Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
August 2019
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

39 Hotel Di Semarang

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 244,500
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 244,500
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 337,600
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 298,800
Sisa 2 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 362,000

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 282,100
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 306,300
Sisa 2 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 193,300

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 2 halaman
Selanjutnya
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Asal-usul Kota Semarang

Semarang merupakan sebuah kota dengan sejarah yang sangat panjang. Ini merupakan kota pelabuhan yang dihuni oleh beragam warga dari latar belakang budaya berbeda. Mulai dari etnis Jawa, Melayu, hingga Tionghoa. Wajar jika banyak sekali dijumpai masjid, kelenteng, gereja, hingga pagoda. Bahkan di Kota Semarang terdapat Kelenteng Sam Po Kong yang sangat mashyur itu.

Asal nama Semarang konon diambil dari Pohon Asam yang tumbuhnya jarang (arangdalam Bahasa Jawa). Pohon itu konon tumbuh di wilayah ini yang masih bernama Bergota dan ditemukan oleh salah satu pangeran dari Kesultanan Demak. Akhirnya wilayah Bergota pun lebih populer dengan sebutan “Semarang” hingga ke jaman-jaman setelahnya.

Cara ke Kota Semarang

Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah yang sekaligus menjadi kota terbesar dan pelabuhan di sana. Perjalanan menuju kota ini bisa ditempuh dengan jalur darat dari setiap wilayah di Pulau Jawa. Bahkan bisa lebih cepat dengan menggunakan jalur udara dari sejumlah kota besar.

Melalui Jalur Udara

Jalur penerbangan menuju ke Kota Semarang mendarat di Bandara Ahmad Yani. Sebagai kota besar, jalur ini kerap jadi pilihan yang memudahkan terutama dari kawasan-kawasan luar Jawa. Harga tiketnya pun cukup bervariasi tergantung dari maskapai yang hendak digunakan. Misalnya dari Jakarta, harga tiket termurahnya rata-rata Rp.280.800 dengan catatan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk pemesanannya bisa secara online dan bisa dilakukan dalam kurun waktu 48 jam sebelum keberangkatan.

Jika Anda ingin menginap di hotel murah Semarang dekat Bandara Achmad Yani, Anda dapat mencoba Airy Eco Syariah Abdulrahman Saleh No 89 A Kalibanteng Kulon Semarang atau Airy Bandara Ahmad Yani Semarang

Melalui Jalur Darat

Jalur darat menuju Kota Semarang adalah rute utama dari berbagai wilayah di Jawa. Alasannya karena biaya yang lebih terjangkau dan selalu mudah untuk memperoleh alat transportasi. Bahkan banyak yang lebih suka naik kendaraan pribadi. Ada dua pilihan alat transportasi publik di jalur darat yaitu melalui bus/travel dan kereta api. Untuk harganya juga bervariasi. Misalnya dari Jakarta, dengan Bus Pahala Kencana tarifnya sebesar Rp.250.000 untuk Kelas Eksekutif. Untuk Kelas Super Eksekutif biayanya Rp.280.000. Tiket travel dari Jakarta ke Semarang harganya juga beragam namun rata-rata terpaut selisih yang tak begitu jauh. Jika naik bus akan turun di Terminal Terboyo. Atau akan turun di masing-masing pool dari angkutan bus atau travel.

Sedangkan biaya tiket kereta api menuju Semarang juga bervariasi tergantung dari kelasnya. Tidak setiap kota di Jawa punya lintasan kereta api sehingga cuma memungkinkan untuk sejumlah wilayah. Patokan harga tiket dari Jakarta sekitar Rp.115.000 hingga 270.000. Para penumpang akan diturunkan di Stasiun Tawang. Dari Jakarta, keberangkatan bisa bertolak dari Stasiun Gambir atau Senen.

Jika Anda tidak ingin jauh dari Stasiun Semarang Tawang atau Stasiun Semarang Poncol, Anda dapat menginap di hotel murah dekat stasiun tersebut seperti Airy Kota Lama Semarang Imam Bonjol 28.

Melalui Jalur Laut

Tak mungkin menempuh jalur laut dari kota-kota di Jawa menuju Kota Semarang. Kecuali jika berangkat dari Pulau Kalimantan menuju Kota Semarang P-P. Misalnya dari Banjarmasin ke Semarang menggunakan Kapal Pelni EGON. Tarifnya bisa dicek langsung pada situs resmi atau layanan perjalanan. Ada pula diskon khusus bagi para penumpang dengan persentase mulai 5 hingga 20 persen. Biasanya jalur laut dipadati banyak penumpang saat masa mudik atau balik Hari Raya Idul Fitri.

Transportasi di Kota Semarang

Untuk transportasi di Kota Semarang juga sangat mudah. Beroperasi dari pagi hingga malam hari sehingga memudahkan untuk akses ke tempat-tempat di dalam kota. Khusus untuk wilayah pinggiran mungkin akan membutuhkan jasa ojek atau taksi. Sejak tahun 2009 lalu, sudah ada layanan Bus TransSemarang yang beroperasi pada titik-titik publik dari pagi hingga malam hari.

Tempat Wisata di Semarang dan Sekitarnya

Lawang Sewu

Dahulu, Lawang Sewu memang erat sekali dengan nuansa angker. Tak heran, karena bangunan yang dahulu adalah kantor kereta api milik Belanda ini memang dibiarkan terbengkalai, membuat beberapa kaca pecah, pintu terbuka, dan ilalang merambat naik. Tak adanya lampu membuat suasana tentu semakin mencekam.

Namun, setelah dilakukan beberapa kali pemugaran, kini Lawang Sewu yang berada di kawasan Pemuda, tepat di depan Tugu Muda, Semarang ini hadir kembali dengan kemegahan yang lebih terasa. Nuansa angker tak lagi ada, digantikan pesona keindahan berbalut cerita sejarah kental yang menyelimutinya.

Bahkan, kini Lawang Sewu sudah resmi dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata sejarah tertua di Semarang. Anda diizinkan untuk berkeliling, melihat perkembangan kereta api dari masa ke masa, juga melihat bagaimana dahulu bentuk mesin kereta api pertama yang dibuat oleh Belanda. Namun, tetap ada beberapa area yang dilarang untuk dimasuki, jadi sebaiknya gunakan pemandu supaya wisata Anda lebih sempurna.

Klenteng Sam Poo Kong

Lepas dari sejarah kolonial yang terasa begitu mencekam pada masanya, mari lanjutkan perjalanan menuju ke lokasi bersejarah berikutnya, yaitu Klenteng Sam Poo Kong. Jika Lawang Sewu sangat erat dengan sejarah perjuangan dan masa pendudukan Belanda di Indonesia, Klenteng Sam Poo Kong menawarkan cerita sejarah Tionghoa dan penyebaran agama Islam dari Cina, yang dibawa langsung oleh Laksamana Cheng Ho.

Sejarah bercerita, Sang Laksamana singgah di Kota Semarang setelah berlayar mengarungi luasnya lautan. Di sini, ia menyebarkan kedamaian, dan menjadikan masyarakat lokal akhirnya mengabadikan kedatangannya dengan membuat patung Laksamana Cheng Ho di bagian dalam klenteng. Kini, Klenteng Sam Poo Kong tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah bagi masyarakat Tiongkok, tetapi juga dijadikan sebagai sarana wisata.

Ada beberapa bangunan besar di dalam kawasan Klenteng, lengkap dengan pintu masuknya yang begitu besar dan megah. Di bagian yang lebih dalam, bangunan khusus digunakan sebagai area ibadah. Anda diizinkan untuk masuk ke pelatarannya, tetapi tidak di bagian dalam, karena bagian dalam hanya khusus untuk berdoa. Tak apa, yang penting Anda bisa melihat bagaimana keragaman agama membuat masyarakat tetap saling menghormati.

Gereja Blenduk

Tak pernah lengkap rasanya pergi ke Semarang jika tidak berkunjung ke kawasan Kota Tua Semarang, atau lebih akrab disapa Kota Lama. Anda akan menemukan bangunan-bangunan peninggalan masa kolonial yang begitu terawat, dipugar setiap saat untuk menjaga nilai sejarahnya agar tetap nyata di mata masyarakat.

Salah satu bangunan yang paling menyita perhatian adalah Gereja Blenduk. Sebenarnya, bangunan ini bernama Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat atau GPIB. Namun, atapnya yang berbentuk bulat besar sangat unik, sehingga oleh masyarakat, akhirnya gereja ini dikenal dengan Gereja Blenduk.

Gereja peninggalan Belanda ini telah ada sejak tahun 1753 silam, dan hingga kini, bangunannya masih sangat kokoh dan indah. Bahkan, pada beberapa kesempatan, tempat ini masih digunakan untuk beribadah. Tak jarang, banyak pasangan yang menjadikan gedung ini sebagai tempat berfoto pranikah yang romantis dan klasik.

