Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
December 2018
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

10 Hotel Di Palu

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
 
Full Book
Kamar penuh

Airy Indonesia
 
Full Book
Kamar penuh

Airy Indonesia
 
Full Book
Kamar penuh

Airy Indonesia
 
Full Book
Kamar penuh

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Palu

Palu merupakan sebuah kota sekaligus ibukota provinsi Sulawesi Tengah. Kota dengan luas 395,1 km persegi ini berbatasan dengan Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Moutong. Kota ini memiliki kenampakan alam yang berbeda – beda yakni berupa lautan, lembah, sungai, teluk, dan pegunungan.

Masyarakat di Kota Palu sangat heterogen karena penduduk di sana berasal dari berbagai suku bangsa seperti Toraja, Bugis, Mandar, Gorontalo, Jawa Tionghoa, Arab, Manado, dan Kaili yang merupakan suku asli dan terbesar di provinsi Sulawesi Tengah. Palu juga menjadi kota kawasan ekonomi khusus di Indonesia timur. Sebagai kawasan ekonomi khusus, Palu telah menyiapkan lahan seluas 1520 hektar di Palu Utara di mana kawasan tersebut akan dibagi menjadi kawasan industri, perumahan, pendidikan dan penelitian, kaawasan komersial, daerah olahraga, kawasan taman, perkebunan, dan pergudangan.

Asal Usul Kota Palu

Nama kota Palu berasal dari kata Topalu’e yang berarti tanah yang terangkat. Daerah tersebut awalnya berupa lautan. Namun karena pergeseran lempeng palu koro, daerah perairan tersebut terangkat dan membentuk lembah yang saat ini dikenal sebagai kota Palu. Kota ini pada awalnya adalah pusat pemerintahan Kerajaan Palu. Kerajaan ini pada masa penjajahan Belanda menjadi bagian wilayah kekuasan Belanda. Pada Perang Dunia II, kota Donggala dihancurkan oleh Sekutu dan Jepang sehingga pusat pemerintahan dipindahkan ke Palu pada 1950. Kota Palu saat itu berperan sebagai Kepala Pemerintahan Negeri dan kemudian berkembang setelah terbentuk Residen Koorinator Sulawesi Tengah yang menjadikan Palu sebagai ibukota.

Berdasarkan UU No. 13 Th. 1964, status kota ini ditingkatkan menjadi ibukota provinsi daerah tingkat 1 Sulawesi Tengah. Pada 1978, kota ini ditetapkan sebagai kota administrative. Selanjutnya status kota ini ditingkatkan menjadi Kotamadya Palu.

Cara ke Palu

Melalu Jalur Udara

Bagi Anda yang menggunakan jalur udara, anda dapat mencari penerbangan dengan tujuan Bandara Internasional Mutiara SIS Aljufri. Bandara ini berada di Jalan Abd, Rahman Saleh, Palu Selatan. Jika anda berasal dari Jakarta Maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta – Palu antara lain Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink, dan Garuda Indonesia. Untuk menuju pusat kota, satu-satunya transportasi yang bisa anda gunakan adalah taksi bandara dengan tarif sekitar Rp 40.000.

Melalui Jalur Darat

Bagi pengguna jalur darat, Anda dapat melewati jalur Trans Sulawesi. Bagi yang menggunakan bus dapat berhenti di Terminal Mamboro di Palu Utara. Akan lebih baik jika menggunakan mobil pribadi. Namun jika menggunakan transportasi umum, anda dapat menggunakan Liman dari Makassar dengan harga sekitar Rp 250.000/orang atau Harvest dari Manado dengan harga sekitar Rp 400.000. Anda juga dapat menemukan biro travel yang menyediakan angkutan dengan tipe L 300.

Melalui Jalur Laut

Jalur laut yang menuju ke Palu dilayani dari Balikpapan dengan menggunakan kapal Ferry. Kapal tersebut akan berlabuh di Pelabuhan Pantoloan. Anda juga dapat berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Kapal Motor yang melayani perjalanan laut menuju Palu seperti KM Kambuna (rute: Padang – Jakarta – Bitung), KM Kerinci (rute: Dumai – Jakarta – Nunukan), KM Nggapulu (rute: Jakarta – Jayapura), KM Umsini (Jakarta – Palu).

