October 2017
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

1 Hotel Di Sumedang

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Sumedang

Sumedang adalah nama sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kecamatan Sumedang Utara menjadi ibukota kabupaten ini. Di bagian timur, kabupaten ini berbatasan dengan Majalengka, bagian utara berbatasan dengan Indramayu, bagian barat berbatasan dengan Subang, di bagian barat daya berbatasan dengan kabupaten Bandung, dan di bagian selatan berbatasan dengan Garut.

Kabupaten dengan 26 kecamatan ini di bagian barat daya merupakan kawasan perkembangan dari kota Bandung. Di sana juga terdapat IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Padjajaran. Wilayah Sumedang didominasi oleh pegunungan. Sementara itu wilayah bagian utara berupa dataran rendah.

Asal Usul Sumedang

Kabupaten Sumedang awalnya adalah sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Raja Galuh. Kerajaan ini didirikan Prabu Geusan Ulun Aji Putih berdasarkan prakarsa Prabu Suryadewata. Nama Sumedang mengalami beberapa perubahan yaituTembong Agung, Himbar Buana, dan terakhir menjadi Kerajaan Sumedang Larang.

Kata Sumedang sebenarnya berasal dari kata Insun Medal atau Insun Medangan yang artinya aku dilahirkan dan menerangi. Kata Larang berarti hal yang tiada tandingannya. Kerajaan ini mengalami masa kejayaan ketika dipimpin oleh Prabu Geusah Ulun atau Pangeran Angkawijaya. Ketika masa penjajahan, wilayah Sumedang dipecah-pecah sehingga menjadi seperti saat ini.

Cara ke Sumedang

Melalui Jalur Darat

Untuk mengakses kota Sumedang, Anda dapat menempuh perjalanan darat dengan berkendara sejauh 45 km dari Bandung. Kota Sumedang berada di jalur Bandung-Cirebon sehingga lebih mudah mengaksesnya dari jalur darat. Anda dapat memanfaatkan angkutan antar kota seperti bus sedang.

Melalui Jalur Laut

Bagi para pengunjung yang menggunakan kapal, Anda dapat berlabuh di Pelabuhan Cirebon. Dari pelabuhan tersebut perjalanan dapat dilanjutkan dengan kendaraan bermotor melalui Tol Cikopo – Palimanan. Perjalanan memerlukan waktu sekitar 2 jam.

Melalui Jalur Udara

Jika Anda datang dari luar Jawa. Anda dapat menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Dari sana, perjalanan dilanjutkan dengan kendaraan menuju Sumedang melalui rute Jalan Bandung – Palimanan atau Jalan Cirebon - Bandung.

Transportasi di Sumedang

Ada beberapa sarana transportasi umum yang dapat digunakan selama berada di Sumedang yaitu sebagai berikut:

  • Ojek, hampir di setiap daerah di Indonesia sarana transportasi ini mudah ditemukan. Kemudian adanya ojek online yang ikut menambah banyak ojek yang ada di kota ini. Anda dapat menemukan disetiap tempat strategis seperti Terminal atau tempat wisata.
  • Angkot atau Angkutan Kota, juga banyak di kota ini. Anda dapat menanyakan trayek pada supir atau masyarakat setempat.
  • Taksi, sarana transportasi modern yang dapat meningkatkan kenyamanan anda berpindah tempat. Anda dapat menemukan taksi di sekitar tempat wisata, hotel, penginapan dan mall.
  • Tempat Wisata di Sumedang

    Sumedang menawarkan banyak pilihan tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi ketika berlibur ke sana. Dengan kenampakan alamnya yang didominasi oleh pegunungan, tempat ini menyuguhkan banyak wisata alam yang menarik. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi di Sumedang.

    Paralayang Batu Dua Gunung Lingga

    Ini adalah objek wisata di Sumedang yang berada di Kecamatan Cisitu, Sumedang. Destinasi ini sangat cocok untuk take-off kegiatan paralayang dan cocok untuk mengadakan pertandingan di nomor cross country.

    Situs Prabu Tajimalela Gunung Lingga

    Gunung Lingga memiliki sebuah makam keramat Prabu Tajimalela. Di area makam, pengunjung dapat menjumpai beberapa bangunan sebagai tempat untuk beristirahat dan berdoa para peziarah. Ada pula gundukan batu yang diyakini sebagai makam keramat.

    Puncak Gunung Tampomas

    Ini adalah gunung berapi yang memiliki ketinggian 1684 meter dpl dan berada di sebelah utara kota Sumedang. Di sekitar kaki gunung terdapat sumber air panas alami.

    Gunung Kunci

    Tempat wisata ini berada di Peniunan, Kotakulon, Sumedang Selatan. Tempat ini dipercaya menyimpan banyak cerita misteri, termasuk adanya pohon yang selalu bergoyang walaupun tidak ada angin yang meniupnya.

