Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
December 2019
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

21 Hotel Di Solo

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 358,500
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 329,800
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 418,800
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 355,600
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 263,000

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 301,900

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 290,600

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 379,000

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 418,800
Sisa 2 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 259,700

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 358,500
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
 
Full Book
Kamar penuh

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 2 halaman
Selanjutnya
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Asal-usul Kota Solo

Dahulu kota Surakarta merupakan wilayah dari kerajaan Mataram dan pernah menjadi pusat pemerintahannya. Akhirnya Mataram Islam terpecah dan pemerintahanpun terpecah menjadi dua yakni di Yogyakarta dan Surakarta. Kemudian terpecah kembali menjadi dua yakni Mangkunegaran dan Kasunanan.

Surakarta, diberi nama demikian sesuai dengan naluri dari para leluhur jika Kerajaan Mataram pusatnya di Karta dan setelah itu di Pleret kemudian berpindah kembali ke Wanakarta.

Nama kota Solo berasal dari penamaan yang disesuaikan dengan keadaan kota Solo saat itu, yakni banyak tumbuhnya pohon Sala. Sala merupakan asli bahasa Jawa dan dibaca dengan bahasa jawa yakni Solo. Hingga akhirnya orang mulai mengenal kota ini yakni kota Solo.

Cara ke Kota Solo

Melalui Jalur Udara

Jika Anda ingin mengunjungi kota Solo, Anda bisa menggunakan transportasi udara yakni pesawat. Solo memiliki Bandara Internasional Adisumarmo yang memiliki desain lekat dengan adat Jawa. Penerbangan baik menuju maupun keluar dari Solo cukup banyak setiap harinya. Mulai dari maskapai Sriwijaya Air, Lion Air, Garuda dan beberapa maskapai lainnya yang akan melayani penerbangan menuju dan keluar dari kota Solo.

Selain penerbangan domestik, Bandara Internasional Adisumarmo juga melayani penerbangan internasional. Dari Bandara Internasional Adisumarmo, dari Panasan Anda bisa menggunakan busway Batik Solo Trans ataupun taksi kurang lebih selama 15 menit untuk menuju ke pusat kota Solo.

Melalui Jalur Darat

Untuk menuju ke kota Solo melalui jalur darat, Anda bisa memanfaatkan bus, kendaraan pribadi maupun kereta api. Untuk bus, bus di Solo bisa melayani Anda hampir ke semua kota utama yang ada di Jawa, Sumatera hingga Bali. Terdapat cukup banyak bus penghubung beberapa kota besar di Jawa, Sumatera, Bali hingga Kalimantan. Terminal yang ada di kota Solo yakni Terminal Tirtonadi.

Untuk Anda pengguna kendaraan pribadi, Anda bisa menuju solo melalui beberapa jalan negara yang menyambungkan kota Solo dengan beberapa kota besar lain seperti Yogyakarta, Surabaya, Semarang dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang ingin pergi ke Solo menggunakan kereta api, Anda kemudian akan berhenti di stasiun utama kota Solo yakni Stasiun Solo Balapan. Banyak jadwal kereta api baik menuju maupun keluar kota Solo. Jika Anda dari Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa menggunakan Argo Lawu dan Argo Dwipangga. Jika Anda dari Bandung, Anda bisa menggunakan Argo Lodaya. Jika Anda dari Yogyakarta, Anda bisa memanfaatkan komuter Prambanan Ekspres dan KA Pandanwangi jika Anda dari Semarang.

Transportasi di Kota Solo

Untuk transportasi di kota Solo sangat banyak jadi Anda tidak perlu khawatir dan kebingungan ketika berkunjung ke kota Solo. Kota Solo memiliki Bandar Udara Adi Soemarmo, Stasiun Purwosari, Terminal Tirtonadi, Stasiun Jebres dan Stasiun Solo Balapan.

Kota Solo juga memiliki Batik Solo Trans atau BST yng merupakan pengembangan dari penggunaan bus Damri A. Jurusan yang dilayani oleh BST yakni :

  • Berangkat: Palur – Jurug –Pasar Gede– Kleco – Pabelan - Kartosuro
  • Kembali:  Kartosuro – Pabelan – Jurug – Palur

Anda juga bisa memanfaatkan banyaknya becak yang ada di kota Solo jika Anda ingin menikmati suasana kota Solo dan mengunjungi beberapa lokasi yang berdekatan. Becak maksimal hanya mampu menampung 2 orang saja.

Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya

Kampung Batik Kauman

Tak jauh dari Keraton Kasunan Surakarta, kamu dapat berkunjung ke Kampung Batik Kauman yang berada di Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Dulunya, kampung ini diperuntukkan sebagai tempat pembuatan batik bagi keluarga keraton.

Di sepanjang jalan, kamu akan mendapati rumah-rumah yang memproduksi batik dan tampak seperti sebuah showroom yang menarik. Batik-batik ini juga dijual kepada wisatawan yang datang dan juga dipasarkan hingga ke luar negeri. Rerata, batik yang dihasilkan di Kampung Batik Kauman didominasi warna gelap.

Museum Batik Danar Hadi

Siapa tak kenal dengan batik Danar Hadi? Mumpung berada di Solo, sempatkan singgah ke museum pribadi yang berada di kompleks Ndalem Wuryaningratan ini. Tepatnya, museum ini beralamat di Jalan Slamet Riyadi No. 261 Laweyan, Solo.

Museum Batik Danar Hadi mempunyai setidaknya 10.000 koleksi kain batik beraneka corak yang berasal dari seluruh nusantara. Mulai dari batik klasik hingga kontemporer, kamu bisa menemukannya di dalam bangunan di area cagar budaya ini. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan secara langsung bagaimana proses membatik di sini.

Pasar Klewer

Berdampingan dengan Keraton Surakarta Hadiningrat, Pasar Klewer merupakan salah satu surga belanja tekstil sekaligus ikon wisata Kota Solo. Jangan kaget, selain buatan pengrajin lokal, kamu juga dapat menemui batik buatan mancanegara. Tentu saja, bila ingin mendapatkan harga lebih murah—bahkan mencapai lima puluh persen—pastikan kamu memiliki kemampuan menawar yang baik.

Meski namanya pasar, jangan membayangkan bangunan Pasar Klewer seperti kebanyakan pasar tradisional, ya. Tempat belanja di Jalan dr. Radjiman No. 5A, Pasar Kliwon, Solo ini bahkan sudah dilengkapi dengan lift dan eskalator sehingga mempermudah mobilitas.

Pasar Triwindu

Bila kamu penggemar barang-barang antik, Pasar Triwindu Solo adalah destinasi yang akan memuaskanmu. Lokasinya berada di kawasan pusat kota, tepatnya di Jalan Diponegoro, Banjarsari. Tempat ini mempunyai sangat banyak pilihan barang-barang vintage apik yang dijual dengan harga miring selagi kamu lihai menawar.

Adapun beberapa contoh barang yang dapat kamu temui di sini antara lain radio lawas, wayang, patung batu dan kayu, jam dinding, mesin ketik, telepon klasik, uang kuno, dan lain-lain. Duh, rasanya jadi terbawa nostalgia, ya!

Keraton Kasunanan Surakarta

Tempat dengan nilai historis tinggi ini didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II. Kala itu, Desa Sala—yang kemudian dikenal dengan nama Solo—merupakan kawasan pelabuhan kecil di tepi Sungai Bengawan Solo.

Sampai hari ini, kompleks keraton masih menjadi tempat tinggal raja dan tetap melestarikan tradisi kerajaan. Berbagai koleksi peninggalan kerajaan pun tersimpan dengan baik di Keraton Kasunan yang berada di area Baluwarti, Pasar Kliwon. Adapun di bagian tengah museum, kamu dapat menemukan satu sumur yang konon dipergunakan raja untuk melakukan semadi.

Pura Mangkunegaran

Istana megah dan indah berada di Jalan Ronggowarsito No. 83, Banjarsari. Pura Mangkunegaran tidak lain adalah kediaman resmi pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran. Selain itu, kini Pura Mangkunegaran juga menjadi pusat budaya dan seni Kota Solo yangmenyimpan berbagai koleksi yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram dan Majapahit.

Begitu memasuki area pura, kamu akan mendapati halaman yang sangat luas dengan bangunan bergaya Eropa. Sementara itu di bagian dalam pura, kamu akan mendapati pendopo dengan paduan arsitektur Eropa dan Jawa. Acara berkeliling pura ini juga ditemani oleh pemandu sehingga kamu bisa mendapat lebih banyak dan utuh mengenai cerita tentang pura ini dan sejarah yang berkaitan.

Museum Radya Pustaka

Tempat edukasi sejarah ini sesungguhnya telah berusia cukup lama sebab sudah ada sejak tahun 1890. Hanya saja, lokasinya kemudian dipindah pada tahun 1913 ke tempat yang sekarang, yakni di Jalan Brigjen Slamet Riyadi, Laweyan. Pemindahan ini pun memberi keuntungan tersendiri sebab area Museum Radya Pustaka cukup banyak dikelilingi oleh hotel di Solo yang jadi persinggahan wisatawan.

