Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
September 2019
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1 Malam
Cari Kamar

38 Hotel Di Surabaya

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 515,000
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 556,000

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 346,000
Sisa 3 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 2 halaman
Selanjutnya
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Asal usul Surabaya

Dipercaya dari legenda bahwa Surabaya berasal dari kata “suro” yang berarti hiu dan “boyo” yang berarti buaya. Menurut mitos, Surabaya adalah daerah di mana terjadi pertarungan di antara seekor hiu dan seekor buaya. Kedua hewan tersebut bertarung untuk memperebutkan gelar sebagai binatang yang terkuat. Hiu dan buaya tersebut sebelumnya telah menyepakati gencatan senjata dan membagi daerah kekuasaan di mana hiu menguasai lautan dan buaya menguasai daratan.

Pada suatu hari, hiu mencari makan di sungai. Sang buaya melihat peristiwa itu dan naik pitam karena menganggap hiu telah melanggar daerah kekuasaannya. Namun, hiu berpendapat bahwa sungai termasuk daerah kekuasaan hiu karena sungai adalah habitat yang berair, sama seperti lautan. Sang buaya berargumen bahwa sungai itu menjalar jauh ke daratan di mana ia berkuasa. Dari peristiwa itulah yang memicu terjadinya pertarungan antara kedua hewan dan akhirnya sang hiu harus mengakui kemenangan sang buaya.

Surabaya kini pun sudah menjadi kota nomor 2 di Indonesia (setelah kota Jakarta), dan kaya akan destinasi wisata yang menarik serta berjejer hotel di Surabaya dari hotel budget hinggal hotel bintang 5.

Cara ke Surabaya

Melalui Jalur Udara

Mencapai Kota Surabaya melalui jalur udara sangatlah mudah. Bandara Juanda di kota ini menerima berbagai penerbangan domestik dan internasional. Penerbangan domestik yang mencapai Surabaya di antaranya adalah penerbangan dari Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Denpasar, Balikpapan, Makassar, Palu, dan Kualanamu. Sedangkan beberapa negara yang, memiliki penerbangan langsung ke Surabaya adalah Singapura, Malaysia, Taiwan, China, Brunei dan Hongkong. Dari bandara Juanda, anda dapat langsung menuju pusat kota dengan menyewa taxi yang tersedia di bandara. Anda juga bisa memesan hotel di Surabaya yang menyediakan fasilitas antar jemput bandara.

Terdapat juga beberapa counter agen travel di bandara yang akan memberikan transportasi untuk mencapai seluruh area di Surabaya. Untuk pilihan yang lebih ekonomis, tersedia bus DAMRI yang harga tiketnya sekitar 20.000 rupiah, dengan jurusan terminal Bungurasih. Di terminal tersebut terdapat transportasi lain yang dapat mengantarkan Anda ke seluruh kota.

Melalui Jalur Darat

Ada beberapa cara untuk menuju Surabaya melalui jalur darat, yaitu dengan bus, kereta, dan travel. Ada dua stasiun utama di Surabaya, yaitu Stasiun Gubeng dan Stasiun Pasar Turi. Kedua stasiun tersebut menerima kereta dari Jakarta. Untuk Anda yang berasal dari Bandung dan Jogjakarta, Stasiun Gubeng adalah perhentian terakhir Anda.

Terminal terbesar di Surabaya adalah Terminal Bungurasih atau biasa juga disebut sebagai Terminal Purabaya. Bus eksekutif dari Jakarta bisa dipesan dengan harga tiket sekitar 200.000, sedangkan bus dari Bali harga tiketnya berkisar antara 100.000-150.000 rupiah. Jika Anda ingin meneruskan perjalanan ke Gunung Bromo, di terminal ini terdapat banyak armada bus jurusan Malang dan Probolinggo yang tiap harinya pulang-pergi secara teratur. Harga tiket busnya pun sangat terjangkau, sekitar 20.000-30.000 rupiah untuk kelas ekonomi dengan AC.

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan travel. Jika Anda berasal dari kota yang sangat jauh dari provinsi yang berbeda dengan Surabaya, pilihan ini mungkin tidak tepat untuk Anda. Selain karena ketersediaan jasa travel yang belum bisa dipastikan, mobil travel yang kecil tidak memiliki ruang untuk penumpang sebanyak bus dan kereta. Bisa saja dengan perjalanan yang sangat lama di dalam mobil travel membuat anda mengalami pegal-pegal dan bengkak di persendian. Tapi, jika kota asalnya adalah kota yang tidak terlalu jauh seperti Malang, Mojokerto, dan Probolinggo, travel adalah pilihan yang patut dipertimbangkan karena jasa transportasi ini akan mengantarkan Anda sampai tujuan akhir dan bukan hanya sampai terminal. Harga travel dari Malang menuju Surabaya adalah sekitar 100.000 rupiah.

Melalui Jalur Laut

Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya dapat dicapai dari seluruh pelabuhan di Indonesia yang memiliki pelayaran langsung ke Surabaya. Kapal yang mengangkut penumpang dari seluruh Indonesia ke Surabaya disediakan oleh PT. Pelayaran Nasional Indonesia. Sedangkan pelayaran dari Pulau Madura difasilitasi oleh PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan. Dari pelabuhan, terdapat armada bus yang jurusannya menuju terminal Bungurasih. Tiket bus tersebut hanya sekitar 10.000 rupiah.

Transportasi di Surabaya

Tranportasi di Surabaya ada bemacam-macam. Ada angkutan umum atau yang biasa disebut angkot/mikrolet dengan berbagai trayek yang berbeda. Jika jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh, Anda dapat menggunakan becak sembari menikmati pemandangan dengan santai. Untuk transportasi yang cepat dan murah, terdapat bus dalam kota. Bus-bus ini biasanya sangat penuh dan berjejalan. Anda harus bersiap-siap berhimpitan dengan penumpang lainnya dalam kendaraan yang membuat gerah.

Jika ingin angkutan yang lebih nyaman, pilihlah taxi atau mobil rental. Mobil rental mungkin menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mengelilingi kota Surabaya seharian. Dengan adanya mobil rental, Anda tidak harus mencari transportasi lagi setelah mengunjungi suatu situs wisata. Jika Anda memilih salah satu dari kendaraan tersebut, bersiap-siaplah menghadapi resiko kemacetan, walaupun kemacetan tidak selalu terjadi di Surabaya. Ojek online bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengantarkan Anda ke suatu tujuan dengan cepat dan murah. Karena menggunakan motor, Anda dapat menghindari macet dan mengambil jalan pintas melalui jalur yang tidak terlalu padat.  

