Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
December 2018
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

11 Hotel Di Palangkaraya

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 184,500
Sisa 1 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Palangkaraya

Palangkaraya merupakan sebuah kota sekaligus ibukota provinsi Kalimantan Tengah. Kota dengan luas 2.400 km persegi ini sebelum tahun 2001 hanya memiliki dua kecamatan yakni Bukit Baru dan Pahandut. Saat ini, kota tersebut sudah memiliki 5 kecamatan yaitu Jekan Raya, Pahandut, Sebangau, Rakumpit, dan Bukit Batu. Palangkaraya memiliki luas 3 kali lipat dibandingkaan kota Jakarta dan menjadi kota terluas di Indonesia. Presiden Soekarno pernah merencanakan bahwa Palangkaraya akan menjadi ibukota negara Indonesia di masa depan. Kota ini memiliki banyak keistimewaan dan daya tarik yang belum banyak diketahui oleh masyarakat dari luar Kalimantan. Padahal, jika dieksplorasi lebih lanjut, kota ini tidak kalah menarik dengan kota – kota besar lainnya di Indonesia.

Asal Usul Palangkaraya

Menurut kepercayaan leluhur suku Dayak, para leluhur atau nenek moyang suku Dayak diturunkan menggunakan wahana Palangka Burau. Nama Palangka berarti tempat suci sedangkan bulau berarti logam mulia atau emas. Sementara itu Raya berarti besar. Dengan kata lain, Palangkaraya dapat diartikan sebagai tempat suci yang besar. Akhirnya tempat ini pun dinamai dengan Palangkaraya. Sebagian masyarakat meyakini bahwa nama Palangkaraya adalah pemberian Presiden Soekarno saat memancangkan tiang pembangunan kota ini pada 17 Juli 1957 yakni pada peresmianMonumen Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah yang ada di Pahandut. Tetapi berita mengenai pemberian nama ibukota Kalimantan Tengah sudah dimuat dalam Surat Kabar Harian Bintang Timur Jakarta pada 22 Mei 1957.

Cara Menuju kota Palangkaraya

Melalui Jalur Udara

Cara menuju ke Palangkaraya dengan pesawat adalah melalui Bandara Tjilik Riwut. Bandara ini berada di Kota Palangkaraya tepatnya di Panarung, Pahandut. Dari bandara Anda dapat menggunakan taksi atau ojek menuju ke pusat kota atau mengakses wilayah lainnya di Palangkaraya.

Melalui Jalur Laut

Kapal laut melewati pelabuhan Trisakti di Banjarmasin, Sampit di Kotawaringin Timur, dan Kumai di Kotawaringin Barat. Anda dapat berlabuh di sana dan melanjutkan perjalanan dengan transportasi darat. Selain itu ada pula angkutan berupa bus air, kelotok, dan speed boat.

Melalui Jalur Darat

Perjalanan darat dari Banjarmasin menuju ke Palangkaraya menempuh jarak sekitar 180 dengan lama perjalanan sekitar 3-4 jam. Jika dari Sampit atau Kotawaringin Timur, perjalanan menempuh jarak sekitar 220 km sedangkan dari Kumai atau Pangkalan Bun di Kotawaringin Barat menempuh jarak sekitar 440 km melalui Sampit.

Transportasi di Palangkaraya

Ojek

Transportasi umum berupa motor ini dapat dijumpai dengan mudah di Palangkaraya. Saat ini di Palangkaraya juga sudah ada ojek online bernama ELJEK.

Taksi

Kendaraan umum ini biasanya dijumpai di pusat perbelanjaan, bandara, hotel, penginapan dan tempat – tempat umum di Palangkaraya dengan tarif berdasarkan argometer.

Angkutan Kota

Ini adalah transportasi umum yang masih banyak digunakan di Palangkaraya dengan tarif yang cukup terjangkau.

Tempat Wisata di Palangkaraya

Palangkaraya memiliki potensi yang besar di sektor pariwisata. Kota ini menawarkan objek wisata yang beragam dengan keindahan yang tidak perlu diragukan lagi. Tidak heran jika semakin lama, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Palangkaraya semakin meningkat.

Danau Tahai

Ini merupakan danau yang terbentuk karena aktivitas penggalian pasir yang dilakukan oleh penduduk setempat. Galian tersebut lambat laun semakin besar dan menjadi sebuah objek wisata yang indah. Danau ini memiliki air yang berwarna kemerahan karena adanya senyawa dari tanah gambut yang mengendap di sana.

Pantai Ujung Pandaran

Ini merupakan pantai dengan panorama yang sangat indah. Lokasi pantai ini berada di Kota Waringin Timur. Para pengunjung dapat dengan mudah melihat beragam biota laut seperti bintang laut maupun aneka ikan lucu karena kondisinya yang masih alami. Selain itu keunikan dari pantai ini adalah memiliki pemandangan yang eksotis dengan deretan pohon kelapa yang berjajar dan pasir pantai berwarna putih yang halus.