Transportasi di Palu

Pilihan moda transportasi di Palu sudah cukup beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat maupun wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi.

  • Angkutan Kota, Terdapat banyak angkot di kota Palu ini. Tercatat sekitar 800 angkot beroperasi di kota ini. Angkot di Palu lebih sering disebut taksi. Uniknya, walaupun setiap angkot sudah memiliki trayek masing-masing, tak jarang supir bisa mengantarkan penumpangnya ke tujuan. Tarif nya sekitar Rp 4000.
  • Bus, Bus di Palu biasanya untuk angkutan antar provinsi. Anda dapat menemukan perusahaan operator bus seperti PO Harvest, PO Cahaya Bone, PO Andaria, PO Liman. Terdapat 3 terminal utama di Palu yaitu Mamboro, Petobo,Tipo.
  • Taksi, di kota Palu sudah terdapat transportasi modern seperti Taksi ini. Biasanya terdapat di tempat-tempat strategis seperti bandara, tempat wisata, hotel, penginapan. Untuk membedakan dengan taksi angkot, masyarakat biasanya menyebutnya dengan "argo" karena tarif yang disesuaikan dengan mesin argometer.
  • Ojek, tentunya transportasi ini tersedia dimana-mana. Tarif yang perlu anda bayar sesuai dengan jarak dan kesepakatan dengan driver. Salah satu alternatif jika anda ingin lebih cepat sampai tujuan.
  • Dokar, Dokar adalah alat transportasi tradisional masyarakat Sulawesi Tengah. Saat ini, dokar hanya beroperasi di beberapa lokasi di kota Palu, khususnya di Palu Barat. Dokar adalah sarana transportasi yang biasanya digunakan oleh para wanita yang berbelanja ke pasar-pasar tradisional.
  • Tempat Wisata di Palu

    Dengan kondisi geografis yang beragam, Palu menawarkan banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata belanja dapat Anda jumpai ketika berada di kota ini.

    Danau Poso

    Danau terbesar ketiga di Indonesia ini memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km. Danau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan pasir putih di tepi danau. Lokasi danau ini berada di Kecamatan Pamona Utara, Tentena. Di danau ini terdapat ikan sugili yang sudah hampir punah. Ada pula kumpulan batu besar yang muncul dari danau. Di sekitar danau ini terdapat beberapa gua yang unik dan indah.

    Danau Sibili

    Ini merupakan tempat wisata yang selalu menarik minat masyarakat karena memiliki pemandangan alam yang mempesona. Lokasinya berjarak sekitar 24 km dari pusat kota Palu tepatnya di Kelurahan Pantoloan, Tawaeli. Para pengunjung di danau ini dapat bersantai sambil menikmati keindahan panorama alam Danau Sibili yang masih asri sambil memancing atau naik perahu tradisional yang disewakan di sekitar danau.

    Masjid Apung Argam Bab Al Rahman

    Masjid apung ini memiliki luas kurang lebih 121 meter persegi dan banyak diminati sebagai destinasi wisata religi. Masjid dengan empat menara di sudut – sudutnya ini seolah terlihat terapung di atas laut karena posisinya yang agak menjorok ke arah laut sekitar 30 meter.

    Kawasan Wisata Sis Al Jufrie

    Selain Masjid apung, objek wisata religi lainnya di Kota Palu adalah Sis Al Jufrie di Kelurahan Boyaoge dan Kamonji. Ini adalah makam pendiri Al Khairaat, Masjid Nur Sa’dah, dan Nurul Al Khairaat yakni Idrus Bin Salim Al Jufrie atau akrab dipanggil Sis Al Jufrie.

    Museum Sulawesi Tengah

    Ini merupakan museum terbesar di Sulawesi Tengah. Di sana terdapat berbagai macam replika baju adat dari berbagai kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah. Daya tarik lain dari museum ini adalah keberadaan Batu Megalith berbentuk manusia hasl karya nenek moyang Suku Kaili dari Lembah Napu.

