Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
December 2019
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

5 Hotel Di Palembang

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Palembang

Siapa saja tentunya akan sangat senang jika bisa menghabiskan waktu liburannya dan juga waktu luangnya bersama keluarga. Apalagi jika Anda mungkin merupakan salah satu orang yang sangat sibuk dikantor atau juga ditempat kerjaan Anda sehingga sering sekali Anda tidak memiliki waktu luang untuk berlibur, bahkan untuk berkumpul bersama keluarga Anda saja mungkin Anda tidak memiliki waktu.

Namun tentu saja hal tersebut bukanlah hal yang bagus dan juga baik bagi kesehatan Anda, karena tubuh, serta pikiran Anda juga butuh istirahat dan juga harus refreshing. Dan biasanya setelah menyegarkan pikiran, Anda juga akan lebih semangat lagi dalam bekerja karena kejenuhan Anda sudah hilang dan Anda akan memiliki ide- ide baru dalam meningkatkan kinerja Anda.

Berlibur dan juga menghabisakan waktu libur Anda tidak perlu jauh- jauh apalagi sampai keluar negeri, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat atau juga destinasi wisata yang ada didalam negeri. Karena negara Indonesia juga tidak kalah dalam menyediakan dan juga memiliki berbagai tempat yang bisa memanjakan mata Anda dan juga lidah Anda, karena selain pemandangan dan juga panorama alam yang sangat bagus, Indonesia juga terkenal dengan cita rasa kulinernya yang begitu menggugah selera dan memanjakan lidah Anda.

Nah di liburan kali ini tidak ada salahnya jika Anda mengajak keluarga Anda untuk berkunjung dan menikmati berbagai hal di Kota Palembang. Tentunya Anda sering mendengar empek- empek bukan? Nah disinilah makanan yang lezat serta mengiurkan yang satu ini berasal. Selain empek- empek yang bisa Anda temukan, masih banyak lagi beberapa makanan lainnya yang juga tidak kalah enak dan juga lezatnya di Palembang, serta masih banyak juga hal- hal yang bisa Anda temukan dengan berkunjung ke kota Palembang ini.

Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait dengan kota Palembang sebelum Anda bersama keluarga berkunjung menikmati waktu liburan di kota Palembang. Hal ini sangat penting Anda ketahui agar nantinya liburan Anda tidak sia- sia, alias Anda bisa menghemat waktu dengan mengunjungi berbagai tempat dna juga destinasi wisata yang ada di kota Palembang.

Asal Usul Kota Palembang

Tentu saja Anda juga harus mengetahui asal- usul kota Palembang ini sebelum Anda menuju kota yang terkenal dengan makanan pempeknya. Kota Palembang adalah kota yang juga dikenal dengan salah satu pusat Kerajaan Sriwijaya. Dimana akibat serangan yang digenjarkan oleh Rajendra Chola dari Kerajaan Chola yaitu pada Tahun 1025, sehingga menyebabkan kota ini menjadi sebuah pelabuhan yang sederhana. Pada awalnya kota Palembang ini di duduki oleh perompak Chen Zuyi yang merupakan perompak asal Tiongkok. Dan pada tahun 1659 dimana Palembang muncul sebagai Kota Kesultanan.

Kota Palembang menjadi ibukota Sumatera Selatan dan menjadi salah satu kota tertua di Indonesia atau kota besar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota ini memiliki luas wilayah 358,55 km2 dan dihuni sekitar 1,8 juta orang dengan kepadatan penduduk 4800 per km2. Di dunia barat, Palembang sering dijuluki "Venice of the East"("Venice dari Timur). Jembatan Ampera, Pulau Kemaro menjadi destinasi wisata favorit ketika berkunjung ke kota ini. Namun banyak destinasi wisata lainnya yang banyak dikunjungi turis seperti Benteng Kuto Besak dan Masjid Agung Palembang. Dengan banyak wisata yang bisa dikunjungi, anda juga dapat menemukan hotel murah di palembang.

Penduduk Palembang merupakan etnis Melayu dan sehari-hari menggunakan Bahasa Melayu yang sudah disesuaikan daerah setempat menjadi Bahasa Palembang. Namun pendatang baru juga terkadang membawa bahasa dari daerah sebelumnya, tetapi tetap Bahasa Palembang sebagai bahasa pengantar di kota Palembang. Selain penduduk asli, Palembang juga banyak warga pendatang seperti dari Jawa, Minangkabau, Madura, Bugis dan Banjar. Sedangkan warga keturunan yang banyak tinggal di Palembang seperti Tionghoa, Arab, India.

Cara Menuju Kota Palembang

Tentu saja untuk menuju ke Palembang Anda bisa menempuh beberapa cara baik itu melalui jalur udara, dan juga melalui jalur darat. Namun melalui Udara akan lebih baik jika Anda berasal dari luar pulau Sumatera. Memang biayanya agak lebih mahal, namun anda dapat menghemat waktu perjalanan dan juga tenaga dibanding menempuh perjalanan darat. Berikut cara menuju kota Palembang.

Melalui Jalur Udara

Anda bisa menggunakan pesawat terbang dengan menggunakan berbagai macam maskapai penerbangan yang tersedia. Bandara tujuan atau bandara yang berada di kota Palembang adalah Bandara Mahmud Badaruddin II. Nama Sultan Mahmud Badaruddin merupakan Pahlawan Nasional Indonesia yang kala itu melawan VOC-Belanda yang pernah memimpin Kesultanan Darussalam. Bandara di Palembang ini dikelola oleh PT Angkasa Pura 2 dan melayani penerbangan domestik dan internasional.

Selain itu, bandara ini juga menjadi embarkasi haji untuk warga Sumatera Selatan. Untuk penerbangan domestik anda dapat menuju kota Jakarta, Bandung, Batam, Pangkal pinang dan kota lainnya dari Palembang. Sedangkan untuk penerbangan internasional melayani Singapura, Kuala Lumpur, Malaka, Hongkong, China dan Thailand.

Bandara ini memiliki luas 234,197 hektar dengan landasan pacu sepanjang 3 km x 60m. Bandara di Palembang ini memiliki lahan parkir yang sangat luas yaitu sekitar 20,000 meter yang dapat menampung 1000 kendaraan. Sedangkan gedung terminal penumpang memiliki tiga lantai seluas 13,000 m2 yang dapat menampung lebih dari 1000 penumpang.

Untuk melayani penerbangan domestik dan internasional, terdapat banyak maskapai yang beroperasi di bandara kota Palembang ini. Maskapai tersebut seperti AirAsia, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Silk Air, Sriwijaya Air, Batik Air, Xpress Air, Wings Air dan Jatayu Air.

Anda tak perlu bingung untuk mencari agen tiket pesawat. Anda dapat memesannya di Airy, hanya dengan mengunjungi situs resmi Airy www.airy.com. Anda akan menemukan banyak pilihan jadwal penerbangan dan tentu maskapai favorit untuk menuju kota Palembang ini. Maskapai seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, Batik Air, Wings Air, NAM Air, Air Asia, Xpress Air, Trigana Air, Kalstar Aviation dan lainnya. Booking yang mudah, pilihan pembayaran yang banyak tentu akan membuat anda lebih nyaman dalam memesan tiket pesawat murah ke Palembang di Airy.

Jika Anda menggunakan maskapai lion air dari Jakarta maka biaya yang harus Anda keluarkan adalah Rp.259.000 dengan waktu tempuh hanya 1 jam perjalanan saja. Lalu jika anda ingin mendapatkan hotel murah dekat bandara tersebut, anda dapat mencoba Airy Ilir Timur Dua Sinar Raga 164 Palembang atau Airy Eco Syariah Kemuning Komplek Kehakiman 762 Palembang.

Melalui Jalur Darat

Menggunakan jalur darat ada dua cara baik dengan menggunakan bus ataupun kereta api. Anda bisa menggunakan bus dari biro perjalanan yang tersedia seperti dengan menggunakan bus Pahala Kencana dengan tarif Rp.150.000- 250.000. Saat ini juga sudah banyak bus yang melayani rute Jakarta - Palembang seperti contohnya Kramat Jati yang berangkat dari terminal Pinang Ranti, Kampung Rambutan, Pulo Gadung, Rawamangun dan Kalideres. Selain itu, Anda bisa menggunakan kereta api untuk menghemat biaya perjalanan Anda Anda bisa berangkat dari stasiun Rajabasa Bandar Lampung dengan tarif yang biasanya bervariasi mulai dari Rp.90.000 hingga juga kelas ekonomi Rp.16.000 saja atau juga dengan menggunakan kereta bisnis dengan tarif Rp.60.000 dengan waktu tempuh hanya 2 jam saja.

Transportasi di Palembang

Anda tak perlu takut untuk pergi kemana-mana baik wisata rekreasi ataupun kuliner jika sudah berada di kota ini. Anda akan menemukan berbagai jenis transportasi di Palembang. Anda dapat memanfaatkan angkutan di bawah ini untuk menuju ke tempat wisata, restoran maupun ke hotel atau penginapan.

Bus

Bus dalam kota umumnya selalu ada disetiap kota besar di Indonesia begitu pula di Palembang. Bus kota menjadi salah satu angkutan umum yang paling diminati di Palembang ini. Terdapat tujuh jenis rute dan setiap rute memiliki warna yang berbeda-beda di kota Palembang. Setiap bus dapat menampung sekitar 36 penumpang. Anda dapat menggunakan bus untuk menuju tempat wisata dan juga hotel atau penginapan.

