Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
December 2018
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

1 Hotel Di Pangkal Pinang

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Pangkal Pinang

Keunikan Indonesia terlihat dari banyak aspek baik itu aspek budaya, kuliner, tempat wisata maupun aspek – aspek lain yang membuat suatu kota terasa sangat layak untuk dijadikan sebagai salah satu daerah tujuan wisata. Di Indonesia sendiri tentunya terdiri dari ratusan kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu kota di Indonesia yang akan dibahas kali ini adalah Pangkal Pinang. Berikut ini adalah penjelasannya.

Asal – usul Pangkal Pinang

Sejarah memang selalu menarik untuk dibahas, termasuk dengan asal usul Pangkal Pinang ini. Pangkal Pinang ini berasal dari dua kata yaitu : Pangkal yang berarti pusat, Pinang pohon sejenis palem yang bisa tumbuh diberbagai beberapa negara dan di semua tempat serta merupakan pohon yang memiliki multifungsi. Sehingga secara garis besar, Pangkal Pinang diharapkan menjadi pusat kota yang bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. dan memang sepanjang sejarah, Pangkal Pinang ini memang memegang peran dan sejarah yang menjadi saksi perjalanan dan perkembangan Bangka Belitung.

Cara Menuju Kota Pangkal Pinang

Cara akses menuju ke Pangkal Pinang sangatlah mudah baik melalui jalur udara maupun laut, berikut penjelasannya.

Melalu Jalur Udara

Saat ini terdapat beberapa jenis maskapai yang melayani penerbangan menuju Pangkal Pinang yaitu menuju 2 bandara yaitu : Bandara HAS Hanandjoeddin di Tanjung Pandan dan Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang. Serta dapat diakses dari beberapa kota di Indonesia seperti Medan, Batam, Palembang, Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Denpasar. Untuk tarifnya bisa naik turun namun dimulai dari 300 ribuan.

Melalu Jalur Laut

Sedangkan untuk jalur laut menuju Pangkal Pinang, anda bisa menggunakan KM Bahari Express yang hanya beroperasi dua kali setiap harinya pada pukul 2 siang menuju Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkal Pinang serta bisa ditempuh dengan waktu sekitar 4 – 5 jam perjalanan. Untuk harga tiket kapalnya bervariasi tergantung dengan jenis kelas yang anda gunakan, yaitu kelas ekonomi, eksekutif maupun VIP. Namun harganya berkisar antara 150 sampai dengan 200 ribuan.

Transportasi Di Pangkal Pinang

Anda tak perlu khawatir mengenai transportasi karena untuk menuju Pangkal Pinang ini anda bisa menggunakan beberapa alternatif transportasi baik itu menggunakan pesawat kapal. Akses akan semakin mudah karena kini banyak sekali maskapai penerbangan maupun kapal yang memang beroperasi atau melayani penerbangan menuju Pangkal Pinang.

Tempat Wisata Di Pangkal Pinang

Berbicara mengenai apa yang menarik di Pangkal Pinang, tentu tidak terlepas dari tempat wisatanya. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Pangkal Pinang yang layak untuk dikunjungi.

Kebun Binatang

Selain kebun binatang yang terdapat di Bay Pangkal Pinang, anda juga bisa melihat kumpulan rusa yang terdapat di Taman Kantor PT Timah Tbk. Biasanya taman ini cukup ramai dikunjungi masyarakat ketika sore hari.

Taman Hiburan

Bagi anda yang menginginkan aneka hiburan dalam satu tempat, di Pangkal Pinang terdapat Bay Pangkal Pinang yang menyajikan banyak sekali bagi anda. Seperti mall, water park, outbond area, kebun binatang, resto maupun penginapan.

Wisata Pantai

Karena merupakan kota kepulauan, tak heran jika Pangkal Pinang memiliki banyak sekali wisata pantai. Salah satu pantai yang sayang untuk dilewatkan yaitu Pantai Matras yang memang sudah sangat dikenal sebagai pantai surga di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Di pantai ini anda bisa bersepeda ria karena Pantai Matras ini memiliki hamparan pasir putih sepanjang 3km dengan pemandangan yang sangat menarik tentunya. Air pantai yang begitu jernih ditambah dengan pepohonan kelapa di sekitar pantai akan akan semakin menambah keindahannya.

Wisata Alam

Selain wisata pantai, Pangkal Pinang juga memiliki wisata yang berkaitan dengan alam lainnya yaitu Bangka Botanical Garden. Taman ini merupakan salah satu wujud pemerintah dalam mengembangkan holtikultura yang mana di dalam taman ini anda bisa melihat berbagai bibit pakan ternak. Yang menarik dari tempat ini adalah dimana Bangka Botanical Garden terletak di atas tanah yang dulunya merupakan bekas perusahaan timah serta lahan gambut sehingga menyebabkan tanah di area ini menjadi lokasi yang tepat untuk ditanami rumput untukpakan ternak, sebagai area peternakan maupun pertambakan.