Rumah Adat Bentang

Ini adalah rumah adat khas Palangkaraya. Tempat ini menyuguhkan beragam kebudayaan masyarakat suku Dayak tempo dulu yang masih dijaga dengan baik hingga saat ini. Di sana para pengunjung dapat mempelajari bagaimana kebudayaan suku Dayak. Desain arsitektur rumah ini memiliki bentuk memanjang ke belakang dan atap yang agak lancip.

Penangkaran Orang Utan Bos Nyaru Menteng

Ini merupakan tempat penangkaran orang utan yang berupa hutan alami. Di sana, pengunjung dapat merasakan udara yang sejuk dengan berbagai macam pepohonan yang tinggi menjulang. Keberadaan penangkaran ini merupakan hasil kepedulian yayasan yang khawatir dengan keberadaan orangutan yang terancam punah. Pengunjung di sana dapat menyaksikan, bermain, dan belajar bersama kawanan orang utan. Di sana sudah tersedia gazebo yang dapat digunakan untuk wisata edukasi.

Museum Balanga

Museum ini memungkinkan para pengunjungnya untuk mempelajari beragam kebudayaan suku Dayak yang unik. Di sana, pengunjung juga dapat mempelajari lebih dalam tentang sejarah kota Palangkaraya.

Arboretum Nyaru Menteng

Ini merupakan sebuah destinasi wisata alam berupa penangkaran milik Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS). Lokasi penangkaran ini cukup dekat dengan Danau Tahai. Para pengunjung di sana dapat melihat beragam orang utan dengan tingkah yang lucu. Selain itu, para pengunjung juga akan diajak trekking ke dalam hutan yang masih alami di kawasan tempat wisata ini.

Café Tjilik Riwut

Ini merupakan salah satu rumah tokoh pejuang sekaligus pahlawan nasional bernama Tjilik Riwut. Di sana pengunjung dapat berwisata kuliner menikmati beragam olahan tradisional khas Palangkaraya dengan harga yang ramah di kantong.

Taman Nasional Bukit Raya

Ini merupakan taman yang digunakan sebagai sarana penyerapan air. Taman nasional ini menjadi destinasi yang tepat bagi para penggemar dunia satwa. Di sana, pengunjung dapat melihat berbagai macam satwa endemik seperti baung adung, beruk, ikan seluang, dan aneka satwa lainnya.

Taman Wisata Fantasi Beach

Destinasi wisata ini berjarak sekitar 21 km dari pusat kota Palangkaraya.Tempat wisata ini dikelola secara langsung oleh pihak swasta dan menawarkan beragam wahana hiburan seperti flying fox, memancing, sepeda air, dan beragam aktivitas menarik lainnya.

Wisata Susur Sungai

Dalam kegiatan wisata ini, pengunjung akan diajakuntuk menyusuri Sungai Kahayangan. Kapal tersebut terletak di dermaga Tuguh Pahlawan. Kapal tersebut berangkat setiap 3 jam sekali dan dapat menampung 25 orang sekali jalan.

Kuliner khas Palangkaraya

Palangkaraya menawarkan ragam kuliner khas yang menggugah selera dan unik. Jadi bagi Anda yang berkunjung ke Palangkaraya, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner tersebut ketika sedang berada di Palangkaraya.

Juhu Umbut Rotan

Sesuai namanya, bahan untuk masakan ini adalah rotan muda atau tunas rotan yang sudah tumbuh di pangkal rotan. Ini merupakan kuliner khas suku Dayak dan biasanya disebut dengan uwut nang’e.Tekstur rotan muda tersebut seperti rebung yakni sangat kenyal . Rotan muda tersebut memiliki citarasa yang agak pahit dan gurih. Umbu rotan biasanya dimasak bersama dengan ikan baung dan terong asam dipadukan dengan bumbu khas Dayak.

Juhu Umbat Sawit

Ini adalah makanan khas dari suku Dayak Ngaju. Makanan ini biasanya disajikan pada saat hajatan. Bahan utama untuk masakan ini adalah bongkol pohon kelapa yang memiliki citarasa agak manis. Juhu Umbul Sawit biasanya disajikan dengan sambal.

Wadi

Ini adalah makanan khas yang terbuat dari bahan dasar ikan atau daging babi. Makanan ini juga sering disebut dengan makanan yang dibusukkan. Sebelum disimpan, ikan atau daging tersebut dilumuri dengan berbagai macam bumbu dari beras ketan putih atau biji jagung yang disangrai sampai berwarna kecoklatan kemudian ditumbuk halus. Ikan atau daging sebelumnya sudah direndam selama 5 – 10 jam dalam air garam. Setelah itu bahan utama dikeringkan baru dicampur dengan bumbu sampai merata dan disimpan di dalam wadah kedap udara dengan ditutup rapat. Setelah disimpan lebih dari 1 minggu, wadi dapat diolah dengan cara dimasak atau digoreng sebelum disantap.

Bangamat

Ini adalah masakan tradisional khas Dayak yang menggunakan bahan utama berupa kalong atau kelelawar besar pemakan buah. Sebelum dimasak, kelelawar dibersihkan dan dimasak dengan aneka bumbu dan hati batang pisang kipas yang telah dipotong – potong. Atau bisa juga dimasak dengan potongan sulur keladi.

