April 2018
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1 Malam
Cari Kamar

2 Hotel Di Sukabumi

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Hotel Murah di Sukabumi

Saat berkunjung ke kota Sukabumi sayang sekali bila pulang kembali ke kota asal di hari itu juga. Apalagi jika anda berasal dari kota yang jauh dari Sukabumi, karena banyak tempat wisata di Sukabumi yang bisa anda kunjungi selama berada di kota ini. Berkunjung ke Sukabumi yang jauh dari rumah tentu tidak cukup untuk sebentar, pastinya Anda butuh dua hingga beberapa hari kedepan menikmati sajian keindahan kota Sukabumi.

Selama berada di Sukabumi, Anda butuh hotel atau penginapan untuk menginap menghabiskan malam. Untuk itu Anda tak perlu takut tidak menemukan hotel, penginapan atau rumah singgah (guest house) ketika berkunjung ke Sukabumi ini.Anda tak perlu bingung karena ada banyak penginapan atau hotel murah di Sukabumi yang menawarkan harga menarik.

Perlu diketahui bahwa kategori hotel murah juga memiliki kelas - kelas tersendiri seperti di Airy Sukabumi. Hotel murah memang sangat cocok untuk anda yang bertipe budget traveler. Namun bukan berarti tidak bisa digunakan anda dan keluarga. Hotel murah di Sukabumi memiliki fasilitas yang lengkap dan membuat tidur anda nyaman seperti menginap di hotel berbintang tinggi sekalipun. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari 100 ribuan dan Anda akan menemukan banyak di Sukabumi. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis hotel di Sukabumi yang ada di Airy yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap saat sedang berkunjung ke kota Sukabumi, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang sangat terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, anda tak perlu ragu, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman. Fasilitas tersebut seperti wifi gratis, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, tv dan air conditioner (AC). Tentu hotel jenis ini cocok untuk para Backpacker dengan budget terbatas yang hanya butuh tempat untuk tidur. Harga untuk hotel eco di Sukabumi mulai dari 100 ribuan anda dapat temukan dengan mudah.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang cukup, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel murah di Sukabumi dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel murah ini. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco. Fasilitas tambahan dapat berupa air panas untuk mandi hingga sarapan pagi gratis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata untuk lebih lama di hotel atau staycation saat berkunjung ke kota Sukabumi. Selain itu, hotel murah kelas standard ini juga sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis bertemu klien di Sukabumi. Anda dapat menikmati malam sambil menyiapkan presentasi atau menyelesaikan pekerjaan saat disaat harus keluar kota di dalam hotel.

Kelas Premier

Kelas yang terakhir adalah kelas Premier atau kelas yang paling high class di Airy Sukabumi. Ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier ini menawarkan hotel murah yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini. Cocok sekali untuk yang sedang honeymoon dan lebih banyak berdiam di hotel. Kelas hotel murah ini banyak ditemukan di Kota besar seperti Sukabumi.

Tips Memilih Hotel Murah di Sukabumi

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Sukabumi, tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Bagi Anda yang mencari hotel murah di Sukabumi, maka anda akan menemukan banyak tawaran. Penting untuk anda mengetahui tips-tips agar terhindar dari hotel murahan. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Harga Per Malam

Budget menjadi faktor penting bagi beberapa wisatawan untuk memilih hotel, karena harganya yang cukup menguras dompet. Itulah yang menjadi kebanyakan wisatawan mencari hotel atau penginapan murah ketika berkunjung ke Sukabumi. Tak jarang pula wisatawan yang terjebak dengan harga yang ditawarkan hotel - hotel disana yang sangat murah dengan penipuan fasilitas. Oleh karena itu penting untuk Anda memerhatikan harga yang ditawarkan hotel murah di Sukabumi.

