October 2017
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

10 Hotel Di Pontianak

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
 
Full Book
Kamar penuh

Airy Indonesia
 
Full Book
Kamar penuh

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Asal Usul Pontianak

Ada cerita unik terkait dengan asal penamaan dari kota ini. Sekilas jika membaca atau mendengar kata “Pontianak” akan teringat pada “Kuntilanak”. Ya. Seperti itulah kira-kira garis besarnya. Dahulu, Sultan pertama dari kerajaan di kota ini membuka wilayah ini yang masih berupa hutan lebat dan luas bersama rombongannya. Namun mereka selalu diganggu oleh suara kuntilanak yang menganggu dan menimbulkan ketakutan di sebagian besar rombongannya. Akhirnya, pimpinannya yang bernama Syarif Abdurrahman Alkadrie membawa sebuah meriam besar dan mengarahkannya ke sumber suara kuntilanak itu. Setiap kali suara tertawa itu terdengar, meriam dinyalakan. Akhirnya, pekerjaan mereka bisa terselesaikan dan didirikanlah Pontianak untuk mengabadikan peristiwa yang selalu menggangu mereka itu.

Cara ke Pontinanak

Perjalanan menuju ke Pontianak bisa ditempuh dengan jalur udara, laut, atau darat. Jika berangkat dari luar Pulau Kalimantan, dua pulihan pertamalah yang bisa dipilih. Perjalanan menggunakan jalur darat baru bisa digunakan setelah mendarat di Pulau Kalimantan atau wilayah-wilayah sekitar tujuan utama.

Melalui Jalur Udara

Perjalanan dengan menggunakan jalur udara sangat disarankan. Durasinya pun jelas lebih cepat jika menggunakan pesawat terbang. Untuk rute dari Jakarta menuju Pontianak, perjalanan menggunakan jalur udara cuma menghabiskan waktu sekitar satu setengah jam. Pesawat bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandar Udara Supadio, Pontianak. Sudah lumayan banyak maskapai yang melayani rute perjalanan dari Jakarta dan sebaliknya. Selain Garuda Indonesia, ada Lion Air, Sriwijaya Air, dan KalStar Aviation.

Jadwal penerbangan dimulai dari pagi, paling awal jam 05.20. Rata-rata mencapai 19 kali dalam sehari diakhiri jam 19.20. Harga tiketnya pun standar jika memesan di hari-hari biasa alias bukan saat menjelang Hari Libur Besar Nasional. Kisarannya adalah 480.000 Rupiah. Setiap penumpang diwajibkan untuk melakukan check-in 90 menit sebelum penerbangan. Jalur udara dari Jakarta ke Pontianak semakin diminati karena menghadirkan keamanan dan kenyamanan. Selain itu, rute udara selalu bisa mempersingkat waktu.

Melalui Jalur Darat

Jalur darat bukanlah pilihan jika ingin berangkat ke Pontianak dari Pulau Kalimantan. Kecuali jika menempuh perjalanan dengan kendaraan bermotor dari pelabuhan dan menyebrang pulau. Namun itu bukanlah pilihan yang tepat apalagi jika ingin keamanan dan kenyamanan dengan jarak tempuh lebih singkat.

Melalui Jalur Laut

Perjalanan menuju Pontianak dengan jalur laut bisa ditempuh dari pelabuhan di Semarang. Pilihan ini memang lebih hemat terlebih jika cenderung santai atau tidak mengejar waktu perjalanan. Bisa juga ditempuh dari pelabuhan di Surabaya dengan menggunakan kapal Pelni. Ada sejumlah kapal yang melayani rute perjalanan dari Surabaya ke Pontianak seperti KM LAWIT, KM BINAIYA, KM LEUSER, dan KM BUKIT RAYA. Jam keberangkatan dari pelabuhan Surabaya beragam. Ada yang diawali dari jam 07.00, 15.00, 20.00, dan 23.00. Untuk harga tiketnya juga beragam. Kisarannya sekitar 333.000 hingga 614.500. Yang penting untuk diketahui adalah bahwa harga dari setiap tiket bisa berubah-ubah apalagi menjelang libur Hari Besar Nasional.

Transportasi di Pontianak

Sarana transportasi di Pontianak cenderung mudah dan kian berkembang beberapa tahun ini. Untuk rute dalam kota bisa menggunakan bus kota, oplet, dan taksi. Sebagai penghubung antar terminal, oplet lebih sering dijumpai di rute-rute tersebut. Oplet merupakan salah satu alat transportasi yang khas dari Pontianak. Tarifnya tergantung dari jarak tempuh penumpang. Sekitar tahun 2011, tarif naik oplet sekitar 3000 hingga 7000. Keunikan dari alat transportasi ini adalah pintunya yang terletak di belakang kendaraan.