    Curug Ciputrawangi

    Curug atau air terjun ini juga sering disebut sebagai Curug Narimbang. Masyarakat mempercayai bahwa ada 4 macan kumbang, landak hutan. monyet, dan babi hutan sering turun minum di curug ini dari Gunung Tampomas.

    Curug Cinulang

    Curug yang juga sering disebut sebagai Curug Sindulang ini adalah tempat wisata di Sumedang yang berada di Desa Sindulang, Cimanggung, Sumedang.Curug ini memiliki dua buah air terjun di mana ketinggiannya sekitar 50 meter.

    Curug Cigorobog

    Jika dari pusat kota Sumedang, curug ini berjarak sekitar 15 km.Tempat wisata berupa air terjun ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung seperti toilet,mushola, dan lahan parkir yang luas.

    Curug Sabuk

    Air terjun ini berada di timur laut hutan Gunung Kareumbi atau tepat berada di Desa Sukajaya, Sumedang Selatan.Di sana terdapat beberapa air terjun baik yang besar maupun kecil dengan ketinggian yang beragam.

    Pemandian Air Panas Conggeang

    Tempat ini memiliki banyak sumber mata air panas alami. Ternyata tempat wisata ini tergolong angker dan dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Di sana terdapat deretan kamar mandi dengan sebuah bathtub di dalamnya untuk berendam atau mandi air panas. Selain itu ada pula 11 pancuran di mana semuanya merupakan air panas.

    Pemandian Air Panas Cilengsing Buah Dua

    Tempat wisata di kaki gunung tampomas di utara Sumedang ini berada di Desa Cilangkap, Buahdya. Karena kandungan belerang di pemandian ini cukup tinggi, para wisatawan yang berkunjung ke sana kebanyakan ingin mengobati sakit kulit dan menyembuhkan reumatik.

    Sumber Air Panas Sekarwangi

    Sama seperti pemandian air panas pada umumnya, tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan dan lain-lain.

    Mata Air Cikandung

    Lokasi mata air ini berada di Dusun Sukasari, Nyalindung, Cimalaka. Di bagian hulu terdapat sebuah kolam yang memiliki ukuran sekitar 10 meter persegi. Air di sana sangat jernih dan cocok untuk beredam sambil menikmati pemandangan sekitar yang indah.

    Kuliner Khas Sumedang

    Kabupaten di Jawa Barat ni mempunyai banyak potensi kuliner khas yang masih jarang diketahui oleh khalayak luas. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas yang wajib untuk Anda coba.

    Tahu Sumedang

    Tahu ini juga terbuat dari olahan kacang kedelai. Tetapi air Sumedang diyakani membuat tahu tersebut terasa lebih nikmat dan renyah di luar dengan tekstur lembutdi dalam dan gurih. Makanan ini tersedia di hampir di seluruh penjuru kota dan ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

    Ubi Cilembu

    Ini adalah makanan khas Sumedang yang pusatnya berada di Kecamatan Pamulihan, Tanjung Sari. Produk unggulan di sana memiliki getah yang terasa manis dan akan meleleh serta lengket seperti madu ketika dipangang.

    Soto Bongko

    Ini makanan berkuah seperti soto pada umumnya tetapi disajikan dengan lontong dalam bungkusan besar. Soto ini juga memiliki keunikan lainnya yakni ada potongan tahu kuning goreng dan taburan toge kemudian disiram dengan kuah bersantan yang berisi bahan dasar ayam seperti sayap, ceker, dan kepala.

    Oncom

    Walaupun ini merupakan makanan khas Jawa Barat, namun Sumedang diketahui sebagai daerah penghasil oncom terbaik. Anda dapat menemukannya di Desa Pasireungit, Paseh. Jika biasanya oncom terbuat dari aampas tahu, oncom ini banyak digemari karena pembuatannya menggunakan ampas singkong yang dicampur dengan bungkil.

    Sambal Oncom dan Tutug Oncom

    Tutug oncom dan sambal oncom adalah makanan khas Sumedang yang banyak diminati. Keduanya memiliki rasa yang unik. Tutug oncom menawarkan kelezatan rasa melalui aroma kencur dan campuran oncom bakar sedangkan sambal oncom merupakan campuran kencur, cabe rawit, dan kemangi yang dipadukan dengan oncom.

    Tape Singkong

    Makanan khas ini terbuat dari bahan dasar singkong atau ketela pohon yang difermentasi. Jenis singkong yang digunakan memiliki kualitas terbaik seperti singkong mentega dan singkong mangu sehingga memberikan citarasa yang sangat lezat.

    Opak Ketan

    Makanan ini terkenal di daerah Priangan terbuat dari beras ketan dan sari kelapa yang khas sehingga menghasilkan opak dengan citarasa unik.

    Oleh-oleh Khas Sumedang

    Hanya sekedar mencicipi kulinernya saja tentu masih belum cukup. Anda dapat membawa pulang beberapa makanan khas tersebut sebagai oleh-oleh atau mencari produk oleh—oleh yang lainnya.