Angkutan Perkotaan atau Angkot

Angkutan umum lain yang pasti ada di kota besar adalah angkot. Anda dapat menemukan angkot dengan mudah ketika berkunjung ke kota Palembang. Anda dapat menemukannya di tempat-tempat strategis seperti mall atau pun hotel. Di palembang, anda akan menemukan 2 jenis angkot yaitu angkot yang berisi 15 penumpang dan yang berisi 18 penumpang. Untuk mengetahui rute, anda dapat mengenali dari warna angkot atau ukuran angkot tersebut.

Taksi

Taksi ada disetiap kota besar di Indonesia. Ini menjadi pilihan untuk anda jika ingin berpergian dengan nyaman. Anda dapat langsung menuju destinasi wisata ataupun menuju penginapan atau hotel. Tarif yang harus anda bayar bergantung pada argo taksi tersebut.

Bus Trans Musi

Seperti halnya Transjakarta di Jakarta, di Palembang pun juga terdapat bus transportasi kota yang bernama Trans Musi. Bus Trans Musi memiliki rute seperti TransJakarta. Untuk berpindah koridor, anda tak perlu bayar ongkos, hanya transit lalu berpindah ke koridor lainnya. Saat ini Trans Musi memiliki 5 koridor, yaitu koridor 1 melayani rute Terminal Alang-Alang Lebar ke Ampera, Koridor 2 melayani rute Terminal Sako-PIM, Koridor 3 melayani rute Jakabaring-Karyajaya, Koridor 4 melayani rute Plaju-Palembang Square, dan koridor 5 melayani rute Alang-alang lebar-Bandara.

Tempat Wisata di Palembang

Kota Palembang menjadi Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan sekaligus dikenal sebagai kota terbesar kedua di Sumatera. Kota yang berdiri sejak tanggal 16 Juni 688 Masehi ini juga merupakan kota tertua di Indonesia. Di samping itu, Palembang juga memiliki julukan yang menarik, disebut sebagai Venice of the East karena keberadaan Sungai Musi--sungai terpanjang di Sumatera--di kota ini.

Dengan sederet reputasi dan keunikan yang dimilikinya, Kota Palembang juga menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Sumatera. Tak heran kalau begitu banyak wisatawan yang tertarik untuk melancong ke Palembang. Apalagi, ditunjang dengan begitu banyaknya hotel terdekat di Palembang yang bisa dimanfaatkan wisatawan.

Berikut ini adalah deretan tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan selama berlibur ke Palembang :

1. Jembatan Ampera

Jembatan Amanat Penderitaan Rakyat disingkat Ampera menjadi wisata paling terkenal dan merupakan ikon Kota Palembang. Jombatan ini menjadi penghubung antara wilayah Seberang Ilir dan Seberang Ulu yang terpisahkan oleh keberadaan Sungai Musi. Pembangunan jembatan megah ini diawali pada tahun 1962 dan diresmikan pada 1965. Saat itu, Jembatan Ampera merupakan jembatan terpanjang yang ada di Asia Tenggara.

Pada awal pembangunannya, Jembatan Ampera didesain sebagai jembatan dengan yang bagian tengahnya bisa diangkat. Kemampuan tersebut didapatkan dengan keberadaan bandul pemberat 500 ton yang ada di 2 menara Jembatan Ampera. Kemampuan ini memungkinkan kapal yang berukuran tinggi bisa melintasi jembatan tanpa harus tersangkut.

Hanya saja, peralatan mekanis yang memungkinkan pengangkatan bagian tengah jembatan kini sudah tidak lagi berfungsi. Fungsi tersebut sudah tidak digunakan sejak tahun 1970. Bahkan, pada tahun 1990, bandul 500 ton yang ada di jembatan ini juga telah dihilangkan. Sebagai gantinya, pemerintah setempat melakukan pembatasan tinggi kapal yang melintas di bawah Jembatan Ampera.

Meski Jembatan Ampera sudah tidak lagi memiliki keistimewaan pada desain mekanisnya, keberadaannya tetap begitu menarik bagi para wisatawan. Apalagi, pemandangan Jembatan Ampera di malam hari dengan lampu gemerlapnya terlihat begitu memukau. Selain itu, momen matahari terbit dan terbenam di Jembatan Ampera juga tak kalah cantiknya.

2. Masjid Agung Palembang

Liburan ke Palembang juga bisa menjadi kesempatan wisatawan untuk berkunjung ke salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid yang dimaksud adalah Masjid Agung Palembang--juga disebut dengan nama Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I. Pembangunan masjid ini dilakukan pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo pada tahun 1738 dan selesai pada tahun 1748.

Masjid Agung Palembang tidak hanya dikenal sebagai masjid terbesar di Kota Palembang. Masjid ini juga menjadi bukti akulturasi budaya yang ada di Palembang. Bahkan, saat berkunjung ke Masjid Agung Palembang, Anda akan menjumpai 3 unsur budaya, yakni Eropa, Indonesia, dan Tiongkok.

Pada bagian atap, Anda akan menjumpai desain masjid yang tak ubahnya seperti sebuah kelenteng. Sementara itu, pada bagian menara, Anda akan menemukan keberadaan unsur budaya nusantara, dengan bentuk ujung menara kerucut yang menyerupai tumpeng. Selanjutnya, unsur Eropa bisa ditemukan pada desain pintu masuk serta pilar yang berukuran tinggi.

3. Pagoda Pulau Kemaro

Tak jauh dari Jembatan Ampera, berjarak sekitar 6 km, Anda bisa menemukan Pulau Kemaro yang merupakan delta Sungai Musi. Pulau ini terkenal sebagai destinasi wisata serta jadi pusat beribadah umat Tionghoa. Daya tarik utamanya adalah keberadaan Pagoda Pulau Kemaro yang lokasinya bersebelahan dengan Kelenteng Hok Tjing Rio.

Pagoda Pulau Kemaro memiliki ketinggian sebanyak 9 lantai. Desain pagoda ini juga menarik, dengan arsitektur layaknya pagoda yang ada di negara Tiongkok. Hanya saja, tidak semua orang diperbolehkan untuk masuk ke bagian dalam pagoda. Sebagai gantinya, para wisatawan hanya diperkenankan untuk berfoto di depan pagoda.

4. Benteng Kuto Besak

Masjid Agung Palembang bukanlah satu-satunya bangunan bersejarah peninggalan Kesultanan Palembang. Ada bangunan lain yang tak kalah megahnya, yakni Benteng Kuto Besak yang lokasinya berada di tepi Sungai Musi dan bersebelahan dengan Jembatan Ampera. Benteng ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin I pada tahun 1780 M dan diselesaikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin II pada tahun 1797 M.

Keberadaan Benteng Kuto Besak berfungsi sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Palembang yang awalnya berada di Keraton Kuto Lamo. Belanda menyebut Benteng Kuto Besak sebagai nieuwe keraton atau keraton baru.

Sekarang, fungsi bangunan ini digunakan sebagai gedung Komando Daerah Militer (Kodam) Sriwijaya. Sementara itu, bagian pelatarannya menjadi tempat favorit wisatawan. Dari area pelataran, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan Jembatan Ampera sekaligus Sungai Musi.

5. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Wisatawan bisa mendapatkan pengetahuan sejarah Palembang yang menarik dengan berkunjung ke Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Lokasi dari bangunan museum ini dulunya merupakan tempat berdirinya Keraton Kuto Lamo. Hanya saja, bangunan keraton tersebut dihancurkan oleh Inggris pada tahun 1823.

Bangunan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II ini pada awalnya berfungsi sebagai kantor residen kolonial. Pada masa penjajahan Jepang, fungsi bangunan berubah sebagai markas militer Pasukan Jepang. Setelah kemerdekaan, gedung ini sempat dipakai sebagai gedung Kodam II/Sriwijaya dan akhirnya pada tahun 1984, bangunan ini digunakan sebagai museum.

Koleksi benda bersejarah yang bisa dijumpai di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II begitu beragam. Anda bisa menemukan koin Sumatera Selatan pada zaman dulu, senjata, pakaian tradisional, ataupun hasil kerajinan. Selain itu, wisatawan juga dapat menjumpai keberadaaan artefak peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

6. Kampung Arab Al-Munawar 13 Ulu

Keberadaan Kampung Arab Al-Munawar 13 Ulu di tepi Sungai Musi bisa pula menjadi persinggahan menarik bagi wisatawan saat di Kota Palembang. Kampung menjadi perkampungan berusia lebih dari 200 tahun yang secara khusus banyak ditinggali oleh orang-orang keturunan Arab. Di sini, Anda juga dapat menjumpai 8 rumah yang menjadi cagar budaya. Rumah-rumah tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi, karena berdiri sejak awal keberadaan Kampung Arab Al-Munawar 13 Ulu.

Berkunjung ke Kampung Arab Al-Munawar 13 Ulu, Anda akan merasakan nuansa Timur Tengah yang begitu kental. Di sini juga terdapat peninggalan bersejarah berupa Alquran berusia 100 tahun yang dibuat dengan tinta emas. Tidak ketinggalan, wisatawan juga berkesempatan untuk mencicipi kuliner khas Timur Tengah di kampung ini.

