November 2017
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1 Malam
Cari Kamar

9 Hotel Di Solo

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 185,800
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 229,900
Sisa 2 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp. 185,800
Sisa 2 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Cara ke Kota Solo

Melalui Jalur Udara

Jika Anda ingin mengunjungi kota Solo, Anda bisa menggunakan transportasi udara yakni pesawat. Solo memiliki Bandara Internasional Adisumarmo yang memiliki desain lekat dengan adat Jawa. Penerbangan baik menuju maupun keluar dari Solo cukup banyak setiap harinya. Mulai dari maskapai Sriwijaya Air, Lion Air, Garuda dan beberapa maskapai lainnya yang akan melayani penerbangan menuju dan keluar dari kota Solo.

Selain penerbangan domestik, Bandara Internasional Adisumarmo juga melayani penerbangan internasional. Dari Bandara Internasional Adisumarmo, dari Panasan Anda bisa menggunakan busway Batik Solo Trans ataupun taksi kurang lebih selama 15 menit untuk menuju ke pusat kota Solo.

Melalui Jalur Darat

Untuk menuju ke kota Solo melalui jalur darat, Anda bisa memanfaatkan bus, kendaraan pribadi maupun kereta api. Untuk bus, bus di Solo bisa melayani Anda hampir ke semua kota utama yang ada di Jawa, Sumatera hingga Bali. Terdapat cukup banyak bus penghubung beberapa kota besar di Jawa, Sumatera, Bali hingga Kalimantan. Terminal yang ada di kota Solo yakni Terminal Tirtonadi.

Untuk Anda pengguna kendaraan pribadi, Anda bisa menuju solo melalui beberapa jalan negara yang menyambungkan kota Solo dengan beberapa kota besar lain seperti Yogyakarta, Surabaya, Semarang dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang ingin pergi ke Solo menggunakan kereta api, Anda kemudian akan berhenti di stasiun utama kota Solo yakni Stasiun Solo Balapan. Banyak jadwal kereta api baik menuju maupun keluar kota Solo. Jika Anda dari Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa menggunakan Argo Lawu dan Argo Dwipangga. Jika Anda dari Bandung, Anda bisa menggunakan Argo Lodaya. Jika Anda dari Yogyakarta, Anda bisa memanfaatkan komuter Prambanan Ekspres dan KA Pandanwangi jika Anda dari Semarang.

Transportasi di Kota Solo

Untuk transportasi di kota Solo sangat banyak jadi Anda tidak perlu khawatir dan kebingungan ketika berkunjung ke kota Solo. Kota Solo memiliki Bandar Udara Adi Soemarmo, Stasiun Purwosari, Terminal Tirtonadi, Stasiun Jebres dan Stasiun Solo Balapan.

Kota Solo juga memiliki Batik Solo Trans atau BST yng merupakan pengembangan dari penggunaan bus Damri A. Jurusan yang dilayani oleh BST yakni :

  • Berangkat: Palur – Jurug –Pasar Gede– Kleco – Pabelan - Kartosuro
  • Kembali:  Kartosuro – Pabelan – Jurug – Palur

Anda juga bisa memanfaatkan banyaknya becak yang ada di kota Solo jika Anda ingin menikmati suasana kota Solo dan mengunjungi beberapa lokasi yang berdekatan. Becak maksimal hanya mampu menampung 2 orang saja.

Tempat Wisata di Kota Solo

Solo memiliki cukup banyak lokasi wisata alam maupun sejarahyang akan memanjakan mata Anda. Sempatkan untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata yang ada di kota Solo ini. Berikut penjelasannya.

Taman Kota Balekambang

Taman kota Balekambang bisa dikatakan sebagai salah satu paru-paru kota Solo karena memiliki pepohonan rindang yang membuat suasana menjadi sejuk. Lokasinya yang berada strategis membuat banyak orang sering mengunjungi lokasi ini.

Taman Sriwedari

Di Taman Sriwedari, Anda bisa menikmati berbagai kesenian asli Jawa seperti pertunjukan wayang. Taman Sriwedari yang merupakan pusat budaya kota Solo, juga menyediakan tempat bermain bagi anak serta pusat jajanan tradisional.