Tempat Wisata di Surabaya dan Sekitarnya

Berikut Beberapa tempat wisata di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi :

Tugu Pahlawan

Salah satu objek wisata ikonik yang bisa dijumpai di Surabaya adalah Tugu Pahlawan. Monumen setinggi 41,15 meter ini berbentuk paku terbalik atau lingga. Pada bagian tubuh monumen, terdapat 10 lengkungan (canalures) dan terbagi atas 11 ruas.

Angka tinggi, ruas, dan jumlah lengkungan tersebut menunjukkan makna 10 November 1945. Tanggal ini merupakan hari bersejarah bagi penduduk Surabaya karena pada saat itu terjadi peristiwa Pertempuran 10 November 1945.

Tugu Pahlawan terletak di tengah-tengah Kota Surabaya. Secara administratif, monumen ini termasuk dalam wilayah Kelurahan Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya. Diprakarsai oleh Ir. Soekarno, Tugu Pahlawan diresmikan pada 10 November 1952. Selain bangunan monumen, ada pula museum yang menyimpan dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.

Taman Bungkul

Salah satu taman kota yang cukup populer di Surabaya adalah Taman Bungkul. Taman seluas 900 m2 ini terletak di Jl. Raya Darmo. Nama Taman Bungkul diambil dari nama seorang tokoh Islam di Surabaya bernama Ki Ageng Supo yang memiliki gelar Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul. Makamnya dapat diziarahi di belakang taman ini.

Taman kota ini diresmikan pada 21 Maret 2007 lalu. Sejak itu, Taman Bungkul semakin lengkap dengan berbagai sarana penunjang, seperti jogging track,skateboard track, BMX track, dan panggung untuk live performance. Ada pula area hijau yang dihias dengan kolam air mancur, taman bermain anak, serta pujasera.

Ciputra Waterpark

Anda juga bisa berkunjung ke Ciputra Waterpark jika ingin menikmati berbagai wahana wisata air. Objek wisata ini menawarkan sejumlah atraksi yang menyenangkan, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Beberapa di antaranya adalah Sinbad’s Playground, Syracuse Beach, Rog Tower, Sirens River, Tartarus Pool, dan Marina Lagoon. Selain itu, ada pula playground untuk anak-anak, yaitu wahana tanpa air.

Bagi Anda yang ingin mengajak keluarga untuk berlibur ke Ciputra Waterpark, bujet yang perlu dipersiapkan adalah Rp75.000 pada weekday dan Rp95.000 pada weekend. Objek wisata ini dibuka pada pukul 13.00 WIB – 19.00 WIB pada weekday dan pukul 10.00 WIB – 19.00 WIB pada weekend.

Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung adalah bangunan ibadah untuk pemeluk Tridharma. Klenteng yang terletak di Jl. Sukolilo No. 100, Pantai Ria Kenjeran ini sekaligus menjadi tempat tujuan wisata sejak 1999. Ketika berkunjung ke Klenteng Sanggar Agung, ciri khasnya adalah patung Kwan Im dengan tinggi 20 meter. Selain itu, ada pula ikon berupa patung Phra Phrom berlapis emas.

Awalnya, Klenteng Sanggar Agung adalah Klenteng Kwan Kong Bio yang terletak 500 meter di selatan lokasi saat ini. Untuk mengunjungi klenteng ini, para wisatawan dapat menuju sebuah teluk kecil yang dikelilingi pohon-pohon bakau dan menjorok ke laut. Dibangun di atas area dengan luas 4.000 m2, bangunan ini menampilkan ciri khas Bali yang dikombinasikan dengan budaya Jawa.

Gunung Bromo

Gunung Bromo terletak sekitar 85 km dari Surabaya. Objek wisata ini merupakan salah satu destinasi menarik yang menawarkan pemandangan alam yang indah serta budaya lokal yang unik .Gunung yang memiliki ketinggian 2.392 m di atas permukaan laut ini dapat dijangkau selama 4-5 jam perjalanan dari Surabaya.

Di Bromo, para pengunjung bisa menikmati momen matahari terbit yang terkenal sangat indah, tepatnya di Bukit Pananjakan. Ada pula lautan pasir yang sangat luas dan dikenal sebagai Pasir Berbisik. Selain itu, Anda juga bisa langsung berinteraksi dengan penduduk lokal Suku Tengger.

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu dari sekian objek wisata menarik yang terdapat di Surabaya. Kebun binatang ini didirikan pada Agustus 1916. Letaknya di Jl. Setail No. 1, Darmo, Wonokromo. Ada sejumlah area menarik yang terdapat di kebun binatang ini, antara lain Tunggang Gajah, Kereta Onta, Tunggang Onta, Aquarium, Flying Fox, Wisata Perahu, dan sebagainya.

Selain itu, Kebun Binatang Surabaya juga memiliki sejumlah paket edukasi, yaitu Keeper Talk, Dokter Talk, Host Talk, dan sebagainya. Berkunjung ke objek wisata ini adalah salah satu cara untuk mengenalkan anak pada dunia binatang.

Suroboyo Carnival Park

Suroboyo Carnival Park adalah salah satu objek wisata yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Surabaya. Ada apa saja di tempat ini? Ada sejumlah wahana yang ditujukan bagi anak, remaja, maupun keluarga. Terdapat sekitar 50 atraksi permainan yang bisa dinikmati, antara lain Aero Test, Gondola, Glow in The Park, dan sebagainya.

Anda bisa berkunjung ke Suroboyo Carnival Park Anda pada sore atau malam hari. Selain bermain di arena yang tersedia, Anda juga bisa memanfaatkan area ini sebagai background foto selfie yang instagrammable.

Museum House of Sampoerna

Anda bisa mengunjungi Museum House of Sampoerna yang terletak di Taman Sampoerna No. 6 Krembangan Utara, Pabean Cantian. Bangunan bergaya kolonial ini berada di dalam kawasan Surabaya Lama. Dibangun pada 1858, House of Sampoerna awalnya ditujukan sebagai panti asuhan. Selanjutnya, tempat ini dibeli oleh Liem Seem Tee, pendiri Sampoerna untuk menjadi tempat produksi rokok pertama.

Saat ini, House of Sampoerna masih menjadi salah satu tempat produksi rokok Dji Sam Soe. Namun, ada pula bagian bangunan yang terbuka untuk umum. Para pengunjung dapat membeli berbagai souvenir yang berkaitan dengan rokok, mulai dari miniatur peralatan rokok tradisional, cengkeh, maupun buku.

Monumen Kapal Selam

Dikenal juga dengan nama Monkasel (Monumen Kapal Selam), objek wisata ini merupakan museum kapal selam yang lokasinya berada di Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Awalnya, tempat ini merupakan kapal selam KRI Pasopati 410 yang pernah terlibat dalam Pertempuran Laut Aru.

