December 2017
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

2 Hotel Di Purwakarta

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 421,400
Sisa 2 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Purwakarta

Purwakarta adalah salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Barat yang jaraknya sekitar 80km dari kota Jakarta. Kabupaten yang memiliki motto “Wibawa Karta Raharja” ini, memiliki luas daerah sekitar 971.72km2 dan disini, Anda bisa mengunjungi beragam obyek wisata alam maupun wisata kuliner saat liburan. Berikut adalah informasi tentang kota Purwakarta yang bisa Anda simak.

Asal usul kota Purwakarta

Kota Purwakarta berasal dari kota “purwa’ yang berarti awal dan “karta” yang berarti ramai. Pemberian nama ini dilakukan di tanggal 20 Juli disertai pemindahan ibukota dari Wnayasa ke Sindang Kasih. Dengan lambang berbentuk segilima, Purwakarta dibagi menjadi 17 wilayah secara administratif. Seiring dengan perubahan tata kota yang dilakukan, Purwakarta berkembang menjadi kota wisata agraris yang banyak menyajikan keindahan danau dan pegunungan.

Cara ke kota Purwakarta

Kota Purwakarta hanya berjarak sekitar 2 jam dari kota Jakarta dan karena kota ini belum memiliki jalur udara dan laut, maka saat Anda ingin mengunjungi kota ini, Anda bisa menggunakan beragam alat transportasi darat seperti bus, travel, kereta maupun mobil pribadi. Berikut adalah beberapa rute yang bisa ditempuh via jalur darat untuk ke Purwakarta.

Jalur dari Jakarta

Dari jalur tol Jakarta- Cikampek, Anda bisa mengambil jalur ke Tol Purbaleunyi sebelum masuk ke kawasan Jl Veteran dan Jl. Beringin. Perjalanan yang akan anda tempuh sekitar 3 jam jika keadaan tol sedang lancar. Namun akan lebih lama jika sedang waktu liburan.

Jalur dari Bandung

Dari Bandung, Anda bisa menempuh perjalanan dengan melewati Jl. Layang Pasoepati dan masuk ke Tol Pasteur. Dari jalur tol Pasteur, Anda bisa mengambil jalur ke tol Purbaleunyi dan berbelok ke Jl. Pramuka hingga sampai ke Purwakarta.

Menggunakan Kereta Api

Jika anda menggunakan kereta api, maka anda dapat turun di stasiun Purwakarta yang terletak di Nagri Tengah. Anda akan disuguhi pemandangan yang indah selama perjalanan dengan kereta. Begitu turun dari kereta api, terdapat gerbong-gerbong kereta tua yang menumpuk di area stasiun yang dapat anda abadikan. Anda dapat menggunakan kereta api Argo Parahyangan yang melayani rute Jakarta - Bandung. Anda dapat membeli tiket secara online dengan harga Rp 80.000 - Rp 145.000 bergantung kelas kereta yang anda inginkan. Anda dapat naik kereta ini di Stasiun Gambir Jakarta atau Stasiun Bekasi.

Transportasi kota Purwakarta

Untuk masalah transportasi, masyarakat kota Purwakarta umumnya mengandalkan beragam alat transportasi umum, seperti:

Bus Kota dan Angkutan Kota

Ketika Anda ingin menggunakan angkutan kota dan bus, Anda bisa mendatangi pool bus yang ada di sudut kota Purwakarta. Di Purwakarta tidak ada terminal besar yang melayani kedatangan bus. Jadi ada baiknya anda tanya sebelumnya kepada supir bus untuk turun di suatu tempat di kabupaten ini.

Ojek

Untuk transportasi jarak dekat, warga sekitar banyak yang memanfaatkan ojek untuk mengunjungi tempat-tempat tertentu yang ada di kota Purwakarta. Apalagi saat ini juga sudah tersedia ojek online yang dapat dipesan dengan menggunakan gadget.