Kraton Kasunanan

Kraton Kasunanan merupakan tempat tinggal Raja Pakubuwono yang arsitekturnya bergaya Jawa bercampur dengan gaya Eropa. Kraton Kasunanan belokasi di sekitar alun-alun kota Solo. Selain itu, terdapat juga Puro Mangkunegaran yang dibuat oleh Mangkunegara I atau Raden Mas Said.

Wisata Air Terjun

Kota Solo juga memiliki cukup banyak wisata air terjun yakni Grojogan Sewu,Segoro Gunung, Parang Ijo, Jumog dan lain sebagainya.

Wisata Pegunungan

Kota Solo juga memiliki keindahan wisata pegunungan yang memikat. Beberapa pegunungan yang bisa Anda kunjungi yakni Gunung Lawu, Gunung Merbabu hingga Gunung Merapi yang sangat terkenal akan letusannya itu. Untuk mengunjungi pegunungan tersebut, umumnya terdapat angkot atau bus khusus yang akan mengantarkan para pengunjung hingga ke pos pendakian.

Wisata Candi

Wisata sejarah di kota Solo tak hanya keraton saja, tetapi juga candi-candi. Beberapa candi yang ada di kota Solo yakni Candi Cetho, Candi Monyet, Candi Sukuh dan lain sebagainya.

Kuliner Kota Solo

Selain terkenal akan wisata sejarah serta budayanya, kota Solo juga terkenal dengan kulinernya yang memanjakan lidah. Jika Anda sudah menyelesaikan jalan-jalan Anda, sebaiknya Anda sudah mulai mencari kuliner di kota Batik ini.

Makanan Khas Kota Solo

Yang pertama akan dibahas mengenai kuliner kota Solo yakni, makanan khasnya. Ya, rasanya tidak lengkap jika Anda berkunjung ke kota Solo tapi melewatkan yang satu ini. berikut ini beberapa makanan khas kota Solo yang tak boleh dilewatkan.

Tengkleng

Jika Anda belum mencicipi tengkleng Solo, maka Anda belum sepenuhnya mengunjungi kota Solo. Ya, makanan ini memang sangat populer baik di masyarakat Solo sendiri maupun wisatawan. Tengkleng sendiri terbuat dari tulang kambing dan diberi tambahan jeroan dan daging. Sekilas, tengkleng terlihat seperti gule tetapi ditambahkan santan yang membuat kuahnya menjadi lebih kental.

Warung Wedangan

Warung wedangan merupakan warung yang menyediakan makanan-makanan tradisional yang tidak dijual di restoran-restoran mewah. Warung ini menyediakan cukup banyak menu makanan seperti nasi kucing, sate kikil, nasi oseng, telur puyuh, ikan wader, kerang jadah bakar, tempe bacem dan lain sebagainya. Penyajiannya yang sederhana tak mengurangi kenikmatan masakannya.

Selat Solo Segar

Sekilas, selat solo segar ini terlihat seperti salad. Yang paling banyak disukai yakni selat bestik yang isinya yakni irisan daging sapi, telur pindang, selada, irisan wortel, kentang goreng, mentimun, irisan bawang merah, acar, buncis yang kemudian diberi tambahan mayonaise jawa.

Nasi Liwet

Nasi liwet, makanan yang telah melanglang buana hingga ke beberapa kota, tapi tetap, nasi liwet asal Solo-lah yang paling enak. Nasi liwet ini berisi nasi gurih yang kemudian diberi potongan telur pindangm sayur jipang, irisan daging ayam, opor dan diberi santan kental. Umumnya nasi liwet disajikan diatas daun pisang yang berbentuk kerucut atau orang Jawa bisanya menyebutnya pincukan. Selain gurih, nasi liwet juga memiliki rasa pedas pada sayurnya.

Soto Gading

Soto gading juga adalah salah satu makanan populer di kota Solo. Warung dari soto gading ini selain menyajikan menu soto juga menyajikan beberapa makanan lain seperti paru, usus goreng, kerupuk, tahu-tempe serta sate buntel. Rasa dari soto gading yang gurih serta khas itu akan memanjakan lidah Anda. Akan terasa semakin lengkap jika Anda menyandingkannya dengan es beras kencur, es kunir asem maupun es teh manis.