Goa Kreo

Mari sedikit naik ke bagian barat Semarang, lajukan kendaraan hingga Anda menemukan Goa Kreo. Ya, mari sapa hewan mamalia berekor panjang yang kabarnya menjadi cikal bakal nenek moyang kita, monyet. Ada ribuan monyet yang hidup bebas di sini, jadi sapalah mereka dengan ramah. Jika perlu, bawakan makanan dan bagilah, karena mereka terkadang menunggu itu dari Anda.

Waspada, ada banyak monyet yang usil dan suka iseng kepada para pengunjung yang datang. Jadi, sebaiknya jaga selalu tas, topi, kacamata, dan ponsel Anda ketika sedang menyapa mereka. Terkadang, ketika lengah, mereka bisa saja mengambil salah satu dari barang-barang kecil tersebut dan membawanya lari. Jangan penasaran, karena ada banyak sekali tempat unik di Goa Kreo, gua yang berada di Jalan Raya Goa Kreo, Gunung Pati, Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Besar Semarang yang berada di Kauman menjadi ikon Kota Semarang. Cerita sejarahnya tak tergantikan, menjadi salah satu masjid yang digunakan para Walisongo untuk beribadah. Namun, kini dibangun kembali masjid yang lebih besar dan megah, keindahan bagunannya tiada tara, Masjid Agung Jawa Tengah, masjid yang diagungkan sebagai bangunan ibadah paling megah di Tanah Air.

Di pelataran masjid yang begitu luasnya, Anda akan menemukan adanya 4 (empat) buah payung yang diadaptasi dari payung yang berada di Masjidil Haram di Tanah Madinah. Bukan yang pertama, tidak apa, Aceh telah terlebih dahulu mengadaptasinya. Namun, keindahannya tetap tak tergantikan, terlebih jika payung ini terbuka.

Candi Gedong Songo

Kawasan Gedong Songo menjadi titik tertinggi di Semarang. Di sini, Anda bisa menyaksikan salah satu saksi bisu berkembangnya kerajaan bercorak Hindu-Budha yang langsung berbatasan dengan alam terbuka. Dinginnya tak terkira, terkadang kabut pun turun menyapa, menyelimuti puncak tertinggi salah satu candi yang termasuk ke dalam komplek Candi Gedong Songo.

Jangan heran jika Anda hanya menemukan 5 (lima) buah candi kala menjadi, dengan candi kelima sebagai candi tertinggi. Tidak ada yang tahu ke mana sisa candi lainnya. Beberapa mengatakan bahwa keempat lainnya tidak pernah ditemukan, sisanya pun bercerita bahwa keempat candi telah rata dengan tanah, aksesnya pun sulit sehingga sebaiknya tidak ditelusuri lebih jauh.

Di sela perjalanan mengunjungi salah satu candi, Anda akan melihat kawah belerang dengan bau menyengatnya yang begitu khas. Tak jauh, terdapat kolam renang dengan sumber mata air belerang, airnya hangat tetapi tetap menyegarkan. Konon, bermandi di kolam ini bisa membuat segala penyakit sembuh, terutama penyakit kulit, dan membuat Anda menjadi awet muda.

Umbul Sido Mukti

Mari lanjutkan perjalanan Anda sedikit lebih jauh. Tinggalkan sejenak kesibukan Kota Semarang, kini saatnya mencari ketenangan dan kembali menyatu dengan alam. Umbul Sido Mukti bisa menjadi tujuan wisata berikutnya. Berlokasi di kawasan Bandungan, wisata alam ini tak hanya cocok untuk pasangan, tetapi juga direkomendasikan untuk keluarga dan sang buah hati tercinta.

Datanglah pagi hari, sambutlah matahari terbit sembari berendam di kolam renang yang berasal dari sumber mata air pegunungan. Dingin dan segarnya bahkan terasa hingga ke lapisan kulit terdalam, menyentuh tulang. Lalu, ajak keluarga mencoba asiknya berbagai wahana seru yang memacu adrenalin. Teruntuk sang buah hati, sempatkan ia untuk berwisata edukasi sembari mengunyah stroberi langsung dari kebunnya.

Museum Ranggawarsita

Dari arah utara memasuki Kota Semarang, tepat di seberang Bandara Ahmad Yani lama Semarang, berdiri sebuah museum megah dan menjadi ikon lain dari Kota Semarang, Museum Ranggawarsita. Museum terbesar di Kota Semarang ini terbagi menjadi beberapa area, dan memajang koleksi lengkap benda-benda peninggalan, mulai dari alat-alat musik jawa, hingga beberapa koleksi yang tertinggal ketika masa penjajahan.

Diresmikan pertama kali pada bulan Juli 1989 silam, Museum Ranggawarsita telah mengumpulkan sebanyak lebih dari 59.784 koleksi yang tertata rapi di masing-masing area. Museum ini berlokasi di Jalan Abdul Rahman Saleh No. 1, Kalibanteng Kulon, Semarang. Jangan khawatir, Anda bisa dengan mudah menemukan penginapan murah di Semarang yang tak jauh dari museum ini dan berbagai destinasi wisata menarik lainnya.

Water Blaster

Sejak pertama kali dibuka, wahana air yang berada di Jalan Bukit Candi Golf 1, Semarang ini memang berhasil membuat para wisatawan dan masyarakat lokal tertarik. Bahkan, Water Blaster, begitu area rekreasi air ini diberi nama, diklaim sebagai salah satu wahana air pertama di Semarang. Tentu saja, ada banyak wahana seru yang bisa Anda coba di sini selain berenang, tentu saja bersama sang buah hati ya.

Ada wahana slide family, jungle tree, ATV, great wall, dan masih banyak wahana lain yang tak kalah seru dan mengasyikkan untuk dicoba. Namun, area wisata air ini tutup pada hari Senin, ya, jadi jangan sampai kunjungan Anda jadi sia-sia karena tidak bisa menjajal keseruan bermain air di Water Blaster.

Kampung Pelangi

Kampung kumuh kini tak ada lagi di Semarang, karena semua telah disulap menjadi lebih berwarna dan artistik, mengundang banyak orang untuk datang berkunjung dan menghabiskan waktu untuk melihat bagaimana kreativitas masyarakat lokal berhasil menyulap kampung rumah tinggalnya menjadi lebih indah dan bernilai seni.

Adalah Pelangi yang berlokasi di Jalan DR. Sutomo, Randusari, Semarang. Dari jauh, Anda sudah bisa melihat warna-warni dinding dan atap rumah, karena perkampungan ini memang berundak. Bahkan, masyarakat tidak membebankan tiket masuk untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu, selama 24 jam setiap harinya. Hanya saja, tetap patuhi sopan santun ya, jangan membuat keributan karena area wisata ini juga merupakan hunian warga lokal.

Taman Lele

Berniat mengajak sang buah hati untuk berlibur ke Semarang? Coba ajak ia mengunjungi Wana Wisata Taman Lele. Taman ini berupa kolam berukuran besar yang menyerupai danau, dilengkapi dengan beragam fasilitas yang tentu saja bisa Anda gunakan bersama keluarga dan sang buah hati tercinta. Lokasinya terbilang strategis, karena berada di jalur pantura, sehingga bisa ditemukan dengan mudah.

Tidak hanya kolam, fasilitas lain yang disediakan seperti sepeda air, kolam renang, gazebo, dan bermacam permainan anak lainnya. Bahkan, terdapat beberapa satwa yang sengaja dipelihara, seperti buaya, merak, ular piton, dan berbagai jenis burung lainnya. Tentu saja, Anda bisa sekaligus mengedukasi sang buah hati kala berkunjung ke sini.

Cemoro Sewu

Mencari destinasi wisata alam di Semarang dan sekitarnya tidak pernah menjadi hal yang sulit. Tingginya minat akan wisata alam berkonsep kekinian banyak menghadirkan inovasi dan kreasi dari warga lokal untuk membuat tempat wisata baru. Cemoro Sewu adalah salah satunya. Berlokasi di Dusun Jingkol, Sepakung, Banyubiru, Semarang, destinasi wisata alam ini menawarkan pemandangan alam terindah dari balik perbukitan.

Baru dibuka secara resmi pada tahun 2017 lalu, destinasi wisata Cemoro Sewu langsung mendapatkan tempat khusus di hati para wisatawan, terutama untuk mereka yang memang mencintai alam. Berada di lereng Gunung Telomoyo membuat wisata ini sarat dengan nuansa pegunungan, dengan udara yang sejuk dan segar. Pastikan stamina Anda cukup kuat, ya, karena Anda harus berjalan di jalan setapak dengan kemiringan tanjakan hingga 45 derajat sejauh 200 meter.

Dari sini, Anda bisa berdiri di atas bebatuan besar sembari memandangi indahnya Kota Semarang. Alam begitu bersahabat, terasa ramah menemani sepanjang Anda menghabiskan waktu di sini. Ada pula gardu pandang, bisa menjadi tempat peristirahatan sejenak sebelum Anda melanjutkan pendakian. Tarik napas sebentar, hirup udara segar dan lepas kepenatan. Jangan lupa, abadikan semua perjalanan Anda dalam lensa kamera.