Museum Radya Pustaka menyimpan berbagai benda kuno peninggalan Keraton Mataram dan benda-benda bersejarah lainnya yang berkaitan dengan Surakarta. Adapun beberapa contoh koleksi museum antara lain arca perunggu dan batu peninggalan periode Kerajaan Hindu-Buddha, gamelan, porselen antik hadiah dari Napoleon Bonaparte, hingga buku Wulang Reh karya Pakubuwono IV yang memuat petunjuk pemerintahan.

Museum Manusia Purba Sangiran

Tempat wisata di Kalijambe, Sragen ini adalah salah satu objek wisata Indonesia yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Tak main-main, Museum Manusia Purba Sangiran bahkan menjadi pusat penelitian kehidupan prasejarah yang terlengkap di Asia.

Sesuai namanya, koleksi yang ada di sini seputar fosil manusia purba dan fosil binatang purba baik yang ditemukan di Indonesia maupun mancanegara, bebatuan, dan lain-lain. Adapun jumlah fosil yang tersedia di Museum Manusia Purba Sangiran mencapai lebih dari 13.685. Kendati begitu, ‘hanya’ sekitar 2.000 fosil yang dipamerkan di dalam museum, sementara sisanya disimpan dalam gudang penyimpanan.

Taman Balekambang

Siapa sangka taman asri ini mempunyai nilai sejarah tinggi? Lahan dengan luas mencapai 9 hektare ini rupanya dibangun oleh Mangkunegoro VII di tahun 1921 sebagai hadiah bagi kedua putrinya.

Area terbuka di Jalan Balekambang No. 1, Banjarsari ini menjadi salah satu destinasi favorit warga Solo untuk bersantai. Di bawah pepohonan teduh berusia ratusan tahun, ada banyak kursi dan bangku yang dapat digunakan untuk duduk sembari berbincang, menggambar, dan lain-lain. Selain itu, Taman Balekambang juga memiliki koleksi satwa jinak seperti rusa, angsa, dan lain-lain.

Taman Sriwedari

Kompleks pertamanan ini dibangun oleh Pakubuwana X sebagai tempat rekreasi dan peristirahatan bagi keluarga kerajaan. Pernah digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan PON di tahun 1948 silam, kini taman yang terinspirasi dari keberadaan taman di surga ini menjadi lokasi penyelenggaraan Malam Selikuran secara rutin.

Bagian depan Taman Sriwedari terdapat pendopo yang digunakan sebagai tempat berkumpul dan pertunjukan tari. Kamu juga akan menemukan patung Rama dan Sinta di sini. Selain itu, bagian lain dari taman yang menjadi tempat pertunjukan adalah Gedung Wayang Orang dengan penampilan kesenian wayang yang diselenggarakan secara rutin. Kamu bisa langsung datang berkunjung ke Jalan Slamet Riyadi No. 275, Solo ini untuk menikmati berbagai pagelaran budaya ini.

Candi Sukuh

Objek wisata ini berada di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar. Tidak seperti kebanyakan candi, Candi Sukuh memiliki arsitektur yang unik. Bila diperhatikan, bentuk bangunannya trapesium menyerupai kuil Suku Maya Chichen Itza yang ada di Meksiko.

Hal menarik yang ada pada Candi Sukuh adalah relief vulgar yang ada pada dinding candi maupun arca. Lingga dan yoni ini terukir dengan jelas di candi yang hanya memiliki tiga teras ini. Lebih jauh, candi ini juga cukup identik dengan beberapa mitos yang berhubungan dengan kesetiaan pasangan.

Candi Cetho

Candi Hindu ini juga berada di Karanganyar, tepatnya di Dusun Cetho, Jenawi. Candi Cetho merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit dan berada di jalur pendakian. Sama seperti Candi Sukuh, pada bagian dinding Candi Cetho, kamu juga bisa menemukan relief yang menunjukkan erostisme dengan cukup vulgar.

Hingga kini, Candi Cetho masih digunakan secara aktif sebagai tempat peribadatan umat Hindu di sekitar. Oleh karena itu, setiap pengunjung akan menggunakan kain poleng yang diberikan petugas sebagai salah satu tanda penghormatan tempat sakral.

Kuliner Khas Solo

Nasi Liwet

Makanan ini sangat cocok untuk menu sarapan. Rasanya yang gurih akan memanjakan lidah dan perut sehingga membuatmu lebih bersemangat dalam beraktivitas. Walau begitu, tidak ada salahnya bila kamu menikmati kuliner ikonik Solo ini untuk makan siang maupun makan malam.

Seporsi nasi liwet terdiri atas nasi yang dimasak dengan kelapa (biasa juga disebut nasi gurih atau nasi uduk). Sebagai lauk, umumnya suwiran daging ayam, sayur labu siam, dan areh dihidangkan di atas nasi.

Selat Solo

Sajian khas Solo ini memiliki pengaruh dari dataran Eropa. Nama aslinya mengacu pada kata ‘salad’ yang identik dengan buah dan sayur. Namun, Selat Solo justru merupakan menu yang sangat berkebalikan dan lebih mirip sebagai perpaduan bistik, sup, dan salad.

Kuliner ini terdiri dari daging sapi has luar yang sudah lebih dulu di dalam kuah encer. Bumbu kuahnya pun cukup ‘ramai’ dengan perpaduan bawang putih, pala, merica, kecap manis, kecap inggris, dan cuka. Daging ini kemudian disajikan lengkap dengan telur rebus, aneka sayuran seperti wortel, kentang, tomat, buncis, selada, dan timun, dan kuah manis serta mayones.

Brambang Asem

Makanan ini merupakan makanan khas Solo tempo dulu. Namun jangan salah, brambang asem bukanlah makanan utama, melainkan hanya kudapan.

Brambang asem merupakan rebusan ubi jalar yang memiliki aroma bawang merah dengan citarasa pedas. Biasanya, brambang asem dinikmati bersama dengan tempe gembus, yakni tempe yang terbuat dari ampas tahu. Kuliner ini cenderung sudah cukup langka, tetapi kamu bisa menemukannya di Pasar Gede.

Timlo

Ini dia sup daging ala Solo. Kuahnya yang bening dan encer terlihat begitu segar dan menggugah selera baik untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Sepintas, timlo memang terlihat mirip dengan tekwan Palembang. Namun pada dasarnya, seporsi timlo terdiri atas suwiran daging ayam segar, potongan sosis solo, telur bumbu kecap, dan wortel. Sebagai tambahan, ada pula yang melengkapi sajian ini dengan irisan hati ayam dan telur dadar sebelum disiram kuah kaldu segar yang panas. Terakhir, tentu saja, bawang goreng ditaburkan di atas untuk menambah selera dan rasa.

Sate Buntel

Bila ingin menikmati sate selagi di Solo, sate buntel pilihan paling afdalnya. Bahkan saking lezatnya, orang-orang nomor satu di negeri ini seperti Soeharto dan Jokowi sangat menyukai sajian ini.

Sate buntel ini terbuat dari daging cincang kambing yang dibungkus dengan lapisan tipis lemak lalu dibakar. Lemak yang terbakar ini akan memberikan aroma yang begitu menggugah selera. Adapun bumbu yang digunakan sebagai pendamping adalah kecap, irisan bawang merah, cabai rawit, jeruk nipis, dan daun kol.

Cabuk Rambak

Sekarang, menemukan cabuk rambak di Solo sudah tergolong cukup susah kendati kota ini merupakan wilayah asal makanan ini. Biasanya, cabuk rambak masih dapat ditemui di Pasar Gede.

Meski ada kata ‘rambak’, jangan berharap menemukan adanya kerupuk rambak dalam sajian ini. Cabuk rambak justru terdiri atas potongan ketupat nasi dan disiram saus wijen dengan campuran kemiri dan kelapa parut sangrai. Disajikan dalam daun pisang (pincuk), makanan ini juga biasanya ditambahkan potongan karak, yakni sejenis kerupuk yang terbuat dari nasi kering.

Tengkleng

Masakan yang mirip gulai ini dulunya merupakan makanan rakyat jelata. Pasalnya di masa penjajahan Belanda, hanya golongan atas seperti bangsawan, orang-orang Belanda, dan orang kaya saja yang dapat menikmati sedapnya gulai daging kambing.

Sementara itu, rakyat jelata yang hanya kebagian tulang dan jeroan kambing kemudian mengolahnya dengan aneka rempah dan bumbu tanpa santan. Rupanya hasil olahan ini justru sangat nikmat dan praktis membuat tengkleng menjadi naik kelas. Kini, sajian tulang kambing dengan sisa-sisa daging yang melekat ini menjadi masakan khas Solo yang populer dan banyak diburu wisatawan.