Museum

Pangkal Pinang yaitu ibu kota Kepulauan Bangka Belitung yang terkenal dengan penghasil timah. Salah satu museum yang bisa memberikan informasi lengkap mengenai pertambangan di Bangka Belitung baik itu mengenai sejarah pertambangan timah maupun tentang proses pengolahan timah yaitu Museum Timah. Museum ini ternyata adalah satu – satunya museum timah yang ada di Indonesia maupun asia. Disini anda bisa mengenal proses tambang timah serta bagaimana cara mengolahnya secara tradisional yang disajikan ke dalam bentuk foto maupun dokumen.

Kuliner Favorit Di Pangkal Pinang

Selain obyek wisatanya, faktor lain yang membuat suatu daerah menjadi layak untuk dikunjungi adalah karena keunikan dan kelezatan kulinernya. Berikut ini merupakan rekomendasi kuliner bagi anda yang berencana untuk mengunjungi Pangkal Pinang.

Makanan Khas Pangkal Pinang

Berkunjung ke Pangkal Pinang tentu belum lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khasnya. Beberapa makanan khas Pangkal Pinang yang wajib anda coba antara lain :

  • Makanan Olahan : dodol ketan, otak – otak
  • Kue : rintak
  • Snack : kemplang, kritcu, getas, pantiaw
  • Mie : koba
  • Minuman : tai fu sui, rusip

    Beberapa yang telah disebutkan di atas hanyalah contoh kecilnya saja karena sebenarnya masih banyak sekali makanan khas Pangkal Pinang yang sayang untuk anda lewatkan terutama aneka masakan lautnya yang disajikan dengan bumbu – bumbu yang tentunya sangat menggugah selera.

    Tempat Nongkrong Populer Di Pangkal Pinang

    Berwisata tentu tidak lepas dari acara nongkrong entah bersama teman, sahabat, pasangan maupun keluarga. Oleh sebab itu, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tempat nongkrong favorit dan populer yang ada di Pangkal Pinang yang wajib anda datangi.

    Mie Koba Iskandar

    Jika anda ingin nongkrong sambil mencicipi makanan khas Pangkal Pinang maka anda wajib bisa mengunjungi Mie Koba Iskandar yang terletak di sekitar Jalan Balai Kota Pangkal Pinang. Menyajikan mie Koba khas Pangkal Pinang yang disuguhkan dengan kuah dan bumbu – bumbu rempah dipadu dengan ikan tengiri yang tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

    Seafood Mr. Asui

    Pangkal Pinang adalah kota kepulauan yang tentunya identik dengan seafoodnya. Jika anda salah satu penggemar seafood, maka ketika berkunjung ke Pangkal Pinang, maka anda bisa mengunjungi Seafood Mr. Asui yang berlokasi di Jalan Kampung Bintang, Pangkal Pinang. Disini anda bisa menemukan berbagai macam olahan makanan laut yang tentunya memiliki cita rasa yang sangat enak. Seafood Mr. Asui ini merupakan tempat makan seafood yang sangat populer di Pangkal Pinang.

    Otak – otak Ase

    Tempat nongkrong lain yang wajib anda kunjungi di Pangkal Pinang lainnya yaitu di Otak – otak Ase yang memang sudah populer di Pangkal Pinang. Disini anda bisa menemukan aneka olahan otak – otak seperti otak –otak kulit, bakar maupun rebus. Untuk masalah harga, tenang saja sangat terjangkau kok.

    Kuliner Malam Populer Di Pangkal Pinang

    Ketika anda tengah berlibur ke Pangkal Pinang dan kelaparan di malam hari, maka anda tak perlu khawatir karena di Jalan Balai pusat kota Pangkal Pinang terdapat area tempat kuliner malam yang menjajakan aneka makanan khas dengan harga terjangkau. Disini anda bisa sepuasnya menikmati aneka jajanan murah meriah sampai dengan tengah malam.

    Restoran Terkenal Di Pangkal Pinang

    Selain aneka jajanan yang murah meriah, Pangkal Pinang juga memiliki beberapa restoran populer yang memang terkenal dengan kelezatan masakannya, antara lain :

  • Seafood Asui
    Sajian : aneka masakan laut dengan paduan bumbu rempah yang lezat.
    Lokasi : Jl. Kampung Bintang, Pangkal Pinang
  • Tan Kasteel Restaurant
    Sajian : aneka dim sum seperti siomay, bakpao taosa dan masih banyak lagi yang dijamin lezat, HALAL dan lain daripada yang lain karena merupakan homemade.
    Lokasi : Jl. Ahmad Yani No.187, Pangkal Pinang
  • Otak – otak Amui
    Sajian : aneka sajian otak – otak yang disajikan dengan aneka pilihan sambal
    Lokasi : Jl. Melintas No.23, Pangkal Pinang
  • Martabak Acau 89
    Sajian : menyediakan martabak dengan aneka toping dengan berbagai varian rasa
    Lokasi : Jl. Mayor Syafrie Rahman, Pangkal Pinang

    Oleh – oleh Khas Pangkal Pinang

    Agenda berwisata tentu tak lengkap rasanya jika belum membeli oleh – oleh khas. Berikut ini merupakan rekomendasi pusat oleh – oleh serta jajanan khas Pangkal Pinang yang bisa anda kunjungi.