Benteng Willem II

Kembali ke wisata sejarah, masih ada bangunan peninggalan Belanda lain yang terkadang terlewatkan tanpa pernah disadari bahwa bangunan tersebut menyimpan banyak cerita. Adalah Benteng Willem II atau Fort Willem II yang berlokasi di kawasan Ungaran, Kabupaten Semarang. Bangunan ini terpisah dengan bangunan pertamanya yang berada di wilayah Ambarawa, melaju sedikit lebih jauh ke selatan.

Entah apa yang membuat kedua bangunan ini terpisah, tidak ada cerita yang bisa menjelaskan. Diperkirakan, bangunan ini telah ada sejak tahun 1786 silam. Dahulu, benteng ini digunakan sebagai tempat Pangeran Diponegoro ditahan, sebelum akhirnya dipindahkan ke pengasingan yang berada di Makassar.

Puri Maerokoco

Jika Jakarta memiliki Taman Mini Indonesia Indah yang menggambarkan seluruh Indonesia dalam bentuk yang lebih kecil, Semarang memiliki taman mini Jawa Tengah, yaitu Puri Maerokoco. Tak berbeda jauh dengan TMII di ibu kota, Puri Maerokoco juga memiliki berbagai jenis rumah adat yang disebut anjungan. Setidaknya, ada 35 daerah Kabupaten dan Kota, lengkap dengan hasil kerajinan rumahan dan industri di masing-masing wilayah.

Sejarah menuliskan bahwa taman mini Jawa Tengah ini dibangun oleh Gubernur Ismail di atas lahan seluas kurang lebih 24 hektare tahun 1980 lalu. Nama Maerokoco sendiri diberikan dari adaptasi apos Mahabharata yang bercerita tentang dewi yang sangat kuat keinginannya untuk memiliki seribu bangunan hanya dalam satu malam. Setelah melalui beberapa kali renovasi, akhirnya wisata Puri Maerokoco kembali dibuka untuk umum, kali ini dengan tampilan yang lebih modern.

Perubahan nama pun dilakukan, dari yang semula Puri Maerokoco menjadi Grand Maerokoco, dengan hutan mangrove sebagai salah satu ikonnya. Pengelola tempat wisata ini berhasil menyulap hutan mangrove menjadi suatu area yang begitu memikat, berhasil menyihir siapa saja yang melihatnya. Anda tidak boleh melewatkan sensasi berjalan di tepian hutan ini, merasakan bagaimana indahnya alam ditemani dengan udara yang begitu menyegarkan.

Pantai Marina

Semarang menjadi kota yang juga dikelilingi oleh pantai, jadi jangan sampai Anda melewatkan wisata pantai di kota ini. Salah satu pantai yang terkenal ramai dikunjungi adalah Pantai Marina. Meski Semarang panas pada siang hari, Pantai Marina berhasil memberikan keteduhan karena tumbuhnya pohon-pohon besar sebagai penaung, menjadikan semangat pengunjung tak pernah surut untuk menyambangi tempat ini.

Anda bisa berfoto di beberapa spot menarik di Pantai Marina, seperti di kawasan parkir perahu cepat atau di batuan karang. Hati-hati, karena ombak mulai tinggi pada sore hari, sehingga menikmati matahari terbenam lebih baik dari titik aman. Ada banyak penjaja makanan dan minuman, jadi menikmati indahnya pantai ditemani makanan lezat dan minuman segar tentu membuat kunjungan Anda semakin sempurna.

Old City 3D Trick Art Museum

Anda penyuka fotografi dan semua yang berbau seni nan unik? Coba arahkan kemudi dan tujuan Anda ke Old City 3D Trick Art Museum Semarang. Museum yang mengusung tema tiga dimensi ini berada di kawasan Kota Lama Semarang, berdampingan dengan Gereja Blenduk, gereja paling bersejarah di Kota Atlas ini. Masuklah ke dalam, dan temukan berbagai hal seru dan menarik yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

Ada beragam spot seru yang mengundang kamera Anda untuk mengabadikannya. Di setiap sudutnya, Anda akan menemukan gambar-gambar tiga dimensi, baik berupa jembatan, Patung Liberty yang terkenal, Sphinx dengan nuansa Mesir yang khas, lautan luas, taman dengan sepeda, bahkan hingga kandang burung besar yang bisa Anda masuki. Tidak hanya itu, ada pula ruang terbalik yang pasti membuat Anda kebingungan dibuatnya.

Museum 3D Kota Lama Semarang ini melayani Anda setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Siapkan kocek sekitar Rp50.000,00 untuk setiap orang sebagai tiket masuk, ya, dan Anda bisa menghabiskan waktu sepuasnya di sini untuk berfoto dan mencari angle kamera terbaik.

Rawa Pening

Kembali ke wisata alam, berlokasi cukup jauh dari pusat kota tak membuat pengunjung berhenti mendatangi destinasi wisata satu ini, Rawa Pening. Ya, danau dengan luas kira-kira 2.700 hektare ini memang berlokasi di Salatiga, Kabupaten Semarang. Ciri khasnya adalah danau yang dipenuhi tanaman eceng gondok sehingga terlihat seperti rawa dari kejauhan.

Berlatarkan megahnya gunung, dan beberapa perahu nelayan beraneka warna, Rawa Pening sangat pas dikunjungi ketika sore hari, kala matahari di Semarang sudah cukup bersahabat. Jika memungkinkan, tunggulah sejenak, karena matahari terbenam dari Rawa Pening sangat indah, dan Anda pasti akan menyesal jika tidak mengabadikannya.

Kuliner Khas Kota Semarang

Tahu Gimbal

Sesampainya di Semarang, segeralah manjakan perut dengan menyantap sepiring tahu gimbal. Sajian ini memang paling terkenal di Kota Semarang, lokasi yang paling banyak menjajakannya adalah kawasan Taman Menteri Supeno atau lebih akrab disapa Taman KB. Ada banyak penjual tahu gimbal di sepanjang taman ini, lengkap dengan es buah segar sebagai teman terbaik untuk melepas dahaga.

Namun, kedai tahu gimbal milik Pak. H. Edy-lah yang terkenal memiliki rasa yang tidak tertandingi. Gimbal udangnya begitu pas rasanya, pun bumbu kacangnya juga sangat nikmat. Ditambahkan irisan kol, taburan tauge, daun bawang, tahu, dan telur ceplok, sepiring tahu gimbal dijamin membuat Anda kenyang seketika.

Pisang Plenet

Pernah mencoba manis dan lezatnya pisang plenet? Kuliner khas Semarang ini sangat murah, tetapi juga sangat lezat. Rasa manis pisang yang berisikan nanas dengan taburan meses dan keju ini dijamin mampu memuaskan perut dan memanjakan lidah Anda. Satu porsi pisang plenet berisi 4 (empat) buah bisa Anda coba hanya dengan membayar sebesar Rp10.000.

Camilan ini bisa Anda temui di 3 (tiga) lokasi di Semarang, yaitu milik Pak Subandi yang dekat dengan Pasaraya Sri Ratu Pemuda, kedai milik Pak Yuli, dan milik Pak Tuko. Saking enaknya, Anda harus rela mengantre dan datang lebih awal untuk bisa mencicipinya. Kedai Pak Subandi terbilang cukup populer, Anda bisa mengunjunginya mulai pukul 13.00 hingga 20.00 WIB. Jadi, jangan sampai kehabisan ya!

Roti Ganjel Rel

Nama yang sangat unik, ya! Namun, nama ini bukan sembarang nama, kok, karena roti ganjel rel memang identik dengan Semarang. Roti berwarna cokelat dengan taburan wijen ini dinamai demikian karena berbentuk seperti guling dan panjang, sehingga oleh masyarakat sering disamakan dengan pengganjal rel kereta atau ganjel rel. Bentuknya sendiri sebenarnya sangat mirip dengan roti gambang.

Roti ganjel rel sendiri cukup alot rasanya, dengan tekstur yang padat. Biasanya, camilan ini sering dikonsumsi sebagai menu acara pawai menyambut bulan suci Ramadan. Namun, kini eksistensinya mulai pudar, dan roti ini mulai sulit ditemui. Anda harus mencari penjaja roti tradisional untuk bisa menemuinya.

Tahu Petis

Gorengan memang menjadi camilan yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia, tak terkecuali Semarang. Namun, di antara banyaknya jenis gorengan, tahu petis bisa dibilang hanya ada di Semarang. Ya, tahu pong yang diiris dan diisikan dengan petis berwarna hitam ini memang sangat enak, terlebih jika disantap selagi panas.

Petis sendiri terbuat dari udang yang diolah dengan campuran terasi dan tambahan bumbu lain sehingga menghasilkan warna hitam, tekstur kental, dan rasa yang begitu khas. Entah siapa yang mengawali kuliner murah meriah ini di Semarang, tapi tahu petis berhasil membuat mereka yang berkunjung ke Semarang berebutan untuk mencicipinya.

