Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
December 2018
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

5 Hotel Di Singkawang

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 150,800

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Singkawang

Singkawang merupakan sebuah kota di provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini memiliki kenampakan alam yang indah dengan dikelilingi oleh pegunungan Poteng, Pasi, dan Sakok. Ketika berkunjung ke Singkawang, ada banyak hal menarik yang dapat Anda eksplorasi untuk semakin mengenal kota ini secara lebih dekat.

Asal Usul Kota Singkawang

Nama Singkawang sebenarnya berasal dari bahasa Hakka yaitu San Khew Jong. Nama ini mengacu pada sebuah kota yang berda di bukit dekat estuary dan laut. Singkawang awalnya adalah sebuah desa yang menjadi bagian Kesultanan Sambas. Singkawang dulu menjadi tempat singgah para penambang emas dan pedagang dari Monterado. Para pedagang dan penambang tersebut mayoritas berasal dari China dan sebelum ke Monterado biasanya beristirahat di Singkawang. Ketika para penambang dan pedagang tersebut melihat perkembangan Singkawang yang cukup menjanjikan, banyak penambang yang beralih profesi menjadi pedagang dan petani di Singkawang sehingga mereka pun akhirnya tinggal dan menetap di sana.

Cara Menuju Kota Singkawang

Melalui Jalur Darat

Jika Anda melakukan perjalanan dari kota Pontianak, Kalimantan Barat, Anda perlu menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 145 km.

Melalui Jalur Laut

Untuk menggunakan jalur ini, jika Anda dari Jawa, Anda dapat menggunakan kapal dari Kendal ke Pelabuhan Kumai di Kalimantan Tengah. Selanjutnya perjalanan dapat dilanjutkan via jalur darat yang memerlukan waktu selama sekitar 20 jam.Atau Anda juga bisa menyeberang dari Surabaya ke Sampit dan melanjutkan dengan perjalanan darat selama sekitar 17 jam.

Melalui Jalur Udara

Karena di Singkawang belum ada Bandara, maka bagi para pengunjung yang datang dari luar Kalimantan dapat mendarat di Bandara Supadio yang ada di Pontianak. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan bus Damri atau taksi yang memerlukan waktu sekitar 3 jam.

Transportasi di Singkawang

  • Mobil Travel
  • Taksi
  • Ojek

    Tempat Wisata di Singkawang

    Singkawang memiliki banyak destinasi wisata yang belum banyak dieksplorasi. Keindahan tempat wisata ini mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya dan ingin kembali datang ke sana lagi. Berikut tempat wisata menarik yang dapat anda kunjungi.

    Air Terjun Sibohe

    Wisata air terjun ini berjarak sekitar 6 km dari pusat kota dan berada di Desa Pejintan. Biasanya pada pukul 1 siang, sinar matahari masuk ke dalam kolam yang bagian kanan dan kirinya terdapat batu dan akar pohon yang tingginya sekitar 9 m.

    Batu Belimbing

    Objek wisata di Pajintan ini berjarak sekitar 8 km dari pusat kota berupa bongkahan batu unik seperti buah belimbing. Batu ini dikelilingi oleh hutan yang masih alami.

    Gunung Roban

    Jaraknya hanya sekitar 4 km dari pusat kota. Dari atas puncak, Anda dapat melihat kota Singkawang dari atas ketinggian.

    Hangmoy

    Jika dari pusat kota berjarak sekitar 6 km. Ini adalah sungai yang hulunya di Gunung Poteng dan menawarkan suasana khas pedesaan.

    Industri Keramik

    Tempat wisata di Desa Sakok ini hanya berjarak sekitar 2 km dari pusat kota. Cara pembuatan keramik tersebut masih menggunakan tungku tradisional yang dikenal dengan sebutan Tungku Naga. Pabrik pertama didirikan pada tahun 1895.

    Gunung Poteng

    Ini adalah wisata cagar alam yang memungkinkan pengunjung melihat anggrek Singkawang dan Bunga Raflesia.

    Masjid Agung

    Berada di Jalan Alianyang, objek wisata ini dekat dengan Kantor Walikota Singkawang. Ini adalah masjid terbesar di Singkawang yang memiliki bangunan berbentuk seperti joglo.

    Palm Beach

    Ini adalah tempat wisata yang cukupeksklusif di Singkawang karena sudah dilengkapi dengan fasilitas kantin, hotel, offroad, kolam renang, volley pantai, dan area perkemahan.

    Pantai Batu Payung

    Berada di Kecamatan Sungai Raya, objek wisata ini berjarak sekitar 20 km dari pusat kota. Di sana pengunjung dapat melihat pulau – pulau kecil dari kejauhan. Pantai ini juga memiliki pasir putih dan bebatuan yang menjorok ke laut.