Untuk memperingati keberanian para pahlawan Indonesia pada zaman tersebut, kapal selam ini dibawa ke darat, tepatnya di sebelah Plaza Surabaya. Di Monkasel sering diadakan pemutaran film. Interior di dalam kapal selam juga cukup menarik. Ketika kapal selam dibawa ke darat, beberapa bagiannya dipotong, baru kemudian dirangkai kembali sehingga tampak utuh.

Kampung Bulak Surabaya

Anda pasti tahu Kampung Jodipan yang ada di Malang. Ya, pemukiman warga setempat ini mulai terkenal sebagai objek wisata sejak dinding rumah dan atapnya dicat berwarna-warni. Bukan hanya di Malang, ternyata kampung yang dihiasi dengan warna-warni mencolok tersebut terdapat di Surabaya, yaitu di Kenjeran.

Ada tujuh kelurahan yang termasuk dalam Kampung Warna Warni Kenjeran atau Kampung Bulak ini, yaitu Sukolilo, Kedung Cowek, Cumpat, Nambangan, Bulak, Kenjeran, dan Nawangan. Ketika berkunjung ke tempat ini, Anda bisa berfoto dengan latar belakang rumah-rumah berwarna unik tersebut. Selain itu, tersedia juga banyak buah tangan yang bisa dibawa pulang untuk keluarga.

Kebun Bibit Wonorejo

Selain Taman Bungkul, ada pula area hijau lainnya di Surabaya, yaitu Kebun Bibit Wonorejo. Di sini, Anda bisa menikmati keteduhan pepohonan di tengah cuaca yang gerah. Ada pula area mini zoo yang bisa menjadi hiburan bagi anak-anak yang datang ke Kebun Bibit Wonorejo ini.

Uniknya, di tempat ini ada danau buatan yang cukup luas. Pemandangan di sekitar taman hijau ini pun semakin sempurna dengan kehadiran para penjaja makanan kecil di sekitar area wisata. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan, ya!

Taman Sakura

Satu lagi tempat menarik yang bisa Anda kunjungi di Surabaya adalah Taman Sakura. Objek wisata ini terletak di daerah Keputih yang awalnya merupakan TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Sebagai area terbuka hijau, taman ini cukup luas. Ada pula hutan bambu yang rapat dan rimbun di dalam area Taman Sakura.

Selain cocok sebagai tempat berburu foto, Taman Sakura juga menyediakan wahana bermain bagi anak-anak. Kehadiran air mancur di tengah taman membuat suasana bertambah sejuk. Penataan taman yang menarik semakin menjadikan Taman Sakura layak menjadi tempat bersantai.

Ekowisata Mangrove Wonorejo

Ingin menghindari cuaca panas dan matahari menyengat? Tempat pilihan lain yang perlu masuk ke dalam daftar tujuan adalah Ekowisata Mangrove Wonorejo. Objek wisata seluas 200 hektare ini terletak di pinggir pantai timur Surabaya. Tiba di kawasan ekowisata, Anda akan disuguhi pemandangan mangrove yang rimbun dan hijau. Ada jalur yang telah disediakan bagi Anda untuk menikmati keindahan suasana.

Apabila ingin melihat keindahan tempat ini dari perairan, tersedia sarana transportasi berupa perahu atau speed boat. Anda bisa menyusuri air sembari merasakan hawa sejuk di tengah hutan yang rimbun. Selain itu, tempat ini sangat cocok menjadi lokasi berfoto selfie. Dari Bandara Udara Juanda, jaraknya hanya sekitar 17 km. Tidak terlalu jauh, bukan?

Jembatan Merah

Anda juga bisa berkunjung ke Jembatan Merah Surabaya, yaitu salah satu monumen bersejarah yang tetap dibiarkan apa adanya hingga kini. Pada zaman dahulu, jembatan ini merupakan sarana perhubungan yang sangat penting menuju Gedung Karesidenan Surabaya.

Pada 1890-an, fisik Jembatan Merah diubah, dari kayu menjadi besi. Namun, warnanya tetap merah menyala. Jembatan ini menghubungkan Jalan Rajawali dan Jalan Kembang Jepun. Di dekat Jembatan ini terdapat Plaza Jembatan Merah.

Surabaya North Quay

Surabaya North Quay adalah salah satu tempat wisata pilihan yang terletak di kompleks Pelabuhan Tanjung Perak, Pabean Cantian. Dari spot ini, para pengunjung dapat menikmati pemandangan laut lepas serta kapal-kapal yang berlayar di sekitarnya. Bukan hanya kapal masyarakat lokal, banyak kapal pesiar dari luar negeri juga datang ke tempat ini untuk berlabuh.

Gedung Gapura Surya Nusantara (GSN), tempat Surabaya North Quay berada adalah pelabuhan pertama di Indonesia yang dibangun dengan sangat modern. Kondisinya tidak jauh berbeda seperti bandara yang memiliki lantai kinclong dan sejuk karena dilengkapi AC. Di tempat ini seringkali diselenggarakan berbagai event untuk menyambut kedatangan kapal pesiar.

Taman Kenjeran

Taman Kenjeran merupakan salah satu taman di Surabaya dengan nuansa yang instagrammable. Konsep taman ini seperti theme park di Universal Studio. Para pengunjung juga akan menjumpai Patung Buddha dengan empat wajah yang masuk Museum Rekor Indonesia karena merupakan patung Buddha terbesar di Indonesia.

Ada pula bangunan berbentuk pagoda, yaitu kuil dengan atap bertumpuk. Corak dan ornamen yang membentuk kuil ini sangat atraktif sehingga tampak seperti terletak di negeri lain. Di sekeliling bangunan ini, ada banyak pepohonan rindang. Sementara itu, bagian dalam kuil digunakan sebagai tempat untuk beribadah. Patung Dewi Kwan Im juga membuat suasana di tempat ini semakin unik.

Taman Pelangi

Taman lainnya yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Surabaya adalah Taman Pelangi. Taman ini disebut Taman Pelangi karena ada sebuah monumen yang memiliki struktur seperti lengkungan dan dihiasi oleh cahaya warna-warni pelangi. Taman ini ramai, baik pada siang hari maupun malam hari.

Objek wisata yang terletak di Jl. Ahmad Yani ini cukup mudah untuk dijangkau. Selain aksesnya mudah dijangkau, taman ini juga dilengkapi dengan aneka jenis pohon yang rimbun dan hijau. Tak heran jika lokasi ini biasanya menjadi tempat wisata bagi pengunjung yang ingin bersantai sejenak.

Museum W.R. Soepratman

Apakah Anda masih ingat siapa pencipta lagu Indonesia Raya? Ya, benar, ia adalah W.R. Soepratman. Untuk mengenang jasanya, sebuah museum dibangun di kawasan Jl. Tambaksari, Surabaya. Di sini, Anda bisa melihat langsung tulisan tangan W.R. Soepratman ketika sedang merancang lagu Indonesia Raya.