Tempat Hangout Anak Muda di Semarang

The Tavern

The Tavern Hadir dengan mengusung konsep paduan nuansa klasik dengan balutan gaya mewah nan berkelas. Berlokasi di Jalan Gajahmungkur No. 1, Semarang, The Tavern menjadi tempat nongkrong pilihan para pasangan dan para eksekutif muda. Ditemani aneka menu-menu pilihan, bercengkerama sembari menyaksikan indahnya pemandangan alam di Semarang dari ketinggian ini pun semakin sempurna.

Kafe ini beroperasi setiap hari mulai pukul 16.00 hingga tengah malam setiap hari kerja, sementara di akhir pekan, The Tavern bisa melayani Anda satu jam lebih lama, yaitu hingga pukul 01.00 dini hari. Tempatnya sangat instagrammable, sehingga jangan sampai Anda tidak mengabadikan setiap sisi ruangannya dalam lensa kamera.

Toko Oen

Cobalah berkeliling kawasan Kota Lama hingga menuju ke arah kawasan Pemuda. Anda akan menemukan berbagai bangunan lawas peninggalan masa penjajahan Belanda yang hingga kini masih terawat dan megah berdiri. Bahkan, salah satunya dijadikan tempat makan yang sarat dengan nuansa kolonial, Toko Oen.

Toko ini menawarkan aneka es krim dengan cita rasa yang begitu otentik. Bahkan, Anda pun bisa mencicipi beberapa menu yang hanya ada di Eropa, seperti huzarensalade, kaasstengels, dan uitsmijter. Nama-nama yang terasa asing, ya! Namun, Anda bisa kok mencobanya di Toko Oen. Hingga kini, kedai es krim yang berada di Jalan Pemuda No. 52 ini masih sangat ramai dikunjungi oleh turis mancanegara, terlebih dari Negara Belanda.

Eatboss

Eatboss menawarkan suasana khas yang nyaman dan cozy pada desain ruangannya, membuat Anda akan merasakan tampilan sederhana tetapi tetap berkelas ketika memasuki kafe ini. Perabotannya diusung dari material kayu yang dipadu dengan besi, pot-pot kecil berisi tanaman hijau ditata sedemikian rupa, menambah nyaman kala Anda menghabiskan waktu di sini.

Kafe yang berlokasi di Jalan Menteri Supeno ini memang telah berhasil memikat hati pengunjung sejak pertama kali berdiri. Tidak heran, karena makanan yang ditawarkan di sini terjamin rasa dan kualitasnya, pun suasana kafe yang memang sangat nyaman dan kekinian. Ada dua area yang bisa Anda pilih, area indoor dengan sofa-sofa empuk atau outdoor dengan kursi dan meja klasik.

Lot 28

Anda membutuhkan suasana tenang dan nyaman untuk menghabiskan waktu dengan diri sendiri sembari mencicipi makanan lezat? Coba ke Lot 28 yang berlokasi di Jalan Singosari Raya No. 28, Semarang. Pasalnya, kafe dengan konsep sangat modern dan kekinian ini menawarkan semua yang kamu butuhkan untuk menyendiri atau menyelesaikan segala tugas.

Tersedia sofa yang empuk dan nyaman, kursi yang tidak akan membuat pantat lelah karena duduk terlalu lama, akses internet gratis super cepat, juga sumber listrik di setiap meja. Pun, menunya beragam dan lezat, dengan harga yang dijamin tidak akan membuat Anda menyesal. Apa lagi yang Anda butuhkan? Lot 28 punya semua untuk Anda.

Kedai Gula Jawa

Tak jauh dari Lot 28, tepatnya masih berada di satu lokasi di kawasan Singosari, ada tempat nongkrong lain yang hingga kini masih menjadi favorit remaja dan mahasiswa. Apa lagi kalau bukan Kedai Gula Jawa. Desainnya memadukan nuansa modern, dengan sofa empuk di dalam ruangan serta kursi-kursi untuk di bagian luar. Penerangannya cukup terbatas, tetapi tidak membuat kafe ini menjadi tempat dengan nuansa negatif.

Untuk urusan bersantap, Kedai Gula Jawa adalah tempat alternatif paling direkomendasikan. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan sangat beragam, dan pastinya akan membuat perut segera kenyang, lidah pun puas dengan rasanya yang begitu nikmat. Soal harga, meski terbilang mewah, Kedai Gula Jawa ternyata masih sangat terjangkau. Jadi, jangan sampai terlewatkan!

Angkringan Ing Teras

Angkringan memang tidak pernah lepas dari budaya Jawa. Menu-menunya yang beragam dengan harga sangat kaki lima ini membuat angkringan tidak pernah sepi pengunjung dan selalu menjadi incaran tempat nongkrong, terutama di kalangan mahasiswa. Seperti misalnya Angkringan Ing Teras, salah satu angkringan yang berada di kawasan Pusponjolo ini.

Bukan tanpa alasan, angkringan yang memang digelar di teras atau halaman rumah ini menawarkan suasana hangat seperti sedang bercengkerama di rumah sendiri. Meski menu yang ditawarkan relatif sama dengan angkringan lainnya, Angkringan Ing Teras membuat semua gorengannya secara homemade. Tak heran, menu inilah yang paling diburu, terlebih ketika masih panas. Meski harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan angkringan pada umumnya, pengunjung tetap ramai datang ke sini.

Han’s Kopi

Sepertinya, kopi masih menjadi menu incaran yang paling dicari oleh anak muda, terutama mahasiswa. Tak heran, kemunculan kedai kopi dan kafe yang seperti menjamur pun tak pernah sepi pengunjung, terlebih jika dibuka di area yang sangat strategis. Seperti Han’s Kopi, yang berada di kawasan perkuliahan ternama di Semarang.

Tidak hanya menawarkan aneka menu kopi, Han’s Kopi juga menawarkan beragam menu makanan, mulai dari camilan ringan hingga kuliner yang cukup mengenyangkan. Sembari bersantap, Anda juga bisa menyaksikan pertandingan sepak bola dari layar besar yang memang disediakan untuk fasilitas nobar atau nonton bareng. Harga menunya sangat murah, dijamin tidak akan membuat kantong jebol.

Restoran Terkenal di Semarang

Kampung Laut

Tidak ada tempat lain yang paling direkomendasikan bagi Anda yang menyukai seafood selain Kampung Laut. Menu gurame goreng kering di restoran ini sangat terkenal karena rasanya yang memang begitu juara. Menu lain juga tersedia dan bisa Anda pilih sesuai selera. Ditemani pemandangan tepi laut yang begitu memesona, tak salah lagi, Kampung Laut menjadi tempat paling baik untuk bersantap bersama keluarga.

Restoran ini berlokasi di Jalan Anjasmoro Raya, tak jauh dari Pantai Marina dan berada satu lokasi dengan Puri Maerokoco Tawang Mas. Sebenarnya, restoran ini dibangun tepat di atas danau berukuran besar dan dikelilingi oleh tanaman bakau. Bersantap di sini akan membuat Anda seolah sedang menikmati sajian laut paling nikmat di atas air.

Rumah Makan Soto Bangkong

Lokasinya memang sedikit tersembunyi, tetapi tiang palang besar yang menunjukkan eksistensi Rumah Makan Soto Bangkong membuat penikmat soto khas Semarang ini tidak kesulitan menemukannya. Ya, rumah makan ini memang berlokasi di titik ujung jalan, tepat di sisi lampu merah kawasan M.T. Haryono dan bersebelahan dengan kantor pos. Namun, masih ada lagi gerai soto bangkong lain di Semarang, seperti di kawasan Jalan Setiabudi, Srondol.

Waktu sarapan menjadi waktu kunjungan terbaik, karena menikmati semangkuk soto panas ditemani teh hangat, nasi putih, dan aneka lauk memang tak akan terkalahkan nikmatnya. Inilah mengapa Rumah Makan Soto Bangkong sudah buka sejak pukul 06.00. meski harganya terbilang sedikit mahal, tetapi Anda tidak akan pernah menyesal pernah mencicipi kelezatan soto khas Semarang ini.

Pesta Keboen

Selanjutnya, ada Pesta Keboen yang berlokasi di Jalan Veteran No. 29, kawasan Gajahmungkur, Semarang. Salah satu ciri khas dari restoran ini adalah desainnya yang mengadaptasi konsep tradisional dan tempo dulu yang begitu kentara. Dari pusat kota, restoran ini tidak terlalu jauh, jadi selepas bersantap Anda bisa langsung berjalan-jalan ke Simpang Lima. Anda bisa berkunjung ketika waktu makan siang dan santap malam, karena restoran ini buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Apa saja menu yang ditawarkan oleh restoran bernuansa jadul ini? Tenang saja, ada beragam, kok. Harganya juga bervariasi dan masih terbilang ramah di saku. Anda bisa mendapatkan aneka hidangan lezat mulai dari Rp25.000 hingga Rp100.000,00. Kalau masih bingung, coba pesan sup bola jamur, sayur kailan polos, udang masak bawang, atau ayam asap khas Pesta Keboen. Menu-menu tersebut menjadi rekomendasi, lho.