Pastikan harga hotel murah yang ingin Anda booking berada pada standar OTA. Hotel murah yang disediakan Airy tentu lebih murah dibanding penyedia hotel lainnya di Sukabumi. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, Anda dapat membuktikannya. Selain itu, jangan memaksakan untuk memilih hotel yang melebihi budget yang anda punya. Karena harga murah pun Anda dapat menikmati kenyamanan yang dijamin oleh Airy Sukabumi.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya Anda harus perhatikan lokasi hotel murah yang Anda pilih di Sukabumi. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Sukabumi. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Sukabumi seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian.

Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Sukabumi atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Sukabumi.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel murah di Sukabumi, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel Sukabumi. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Sukabumi anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel murah di Sukabumi akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian untuk booking hotel Sukabumi secara online juga lebih banyak yang menyediakan. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan OTA lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Sukabumi.

Rekomendasi Hotel Murah di Sukabumi

Jika anda sudah punya rencana mengunjungi Sukabumi maka anda dapat booking hotel di Sukabumi secepatnya agar tak menjadi beban pikiran. Anda akan menemukan hotel murah di Sukabumi. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Sukabumi.

  • Airy Karamat Bhayangkara 127 Sukabumi, pilihan untuk anda menikmati kelas Standard kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jl. Bhayangkara No.127, Karamat, Sukabumi. Hotel ini letaknya tidak jauh dari Stasiun Sukabumi atau berada di daerah perkotaan sehingga mempermudah Anda untuk mengaksesnya. Untuk tempat wisata, ada Alun-alun Sukabumi yang selalu ramai pengunjung. Anda juga bisa mendapatkan oleh-oleh terkenal Sukabumi, yaitu Kue Mochi. Anda dapat booking hotel ini mulai dari 300 ribuan. Tentunya harga tersebut terjangkau untuk anda dengan fasilitas yang lengkap.

Itulah rekomendasi hotel murah di Sukabumi yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Sukabumi ini. Tentunya hotel-hotel murah Sukabumi bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Sukabumi ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.

Tentang Sukabumi

Sukabumi merupakan sebuah kota yang membentang di pesisir barat daya hingga selatan Provinsi Jawa Barat. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Cianjur di bagian timur, Kabupaten Bogor di bagian utara, Kapubaten Lebak di bagian barat, dan Samudera Hindia di bagian selatan.

Dari Jakarta, Sukabumi hanya berjarak sekitar 120 kilometer. Sementara jika dari Bandung, jaraknya hanya sekitar 100 kilometer. Pesona alamnya yang indah dan memukau membuat kota ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan dari luar kota untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Asal-usul Sukabumi

Sejarah Kota dan Kabupaten Sukabumi bermula dari pembukaan lahan perkebunan kopi di daerah Priangan Barat pada masa pemerintahan kolonial VOC. Karena besarnya permintaan kopi di Eropa, tahun 1709 Gubernur Jenderal Abraham van Riebeeck mulai membuka perkebunan kopi di daerah Tjiandjoer, Tjibalagoeng, Djogdjogan, Goenoeng, Goeroeh, dan Pondok Poko.

Seiring berjalannya waktu, perkebunan kopi di kelima daerah tersebut kemudian mengalami perluasan di era pemerintahan Gubernur Jenderal Hendrick Zwaardecroon. Sementara, kawasan di sekitar perkebunan kopi di Goenong Goeroeh juga berkembang menjadi beberapa pemukiman kecil, yang salah satunya bernama Kampung Tjikole.

Pada tahun 1776, Bupati Tjiandjoaer Wiratanu VI kemudian membentuk Kepatihan Tjikole, yang merupakan cikal bakal dari Kabupaten Sukabumi saat ini. Kepatihan Tjikole ini terdiri dari enam distrik, taitu Distrik Tjimahi, Goenoeng Parang, Tjiheoelang, Tjitjoeroeg, Djampang Tengah, serta Djampang Koelon.