    Pulau Simping

    Terletak di perairan Teluk Mak Jantu, Singkawang Selatan, objek wisata ini dapat diakses melalui jembatan beton. Air laut di sana sangat tenang. Objek wisata ini masuk di kawasan Pantai Sinka Park Island.

    Pantai Gosong

    Pantai ini menawarkan sudut pandang yang luas dengan panorama Pulau Semesak dan Pulau Tempurung yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki ketika air laut sedang surut.

    Pulau Randayan

    Pantai ini terkenal karena menawarkan panorama berupa batuan karang, aneka biota laut, dan villa – villa kecil yang menghadap ke laut. Jika dari Pantai Pasir Panjang perlu menempuh perjalanan selama sekitar 2 jam.

    Pasar Hongkong

    Ini adalah tempat wisata kuliner yang populer berupa pusat jajanan malam hari. Biasanya tempat ini buka mulai pukul 6 sore.

    Rindu Alam

    Tempat wisata ini berada di antara Gunung Kota, Gunung Bajau, dan Gunung Pelapis atau berjarak sekitar 18 km dari Pasir Panjang. Pemandangan yang indah dengan hawa yang sejuk menjadikan tempat ini cocok untuk melepas penat.

    Sinka Island Park

    Ini adalah tempat wisata modern andalan Singkawang. Lokasinya berada di kawasan wisata Teluk Karang atau berjarak sekitar 8 km dari pusat kota.

    Sinka Zoo

    Lokasinya hanya berjarak sekitar 500 dari Sinka Island Park. Di sana terdapat kendaraan yang siap membawa pengunjung mengelilingi Gunung Bajau. Tempat ini menawarkan panorama yang indah ke arah kota dan laut.

    Taman Bukit Bougenville

    Berada di Desa Sijangkung, taman ini berjarak sekitar 6 km dari pusat kota dengan latar belakang Gunung Pasi. Di sana pengunjung dapat melihat berbagai macam tanaman bunga.

    Taman Chidayu

    Lokasi taman ini berdampingan dengan Taman Bukit Bougenville dan sudah dilengkapi dengan tempat pemancingan, taman bunga, aneka pohon buah, dan taman bermain.

    Taman Gayung Bersambut

    Berada di Jalan Firdaus, taman ini sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati berbagai kuliner yang dijajakan di sana.

    Taman Burung

    Lokasi taman ini berada di Jalan Merdeka. Biasanya taman ini dijadikan sebagai tempat untuk bersantai di sore hari atau malam hari.

    Vihara Chikung

    Berada di Jalan Sagatani di daerah Sinnam, vihara ini berjarak sekitar 3 km dari pusat kota. Vihara ini menjadi tempat ibadah bagi Sakte Buddha Maitreya.

    Vihara Surga Neraka

    Berada di Gunung Pasi, ini adalah klenteng yang letaknya saling berpencar tetapi masih berdekatan.

    Kuliner Khas Singkawang

    Bepergian ke suatu tempat rasanya masih kurang jika belum mencoba kuliner setempat. Apalagi saat berkunjung ke Singkawang. Pasalnya kota ini menawarkan ragam kuliner lezat yang tidak boleh untuk dilewatkan.

    Bubur Paddas

    Bubur berwarna keabu-abuan ini memiliki citarasa gurih dan sedikit asam karena menggunakan perasan jeruk asam. Bubur tersebut dicampur dengan jagung, kaldu, kangkung, toge, pakis, dan ditaburi ikan teri dan kacang tanah. Kuliner ini dapat dijumpai di Rumah Makan Benareh Singkawang

    Mie Tiaw Asu

    Mie Tiaw ini merupakan kuliner yang dominan dengan kekhasan masakan China. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ini termasuk kuliner halal. Bentuk mie tiaw ini tidak terlalu tipis dan berwarna kuning. Dalam penyajiannya, mie tersebut ditaburi dengan toge. Mie Tiaw yang paling populer di Singkawang berada di Jalan Yos Sudarso.

    Bubur Gunting

    Ini adalah bubur yang menggunakan bahan utama kacang hijau kupas dicampur air gula, daun pandan, tepung kanji yang kental, dan cakwe kering yang dipotong kecil-kecil menggunakan gunting.

    Bubur Tahu

    Kuliner ini dapat dijumpai di Pasar Turi. Bubur ini memiliki tekstur tahu yang sangat lembut dan disajikan dengan air rebusan jahe yang hangat

    Bubur Babi

    Dilihat dari namanya, jelas ini makanan non halal. Bubur tersebut disajikan dengan telur yang dimasak setengah matang. Bubur ini memiliki porsi yang besar. Di Singkawang, adabanyak kedai bubur babi, salah satu yang populer adalah Bubur Babi Ajie.