Asem-Asem Koh Liem

Ke Semarang, jangan lupa untuk mampir ke rumah makan milik Koh Liem dan menjajal sepiring asem-asem hasil tangan ajaib sang pemilik restoran. Berlokasi di Jalan Karang Anyar No. 20, Genuk, Semarang, hidangan asem-asem buatan Koh Liem memang memiliki rasa yang benar-benar enak. Bahkan, Anda bisa menjadikannya menu sarapan, karena asem-asem Koh Liem sudah buka sejak pukul 07.00.

Asem-asem daging menjadi menu yang harus Anda coba ketika bertandang ke sini. Sajian ini dibuat dari paduan asam, daging, dengan kuah pedas, menghasilkan paduan rasa segar di mulut. Selain asem-asem, masih ada bergam menu lain yang tidak boleh terlewatkan, seperti cah kacang panjang, cah sawi putih, atau cah bayam. Soal rasa, tak kalah nikmatnya, kok!

Joglo Agung Resto & Gallery

Semarang memang cukup panas, tapi Anda tetap bisa merasakan kesejukan ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini di salah satu wilayah dataran tingginya, yaitu Bandungan. Di sini, ada sebuah restoran yang sangat terkenal, yaitu Joglo Agung Resto & Gallery. Rumah makan dengan konsep kafe luar ruangan ini menawarkan pemandangan alam Semarang dari ketinggian dibalut dengan udara yang begitu sejuk khas pegunungan.

Meski mengusung konsep tradisional, Joglo Agung Resto & Gallery terbilang mewah, lho! Kemewahan ini hadir dari adanya pajangan benda-benda antik yang semakin memunculkan nuansa klasik. Bersantap di sini tentu tidak akan membuat Anda bosan, terlebih dengan harga makanan dan minumannya yang terbilang masih cukup terjangkau. Jangan lupa untuk berfoto saat ke sini, ya!

The Hills Dining Restaurant

Restoran ini direkomendasikan untuk para pasangan muda yang ingin menghabiskan waktu berdua dengan makan malam romantis. Berada di kawasan Bukit Asri, The Hills Dining Restaurant menawarkan dua area bersantap yang bisa menjadi pilihan, yaitu di dalam atau di luar ruangan. Jika Anda ingin suasana makan malam yang tenang, di dalam ruangan bisa menjadi pilihan.

Namun, jika Anda sangat ingin menikmati pemandangan alam Semarang, area luar ruangan adalah pilihan terbaik. Suasana makan malam akan semakin romantis dengan adanya cahaya redup lilin yang menyala di setiap meja. Belum lagi dengan beragam menu yang ditawarkan, mulai dari hidangan ala Barat hingga Asia dengan harga yang sangat terjangkau. Bulan madu di Semarang? Jangan lupa ke sini, ya!

Oleh-Oleh Khas Semarang

Lumpia

Tidak pernah lengkap kunjungan Anda ke Semarang tanpa mencicip lezat dan otentiknya lumpia, salah satu oleh-oleh khas Kota Atlas. Hidangan ini termasuk camilan ringan yang nikmat disantap setiap saat. Lumpia sendiri terbuat dari campuran rebung, telur, udang atau daging ayam dengan bumbu khas dan dibalut dengan kulit lumpia.

Penyajian lumpia bisa dalam bentuk basah atau rebus dan goreng, keduanya sama-sama menghadirkan cita rasa yang begitu nikmat. Supaya bisa lebih tahan lama, Anda kini bisa membeli lumpia dalam bentuk beku yang telah melalui proses vakum. Lumpia bisa Anda dapatkan dengan mudah di sentra oleh-oleh khas Semarang di kawasan Pandanaran atau area Bubakan Kota Lama.

Bandeng Presto

Tidak hanya lumpia, bandeng presto juga menjadi oleh-oleh yang sangat diburu oleh wisatawan. Meski hanya berupa ikan bandeng, racikan bumbu yang digunakan untuk mengolah ikan air tawar ini sangat pas di lidah masyarakat, terutama masyarakat Indonesia. Pengolahannya pun beragam, bisa langsung digoreng dan disantap selagi hangat, ada pula yang dibalut dengan telur dan diolah dalam bentuk otak-otak ikan bandeng.

Ikan Bandeng Juwana menjadi salah satu merek yang paling dicari. Namun, Anda tidak akan kesulitan menemukannya, karena hampir semua sentra oleh-oleh di Semarang menjajakan oleh-oleh khas Semarang ini. Agar tidak mudah basi, Anda bisa membeli ikan bandeng presto ini dalam bentuk vakum, biasanya bisa bertahan selama kurang lebih 3 (tiga) bulan.

Wingko Babat

Semarang akan lebih sempurna jika Anda menyempatkan diri untuk membeli wingko babat sebagai oleh-oleh. Camilan dengan rasa manis dan gurih ini terbuat dari campuran tepung beras ketan, gula, dan kelapa muda, diolah dengan cara dipanggang hingga warna kulit luarnya berubah menjadi kecokelatan.

Setiap gigitannya, Anda akan merasakan gurihnya tepung beras ketan yang berpadu sempurna dengan rasa manis gula serta parutan kelapa di bagian dalamnya. Camilan ini kini bisa Anda temukan dalam berbagai rasa, mulai dari nangka, cokelat, durian, dan masih banyak lagi. Sama halnya dengan oleh-oleh lainnya, wingko babat tersedia di sentra oleh-oleh Semarang di kawasan Pandanaran dan Bubakan.

Kue Moci

Sebenarnya, kue moci adalah camilan yang identik dengan Negara Jepang. Di Negeri Sakura tersebut, camilan yang juga dikenal dengan nama kue beras ini menjadi kuliner khas yang selalu disantap ketika merayakan tahun baru Jepang. Moci sendiri terbuat dari beras ketan yang dihaluskan dan dibentuk bulat. Di bagian dalamnya, diisi kacang manis tumbuk dan dilumuri tepung di bagian luarnya.

Ketika digigit, kue ini akan terasa lengket di mulut. Inilah mengapa menyantap moci memang lebih nikmat dalam sekali lahap. Namun, rasa manis dan gurih berpadu dengan sempurna ketika Anda menyantapnya. Sekarang, moci tak hanya hadir dalam bentuk topping tepung, tetapi juga dengan lumuran wijen. Segera menuju kawasan Pandanaran dan Bubakan untuk mendapatkan kue moci terenak.

Tahu Bakso

Tahu bakso memang sudah tak asing lagi di telinga, karena Anda bisa mendapatkan gorengan ini di mana saja. Namun, tidak ada yang seenak tahu bakso khas Semarang, yang berpusat di wilayah Ungaran. Tahu bakso Ungaran diolah secara tradisional, dengan bumbu dan rempah pilihan, sehingga menghasilkan cita rasa yang tiada duanya.

Supaya rasanya lebih nikmat, Anda bisa menambahkan kocokan telur sebagai pelapis sebelum menggoreng tahu bakso ini. Di wilayah Ungaran sendiri, tahu bakso bisa Anda beli dalam bentuk matang atau beku. Namun, jika Anda berniat membawanya dalam bentuk oleh-oleh, pilihan beku lebih disarankan.

Torakur

Pernah mendengar nama torakur? Jika belum, Anda harus segera mencicipi camilan satu ini. Torakur merupakan singkatan dari kata “tomat rasa kurma”, dibuat dari bahan dasar tomat yang diolah dengan berbagai bahan lain dan tambahan gula, lalu dibentuk hingga menyerupai dan terasa seperti buah kurma.

Oleh-oleh yang berasal dari wilayah Bandungan, Semarang ini membutuhkan waktu lama hingga siap disantap, kira-kira selama 8 (delapan) hari. Bukan tanpa alasan, ini karena proses perendaman tomat, pengambilan bijinya, pembentukannya hingga sepenuhnya bisa dikonsumsi masih tradisional. Namun, kini Anda sudah bisa mencicipinya tanpa harus menunggu lama karena torakur tersedia di pusat belanja oleh-oleh Semarang. 

Enting-Enting Gepuk

Enting-enting gepuk seharusnya tidak boleh Anda lewatkan jika sedang mencari oleh-oleh khas Semarang untuk keluarga, kerabat, kolega, dan rekan kerja. Kudapan ini memiliki bentuk yang unik, sehingga Anda pasti dengan mudah mengenalinya. Bentuknya segitiga dan ditumpuk serta ditata sedemikian rupa sehingga susunannya menjadi seperti persegi.

Enting-enting gepuk sendiri terbuat dari kacang tumbuk yang dicampur dengan gula yang telah dicairkan hingga menjadi karamel. Kemudian, adonan ini dibentuk segitiga kecil dan didiamkan hingga memadat dan menyatu dengan sempurna. Namun, perlu hati-hati ketika menumbuk, jangan sampai kacang mengeluarkan minyak. Ingin mencicipinya? Cari saja di pusat oleh-oleh Semarang, baik di area Pandanaran atau kawasan Kota Lama Bubakan.