Taksi

Adapun transportasi modern yang lebih nyaman yaitu taksi. Di purwakarta anda dapat menemukan taksi ditempat-tempat strategis seperti stasiun, mall, hotel, penginapan ataupun tempat wisata.

Tempat wisata di kota Purwakarta

Saat berkunjung ke kota Purwakarta, tidak akan terasa lengkap apabila Anda tidak mengunjungi beragam obyek wisata yang ada disana. Berikut adalah beragam obyek wisata menarik di Purwakarta yang perlu Anda kunjungi saat liburan.

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur adalah ikon kota Purwakarta yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke kota ini. Disini, Anda bisa melakukan beragam aktivitas, seperti naik perahu, memancing, berenang, mendayung, hingga olahraga lain yang bisa dilakukan di pinggir waduk. Sejak dibangun tahun 1957, waduk ini menjalankan fungsi penting bagi kehidupan masyarakat Purwakarta untuk saluran irigasi pertanian hingga bahan baku PDAM.

Curug Cipurut

Terletak di kaki Gunung Burangrang, Curug Cipurut menawarkan pemandangan yang tidak akan Anda jumpai di tempat lain. Disini, pengunjung yang datang bisa menyaksikan tiga jenis air terjun dari beragam ketinggian dikelilingi pepohonan yang rimbun. Saat Anda sedang ingin melepas penat dan menenangkan diri, tempat ini sangat cocok untuk didatangi.

Giri Tirta Kahuripan

Satu lagi obyek wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga saat berkunjung ke kota Purwakarta yaitu Giri Tirta Kahuripan. Tempat wisata yang menggabungkan konsep resort air dan wahana bermain ini menyediakan beragam fasilitas, seperti skypool, ATV, hingga area barbeque yang cocok dipakai menghabiskan malam bersama dengan keluarga.

Goa Jepang dan Goa Belanda

Terletak saling berdekatan, Goa Jepang dan Goa Belanda merupakan bukti penjajahan yang dulu berlangsung di Indonesia oleh bangsa Belanda dan Jepang. Goa yang dulu digunakan sebagai stasiun radio militer dan tempat penyimpanan senjata ini masih ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan. Disini, pengunjung yang datang bisa menjelajahi goa sambil berfoto bersama keluarga atau teman dekat yang datang bersama.

Taman air mancur Sri Baduga Situ Buleud

Obyek wisata danau seluas 4Ha ini ramai dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan, terutama Sabtu malam. Hal tersebut karena adanya atraksi air mancur yang memadukan efek lampu warna warni dan gerakan air yang sesuai dengan musik.

Desa Sajuta Batu

Di lokasi wisata yang satu ini, Anda bisa melakukan olahraga panjat tebing, memancing, dan jelajah desa dengan pemandangan Gunung Parang. Saat pagi menjelang, keindahan matahari terbit yang terlihat di tempat ini juga sangat menakjubkan.

Sumber air panas Ciracas

Ketika Anda ingin berwisata sambil menikmati mandi air panas, Anda bisa datang berkunjung ke sumber air panas Ciracas. Air di tempat ini dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit karena kandungan mineral yang ada didalamnya.

Situ Wanayasa

Saat berkunjung ke Purwakarta, jangan lupa untuk datang ke obyek wisata Situ Wanayasa. Di tempat wisata yang satu ini, Anda bisa melakukan beragam olahraga air atau hanya bersantai di pinggir danau.

Taman Pancawarna

Saat berkunjung ke Puwakarta, jangan lupa mengunjungi Taman Pancawarna. Di tempat ini Anda bisa menikmati beragam wahana menarik, seperti air mancur, kolam air, dan taman yang dihiasi bunga warna warni.

Rumah pohon Gunung Parang

Saat melakukan kegiatan hiking atau trekking di Gunung Parang, Anda akan menjumpai pemandangan eksotis rumah pohon Gunung Parang. Bangunan menyerupai saung yang didirikan diatas akar-akar pohon ini memberi kesan seolah Anda sedang mengunjungi kawasan pedalaman. Namun demikian, untuk bisa masuk kedalam area rumah pohon diperlukan peralatan yang menjamin keselamatan Anda.