Tempat Nongkrong di Kota Solo

Anda tidak perlu bingung jika ingin nongkrong di kota Solo. Saat ini sudah banyak tempat yang recommended bagi Anda yang ingin nongkrong. Beberapa tempat yang bisa Anda jadikan tempat nongkrong yakni di Galabo, Ngarsopuro Night Market, wedangan di depan Bank CIMB, Cafe Tiga Tjeret, Alun-alun kidul hingga depan Bank Indonesia.

Di Galabo, Anda bisa mengunjunginya ketika malam hari. Galabo berada di Jalan Mayor Sunaryo dan merupakan pusat kuliner. Banyak kuliner khas kota Solo yang ada di sini. Di Ngarsopuro Night Market, kurang lebih hampir sama seperti Galabo yakni ramai ketika malam hari.

Jika Anda suka wedangan, atau angkringan bahasa Jogja-nya, Anda wajib mencoba tempat ini. Beberapa makanan, minuman, gorengan tradisional ditawarkan di tempat ini. Soal harga, dijamin ramah dikantong. Sedangkan jika Anda ingin seperti anak “hits” kota Solo, Anda bisa mencoba Cafe Tiga Tjeret yang populer ini.

Tempat Makan Enak di Kota Solo

Untuk tempat makan enak, kota Solo tak diragukan lagi adalah ahilnya. Ada cukup banyak tempat makan enak di kota ini. Beberapa tempat makan enak yang bisa Anda kunjungi yakni :

  • Sop buntut bu Ugi Tawangmangu
  • Bebek goreng Hj. Slamet
  • Bestik Harjo
  • Warung makan mbah semar
  • Rawon penjara
  • Nasi liwet di depan Hotel Syahid
  • Steamboat
  • Wedangan nasi bakar di UMS
  • Gudeg ceker
  • Bakso ikan patin lembah hijau
  • Soto Ledokan
  • Sate ayam Pak Tugiman
  • Nasi liwet wongso lemu
  • Raja Kepiting
  • Warung makan Pak Mantap
  • Steak Moen-Moen dan lain sebagainya

Kuliner Malam di Kota Solo

Jika Anda ingin melakukan kuliner malam di kota Solo, berikut ini beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi :

  • Galabo. Galabo berada di Jalan Mayor Sunaryo dan merupakan pusat kuliner. Banyak kuliner khas kota Solo yang ada di sini.
  • Nasi Gudeg Cakar Bu Yati. Nasi gudeg ini berlokasi pada persimpangan jalan di Jalan Ronggowarsito dengan Jalan KH. Ahmad Dahlan.nasi gudeg ini buka hingga pukul 01.00 WIB
  • Markobar. Markobar berlokasi di Jalan Sutowijoyo dan berada persis di sebelah Solo Grand Mall
  • Sate Kambing Pak Dahlan. Lokasinya berada di Jalan Letjen Suprapto yang juga merupakan daerah tempat kediaman presiden Joko Widodo.

Restoran Terkenal di Kota Solo

Beberapa restoran terkenal di Kota Solo yang tak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung yaitu :

  • Timlo Sastro
  • Sate Buntel Mbok Galak
  • Warung Gudeg Cakar Bu Kasno
  • Roemahkoe Resto
  • Soto Gading 4
  • Warung Pecel Solo
  • Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
  • Serabi Notosuman, Serabi Ny. Lidia
  • Tengkleng Bu Edi
  • Es Gempol Pleret Pak Suhar

Oleh-oleh Khas Kota Solo

Jika sudah berkunjung ke kota Solo, Anda tidak boleh lupa membawa oleh-oleh bagi keluarga maupun kerabat Anda, bukan? Berikut ini ada beberapa pusat oleh-oleh serta jajanan yang bisa Anda jadikan oleh-oleh khas kota Solo.