Selain Indonesia Raya, ada pula sejumlah lagu lain yang ia ciptakan, salah satunya Matahari Terbit. W.R Soepratman meninggal di penjara pada 1959 dan selanjutnya pemerintah menetapkan Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan. Makam W.R Soepratman berada tidak jauh dari lokasi museum.

Taman Prestasi

Saat berkunjung ke Surabaya, jangan lupa untuk mampir juga di Taman Prestasi yang terletak di Jl. Ketabang Kali No. 6, Ketabang, Genteng. Taman ini telah dibangun sejak 1992 dan diresmikan pada 1995. Berada di pusat kota dengan area yang cukup luas, yaitu sekitar 6.000 m2 menjadikan taman ini sebagai tujuan favorit masyarakat.

Banyak pepohonan rindang tumbuh di area Taman Prestasi. Selain itu, ada pula sejumlah replika penghargaan yang bisa ditemukan di beberapa titik taman. Nah, Anda bisa menghabiskan waktu di taman sembari memandang Sungai Kalimas yang mengalir tepat di sebelahnya.

Taman ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Bahkan, ada pula sarana bermain anak yang memadai. Ada panggung terbuka dan panggung hiburan yang cukup luas dan sering dijadikan sebagai tempat untuk menyenggarakan event tertentu.

Museum Surabaya SIOLA

Salah satu objek wisata sejarah yang hampir dijadikan sebagai pusat perbelanjaan adalah Museum Surabaya SIOLA. Museum ini terletak di antara Jl. Genteng Kali dengan Jl. Tunjungan. Gedung ini merupakan bangunan lama dan pernah disewa oleh sejumlah pengusaha lokal. Nama gedung SIOLA berasal dari singkatan nama orang-orang yang pernah menyewanya.

Aktivitas usaha di SIOLA ditutup pada 1998. Gedung ini dibuka kembali pada 2015 dan diubah fungsinya menjadi museum. Sementara itu, bagian atasnya dijadikan sebagai kantor pemerintah. Ada sejumlah koleksi penting yang terdapat di Museum Surabaya SIOLA, mulai era walikota zaman awal hingga Tri Rismaharini.

Salah satunya adalah replika biola milik W.R Soepratman. Ada pula piano antik milik Gombloh, seorang musisi legendaris. Anda bisa berkunjung ke Museum Surabaya SIOLA untuk mengetahui lebih dalam tentang seluk-beluk Kota Pahlawan. Tidak ada biaya yang dikenakan pada pengunjung yang ingin masuk ke museum ini.

Kuliner Surabaya

Lontong Balap

Salah satu makanan khas dari Surabaya adalah lontong balap. Bahan utama makanan ini adalah lontong, taoge, lentho, tagu goreng, serta dilengkapi dengan bawang goreng, sambal, dan kecap. Lontong diiris-iris dan ditambahkan dengan irisan tahu serta lentho yang diremas. Kecambah setengah matang membuat sajian lontong balap semakin renyah. Anda bisa dengan mudah menemukan lontong balap di Surabaya.

Rujak Cingur

Makanan khas lain yang berasal dari Surabaya adalah rujak cingur. Dalam bahasa Jawa, cingur adalah mulut, yaitu moncong sapi yang direbus dan diiris lalu dicampurkan ke dalam hidangan. Sementara itu, rujak merupakan campuran sejumlah buah, seperti bengkuang, timun, mangga, kedondong, serta ditambahkan dengan lontong, tahu, dan tempe. Untuk membuatnya semakin lezat, bahan-bahan ini disiram dengan kuah petis udang.

Tahu Campur

Tahu campur merupakan salah satu makanan yang bisa ditemukan di Surabaya, meskipun awalnya dari Lamongan. Olahan menu ini disempurnakan dengan rasa petis yang khas. Ada sejumlah warung yang terkenal dengan menu tahu campurnya. Salah satunya, Tahu Campur Kalasan yang terletak di Jl. Kalasan No. 22. Isian dari Tahu Campur Kalasan adalah irisan daging sapi, mie kuning, daun selada air, telur, taoge, dan lentho singkong.

Selain itu, ada pula beberapa jenis tahu campur lain, misalnya Tahu Campur Pak Gito, Tahu Campur Cak Minto, Tahu Campur Pak Sadak, Tahu Campur Cak Kahar.

Rawon

Rawon merupakan salah satu makanan yang wajib dicoba saat berlibur ke Surabaya. Ada beberapa tempat yang direkomendasikan untuk membeli rawon bercita rasa lezat, antara lain Rawon Kalkulator. Tempat ini terkenal karena kegesitan pelayan warung yang menghitung total harga makanan. Letak Rawon Kalkulator adalah di sekitar Taman Bungkul Surabaya.

Selain itu, rawon yang terkenal adalah Rawon Setan. Sebutan ini diberikan karena warung rawon hanya beroperasi pada malam hari. Sajian menu rawon yang ada di tempat ini sangat lezat karena kuahnya yang penuh rasa dan dagingnya yang empuk. Rawon Setan bisa dijumpai di depan Hotel JW Marriot Surabaya.

Ada pula warung Rawon Nguling, sebuah tempat makan yang legendaris karena telah berdiri sejak 1940-an. Alternatif lainnya adalah Rawon Gajahmada yang terletak di Jl. Raya Jemursari No. 17A, Wonocolo.

Tahu Tek

Makanan khas lainnya dari Surabaya adalah tahu tek. Makanan ini terdiri atas tahu goreng dan lontong yang dipotong kecil, kentang goreng, taoge, serta irisan timun. Lalu, bumbu yang terbuat dari petis, kacang tanah, dan bawang putih, disiramkan ke atas bahan-bahan ini.

Nama tahu tek ternyata berasal dari cara menyajikan makanan yang satu ini. Bahan-bahan makanan memang dipotong dengan gunting sehingga menghasilkan bunyi tek tek. Itulah sebabnya, hingga saat ini, jajanan tersebut dikenal dengan nama tahu tek.

Pecel Semanggi

Jangan melewatkan sajian pecel semanggi saat berlibur ke Surabaya. Ini adalah salah satu makanan khas yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Pecel ini unik karena berbahan dasar daun semanggi yang dikukus dan selanjutnya dinikmati bersama sambal. Selain semanggi, ada pula bahan lain yaitu kecambah, kangkung, serta kerupuk uli.

Untuk pecel semanggi yang ada di Surabaya, para penjual biasanya mengolah sambalnya dari gula jawa serta terasi. Penjual biasanya mengenakan jarit dan selendang dan memikul dagangannya untuk dijajakan. Sebagian besar di antaranya berasal dari Desa Kendung, Benowo, sebuah wilayah yang terletak di perbatasan Surabaya dan Gresik.

