1 Malam
Cari Kamar

5 Hotel Di Samarinda

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Harga Per Malam
Rp. 371,000
Sisa 4 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Asal Usul Samarinda

Ada beberapa versi tentang sejarah Samarinda. Namanya konon diambil dari istilah “sama rendah” yang merujuk pada ketinggian dari rumah-rumah rakit dari para warga Bugis Wajo yang tinggal di sana. Versi lainnya merujuk pada ketinggian yang sama antara Sungai Mahakam dengan daratan di sekelilingnya. Versi lainnya merujuk pada bahasa Sansekerta yaitu kata “Samarendo” dengan arti “selamat sejahtera”. Ada juga versi lain yang menyatakan bahwa namanya diambil dari kata berbahasa Melayu yaitu “Samar” dan “Indah”.

Cara ke Samarinda

Samarinda merupakan kota yang paling besar di Pulau Kalimantan. Kota ini sekaligus menjadi pusat pemerintahan dari Provinsi Kalimantan Timur. Untuk mencapai kota ini, lebih mudah jika mengambil jalur udara apalagi dari luar pulau. Untuk beberapa wilayah di luar perbatasan darat bisa dengan menempuh jalur darat.

Melalui Jalur Udara

Perjalanan melalui jalur udara biasanya ditempuh dari Bandara Soekarno-Hatta atau bandara-bandar lain di beberapa wilayah di Indonesia. Dari Bandar Soekarno-Hatta bertolak menuju Bandar Termindung di Samarinda. Sejumlah maskapai pun siap melayani rute ini seperti Garuda Indonesia, Lion Air, dan sebagainya. Untuk harga tiketnya tergantung dari maskapai dan harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan. Umumnya, tiket pesawat termurah sekitar 792.000. Untuk harga tiket termahal bisa mencapai nyaris 2 juta kurang.

Melalui Jalur Darat

Meski lebih memungkinkan menempuh jalur darat dari wilayah lain di Kalimantan, perjalanan mungkin akan terasa jauh dan menyita waktu lama. Rute perjalanan darat bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, bus, atau dengan jasa travel. Untuk biayanya bisa dicek sendiri pada agen perjalanan karena perubahan yang terjadi sewaktu-waktu.

Melalui Jalur Laut

Bisa dibilang tidak ada jalur laut untuk menuju ke Samarinda. Dalam artian, tidak ada adanya pelabuhan yang memungkinkan karena lokasinya di sebelah timur pulau. Lebih disarankan untuk menggunakan jalur udara jika berangkat dari luar pulau, atau jalur darat jika masih berdomisili di satu daratan.

Transportasi di Samarinda

Kota Samarinda saat ini sedang mengembangkan sejumlah proyek penambahan dan perluasan jalur transportasi di kota dan menghubungkan dengan wilayah-wilayah lain di Kalimantan. Salah satu proyek yang saat ini sedang dikembangkan adalah pembuatan jalur tol yang menghubungkan Samarinda dengan Balikpapan. Jika sudah selesai, jalur tol ini akan mempersingkat waktu perjalanan menjadi satu jam.

Jalur darat di Samarinda terbentang dan terhubungkan dengan Sangatta, Tenggarong, Bontang, dan Balikpapan. Untuk menempuh transportasi darat ke wilayah-wilayah sekitar Samarinda bisa berangkat dari Terminal Samarinda Seberang, Terminal Lempake, dan Terminal Sungai Kunjang.

Tempat Wisata di Samarinda

Banyak objek wisata khas di Samarinda yang sekiranya ada waktu bisa dikunjungi satu persatu. Beberapa pilihan berikut ini adalah yang direkomendasikan.

Masjid Islamic Center Samarinda

Bangunan yang sangat indah apalagi dilihat dari batas perairan sungai. Sekilas mengingatkan pada pemandangan di Istanbul. Memang benar bahwa arsitektur dari masjid ini mengambil inspirasi dari Hagia Sophia di Turki. Masjid ini diresmikan pada tahun 2008 silam setelah dibangun selama tujuh tahun sejak 2001. Lokasinya berada di Kelurahan Teluk Lerong Ulu.

Tepian Mahakam

Wisata yang sangat sederhana namun dijamin akan memuaskan pandangan mata. Di sepanjang sungai ini, para wisatawan bisa menikmati waktu terbaiknya sembari nongkrong atau berjalan-jalan di area tersebut. Banyak pula sajian kuliner khas yang bisa dijumpai di sepanjang tepian Mahakam ini.