Menurut sejarah, nama Soekaboemi pertama kali digunakan pada tanggal 13 Januari 1815 oleh Andries Christoffel Johannes De Wilde, seorang ahli bedah dan administrasi perkebunan kopi dan teh berkebangsaan Belanda yang membuka perkebunan di Kepatihan Tjikole.

Dalam laporan surveinya, De Wilde mencantumkan nama Soekaboemi sebagai tempat ia menginap di Kepatihan Tjikole. De Wilde kemudian mengirim surat kepada temannya yang ada di bagian administrasi Hindia Belanda agar mengajukan penggantian nama Kepatihan Tjikole menjadi Kepatihan Soekaboemi kepada Gubernur Hindia Belanda Thomas Stamford Raffles.

Ada dua pendapat mengenai nama Soekaboemi yang digunakan oleh De Wilde. Pendapat pertama mengatakan bahwa nama ini berasal dari kata Bahasa Sunda “Suka” dan “Bumen” yang jika digabung bermakna suatu tempat yang disukai untuk menetap.

Sementara pendapat yang kedua mengatakan bahwa nama Soekaboemi yang kemudian menjadi Sukabumi ini berasal dari Bahasa Sansekerta “Suka” yang berarti kebahagiaan atau kesenangan dan “Bhumi” yang berarti bumi atau tanah, sehingga nama Sukabumi memiliki arti “Bumi yang disenangi”.

Cara ke Sukabumi

Cara untuk menuju Sukabumi ini cukup mudah, karena lokasi Sukabumi yang tidak jauh dari Bogor. Letak Sukabumi ini dibalik Gunung Pangrango dan sudah banyak jalur darat untuk menuju Kota ini. Berikut alternatif yang dapat Anda tempuh menuju Sukabumi:

Mobil Pribadi

Menuju Sukabumi dengan mobil pribadi adalah opsi yang paling praktis. Anda tak perlu transit dan langsung menuju lokasi tujuan di Sukabumi. Hanya saja apabila Anda dari Bogor atau bahkan Jakarta terkadang butuh waktu tempuh yang agak lama. Waktu tempuh tercepat adalah 5 Jam dari Jakarta. Anda bisa lebih lama jika terkena sistem One Way atau Buka-Tutup di jalur Puncak yang harus menunggu hingga 2 jam.

Bus

Perjalanan dengan bus hampir sama dengan mobil pribadi. Tidak ada perbedaan jalur untuk menuju Sukabumi. saja menggunakan bus membutuhkan waktu lebih lama karena bus mungkin lebih banyak berhenti untuk menunggu penumpang lebih banyak. Jika anda mau menggunakan bus, Anda dapat naik Bus Parung Indah dari Bogor atau jasa travel dari Jakarta dengan ongkos sekitar Rp 80.000 hingga Rp 100.000 untuk sekali jalan.

Sementara jika dari Bandung, alternatif terbaik yang bisa Anda pilih adalah mengunakan bus yang melayani rute Bandung – Sukabumi. Tarif bus ini umumnya adalah Rp30.000. Semua bus berangkat dari Terminal Leuwi Panjang dan biasanya berangkat setiap satu jam sekali. Adapun lama perjalanan dari Bandung ke Sukabumi ini biasanya memakan waktu sekitar tiga sampai empat jam.

Kereta Api

Jika dari Bogor, Anda bisa naik Kereta Api Pangrango yang berangkat dari Stasiun Bogor Bogor dan memiliki tujuan akhir Stasiun Sukabumi. Beberapa pilihan kelas dari kereta api ini antara lain ada kelas ekonomi dan eksekutif. Adapun lama perjalanannya memakan waktu sekitar dua hingga tiga jam.Jika dari Jakarta, Anda bisa naik KRL menuju Stasiun Bogor dan kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan Kereta Api Pangrango.

Transportasi di Sukabumi

Alat transportasi utama yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling Kota Sukabumi adalah Angkutan Kota atau angkot. Angkot-angkot ini melayani trayek yang berbeda-beda, dan masing-masing angkot memiliki warna yang sesuai dengan trayeknya. Ada yang berwarna putih, hitam, merah, hijau, kuning, hingga tosca. Jika tujuan Anda agak masuk ke perkampungan, ojek merupakan salah satu alat transportasi yang bisa Anda andalkan.