Dibandingkan dengan oplet, sarana transportasi bus tidak terlalu banyak. Cuma tersedia di jalur-jalur tertentu dan harus antri di halte menunggu kedatangan bus. Begitu pula dengan taksi yang lumayan jarang kecuali jika berada di sekitar bandara. Tarifnya tidak menggunakan argo sehingga harus melakukan negosiasi sejak dari awal bertemu dengan sopir taksi.

Tidak ada ojek yang tersedia di kota ini. Jadi, kalau ingin berkeliling secara leluasa bisa menyewa mobil. Kendaraan ini lebih nyaman jika berangkat dalam rombongan. Kebanyakan wisatawan pun menyewa mobil sekaligus dengan sopirnya. Kisaran harga sewa per hari mulai dari 300 ribuan.

Jika ingin menempuh perjalanan darat menuju luar kota, keberangkatan akan bertolak dari Terminal Batulayang. Sebagai wilayah dalam sebuah pulau yang menjadi perbatasan darat antar negara, layanan bus antar negara pun tersedia di kota ini. Penumpang bisa menaiki bus antar negara menuju Brunei atau Kuching.

Jangan lupakan juga sarana transportasi di jalur sungai. Ya. Inilah salah satu ciri dari sebagian wilayah di Pulau Kalimantan. Terbentang Sungai Kapuas yang membelah kota ini, dan kita bisa mengambil rute penyebrangan dengan kapal feri khas bernama Pelampong. Selain itu ada juga kapal Sarasan dan Galahareng. Dua kapal ini khusus digunakan untuk para wisatawan dengan tarif yang sangat murah dan sekaligus memuaskan karena bisa berkeliling di jalur Sungai Kapuas. Ada lagi alat transportasi yang sangat unik yaitu motor klotok. Dengan bunyi klotok-klotok dari knalpot, penumpang akan diantarkan menjelajahi keindahan kota dari perairan yang panjang membentang.

Tempat Wisata di Pontianak

Pontianak merupakan salah satu contoh keragaman budaya dari berbagai latar belakang berbeda. Di kota ini, kita bisa menyaksikan kehidupan yang membaur antara etnis Tionghoa, Melayu, dan Dayak. Tepat jika hendak menghabiskan masa liburan di kota ini karena ada sejumlah tujuan wisata yang wajib dikunjungi.

Museum Kalimantan Barat

Inilah salah satu bangunan penting yang sekaligus menandai ciri khas dari Provinsi Kalimantan Barat dengan ibukotanya di Pontianak. Bangunan ini juga kerap disebut sebagai Museum Pontianak yang menyimpan berbagai peninggalan bersejarah dari masa-masa kerajaan. Museum ini dibagi dalam tiga area dengan koleksi berbeda-beda. Berada di Jalan Ahmad Yani, pengunjung bisa mendatangi museum ini dari hari Selasa hingga Minggu. Khusus hari Senin, museum ini tutup.

Sinka Island Park

Lokasinya berada di Singkawang, tepatnya di Teluk Ma’jantuh. Sebuah wahana wisata yang dirancang khusus sebagai tempat liburan keluarga dengan sejumlah objek menarik. Salah satunya adalah kebun binatang Sinka Zoo. Ada sekitar 60-an lebih spesies satwa yang akan kita jumpai di sana. Objek wisata ini juga menawarkan keistimewaan lain yaitu jembatan penyebrangan ke pulau terkecil di dunia yaitu Pulau Simping. Di pulau inlah kita akan menjumpai sebuah klenteng.

Tugu Khatulistiwa

Merupakan tempat ikonik sekaligus kebanggaan dari warga Pontianak. Lokasinya cuma berjarak sekitar 3 km dari pusat kota. Tugu ini merupakan tanda dari jalur lintasan garis khatulistiwa yang membelah bumi. Disarankan untuk berkunjung ke objek wisata ini pada pekan akhir Maret atau September. Kita akan menjumpai momen unik dari sebuah wilayah khatulistiwa ketika tak ada bayangan sama sekali bagi mereka yang menginjakkan kaki di garis tersebut.

Kuliner Pontianak

Sebagaimana wilayah lain di Indonesia, Pontianak punya kekayaan kuliner yang beragam dan khas. Setiap pengunjung di kota ini sangat disarankan untuk mencicipi dan sekaligus membawa pulang sebagian makanan khas sebagai oleh-oleh.

Makanan Khas

Banyak makanan khas dari Pontianak seperti Bubur Pedas, Burung Punai, Sotong Pangkong, Lek Tau Suan, Mie Tiaw, Es Krim Petrus, Chai Kue, Pengkang, Pisang Goreng Pontianak, Es Lidah Buaya, Lempok, Kue Bingka, Coklat Wijen, dan masih banyak lagi.