7. Hutan Punti Kayu

Di tengah keramaian Kota Palembang, wisatawan dapat pula menjumpai wisata alam dengan suasana hijau di Hutan Punti Kayu. Hutan ini merupakan hutan kota yang memang lokasinya berada di tengah-tengah Kota Palembang. Selain sebagai sarana konservasi, hutan ini juga memiliki peran sebagai hutan wisata.

Selama berada di Hutan Punti Kayu, wisatawan dapat merasakan suasana yang begitu alam. Hutan ini memiliki kekayaan flora dan fauna yang begitu komplet. Flora seperti pohon pinus, mahoni, ataupun akasia begitu banyak dijumpai. Selain itu, Anda juga dapat menemukan beberapa hewan seperti beruk, musang, biawak, ataupun kera ekor panjang di hutan ini.

Wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas seru dan asyik selama berada di Hutan Punti Kayu. Pengelola Hutan Punti Kayu melengkapi kawasan wisata ini dengan fasilitas outbond seperti canopybridge serta flying fox. Sebagai tambahan, ada pula sarana perahu naga serta perahu bebek yang dapat dimanfaatkan. 

8. Air Terjun Lematang Indah

Berlokasi di Kota Pagar Alam yang berjarak sekitar 7 jam perjalanan darat dari Palembang, Anda bisa menyaksikan Air Terjun Lematang Indah yang begitu megah dengan ketinggian mencapai 40 meter. Air terjun yang berada di wilayah Kecamtan Dempo Utara ini juga dapat ditemukan dengan mudah karena lokasinya yang berada di pinggir jalan.

Air Terjun Lematang Indah memiliki keunikan tersendiri, karena airnya jatuh secara langsung ke aliran sungai. Dengan keunikannya itu, wisatawan berkesempatan untuk melakukan aktivitas yang menarik selama di sini. Anda dapat mencoba pengalaman naik ban karet menyusuri Sungai Lematang Indah. Dengan suasana udara yang masih asri dan pemandangan hijau di sekitar, pengalaman naik ban karet di sini bakal terasa mengasyikkan.

9. Kebun Teh Dempo

Suasana alami dan sejuk dataran tinggi juga bisa Anda temukan saat berlibur ke Palembang. Pilihan tempat yang bisa dituju adalah Kebun Teh Dempo di Kota Pagar Alam. Kebun teh ini berlokasi di kaki Gunung Dempo yang merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan, dengan ketinggian mencapai 3.173 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pengelolaan Kebun Teh Dempo dilakukan oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII. Selama berada di tempat ini, wisatawan bisa berkeliling area kebun teh yang begitu luas. Tak lupa, Anda juga dapat mencicipi produk teh dari Kebun Teh Dempo. Apalagi, Kota Pagar Alam merupakan salah satu produsen teh unggulan Indonesia.

10. Kampung Kapitan

Selain bisa berkunjung ke perkampungan warga keturunan Arab, Kota Palembang juga memiliki area yang didominasi oleh warga keturunan Tionghoa. Seperti halnya Kampung Arab Al-Munawar 13 Ulu, perkampungan Tionghoa di Palembang ini juga memiliki nilai sejarah tinggi. Namanya adalah Kampung Kapitan.

Kampung Kapitan merupakan tempat berdomisilinya keturunan Tionghoa pertama di Palembang yang bernama Tjoa Tam Hin. Nama Kampung Kapitan pun didapatkan dari Tjoa Tam Hin. Apalagi, Tjoa Tam Hin mendapatkan jabatan sebagai kapten atau kapitan dari Pemerintah Belanda pada tahun 1880.

Di Kampung Kapitan, wisatawan bisa menjumpai tiga bangunan tua yang sudah berusia ratusan tahun. Ketiga bangunan tua tersebut hadir dengan desain arsitektur khas Eropa dengan pilar yang berukuran besar. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai pagoda di area Kampung Kapitan. Sebagai tambahan, selama berada di kampung ini, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan Sungai Musi dan Jembatan Ampera yang begitu cantik.

Kuliner Palembang - Makanan Khas Palembang

Tidak hanya deretan tempat wisata menarik, Kota Palembang juga punya beragam makanan khas yang begitu menggoda untuk dicicipi. Deretan makanan yang wajib Anda coba saat berlibur ke Palembang begitu banyak, di antaranya adalah:

1. Pempek

Pempek menjadi kuliner yang begitu gampang ditemukan di Kota Palembang. Anda bisa menjumpai makanan khas yang satu ini ditawarkan oleh penjual pinggir jalan ataupun restoran terkenal. Makanan ini dibuat dengan bahan utama daging ikan yang sudah digiling dengan teping tapioka. Dalam penyajiannya, pempek biasa disertai dengan kuah cuka serta mi.

Pempek menjadi makanan yang sudah begitu lama dikenal di Kota Palembang. Konon, makanan yang satu ini merupakan salah satu bentuk adaptasi dari kuliner khas Tionghoa. Menurut cerita rakyat yang berkembang di Palembang, pempek menjadi makanan yang sudah bisa ditemukan pada abad ke-16 saat pemerintaan Kesultanan Palembang di bawah pimpinan Sultan Mahmud Badruddin II.

Pempek khas Palembang dulunya hanya dibuat dengan bahan utama daging ikan belida. Namun, seiring dengan kelangkaan ikan belida, masyarakat Palembang kemudian mencoba mencoba kreasi pempek dengan ikan jenis lain. Oleh karena itu, saat ini Anda bisa menjumpai pempek yang dibuat dari ikan gabus, ikan toman, tenggiri, kakap merah, dan bahkan ada pula yang membuat pempek dari ikan tuna putih.

2. Tekwan

Mendengar namanya, tekwan mungkin terlihat sebagai kuliner yang berasal dari Tiongkok. Namun, siapa sangka tekwan menjadi makanan khas yang berasal dari Palembang. Nama tekwan didapatkan dari kata-kata bahasa Palembang, “bekotek samo kawan” yang artinya duduk mengobrol dengan teman.

Cara pembuatan tekwan hampir tak jauh berbeda dibandingkan dengan pempek. Tekwan dari bahan daging ikan tenggiri menjadi jenis tekwan yang begitu disukai oleh masyarakat Palembang. Penyajian tekwan berbeda dengan pempek. Alih-alih menggunakan kuah cuka, tekwan disajikan dengan kuah udang. Di dalamnya juga terdapat potongan jamur, bawang goreng, serta ebi.

3. Laksan

Kuliner khas Palembang berikutnya adalah laksan, yang lagi-lagi memiliki komposisi bahan tak ubahnya seperti pempek. Anda bisa menjumpai laksan berbahan daging ikan gabus, belida, tenggiri, ataupun kakap. Hanya saja, laksan merupakan pempek yang tidak digoreng dan disertai kuah berwarna oranye. Kuah berwarna oranye yang ada pada laksan dibuat dengan bahan santan yang dicampur dengan rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, kemiri, serta ketumbar.

Mencicipi kuliner laksan khas Palembang juga begitu gampang. Seperti halnya pempek, Anda dapat menemukan makanan yang satu ini disajikan di warung, restoran, ataupun hotel di Palembang. Sebagai rekomendasi, Laksan Kaito yang beralamat di Jl. Kapten Anwar Arsyad Nomor 999.

4. Pindang patin

Ikan patin yang diolah menjadi pindang patin juga bisa menjadi pilihan kuliner enak yang bisa dicicipi selagi berada di Palembang. Pindang patin dibuat dengan potongan ikan patin yang berpadu dengan kuah yang segar. Dalam proses pembuatannya, pindang patin membutuhkan bahan-bahan seperti bawang merah, belimbing sayur, daun salam, jahe, bawang putih, kunyit, serta serai.

Jenis pindang patin yang bisa disantap juga begitu beragam. Anda bisa menjumpai pindang patin kuah bening, pindang patin serani, serta pindang patin tempoyak. Pindang patin serani dibuat dengan bumbu yang sebelumnya melalui proses pembakaran. Sementara itu, pindang patin tempoyak dibuat dengan campuran fermentasi buah durian di dalamnya.

5. Mi celor

Mi celor menjadi menu sarapan favorit masyarakat Palembang. Makanan yang satu ini, biasanya paling enak ketika dihidangkan dalam kondisi hangat. Kuliner yang merupakan hasil adaptasi dari makanan Tionghoa ini biasa dibuat dengan mi berukuran tebal dengan kuah yang kental.

Mi yang dipakai dalam pembuatan mi celor merupakan jenis mi basah. Para penjual mi celor biasanya memilih untuk meracik mi sendiri, bukan menggunakan mi buatan pabrik. Sementara itu, kuah mi celor dibuat dengan mencampurkan kaldu udang, susu, merica, santan, garam, terigu, telur, serta gula.

Pada tahapan berikutnya, mi beserta dengan taoge dicelup-celupkan yang dalam bahasa Palembang disebut celor ke air mendidih. Oleh karena itu, mi ini disebut dengan nama mi celor. Selanjutnya, mi yang telah matang disiram dengan kuah yang sudah dibuat. Tak ketinggalan, Anda akan memperoleh suwiran daging ayam, ebi, telur rebus, serta potongan udang di atasnya.

6. Martabak Har

Martabak Har merupakan jenis martabak dengan citarasa unik yang hanya bisa Anda temukan di Kota Palembang, tepatnya di Kedai Martabak Har. Martabak yang satu ini merupakan kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1947. Nama Martabak Har sendiri didapatkan dari nama pemiliknya, yakni H. Abdul Rozaq.