    Rujak Ebi

    Kuliner ini hampir sama dengan rujak pada umumnya. Namun di bagian atasnya ditambah dengan serutan ebi kering sehingga membuat rujak memiliki citarasa gurih.

    Choi Pan

    Kuliner yang satu ini hampir dapat dijumpai di setiap sudut kota Singkawang. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dan di dalamnya terdapat potongan – potongan kecil bengkuang dicampur dengan ikan, udang, ayam, atau babi. Kemudian di bagian atasnya juga ditaburi dengan bawang putih goreng.

    Limun Khas Singkawang

    Di Singkawang, Anda dapat dengan mudah menjumpai limun yang masih dikemas dengan botol kaca. Limun tersebut tersedia dalam 3 pilihan rasa yakni Pisang Ambon, Jeruk, dan Sarsaparila.

    Oleh-oleh Khas Singkawang

    Boneka Tidayu

    Ini adalah boneka – boneka kecil yang terbuat dari kain flannel. Boneka tersebut mengenakan pakaian – pakaian khas Kalimantan dan memiliki bentuk yang sangat lucu.

    Ikan Asin

    Oleh-oleh ini sangat cocok bagi para penggemar ikan. Karena kota ini dekat dengan laut, maka tidak heran jika di sana ikan dapat dijumpai dengan mudah. Banyaknya ikan tersebut kemudian dijadikan sebagi ikan asin agar lebih awet.

    Cumi Kering

    Tidak hanya ikan saja yang dikeringkan untuk dijadikan ikan asin. Di Singkawang Anda juga dapat membeli cumi kering sebagai oleh-oleh.

    Kerupuk Ikan

    Selain diawetkan dan dijadikan sebagai ikan asin, hasil produksi ikan tersebut juga banyak diolah ke dalam berbagai bentuk makanan lain, termasuk kerupuk ikan. Anda dapat dengan mudah menemukan kerupuk ikan di toko oleh-oleh dengan citarasa ikan yang cukup kuat.

    Terasi (Belacan) khas Singkawang

    Bagi para pecinta terasi, terasi khas Singkawang menawarkan citarasa yang berbeda dibandingkan dengan terasi buatan daerah lainnya.

    Replika Perahu

    Oleh-oleh yang satu ini cocok sebagai kenang-kenangan khas Singkawang untuk dijadikan hiasan di rumah.

    Batik Tidayu

    Singkawang juga memiliki kain khas yang banyak diminati sebagai oleh-oleh yakni batik Tidayu. Batik ini memiliki motif dan corak khas yang membedakan dengan batik dari daerah lain.

    Daftar Mall di Singkawang

    ,h3>Singkawang Grand Mall

    Mall dengan lima lantai ini didirikan pada tahun 2015. Lokasinya berada di Jalan Alianyang, Pasiran, Singkawang Barat.

    Event Terkenal di Singkawang

    Perayaan Mandi Pehcun Sungai Hangmoy

    Tradisi ini sebenarnya tidak hanya dilakukan di Sungai Hangmoy tetapi juga berbagai tempat lainnya di Singkawang. Tradisi mandi bersama tersebut biasanya dilakukan saat Imlek.

    Cap Go Meh

    Didominasi oleh masyarakat etnis Tionghoa, tradisi Cap Go Meh menjadi event yang selalu menarik perhatian masyarakat dari berbagai daerah. Acara ini biasanya dilaksanakan hari ke-15 dari bulan pertama kalender Imlek. Festival ini digelar untuk menangkal kesialan atau gangguan di masa mendatang. Dalam event ini, Tatung menangkal roh jahat dengan melakukan atraksi berbahaya.

    Hotel di Singkawang

    Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Singkawang. Jika anda yang berasal dari luar Singkawang lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Singkawang dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Singkawang ini yaitu sebagai berikut:

    Kelas Eco

    Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

    Kelas Standard

    Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

    Kelas Premier

    Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

    Rekomendasi Hotel Murah di Singkawang

    Setelah anda mengunjungi berbagai tempat wisata di kota Singkawang seharian, mungkin diantara anda perlu hotel atau penginapan untuk menginap dan melanjutkan perjalanan wisata esok harinya. Nah, Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Singkawang.

    • Airy Singkawang Barat Ahmad Yani Graha Wahana, pilihan untuk anda menikmati kelas Standard kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jalan A Yani. Anda dapat menjajal kuliner di Kampung Batu Restaurant dan RM Pondok Dipoenegoro. Anda dapat booking hotel ini mulai dari 250 ribuan. Tentunya harga tersebut terjangkau untuk anda dengan fasilitas yang lengkap.

    Itulah rekomendasi hotel murah di Singkawang yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Singkawang ini. Tentunya hotel-hotel murah bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Singkawang ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.