Kuliner kota Purwakarta

Selain menjelajahi semua obyek wisata yang ada di Purwakarta, Anda juga perlu menikmati sajian kuliner khas kota Purwakarta di tempat-tempat berikut.

Pepes Ibu Ani

Jika Anda sangat menyukai menu pepes, jangan lupa untuk singgah ke warung makan pepes Ibu Ani yang terletak di Jl. Ir. H. Juanda No.2. Disini, Anda bisa menikmati beragam menu mulai Rp 2.000,00 saja, seperti pepes cumi, pepes jambal, pepes jamur, dan pepes ikan baby.

Sate Maranggi Cibungur

Saat Anda melewati Jl.raya Cibungur, Anda akan menemukan warung makan yang sangat ramai di tepi jalan. Warung makan yang buka sejak jam 8 pagi ini menyediakan aneka menu, seperti sate Maranggi (keistemewaannya daging yang lembut dan berbau harum), gado-gado, karedok, dan sup kambing.

Soto Sadang

Warung makan soto Sadang yang terletak di Jl. Veteran No.12 ini menyajikan dua jenis soto Sadang dengan kuah santan maupun kuah bening. Sekilas rasa soto di tempat ini mirip dengan soto Betawi, namun yang membedakan adalah komposisi isian soto, yang memadukan potongan daging sapi, loncang, dan bahan lainnya.

Nasi Liwet Ibu Dini

Rumah makan yang terletak di Jl. Raya Pondok Salam km.10 ini menyajikan menu nasi liwet, nasi tutug oncom, dan nasi kabeleum lengkap dengan lauknya, seeprti ayam, tempe, tahu, telur, dan lainnya. Pastinya untuk seporsi makanan di tempat ini, Anda juga tidak perlu mengeluarkan dana terlalu banyak.

Surabi Kedai Koka

Surabi Kedai Koka yang terletak di Jl. Tugu Pahlawan No 2 ini menyediakan menu serabi khas Purwakarta yang terbuat dari tepung beras, terigu, dan kelapa. Disini pengunjung yang datang juga bisa menikmati sajian menu lain dengan harga terjangkau, seperti gulai kambing, capcay, nasi goreng, dan lainnya.

Oleh-oleh khas Purwakarta

Nah, kalau acara berlibur yang dilakukan sudah usai, Anda bisa mengunjungi pusat oleh-oleh yang ada di kota Purwakarta untuk membeli oleh-oleh khas kota Purwakarta, seperti berikut ini.

Simping Kaum

Sebagai camilan khas kota Purwakarta, simping kaum adalah oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa memilih beragam rasa untuk camilan yang satu ini, seperti keju, pandan, udang, pisang, atau bawang gurih, cukup dengan harga mulai Rp 3.500,00.

Peuyeum Bendul

Jika kamu berkunjung ke kota Purwakarta dan ingin membawa oleh-oleh peuyeum. Anda bisa berbelanja peuyeum Bendul yang banyak dijajakan di Jl. Raya Bendul. Tekstur peuyeum ini manis dan mudah lumer dimulut.

Ikat Sunda

Ketika Anda suka dengan oleh-oleh yang berbentuk aksesoris, jangan lupa membeli ikat Sunda yang sekilas mirip Blangkon Jawa tetapi memiliki ikat bagian belakang yang berbeda.

Gula Cikeris

Oleh-oleh gula cikeris terbuat dari gula aren yang dicampur kelapa dan dibungkus pelepah jagung. Gula ini kadang bisa langsung dicampur ke beragam jenis makanan sesuai dengan kreativitas dari pembuatnya.