Tempat Hangout Anak Muda di Surabaya

GWalk

Di mana tempat untuk bersantai bagi anak muda di Surabaya? Salah satunya, GWalk yang terletak di tengah perumahan elit Citraland, Surabaya Barat. Ada sekitar 98 kafe serta restoran di kawasan yang mengusung konsep wisata kuliner dan hiburan ini. Berbagai menu lokal maupun internasional disediakan, mulai dari gado-gado, lontong balap, nasi jagung, tahu campur, dan sebagainya.

Suasana di sekitar GWalk sangat meriah dengan keindahan warna-warni lampu taman. Ada layanan WiFi gratis yang membuat tempat ini semakin cocok sebagai tempat nongkrong anak muda. Night market kuliner yang berjejer sepanjang 1 km ini selalu ramai sepanjang malam.

GWalk berubah menjadi tempat wisata kuliner pada malam hari sejak 13 tahun lalu. Selain cukup beragam, menu yang ditawarkan juga terjangkau, yaitu berkisar Rp10.000 hingga Rp100.000 per porsi. Bagi Anda yang kebetulan berlibur ke Surabaya, jangan lupa untuk menyempatkan datang ke GWalk.

Skate & BMX Surabaya

Tempat nongkrong selanjutnya yang cocok bagi anak muda adalah Skate & BMX Surabaya. Tempat ini terletak di belakang Delta Plaza dan dekat dengan Grand City Mall, persisnya di Jl. Ketabang Kali. Bagi anak-anak muda yang hobi berseluncur skateboard, tempat ini sangat ideal. Terdapat fasilitas berupa lintasan skateboard yang disediakan oleh pemerintah.

Untuk bermain di taman ini, tidak ada biaya yang dikenakan kepada pengunjung. Anda bisa bermain sepeda atau skateboard, baik pada siang maupun sore hari. Pada malam hari, tempat ini juga cukup menarik karena dihiasi dengan air mancur dan lampu penuh warna. Ada tulisan grafiti yang indah di kawasan ini dan menjadi arena untuk berfoto bagi penggemar fotografi.

Loop Station

Satu lagi tempat nongkrong yang asyik di Surabaya adalah Loop Station. Bagi Anda yang bingung mencari objek wisata yang bisa dikunjungi menjelang malam hari, Loop Station adalah tempat yang sangat cocok. Tempat ini sering digunakan sebagai arena untuk melangsungkan berbagai event, khususnya bagi anak muda. Sebut saja pameran seni, Loop Care Run, acara bersepeda sehat, dan sebagainya.

Loop Station mulai beroperasi sejak 2015 lalu. Ada begitu banyak event bermanfaat bagi anak muda yang telah digelar di tempat ini. Bahkan, hanya jika ingin bersantai atau berkumpul dengan komunitas, Loop Station menjadi tempat yang paling sesuai.

Jembatan Suramadu

Sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, Jembatan Suramadu menyimpan daya tarik tersendiri. Jembatan yang menghubungkan daerah timur Pulau Jawa dengan Madura ini terlihat sangat eksotis pada malam hari. Tak heran jika di sekitar tempat ini cukup ramai pada malam hari.

Ada 2 menara yang berdiri menjulang dan terlihat megah di Jembatan Suramadu. Sekitar 144 kabel penopang yang ditanam pada fondasi sedalam 100 meter ini tampak indah pada malam hari karena lampu-lampu di sekitarnya. Sembari menikmati embusan sejuk udara laut pada malam hari, bersantai di sekitar Jembatan Suramadu menjadi aktivitas menarik bagi anak-anak muda di Surabaya.

Restoran Terkenal di Surabaya

Frangipani

Salah satu restoran yang terkenal di Surabaya adalah Frangipani. Ada dua cabang restoran ini, yaitu di Plaza Graha Family Kav. 32-36 dan Jl. Raya Jemur Sari No. 138. Nuansa kedua restoran ini cukup nyaman berkat cahaya temaram yang ada di sekitarnya. Interior restoran juga menarik oleh sejumlah lukisan.

Frangipani menawarkan sajian menu Indonesia. Beberapa menu yang populer adalah sup asem-asem iga, sate daging kelapa, tumis lorjuk, sambal telur asin, dan sebagainya. Dengan rasa yang khas, sajian di Frangipani tidak akan mengecewakan.

Pandan Village

Restoran terkenal lainnya di Surabaya adalah Pandan Village. Restoran ini dapat ditemukan di beberapa tempat, antara lain Supermall Pakuwon Indah (Lantai 1), Grand City Mall (Lantai 3), Galaxy Mall (Lantai 4), Ciputra World (Lantai 3), dan Lenmarc Mall (Lantai 2). Restoran terkenal ini menawarkan sejumlah menu lezat. Menu andalannya antara lain Tahu Kipas Udang Laguna, Garang Asem Ayam Pajajaran, dan Asem-Asem Iga Sari Kuning.

Botanika

Anda juga bisa menikmati sajian lezat bertema fusion di Botanika. Konsep fusion mengedepankan penyajian makanan yang istimewa. Dua atau tiga jenis makanan diolah dengan cara berbeda dan disajikan dengan sangat cantik. Rasanya tentu tidak kalah enak. Nah, Anda bisa berkunjung ke Restoran Botanika di Jl. Kertajaya Indah No. F-303, Mulyorejo.

Bukan hanya dari segi makanan, Botanika juga memiliki desain yang instagrammable. Tak heran, restoran ini menjadi tempat berkunjung bagi mereka yang senang berfoto selfie. Restoran ini dibuka mulai pukul 07.00 WIB dan ditutup pada 23.00 WIB tiap hari. Selamat mencoba!

Layar Seafood Restaurant

Bagi Anda pecinta olahan seafood, jangan lupa untuk mampir di Layar Seafood Restaurant yang terletak di Jl. Pesanggrahan Raya No. 80, Surabaya. Restoran ini mulai beroperasi pada 11.00 WIB. Selain olahan seafood yang lezat, suasana di restoran ini juga cukup nyaman. Bahkan, para pengunjung akan dimanjakan dengan sejumlah fasilitas, mulai dari valet parking hingga VIP Room.

Kafe Bromo

Restoran lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi di Surabaya adalah Kafe Bromo. Hidangan yang tersedia di tempat makan ini lengkap, mulai dari menu makanan Indonesia hingga makanan bergaya internasional. Bukan hanya istimewa dari segi penyajian makanan, pelayanan yang diberikan kepada pengunjung pun tak kalah baiknya. Menariknya, restoran ini juga dilengkapi dengan pertunjukan live music.