    Pantai Talise

    Pantai yang berjarak sekitar 2 km dari kota Palu ini berada di Palu Timur. Panoramanya sangat indah dengan pasir putih bersih yang menghampar di tepi pantai. Di sana, para pengunjung bisa berenang, berjemur matahari, bermain pasair, ski air, memancing, jet ski, dan selancar angin.

    Pantai Taman Ria

    Pantai yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan ini menawarkan panorama pantai yang mempesona. Pengunjung di sana dapat menikmati panorama sunset yang indah di atas cakrawala senja.

    Pantai Tanjung Karang Donggala

    Pantai ini dapat ditempuh dari pusat kota Palu hanya dengan perjalanan selama 1 jam. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih yang lembut dan bersih dengan air laut yang tenang dan bersih. Pengunjung di sana dapat melakukan kegiatan berjemur matahari, berenang, site diving, dan snorkeling.

    Taman Nasional Lore Lindu

    Taman nasional ini menyimpan flora dan fauna endemik Sulawesi dengan panorama alam yang indah. Pengunjung dapat melihat fauna endemik Sulawesi seperti babirusa, anoa, kera hantu, rusa, kera kakaktonkea, marsupial, kukus, dan Musang Sulawesi. Di kawasan ini juga terdapat Penangkaran Burung Maleo dan Batu Megalith yang usianya sudah ribuan tahun.

    Sinkhole Presentasi Donggala

    Tempat wisata ini berupa lubang kolam raksasa berisi air laut. Di sana konon terdapat terowongaan yang menghubungkan lubang kolam dengan perairan laut Palu. Pengunjung yang datang ke sana biasanya menguji nyali dengan melompat dari atas kolam untuk merasakan kesegaran air kolam yang jernih.

    Kuliner Khas Palu

    Selain memiliki berbagai destinasi wisata yang menakjubkan dan indah, kota ini juga memiliki aneka kuliner khas yang lezat dan tidak boleh terlewatkan untuk dicicipi.

  • Kaledo, Sajian kuliner tradisional ini berupa sup kaki lembu dengan citarasa gurih dan tekstur yang empuk. Bahan utama masakan ini adalah tulang kaki sapi, daging sapi, dan bumbu khas To Kaili.
  • Uta Kelo, Ini adalah masakan yang terbuat dari bahan dasar daun kelor yang dimasak dengan santan dan dibumbui agak pedas. Biasanya masakan ini dicampur dengan udang kering atau teri. Sayur kelor merupakan simbol bagi suku Kaili sehingga wajib untuk dicoba.
  • Dua Sole, Makanan khas kota Palu ini terbuat dari bahan dasar teri yang digoreng dan dicampur sambal. Teri tersebut memiliki citarasa gurih, asin, dan pedas karena dicampur dengan sambal.
  • Palumara Khas Bali, Ini merupakan sajian berupa sop ikan khas Palu. Sajian ini memiliki kuah dengan citarasa asam dan pedas. Buah asam muda menjadi bumbu utamanya yang memberikan rasa asam sedangkan rasa pedasnya berasal dari cabe keriting.
  • Labia Dange, Kuliner ini banyak dijumpai di Taman Ria dan banyak dijajakan oleh kaum ibu bersama dengan tungku dan wajan mereka. Labia dange merupakan makanan olahan dari bahan dasar sagu dan memiliki citarasa yang khas. Sagu dange dapat diolah dengan ikan atau gula merah.
  • Kapurung khas Palu, Makanan ini terbuat dari bahan dasar sagu yang diolah dengan cara mengaduk sagu di dalam air panas sampai kental. Kapurung biasanya disajikan bersama sayur rebus, kaldu ikan, irisan tomat, udang rebus, dan cacahan buah mangga.
  • Wempoy, Makanan khas Palu ini sekilas mirip dengan sayur asam. Tetapi bahan dasar yang digunakan adalah okra, potongan labu siam, dan jantung pisang.
  • Nasi Jagung, Nasi jagung khas pare terbuat dari jagung tua yang dikeringkan dan ditumbuk kasar. Beras jagung tersebut kemudian dicampur beras padi dan dimasak dengan kukusan bambu.