Pusat oleh-oleh

Berikut ini rekomendasi tempat Anda bisa membeli oleh-oleh khas kota Solo :

  • Toko Cokro Solo
  • Pabrik Rambak Bagoes Janaka
  • Serabi Solo Notosuman
  • Pasar Klewer
  • Pia Balong Sumber Rejeki
  • Toko Sosis Gondang
  • Kampung Batik Laweyan
  • Abon Mesran
  • Roti Merani

Jajanan khas solo

Berikut ini beberapa jajanan khas dari kota Solo yang bisa Anda jadikan oleh-oleh bagi saudara, keluarga maupun kerabat Anda :

  • Kue leker
  • Sosis solo
  • Intip
  • Serabi
  • Dawet ayu
  • Rambak petis
  • Usus goreng
  • Arem-arem
  • Wedang dongo
  • Ampyang
  • Usus goreng
  • Grthuk lindri
  • Semar mendem
  • Carang gesing

Daftar Mall di Kota Solo

Bagi Anda yang suka berbelanja di Mall, Anda tak perlu khawatir akan karena kota Solo memiliki sejumah mall yag akan memanjakan Anda. Beberapa mall yang ada di kota Solo yakni :

  • Solo Square Mall
  • Carrefour
  • Hypermart
  • Hartono Mall
  • Solo Grand Mall
  • Makro
  • The Park Solo
  • Assalam Hipermarket
  • Hypermart Solo Square
  • Solo Paragon Mall

Asal-usul Kota Solo

Dahulu kota Surakarta merupakan wilayah dari kerajaan Mataram dan pernah menjadi pusat pemerintahannya. Akhirnya Mataram Islam terpecah dan pemerintahanpun terpecah menjadi dua yakni di Yogyakarta dan Surakarta. Kemudian terpecah kembali menjadi dua yakni Mangkunegaran dan Kasunanan.

Surakarta, diberi nama demikian sesuai dengan naluri dari para leluhur jika Kerajaan Mataram pusatnya di Karta dan setelah itu di Pleret kemudian berpindah kembali ke Wanakarta.

Nama kota Solo berasal dari penamaan yang disesuaikan dengan keadaan kota Solo saat itu, yakni banyak tumbuhnya pohon Sala. Sala merupakan asli bahasa Jawa dan dibaca dengan bahasa jawa yakni Solo. Hingga akhirnya orang mulai mengenal kota ini yakni kota Solo.

Event di Kota Solo

Kota Solo terkenal sebagai kota yang memiliki budaya yang sangat kuat, dengan didukung oleh keraton yang ada di dalamnya. Beberapa event sering dilaksanakan untuk memperkuat kebudayaan dan menarik wisatawan berkunjung ke kota Solo. Berikut ini beberapa event tahunan yang ada di kota Solo yaitu :

  • Festival Jenang Solo. Festival ini menunjukkan bahwa jenang merupakan salah satu ikon dari kota Solo. Pada event ini, ribuan porsi jenang dibagikan gratis bagi para penonton yang menyaksikan festival ini.
  • Solo Batik Carnival atau SBC. SBC menyuguhkan ratusan pakaian yang berbahan dasar batik dan diperagakan oleh model yang menggunakan jalan raya sebagai “catwalk”. Pakaian yang dirancangpun tidak sederhana saja, tapi kostum yang mengagumkan dan cukup “ramai”. Ramai akan hiasan, pernak pernik dan lain sebagainya. Event ini diadakan setiap tahun.
  • Solo Indonesia Culinary Festival. Festival ini masih mengenai kuliner khas kota Solo. Berbagai macam makanan khas kota Solo disajikan pada festival kuliner ini.
  • Mangkunegaraan Performing Art. Pada festival idi disuguhkan berbagai tarian yang menghibur dan erat dengan budaya. Selain tarian, seni karya dari Trah Mangkunegaraan juga disajikan pada festival ini.

Hotel di Solo

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Solo. Jika anda yang berasal dari luar Solo lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Solo dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Solo ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

Rekomendasi Hotel Murah di Solo

  • Airy Syariah Laweyan Samanhudi 12 Solo
  • Airy Stasiun Balapan Natuna 4 Solo
  • Airy Ngarsopuro Gatot Subroto 89 Solo
  • Airy Terminal Tirtonadi Ahmad Yani 280 Solo
  • Airy Keraton Solo Veteran
  • Airy Sukoharjo Dewaruci 1 Solo
  • Airy Solo Baru Pandawa Lima Soekarno AC 25
  • Airy Solo Baru Sukoharjo Soekarno 20
  • Airy Syariah Laweyan Apel 3 Gang Mangga Solo
  • Airy Syariah Solo Baru Telukan Pendawa AF 1