Martabak Har memiliki bentuk serta rasa yang jauh berbeda dibandingkan dengan martabak di tempat lain. Biasanya, martabak dibuat dengan isian berupa telur, potongan daun bawang, serta telur. Lain halnya dengan Martabak Har yang dibuat dengan menggunakan isian hanya berupa telur ayam atau bebek.

Cara penyajian Martabak Har juga berbeda dengan martabak biasa. Ketika menyantap Martabak Har, Anda akan menemukan kuah kari yang di dalamnya terdapat campuran kentang serta daging. Anda bisa menyiramkan kuah tersebut di atas martabak. Untuk Anda yang menyukai makanan pedas, tersedia pula saus pedas dengan cabe hijau yang bisa ditambahkan.

7. Kue delapan jam

Namanya yang unik membuat kue delapan jam begitu menarik perhatian wisatawan. Sesuai dengan namanya, proses pembuatan kue tradisional khas Palembang ini memang begitu lama, membutuhkan waktu selama 8 jam. Kue ini biasanya menjadi jajanan yang kerap dihadirkan saat hari raya.

Cara pembuatan kue delapan jam sebenarnya hampir tak jauh berbeda dengan kue bolu ataupun kue lapis. Bahan dasar yang diperlukan untuk pembuatan kue ini adalah telur ayam atau telur bebek. Dalam proses pembuatannya, kue delapan jam harus dikukus dengan api kecil selama kurang lebih 8 jam. Hasilnya, kue ini memiliki tekstur lembut dengan rasa legit dan manis.

8. Lenggang

Lenggang sebenarnya merupakan cara pemasakan berbeda dari pempek. Oleh karena itu, masyarakat Palembang juga kerap menyebut makanan ini sebagai pempek lenggang. Pempek umumnya dibuat dengan cara digoreng. Sementara itu, lenggang dibuat dengan cara memanggang adonan pempek di atas bara api.

Proses pemanggangan biasanya dilakukan dengan cara membungkus adonan pempek mentah dengan mangkok yang berasal dari daun pisang. Di dalamnya juga kerap ditambahkan telur ayam atau bebek. Selanjutnya, cara penyajian lenggang tidak jauh beda dengan pempek, disertai dengan kuah cuka. 

9. Kue maksuba

Kue maksuba bisa dibilang merupakan kue lapis khas dari Palembang. Apalagi, bentuk dari kue ini memang berlapis-lapis. Hanya saja, kue maksuba memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan kue lapis. Selain itu, bahan utama yang digunakan untuk pembuatan kue maksuba juga sama seperti halnya bahan untuk membuat kue delapan jam.

Kue maksuba memiliki makna yang begitu penting bagi masyarakat Palembang. Proses pembuatan kue ini membutuhkan perjuangan tinggi, karena harus dibuat selapis demi selapis. Proses pembuatan kue ini memang lebih singkat dibandingkan kue delapan jam, yakni 3 jam. Menurut adat masyarakat Palembang, kue maksuba biasa dihadirkan saat hari raya serta pesta pernikahan.

10. Sate pentul

Bali memiliki kuliner sate yang begitu khas, namanya sate lilit. Kalau di Palembang, ada pula sate yang tidak kalah uniknya, yakni sate pentul. Sate ini biasanya dibuat dengan bahan utama daging ikan tenggiri yang dicampurkan dengan kelapa parut. Namun, Anda juga dapat menemukan kuliner sate pentul yang dibuat dengan bahan daging sapi ataupun ayam.

Cara pembuatannya tidak terlalu sulit. Daging ikan yang telah dipersiapkan, terlebih dahulu harus digiling sampai halus. Selanjutnya, bahan tersebut dicampur dengan kelapa serta bumbu-bumbu lain. Ciri khas yang membedakan sate pentul dengan jenis sate lainnya adalah bentuknya. Adonan yang telah siap, dibentuk bulatan lonjong (pentul) yang kemudian ditusukkan pada tusuk sate. Sate pun siap dibakar.

Tempat Hangout Anak Muda di Palembang

Kota Palembang memiliki banyak tempat yang menjadi lokasi hangout seru bagi anak muda. Tempat-tempat ini tidak hanya nyaman, tetapi juga menawarkan suasana yang asyik untuk berburu foto instagramable, di antaranya:

1. Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak bisa menjadi lokasi nongkrong yang asyik selama di Palembang. Tempat ini dikenal sebagai salah satu taman wisata yang sudah ada sejak tahun 1900-an dan dibangun oleh Pemerintah Belanda. Fungsi utamanya adalah sebagai daerah resapan air.

Nama Taman Kambang Iwak berasal dari kata dalam bahasa Palembang yang memiliki arti taman kolam ikan. Di bagian tengah taman ini, Anda memang akan bisa menjumpai keberadaan danau buatan yang di dalamnya terdapat beragam jenis ikan.

Pengunjung bisa menikmati suasana di Taman Kambang Iwak secara gratis. Fasilitas hiburan yang tersedia di tempat ini juga begitu lengkap. Anda bisa menjumpai taman bermain, area tempat duduk, jogging track, serta keran air. Tidak ketinggalan, Anda juga dapat menemukan hotspot WiFi gratis di sini.

Akhir pekan menjadi waktu paling asyik untuk menghabiskan waktu bersantai di Taman Kambang Iwak. Pada momen ini, Anda akan menjumpai suasana yang begitu ramai di Taman Kambang Iwak. Mereka yang datang ke tempat ini tidak hanya masyarakat biasa, tetapi juga beragam jenis komunitas. Suasana malam hari di taman ini juga tidak kalah menariknya. Apalagi, terdapat air mancur yang ada di tengah danau dengan sorotan lampu yang membuatnya kian cantik.

Lokasi: Jl. Tasik, Talang Semut, Bukit Kecil, Palembang.

2. Equatore Rooftop Cafe

Lokasi berikutnya yang bisa jadi pertimbangan tempat nongkrong dan berburu foto seru adalah Equator Rooftop Cafe. Tempat makan yang satu ini menyediakan suasana ruangan yang begitu menarik, khususnya bagi para pemburu foto instagramable. Ditambah lagi, pilihan menu yang mereka sediakan juga unik dengan tampilan yang menggoda selera.

Equator Rooftop Cafe memiliki 4 opsi ruangan yang bisa ditempati pengunjung, yakni ruangan utama, balkon, rooftop, serta ruang VIP. Area balkon dan rooftop kerap menjadi pilihan para pengunjung. Ruangan balkon menawarkan suasana menyantap makanan di ruang terbuka. Sementara itu, area rooftop kerap digunakan sebagai sarana untuk nonton bareng dengan disertai proyektor.

Menu yang disediakan oleh pihak pengelola Equatore Rooftop Cafe juga begitu variatif. Anda bisa menemukan deretan menu western ataupun makanan dan minuman tradisional. Sebagai tambahan, pihak kafe juga menyuguhkan deretan cocktail ataupun mocktail. Menu yang bervariasi itu kian lengkap dengan pelayanan ramah yang diberikan oleh para karyawan kafe.

Lokasi: Barong Hotel Lantai 5, Jl. POM IX, Kompleks Palembang Square R 150-155, Palembang.

3. York Cafe

Selama berada di Palembang, Anda juga dapat menjumpai kafe unik yang menawarkan kesan seperti berada di luar negeri. Namanya adalah York Cafe yang menawarkan kesan vintage. Suasana vintage di sini pun berpadu dengan beragam perabotan dan interior ruangan yang tak jauh berbeda seperti ketika berada di Inggris.

Kesan vintage yang begitu kuat bisa dirasakan dari pemilihan warna ruangan, yang mayoritas adalah abu-abu, putih, serta hitam. Sebagai penghias ruangan, Anda akan menjumpai keberadaan lukisan jalanan khas Inggris, para pengawal dengan seragam pasukan Inggris, ataupun foto dari Ratu Elizabeth.

Uniknya, kesan vintageala Inggris itu dikombinasikan dengan varian menu yang begitu banyak. Di sini, Anda tidak hanya bisa menemukan makanan ala western seperti pizza, pasta, ataupun steak. Sebagai tambahan, pihak pengelola kafe juga menyediakan menu khas Nusantara seperti soto ayam, sup buntut, dan sebagainya. 

Kalau suasana nyaman dan menu bervariasi masih belum cukup, Anda juga akan memperoleh fasilitas hiburan tambahan. Pihak pengelola York Cafe selalu menyediakan hiburan berupa pertunjukan live music untuk para tamunya. Dengan segala fasilitasnya tersebut, tak heran kalau York Cafe Palembang begitu ramai oleh pengunjung.

Lokasi: Simpang Polda, Jl. Jenderal Basuki Rachmat Nomor 02, Kemuning, Palembang.

4. Bingen Cafe

Untuk Anda yang menyukai semua hal yang berkaitan dengan zaman dulu, pastikan untuk singgah ke Bingen Cafe. Bingen dalam bahasa Palembang memiliki arti tempo dulu. Oleh karena itu, Anda bakal disuguhkan dengan suasana ruangan yang klasik saat pertama kali menjejakkan kaki ke kafe ini.