    Oleh-oleh Khas Palu

  • Bawang Goreng Palu, Bawang goreng ini memiliki ciri khas aroma dan rasa yang lebih gurih dengan irisan bawang yang renyah. Bawang goreng ini bisa tahan hingga setahun. Bawang goreng ini terbuat dari bawang batu yang banyak ditanam di lembah kota Palu.
  • Banua Cokelat, Bagi para penggemar cokelat, oleh – oleh yang satu ini wajib dicoba. Cokelat ini terbuat dari biji kakao yang telah difermentasi. Biji coklat tersebut merupakan hasil panen dari Sulawesi Tengah yang diolah secara khusus sehingga menghasilkan cokelat dengan citarasa yang unik.
  • Sambal Ikan Roa, Ini adalah salah satu jenis sambal khas Sulawesi yang wajib dicoba. Bahan utama sambal ini adalah daging ikan roa yang telah dihaluskan sehingga menghasilkan rasa yang menggugah selera bagi penggemar makanan pedas.

    Daftar Mall di Palu

  • Palu Grand Mall, Mall ini didirikan pada tahun 2012 silam dan terletak di Jalan Diponegoro, Lere, Palu Barat. Ini adalah mall terbesar di Sulawesi Tengah.
  • Palu Plaza, Pusat perbelanjaan yang menyediakan beragam kebutuhan ini terletak di Jalan Sis Aljufri, Blok IV, Siranindi, Palu.
  • Palu Mitra Utama (PMU), Ini adalah shopping mall yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Palu. Lokasinya berada di Jalan Wolter Monginsidi Nomor 33, Lolu Utara, Palu Selatan.
  • Mall Tatura, Ini adalah pusat perbelanjaan terbesar di Palu sebelum kehadiran Palu Grand Mall. Mall yang didirikan tahun 2006 ini memiliki 4 lantai dan terletak di Jalan Emy Saelan, Lolu Selatan.
  • Bumi Nyiur Swalayan, Ini adalah pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Letjen S. Parman Nomor 44, Besusu Tengah, Palu Timur.
  • Transmart Carefour Palu, Lokasinya berada di Jalan Mohammad Hatta Nomor 2, Palu Selatan, Lolu Utara, Palu.

    Event Terkenal di Palu

  • Festival Palu Nomoni, Festival ini rutin digelar setiap bulan September. Festival ini mempertunjukkan ritual adat, pameran foto, gelar kerajinan tradisional, dan kuliner tradisional Kaili.
  • Festival Raudha Palu, Ini adalah festival bernuansa Islami dan menjadi program rutin Pemkot Palu bekerjasama dengan Pengurus Besar Alkhairaat.
  • Festival Lebaran Mandura, Festival ini dilakukan setiap tanggal 7 Syawal dan dselenggarakan di Masjid Jami Kampung Baru. Dalam festival tersebut disajikan makanan berupa mandura. Tradisi Mandura sudah diaksanakan sejak abad ke-18 hingga saat ini.

    Hotel di Palu

    Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Palu. Jika anda yang berasal dari luar Palu lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Palu dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Palu ini yaitu sebagai berikut:

    Kelas Eco

    Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

    Kelas Standard

    Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

    Kelas Premier

    Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

    Rekomendasi Hotel Murah di Palu

    Setelah anda mengunjungi berbagai tempat wisata di kota Palu seharian, mungkin diantara anda perlu hotel atau penginapan untuk menginap dan melanjutkan perjalanan wisata esok harinya. Nah, Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Palu.

    • Airy Tatura Emmy Saelan 33 Palu, pilihan untuk anda menikmati kelas Standard kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jalan Emmy Saelan No.33. Hotel ini dekat sekali dengan bandara, hanya sekitar 4km. Urusan kuliner anda dapat menikmati makanan di Toragila Cafe, Dunia Baru, Bakmi Naga Resto Palu, Rumah Makan Padang, Warung Idaman Mama Jena. Anda dapat booking hotel ini mulai dari 300 ribuan. Tentunya harga tersebut terjangkau untuk anda dengan fasilitas yang lengkap.

    Itulah rekomendasi hotel murah di Palu yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Palu ini. Tentunya hotel-hotel murah bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Palu ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.