Tempat Wisata di Sukabumi

Sebagai kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi, Sukabumi menyimpan beragam objek wisata yang menakjubkan, mulai dari objek wisata pantai, air terjun, sungai, gunung, hingga taman rekreasi, semua bisa ditemukan di kota ini. Berikut adalah beberapa destinasi wisata menarik yang wajib Anda datangi saat berkunjung ke Sukabumi.

Pantai Ujung Genteng

Salah satu destinasi wisata andalan yang dimiliki Sukabumi adalah Pantai Ujung Genteng. Pantai ini berlokasi sekitar 100 kilometer dari pusat Kota Sukabumi. Tepatnya di Jalan Kelapa Condong, Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat.

Meskipun harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk mencapai lokasi pantai, segala letih dan lelah selama perjalanan pasti akan langsung terbayar saat sampai di Pantai Ujung Genteng. Pasir putihnya yang berkilau, air lautnya yang jernih, serta deburan ombaknya yang menantang untuk berselancar membuat jarak yang jauh tak lagi menjadi masalah.

Bagi Anda yang hobi memancing, pantai yang satu ini juga sangat cocok untuk melakukan aktivitas memancing. Jadi, jangan lupa membawa peralatan memancing, ya!

Pantai Pangumbahan

Pemandangan pantai yang eksotis, pasir putih yang bersih dan bersilika tinggi, lokasi penangkaran penyu, serta ombak yang sangat pas untuk berselancar merupakan empat keunikan utama yang ditawarkan oleh Pantai Pangumbahan.

Pantai ini terletak di sebelah utara Pantai Ujung Genteng. Tepatnya di Desa Peangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jika dari kawasan wisata Pantai Ujung Genteng, Anda bisa mencari plang bertuliskan Turtle Beach Resort dan kemudian berbelok ke kanan untuk menuju ke lokasi pantai.

Pengunjung di pantai ini umumnya sengaja datang untuk melihat anak-anak penyu yang dilepaskan ke Samudra Hindia. Biasanya, anak-anak penyu hasil penangkaran akan dilepaskan pada sore hari, yakni sekitar pukul 17.00 WIB.

Jika Anda ingin melihat penyu-penyu bertelur, Anda juga bisa datang ke pantai pada malam hari. Namun, jangan mengaktifkan blitz kamera ya jika ingin memotret, karena cahaya blitz dapat membuat penyu-penyu itu takut dan melarikan diri.

Sungai Citarik

Bagi Anda yang menyukai kegiatan-kegiatan ekstrem, kawasan wisata Sungai Citarik ini wajib menjadi destinasi wisata tujuan Anda saat berkunjung ke Sukabumi. Di sini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang menantang seperti arung jeram, flying fox, paint ball, dan lain sebagainya.

Karena menawarkan berbagai jenis fasilitas dan kegiatan yang bersifat membangun kerjasama tim, objek wisata Sungai Citarik ini juga sering digunakan sebagai lokasi outbound dan pelatihan team building perusahaan atau organisasi.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak merupakan sebuah kawasan hutan lindung yang berlokasi di Jalan Raya Cipanas, Kecamatan Kebandungan, Sukabumi, Jawa Barat. Dengan luas mencapai 113.357 hektare, tempat ini menyimpan banyak keindahan alam seperti curug dan aliran sungai yang sangat jernih.

Tak hanya itu saja, di sini Anda juga bisa menemukan berbagai hewan langka seperti Owa Jawa, Elang Jawa, macan tutul, dan masih banyak lagi lainnya. Bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas menantang, aneka permainan outbound untuk dewasa maupun anak-anak juga tersedia di kawasan ini.