Tahok

Kuliner yang satu ini memiliki pengaruh Tionghoa yang sangat kuat. Bila di tempat lain, tahok biasanya lebih dikenal dengan sebutan kembang tahu atau tahwa.

Camilan ini terbuat dari sari kedelai yang diolah agar kental dan disiram kuah. Tekstur tahok sendiri sangat lembut seperti puding. Kuahnya menggunakan bahan dasar gula merah, daun sereh, daun pandan, dan jahe yang membuatnya terasa manis.

Tempat Hangout Anak Muda di Solo

Tiga Tjeret

Tempat hangout di Solo ini membawa menu ala angkringan pinggir jalan yang tradisional ke dalam konsep kafe yang lebih modern. Terdiri atas sisi indoor dan outdoor yang asri, bangunan dua lantai ini bahkan juga kerap menjadi tempat pilihan untuk kumpul komunitas hingga arisan. Bahkan pada hari-hari tertentu, live music disajikan di Tiga Tjeret untuk semakin menghidupkan suasana.

Di sini, kamu bebas memilih menu yang diinginkan dengan cara mengambilnya seperti model prasmanan. Untuk pilihan nasi, antara lain ada nasi oseng tempe, nasi oseng kikil, nasi teri, nasi sapi lada hitam, dan lain-lain. Sementara itu, sebagai lauk dan pendamping kamu bisa memilih aneka gorengan, baceman, dan sate, mulai dari tahu, tempe, daging, hingga seafood.

Tiga Tjeret beralamat di Jalan Ronggowarsito No. 97, Banjarsari, Solo. Kamu bisa mampir ke sini sejak pukul 11.00 sampai 00.30 WIB. Untuk harganya pun cukup terjangkau, mulai Rp10.000,00 sampai Rp60.000,00.

Warung Orange

Desain interior Warung Orange cukup keren dan instagrammable sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, terutama kawula muda. Nuansa vintage terasa cukup kental di sini karena permainan bata putih ekspos, furniture kayu, dan berbagai dekorasi lainnya.

Untuk urusan menu, Warung Orange menawarkan sajian lezat baik tradisional nusantara hingga keunikan internasional seperti Italia, Amerika, hingga Meksiko. Harganya yang ramah kantong tentu menjadikan tempat ini semakin ramai oleh pengunjung baik yang datang sendiri maupun bersama-sama. Buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB, tempat ini cocok untuk acara brunch hingga dinner seru.

Lokasi Warung Orange ada di Jalan Kapten Mulyadi No. 225, Pasar Kliwon, Solo. Bujet yang perlu disiapkan pun tak terlalu besar sebab harga sajian di tempat ini cukup terjangkau mulai Rp5.000,00 sampai Rp30.000,00.

EATernity

Tempat nongkrong yang satu ini beralamat di Jalan Ir. Soekarno No. 27 Grogol, Solo. Mengusung konsep semi industrial yang tengah menjadi tren selama beberapa tahun terakhir, EATernity pun menjadi salah satu destinasi hangout kawula muda Solo.

Desain ini juga jadi semakin menarik dengan tata pencahayaan yang dibuat agak temaram. Alih-alih membuat suasana jadi kusam, kesan hidup dan hangat justru terpancar dengan penataan ini. Adapun menu yang tersedia di EATernity adalah menu tradisional maupun western dengan harga cukup terjangkau.

Soal harga, kamu tak perlu khawatir. EATernity mematok menunya mulai dari Rp5.000,00 sampai Rp70.000,00. Adapun jam operasionalnya adalah pukul 11.00 sampai 22.00 WIB.

 Xocolatl

Tempat hangout ini cocok bagi kamu yang menyukai dessert dan makanan manis. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di Jalan dr. Radjiman No. 374, Solo.

Xocolatl yang bernuansa romantis ini menyajikan berbagai kudapan lezat seperti éclair, scone, croissant, hingga plated desserts hasil racikan Chef Brian, juara dua Master Chef Indonesia Season 3. Bila ingin mencoba menu utama yang lebih mengenyangkan, ada pula pilihan lain seperti wagyu steak and egg, galetted des rois, dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, sajian ini memiliki harga yang cukup murah, mulai dari Rp10.000,00 sampai Rp30.000,00 saja.

Bangunan Xocolatl sendiri sangat asyik dan keren. Atmosfer ini tercipta dengan sempurna berkat perpaduan tema industrial, furniture kayu, dan dinding berwarna hitam. Belum lagi pencahayaan ruangan yang sangat apik membuat kesan elegan jadi semakin terasa. Kamu bisa berkunjung ke sini mulai pukul 10.00 sampai 00.00 WIB.

House of Beer

Seperti namanya, House of Beer menyediakan berbagai varian bir mulai dari produk lokal hingga impor. Setidaknya, ada 21 pilihan bir dengan kadar alkohol kurang dari 5% yang bisa kamu temui di kafe bir bergaya elegan dan bernuansa hangat serta nyaman ini.

Walau begitu, House of Beer tidak hanya menyediakan bir. Pilihan menu lainnya juga cukup ‘aman’ seperti mocktail, pizza, dan pasta. Rerata, harga menu di tempat ini dimulai dari Rp25.000,00 sampai Rp165.000,00.

Untuk membantu pengunjung melepas lelah setelah aktivitas yang padat dan melelahkan, kitchen and beer garden yang terdiri dari sisi indoor dan outdoor ini menyediakan live music setiap malam. Kamu pun bisa mencoba kembali menyegarkan pikiran di HOB yang beralamat di Ground Floor The Park Mall pada pukul 11.00 sampai 24.00 WIB.

The Halal Bro

Food street yang satu ini sebelumnya sudah lebih dulu populer di Amerika. Namun, hype kuliner ini telah masuk ke Indonesia dan juga sudah hadir di Solo. Kini, The Halal Bro menjadi salah satu opsi tempat kuliner sekaligus hangout populer anak muda Kota Surakarta dan beralamat di Jalan Kyai Mojo No. 106, Pasar Kliwon, Solo.

Makanan yang menjadi menu andalan di The Halal Bro Solo adalah gyro, yakni potongan daging ayam atau kambing yang disajikan bersama dengan saus mayones dan keripik tortilla sebagai pelengkap. Namun bila tak terlalu menyukai sajian ini, kamu bisa memilih menu lainnya seperti lasagna, sandwich, dan burger.

Urusan harganya pun relatif terjangkau, mulai Rp15.000,00 sampai Rp55.000,00. Bila ingin mencoba makanan yang sedang tren ini, kamu bisa berkunjung pada pukul 16.00 sampai 22.00 WIB.

 Ndoro Donker

Ingin menikmati tea time? Datang saja ke Ndoro Donker. Tempat ini menawarkan suasana santai dan nyaman dengan aneka varian teh seperti english breakfast, forest tea, white tea, chamomile tea, lavender tea, dan lain-lain. Bila ingin menyantap sajian yang lebih mengenyangkan, Ndoro Donker juga punya banyak menu seperti iga bakar, kari ayam, dan lain-lain.

Adapun spot terbaik di sini adalah teras belakang yang asri dengan pemandangan kebun teh. Untuk mendapatkan pengalaman maksimal, datanglah ke Ndoro Donker yang beralamat di Jalan Karangpadan—Ngargoyoso, Kemuning, Karanganyar ini bersama keluarga, sahabat, atau orang tersayang.

Untuk keseluruhan ambience yang sangat apik ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar. Menu yang ditawarkan berkisar antara Rp5.000,00 sampai Rp40.000,00. Adapun jam operasional Ndoro Donker adalah pukul 09.00 sampai 16.00 WIB.

Café Librairie

Kafe unik ini memadukan perpustakaan dengan tempat makan. Buku-buku yang tersedia pun terdiri atas berbagai genre. Dengan bangunan yang sengaja dibuat layaknya rumah, pengunjung akan dibuat senyaman berada di rumah sendiri.

Café Librairie sendiri dikelola oleh orang Perancis. Oleh karena itu, tidak heran bila kafe yang beralamat di Jalan Lumban Tobing No. 2, Banjarsari, Solo ini juga menyediakan kelas kursus bahasa Perancis.

Selain itu, kafe yang beroperasional mulai pukul 17.00 sampai 22.00 WIB ini juga menjual buku-buku bekas. Untuk harganya bervariasi sesuai dengan jenis buku yang kamu pilih. Namun yang pasti, untuk menu makanan dan minuman di sini, harga yang ditawarkan mulai Rp5.000,00 sampai Rp20.000,00.

Ngopi Serius

Pencinta kopi harus datang ke sini. Di Ngopi Serius, kamu bisa mencoba aneka kopi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari toraja, kintamani, sampai luwak liar gayo bisa kamu temui di tempat ini. Proses pembuatannya pun dilakukan dengan teknik manual brewing sehingga rasanya pun lebih kuat meski harga yang ditawarkan relatif murah, yakni Rp5.000,00 sampai Rp18.000,00.