Pavilion Restaurant

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana bersantap yang menarik, berkunjunglah ke Pavilion Restaurant. Restoran yang satu ini berada di lobi hotel JW Marriot Surabaya. Hal menarik dari restoran ini adalah penataan desainnya yang sangat mewah dan elegan. Menu yang tersedia di Pavilion Restaurant juga cukup beragam, mulai dari makanan tradisional seperti cenil dan tiwul hingga makanan internasional.

De Soematra

Anda bisa mengunjungi salah satu restoran terbaik di Surabaya, tepatnya di Jl. Sumatera No. 75. Restoran dengan bangunan bergaya kolonial ini telah berdiri sejak 1910. Meskipun namanya sama dengan salah satu pulau di Indonesia, makanan yang disajikan di restoran ini tidak mencerminkan daerah tersebut. Justru di restoran ini, Anda dapat menikmati sajian menu Italia atau Perancis. Ada pula makanan dengan tema fusion.

Imari Japanese Restaurant

Sebelum berkunjung ke Negeri Sakura, tidak ada salahnya untuk mencicipi menu makanannya terlebih dahulu di Imari Japanese Restaurant. Restoran ini terletak di JW Marriot Hotel, tepatnya di Jl. Embong Malang, No 85-89, Kedungdoro, Tegalsari, Kota Surabaya.

Bukan hanya menu makanan Jepang, Anda juga bisa mencicipi makanan Asia dan makanan bebas gluten di sini. Suasana yang nyaman dan identik dengan Jepang membuat Anda akan betah bersantap sambil berkumpul bersama keluarga di Imari Japanese Restaurant.

Vis A Vis French Restaurant

Salah satu restoran mewah sekaligus terbaik di Surabaya adalah Vis A Vis French Restaurant. Secara khusus menyajikan makanan dengan cita rasa olahan Perancis, restoran ini berbeda dengan yang lain. Anda akan menemukan sejumlah menu yang terlihat asing, tetapi menawarkan rasa yang menarik. Apabila Anda ingin mencoba mencicipi salah satunya, berkunjung saja ke Vis A Vis French Restaurant yang terletak di JW Marriot Hotel.

Jamoo

Apabila Anda ingin bersantap bersama keluarga, Jamoo adalah salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi. Restoran ini terletak di Jl. Mayjen Sungkono No. 120. Suasana di dalam restoran sangat ramah keluarga, termasuk anak-anak. Ada wahana yang diperuntukkan untuk anak sehingga kegiatan bersantap menjadi lebih berkesan. Bukan hanya itu, jenis makanan yang disajikan pun cukup beragam, mulai dari makanan Indonesia, Asia, dan internasional.

SAS Cafe n Resto

Apakah Anda ingin mengajak si kecil bersantap sambil menikmati suasana alam yang asri? Berkunjung saja ke SAS Cafe n Resto. Dengan tema back to nature, restoran ini menyajikan pemandangan alam yang hijau, area gubuk lesehan, gazebo, dan taman. Ada pula playground di outdoor yang dilengkapi dengan fasilitas bermain. Khusus untuk menu, ada sejumlah pilihan, baik makanan khas Indonesia, chinese food, maupun western food. Lokasi restoran ini adalah di Jl. Baskara Sawah No. 30, Mulyorejo.

One Pose Cafe

Apabila Anda senang memotret, berkunjunglah ke One Pose Cafe. Background restoran sangat instragammble ditambah dengan sejumlah aksesori yang menarik, seperti boneka beruang besar. Ada pula boneka beruang besar dan kecil, baik di sofa maupun rak sehingga membuat anak-anak merasa betah bermain sambil bersantap di tempat ini.

Menu yang disajikan di One Pose Cafe adalah makanan ringan, antara lain salad dan pastry, serta berbagai olahan lain, baik dari daging ayam maupun sapi. Salah satu menu yang menarik untuk dicoba adalah World Tour in Plate, yaitu roti dengan topping ayam dan dilengkapi oleh saus padang. Lezat!

Bebek Goreng Palupi

Restoran yang menyajikan makanan khas Surabaya, yaitu bebek goreng adalah Bebek Goreng Palupi. Restoran ini terletak di Rungkut Asri Tengah 10, Surabaya. Anda bisa datang mulai pukul 09.00 WIB hingga 21 WIB. Bebek goreng dari Surabaya memang memiliki cita rasa yang khas. Sajiannya dilengkapi dengan bumbu minyak kuning dan sambal colek.

Jika Anda berkunjung ke Surabaya, jangan lupa untuk mampir di Bebek Goreng Palupi. Harga per porsi cukup terjangkau, tetapi rasanya tak kalah dengan makanan bebek yang tersedia di restoran mewah.

Oleh-Oleh Khas Surabaya dan Lokasinya

Spikoe Resep Kuno

Salah satu oleh-oleh khas dari Surabaya adalah Spikoe Resep Kuno. Ini merupakan produk makanan berbentuk cake yang memiliki beberapa varian, antara lain Spikoe Original, Spikoe Prunes, dan Spikoe Speculaas. Oleh-oleh khas ini dapat dibeli di Jl. Rungkut Madya 41, Surabaya.

Terbuat dari bahan-bahan berkualitas serta higienis, Spikoe Resep Kuno memiliki rasa yang khas dan lezat. Dengan resep yang telah disempurnakan dari generasi ke generasi, makanan ini layak menjadi salah satu buah tangan untuk keluarga sepulang liburan.

Lapis Kukus Surabaya

Apa istimewanya Lapis Kukus Surabaya? Oleh-oleh yang berasal dari Surabaya ini terdiri atas sejumlah varian menu, mulai dari Original, Choco Pandan, dan Brownies. Ada pula produk lain, yaitu Terang Bulan. Tekstur makanan yang satu ini lembut karena diolah dengan teknologi terkini. Krim lembut yang ditabur di atasnya pun terbuat dari bahan berkualitas sehingga cita rasanya tetap terjaga.

Untuk mendapatkan Lapis Kukus Surabaya, Anda bisa melakukan pemesanan melalui call center 1500 058. Layanan antar tersedia mulai dari Senin hingga Minggu, pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Anda bisa memesan tanpa minimum order, lho!

Almond Crispy Cheese

Salah satu camilan khas yang berasal dari Surabaya adalah Almond Crispy Cheese. Jajanan yang berbahan dasar telur, tepung, gula, dan keju, dan dilengkapi dengan taburan almond ini memang terlihat sederhana, tetapi rasanya sangat enak, crispy, sekaligus lembut di lidah. Bahkan, kemasannya pun terlihat mewah sehingga cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau sahabat.

Ada 3 varian Almond Crispy Cheese, yaitu originalcheese, cokelat, dan green tea. Nah, Anda bisa mendapatkan oleh-oleh ini di Wisata Rasa, salah satu produsen oleh-oleh khas Surabaya. Lokasinya ada di Jl. Raya Jemursari No. 164, Surabaya. Saat ini, Almond Crispy Cheese juga dijual secara online sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkannya.