Curug Awang

Curug yang sering disebut sebagai “Mini Niagara” ini berlokasi di Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat. Tempat tempat wisata ini masih jarang dikunjungi para wisatawan, sehingga suasananya masih sangat tenang dan asri.

Deburan air terjun di Curug Awan mengalir dari tebing batu setinggi 40 meter, dan sumber airnya berasal dari Sungai Ciletuh. Selain Curug Awang, air terjun yang juga dialiri oleh Sungai Ciletuh adalah Curug Tengah dan Curug Puncak Manik.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Curug Awang adalah saat musim penghujan. Sebab, saat musim penghujan debit air dari Sungai Ciletuh biasanya akan lebih besar, sehingga aliran air yang jatuh pastinya juga akan lebih deras dan memukau.

Goa Buniayu

Gua yang berlokasi di Desa Kertaangsa, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang menjadi destinasi favorit para pecinta petualangan. Untuk masuk ke dalam, Anda cukup membayar biaya tiket masuk sebesar Rp15.000, dan sudah termasuk biaya untuk menyewa pakaian khusus dan helm pelindung.

Untuk menyusuri Goa Buniayu ini dibutuhkan stamina yang kuat, karena medan di dalam cukup sulit dan menantang. Tak hanya jalan lurus saja, Anda juga harus melalui danau lumpur, tebing, tumpukan batu, serta rintangan-rintangan lainnya. Lama perjalanan di dalam gua biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Agar lebih aman, sebaiknya Anda menyewa jasa pemandu yang sudah menguasai medan di dalam gua.

Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar merupakan sebuah desa di Sukabumi yang dijadikan sebagai objek wistata budaya. Di kampung yang terletak di kaki Gunung Halimun ini, Anda bisa melihat rumah-rumah adat yang terbuat dari bambu dan merasakan langsung kehidupan masyarakat setempat yang masih menerapkan tradisi dari nenek moyang.

Jika Anda berkunjung ke kampung ini pada minggu pertama bulan September, Anda akan berkesempatan untuk melihat upacara Seren Taun yang rutin digelar penduduk kampung setiap tahun sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan. Acara utama dari tradisi yang sudah ada sejak 600 tahun yang lalu ini adalah penyerahan hasil bumi ke dalam leuit atau lumbung.

Kuliner Sukabumi

Selain beragam tempat wisata yang menarik, Sukabumi juga memiliki aneka wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah beberapa makanan khas, tempat nongkrong yang asik, hingga rekomendasi restoran terkenal yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Sukabumi.

Makanan Khas Sukabumi

Untuk pilihan makanan, Sukabumi memiliki banyak sekali sajian khas dengan rasa yang menggugah selera. Penasaran? Berikut adalah di antaranya.

Nasi Uduk Ungu

Berbeda dengan nasi uduk pada umumnya, nasi uduk yang satu ini memiliki keunikan dari warna nasinya yang berwarna ungu. Namun jangan berpikir ini pewarna kimia, ya! Warna ungu pada nasi uduk khas Sukabumi ini berasal dari campuran buah bit dan ubi ungu yang digunakan sebagai pewarna alami.

Seperti pada umumnya nasi uduk, nasi uduk ini juga dilengkapi dengan aneka lauk pauk seperti tempe dan tahu goreng, ayam, suwiran telur dadar, sayur lalapan, serta sambal. Sekali mencoba, Anda pasti akan ketagihan dengan cita rasanya yang gurih dan nikmat.

Bubur Ayam Sukabumi

Anda pasti sudah cukup familiar dengan hidangan bubur ayam. Namun, ada yang berbeda dengan bubur ayam khas Sukabumi. Jika bubur ayam pada umumnya hanya menggunakan suwiran daging ayam, keunikan dari Bubur Ayam Sukabumi ini adalah penggunaan jeroan ayam seperti ati dan ampela yang telah dibumbui dengan bumbu rempah khas Sukabumi. Agar lebih nikmat, bubur ayam kemudian disiram dengan kuah kaldu serta diberi taburan bawang goreng dan emping di atasnya.