Untuk menambah kesan nongkrong bersama sahabat lebih erat, interior Ngopi Serius dibuat dengan unsur etnik Jawa klasik. Bangunan di Jalan Melati No. 7, Laweyan, Solo ini dibuat berbentuk limasan berbahan kayu jati besar. Yang menarik lagi, kedai kopi ini juga memanfaatkan barang-barang daur ulang untuk mempermanis penampilannya.

Kamu bisa datang ke sini untuk melepas penat setelah beraktivitas. Buka mulai pukul 16.00 sampai 00.00 WIB, kamu pun tak perlu terburu dikejar waktu untuk menikmati secangkir kopi nikmat di Ngopi Serius.

Wedangan Radjiman

Lazimnya, wedangan dilakukan di tempat-tempat yang lebih tradisional seperti di warung-warung kecil pinggir jalan. Namun, Wedangan Radjiman menawarkan sensasi wedangan dengan lebih ‘muda’. Bahkan, kafe unik yang kerap menyajikan kegiatan nobar sepak bola ini memiliki tagline, “you will never wedangan alone”.

Tempat hangout  di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 62, Laweyan, Solo ini terbilang cukup simpel. Selain bermacam-macam gorengan dan sundukan, Wedangan Radjiman juga punya menu andalan berupa Nasi Pindang Anget yang semakin mantap bila dimakan dengan sambal. Adapun minuman yang paling diminati adalah tape susu atau es susu jahe.

Soal harga, Wedangan Radjiman menyediakan menu mulai dari Rp1.000,00 sampai Rp25.000,00 saja. Beroperasi sejak pukul 12.30 hingga 00.30 WIB, kamu bisa bersantai sembari makan siang atau makan malam di sini.

Playground Café

Jangan heran bila kamu menemukan kemiripan tempat hangout yang satu ini dengan Tiga Tjeret. Pasalnya, Playground Café yang beralamat di Jalan Kenangan No. 163, Laweyan, Solo ini memang dikelola oleh Tiga Tjeret.

Walau begitu, kafe bergaya urban ini mempunyai menu yang lebih variatif. Selain masakan tradisional ala prasmanan, Playground Café juga menyediakan aneka sajian manis seperti banana split ice cream, roti bakar, dan lain-lain. Bahkan, menu utamanya juga meliputi menu internasional seperti burger, sandwich, hingga butter rice.

Walau begitu, harga yang ditawarkan Playground Cafe juga cukup bersahabat, yakni Rp2.000,00 sampai Rp25.000,00. Adapun tempat hangout ini buka mulai pukul 12.00 hingga 00.00 WIB.

Restoran Terkenal di Solo

Epice Restaurant

Berkebalikan dengan kesan Solo yang bersahaja, Epice Restaurant menawarkan desain mewah dan modern. Kendati demikian, kamu tetap dapat menemukan unsur-unsur tradisional yang digunakan di beberapa sudutnya, seperti batik pada dinding hingga perabotan etnik.

Epice Restaurant menyediakan kuliner khas nusantara dan mancangera. Pembagian menunya pun lengkap, mulai dari makanan pembuka, utama, sampai penutup. Selain itu, tempat makan yang berlokasi di Hotel Alila Solo ini juga menyediakan camilan lezat yang sayang dilewatkan seperti gandasturi. Kudapan ini merupakan penganan tradisional asal Indonesia berbentuk bulat pipih yang terbuat dari kacang hijau.

Rumah Banjar Garden Resto

Seperti namanya, Rumah Banjar Garden Resto dibuat dengan konsep taman yang asri. Tempat makan di area yang dikelilingi cukup banyak penginapan murah di Solo ini dipenuhi perabot kayu yang tampak begitu serasi dengan tanaman hijau. Kamu pun bisa memilih untuk menikmati aktivitas bersantap di sisi indoor atau outdoor yang dilengkapi area bermain anak.

Untuk urusan menu, Rumah Banjar Garden Resto juga cukup bervariasi. Hanya saja, makanan yang akan kamu temui di restoran di Jalan Basuki Rahmat No. 54, Laweyan ini justru khas Banjar. Seperti contoh, kamu akan menemukan nasi kuning, sate khas Banjar, soto banjar, dan lain-lain. Walau begitu, tetap ada sajian lain yang ‘netral’ sehingga kamu tidak perlu khawatir.

Mang Engking

Di tengah hiruk pikuknya kota, Mang Engking hadir menawarkan konsep rumah makan bernuansa alam pedesaan yang sejuk di Jalan A. Yani Km 07, Sukoharjo. Alih-alih terdiri atas bangunan utama yang dibentuk berpondasi pada tanah, ruang makan di restoran terkenal ini justru terdiri dari beberapa saung atau gubuk yang didirikan di atas danau buatan. Kendati demikian, ada pula bagian indoor yang disediakan.

Asyiknya, Mang Engking tidak hanya menjual suasana, tetapi tetap berfokus pada menu yang disajikan. Rumah makan keluarga ini menawarkan puluhan opsi kuliner lezat yang didominasi oleh seafood dan ikan seperti cumi, kepiting, bandeng, dan gurame. Namun bila ingin menikmati olahan lain, kamu bisa memilih ayam, tahu, tempe, iga, atau aneka sayuran yang dipadu dengan sambal favorit.

Bale Padi Resto

Tempat makan di Jalan Kadilangu, Baki Pandeyen, Sukoharjo ini menawarkan pemandangan sawah. Bangunannya yang bergaya Jawa klasik pun sangat cocok dengan suasana alam hijau. Di Bale Padi Resto, kamu akan menikmati sempurnanya nuansa klasik tradisional ini sembari menikmati makan siang yang lezat.

Tempat makan di tengah sawah ini juga mempunyai menu yang cukup ramah kantong dengan ambience seapik ini. Secara umum, menu yang ditawarkan adalah masakan Jawa tradisional, chinese food, dan seafood. Bila ingin lebih hemat, kamu bisa memilih menu paket yang cukup lengkap, seperti paket ayam yang terdiri dari nasi putih, ayam goreng, tahu goreng, lalapan, sambal, dan segelas teh hangat atau es teh.

Roemahkoe Resto

Rumah makan ini milik seorang juragan batik ternama dan dulunya menjadi tempat tinggal sekaligus tempat produksi batik tulis yang terkenal di kalangan turis domestik maupun internasional. Kini, bangunan bergaya klasik tradisional Jawa di Jalan dr. Radjiman No. 501, Laweyan ini menjadi rumah makan sekaligus penginapan.

Hal unik lainnya dari Roemahkoe Resto adalah bahwa menu yang disajikan rupanya merupakan makanan khas keraton yang diracik menggunakan resep kerajaan masa lampau. Seperti contoh adalah nasi jemblung, yakni nasi berbentuk cincin yang dipadankan oleh olahan lidah sapi bumbu kecap semur. Selain itu, bangunan yang sudah ada sejak tahun 1938 ini juga memiliki menu tradisional lain seperti lodeh pindang, wedang cemol, dan lain-lain.

Warung Pecel Solo

Dari namanya, kamu juga bisa menebak menu utama di dalam bangunan berkonsep Jawa klasik ini adalah pecel. Pecel solo merupakan nasi pecel yang dicampur kembang turi, kacang panjang, daun petai cina, daun pepaya, daun kenikir, jantung pisang, dan taoge. Terakhir, sambal pecel yang gurih dan sedikit manis dilumuri di bagian paling atas.

Selain pecel solo, kamu juga bisa memilih menu lain seperti pecel ndeso yang menggunakan beras merah sebagai nasinya dan sambal wijen. Bila tak ingin pecel, kamu bisa memilih nasi liwet, sego tumpeng, atau garang asem yang lezat. Untuk menikmati sajian ini, datang saja ke Jalan Dr. Soepomo No. 55, Mangkubumen, Solo.

Oleh-Oleh Khas Solo

Batik Solo

Setiap batik memiliki keunikan dan cirinya masing-masing. Untuk batik Solo, kekhasan yang dimiliki antara lain motifnya yang kecil (biasa disebut dengan istilah ‘truntum’), geometris, dan warna hitam atau cokelat soga kekuningan yang mendominasi. Adapun beberapa motif lain yang mengandung unsur agama, seperti burung garuda, naga, maupun sawat yang menjadi simbol khusus Hindu.

Motif-motif ini tidak berbeda baik untuk batik tulis maupun batik cap. Untuk proses pewarnaan, batik Solo masih banyak menggunakan bahan-bahan lokal seperti soga Jawa.

Menemukan batik Solo sesungguhnya tidak terlalu susah. Kamu bisa menemukannya di toko-toko batik atau di beberapa tempat ikonik sekaligus wisata seperti Kampung Batik Laweyan, Kampung Batik Kauman, Museum Batik Danar Hadi, atau Pasar Klewer.