Pulau Kumala

Salah satu ciri khas dari Sungai Mahakam adalah sebuah pulau kecil di tengah-tengahnya. Itulah Pulau Kumala yang terbentuk dari pengendapan lumpur dari sungai. Tempat ini sekaligus menjadi wahana wisata keluarga karena menyediakan berbagai fasilitas permainan seperti komidi putar, kereta gantung, kereta mini, dan bahkan sky tower dengan ketinggian 75 meter.

Pulau Beras Basah

Agak sedikit jauh dari Samarinda karena harus menempuh perjalanan selama sekitar 3 jam. Tapi dijamin akan sangat puas menikmati pemandangan cantik dengan pasir pantai putih dan air biru jernih. Sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata di masa liburan panjang bersama teman atau keluarga.

Penangkaran Buaya

Objek wisata ini bisa dijumpai di Pulau Atas, Makroman, kira-kira sepanjang 17 kilometer dari pusat kota. Luasnya sekitar 7 hektar dan di sanalah kita bisa berjumpa dengan berbagai jenis spesies buaya.

Tjiu’s Palace

Wahana wisata keluarga dengan berbagai hiburan yang dijamin akan memuaskan anak-anak atau yang ingin sekedar bersantai di hari libur. Lokasinya berada di Jalan Sultan Sulaiman dengan sejumlah pilihan area permainan dan olahraga seperti futsal. Menariknya, tidak ada pungutan biaya masuk tiket ke wahana ini.

Kampung Tenun Samarinda

Ada dua tempat yang menjadi objek wisata khas Samarinda ini. Satu di Kampung Masjid, satunya di Kampung Baqa. Para pengunjung bisa menyaksikan sendiri proses pembuatan kain tenun dan sekaligus berbelanja sebagai oleh-oleh. Proses pembuatannya masih mempertahankan alat tradisional yang konvensional bernama Gedokan.

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Berada di jalan raya Samarinda-Bontang, di sinilah salah satu tempat terbaik untuk menikmati masa liburan bersama seluruh anggota keluarga. Taman Rekreasi Lembah Hijau menyediakan berbagai fasilitas seperti kolam pancing, kafetaria, gazebo, serta arena bermain bagi anak-anak.

Kebun Raya Unmul Samarinda

Ini merupakan objek wisata yang dirancang sebagai bagian dari hutan untuk tujuan pendidikan di Universitas Mulawarman. Lokasinya sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Ada juga museum kayu dan kebun binatang mini yang terbuka untuk umum. Cocok sebagai wisata pendidikan sekaligus bermain bagi anak-anak.

Telaga Permai Batu Besaung

Untuk menikmati wisata alam yang indah dan masih segar, inilah tempat yang sangat cocok. Biasanya lokasi ini dijadikan sebagai tempat berkemah. Sangat cocok bagi yang berjiwa penjelajah dan doyan dengan suasana alam yang masih terjaga dengan baik.

Kuliner Samarinda

Kuliner Samarinda selalu menarik untuk dicoba apalagi dengan sajian-sajian menggugah selera. Ada sejumlah pilihan khas yang harus dicoba selagi berkunjung ke sana. Kuliner khas Kalimantan Timur atau khususnya Samarinda banyak dipengaruhi oleh budaya dari para warga yang telah lama menetap di sana. Jadi jangan heran kalau kadang menjumpai cita rasa khas seperti Bugis, Jawa, Banjar, Kutai, hingga Dayak.

Ayam Banjar

Satu kuliner khas dengan sambal pedas, dicampur potongan jeruk, sayur santan labu, dan sayur bening. Tentu saja dengan daging ayam banjar dipadukan dengan sambel goreng ati.

Nasi Kuning

Pilihan yang wajib karena berkunjung ke Samarinda. Berbeda dari kebanyakan nasi kuning yang kita ketahui, ciri khasnya adalah cita rasa dan kombinasi lauk yang unik. Misalnya serundeng, bawang goreng, telur bumbu bali, dan ikan gabus atau haruan.

Nasi Bekepor

Sajian khas dari campuran minyak sayur, rempah-rempah, ikan asin, sayur asem, sayur gangan, dan diolah bersama ubi manis dan kepala ikan.

Jangan khawatir jika hendak menikmati waktu sambil nongkrong dan menikmati makanan dan minuman di area kota.

Kuliner Malam Samarinda

Bagi yang suka nongkrong malam-malam bersama rekan atau rombongan, ada sejumlah tempat yang sebaiknya dikunjungi.