Regginang ketan hitam

Satu lagi cemilan yang bisa Anda bawa pulang dari Purwakarta, yaitu rengginang ketan hitam. Rasanya yang gurih dan asin tidak akan membuat Anda kenyang jika hanya makan satu biji saja.

Daftar mall di Purwakarta

Kalau Anda merasa ingin datang pula ke mall yang ada di Purwakarta sebelum pulang ke kampung halaman, Anda bisa mencoba mengunjungi mall-mall berikut.

Mall Sadang Terminal Square

Bangunan mall yang terletak di Jl. Veteran 242B, Bungursari ini buka setiap hari sejak jam 9 pagi dan didalamnya, banyak outlet brand nasional yang bisa dikunjungi. No telp mall ini (0264) 8220008.

Pelangi Plaza

Terletak dekat dengan STS, Pelangi Plaza juga menyediakan beragam kebutuhan yang berasal dari brand nasional. Jika Anda ingin mengunjunginya, mall ini buka sejak jam 9 pagi.

Toserba Yogya

Pusat belanja yang ada di Jl. Jend Sudirman No 5 ini buka sejak jam 8 pagi. Didalamnya, Anda bisa mengunjungi beragam outlet yang cukup lengkap, mulai dari outlet penjual buku, kosmetik, hingga pakaian.

Event rutin di kota Purwakarta

Festival Dalang Rancage

Salah satu kesenian tradisional khas masyarakat Sunda adalah wayang dan di festival ini, banyak dalang akan berkumpul untuk mengadakan pertunjukan wayang dengan tujuan memperkenalkan cerita daerah khas Sunda.

Festival Bebegig

Festival ini merupakan festival tahunan yang digelar oleh pemerintah daerah setempat dengan tujuan mengenalkan budaya Purwakarta ke khalayak umum. Biasanya festival ini diisi dengan pekan budaya rakyat dan acara adat lainnya.

Upacara Tingkeban

Upacara ini umum digelar oleh ibu yang sedang mengandung demi memohon keselamatan bagi sang jabang bayi. Untuk orang yang tergolong mampu, umumnya sajian dan rangkaian acara yang dilakukan berlangsung sekitar 2 hari.

Hotel di Purwakarta

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Purwakarta. Jika anda yang berasal dari luar Purwakarta lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Purwakarta dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Purwakarta ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

Rekomendasi Hotel Murah di Purwakarta

Setelah anda mengunjungi berbagai tempat wisata di kota Purwakarta seharian, mungkin diantara anda perlu hotel atau penginapan untuk menginap dan melanjutkan perjalanan wisata esok harinya. Nah, Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Purwakarta.

  • Airy Sadang Veteran 1 Purwakarta, pilihan untuk anda menikmati kelas Standard kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jalan Veteran No 1 Sadang. Di dekat hotel ini terdapat beberapa tempat menarik seperti Sedana Golf Course, Mall Karawang Central Plaza, Karawang International Golf, Tangkuban Perahu Volcano, Masjid Besar Lembang. Urusan kuliner anda dapat menikmati makanan khas Purwakarta di restoran terdekat seperti Kedai Mandiri, Hashtag Cafe, RM Teh Haji, Restoran & Lesehan Alam Sari, Sate Maranggi Cibungur.
  • Airy Eco Cibatu Raya KM 15 Purwakarta, pilihan untuk anda yang ingin menikmati kelas Eco Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jalan Raya Cibatu KM 15 No. 36. Di dekat hotel ini terdapat beberapa tempat menarik seperti Sedana Golf Course, Mall Karawang Central Plaza, Karawang International Golf, Tangkuban Perahu Volcano, Masjid Besar Lembang. Urusan kuliner anda dapat menikmati makanan khas Purwakarta di restoran terdekat seperti Kedai Mandiri, Hashtag Cafe, RM Teh Haji, Restoran & Lesehan Alam Sari, Sate Maranggi Cibungur.

Itulah rekomendasi hotel murah di Purwakarta yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Purwakarta ini. Tentunya hotel-hotel murah bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Purwakarta ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.