Kerajinan Tangan

Oleh-oleh lain yang bisa kamu bawa pulang untuk koleksi pribadi maupun diberikan kepada orang lain adalah kerajinan tangan. Selain gantungan kunci yang sangat lazim, kamu juga bisa memilih jenis kerajinan tangan seperti miniatur yang menyerupai candi, sepeda, becak, wayang, dan sebagainya, asbak, dan lain-lain.

Biasanya, kerajinan ini dibuat dari kayu. Namun, ada pula beberapa pengrajin yang membuatnya dari logam atau tanah liat. Harga yang ditawarkan tentu saja beragam, pun dipengaruhi oleh ukuran, tingkat kerumitan, dan jumlah yang dibeli.

Untuk harga yang lebih terjangkau, kamu bisa mendapatkan suvenir ini di tempat-tempat wisata tradisional seperti Pasar Gede, alun-alun Surakarta, dan sebagainya. Tentu saja, berbelanja di tempat-tempat ini merupakan kesempatanmu mendapat harga murah asal pandai menawar.

 Serabi Notosuman

Dibandingkan serabi Bandung, serabi Solo punya tekstur yang lebih lembut dan tipis. Rasa santannya begitu kental dan memanjakan lidah. Bahan bakunya berupa beras dan santan yang dicampur lalu dimasak dengan cetakan bulat menggunakan tungku.

Di Solo, serabi yang terkenal adalah serabi Notosuman. Rasanya yang sangat nikmat membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi. Bahkan dari aromanya saja, dijamin kamu bisa membayangkan betapa lezatnya panekuk tradisional ini di lidah.

Untuk variannya, serabi Notosuman hanya terdiri dari rasa cokelat dan original. Harganya juga sangat murah, sekitar dua ribuan rupiah. Sebelum pulang, kamu bisa mampir ke tempat yang berada di Jalan M. Yamin No. 28 Solo ini.

Abon Mesran

Abon merupakan olahan serat daging sapi atau ayam yang memiliki tekstur seperti serat kapas. Secara umum, abon memiliki warna cokelat terang atau kehitaman—tergantung dari kecap dan bumbu yang digunakan. Rasanya pun bervariasi, tetapi secara umum merupakan perpaduan manis dan gurih meski ada pula yang pedas.

Dari sekian banyak abon yang ada, abon Solo punya reputasi tersendiri. Bahkan tak sedikit orang yang rela memesan jauh-jauh hanya untuk mendapatkan beberapa bungkus abon Solo.

Adapun abon Solo yang paling terkenal adalah abon Mesran. Olahan daging sapi dan ayam dengan citarasa manis dan pedas ini selalu diburu oleh wisatawan baik untuk diri sendiri maupun dibagikan. Selain abon, kamu juga bisa membeli serundengnya yang tak kalah lezat. Untuk mendapatkannya, kamu bisa langsung datang ke Jalan Kalilarangan No. 71, Serengan, Solo.

Balung Kethek

Secara bahasa, kata ‘balung’ berarti tulang dan ‘kethek’ berarti monyet. Yup, jika diartikan, balung kethek berarti tulang monyet. Konon, camilan yang sudah nyaris punah ini dinamai demikian lantaran keripik singkong memiliki tekstur yang keras saat digigit seperti tulang dan membuat orang yang memakannya jadi meringis seperti monyet.

Jajanan yang juga kerap disingkat balthek ini berbahan dasar ketela atau singkong. Tentu saja, ketebalan dan jenis bahan dasar yang digunakan ini sangat berpengaruh terhadap tekstur yang dihasilkan. Untuk menambah citarasa, maka diberi bumbu tabur seperti keju, pedas, balado, manis, dan lain-lain.

Kudapan yang dapat membangkitkan nostalgia ini bisa kamu temui di sebagian besar toko oleh-oleh. Namun, kamu juga bisa menemukannya di Ngarsopuro Night Market atau ketika ikut car free day di Sriwedari Utara.

Serbat

Serbat merupakan minuman tradisional, yakni sejenis ramuan wedang yang terbuat dari jahe dan aneka rempah. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin untuk menghangatkan tubuh. Terlebih lagi, komposisi herbal yang ada di dalamnya dipercaya memberikan banyak khasiat kesehatan bagi badan.

Namun, jangan bayangkan minuman yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk tubuh ini berupa bubuk, ya. Serbat Solo justru sudah berbentuk seperti tablet dengan ukuran relatif besar. Kamu hanya perlu menaruhnya di cangkir atau gelas, lalu menyeduh tablet ini dengan air panas.

Biasanya serbat dijual dalam satu kemasan yang sudah terdiri dari beberapa tablet. Menemukannya tidak susah, kok. Kamu bisa mendapatkan produk ini di banyak toko oleh-oleh yang ada di Solo.

Intip Goreng

Ini dia jajanan populer Solo yang sudah terkenal sejak lama. Terbuat dari kerak nasi yang melekat di permukaan panic lalu dijemur sampai kering dan digoreng menggunakan minyak panas, intip jadi salah satu cemilan dan oleh-oleh primadona.

Awalnya, intip tidak memiliki variasi rasa. Setelah digoreng, intip biasanya hanya ditaburi garam tanpa bumbu lainnya. Namun, seiring berlalunya waktu dan keinginan pasar, intip yang banyak ditemui kini intip yang telah ditambahkan topping berupa gula karamel. Dengan begitu, rasa gurih dan manis akan berpadu di mulut.

Setiap toko oleh-oleh di Solo menyediakan intip. Namun bila ingin mendapatkan yang legendaris, datanglah ke Pasar Gede, tepatnya Kios 78. Penjual intip Mbah Boniyem ini telah berjualan sejak tahun 1945.

Daftar Mall di Solo

The Park Mall

Mall ini merupakan mall terbaru yang hadir di Solo. Dengan harapan berkembang sebagai ikon gaya hidup dan hiburan, The Park Mall mengusung tagline ‘The Park Mall Feel The Inspiration’.

Dibandingkan beberapa mall lain yang ada di Solo, boleh dibilang The Park merupakan satu-satunya mall yang telah bergerak di segmen menengah ke atas. Hal ini dapat terlihat dari tenant yang mengisi di dalamnya. Berbagai merek internasional seperti Etude House, Centro, Hush Puppies, Charles and Keith, dan sederet lainnya dapat Anda temui di mall asri ini.

Selain itu, gerai food and beverages di The Park juga tak kalah menarik. Sebut saja Starbucks Coffee, Liberica Coffee, J.Co, Old Town White Coffee, hingga House of Beer. Tak heran bila mall di Jalan Ir. Soekarno, Grogol, Sukoharjo ini pun kerap disebut sebagai surganya bagi penikmat kopi.

Solo Paragon Mall

Pusat perbelanjaan ini juga berada di area yang sama dengan Solo Paragon Hotel & Residences, tepatnya di Jalan Yosodipuro No. 103, Banjarsari, Solo. Karena keberadaannya di kawasan superblok, wajar jika lahan Solo Paragon Mall cukup luas. Setidaknya, area parkirnya cukup menampung 1.000 mobil dan 700 motor.

Bangunan Solo Paragon Mall sendiri mengusung konsep shopping, dining, and entertainment. Hal ini tidak hanya untuk mengakomodasi mereka yang tinggal di kawasan superblok ini saja, tetapi juga untuk masyarakat Solo secara umum. Untuk mewujudkan konsep tersebut pun, tenant yang berada di sini pun tidak main-main. Bila dihitung, jumlah tenant yang ada di mall setinggi lima lantai ini mencapai setidaknya delapan puluh.

Dari segi kelas, Solo Paragon Mall termasuk dalam kategori menengah. Hal ini dapat dilihat dari berbagai gerai yang memenuhi pusat perbelanjaan ini, antara lain Osh Kosh, Barbie, Ace Hardware, Informa, Dr. Lee, Charles & Keith, Polo Ralph Lauren, Niagara Sushi, The Executive, dan lain-lain.

Solo Grand Mall

Luas lahan Solo Grand Mall tidaklah terlalu besar untuk ukuran mall, yakni hanya sekitar 12.080m2. Kendati demikian, lahan minimalis ini dimanfaatkan dengan membuat gedung menjadi setinggi tujuh lantai.

Solo Grand Mall telah hadir di tengah-tengah masyarakat Solo sejak Desember 2004 dan beralamat di Jalan Brigjen Slamet Riyadi. Dibangun dengan tujuan sebagai pusat bisnis sekaligus hiburan keluarga terbaik untuk masyarakat Solo dan sekitarnya, mall ini bekerja sama dengan berbagai tenant menengah berkualitas.

Gerai yang tersedia di Solo Grand Mall cukup lengkap, mulai dari department store, entertainment, hobby and leisure, fashion, health and pharmacy, food and beverages, IT and electronics, hingga bank, ATM, and money changer. Dengan begitu, kamu pun jadi dapat menemukan berbagai kebutuhan sekaligus di mall ini.