Tempat Nongkrong di Pontianak

Jangan melewatkan kesempatan untuk menghabiskan dan menikmati waktu senggang di Pontianak. Ada sejumlah tempat makanan enak seperti restoran, kafe, hingga kuliner-kuliner malam yang asyik sebagai lokasi nongkrong.

Tempat Makan Enak di Pontianak

Tempat makan enak di Pontianak bisa dijumpai di sejumlah spot. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

Bubur Pedas Pak Ngah

Lokasinya di Jalan Pangeran Nata Kusuma di Gang Siliwangi. Sajian khas yang berbeda dari kebanyakan bubur yang sering kita santap. Level kepedasan bisa ditambah sendiri dengan menggunakan cabe rawit yang disediakan.

Sari Bento

Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani, tepat di belakang Museum Pontianak. Sebenarnya yang kerap menjadi sajian utama adalah masakan-masakan Jepang. Tapi di sini sebenarnya juga menghidangkan berbagai kuliner lokal dan bahkan Eropa dengan cita rasa berkelas.

Kuliner Malam Pontianak

Dari sore hingga menjelang malam, banyak warung kuliner yang dibuka dan memanjakan lidah para pengunjung di area-area tersebut. Khususnya di sepanjang Jalan Gajah Mada dengan berbagai ruko yang telah dialihfungsikan sebagai warung kopi. Salah satu warung kopi yang terkenal adalah Winny dengan hidangan khas Kopi Pancong.

Restoran Terkenal di Pontianak

Jangan khawatir kelaparan selama berjalan-jalan di area perkotaan. Banyak sekali restoran terkenal dengan sajian-sajian istimewa. Mulai dari restoran yang khusus menghidangkan ayam bakar, apam pinang, bakso, bubur, dan sebagainya. Beberapa di antaranya adalah Ayam Penyet Bu Nina di Jalan Ahmad Yani, Apam Pinang Chaniago di Pasar Mawar, Bubur Sop Tulang di Jalan Yos Sudarso, dan sebagainya.

Pusat Oleh-oleh Pontianak

Sebelum pulang ke rumah, sempatkan untuk berbelanja beberapa oleh-oleh khas dari Pontianak. Temukan oleh-oleh buruan Anda di kompleks PSP di Jalan Pattimura. Kompleks ini terdiri dari puluhan kios yang berjajar dan masing-masing menawarkan oleh-oleh bagi setiap pengunjung. Lokasinya pun tidak jauh dari pusat kota. Bisa ditempuh dalam rentang waktu sekitar 30 menit atau kurang.

Jajanan Khas Pontianak

Beberapa oleh-oleh khas dari Pontianak berupa Stik Keladi, Dodol Lidah Buaya, Juhi Garing, Lempok Durian, Stik Talas, Coklat Cempon, Aneka Dodol “Along”, Juhi Panggang, Kacang Madu, Keripik Pisang Segedong, Manisan Asam Payak, beragama aksesoris, dan sebagainya.

Daftar Mall di Pontianak

Pembangunan terus dikembangkan oleh pemerintah setempat. Salah satu indikatornya adalah semakin bertambahnya isi dari daftar mall di kota ini. Sudah banyak pula perusahaan-perusahaan nasional yang membuka dan mengembangkan retail di kota ini. Beberapa mall yang bisa dikunjungi adalah Ayani Mega Mall Pontianak, Mall Matahari Pontianak, dan Mall Pontianak.

Event di Pontianak

Kota ini juga selalu menyelenggarakan event rutin sebagai bagian dari program pengembangan pariwisata. Beberapa event tahunan yang diselenggarakan punya ciri khas tertentu dan berlatar belakang budaya berbeda yang mewarnai keberagaman di kota ini. Misalnya adalah event tahunan perayaan Tahun Baru Imlek Cap Go Meh, pesta Gawai dari Suku Dayak sebagai rasa syukur setelah panen, dan perayaan Kuo Ciet atau Cheng Beng sebagai sembahyang kubur bagi etnis Tionghoa.

Hotel di Pontianak

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Pontianak. Jika anda yang berasal dari luar Pontianak lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Pontianak dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Pontianak ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

Rekomendasi Hotel Murah di Pontianak

  • Airy Pontianak Selatan Gajahmada 89
  • Airy Tengah Merdeka Barat 428 Pontianak
  • Airy Pontianak Selatan Pahlawan 40
  • Airy Pontianak Selatan Gajahmada 71
  • Airy Kapuas Sidas Pontianak