Juhu Singkah Enyuh

Makanan ini dimasak dengan singkah enyuh atau umbut kelapa yakni pucuk batang kelapa di atas akar pohon kelapa yang berusia sekitar 1,5 tahun. Keunikan dari sajian ini adalah potongan umbut kelapa yang terasa sangat gurih dan empuk.

Kalumpe

Ini adalah sayuran yang terbuat dari bahan dasar daun singkong yang ditumbuk sampai halus. Daun singkong tersebut dicampur dengan terong pipit dan ditambah dengan aneka bumbu. Biasanya sayur kalumpe ini disajikan dengan sambal terasi.

Kenta

Ini adalah semacam kue tradisional dari ketan padi yang telah disangrai dan ditumbuk hingga pipih. Kue khas suku Dayak ini sebenarnya agak hambar sehingga biasa disajikan dengan air kelapa muda, parutan kelapa, dan ditaburi dnegan gula pasir. Oleh – oleh Khas Palangkaraya

Amplang

Ini adalah kerupuk yang terbuat dari bahan dasar ikan. Dengan citarasa gurih dan renyah, amplang cocok dijadikan sebagai camilan dan oleh-oleh wajib dari Palangkaraya.

Keripik Kelakai

Kelakai adalah tanaman yang banyak tumbuh di Kalimantan. Kelakai yang diolah menjadi keripik menawarkan citarasa yang unik dibandingkan keripik lainnya.

Keripik Saluang

Di sungai –sungai Kalimantan, termasuk Palangkaraya terdapat banyak ikan saluang. Ikan tersebut dibuat menjadi keripik dan menawarkan citarasa gurih serta renyah.

Batik Batang Garing

Ini adalah kain batik khas Palangkaraya yang banyak diburu oleh wisatawan karena memiliki motif yang khas.

Tenun Ikat Palangkaraya

Kain tenun ini dibuat secara tradisional oleh pengrajin di Palangkaraya dan menawarkan beragam motif yang menarik.

Aneka Souvenir khas Palangkaraya

Souvenir dan cinderamata menjadi pilihan yang paling diminati seperti tas manik-manik, dompet, hiasan, sarung kalimantan, aneka kerajinan dari batu, gantungan kunci, dll. Semua oleh-oleh ini dapat ditemukan di Pasar Besar Palangkaraya. Daftar Mall di Palangkaraya

Mega Town Square (Metos)

Tempat belanja favorit di Palangkaraya ini terletak di Jalan Yos Sudarso, Menteng, Jekan Raya. Mall ini biasanya sangat ramai saat akhir pecan.

Palangkaraya Mall (Palma)

Ini merupakan pusat perbelanjaan sekaligus hotel berkelas di bundaran besar, Palangkraya atau lebih tepatnya di Jalan Cilik Riwut Km 1, Jekan Raya.

Barata Department Store

Tempat wisata belanja ini menyediakan aneka kebutuhan dan berada di lokasi yang strategis. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani, Langkai, Pahandut.

Event Terkenal di Palangkaraya

Festival Budaya Isen Mulang

Acara rutin tahunan ini digelar untuk memperingati hari jadi Kota Palangkaraya. Festival ini berupa pagelaran dan pawai budaya, tari masal, pameran, pertandingan sepak bola api, dan berbagai kesenian lainnya.

Kalteng Expo

Kegiatan ini juga dilakukan secara rutin setiap tahun. Tujuan utama dari kegiatan ini sebenarnya adalah untuk menarik minat bagi para investor. Acara ini biasanya dimeriahkan dengan pertunjukkan musik, kesenian daerah, festival jazz, dll.

Hotel di Palangkaraya

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Palangkaraya. Jika anda yang berasal dari luar Palangkaraya lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Palangkaraya dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Palangkaraya ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

Rekomendasi Hotel Murah di Palangkaraya

Setelah anda mengunjungi berbagai tempat wisata di kota Palangkaraya seharian, mungkin diantara anda perlu hotel atau penginapan untuk menginap dan melanjutkan perjalanan wisata esok harinya. Nah, Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Palangkaraya.

  • Airy Bandara Tjilik Riwut Seth Adji 31 Palangkaraya, pilihan untuk anda menikmati kelas Standard kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jl.Seth Adji no 31 Kel Langkai. Hotel ini sangat dekat dengan Bandara. Anda dapat booking hotel ini mulai dari 200 ribuan. Tentunya harga tersebut terjangkau untuk anda dengan fasilitas yang lengkap.
  • Airy Eco Kahayan Hausman Baboe 12 Palangkaraya, pilihan untuk anda menikmati kelas Eco kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jl Hausman Baboe no 12. Hotel ini sangat dekat dengan Bandara. Anda dapat booking hotel ini mulai dari 200 ribuan. Tentunya harga tersebut terjangkau untuk anda dengan fasilitas yang lengkap.

Itulah rekomendasi hotel murah di Palangkaraya yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Palangkaraya ini. Tentunya hotel-hotel murah bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Palangkaraya ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.