Daftar Mall di Semarang

Mall Ciputra Semarang

Sentra belanja satu ini masih menjadi tempat belanja paling hits di Kota Semarang, terlebih di kalangan remaja dan dewasa muda. Tak heran, karena di sini, berjajar gerai-gerai produk berkualitas, bioskop sebagai sentra hiburan masyarakat, ditambah dengan banyaknya tempat kuliner, mulai dari camilan hingga restoran kelas atas.

Mall Ciputra Semarang, atau lebih akrab disapa CitraLand, berada di kawasan Simpang Lima, salah satu area tersibuk di Kota Semarang. Resmi beroperasi pada Desember 2003 silam, pusat belanja ini tidak pernah sepi pengunjung, meski telah dibangun sentra belanja serupa di kawasan Semarang.

Paragon Mall

Selanjutnya ada Paragon Mall, sentra belanja yang terbilang baru di Kota Semarang. Dalam sekejap setelah resmi beroperasi, pusat belanja ini dicap sebagai yang paling bergengsi di Kota Semarang. Tidak hanya bangunannya yang menjadi satu dengan hotel, semua produk yang ditawarkan di Paragon Mall terbilang sangat berkelas dan berkualitas. Beberapa di antaranya bahkan berasal dari merek luar negeri.

Selain itu, mal ini juga dilengkapi dengan bioskop, aneka kuliner, gerai elektronik, dan sarana penunjang kebugaran di bagian teratas dengan pemandangan langsung ke arah jalanan kota. Tak heran jika Paragon Mall menjadi pusat belanja yang banyak dituju oleh pengunjung kelas atas, karena sentra belanja yang berada di kawasan Pemuda Semarang ini memang sangat kental akan nuansa glamornya.

Java Mall

Lalu, ada pula Java Mall yang berlokasi di Jalan Letjen M.T. Haryono, Semarang. Sentra belanja ini sering dipakai sebagai tempat untuk pameran elektronik, sehingga selalu sukses untuk menarik minat masyarakat. Dalam perkembangannya, Java Mall yang akhirnya berganti nama menjadi Java Supermall ini terbilang cukup signifikan.

Pasalnya, kini Anda bisa menemukan sederetan produk-produk ternama di sini, termasuk bioskop yang semakin meningkatkan daya tarik para pengunjung. Ditambah dengan adanya pusat belanja yang tak pernah sepi, terlebih ketika musim belanja kebutuhan bulanan. Meski lokasinya berada di akses yang cukup sulit karena begitu padat penduduk, Java Supermall tetap mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat Semarang.

Plaza Simpang Lima

Berada tepat di samping Mall Ciputra Semarang, Plaza Simpang Lima dahulu sangat terkenal karena adanya salah satu merek fashion ternama di Indonesia. Bisa dibilang, Plaza Simpang Lima adalah pusat belanja pertama dan paling tua di Kota Semarang. Mal ini begitu ramai dikunjungi, karena Anda bisa berbelanja banyak produk di sini.

Namun, seiring waktu, Plaza Simpang Lima mulai kehilangan daya tariknya, terlebih setelah dibangunnya sentra belanja lain yang lebih bergengsi di Semarang. Alhasil, kini mal yang terhubung langsung dengan Mall Ciputra Semarang ini lebih dikenal sebagai pusat elektronik di Semarang. Jika Anda tertarik untuk membeli ponsel atau laptop beserta segala aksesorinya, di sini tempat paling baik yang bisa dituju.

DP Mall

Tak jauh dari Paragon Mall, ada sentra belanja lain yang bisa Anda tuju, yaitu DP Mall. Namun, pusat belanja yang berada di kawasan Pemuda ini justru tak terlalu banyak pengunjung, salah satu alasannya adalah karena lokasinya yang terbilang cukup tersembunyi dan tertutup area ruko di bagian depannya. Resmi dibuka pertama kali pada Agustus 2007 lalu, department store yang berada di lantai dasar menjadi satu-satunya tempat yang paling ramai dituju.

Namun, kini mal yang bersanding tak jauh dari gedung Balaikota Semarang ini telah berganti konsep, dan mulai memikat hati siapa saja yang melihatnya. Tak hanya department store, kini Anda bisa menemukan sederetan produk-produk terkemuka di dunia, mulai dari fashion hingga kuliner. Pun, DP Mall kini dilengkapi dengan bioskop yang semakin meluaskan pilihan masyarakat Semarang akan sentra hiburan.

Semarang Town Square

Terakhir, ada Semarang Town Square, mal yang masih terbilang baru di Semarang. Sentra belanja ini baru resmi beroperasi sekitar 4 (empat) tahun lalu, tepatnya tahun 2015. Sama halnya dengan Paragon Mall, Semarang Town Square juga dibangun menyatu dengan hotel. Tentu saja, ini bertujuan untuk memudahkan akses masyarakat untuk merasakan langsung suasana mewah Kota Semarang.

Berlokasi di Jalan Inspeksi Gajah Mada, Semarang Town Square mengadaptasi paduan konsep antara Foodtainment, Lifestyle, dan Entertainment. Perubahan dan pembaharuan membuat sentra belanja yang juga dilengkapi dengan bangunan perkantoran dan ruang pertemuan ini akhirnya dibuka kembali pada tahun 2018 lalu.

Tempat Jajanan Murah di Semarang

Kampoeng Semawis

Kampoeng Semawis identik dengan pasar malam, berlokasi di kawasan Pecinan. Oleh pengunjung dan masyarakat setempat, kampung ini juga disebut dengan Pasar Semawis. Namun, untuk mendapatkan pengalaman menikmati aneka jajanan murah khas Semarang, Anda harus terjaga dan mulai berpetualang pada pukul 21.00. Ya, pasar ini memang baru mulai pada malam hari, untuk menjawab permintaan masyarakat akan kuliner malam murah meriah.

Tidak butuh banyak uang untuk bisa menikmati aneka jajanan murah. Anda hanya perlu menyiapkan selembar uang Rp50.000. Dijamin, dengan nominal tersebut, sudah banyak sekali camilan enak yang bisa Anda cicipi. Pintar-pintar memilih mana menu yang akan Anda coba terlebih dahulu, ya, karena semuanya enak!

Lekker Paimo

Hanya bermodalkan gerobak kecil dan payung lebar, leker paimo menjadi salah satu jajanan paling legendaris di Kota Semarang. Bahkan, pengunjung rela mengantre panjang hanya untuk mencicipi kelezatan kue leker yang biasa mangkal di Jalan Karang Anyar No. 37, Semarang ini. Beberapa rela datang bahkan sebelum Pak Paimo, sang pedagang, resmi membuka lapaknya. Saking ramainya, kini Pak Paimo sudah memiliki asisten untuk membantunya berjualan

Kue lekker dengan campuran telur, sosis, dan keju mozarella adalah menu yang harus Anda coba. Harganya yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan menu lainnya tak membuat pengunjung surut untuk tidak memesan menu tersebut. Rasanya memang sangat lezat, tak akan menyesal Anda telah memesannya. Jangan lupa untuk mencoba menu lekker lainnya, seperti lekker pisang coklat keju yang begitu manis dan nikmat.

Bakoel Es Krim

Berada di kawasan Tembalang, Semarang, Bakoel Es Krim menjadi tempat paling pas untuk dituju kala Semarang sedang sangat panas. Menikmati aneka es krim lezat tentu menjadi penawar yang sangat menyegarkan. Lokasinya yang dekat dengan kampus membuat kedai es krim ini menjadi tempat beristirahat para mahasiswa sembari mengerjakan tugas atau menunggu waktu kuliah berikutnya.

Ada beragam es krim yang bisa Anda coba, seperti es krim panekuk, es krim sandwich, es krim rasa original, dan jenis lainnya. Camilannya pun ada, tentunya dengan harga yang pas di dompet mahasiswa. Jika ingin suasana mengobrol yang lebih nyaman, kedai es krim ini menawarkan tempat lesehan, lengkap dengan hiasan lampu yang akan menambah kenyamanan Anda kala bersantap di sini.

Kedai Surti

Masih di kawasan Tembalang, tempat jajan murah lain dengan konsep kafe kekinian ala mahasiswa adalah kedai Surti. Mengusung konsep paduan antara tempo dulu dan nuansa modern, kafe yang memang didirikan oleh salah satu mahasiswa ini berhasil memikat hati para pengunjung. Tak hanya di kalangan mahasiswa, pasangan dan para orang tua pun berbondong-bondong datang ke kedai ini.

Konsep tempo dulu yang diusung Kedai Surti tidak dapat Anda temukan dari desainnya, melainkan dari aneka menu yang ditawarkan. Makanan ringan seperti martabak dan kue cubit khas warung kopi tersedia di sini, tentu saja dengan sedikit inovasi dan kreasi, sehingga membuat camilan ini semakin lezat terlihat, terlebih saat dicicipi.