Tampilan klasik sudah begitu terlihat di bagian luar, dengan keberadaan motor-motor antik yang tertata rapi. Di bagian dalam, Anda akan menjumpai cabana dengan konsep uniknya tersendiri, seperti rustic, music, serta classic. Kesan zaman dulu terasa kian kuat dengan keberadaan beragam perabotan kuno seperti telepon kuno dengan nomor yang diputar ataupun TV tabung klasik.

Menariknya, Anda tidak hanya bisa menjumpai kesan klasik selama berada di Bingen Cafe. Pihak pengelola kafe juga menyediakan area indoor yang sengaja didesain dengan tema shabby chic. Pada ruangan ini, Anda akan menjumpai perabotan serta dinding yang dibuat dengan kombinasi warna lembut dan creamy. Hasilnya, suasana ruangan ini terasa begitu romantis. 

Tak cukup sampai di situ, Bingen Cafe juga menyediakan kolam renang outdoor yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung. Keberadaan kolam renang ini bisa menjadi sarana untuk mengadakan event-event khusus seperti pesta ulang tahun atau anniversary. Hanya saja, ukuran kolam renang ini memang tidak terlalu besar dan punya kapasitas terbatas.

Mengenai pilihan menu, Bingen Cafe menyediakan makanan serta minuman yang tak jauh berbeda dibandingkan dengan kafe kekinian lain. Anda bisa memilih menu main course, dessert, ataupun beragam jenis minuman. Pilihan menu yang bisa kamu dapatkan di antaranya adalah, nasi goreng bingen, spageti ogliolio, sate ayam, dan lain-lain.

Lokasi: Simpang Patal, Jl. Residen H. Abdul Rozak Nomor 5, Palembang.

5. Gunz Cafe

Kafe kekinian di Palembang yang satu ini lokasinya berada tidak jauh dari Taman Kambang Iwak. Karena lokasinya yang sangat strategis tersebut, tidak mengherankan kalau Gunz Cafe menjadi tempat nongkrong yang cukup ramai. Apalagi, kafe ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki kafe lainnya di Palembang.

Seperti halnya kafe-kafe lain, Gunz Cafe menyediakan hiburan berupa live music. Di sini, Anda bisa memperoleh hiburan musik yang berkualitas, dan bahkan kerap menghadirkan musisi dari Jakarta. Uniknya, pihak pengelola Gunz Cafe juga menyediakan waktu khusus untuk pementasan lagu-lagu tradisional Palembang. Upaya ini merupakan cara agar anak muda Palembang tidak melupakan budaya tradisional yang ada.

Hiburan musik yang ada di Gunz Cafe bisa dinikmati dengan nyaman karena ruangan yang begitu luas. Desain interior Gunz Cafe juga menarik, dengan tampilan yang modern. Para pengunjung bisa memesan beragam jenis menu selagi nongkrong dan menikmati live music di sini, termasuk di antaranya adalah kopi, pizza, ataupun sisha. Menu-menu itu pun dapat dinikmati dengan biaya terjangkau, berkisar antara Rp30 ribu sampai Rp50 ribu.

Lokasi: Jl. Merdeka, Bukit Kecil, Palembang.

Restoran Terkenal di Palembang

Liburan ke Palembang menjadi kesempatan bagi para wisatawan untuk mencicipi makanan khas dalam berbagai bentuk yang terasa lezat. Ada beberapa restoran dan tempat makan yang bisa menjadi rekomendasi untuk menikmati kuliner khas Palembang, di antaranya:

1. Riverside Restaurant

Destinasi tempat makan pertama yang bisa Anda tuju selama berada di Palembang adalah Riverside Restaurant. Restoran yang satu ini memang menawarkan lokasi yang begitu spesial. Riverside Restaurant menawarkan pengalaman bersantap makan yang menarik dengan pemandangan di tepi Sungai Musi. Di waktu yang sama, Anda juga bisa secara langsung menyaksikan keindahan Jembatan Ampera di malam hari.

Riverside Restaurant memiliki bentuk bangunan yang unik, mirip sebuah kapal besar dengan 3 lantai di dalamnya. Kapasitas yang dimiliki oleh Riverside Restaurant juga begitu besar, mencapai kurang lebih 500 orang. Area outdoor menjadi lokasi makan favorit bagi para pengunjung Riverside Restaurant. Dari situ, pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Palembang yang terlihat begitu memesona.

Menu yang bisa Anda nikmati selagi berada di Riverside Restaurant juga begitu beragam. Anda bisa menjumpai beragam menu seafood yang enak, seperti kepiting asam manis. Ada pula menu berupa dimsum, cah kangkung, ataupun brengkes. Tidak ketinggalan, Anda juga berkesempatan untuk mencicipi kuliner khas Palembang seperti pindang patin.

Lokasi: Kompleks Benteng Kuto Besar, Jl. Rumah Bari, Kota Palembang.

2. Kedai Tiga Nyonya

Restoran franchise Kedai Tiga Nyonya juga bisa menjadi persinggahan selama berkunjung ke Palembang. Restoran ini memiliki ciri khas pada penataan ruangannya yang begitu klasik. Anda akan menemukan desain interior ruangan tak ubahnya seperti rumah zaman dulu, lengkap dengan beragam jenis interiornya.

Kedai Tiga Nyonya ini juga memiliki ciri khas dengan perpaduan 3 jenis budaya, yakni Indonesia, Tionghoa, dan Belanda. Jenis budaya Indonesia yang digunakan bergantung dengan lokasinya. Jenis budaya yang digunakan di Kedai Tiga Nyonya Palembang tentu saja adalah budaya Melayu.

Restoran Kedai Tiga Nyonya ini juga menyediakan beragam spot foto yang menarik. Anda bisa mencoba untuk berfoto dengan latar belakang dinding yang dipenuhi dengan keramik klasik. Selain itu, keberadaan mesin kasir kuno peninggalan Belanda juga bisa menjadi objek foto menarik selama berada di Kedai Tiga Nyonya.

Pilihan menu yang bisa ditemukan di Kedai Tiga Nyonya Palembang sangat beragam. Mereka tidak hanya menyediakan menu khas Palembang, seperti olahan ikan patin. Anda juga bisa menjumpai makanan khas Papua, seperti papeda, lumpia dari Semarang, ataupun sate. Sebagai tambahan, pihak restoran juga menyediakan opsi menu western.

Lokasi: Jl. Supeno Nomor 06A, Palembang. 

3. Rumah Makan Sri Melayu

Rumah Makan Sri Melayu menjadi restoran yang begitu terkenal di Kota Palembang. Bahkan, tempat makan ini menjadi langganan para pejabat saat melakukan kunjungan ke Palembang. Ditambah lagi, lokasi dari Rumah Makan Sri Melayu begitu strategis di sebelah Istana Gubernur Sumatera Selatan atau Griya Agung.

Suasana khas Palembang akan begitu terasa ketika berada di Rumah Makan Sri Melayu. Apalagi, bangunan dari restoran sengaja dibuat dengan desain ala rumah tradisional Palembang. Bangunan ini berdiri di area yang begitu luas dengan mayoritas bangunannya terbuat dari bahan kayu. Di bagian tengah, Anda akan menjumpai kolam ikan yang berukuran cukup besar.

Bangunan yang luas, membuat restoran ini mampu menampung pengunjung dengan jumlah mencapai lebih dari 300 orang. Tidak hanya itu, suasana di dalamnya juga terasa begitu rindang dan nyaman. Menu utama yang bisa Anda nikmati di Rumah Makan Sri Melayu adalah pindang.

Pindang merupakan kuliner khas Palembang yang proses pembuatannya bisa menggunakan beragam jenis bahan, termasuk ikan, udang, atau daging. Pindang biasanya disertai dengan kuah yang memiliki rasa asam, manis, serta pedas. Varian pindang yang mereka sajikan juga begitu banyak, termasuk di antaranya adalah pindang udang, pindang udang, pindang belida, ataupun pindang patin.

Selain menu pindang, Anda juga akan menemukan beragam menu khas Palembang lain yang tidak kalah enak. Pepes tempoyak yang dibuat dengan campuran fermentasi durian terasa begitu lezat. Selain itu, ada pula sate pentul yang dibuat dari bahan daging ikan, dan lain-lain.

Harga makanan di Rumah Makan Sri Melayu juga tidak terlalu mahal. Anda bisa menyantap beragam jenis makanan khas Palembang di sini dengan banderol berkisar antara Rp10 ribu sampai Rp80 ribu.

Lokasi: Jl. Demang Lebar Daun Nomor 1, Palembang.

4. Pempek Lince

Memilih kuliner pempek khas Palembang di tempat aslinya bakal cukup membingungkan. Anda akan dihadapkan dengan pilihan tempat makan yang begitu banyak. Sebagai bahan pertimbangan, Pempek Lince bisa menjadi lokasi untuk mencicipi salah satu kuliner pempek Palembang yang sudah terkenal kelezatannya.

Pempek Lince sudah berdiri sejak tahun 2010. Anda akan menjumpai pempek yang dibuat dari bahan ikan tenggiri serta ikan belida. Rasa pempek di tempat ini memiliki aroma ikan yang begitu orisinal. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menemukan varian pempek crispy yang unik di Pempek Lince.

Menariknya lagi, usaha Pempek Lince ternyata berawal dari aktivitas penjualan pempek secara online. Mereka melayani pemesanan jarak jauh tidak hanya dari masyarakat di Kota Palembang, tetapi juga pemesanan dari berbagai kota di Indonesia. Pempek Lince pun menyediakan beragam paket pemesanan, dengan harga mulai dari Rp100 ribuan hingga Rp1 jutaan.

