauik

Merupakan sebuah dataran tinggi dengan jarak sekitar 1 km dari atas permukaan laut. Sangat cocok bagi yang menggemari wisata alam berhampar pemandangan menakjubkan. Dari Sitinjau Lauik, kita bisa menyaksikan langsung hamparan Samudera Hindia yang maha luas. Lebih asyik lagi kalau berkunjung dan mendaki ke kawasan ini saat malam hari. Hamparan pemandangan kota di bawah terlihat sangat indah dengan kerlap-kerlip lampu serasa lautan cahaya.

Lembah Anai

Menjadi salah satu ikon wisata alam yang penting di Kota Padang. Dari pusat kota, Anda harus menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 60 km. Lembah Anai merupakan kawasan air terjun dengan jarak ketinggian sekitar 35 meter. Sangat indah dan sejuk hingga membuat Anda merasa betah untuk sekadar duduk atau bermain air di sana.

Wisata Pantai

Kota ini juga disempurnakan oleh sejumlah wisata pantai yang bisa Anda kunjungi satu persatu atau pilih yang sekiranya paling menarik. Misalnya di Pantai Aie Manih atau Air Manis yang dikenal dengan batu Malin Kundang-nya. Ada pula Pantai Nirwana yang lokasinya berada di sebelah selatan pusat kota. Pantai Pasir Jambak juga kawasan yang sangat asyik untuk dikunjungi khususnya jika ingin menikmati waktu matahari terbenam. Kalau tak ingin jauh-jauh, bisa berkunjung ke Pantai Padang yang terletak di pusat kota.

Kuliner Kota Padang

Banyak orang yang mengakui Padang sebagai salah satu wilayah di Indonesia dengan masakan-masakannya yang khas dan super lezat. Beberapa contoh yang bisa direferensikan antara lain adalah Martabak Kubang Hayuda, Sate Padang Danguang-danguang, Lontong Malam Turangari, Es Durian Iko Gantiyo, Soto Garuda, dan sebagainya.

Tempat Nongkrong di Kota Padang

Jika ingin berkumpul bersama keluarga atau teman-teman di Kota Padang, banyak pilihan tempat nongkrong yang asyik. Misalnya Kedai Uwan di Jalan Damar dan kerap menjadi tempat bergaul anak-anak muda. Penggemar Es Durian bisa nongkrong di Bopet Jarum yang berada di Jalan Tepi Pasang Padang.

Tempat Makan Enak di Kota Padang

Kalau mau makan enak di Kota Padang itu gampang. Khususnya lagi kalau Anda ingin mencicipi sendiri bagaimana kelezatan dari Nasi Padang yang aslik. Banyak tempat kuliner yang bisa dikunjungi di sana. Misalnya Restoran Sederhana dan Lamun Ombak.

Kuliner Malam Kota Padang

Untuk kuliner malam bisa dicoba di sepanjang jalur kota. Atau kalau mau lebih spesifik dan terasa khas, bisa mencoba Lontong Malam Turangari. Lokasinya di Jalan Veteran.

Restoran Terkenal di Kota Padang

Banyak pula nama restoran terkenal di Padang yang selalu direkomendasikan bagi para pengunjung dan wisatawan. Beberapa contohnya adalah Rumah Makan si Midun, Restoran Lubuk Idai, Restoran Seafood Simpang Enam, Bubur Ayam Kali Kecil, Restoran Pagi Sore, Restoran Pauh, Restoran Cek Elok, Restoran Mama, dan sebagainya.

Oleh-oleh Khas Kota Padang

Persiapan pulang wajib membawa sejumlah oleh-oleh seperti Keripik Balado, Kerupuk Kulit, Dakak-dakak, Karakaliang, dan sebagainya.

Pusat Oleh-oleh Kota Padang

Anda bisa berbelanja sejumlah oleh-oleh khas Kota Padang di sejumlah titik pusat perbelanjaan khusus. Misalnya di Pusat Oleh-oleh Shirley yang berada berdekatan dengan Museum Adityawarman, Butik Makanan Christine Hakim yang berdekatan dengan Jembatan Siti Nurbaya, atau Keripik Balado Nan Salero di Jalan Niaga.

Daftar Mall di Kota Padang

Berkunjung ke Kota Padang berarti juga harus mempersiapkan anggaran cukup sekiranya doyan berbelanja. Di sana ada banyak mall atau pusat perbelanjaan modern yang bisa dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Basko Grand Mall
  • Christine Hakim Idea Park
  • Damar Plaza
  • Plaza Andalas
  • Rocky Plaza
  • SJS Plaza
  • SPR Plaza

Event di Kota Padang

Kota Padang, seperti halnya kota-kota lain di Indonesia juga memiliki rangkaian event tahunan. Macam-macam jenisnya dan diselenggarakan berdasarkan tema tertentu. Tujuannya ialah membangun citra pariwisata yang positif dan mempromosikannya hingga ke luar negeri. Salah satu event tahunan di Kota Padang adalah IDBF (International Dragon Boat Festival). Event ini diikuti oleh berbagai peserta dari negara-negara lain dalam sebuah rangkaian Lomba Perahu Naga. Biasanya dijadikan satu rangkaian dalam perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Event tahunan ini selalu diramaikan oleh para penonton baik dari Kota Padang dan sekitarnya, luar Sumatra, dan tentu saja para wisatawan dan penonton dari negara-negara lain.

Hotel di Padang

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Padang. Jika anda yang berasal dari luar Padang lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Padang dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Padang ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

Rekomendasi Hotel Murah di Padang

  • Airy Padang Barat Sudirman
  • Airy Padang Barat Bundo Kanduang
  • Airy Pantai Bungus Padang Painan Raya 21
  • Airy Padang Panjang Sutan Syahrir