Tradisi di Semarang

Dugderan

Dugderan menjadi salah satu tradisi khas Semarang yang hingga kini masih dipertahankan. Acara ini digelar setiap tahun untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadan. Nama Dugderan sendiri berasal dari kata ‘dug’ yang diartikan sebagai tabuhan bedug, dan kata ‘deran’ yang diartikan sebagai suara petasan.

Dugderan telah menjadi salah satu tradisi di Semarang sejak tahun 1882, ketika Semarang berada di bawah pimpinan Walikota R.M. Tumenggung Ario Purbaningrat. Dahulu, tradisi ini berpusat di Masjid Agung Semarang (Masjid Kauman) yang berlokasi di kawasan Pasar Johar. 

Dugderan sangat identik dengan pasar malam. Ada beragam barang yang bisa Anda temukan, mulai dari celengan dari tanah liat, aneka mainan, perkakas rumah tangga, da masih banyak lagi. Namun, pasar malam bukan menjadi satu-satunya ciri khas Dugderan. Masih ada mainan ikonik festival Dugderan, yaitu ‘Warag Ngendog’.

Warag Ngendog akan dikirab atau diarak berkeliling Kota Semarang, bermula dari Kantor Balaikota Semarang dan berakhir di Masjid Besar Semarang. Kirab ini diramaikan oleh berbagai lapisan masyarakat Semarang, mulai dari anak-anak sekolah, remaja, dewasa, hingga orang tua. Pastinya, tidak akan ada yang ingin melewatkan kemeriahan tradisi tahunan di Semarang ini.

Nyadran

Tradisi lain yang masih dilakukan di Semarang adalah Nyadran. Sebenarnya, Nyadran sendiri menjadi salah satu kebiasaan di Jawa Tengah, termasuk Semarang. Hanya saja, upacara Nyadran di masing-masing daerah di Jawa Tengah memiliki ciri khas masing-masing. Umumnya, Nyadran dilakukan ketika tiba bulan Ruwah.

Kebiasaan ini dilakukan dengan aktivitas ziarah atau mengunjungi makam sanak saudara atau para tetua, sekaligus membersihkan area sekitar makam. Lalu, masyarakat akan melangsungkan makan bersama, makanan digelar di atas daun pisang yang dibujurkan memanjang. Bukan mengambil piring, masyarakat akan makan langsung di atas daun pisang tersebut. Menunya biasanya sederhana, nasi putih dengan segala lauknya.

Popokan

Popokan atau melempar lumpur merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat di suatu desa dengan tujuan untuk menunjukkan rasa hormat kepada para sesepuh desa karena telah berhasil mengusir harimau dan membuat masyarakat desa kembali aman sentosa. Tradisi ini masih menjadi ciri khas masyarakat kawasan Beringin, Semarang.

Popokan dilakukan dengan membawa berbagai sesajen berikut harimau tiruan, dibawa hingga ke area sawah berlumpur dan selanjutnya akan dilakukan ritual melempar lumpur. Berdasarkan penuturan masyarakat setempat, sesepuh atau para pendiri desa berhasil mengusir harimau dengan menggunakan lumpur.

Sesajen yang dibawa lantas disiapkan, dan bersama harimau tiruan dibawa ke area sawah untuk menyiapkan lumpur sebagai media melempar harimau tiruan. Setelah membaca doa dan ritual selesai, masyarakat lantas menggelar pesta kecil, yaitu saling melempar diri dengan lumpur. Mereka percaya bahwa jika terkena lemparan lumpur, segala hal yang diinginkan akan terwujud.

Hotel di Semarang

Saat berkunjung ke kota Semarang sayang sekali bila pulang kembali ke kota asal di hari itu juga. Apalagi jika anda berasal dari kota yang jauh dari Semarang, karena banyak tempat wisata di Semarang yang bisa anda kunjungi selama berada di kota ini. Berkunjung ke Semarang yang jauh dari rumah tentu tidak cukup untuk sebentar, pastinya Anda butuh dua hingga beberapa hari kedepan menikmati sajian keindahan kota Semarang.

Selama berada di Semarang, Anda butuh hotel atau penginapan untuk menginap menghabiskan malam. Untuk itu Anda tak perlu takut tidak menemukan hotel, penginapan atau rumah singgah (guest house) ketika berkunjung ke Semarang ini.Anda tak perlu bingung karena ada banyak penginapan atau hotel murah di Semarang yang menawarkan harga menarik.

Perlu diketahui bahwa kategori hotel murah juga memiliki kelas - kelas tersendiri seperti di Airy Semarang. Hotel murah memang sangat cocok untuk anda yang bertipe budget traveler. Namun bukan berarti tidak bisa digunakan anda dan keluarga. Hotel murah di Semarang memiliki fasilitas yang lengkap dan membuat tidur anda nyaman seperti menginap di hotel berbintang tinggi sekalipun. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari 100 ribuan dan Anda akan menemukan banyak di Semarang. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis hotel di Semarang yang ada di Airy yaitu sebagai berikut:

Airy Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap saat sedang berkunjung ke kota Semarang, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang sangat terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, anda tak perlu ragu, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman. Fasilitas tersebut seperti wifi gratis, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, tv dan air conditioner (AC). Tentu hotel jenis ini cocok untuk para Backpacker dengan budget terbatas yang hanya butuh tempat untuk tidur. Harga untuk hotel eco di Semarang mulai dari 100 ribuan anda dapat temukan dengan mudah.

Airy Standard

Jika anda memiliki budget yang cukup, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel murah di Semarang dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel murah ini. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco. Fasilitas tambahan dapat berupa air panas untuk mandi hingga sarapan pagi gratis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata untuk lebih lama di hotel atau staycation saat berkunjung ke kota Semarang. Selain itu, hotel murah kelas standard ini juga sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis bertemu klien di Semarang. Anda dapat menikmati malam sambil menyiapkan presentasi atau menyelesaikan pekerjaan saat disaat harus keluar kota di dalam hotel.

Airy Premier

Kelas yang terakhir adalah kelas Premier atau kelas yang paling high class di Airy Semarang. Ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier ini menawarkan hotel murah yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini. Cocok sekali untuk yang sedang honeymoon dan lebih banyak berdiam di hotel. Kelas hotel murah ini banyak ditemukan di Kota besar seperti Semarang.

Tips Memilih Hotel Murah di Semarang

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Semarang, tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Bagi Anda yang mencari hotel murah di Semarang, maka anda akan menemukan banyak tawaran. Penting untuk anda mengetahui tips-tips agar terhindar dari hotel murahan. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Harga Per Malam

Budget menjadi faktor penting bagi beberapa wisatawan untuk memilih hotel, karena harganya yang cukup menguras dompet. Itulah yang menjadi kebanyakan wisatawan mencari hotel atau penginapan murah ketika berkunjung ke Semarang. Tak jarang pula wisatawan yang terjebak dengan harga yang ditawarkan hotel - hotel disana yang sangat murah dengan penipuan fasilitas. Oleh karena itu penting untuk Anda memerhatikan harga yang ditawarkan hotel murah di Semarang.

Pastikan harga hotel murah yang ingin Anda booking berada pada standar OTA. Hotel murah yang disediakan Airy tentu lebih murah dibanding penyedia hotel lainnya di Semarang. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, Anda dapat membuktikannya. Selain itu, jangan memaksakan untuk memilih hotel yang melebihi budget yang anda punya. Karena harga murah pun Anda dapat menikmati kenyamanan yang dijamin oleh Airy Semarang.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya Anda harus perhatikan lokasi hotel murah yang Anda pilih di Semarang. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Semarang. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Semarang seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian.

Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Semarang atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Semarang.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel murah di Semarang, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel murah di Semarang. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Semarang anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya. Dengan memilih Airy yang ada di Semarang, Anda tidak akan kecewa dengan layanan yang diberikan karena Airy sudah memastikan jaminan kenyamanan untuk seluruh hotel di Semarang yang tersedia di Airy.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel murah di Semarang akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian banyak juga penyedia booking hotel di Semarang secara online. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan penyedia hotel lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Semarang.

Waspada Dengan Penipuan

Dengan banyaknya penyedia jasa booking hotel online khususnya hotel di Semarang, Anda harus waspada dengan kasus penipuan yang masih terjadi. Anda dapat memastikan bahwa penyedia jasa booking hotel tersebut memiliki nama yang terpercaya seperti Airy. Airy tidak bisa menjamin jika tidak ada yang melakukan penipuan atas nama Airy. Oleh karena itu sebagai pencegahan, sebelum Anda melakukan pembayaran, pastikan rekening tersebut atas nama Airy Nest Indonesia.

Rekomendasi Hotel di Semarang

Jika anda sudah punya rencana mengunjungi Semarang maka anda dapat booking hotel di Semarang secepatnya agar tak menjadi beban pikiran. Anda akan menemukan hotel murah di Semarang. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Semarang.