Pempek Lince juga menyediakan kuah cuka dalam 4 tingkatan kepedasan. Untuk Anda yang enggan dengan makanan pedas, tersedia kuah cuka manis dan tidak pedas. Selanjutnya, ada pula kuah cuka lumayan pedas dan sangat pedas. Tidak ketinggalan, Pempek Lince juga menawarkan pempek kapal selam yang dibuat dengan telur bebek.

Lokasi: Jl. Tugumulyo Nomor 2.0398, Ilir Timur I, Palembang.

5. Mie Celor 26 Ilir

Belum lengkap ke Palembang kalau tak mencicipi mi celor yang dikenal sebagai spageti dari Palembang. Restoran terbaik yang menyediakan kuliner mi celor enak di Palembang tak lain adalah Mi Celor 26 Ilir. Kedai Mi Celor 26 Ilir merupakan restoran legendaris di Kota Palembang yang telah berdiri sejak tahun 1950.

Mi celor yang bisa Anda peroleh di Kedai Mi Celor 26 Ilir memiliki porsi cukup besar. Anda akan mendapati mi yang di dalamnya terdapat mi telur dengan tekstur lembut, telur, taoge, irisan daun bawang, serta bawang goreng. Sebagai pelengkap, Anda akan menemukan kuah kaldu berwarna kuning pucat yang terasa gurih dan manis.

Mi telur yang digunakan untuk sajian mi celor di kedai ini merupakan mi telur buatan sendiri. Selain itu, keistimewaan lainnya dari Mi Celor 26 Ilir adalah kuah kaldunya yang terasa begitu segar. Proses pembuatan kuah kaldu untuk mi celor di tempat ini dibuat dengan menggunakan udang yang segar dan berkualitas. Tak hanya itu, proses pemasakannya juga dilakukan dengan panci khusus.

Dengan keistimewaan yang dimilikinya itu, tidak heran kalau Mi Celor 26 Ilir selalu ramai oleh pengunjung. Bahkan, mereka yang datang untuk mencicipi kuliner legendaris di sini tidak hanya wisatawan dari berbagai penjuru tanah air. Banyak pula tokoh masyarakat, artis, pejabat, serta mantan presiden yang mencoba mi celor di sini.

Lokasi: Jl. KH Ahmad Dahlan Nomor 2, Bukit Kecil, Palembang.

6. Restoran Kampung Kapitan

Riverside Restaurant bukanlah satu-satunya restoran terkenal di Palembang yang berada di tepi Sungai Musi. Anda juga bisa menemukan restoran dengan pengalaman serupa di Restoran Kampung Kapitan. Sesuai dengan namanya, restoran ini berada di wilayah Kampung Kapitan yang terkenal sebagai perkampungan Tionghoa.

Untuk menuju ke Restoran Kampung Kapitan, Anda bisa datang ke dermaga yang berada tidak jauh dari pintu masuk Riverside Restaurant. Selanjutnya, Anda akan diantar menuju lokasi Restoran Kampung Kapitan yang berada di kawasan Ulu. Perjalanan naik perahu dari dermaga menuju restoran tidak terlalu lama, sekitar 10 menit.

Di sini, Anda bisa memilih untuk menyantap makanan di area indoor ataupun outdoor. Namun, area outdoor menjadi lokasi favorit para pengunjung. Alasannya, karena mereka bisa menyaksikan Jembatan Ampera dan Sungai Musi secara lebih dekat. Meski begitu, area indoor juga tak kalah menarik. Apalagi, dinding dari restoran ini sengaja dibuat dari bahan kaca.

 Menu yang bisa Anda santap di Restoran Kampung Kapitan juga bervariasi. Menu spesial yang bisa ditemukan di restoran ini adalah hidangan ikan serta seafood bakar. Harga makanan yang ada di sini juga tidak terlalu mahal, berkisar antara Rp50 ribu sampai Rp100 ribu.

Oleh-Oleh Khas Palembang

Mencari oleh-oleh khas Palembang juga begitu gampang. Ada begitu banyak pilihan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang, di antaranya adalah:

1. Kemplang

Kemplang menjadi jenis oleh-oleh khas Palembang yang sangat populer. Kemplang merupakan jenis kerupuk khas Palembang yang dibuat dari bahan ikan. Hanya saja, kemplang memiliki perbedaan mencolok dengan kerupuk pada proses pemasakannya. Kalau kerupuk digoreng, maka kemplang dipanggang di atas bara api.

Kemplang kerap dibuat dari bahan yang hampir tak jauh berbeda dibandingkan dengan pempek. Selanjutnya, adonan tersebut dipipihkan menjadi bentuk lembaran lingkaran dengan ketebalan sekitar 2 sampai 3 milimeter. Proses selanjutnya adalah pengukusan. Ketika matang, kemplang dijemur sampai kering. Setelah itu, kemplang bisa dipanggang atau dibakar di atas bara api.

2. Lempok durian

Lempok durian bisa dibilang sebagai dodol durian versi Palembang. Hanya saja, bahan untuk pembuatan dodol durian sangat berbeda dibandingkan lempok durian. Dodol durian biasa dibuat dengan bahan utama berupa tepung beras dan durian sebagai pelengkap. Sementara itu, lempok durian merupakan jajanan yang dibuat dengan bahan utama daging buah durian dengan campuran gula dan sedikit garam.

Lempok durian merupakan kuliner yang berasal dari budaya Melayu. Oleh karena itu, Anda tidak hanya akan menjumpai lempok durian di Palembang. Makanan ini juga bisa Anda temukan saat berkunjung ke Pontianak ataupun Bengkulu.

Proses pembuatan lempok durian khas Palembang bisa memakan waktu yang begitu panjang, mencapai 4 jam. Apalagi, cara memasak lempok durian harus dilakukan dengan api kecil dan harus diaduk secara terus-menerus. Lempok yang matang bisa terlihat ketika adonan sudah mulai mengental.

3. Kue maksuba

Kue maksuba juga bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh khas Palembang. Apalagi, saat ini Anda bisa menjumpai kue maksuba kekinian dengan beragam pilihan topping. Menariknya lagi, kue maksuba yang proses pembuatannya butuh waktu mencapai 3-4 jam juga punya ketahanan tinggi. Saat disimpan di ruangan dengan suhu kamar, kue ini bisa tahan selama 2 minggu. Kalau ditempatkan di lemari es, kue ini bisa tahan 1 bulan.

4. Kue delapan jam

Kue delapan jam yang dulu menjadi sajian spesial untuk para bangsawan juga dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Makanan ini memiliki rasa yang begitu khas dan lembut. Seperti halnya kue maksuba, kue delapan jam juga memiliki tingkat ketahanan tinggi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir makanan ini kedaluarsa.

5. Kue kojo

Kue kojo adalah kue bolu khas Melayu yang menjadi ciri khas dari Kota Palembang. Makanan ini menjadi sajian wajib saat pelaksanaan upacara adat Melayu di Palembang. Selain itu, makanan ini juga menjadi jajanan yang kerap menemani waktu pagi dan sore hari masyarakat Palembang.

Nama kue kojo didapatkan dari kata kemojo yang artinya kamboja. Nama tersebut disematkan pada kue ini karena pada pembuatannya di zaman dulu, kue ini dibentuk mirip dengan bunga kamboja. Kue ini memiliki rasa yang manis, dengan bahan utama dari tepung terigu. Biasanya, kue kojo punya tampilan warna hijau yang berasal dari daun pandan.

6. Kerupuk pecah seribu

Selain kemplang, ada pula jenis kerupuk dengan nama unik yang menjadi ciri khas Kota Palembang. Namanya adalah kerupuk pecah seribu. Seperti halnya kemplang, kerupuk pecah seribu dibuat dengan bahan utama ikan. Hanya saja, ukuran dari kerupuk ini jauh lebih kecil dan tipis dibandingkan kemplang.

Kerupuk ini, sesuai dengan namanya, memiliki tekstur yang kasar. Kerupuk ini biasanya memiliki bentuk seperti mangkok dengan tekstur pecah-pecah dalam jumlah banyak pada permukaan luarnya. Bentuk dan tekstur unik tersebut didapatkan karena saat proses penggorengan, kerupuk ini ditekan pada bagian tengahnya.

7. Ikan salai

Mendengar oleh-oleh bernama ikan salai, Anda pasti akan berasumsi kalau makanan ini memiliki cara pengolahan atau bentuk layaknya sale pisang. Kedua makanan ini punya cara pemrosesan yang berbeda. Sale pisang dibuat dengan cara menjemur pisang. Sementara itu, salai ikan proses pembuatannya dilakukan dengan pengasapan.

Salai ikan dikenal sebagai makanan khas yang berasal dari Muara Enim, Sumatera Selatan. Menurut sejarahnya, proses pengasapan ini dilakukan oleh masyarakat Sumatera Selatan untuk mengawetkan ikan. Dulu, salai ikan hanya dibuat dari ikan baung dan ikan lais. Saat ini, Anda bisa pula menemukan salai ikan yang berasal ikan patin ataupun gabus.

 Berbeda dengan sale pisang yang bisa dimakan secara langsung, ikan salai harus dimasak terlebih dahulu. Anda bisa memilih untuk menggorengnya dan menjadikannya lauk dengan disertai sambal. Selain itu, ikan salai juga cocok kalau olah menjadi gulai salai, sambal ikan salai, pindang ikan salai, sayur salai, dan lain-lain.