Mie Sukabumi

Bagi Anda yang menyukai hidangan kuliner berbahan dasar mie, Sukabumi juga memiliki beragam olahan mie dengan cita rasa yang cukup unik. Kedai-kedai yang menjual Mie Sukabumi ini pun bisa Anda temukan dengan mudah di sekitar Jalan Jenderal Ahmad Yani. Di sana, satu porsi Mie Sukabumi umumnya dijual dengan harga sekitar Rp13.000. Cukup murah, bukan?

Geco (Tauge Tauco)

Geco atau tauge tauco sebenarnya merupakan makanan khas dari tiga daerah, yaitu Sukabumi, Cianjur, serta Bogor. Kuliner ini terdiri dari potongan ketupat, rebusan mie kuning, serta rebusan tauge yang kemudian disiram dengan saus tauco dan diberi tambahan kerupuk sebagai pelengkap. Selain cita rasanya yang khas, keunikan lain dari kuliner ini adalah proses untuk merebus mie kuning dan tauconya. Pada umumnya, penjual geco di Sukabumi masih menggunakan arang dan tempat rebusan yang berbentuk datar.

Leor Daging

Makanan khas Sukabumi yang satu ini terbuat dari daging pipi sapi yang dimasak seperti semur, tetapi kuahnya tidak begitu kental. Rasanya pun juga tidak jauh berbeda dengan semur. Hanya saja lebih segar karena ditambah potongan tomat pada kuahnya.

Tempat Nongkrong di Sukabumi

Sukabumi memiliki banyak tempat nongkrong yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya yang cukup terkenal adalah food court atau pusat kuliner yang ada di Toserba Park Slamet.

Setiap penjual yang berjualan di food court ini menyajikan menu makanan yang berbeda satu sama lain. Beberapa menu yang dijual di antaranya ada sop iga, sate maranggi, olahan durian, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain food court di Toserba Park Slamet, berbagai kafe dengan desain yang unik dan instagrammable juga bisa menjadi tempat nongkrong asyik di Sukabumi. Beberapa yang kerap menjadi pilihan wisatawan dan kawula muda antara lain adalah Butler Bar & Bistro, Brunch Recipe, Milan Pizzeria Café, Snackers, serta K Viesta Café & Coffe House.

Tempat Makan Enak di Sukabumi

Jika mencari tempat makan enak di Sukabumi, Anda juga tidak perlu repot. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungin jika ingin menyantap masakan Sunda dengan suasana makan yang nyaman adalah Restoran Sunda Rasa. Berlokasi di Jalan Siliwangi No. 68, Sukabumi, restoran ini menyajikan aneka menu khas Sunda seperti gurame cobek, ayam bakar, udang cengek, pepes ayam, tumis babat, hingga tahu kipas yang gurih dan hangat. Selain makanannya yang enak, konsep rumah makan yang dihadirkan oleh Restoran Sunda Rasa ini juga cukup menarik, yakni perpaduan antara konsep tradisional dan desain yang modern.

Tempat makan enak lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Bakso Super H. Achmad Sudja’i. Kelezatan bakso yang satu ini memang sudah sangat terkenal di Sukabumi. Saking lezatnya, Bakso Super Bapak H. Achmad Sudja’i ini bahkan telah dinobatkan sebagai kuliner legendaris Kota Sukabumi.

Lokasinya tempat makan yang buka mulai pukul 10 pagi sampai 10 malam ini pun cukup mudah ditemukan. Jika penasaran dengan kelezatannya, Anda bisa datang langsung ke Jalan Ir. H. Jianda No. 3, Sukabumi, Jawa Barat.

