Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
December 2018
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

8 Hotel Di Sidoarjo

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 244,400
Sisa 2 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Asal usul Sidoarjo

Sidoarjo adalah salah satu kabupaten yang berada di pulau Jawa lebih tepatnya di Jawa Timur, kota Sidoarjo ini dahulunya adalah sebuah kerajaan yang makmur bernama Kerajaan Jenggala. Namun pada masa penjajahan Belanda, nama kerajaan ini diubah menjadi Sidokare. Nama Sidokare ini bertahan hingga tahun 1859 dan kemudian diganti dengan nama Sidoarjo.

Kabupaten Sidoarjo adalah salah satu kabupaten yang penting di Pulau Jawa, Kabupaten Sidoarjo memiliki bandar udara internasional yang penting bagi mereka yang ingin mengunjungi daerah ibu kota Jawa Timur yaitu Surabaya. Sidoarjo adalah sebuah kabupaten yang khas hewan Trenggiling. Namun sayangnnya Trenggiling yang merupakan fauna khas dan lambang dari kabupaten ini saat ini terancam punah. Selain memiliki fauna resmi berupa Trenggiling, Kabupaten Sidoarjo juga sangat populer dengan produksi udangnya yang sangat besar.

Cara ke Sidoarjo

Sidoarjo memang kurang populer dengan tempat wisatanya. Tapi Sidoarjo tetap memiliki daya tarik karena banykanya lahan usaha yang terbuka disana terutama karena hasil lautnya yang melimpah. Jika anda ingin mencoba datang ke Sidoarjo maka berikut ini adalah beberapa cara transportasi yang bisa anda gunakan untuk mencapai Sidoarjo

Mencapai Kota Sidoarjo Melalui Jalur Udara

Salah satu alat transportasi yang dimiliki oleh Sidoarjo adalah pesawat terbang. Pesawat terbang biasanya digunakan oleh mereka yang ingin mengunjungi Sidoarjo tapi berasal dari luar pulau atau luar propinsi. Jika anda ingin mencapai Sidoarjo dengan menggunakan jalur udara, anda akan mendarat di Bandar Udara Internasional Juanda. Bandar udara ini berlokasi di kecamatan Waru di Kabupaten Sidoarjo. Bandar udara Juanda ini namanya diambil dari nama Djuanda Kartawidjaja dan merupakan bandar udara paling sibuk kedua di Indonesia selain bandara Soekarno-Hatta.

Untuk terbang ke ke kota Sidoarjo ini, anda bisa menggunakan pesawat-pesawat berikut:

  • Lion air
  • Citilink
  • Garuda Indonesia
  • Wings Air
  • Dan juga Batik air

Mengenai jadwal keberangkatan tiap pesawat, anda bisa melihatnya di website angkasa pura khusus untuk pelabuhan udara Internasional Juanda.

Mencapai Kota Sidoarjo Melalui Jalur Darat

Selain menggunakan jalur udara, anda bisa mencapai kota Sidoarjo dengan menggunakan jalur darat. Jalur darat untuk mencapai Sidoarjo ini biasanya dipilih oleh orang-orang yang tempat tinggalnya tidak terlalu jauh dari Sidoarjo, misalnya daerah seprovinsi atau darah yang berada di dalam satu pulau. Untuk melakukan perjalanan darat menuju Sidoarjo anda bisa mengunakan 2 alat transportasi yaitu menggunakan jalur bus dan juga jalur kereta api.

Jalur bus

Bagi anda yang menyukai jalur bus untuk mencapai Kabupaten Sidoarjo maka anda bisa turun di dua tempat yaitu di Terminal Larangan atau Terminal Purabaya.Terminal Purabaya adalah salah satu terminal yang paling sibuk yang ada di Indonesia. Setiap harinya kurang lebih ada sekitar 120 ribu penumpang yang hilir mudik menggunakan terminal ini. Terminal ini berada di daerah Bungurasih, Waru, Sidoarjo dan juga dikenal dengan nama Terminal Bungurasih. Terminal ini sangat padat karena merupakan terminal yang memiliki bayak daerah tujuan misalnya daerah Tulungagung, Solo, Blitar, Madiun, Jogja, Magelang, Bangkalan dan masih banyak yang lainnya.

Jalur kereta

Jika anda tidak suka menggunakan jalur bus tapi anda tetap ingin menggunakan jalur darat, makan pilihan anda adalah menggunakan kalur kereta. Jalur kereta di Sidoarjo bisa anda lakukan dengan mengendarai kereta dari stasiun di kota anda dan berhenti di Stasiun Sidoarjo yang berlokasi di desa Lembahputro, Kecamatan Sidoarjo.