Airy Gajahmungkur Sultan Agung 1 Semarang

Airy Gajahmungkur menjadi pilihan penginapan murah di Semarang untuk Anda yang ingin menikmati kawasan Semarang bagian selatan. Berada di Jalan Sultan Agung No. 1, Gajahmungkur, akomodasi ini menawarkan fasilitas lengkap yang menunjang kenyamanan Anda dalam beristirahat.

Tersedia kasur besar, akses internet, AC, kamar mandi dalam lengkap dengan shower dan air panas, air mineral gratis, hingga televisi sebagai sarana hiburan. Dari akomodasi, Anda sudah dekat berbagai destinasi menarik yang ada di Semarang, seperti kawasan Simpang Lima, kawasan Pemuda, bangunan bersejarah Lawang Sewu, dan Klenteng Sam Poo Kong.

Airy Syariah Sampangan Menoreh Utara 4 Semarang

Selanjutnya ada Airy Syariah, tipe yang pas untuk para pasangan halal yang ingin berjalan-jalan murah di Semarang. Hotel murah di Semarang ini berlokasi di Jalan Menoreh Utara IV No. 4, Sampangan, tidak jauh dari Lawang Sewu, Klenteng Sam Poo Kong, kawasan Pemuda dan sentra wisata Simpang Lima.

Tidak hanya destinasi wisatanya, hotel di Semarang ini pun tak jauh dari beragam wisata kuliner yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Restoran Cowek Ireng, Tandhok Iga Bakar, dan Sareng Rencang Seafood bisa menjadi pilihan pemanja lidah. Dari sini, Bandara Internasional Ahmad Yani pun bisa ditempuh dalam waktu singkat.

Airy Bandara Ahmad Yani Anjasmoro Raya 74 Semarang

Tidak hanya sekadar wisata, Semarang juga semakin berkembang dalam urusan bisnisnya. Memiliki waktu singkat di Semarang tak lagi menjadi kekhawatiran, karena Anda bisa menemukan hotel terdekat di Semarang yang bisa dengan mudah menjangkau akses transportasi untuk memudahkan mobilitas.

Seperti Airy Bandara Ahmad Yani yang berada di Jalan Anjasmoro Raya No. 74, Semarang, salah satu hotel berbujet rendah terbaik yang tidak jauh dari Bandara Internasional Ahmad Yani. Tentu saja, ini menjadi akomodasi pilihan paling tepat jika Anda memiliki mobilitas tinggi dan berkunjung ke Semarang untuk tujuan bisnis.

Airy Simpang Lima Anggrek Satu 18 Semarang

Simpang Lima menjadi salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Meski hanya berupa lapangan besar, kawasan ini tidak pernah sepi peminat, terlebih dengan adanya kendaraan-kendaraan hias seperti sepeda dan mobil yang bisa Anda sewa untuk bermain bersama keluarga, sang buah hati, atau pasangan.

Meski sangat terkenal, Anda tetap bisa menemukan hotel murah di Semarang, karena ada Airy Simpang Lima Anggrek Satu 18 Semarang yang berada di Jalan Anggrek I No. 18, Semarang. Tak hanya dekat dengan Simpang Lima dan segala tempat menarik di sekitarnya, Airy Simpang Lima banyak menjadi pilihan untuk singgah keluarga karena dekat dengan kawasan perkuliahan Universitas Diponegoro.

Airy Candisari Sisingamangaraja 4 Semarang

Ingin menikmati indahnya Kota Semarang dari ketinggian tanpa perlu menghabiskan banyak uang? Tenang, Airy Candisari Sisingamangaraja 4 bisa menjadi pertimbangan kala memesan akomodasi untuk bermalam. Tidak hanya menawarkan pemandangan lanskap Semarang yang begitu menakjubkan, Airy juga memberikan kenyamanan dengan adanya fasilitas lengkap di setiap kamar.

Anda akan dengan mudah terhubung dengan dunia maya dengan adanya akses internet gratis, kamar mandi lengkap dengan peralatan dan shower air panas, televisi dengan beragam pilihan saluran sebagai teman hiburan, kasur yang bersih dan nyaman untuk beristirahat, juga fasilitas air mineral gratis. Pun, tersedia kolam renang untuk Anda yang memang ingin tetap sehat dan bugar meski sedang liburan.

Airy Eco Syariah Pedurungan Purwomukti Raya 50 Semarang

Airy Eco Syariah hadir untuk memenuhi permintaan konsumen akan hotel berbujet rendah berbasis syariah di Semarang. Tidak hanya dikhususkan bagi pasangan halal dan keluarga, hotel murah di Semarang ini sangat terjamin harganya, karena Airy Eco bekerja sama dengan penginapan, hotel bujet, guest house, dan residence di Semarang.

Berlokasi di Jalan Purwomukti Raya No. 80, Pedurungan Lor, Semarang, akomodasi ini dilengkapi dengan beragam fasilitas yang membuat pengalaman menginap Anda semakin tak terlupakan. Tidak hanya tempat tidur bersih, Anda juga akan disuguhi dengan kamar mandi lengkap dengan segala kebutuhannya, televisi, akses internet dan air mineral gratis. Pun, tersedia fasilitas pemanas air untuk Anda yang ingin menikmati secangkir kopi dan teh di sore hari.

Airy Pemuda 122 Semarang

Selain Simpang Lima, masih ada lagi kawasan lain di Semarang yang tak kalah terkenal, yaitu kawasan Pemuda. Di sini, Anda bisa merasakan nuansa sejarah yang begitu terasa, karena Pemuda menjadi salah satu saksi bisu perjuangan para pahlawan dan masyarakat Semarang dalam mengusir penjajah. Anda bisa menemukan Museum Mandala Bakti dan Lawang Sewu di kawasan ini.

Supaya tidak terlalu jauh, tentu Anda harus memilih akomodasi yang berada di sekitar lokasi. Sepertinya, untuk hotel di Semarang dengan harga ramah di kantong, tidak ada lain selain Airy Pemuda, yang berlokasi di Jalan Pemuda No. 122-124, Semarang. Tidak hanya dekat dengan bangunan paling bersejarah di Semarang, akomodasi ini juga menghubungkan Anda dengan sentra oleh-oleh di kawasan Pandanaran dan Stasiun Poncol serta Bandara Internasional Ahmad Yani.

Airy Eco Banyumanik Mulawarman View 7 Semarang

Memang benar jika jaringan hotel Airy Rooms tersebar luas di wilayah Semarang. Pasalnya, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan akomodasi dengan harga yang begitu terjangkau di lokasi yang sangat strategis. Seperti Airy Eco Banyumanik yang berada di Perum Mulawarman View, Jalan Mulawarman View No.7, Banyumanik, Semarang.

Dari akomodasi ini, beragam kuliner kekinian di Semarang bisa Anda temui dengan mudah. Ada Arte Gelato, Mbok Rawit, De Lasco Restaurant, Clapper Movie Cafe, dan sederetan tempat nongkrong hits lainnya di kawasan Semarang atas. Destinasi wisata pun tidak jauh, karena ada banyak transportasi umum yang bisa mengantarkan Anda ke tujuan dengan segera.

Airy Gombel Bukit Sari Raya 1 Semarang

Satu lagi kawasan dengan pemandangan alam paling memukau di pusat Kota Semarang, Gombel. Akomodasi murah ini berada di Jalan Bukit Sari Raya No. 1, Sumurboto, Semarang. Konsep bangunannya begitu natural, dengan adanya taman-taman dengan nuansa alam yang kental. Beberapa ruangan akomodasi ditunjang dengan lantai dan dinding kayu dan batu bata tanpa pelapis, semakin membuat Anda betah berlama-lama.

Tak usah khawatir jika Anda bertualang sendirian di Semarang, karena Airy menyediakan kamar dengan kapasitas tamu hanya 1 (satu) orang alias single room. Ruangan lain yang ditawarkan adalah tipe Comfort Zone Double dan Luxury Zone Double. Meski mengusung konsep mewah, harga yang ditawarkan tetap ramah, kok!

Airy Eco Miroto Seteran Serut Semarang

Pilihan terakhir adalah Airy Eco Miroto Seteran, yang berada di Jalan Seteran Serut GG1 No. 3, Miroto, Semarang. Penginapan murah di Semarang ini sangat tepat untuk Anda yang ingin menikmati pengalaman berbaur dan merasakan menjadi masyarakat lokal. Desain bangunannya sangat minimalis, tetapi tetap mengutamakan kenyamanan dengan balutan modern.

Kamarnya begitu bersih, ditambah dengan fasilitas di dalam ruangan yang tentu saja lengkap. Tidak hanya hotel berkelas, Anda juga bisa mendapatkan kamar tidur dengan kasur besar dan nyaman, AC, televisi layar datar dengan berbagai saluran, kamar mandi pribadi lengkap dengan shower air panas, juga mudah berselancar di dunia maya dengan adanya akses internet gratis. Kebersihannya sangat terjaga, baik di dalam maupun di luar akomodasi.

Itulah rekomendasi hotel murah di Semarang yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Semarang ini. Tentunya hotel-hotel murah Semarang bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Semarang ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.