Kuliner Malam di Sukabumi

Malam hari juga bisa Anda manfaatkan untuk berburu kuliner lezat. Lokasi wisata kuliner malam yang cukup terkenal di Sukabumi adalah Bandros Mang Atta, yang berlokasi di Jalan Gudang, Kebonjati, Cikole, Sukabumi. Kue bandros yang dijual di tempat ini tersedia dalam berbagai macam rasa, mulai dari original, vanilla, stroberi, coklat, serta keju. Agar lebih nikmat, Anda juga bisa menyantap bandros sambil ditemani dengan bandrek atau bajigur.

Jika ingin menyantap makanan berat, Anda juga bisa berkunjung ke Ayam Bakar dan Goreng Mang Oni yang berlokasi di Jalan Raya Sukaraja, Sukabumi. Meskipun hanya warung kaki lima, kelezatan makanan yang disajikan di tempat ini tak kalah juara dengan restoran-restoran berkelas.

Beberapa menu andalan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke warung Ayam Bakar dan Goreng Mang Oni adalah ayam bakar dan tumis sepat. Kedua menu tersebut pastinya akan sangat nikmat disantap dengan nasi timbel, sambal terasi, serta lalapan.

Restoran Terkenal di Sukabumi

Untuk pilihan restoran yang berkelas dan lezat, Sukabumi juga memilikinya. Salah satunya yang cukup terkenal dan sangat direkomendasikan adalah Mamih Ungu Resto & Café.

Terletak di Jalan Brawijaya No. 16, Sukabumi, restoran ini menyajikan salah satu sajian khas Sukabumi yang cukup unik, yaitu nasi uduk ungu. Warna ungu pada nasi tersebut berasal dari campuran buah bit dan ubi ungu. Meski begitu, rasa dari buah bit dan ubi ungu itu tidak akan rasakan lagi pada nasi uduk. Yang ada, Anda akan merasakan cita rasa nasi uduk yang gurih dan lezat. Tak ketinggalan, sajian nasi uduk ini juga diberi lauk pauk pendamping seperti ayam kampung goreng, urap, telur dadar, serta sambal goreng kentang.

Selanjutnya, ada juga Resto Saung Abah yang berlokasi di Jalan Salabintana KM. 5, Sukabumi. Di tempat ini, Anda bisa menikmati aneka hidangan khas Sunda, Indonesia, serta mancanegara dengan suasana tradisional dan suguhan pemandangan lembah yang indah. Anda pun bisa memilih makan di dalam ruangan atau di saung-saung yang terbuat dari bambu.

Tempat terakhir yang juga direkomendasikan untuk makan sekaligus bersantai adalah Logo House. Kafe berinterior unik yang mengusung tema fine dining ini berlokasi di Jalan Suryakencana No. 76, Cikole, Sukabumi. Adapun makanan yang disajikan di tempat ini adalah menu-menu Asia dan juga Western, mulai dari sushi, ramen, spaghetti, pasta, chicken steak, dan lain sebagainya.

Oleh-Oleh Khas Sukabumi

Soal oleh-oleh, Sukabumi juga memiliki beragam jenis oleh-oleh yang bisa dibeli oleh wisatawan. Sebagian besar oleh-oleh yang ada di sini adalah jajanan khas Sukabumi dan kerajianan-kerajinan unik yang terbuat dari kayu, bambu, serta batu.

Pusat Oleh-Oleh Sukabumi

Lokasi berburu oleh-oleh Sukabumi yang cukup terkenal di kalangan para wisatawan adalah di Jalan Kaswari. Di sepanjang jalan ini, terdapat banyak toko yang menjual beragam oleh-oleh khas Sukabumi. Salah satu yang paling banyak dicari tentu adalah kue mochi.

Bagi Anda yang ingin mencari kue mochi, salah satu toko yang paling terkenal dan banyak direkomendasikan adalah Mochi Kaswari Lampion. Kue mochi yang dijual di tempat ini ditawarkan dalam sejumlah variasi rasa, mulai dari kacang, wijen, coklat, keju, dan lain sebagainya. Harga yang dipatok di toko ini pun jauh lebih murah daripada toko-toko yang lain, yakni hanya Rp30.000 untuk satu kotaknya.