Transportasi di Kota Sidoarjo

Jika anda sedang berada di daerah Sidoarjo, anda bisa menggunakan alat transportasi yang murah atau yang mahal. Jika anda ingin lebih nyaman dalam berkendara, anda bisa menggunakan jasa rental mobil atau menggunakan taksi untuk pergi ke tempat-tempat yang ingin anda tuju. Tapi jika anda menggunakan jasa rental mobil atau menggunakan taksi mungkin harga yang anda keluarkan akan lebih banyak. Jika anda ingin transportasi yang lebih murah dan khas backpacker anda bisa menggunakan angkot atau angkutan kota.

Angkutan kota atau angkot di daerah Sidoarjo ini termasuk angkutan kota yang lengkap karena anda bisa pergi kemana saja dengan menggunakan angkutan kota ini. tidak semua kota memiliki angkutan kota yang lengkap seperti di Sidoarjo ini.

Angkot di Kabupaten Sidoarjo ini ada banyak jenisnya. Setiap jenis angkot merupakan representasi dari tujuan atau trayek yang akan dikunjungi oleh angkot tersebut. Jika di Bandung dan juga di Balikpapan angkot menggunkan warna-warna untuk membedakan trayek satu dengan yang  lainnya, di Kabupaten Sidoarjo ini angkutan kota memiliki kode-kode tertentu, kode-kode tersebut diantaranya adalah HA, HB1, HB2, HC, HE, HF, HH, HI hingga HZ. Selain itu ada juga kode lain yaitu kode LTP, LK, LG, LGP, MA, MB, MC, MD hingga MF, PK, ST, SK dan masih banyak kode-kode lainnya yang menentukan area operasi tiap angkot.

Tempat Wisata di Sidoarjo

Tidak seperti daerah-daerah yang lainnya. Daerah Sidoarjo ini tidak banyak memiliki tempat wisata. Tempat yang sering menarik perhatian dari pada wisatawan diantaranya adalah:

Taman alun-alun Sidoarjo

Taman alun-alun ini adalah salah satu tempat yang menarik di Sidoarjo. Tempat ini populer karena berada di jantung kota. Taman alun-alun ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai taman tengah kota tapi anda juga bisa digunakan untuk melakukan olahraga dan juga melakukan aktivitas lainnya. ditaman ini juga ada sebuah pendopo yang sering digunakan sebagai sanggar tari. Jika anda ingin menikmati keramaian taman ini anda bisa datang ke tempat ini pada sore hari, pagi hari dan juga hari libur.

GOR Gelora Delta

Jika anda memiliki hobi olahraga, maka GOR Gelora Delta ini merupakan tempat yang cocok bagi anda untuk berwisata. Disini, anda bisa menemukan banyak sekali arena olahraga mulai dari kolam renang hingga lapangan-lapangan tempat olahraga.

Industri Ikan Asin Cemandi

Jika anda ingin mencari oleh-oleh khas Sidoarjo, anda bisa datang ke daerah Cemandi, Sedati ini. disini, anda bisa menikmati banyak hasil kolam pancing dan tambak yang diasinkan.

Industri kampung Jajanan Krembung

Pecinta kuliner tradisional? Tempat ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan wisata bagi anda. Di daerah Kedungrawan ini anda bisa menikmati daerah pengolahan jajanan-jajanan pasar yang tentu saja menggoda lidah anda untuk mencicipi. Industri jajanan ini sudah berjalan sehak tahun 2009, produk yang dimilikinya antara lain adalah jajanan pasar seperti nogosari, kue kucur, lumpia, ote-ote dan juga makanan atau jajanan modern seperti roti goreng, donat dan masih banyak lagi. Selain menemui tempat jajanan ini, anda juga bisa mengunjungi industri jamur merang di daerah tersebut.

Water Park Sun City

Salah satu taman wisata yang dibangun di Sidoarjo adalah Water Park Sun City. Water Park ini berisi banyak wahana mulai dari kolam renang, flying fox, dan juga wahana outbound yang lainnya.