Pilihan pertama adalah Tepian Mahakam. Ini salah satu tempat favorit bagi kaum muda-mudi yang gemar bercengkeraman sampai larut malam. Di kawasan ini pun banyak sekali kuliner khas yang disediakan dan tinggal pilih satu persatu. Ada juga pilihan lain seperti di Teluk Lerong Garden yang lokasinya tak jauh dari Tepian Mahakam. Sementara itu, pilihan lainnya seperti kafe adalah sebagai berikut.

Cafe Dinda

Lokasinya berada di Jalan Sutoyo dengan sajian utama adalah stik.

Pisa Cafe & Resto

Terletak di Jalan Muso Salim dengan konsep restoran Italia.

El-Barilto Resto & Cafe

Berada di Jalan Sel. Barito yang bisa dijadikan tempat nongkrong sambil menikmati hidangan makanan dan minuman.

Restoran Terkenal di Samarinda

Beberapa restoran bisa dijumpai di Samarinda. Tak usah khawatir karena banyak pilihan yang berkualitas dengan keistimewaannya masing-masing.

Rumah Makan Mutiara

Restoran ini terletak di Jalan KH Khalid, persisnya di seberang Mall Mesra Indah.

Bebek & Ayam Goreng Sari Rasa “Pak Ndut”

Berada di Jalan Awahab Sjahranie dengan sajian utama bebek dan ayam goreng yang dijamin aka membuat lidah berdecak.

Pusat Oleh-oleh Samarinda

Di manakah tempat untuk mendapatkan oleh-oleh khas dari Samarinda? Ada beberapa pilihan menarik seperti di bawah ini.

Bolu Gulung Durian Panglima

Silakan dapatkan di pusat oleh-oleh Samarinda sebagai sajian yang unik dan tentu saja istimewa. Makanan ini bisa disimpan selama sekitar 3 hari.

Roti Durian Panglima

Satu oleh-oleh khas yang diwajibkan bagi para penggemar durian. Makanan ini bisa bertahan cukup lama sehingga memudahkan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kue Ilat Samarinda

Makanan khas dari gula merah dan tepung dan sudah sangat terkenal sebagai satu produk khas dari sana.

Amplang Samarinda

Jenis kerupuk khas Samarinda yang sangat gurih dan bisa dijadikan sebagai camilan atau lauk saat bersantap.

Jajanan Khas Samarinda

Jajanan khas Samarinda jumlahnya beragam sekali. Susah untuk menghitungnya karena kadang ada yang bisa dijumpai di tempat lain. Namun itulah keunikan dari jajanan khas nusantara yang kerap sama namun punya penyebutan berbeda-beda. Beberapa jajana khas yang bisa diperoleh di pusat oleh-oleh di Samarinda adalah Talam Sagu, Semprong, Abon Kepiting, Cucur, Dodol Jagung, Bingka Labu, Basong, Kararaban, Putu Labu, dan sebagainya.

Daftar Mall di Samarinda

Kota Samarinda juga diramaikan oleh sejumlah tempat perbelanjaan modern yang jumlahnya terus bertambah. Sempatkan untuk menengok atau sekalian berkunjung ke beberapa mall seperti Mahakam Square, Citra Niaga, Samarinda Square, Plaza Mulia, Samarinda Central Plaza, Mall Lembuswana, Mall Mesra Indah, dan Mall Anna.

Event di Samarinda

Satu event yang terkenal dan selalu ditunggu-tunggu warga Samarinda adalah Festival Mahakam. Ini merupakan festival tahunan dengan tema perairan dan dimeriahkan oleh berbagai rangkaian acara menarik di dalam penyelenggaraannya. Beberapa di antaranya adalah Makan Bahimat, Mahakam Jazz Fiesta, Flying Board, Seminar Seni dan Budaya, Parade 1000 Hudoq, dan sebagainya.

Masih dalam rangkaian festival yang sama, beberapa acara khas budaya diselenggarakan seperti Mahakam Batik Fashion, Pawai Budaya Nusantara, Lomba Berenang di Sungai Mahakam, Lomba Balap Perahu Dumping, Lomba Balap Tambangan, dan sebagainya.

Hotel di Samarinda

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Samarinda. Jika anda yang berasal dari luar Samarinda lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Samarinda dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Samarinda ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

Rekomendasi Hotel Murah di Samarinda

  • Airy Lembuswana S. Parman Samarinda
  • Airy Pelabuhan Imam Bonjol 3 Samarinda
  • Airy Singkawang Tengah Salam Diman 129