Sambal Bu Rudy

Jika Anda menyukai makanan yang bercita rasa pedas, jangan lupa untuk membeli Sambal Bu Rudy sebagai buah tangan saat pulang liburan dari Surabaya. Resep sambal ini diciptakan sendiri oleh Bu Rudy atau Ie Lanny Siswadi. Mulanya, Bu Rudi hanya iseng memanfaatkan bahan-bahan yang masih tersedia di dapurnya. Namun, karena rasanya yang istimewa, sambal ini digemari banyak orang.

Hingga kini, Bu Rudy telah membuka 7 cabang di Surabaya selain di depot pusat yang terletak di Jl. Dharmahusada No. 140. Cabang lainnya adalah Kupang, Anjasmoro, Wahidin Gresik, Pasar Atum, dan Dupak. Di pusat maupun cabang, para pengunjung dapat menikmati sajian makanan lezat sekaligus sambal. Nah, supaya lebih mudah mendapatkannya, Sambal Bu Rudy kini dijual secara online.

Kerupuk Ikan Kenjeran

Apabila Anda ke Surabaya, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas berupa kerupuk ikan yang dijual oleh masyarakat di sekitar Pantai Kenjeran. Karena hasil laut yang melimpah, banyak olahan makanan yang kreatif dan menarik, antara lain adalah kerupuk dengan rasa yang gurih. Nah, apa saja jenis kerupuk yang tersedia di tempat ini?

Salah satunya adalah kerupuk teripang. Teripang merupakan hewan yang mirip seperti belut. Jika digoreng, rasanya gurih. Teripang memiliki sejumlah kandungan bermanfaat, seperti protein. Anda bisa mendapatkan kerupuk ini dengan harga Rp100.000 per kg.

Jenis kerupuk lainnya adalah kerupuk lambung ikan. Meskipun namanya tampak asing, sebenarnya kerupuk ini terasa gurih dan renyah. Bahkan, meskipun bagian ini sering kali dibuang saat pengolahan ikan, sebenarnya ada bahan kolagen yang baik untuk tubuh.

Anda juga bisa mencoba kerupuk lorjuk, yaitu sejenis kerang dengan cangkang seperti bambu. Bentuknya menjadi semakin kecil setelah digoreng, memiliki rasa gurih dan manis sehingga enak dijadikan sebagai camilan. Jenis lainnya adalah kerupuk kulit kakap, kerupuk gerinting udang, kerupuk layur, dan sebagainya.

Siropen Telasih

Bukan hanya makanan, minuman juga bisa menjadi oleh-oleh dari liburan di Surabaya. Salah satunya adalah Siropen Telasih, produk minuman yang bisa dijumpai di Pabrik Siropen Telasih, Jl. Mliwis No. 5, Surabaya. Jenis minuman yang satu ini telah diproduksi sejak 1923.

Ada 8 varian rasa Siropen Telasih, yaitu Mawar, Vanili, Chocopandan, Jeruk Keprok, Rambosen, Melon, Arbei, dan Lychee. Saat ini, ada pula jenis produk yang berlabel premium. Kemasannya lebih apik dan mirip botol wine. Kotak kemasan juga lebih mewah sehingga cocok dijadikan sebagai buah tangan.

Sirup Mangrove

Salah satu olahan khas lain dari Surabaya adalah sirup dari mangrove. Olahan minuman yang satu ini digagas pada awalnya oleh Soni Mohson dari bogem (Sonneratia caseolaris). Buah ini juga dikenal dengan nama pidada merah dan kerap dibuang karena belum dimanfaatkan dengan optimal.

Soni memulai uji coba membuat sirup sekitar 1998. Namun, baru pada 2004 sirup bogem baru diproduksi secara rutin. Mengolah buah bogem dari pohon mangrove menjadi salah satu aktivitas masyarakat yang berada di sekitar daerah Wonorejo. Saat ini, sebotol sirup mangrove dijual dengan harga Rp25.000.

Abon Sapi Padmosusatro

Apakah Anda penggemar Abon? Jangan lupa untuk mampir di Jl. Padmosusastro, Kelurahan Pakis, Kecamatan Sawahan, Surabaya. Di sepanjang jalan ini, ada sejumlah pengusaha rumah tangga yang memproduksi abon sapi dengan kualitas ekspor. Ada dua varian rasa abon yang banyak digemari, yaitu manis dan pedas.

Untuk menikmati abon sapi khas Surabaya ini, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp47.500 per kg. Namun, harga ini sebanding dengan rasa lezat dan enak dari abon sapi Padmosusatro.

Pohong Tata

Oleh-oleh khas Surabaya lainnya adalah pohong tata, yaitu makanan kecil yang terbuat dari pohong atau singkong (ketela pohon). Nah, singkong ini bukan hanya direbus atau dikukus, tetapi dibakar dan ditaburi keju. Kemasannya pun cukup menarik sehingga terlihat elegan dan cocok dibawa sebagai oleh-oleh. Anda bisa mendapatkan jajanan yang satu ini di daerah Mulyorejo, Surabaya dengan harga sekitar Rp20.000 per kotak.

Kue Mente

Camilan lainnya yang khas dari Surabaya adalah kue mente. Kue ini merupakan makanan ringan yang berbahan dasar tepung, telur, mentega, gula, dan mente. Jika dibandingkan dengan makanan lainnya, tekstur Kue Mente lebih lembut dan halus. Kemasannya pun berupa kotak yang rapi dan aman. Anda bisa mendapatkan Kue Mente di berbagai pusat oleh-oleh khas Surabaya.

Daftar Mall di Surabaya

Tunjungan Plaza

Salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya adalah Tunjungan Plaza. Mall 5 lantai ini terletak di Jl. Basuki Rachmat 8-12, Surabaya. Para pengunjung dapat menemukan sejumlah brand populer di Tunjungan Plaza, antara lain Michael Kors, Kate Spade New York, Karen Millen, Marks and Spencer, Furla, Swarovski, dan sebagainya.

Selain itu, ada sejumlah tempat untuk bersantai atau bersantap, seperti Food Court yang terletak di Lantai 1 dan 3, Gyu Kaku, Nanny’s Pavilion, Fish n Co, Chung Gi Wa, dan sebagainya. Ada pula sejumlah event yang diselenggarakan pada momen-momen tertentu, baik event bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Mall ini menyediakan sejumlah fasilitas pendukung, mulai dari area parkir yang memadai, valet service, ATM center, bank, smokingroom, dan toilet. Bagi Anda yang ingin menikmati wisata belanja saat berlibur ke Surabaya, pusat perbelanjaan yang satu ini bisa menjadi pilihan.