8. Pempek

Pempek juga bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh khas Palembang untuk sanak keluarga atau teman di rumah. Pempek Palembang memiliki daya tahan yang begitu lama. Apalagi, banyak pusat oleh-oleh di Palembang yang menyediakan pempek dalam kemasan khusus yang membuat Anda bisa dengan mudah membawanya.

9. Engkak ketan

Engkak ketan merupakan makanan khas Palembang yang memiliki bentuk berlapis seperti halnya kue maksuba. Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan engkak ketan khas Palembang di antaranya adalah, mentega, susu kental manis, tepung ketan, telur bebek, serta gula pasir.

Dalam pembuatannya, engkek ketan juga disertai dengan santan. Hanya saja, santan yang dipakai bukan santan biasa, melainkan santan yang disebut santan glodo. Santan glodo dibuat dengan cara memasak santan hingga muncul minyak. Selanjutnya, proses pemasakan engkek ketan dilakukan dengan pemanggangan sampai matang.

10. Kain songket khas Palembang

Selain makanan, Anda juga dapat mencoba membawakan oleh-oleh khas berupa kain songket Palembang. Kain songket merupakan jenis kain tradisional yang menjadi ciri khas masyarakat Melayu. Proses pembuatan kain ini memakai alat tenun tradisional, dengan menggunakan bahan dari kain emas atau perak.

Menurut sejarahnya, kain songket adalah salah satu peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya. Hal ini terlihat dari penggunaan warna merah serta kuning emas yang merupakan representasi kejayaan Kerajaan Sriwijaya pada masa lalu. Di pasaran, Anda bisa menemukan kain tenun yang menggunakan 22 motif asli yang diturunkan secara turun-temurun serta 71 motif kontemporer.

Keberadaan kain songket khas Palembang juga menjadi bukti bahwa perdagangan masyarakat Palembang di masa lalu sudah begitu maju. Apalagi, benang yang digunakan untuk pembuatan kain ini adalah benang sutera yang didatangkan secara khusus dari Tiongkok. Pemakaian kain songket juga tidak sembarangan, hanya pada acara kesultanan, festival, pernikahan, atau penyambutan tokoh penting.

11. Sajadah lihab

Kota Palembang juga memiliki oleh-oleh khas berupa sajadah lihab. Sajadah lihab ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan kasur tipis yang biasa digunakan bersantai. Hanya saja, sajadah ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan kasur dan terdapat pola khas Palembang di atas permukaannya. Beribadah menggunakan sajadah ini juga terasa lebih nyaman dan empuk.

12. Sambal lingkung

Sambal lingkung dari Palembang ini bisa dibilang merupakan sambal yang unik. Meski memiliki sebutan sambal, ternyata sambal lingkung tidak memiliki rasa yang pedas. Sambal lingkung khas Palembang dibuat dengan campuran antara parutan kelapa dengan ikan. Jenis ikan yang kerap digunakan untuk pembuatan sambal lingkung adalah ikan gabus.

Sambal lingkung juga menjadi oleh-oleh khas Palembang yang bisa tahan begitu lama. Konon, keberadaan sambal lingkung tidak lepas dari kondisi sulit yang dihadapi masyarakat Palembang pada zaman penjajahan Belanda. Mereka membuat sambal lingkung agar bisa memperoleh lauk yang awet.

13. Bolu suri

Di Medan, Anda bisa menemukan makanan khas yang disebut bika ambon. Palembang juga memiliki jajanan serupa yang disebut dengan kue bolu suri. Dibandingkan dengan bika ambon, cara pembuatan kue bolu suri jauh lebih mudah, dengan bahan yang sederhana. Hanya saja, kue ini memiliki tingkat ketahanan yang tidak terlalu lama, sekitar 2 sampai 3 hari.

Daftar Mall di Palembang

Kota Palembang juga memiliki deretan pusat perbelanjaan yang begitu banyak. Apalagi, Palembang merupakan kota terbesar kedua setelah Medan di Sumatera. Berikut ini adalah deretan mal yang bisa Anda kunjungi saat berada di Palembang:

  • Palembang Indah Mall (PIM)

Alamat: Jl. Letkol Iskandar Nomor 18, 14 Ilir, Bukit Kecil, Palembang.

  • OPI Mall

Jl. Gubernur H. A Bastari, Jakabaring, Palembang.

  • International Plaza

Alamat: Jl. Jendral Sudirman Nomor 147, Palembang.

  • Palembang Square

Alamat: Jl. Angkatan 45, Palembang.

  • Palembang Trade Center (PTC)

Alamat: Jl. R. Sukamto, Palembang.

  • Lippo Plaza Jakabaring

Alamat: Jl. Gubernur H. A. Bastari, 15 Ulu, Palembang.

  • Palembang Icon Mall

Alamat: Jl. POM IX, Palembang.

  • Lotte Mart Wholesale Palembang

Alamat: Jl. R. Sukamto, Patal Pusri, Palembang.

  • Giant Hypermart Palembang

Alamat: Jl. MP Mangkunegara, Desa 8 Ilir, Palembang.

Tempat Jajanan Murah di Palembang

Untuk mencari makanan murah serta beragam jenis jajanan khas Palembang juga tidak terlalu sulit. Anda dapat menuju ke berbagai pusat perbelanjaan, seperti:

1. Pasar Cinde

Pasar Cinde menjadi persinggahan pertama yang bisa Anda kunjungi untuk berburu jajanan murah khas Palembang. Pasar tradisional ini tengah menjalani renovasi yang menurut rencana bakal selesai pada Bulan Desember 2019. Meski begitu, Anda tetap bisa menjumpai deretan pedagang yang menawarkan dagangannya di area depan pasar.

Pasar Cinde menjadi pasar yang menyediakan beragam jenis barang. Di sini, Anda berkesempatan untuk berburu oleh-oleh serta kuliner khas Palembang dengan beragam pilihan. Biar aktivitas belanja tidak terlalu memberatkan, pastikan untuk menawar terlebih dulu. Apalagi, pedagang di Pasar Cinde menawarkan harganya mulai dari banderol murah hingga jutaan rupiah.

Untuk menuju lokasi Pasar Cinde juga begitu mudah. Lokasi pasar ini berada di tengah Kota Palembang, tepatnya di alamat Jl. Jenderal Sudirman Nomor 80a, 24 Ilir, Bukit Kecil. Anda dapat berkunjung ke pasar ini mulai dari pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Pilihan transportasi yang bisa dipakai juga beragam, termasuk di antaranya adalah ojek online.

2. Pasar 26 Ilir

Kalau Pasar Cinde merupakan pasar yang menjual beragam jenis barang, maka Pasar 26 Ilir menjadi pusat kuliner khas Palembang. Bahkan, Pasar 26 Ilir ini secara khusus dikenal sebagai sentra pempek. Anda bakal menemukan begitu banyak penjual pempek khas Palembang di pasar tradisional ini.

Dari sekian banyak warung pempek di Pasar 26 Ilir, Pempek Lala menjadi kedai yang begitu populer. Saat menuju ke warung ini, tak heran kalau Anda akan menemukan antrean pengunjung yang begitu panjang. Harga pempek di Pempek Lala juga begitu murah, berkisar antara Rp1.000 sampai Rp1.500.

Selain pempek, Anda juga bisa mencoba untuk berburu es kacang merah di Pasar 26 Ilir. Tampilan es kacang merah sebenarnya tak jauh berbeda dibandingkan dengan es campur. Namun, Anda hanya akan menjumpai isian pada es ini berupa kacang merah yang kemudian dicampur dengan susu kental manis dan sirup.

Tidak ketinggalan, Anda juga dapat mencoba untuk mencicipi mi celor di Pasar 26 Ilir. Apalagi, Mi Celor 26 Ilir yang legendaris bisa Anda temukan di pasar ini. Mi dengan rasa yang gurih dan kerap disertai potongan telur rebus dan suwiran ayam di atasnya ini, bisa Anda temukan dengan banderol murah meriah, hanya Rp15 ribu per porsi.

3. Pempek Candy

Jajanan murah khas Palembang juga bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke outlet Pempek Candy yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman Nomor 21, Palembang. Di sini, Anda dapat menjumpai beragam jenis pempek yang enak, mulai dari pempek lenjer panjang, pempek kapal selam, hingga pempek kulit.

4. Lorong Basah Night Culinary

Lorong Basah Night Culinary (LBNC) menjadi destinasi pusat kuliner terbaru yang bisa Anda temukan di Palembang. LBNC ini berdiri sejak perhelatan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang beberapa waktu lalu. Meski perhelatan Asian Games sudah usai, LBNC masih tetap bisa dikunjungi wisatawan. Hanya saja, pusat kuliner ini hanya buka pada akhir pekan.

Di sini, Anda dapat menemukan deretan kuliner khas Palembang dengan begitu komplet. Anda bisa menjumpai para pedagang makanan ataupun minuman di pusat kuliner yang berlokasi di kawasan Pasar 16 Ilir ini. Sebagai tambahan, sentra kuliner ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, termasuk di antaranya adalah area parkir dan akses internet WiFi.