Solo Square Mall

Satu lagi pusat perbelanjaan kelas menengah yang ada di Solo adalah Solo Square Mall. Bangunan yang terdiri dari lima lantai ini memiliki konsep modern seperti kebanyakan mall masa kini. Adapun lokasinya berada sangat strategis di jalur utama ke pusat kota menjadikan Solo Square menjadi destinasi belanja favorit masyarakat Solo.

Selain karena pemilihan tempat yang tepat, daya tarik Solo Square Mall ada pada deretan tenant yang bergabung di dalamnya. Mulai dari Lower Ground hingga Lantai 3, setiap lantai di mall ini diisi oleh tenant ternama. Di Lower Ground misalnya, kamu akan menemukan Erafone, Gosh, Etude, dan Eiger.

Di lantai lebih atas, tenant yang tersedia pun tak kalah bergengsi. Mulai dari Guardian, Watsons, Global Teleshop, Planet Surf, Sport Station, J.Co, BreadTalk, Pizza Hut, dan lain-lain. Selain itu, pusat perbelanjaan di Jalan Slamet Riyadi No. 451-455 Laweyan, Solo ini juga diisi oleh Natasha, Nakamura, Happy Puppy, Inul VIzta, Fun World, hingga Cinema XXI. Cukup lengkap, bukan?

Transmart Pabelan Sukoharjo

Tidak berada di pusat kota Solo tidak menjadikan Transmart Pabelan sepi pengunjung. Pusat perbelanjaan di bawah naungan PT Trans Retail Indonesia ini hadir sebagai salah satu wisata keluarga modern di Sukoharjo, Solo, dan area sekitarnya sejak Desember 2017. Ditambah lagi lingkungan sekitar yang dekat dengan pemukiman dan pusat pendidikan, praktis mall ini semakin ramai dipadati setiap harinya.

Didirikan di lahan bekas gerai Carrefour Pabelan, Transmart Pabean mengusung konsep 4 in 1 yang terdiri dari aktivitas berbelanja, bermain, bersantap, dan menonton. Dengan luas lahan lebih dari 15.000m2, destinasi all in one ini terbagi atas 4 ½ lantai. Adapun lokasi tepatnya di Jalan A. Yani No. 234, Pabelan, Sukoharjo.

Selain Transmart Hypermarket dan Trans Studio Mini, mall ini juga dipenuhi dengan berbagai tenant lain yang tak kalah menarik. Sebut saja Crepe Signature, Wendy’s. Ayam Kremes Bengawan, CGV, dan lain-lain.

Hartono Lifestyle Mall

Sama seperti Transmart, Hartono Lifestyle Mall juga berada di Sukoharjo, kabupaten yang bersebelahan dengan Solo. Walau begitu, pusat perbelanjaan di Jalan Ir. Soekarno ini sudah lebih dulu ada, tepatnya sejak tahun 2012. Dengan luas bangunan mencapai 100.000 m², Hartono Mall praktis menjadi mall terbesar yang ada di Sukoharjo.

Gedung pusat perbelanjaan ini terdiri atas sembilan lantai. Lahan parkir yang disediakan pun cukup luas baik untuk motor maupun mobil. Dengan bangunan sebesar ini, hingga kini, Hartono Lifestyle Mall masih menjadi mall yang paling ramai dikunjungi di Sukoharjo.

Tentu saja, tenant yang mengisi mall ini pun sangat bervariasi. Seperti contoh, kamu akan menemukan Ace Hardware, Informa, Sports Station, Matahari Department Store Ada Boutique, Jihan Fashion, J.Co, KFC, Solaria, BreadTalk, dan puluhan lainnya. Dengan pilihan sebanyak ini, kamu bahkan bisa menghabiskan berjam-berjam mengelilingi Hartono Lifestyle Mall baik untuk berbelanja atau hanya sekadar window shopping.

Tempat Jajanan Murah di Solo

Ngarsopuro Night Market

Ini dia tempat jajan murah yang ikonik di Solo. Dulunya, kawasan ini tidak tertata. Kios-kios barang antik dan toko elektronik tumpang tindih sehingga tak urung menimbulkan kemacetan.

Namun sejak tahun 2009, kondisi semrawut ini berubah. Setiap Sabtu dan Minggu malam, sepanjang area di Jalan Diponegoro, Banjarsari ini dipadati pengunjung masyarakat lokal maupun wisatawan. Selain transaksi jual beli—makanan, kerajinan, baju, dan lain-lain—Ngarsopuro Night Market juga menjadi tempat berkumpulnya berbagai komunitas seperti fotografi hingga capoeira. Bahkan, komunitas ini tak jarang memamerkan kegiatan mereka di sini.

Pedagang makanan pun berjejeran di sini menawarkan menu-menu lokal dan food street tradisional. Tenang saja, kamu bisa menikmati makan ini sembari duduk di bawah payung-payung besar yang disediakan, kok. Untuk harga makanannya sendiri sangat beragam—kamu bahkan bisa mendapat jajan dengan harga di bawah lima ribu rupiah, kok.

Pasar Gede

Pasar Gede merupakan pasar induk terbesar di Solo yang dibangun pada tahun 1923 oleh Pakubuwono X, tepatnya di Jalan Urip Sumoharjo, Jebres. Jumlah pedagang yang ada di pasar tradisional tertua ini pun ribuan, mulai dari bahan dapur, sayur mayur, kerajinan, tekstil, hingga kuliner. Tenang saja, meski lokasinya di pasar, makanan ini dijamin membuatmu ketagihan.

Salah satu jajanan segar yang selalu dicari-cari adalah Es Dawet Telasih Bu Darmi. Seporsi es dawet telasih ini mempunyai isi yang beragam, yakni tape hijau, tape hitam, jenang sumsum, gula, santan, biji telasih, dan es batu. Dengan membayar sekitar sembilan ribu rupiah, kamu bisa mendapatkan kesegaran ini untuk menghapus dahaga akibat cuaca Solo yang panas.

Selain itu, beberapa jajan lain yang bisa kamu dapatkan di Pasar Gede antara lain es gempol pleret, tahok, lenjongan, dan lain-lain. Bahkan bila ingin makan yang lebih 'berat', ada tengkleng, nasi liwet, timlo, dan sederet sajian lezat lainnya.

Wedangan Pendopo

Kalau mau cari angkringan dengan suasana yang lebih nyaman, Wedangan Pendopo pilihannya. Bangunan ini sangat kental dengan budaya Jawa kuno—joglo klasik dengan tembok putih bersahaja. Ditambah lagi dengan dekorasi interior seperti lampu-lampu gantung kunonya, kamu akan seperti dibawa ke masa lalu.

Menu yang ditawarkan di sini sebenarnya sangat beragam. Mulai dari cemilan seperti onde-onde, gorengan, dan sebagainya hingga nasi ada di sini. Karena konsep sebenarnya angkringan, memilih menu pun dilakukan dengan cara langsung mengambil yang kamu inginkan.

Bila menginginkan menu bakaran—baik aneka satu, gorengan, atau nasi—kamu juga bisa membakarnya dengan arang di sini. Soal harga, satu tusuk satenya bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dua ribu rupiah saja. Sangat murah, bukan? Yuk, datang saja ke Jalan Srigading 1 No. 7 Mangkubumen Solo!

Galabo

Pusat kuliner malam di Jalan Mayor Sunaryo, Solo ini merupakan singkatan dari kata gladag, langen, dan bogan. Galabo menempati di sisi timur Bundaran Gladag yang cukup padat oleh lalu lintas kendaraan. Namun, kamu tidak akan menemukan tempat ini di siang hari sebab Galabo baru beroperasi pada malam hari.

Suasana di Galabo terbilang cukup tertib. Total, hanya sekitar dua puluhan pedagang yang ada di sini. Jumlah ini berkurang akibat kajian dan seleksi yang dilakukan oleh pengelola mengenai kios mana saja yang layak menempati kawasan tersebut.

Di sini, kamu bisa jajan kudapan atau bahkan menikmati makan malam yang mengenyangkan. Beberapa nama kuliner legendaris pun mengisi lahan di Galabo, seperti Rawon Penjara, Tengkleng Klewer, Sate Kere Yu Rebi, dan lain-lain. Harganya bervariasi, tetapi secara umum berwisata kuliner di sini tidak akan membuat kantongmu jebol dalam semalam.

Festival Tahunan di Solo

Sekaten Surakarta

Kegiatan tahunan ini diadakan sebagai peringatan ulang tahun Nabi Muhammad Saw. oleh Keraton Surakarta. Berasal dari bahasa Arab ‘syahadatain’, upacara ini memiliki kaitan yang erat dengan sejarah penyebaran agama Islam di tanah Solo berabad-abad lalu.

Jangka waktu pelaksanaan sekaten pun terbilang cukup lama, yakni satu minggu. Dalam kurun masa ini, Masjid Agung Keraton akan memainkan alunan gamelan. Perlu diketahui, alat musik tradisional ini juga sebelumnya telah didoakan dahulu sebelum dimainkan mulai pagi hingga petang.