    Tahu Sumedang

    Selain menikmatinya di Sumedang langsung, Anda juga dapat menjadikan kuliner ini sebagai oleh-oleh.

    Salak Bongko

    Jika di Jawa Tengah populer dengan salak pondoh, Sumedang memiliki jenis salak yang rasanya tidak kalah lezat yaitu Salak Bongkok. Tidak sama dengan kebanyakan salak pada umumnya yang rasanya asam, salak ini menawarkan sensasi menyegarkan dengan campuran citarasa asam dan manis serta ukuran yang cukup besar. Anda dapat membelinya di daerah Bongkok, Paseh.

    Tape Singkong

    Tape singkong atau juga sering disebut dengan peuyeum sampeu adalah makanan khas Sumedang yang banyak diminati sebagai oleh-oleh. Walaupun makanan ini sudah populer di Priangan, tetapi kebanyakan tape singkok dihasilkan di daerah Cigendel. Saat ini tape singkong telah hadir dengan beragam rasa dan kemasan yang menarik.

    Opak Ketan

    Pusat pembuatan opak ketan khas Sumedang yang terkenal lezat adalah Opak Conggeang dan Cimanggung. Opak Conggeang lebih unggul lewat sari kelapanya yang khas, proses pembuatan yang sempurna, dan beras ketan pilihan. Sementara itu opak Cimanggung dulunya adalah makanan favorit para raja di Sumedang Larang karena menggunakan santan kelapa.

    Sawo Citali

    Sesuai dengan namanya, oleh-oleh ini banyak dijumpai di daerah Citali, Situraja, Sumedang. Sawo ini memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang khas. Warna dan bentuk sawo ini juga berbeda dibandingkan jenis sawo yang lainnya.

    Keripik Pisang dan Sale

    Keripik pisang khas Sumedang telah dikenal memiliki tekstur yang lembut, renyah, legit, dan gurih. Hal ini karena pisang di Sumedang memiliki citarasa yang khas sehingga menghasilkan makanan dengan citarasa terbaik saat diolah.

    Daftar Mall di Sumedang

    Sumedang walaupun didominasi oleh pegunungan dan dataran tinggi, di sana juga sudah terdapat mall atau pusat perbelanjaan modern yang dengan berbagai outlet dan produk untuk memenuhi kebutuhan belanja Anda.

    Plaza Asia Sumedang

    Ini adalah mall terbaru dan terbesar yang ada di Sumedang. Mall ini baru dibuka pada tahun 2016 kemarin dan selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat. Mall ini terletak di Jalan Mayor Abdurahman Nomor 225, Kotakaler, Sumedang Utara.

    Jatinagor Town Square

    Mall ini sudah jauh lebih senior dibandingkan Plaza Asia karena sudah beroperasi selama lebih dari 10 tahun. Mall dengan berbagai outlet terkenal ini terletak di Jalan Raya Jatinangor Nomor 150, Cikeruh, Jatinagor, Sumedang.

    Event Terkenal di Sumedang

    Sumedang memiliki beberapa festival atau acara yang menjadi agenda tahunan dan banyak menarik minat para wisatawan dari berbagai daerah untuk menyaksikannya. Berikut ini adalah festival tersebut.

    Festival Kuda Renggong

    Kuda Renggong adalah kesenian tradisional asli Sumedang yang telah merambah hingga ke seluruh Jawa Barat, Dalam event ini biasanya terdapat puluhan grup dari berbagai daerah untuk mengikuti festival tersebut.

    Festival Pesona Jatigede

    Ini adalah acara yang digelar untuk menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah agar berkunjung ke Sumedang. Sesuai dengan namanya, festival ini digelar di waduk Jatigede.

    Hotel di Sumedang

    Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Sumedang. Jika anda yang berasal dari luar Sumedang lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Sumedang dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Sumedang ini yaitu sebagai berikut:

    Kelas Eco

    Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

    Kelas Standard

    Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

    Kelas Premier

    Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

    Rekomendasi Hotel Murah di Sumedang

    Setelah anda mengunjungi berbagai tempat wisata di kota Sumedang seharian, mungkin diantara anda perlu hotel atau penginapan untuk menginap dan melanjutkan perjalanan wisata esok harinya. Nah, Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Sumedang.

    • Airy UNPAD Jatinangor KM 21.5 Sumedang, pilihan untuk anda menikmati kelas Standard kamar Airy Rooms. Hotel ini terletak di Jalan Raya Jatinangor Km 21.5. Hotel ini dekat dengan kampus Universitas Padjajaran. Anda bisa menikmati kulineran di restoran menarik di sekitar hotel ini seperti Area 51'be, Checo Cafe & Resto, Warung Masunda, Tahu Ateul, Bakso Boedjangan. Anda dapat booking hotel ini mulai dari 300 ribuan. Tentunya harga tersebut terjangkau untuk anda dengan fasilitas yang lengkap.

    Itulah rekomendasi hotel murah di Sumedang yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Sumedang ini. Tentunya hotel-hotel murah bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Sumedang ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.