    Pusat Oleh – oleh Di Pangkal Pinang

    Ketika anda berlibur ke Pangkal Pinang pasti anda ingin mencari oleh – oleh untuk keluarga bukan? Nah, berikut ini beberapa pusat oleh – oleh populer yang ada di Pangkal Pinang yaitu :

  • My Snack
    Lokasi : Jl. Ahmad Rosidi Hamzah No. 21, Pangkal Pinang
    Menyedikan : menjual aneka snack khas Pangkal Pinang
  • Toko LCK Pangkal Pinang
    Lokasi : Jl. Jenderal Sudirman No.39, Pangkal Pinang
    Menyediakan : menjual aneka makanan dan cindera mata khas Pangkal Pinang
  • Powter TKF
    Lokasi : Jl. Jenderal Sudirman, Pangkal Pinang
    Menyediakan : aneka cinderamata berbahan dasar timah
  • Terasi Sahroni
    Lokasi : Jl. Diponegoro No., Toboali
    Menyediakan : menyediakan terasi udang khas Pangkal Pinang sekaligus melihat proses pembuatannya

    Jajanan Khas Pangkal Pinang

    Pangkal Pinang terkenal dengan berbagai macam jajan khasnya seperti aneka olahan makanan laut, dimsum, snack, mie, otak – otak dan berbagai jenis jajanan khas lain yang bisa anda jumpai di beberapa tempat yang tela direkomendasikan di atas.

    Daftar Mall Di Pangkal Pinang

    Untuk anda yang ingin berbelanja di mall Pangkal Pinang, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya :

  • Bangka Trade Center
    Lokasi : Jl. Jend. Sudirman No, 10, Pangkal Pinang
  • Plaza Pangkal Pinang
    Lokasi : Jl. Pasar Baru, Gerunggung, Girimaya, Pangkal Pinang
  • Puncak Mall
    Lokasi : Jl. Sriwijaya No. 10 F. Gedung Nasional. Taman Sari, Pangkal Pinang

    Event Terkenal Di Pangkal Pinang

    Daerah di Indonesia memang terkenal dengan kebudayaan lokalnya, termasuk juga dengan Pangkal Pinang ini. Disini juga terdapat beberapa event atau tradisi yang tentunya menjadi suguhan menarik bagi wisatawan. Contoh tradisi yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Pangkal Pinang yaitu :

    Peh Cun

    Merupakan tradisi Tionghoa untuk merayakan imlek yang biasanya dilakukan di Pantai Pasir Padi.

    Nganggung

    Merupakan khas masyarakat Pangkal Pinang yang identik dengan membawa makanan yang tertutup tudung saji dan biasanya dilakukan ketika upacara keagaaman Islam yang dilakukan di rumah dinas walikota maupun masjid.

    Hotel di Pangkal Pinang

    Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Pangkal Pinang. Jika anda yang berasal dari luar Pangkal Pinang lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Pangkal Pinang dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Pangkal Pinang ini yaitu sebagai berikut:

    Kelas Eco

    Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

    Kelas Standard

    Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

    Kelas Premier

    Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

    Rekomendasi Hotel Murah di Pangkal Pinang

    Setelah anda mengunjungi berbagai tempat wisata di kota Pangkal Pinang seharian, mungkin diantara anda perlu hotel atau penginapan untuk menginap dan melanjutkan perjalanan wisata esok harinya. Nah, Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Pangkal Pinang.

    • Airy Pangkal Pinang Kp Bintang Bangka, pilihan untuk anda menikmati kelas Standard kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jl. Kp. Bintang, Bintang, Rangkui. Di dekat hotel ini terdapat beberapa tempat menarik seperti Masjid Jamik Pangkalpinang, Ramayana Pangkalpinang, Girimaya Golf Club. Urusan kuliner anda dapat mencoba restoran seperti Anggrek Resto, Kingkong Kopitiam, Otak Otak Ase, RM Asui, Tahu Kok Yen Yen. Anda dapat booking hotel ini mulai dari 300 ribuan. Tentunya harga tersebut terjangkau untuk anda dengan fasilitas yang lengkap.

    Itulah rekomendasi hotel murah di Pangkal Pinang yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Pangkal Pinang ini. Tentunya hotel-hotel murah bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Pangkal Pinang ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.