Selain itu, pasar malam juga digelar dalam perayaan sekaten. Berlokasi di alun-alun, pesta rakyat menyajikan berbagai pertunjukan seni, akrobat, dan berbagai permainan anak.

Grebeg Maulud

Sebagai puncak tradisi sekaten, Grebeg Maulud diselenggarakan pada tanggal 12 Rabiul Awal. Kegiatan ini akan dilakukan kirab Gunungan Tumpeng Raksasa dari Keraton Surakarta menuju Masjid Agung Surakarta. Adapun yang dimaksud Gunungan Tumpeng tersebut adalah hasil-hasil bumi terbaik di Solo seperti kacang-kacangan, sayur mayur, buah-buahan, dan lain-lain yang disusun secara melingkar.

Gunungan ini dipercaya memiliki banyak rezeki dan berkah. Nantinya, gunungan akan diperebutkan oleh masyarakat. Setiap orang akan bersaing sebanyak-banyaknya untuk mendapat hasil bumi yang ada di dalam gunungan.

Pada hari ini, kawasan sekitar keraton dan masjid pun akan dipenuhi oleh masyarakat Solo dan beberapa daerah sekitar seperti Wonogiri, Karanganyar, Sragen, dan sebagainya. Sayangnya, kerap kali, sebelum doa dipanjatkan di Masjid Agung, tumpeng tersebut sudah lebih dulu diperebutkan oleh warga. Padahal, maksud dipanjatkannya doa tersebut adalah sebagai rasa syukur dan memohon keberkahan.

Grebeg Sudiro

Tahun Baru Imlek pun diselenggarakan dengan meriah dan menjadi acara tahunan di Solo. Melalui Grebeg Sudiro, budaya Tionghoa dan Jawa akan dipadukan sedemikian harmonis. Adapun lokasi perayaan ini dipusatkan di area sekitar Pasar Gede, Balong, dan Balai Kota Solo.

Puncak acara berupa karnaval dan arakan gunungan. Tidak seperti Grebeg Maulud yang berupa hasil bumi saja, gunungan di Grebeg Sudiro juga dilengkapi dengan berbagai makanan khas kebudayaan Tionghoa. Seperti misal, bila diperhatikan, kamu akan menemukan kue keranjang hingga bakpao di dalam gunungan ini.

Di akhir acara, gunungan yang dipercaya membawa kebaikan juga akan diperebutkan oleh masyarakat. Tenang saja, siapa pun dapat disaksikan oleh siapa saja, termasuk bila kamu sebagai wisatawan sekalipun.

Solo Batik Carnival

Sebagai salah satu kebudayaan yang masih dilestarikan dengan sangat baik, batik diapresiasi melalui cara ini. Solo Batik Carnival atau yang biasa disingkat SBC merupakan salah satu cara untuk tetap menjaga budaya batik dan mengeksplorasinya sesuai kreativitas peserta.

Sejak tahun 2007, SBC telah menjadi festival tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Solo. Siapa saja boleh menjadi peserta SBC dengan batas usia minimal adalah 4 tahun. Pasalnya, kegiatan ini juga akan cukup menguras energi dan kondisi fisik peserta melalui berjalan di catwalk yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi.

Masing-masing peserta juga wajib menggunakan batik sebagai bahan kostum yang akan ditampilkan. Sebelum mencapai acara puncak, tiap peserta juga akan lebih dulu mengikuti workshop tentang make up, pembuatan kostum, hingga cara untuk berpose. Festival Jenang Solo

Mangkunegaran Performing Art

Mulai hadir sejak tahun 2009, Mangkunegaran Performing Art atau yang biasa disingkat MPA telah menjadi event tahunan yang bisa kamu saksikan di Solo. Acara ini diselenggarakan oleh pihak Pura Mangkunegaran dan bekerja sama dengan pemerintah kota Solo, khususnya Dinas Pariwisata.

Tujuan diselenggarakannya festival ini tidak lain adalah untuk melestarikan Pura Mangkunegaran yang dikenal sebagai salah satu sumber kekayaan budaya di Solo. Di samping itu, MPA juga diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk mengenalkan budaya Mangkunegaran kepada masyarakat luas serta ajang promosi Kota Solo sebagai kota wisata.

MPA menyajikan berbagai pertunjukan seni seperti pagelaran tari, karawitan gamelan, hingga upacara ala Pura Mangkunegaran. Beberapa seniman lokal yang berpartisipasi dalam acara ini juga turut menampilkan hasil karyanya seperti pameran foto atau workshop budaya.

Hotel Murah di Solo

Saat berkunjung ke kota Solo sayang sekali bila pulang kemSolo ke kota asal di hari itu juga. Apalagi jika anda berasal dari kota yang jauh dari Solo, karena banyak tempat wisata di Solo yang bisa anda kunjungi selama berada di kota ini. Berkunjung ke Solo yang jauh dari rumah tentu tidak cukup untuk sebentar, pastinya Anda butuh dua hingga beberapa hari kedepan menikmati sajian keindahan kota Solo.

Selama berada di Solo, Anda butuh hotel atau penginapan untuk menginap menghabiskan malam. Untuk itu Anda tak perlu takut tidak menemukan hotel, penginapan atau rumah singgah (guest house) ketika berkunjung ke Solo ini.Anda tak perlu bingung karena ada banyak penginapan atau hotel murah di Solo yang menawarkan harga menarik.

Perlu diketahui bahwa kategori hotel murah juga memiliki kelas - kelas tersendiri seperti di Airy Solo. Hotel murah memang sangat cocok untuk anda yang bertipe budget traveler. Namun bukan berarti tidak bisa digunakan anda dan keluarga. Hotel murah di Solo memiliki fasilitas yang lengkap dan membuat tidur anda nyaman seperti menginap di hotel berbintang tinggi sekalipun. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari 100 ribuan dan Anda akan menemukan banyak di Solo. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis hotel di Solo yang ada di Airy yaitu sebagai berikut:

Airy Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap saat sedang berkunjung ke kota Solo, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang sangat terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, anda tak perlu ragu, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman. Fasilitas tersebut seperti wifi gratis, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, tv dan air conditioner (AC). Tentu hotel jenis ini cocok untuk para Backpacker dengan budget terbatas yang hanya butuh tempat untuk tidur. Harga untuk hotel eco di Solo mulai dari 100 ribuan anda dapat temukan dengan mudah.

Airy Standard

Jika anda memiliki budget yang cukup, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel murah di Solo dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel murah ini. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco. Fasilitas tambahan dapat berupa air panas untuk mandi hingga sarapan pagi gratis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata untuk lebih lama di hotel atau staycation saat berkunjung ke kota Solo. Selain itu, hotel murah kelas standard ini juga sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis bertemu klien di Solo. Anda dapat menikmati malam sambil menyiapkan presentasi atau menyelesaikan pekerjaan saat disaat harus keluar kota di dalam hotel.

Airy Premier

Kelas yang terakhir adalah kelas Premier atau kelas yang paling high class di Airy Solo. Ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier ini menawarkan hotel murah yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini. Cocok sekali untuk yang sedang honeymoon dan lebih banyak berdiam di hotel. Kelas hotel murah ini banyak ditemukan di Kota besar seperti Solo.

Tips Memilih Hotel Murah di Solo

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Solo, tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Bagi Anda yang mencari hotel murah di Solo, maka anda akan menemukan banyak tawaran. Penting untuk anda mengetahui tips-tips agar terhindar dari hotel murahan. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Harga Per Malam

Budget menjadi faktor penting bagi beberapa wisatawan untuk memilih hotel, karena harganya yang cukup menguras dompet. Itulah yang menjadi kebanyakan wisatawan mencari hotel atau penginapan murah ketika berkunjung ke Solo. Tak jarang pula wisatawan yang terjebak dengan harga yang ditawarkan hotel - hotel disana yang sangat murah dengan penipuan fasilitas. Oleh karena itu penting untuk Anda memerhatikan harga yang ditawarkan hotel murah di Solo.

Pastikan harga hotel murah yang ingin Anda booking berada pada standar OTA. Hotel murah yang disediakan Airy tentu lebih murah dibanding penyedia hotel lainnya di Solo. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, Anda dapat membuktikannya. Selain itu, jangan memaksakan untuk memilih hotel yang melebihi budget yang anda punya. Karena harga murah pun Anda dapat menikmati kenyamanan yang dijamin oleh Airy Solo.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya Anda harus perhatikan lokasi hotel murah yang Anda pilih di Solo. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Solo. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Solo seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian.

Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Solo atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Solo.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel murah di Solo, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel murah di Solo. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Solo anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya. Dengan memilih Airy yang ada di Solo, Anda tidak akan kecewa dengan layanan yang diberikan karena Airy sudah memastikan jaminan kenyamanan untuk seluruh hotel di Solo yang tersedia di Airy.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel murah di Solo akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian banyak juga penyedia booking hotel di Solo secara online. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan penyedia hotel lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Solo.