Tradisi dan Event Tahunan di Palembang

Masyarakat Kota Palembang dengan budayanya yang kental juga memiliki berbagai tradisi serta event tahunan yang menarik untuk disaksikan, di antaranya:

1. Bekarang iwak

Bekarang iwak merupakan tradisi tahunan yang diadakan oleh masyarakat Kelurahan Pulokerto, Palembang. Pada acara ini, masyarakat Pulokerto akan beramai-ramai menangkap ikan yang ada di Sungai Lacak. Selanjutnya, ikan hasil tangkapan akan dijual dan digunakan untuk keperluan warga. 

2. Festival Perahu Hias

Tradisi serta event tahunan berikutnya yang rutin diselenggarakan masyarakat Palembang adalah Festival Perahu Hias. Pelaksanaan Festival Perahu Hias biasanya dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI setiap 17 Agustus. Pada momen ini, Anda bisa menyaksikan puluhan kapal milik warga yang tampil dengan beragam hiasan cantik dan menarik.

3. Lomba Perahu Bidar

Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk menyaksikan lomba perahu bidar saat berkunjung ke Palembang. Ada berbagai momen yang kerap digunakan sebagai waktu pelaksanaan lomba perahu bidar, termasuk di antaranya adalah Perayaan Sumpah Pemuda dan Hari Kemerdekaan.

Dalam lomba ini, para peserta akan menggunakan perahu bidar, yakni perahu kayu yang digerakkan dengan dayung. Ada beberapa jenis perahu bidar yang biasa digunakan, mulai dari perahu bidar kecik dengan kapasitas 11 orang, bidar becalangan dengan daya angkut sebanyak 35 orang, hingga ada pula perahu bidar dengan kapasitas mencapai 50 orang.

Menyaksikan perlombaan ini, Anda bakal teringat dengan lomba perahu naga yang sudah begitu populer. Menariknya, perlombaan ini merupakan tradisi yang sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Oleh karena itu, tak heran kalau setiap perhelatan lomba perahu bidar di Sungai Musi, selalu ramai oleh penonton.

Hotel di Palembang

Saat berkunjung ke kota Palembang tentunya jarang sekali untuk pulang kembali ke kota asal di hari itu juga. Apalagi jika anda berasal dari kota yang jauh dari Palembang, pastinya Anda akan butuh penginapan untuk menginap selama berada di kota Palembang. Namun, jangan takut tidak menemukan hotel, penginapan atau rumah singgah (guest house) ketika berkunjung ke Palembang. Jika anda yang berasal dari luar Palembang lalu ingin menghadiri suatu acara atau sekedar berkunjung ke sanak saudara di Palembang dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan.

Anda tak perlu bingung karena ada banyak penginapan atau hotel di Palembang yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Jika anda seorang budget travel, anda juga dapat dengan mudah menemukan hotel murah di Palembang. Harga yang ditawarkan pun mulai 100 ribuan. Fasilitas yang ditawarkan hotel tersebut juga cukup untuk membuat tidur anda nyaman. Hotel lainnya pun ada dan tersedia untuk anda yang ingin fasilitas lebih banyak, namun ada harga yang harus dibayarkan untuk fasilitas tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis hotel di Palembang yang ada di Airy yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap saat sedang berkunjung ke kota Palembang, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman. Fasilitas tersebut seperti wifi gratis, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, tv dan air conditioner (AC). Tentu hotel jenis ini cocok untuk para Backpacker dengan budget terbatas yang hanya butuh tempat untuk tidur. Harga untuk hotel eco di Palembang mulai dari 100 ribuan anda dapat temukan dengan mudah.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang cukup, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel di Palembang dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco. Fasilitas tambahan dapat berupa air panas untuk mandi hingga sarapan pagi gratis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata untuk lebih lama di hotel atau staycation saat berkunjung ke kota Palembang. Selain itu, sangat cocok untuk perjalanan bisnis anda ketika harus bertemu klien ke kota Palembang ini. Anda dapat menikmati malam sambil menyiapkan presentasi atau menyelesaikan pekerjaan saat disaat harus keluar kota di dalam hotel.

Kelas Premier

Kelas yang terakhir adalah kelas Premier atau kelas yang paling high class di Airy. Ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier ini menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini. Cocok sekali untuk yang sedang honeymoon dan lebih banyak berdiam di hotel. Hotel ini banyak ditemukan di Kota besar seperti Palembang.

Tips Memilih Hotel di Palembang

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Daeng (sebutan kota Palembang), tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Anda akan butuh hotel atau penginapan karena mungkin tidak cukup untuk sehari menjelajahi kota Palembang jika anda berasal dari luar kota Palembang. Sebelum anda booking hotel di Palembang, berikut tips yang bisa anda lakukan.

Sesuaikan dengan Budget Anda

Budget mungkin menjadi salah satu faktor yang paling sering diperhatikan wisatawan sebelum booking hotel. Jika anda salah satunya maka sangat perlu untuk menyesuaikan budget yang anda punya sebelum booking hotel online. Sebelumnya telah dibahas macam-macam jenis hotel yang ada di kota Palembang. Anda bisa menyesuaikan kelas tersebut dengan budget anda. Sebaiknya tidak memaksakan untuk booking hotel dengan harga yang melampaui budget anda.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya anda perhatikan lokasi hotel di kota Palembang ini. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Palembang. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Palembang seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian. Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Palembang atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Palembang.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel Palembang. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Palembang anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel di Palembang akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian untuk booking hotel Palembang secara online juga lebih banyak yang menyediakan. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan OTA lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Palembang.

Rekomendasi Hotel Murah di Palembang

Sebagai jaringan hotel murah terbesar di Indonesia, Anda bisa menemukan hotel terdekat di Palembang yang ditawarkan oleh Airy. Penginapan Airy tidak hanya menyediakan sarana penginapan yang murah meriah. Anda juga akan menemukan tempat bermalam yang begitu nyaman.

Dalam menjalankan usahanya, Airy menetapkan jaminan 7 fasilitas kenyamanan untuk para tamunya. Tujuh fasilitas kenyamanan tersebut di antaranya adalah, kamar dengan tempat tidur yang selalu bersih, akses internet WiFi, TV layar datar, kamar mandi dengan air panas, perlengkapan mandi, air minum gratis, serta kamar dengan fasilitas pendingin AC.

Hotel terdekat di Palembang yang bergabung dengan Airy juga begitu banyak. Beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan di antaranya adalah:

1. Airy Premier Sei Pangeran Jendral Sudirman 153 Palembang

Hotel Airy yang satu ini menyediakan kamar dengan kelas premium dari Airy. Di sini, Anda tidak hanya menemukan jaminan 7 fasilitas kenyamanan. Pihak hotel juga menawarkan beberapa kelebihan yang tak dimiliki oleh hotel murah lainnya di Palembang.

Hotel ini menyediakan fasilitas kolam renang yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Keberadaan fasilitas rapat juga memungkinkan Anda untuk bisa memilih hotel Airy Palembang ini sebagai tempat menginap saat melakukan perjalanan bisnis. Sebagai tambahan, hotel ini punya lokasi strategis dekat dengan Jembatan Ampera serta Masjid Agung Palembang.

2. Airy Rua Soekamto Patal Ionia A9 Palembang

Hotel Airy Rua Soekamto Patal Ionia A9 menawarkan fasilitas hotel terdekat di Palembang yang memberikan akses begitu mudah ke berbagai fasilitas publik. Hotel ini berjarak sangat dekat dengan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, hanya sekitar 9,4 km. Selain itu, jarak yang memisahkan antara hotel dengan Masjid Agung Palembang serta Jembatan Ampera juga begitu dekat, kurang lebih 4 km.

3. Airy Ilir Barat Satu Swakarkaya Satu 20 Palembang

Hotel terdekat di Palembang yang satu ini menyediakan sarana menginap dengan tarif berkisar di angka Rp100 ribuan per malam. Fasilitas yang tersedia di Airy Ilir Barat Satu juga cukup lengkap. Hotel ini tak hanya memiliki jaminan 7 fasilitas kenyamanan, tetapi ada pula sarana tambahan berupa area merokok, meja, serta TV kabel.

4. Airy International Plaza Kolonel Atmo 16 Palembang

Airy International Plaza Kolonel Atmo 16 menjadi pilihan hotel terdekat di Palembang milik Airy yang menyediakan fasilitas premium. Hotel murah di Palembang ini menyediakan fasilitas tambahan berupa lift, restoran, area merokok, meja, serta fasilitas rapat. Menariknya lagi, hotel dengan tarif Rp400 ribuan per malam ini berjarak hanya ratusan meter dari Jembatan Ampera.

5. Airy IBA Mayor Ruslan 2012 Palembang

Hotel Airy IBA Mayor Ruslan dapat menjadi pertimbangan hotel terdekat di Palembang selanjutnya. Penginapan ini menawarkan lokasi bermalam nyaman dengan tarif yang begitu murah. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya berkisar di angka Rp140 ribuan per malam untuk menginap di hotel ini.

Fasilitas nyaman menjadi jaminan yang bisa Anda peroleh saat menginap di hotel terdekat di Palembang ini. Anda juta tidak akan terlalu bingung mencari sarapan saat menginap di sini. Pihak hotel punya fasilitas restoran dengan beragam menu yang mereka tawarkan. Tak ketinggalan, hotel ini juga punya layanan TV kabel di setiap kamarnya.

Itulah rekomendasi hotel murah di Palembang yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Palembang ini. Tentunya hotel-hotel murah Palembang bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Palembang ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.