Selain Jalan Kaswari, ada satu lagi tempat yang bisa Anda kunjungi jika ingin berburu oleh-oleh khas Sukabumi, yaitu Gerai Sigeulis. Di toko oleh-oleh yang berlokasi di Jalan Zamrud Raya No. 9, Baros Kencana Sukabumi ini, Anda dapat membeli beraneka macam jajanan seperti kue mochi, brownies kopi hideung santen, piscok cakra, stik keju, dan masih banyak lagi lainnya.

Jajanan Khas Sukabumi

Selain makanan berat, ada juga beragam makanan ringan tau jajanan khas Sukabumi yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke kota ini. Surabi Sukabumi adalah salah satunya. Surabi dari Sukabumi ini berbeda dengan surabi yang berasal dari daerah lain, karena salah satu bahan dasar utamanya adalah durian. Jika ingin menikmatinya, Anda bisa datang ke Jalan Jenderal Sudirman. Di sana, terdapat banyak warung yang menjajakan surabi durian dengan harga mulai dari Rp10.000 per porsi.

Pilihan lainnya, Anda juga bisa mencicipi manisnya bolu pisang yang dapat Anda jumpai dengan mudah di sekitar Jalan Sukaraja. Rasa bolu pisang ini pun kini sudah beragam, ada yang ditambahkan coklat, keju, hingga kacang. Salah satu penjual bolu pisang khas Sukabumi yang terkenal adalah Warung Bu Onih. Lokasinya berada di Gang Masjid dekat Jalan Sukaraja.

Sekoteng Singapore juga menjadi jajanan khas Sukabumi berikutnya yang wajib Anda coba. Rasa Sekoteng Singapore ini sebenarnya hampir mirip dengan sekoteng pada umumnya. Hanya saja Sekoteng Singapore ini memiliki cita rasa unik yang dihasilkan dari kue jahe coklat yang dimasukkan di dalamnya. Jika penasaran dengan minuman hangat yang satu ini, Anda bisa menemukan banyak penjual yang manjajakan Sekoteng Singapore ini pada malam hari di sekitar Jalan Ahmad Yani.

Daftar Mall di Sukabumi

Sukabumi juga memiliki beberapa pusat berbelanjaan modern. Salah satunya yang paling besar dan terkenal adalah Citymall Sukabumi. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Gunungparang, Cikole, Sukabumi, mal ini menawarkan sebuah destinasi yang nyaman untuk berbelanja ataupun sekadar bersantai. Beberapa tenant yang ada di dalamnya antara lain ada Superindo, Matahari Department Store, A&W, serta Inul Vista Karaoke.

Mal berikutnya adalah Sukabumi Shopping Center. Mal ini berlokasi tepat di depan Citymall Sukabumi. Kemudian ada juga mal baru yang nantinya akan menjadi pusat perbelanjaan modern terbesar di Sukabumi, yaitu Sukabumi Central Point. Mal yang diperkirakan akan selesai pada tahun 2020 ini kini masih dalam proses pembangunan di bekas reruntuhan Pasar Pelita.

Event Terkenal di Sukabumi

Seperti halnya daerah lain, Sukabumi juga memiliki event atau festival yang rutin diadakan setiap tahun untuk menarik wisatawan. Salah satunya yang cukup banyak menarik minat para wisatawan adalah upacara Seren Taun. Upacara yang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan ini digelar di Kampung Ciptagelar, Dusun Sukamulya, Sinaresmi, Cisolok, Sukabumi.

Kegiatan utama dari upacara Saren Taun adalah memasukkan hasil bumi ke dalam leuit atau lumbung padi yang dilakukan secara simbolis oleh Pemimpin Kampung Ciptagelar. Setelah prosesi tersebut selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan menggelar kesenian khas Sunda seperti Dog-Dog Lonjor, Wayang Golek, Gondang, Jipeng, Topeng, serta Debus.