Waspada Dengan Penipuan

Dengan banyaknya penyedia jasa booking hotel online khususnya hotel di Solo, Anda harus waspada dengan kasus penipuan yang masih terjadi. Anda dapat memastikan bahwa penyedia jasa booking hotel tersebut memiliki nama yang terpercaya seperti Airy. Airy tidak bisa menjamin jika tidak ada yang melakukan penipuan atas nama Airy. Oleh karena itu sebagai pencegahan, sebelum Anda melakukan pembayaran, pastikan rekening tersebut atas nama Airy Nest Indonesia.

Rekomendasi Hotel Murah di Solo

Jika anda sudah punya rencana mengunjungi Solo maka anda dapat booking hotel di Solo secepatnya agar tak menjadi beban pikiran. Anda akan menemukan hotel murah di Solo. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Solo.

Airy Laweyan Radjiman 289 Solo

Hotel murah di Solo ini berada di dalam gedung setinggi delapan lantai dengan gaya modern. Di samping tujuh jaminan kenyamanan di tiap ruangan, beberapa fasilitas lain yang tersedia di hotel ini antara lain pijat, fasilitas rapat, restoran, dan lain-lain.

Airy Laweyan Radjiman berada di Jalan dr. Radjiman No. 289, Laweyan, Solo. Lokasi ini cukup dekat dengan berbagai tempat wisata seperti populer seperti Museum Radya Pustaka. Selain itu, dalam radius sekitar 1 km, kamu juga bisa menemukan Pasar Klewer, Keraton Surakarta, Solo Paragon Mall, dan Istana Mangkunegaran.

Airy Eco Adi Sucipto Gang Nanas Lima 6

Akomodasi di Gang Nanas V No. 6, Laweyan, Solo ini mempunyai cukup banyak pilihan kamar. Selain tipe Standard Double, kamu juga bisa memilih Superior Double, Deluxe Double, dan Deluxe Twin. Tak lupa, setiap kamar di Airy Eco Adi Sucipto juga dilengkapi dengan kulkas dan brankas.

Lokasi Airy Eco Adi Sucipto juga cukup dekat dengan Bandar Udara Adi Sumarmo, yakni hanya sekitar 5 km. Di samping itu, kamu juga tak perlu repot bila ingin mencicipi kuliner lokal. Dengan jarak kurang dari 1 km, kamu bisa menemukan Epice Restaurant, Soto Sawah Bu Harso, Angkring Solo, Agra Rooftop Bar & Lounge, dan Incontro Italian Ristorante.

Airy Bandara Adi Sumarmo 3

Satu lagi pilihan Airy Rooms yang dekat dengan bandar udara adalah Airy Bandara Adi Sumarmo 3. Hotel ini berada di Jalan Terusan Bandara Adi Sumarmo, Boyolali. Jarak kedua lokasi ini pun hanya sekitar 1,2 km sehingga cocok bagi kamu yang tidak memiliki cukup banyak waktu untuk transit atau singgah di Solo.

Setiap kamar di Airy Bandara Adi Sumarmo 3 memiliki ukuran yang cukup luas. Meski lokasinya tidak berada di jalur utama, hotel ini terbilang cukup strategis. Kamu pun dapat beristirahat dengan lebih nyaman di unit Standard Single atau Deluxe Double pilihanmu tanpa terganggu dengan bisingnya kendaraan yang lewat di sekitar penginapan.

Airy Eco Syariah Laweyan Gang Sawo

Kamu yang mencari penginapan syariah di lokasi strategis Solo tak perlu khawatir. Airy Eco Syariah Laweyan yang berada di Gang Sawo IV No. 5 Karangasem, Solo ini mengakomodasi kebutuhanmu dengan opsi tipe Standard Single dan Standard Double.

Bila di sela waktu istirahatmu ingin berjalan mencicipi kuliner, beberapa tempat terbaik ada di sekitar penginapan ini. Koeslan’s Coffee and Mates misalnya, hanya sejauh 0,7 km dari Airy. Selain itu, Seowiwi Korean Halal Food dan Rumah Makan Taman Sari juga dapat kamu kunjungi hanya dalam jarak sekitar 0,8 km saja.

Airy Sumber Pajajaran Utara Satu 44

Berada di lingkungan yang sangat homey, Airy Sumber Pajajaran bisa jadi pilihan tempat bermalam terbaik untukmu. Tak hanya lokasi, desain bangunan hotel ini juga memberi kesan yang sangat ramah. Bahkan dengan adanya bagian terbuka di tengah-tengah bangunan, akomodasi di Jalan Pajajaran Utara I No. 44, Banjarsari, Solo ini akan membuatmu merasa seperti di rumah dengan sepoi angin sepanjang waktu.

Airy Sumber Pajajaran menyediakan unit hunian dengan tipe ranjang double dan twin. Adapun beberapa atraksi kuliner terdekat yang bisa kamu kunjungi selagi menginap di sini antara lain Pondok Jowi, Sop Buntut Solo, dan Sate Kambing Mbok Galak. Selain itu, Markobar Solo yang terkenal juga bisa kamu temui dengan berjalan kaki sekitar 1,5 km saja.

Airy Stasiun Balapan Natuna 4

Mencari hotel terdekat di Solo yang mudah dijangkau dari Stasiun Balapan? Airy Rooms punya jawabannya. Kedua tempat ini hanya terpaut sejauh sekitar 900 meter saja. Bahkan bila berjalan kaki, kamu dapat memangkasnya dan hanya perlu menempuh sekitar 500 meter.

Penginapan yang menyediakan tipe Superior Twin, Deluxe Twin, dan Business Double ini juga dekat dengan beberapa spot populer di Solo. Sebut saja Pasar Gede, Pasar Klewer, Bintang Resto, dan Dapoer Djawa Bu Sri. Dengan lokasi yang sangat baik ini, kamu pun jadi lebih efisien waktu untuk mengeksplorasi berbagai eksotisme Kota Solo.

Lokasi : Jalan Natuna No. 4, Banjarsari, Solo

Airy Eco Kauman Cakra Dua 15

Lokasi unit Airy Rooms berada di Jalan Cakra II No. 15, Pasar Kliwon, Solo, yang juga dikelilingi oleh berbagai tempat wisata populer di Solo. Dari Airy Eco Kauman, kamu dapat menjelajahi Pasar Klewer, Keraton Surakarta, Museum Radya Pustaka, dan Istana Mangkunegaran kurang dari 1 km saja. Urusan kuliner, beberapa tempat terdekat yang dapat kamu kunjungi antara lain Gudeg Bu Mari, Rumah Makan Kusuma Sari, Mie Boris, dan McDonald’s Slamet Riyadi.

Untuk tipe kamar, kamu bisa memilih antara Standard Double atau Standard Twin. Di sela-sela waktu beristirahat, kamu pun dapat menyegarkan diri dengan berenang di kolam renang dewasa yang tersedia di Airy Eco Kauman. Fasilitas ini berada di area outdoor dengan pepohonan palem yang menambah kesan tropis di sekitar kolam.

Airy Eco Sumber Pleret Raya

Airy Eco Sumber Pleret Raya berada di Jalan Pakel, Banjarsari, Solo. Walau dari segi lokasi agak ‘masuk’, kamu akan mendapat kenyamanan maksimal hotel bujet bermalam di Airy Eco Sumber Pleret Raya. Areanya yang cukup luas dan ditumbuhi banyak tanaman rindang. Adapun tipe ranjang yang tersedia di sini hanya double.

Selain itu, Airy Eco Sumber Pleret Raya juga tak akan membuatmu susah bila ingin menjelajahi objek wisata populer di Solo. Tempat ini cukup dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan baik tradisional maupun modern seperti Pasar Klewer, Pasar Gede, dan Solo Paragon Mall. Beberapa kuliner lezat juga dapat dijangkau dengan gampang dan cepat seperti Sop Buntut Solo dan Sate Kambing Mbok Galak.

Airy Jebres Kolonel Sutarto 100

Airy Jebres Kolonel Sutarto berada sejauh sekitar 1,5 km dari Stasiun Solo Jebres. Bangunan bertingkat dengan gaya modern minimalis dan eksterior berwarna abu-abu bersih ini menjadi salah satu penginapan bujet yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Pasalnya dengan harga yang sangat terjangkau, Airy Jebres memenuhi fasilitas dan kenyamanan menginap dengan pilihan tipe kamar Standard Single dan Budget Double.

Tak hanya dengan stasiun, tempat bermalam di Jalan Kolonel Sutarto No. 100 Jebres, Solo ini juga cukup dekat dengan beberapa tujuan kuliner. Timlo Solo yang terkenal misalnya, hanya sejauh 0,5 km. Bila ingin menikmati suasana angkringan dengan model baru, Wedangan Omah Lodjie bisa kamu kunjungi dengan berjalan sekitar 400 meter saja.

Itulah rekomendasi hotel murah di Solo yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Solo ini. Tentunya hotel-hotel murah Solo bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Solo ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.