Kuliner Sidoarjo

Pecinta kuliner, anda tidak boleh melewatkan kesempatan mengoyangkan lidah anda di Sidoarjo karena disini ada banyak makanan yang bisa menjadi pengalaman bagi anda

Tempat Nongkrong di Sidoarjo

Salah satu gaya hidup masa kini bagi remaja dan juga pemuda adalah nongkrong di cafe-cafe yang cantik dan nyaman. Di Sidoarjo, anda juga bisa mengunjungi tempat-tempet nongkrong yang populer yaitu di Frittella House of Pancake, di Alun-alun Sidoarjo dan juga di Paprika Cafe & Eatery

Tempat Makan Enak di Sidoarjo

Kalau urusan nongkrong berbeda dengan urusan makan enak. Jika anda menyukai jajanan-jajanan pinggir jalan yang memiliki rasa sedap, berikut ini adalah beberapa list tempat makan yang bisa anda kunjungi:

  • Kikil Sapi Pak Madekan
  • Sop Buntut Depot Langgeng
  • Rujak Cingur Sedati bu Nur Aini
  • Mie gajah Mada

Kuliner Malam Sidoarjo

Jika anda adalah salah satu manusia yang hidup dan aktif mengkonsumsi makanan sedap dimalam hari, maka anda tidak boleh ketinggalan Warung Rawon Gajah Mada dan juga Rawon Al Abror. Warung ini buka pada jam 11 malam, tapi karena kenikmatan makanannya warung ini tetap ramai walau bukanya pada tengah malam.

Restoran terkenal di Sidoarjo

Jika anda ingin sensasi makan direstoran yang rasanya enak dan elegan, berikut ini adalah beberapa restoran yang populer untuk rekomendasi anda

  • Ayam Goreng Gringging
  • Depot Sop Buntut Langgeng
  • Resto Anda
  • Rujak Cingur bu Nur
  • Dan juga Juara Spo Klaten

Oleh-Oleh khas Sidoarjo

Bagi anda yang datang ke Sidoarjo untuk berwisata, tidak afdol rasanya jika anda pulang tanpa membawa oleh-oleh untuk rekan dan juga saudara anda. Berikut ini adalah beberapa jenis jajanan khas Sidoarjo dan juga pusat oleh-oleh yang bisa anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh.

Pusat Oleh-oleh Sidoarjo

Jika anda datang ke Sidoarjo dan akan segera pulang, anda tidak perlu repot-repot mencari oleh-oleh untuk sanak family anda. Selain membawa jajanan, anda juga bisa membawa oleh-oleh lain yang tidak kalah khasnya dengan jajanan Sidoarjo. Oleh-oleh selain jajanan ini bisa anda dapatkan dengan mengunjungi sebuah toko yang bernama Toko Tanjung yang merupakan salah satu lokasi penjualan oleh-oleh khas dari Sidoarjo. Di toko tersebut dijual berbagai jenis oleh-oleh khas Sidoarjo seperti bandeng asap, otak-otak bandeng, bandeng balut telur dan masih banyak lagi.

Jajanan Khas Sidoarjo

Untuk oleh-oleh jajanan, anda bisa mencoba beberapa oleh-oleh berikut ini:

  • Kripik tales
  • Wader renyah
  • Kerupuk udahng khas Sidoarjo
  • Trasi Sidoarjo
  • Tripang
  • Krupuk terong
  • Kue lumpur bakar
  • Dan juga petis.

Daftar Mall Di Sidoarjo

Jika anda rindu suasana wisata di pertokoan, anda juga bisa menikmati perbelanjaan di mall-mall yang ada di Sidoarjo. Mall-mall tersebut antara lain adalah:

  • Sidoarjo town Square
  • Sun City mall
  • Lippo Plaza Sidoarjo

Event di Sidoarjo

Seperti daerah lainnya, Sidoarjo juga memiliki banyak sekali event, baik yang bekaitan dengan sosial, budaya atau perayaan. Salah satu event yang diselenggarakan di Sidoarjo adalah Sidoarjo Exotic Festival. Sidoarjo Exotic Festival adalah sebuah acara yang berformat pawai yang diselenggarakan untuk memperingati hari ulang tahun Kabupaten Sidoarjo ini. Disini anda bisa melihat budaya dari Sidoarjo seperti batik tarian dan masih banyak lagi.

Hotel di Sidoarjo

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Sidoarjo. Jika anda yang berasal dari luar Sidoarjo lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Sidoarjo dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Sidoarjo ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

Rekomendasi Hotel Murah di Sidoarjo

  • Airy Syariah Bandara Juanda Sidoarjo
  • Airy Waru Pondok Maspion Sidoarjo
  • Airy Bandara Juanda Sedati Sidoarjo