Pakuwon Mall

Anda bisa berkunjung ke Pakuwon Mall yang terletak di Jl. Puncak Indah Lontar No. 2 Surabaya. Terletak di area yang strategis dan dinamis di Surabaya bagian barat, mall ini sangat ramai dikunjungi. Dengan luas 80.000 m2, ada sejumlah retail store terkenal yang bisa dijumpai, antara lain Uniqlo, H&M, Miniapolis, Ace Hardware, dan sebagainya.

Para pengunjung mall juga dapat menikmati berbagai sajian lezat dari tenant yang berada di Pakuwon Mall mulai dari Pancious and Kintan Shaburi, Yamatoten Abura Soba, Mokka Coffee Cabana, Burger King, Pasarame, dan sebagainya. Tiap minggu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan sejumlah event menarik, mulai dari karnival maupun festival.

Galaxy Mall

Galaxy Mall Surabaya merupakan pusat perbelanjaan yang terletak di Jl. Dharmahusada Indah Timur No. 35-37. Tempat wisata belanja ini ditempati sejumlah tenant besar, seperti Periplus, Starbucks, The Body Shop, Genki Sushi, Qua-Li, Estee Lauder, dan sebagainya. Galaxy Mall juga kerap menyelenggarakan sejumlah event promosi sehingga menarik untuk dikunjungi.

Lenmarc Mall

Pusat perbelanjaan lain yang bisa dijumpai di Surabaya adalah Lenmarc Mall. Ada sejumlah retail store di mall ini, antara lain ACE Hardware, Baskin Robbins, Informa, J.Co, Miniso, Starbucks, dan sebagainya. Bukan hanya ditujukan sebagai tempat berbelanja, Lenmarc Mall juga menyediakan berbagai tempat hiburan, termasuk untuk anak-anak.

Selain wahana edukasi, Anda juga bisa menemukan berbagai gerai yang menjual kebutuhan fashion dan kecantikan, makanan dan minuman, hobi, perlengkapan rumah tangga, maupun kebutuhan harian.

Ciputra World Surabaya Mall

Pusat perbelanjaan yang terletak di Jl. Mayjen Sungkono Kav. 89 ini merupakan salah satu mall yang cukup besar di Surabaya. Dibangun di atas area seluas 9 hektare, shopping mall ini juga dilengkapi dengan 3 blok apartemen, hotel bintang 5 yaitu Swiss-Belhotel International, dan SOHO (Small Office Home Office).

Mall yang terdiri atas 4 lantai ini disewa oleh sejumlah tenant yang besar, mulai dari Fantasy Kingdom, Fun World, Cinema XXI, Adidas, Avenue, Batik Keris, Sport Station, Gramedia, Converse, dan sebagainya. Jika Anda ingin berburu kuliner, tersedia pula berbagai restoran, seperti Hakata Ikkousha, The Kase, Sari Ratu, Kedai Si Mbok, dan sebagainya.

Marvell City Mall

Salah satu keunggulan Marvell City Mall adalah lokasi yang sangat strategis karena terletak tepat di pusat kota Surabaya. Bukan hanya sebagai pusat perbelanjaan, mall ini juga cocok untuk mencari hiburan. Selain itu, di sekitar kawasan ini terdapat sekolah bergengsi dan universitas.

Didesain oleh Ong and Ong, tampilan Marvell City memberikan kesan elegan dan artistik. Dengan konsep keseimbangan yang inovatif antara tempat tinggal dan fitur komersial, tak heran jika Marvell City juga disebut one stop destination untuk berbelanja, hiburan, serta bersantap.

Sejumlah tenant yang bisa dijumpai di Marvell City antara lain Fun World, Lotte Mart, Kaizen, CGV, Sport Station, Ace Hardware, Andrew Smith, dan Kidzoona. Sementara itu, fasilitas yang tersedia antara lain kursi roda untuk disabilitas, stroller, mushola, dan nursery room. Anda pun bisa menikmati alunan jazz tiap Jumat malam pada acara Fri-Yeay Jazzy Night.

City of Tomorrow

City of Tomorrow (CITO) merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya yang dikembangkan oleh PT. Loppo Karawaci Tbk. Objek wisata belanja ini berada di pintu masuk kota dan terletak dekat dengan Bandar Udara Juanda, tepatnya di Jl. Ahmad Yani 288, Surabaya.

Ada sejumlah tenant besar yang bisa ditemukan di mall ini antara lain A&W Restaurant, Buccheri, Eiger, Cinema XXI, Sabita Island, BreadTalk, Hokben, dan sejumlah bank. Bagi Anda yang berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan tawaran promo dan berbagai festival yang diadakan di City of Tomorrow. Sejumlah event juga kerap digelar di mall ini untuk menarik pengunjung.

Grand City Surabaya

Grand City Surabaya merupakan salah satu mall di Surabaya yang memiliki sejumlah tenant, antara lain Ace Hardware, Ada Fashion, Giordano, Marks & Spencer, Sari Ratu, Suteki, Baskin Robbins, Cinema XXI, Hush Puppies, Miniso, Optik Seis, Sport Station, Starbucks, Toys Kingdom, The Body Shop, dan sebagainya.

Selain itu, ada pula sejumlah event yang kerap digelar di Grand City Surabaya, mulai dari talent show, aneka event competition, serta berbagai event promosi lainnya. Untuk berbelanja, tempat ini memang cukup lengkap karena tersedia beragam kategori mulai dari kecantikan dan perawatan tubuh, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan untuk hobi, juga gadget dan berbagai aksesori.

Surabaya Town Square

Surabaya Town Square (Sutos) merupakan salah satu objek wisata belanja yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Surabaya. Ada pun keunggulan yang disediakan Sutos bagi para pengunjung adalah beragamnya kategori tenant yang tersedia, mulai dari BreadTalk, Brew & Co, Century, Cinema XXI, dan sebagainya.

Surabaya Town Square terletak di Jl. Hayam Wuruk No. 6 Surabaya. Bagi Anda yang ingin berbelanja, baik produk fesyen maupun kebutuhan harian, mall yang satu ini akan memberikan sejumlah pilihan terbaik.

Plaza Surabaya

Anda juga bisa berkunjung ke Plaza Surabaya, salah satu pusat perbelanjaan yang terletak di Jl. Pemuda No. 33-37. Tempat wisata belanja ini berada dekat dengan Monumen Kapal Selam (Monkasel), tepatnya di Embong Kaliasin. Dahulu, Plaza Surabaya dikenal dengan nama Delta Plaza.

Bangunan 6 lantai ini dilengkapi dengan sejumlah tenant, antara lain Matahari Department Store, Adidas, sejumlah kafe dan restoran ternama, serta berbagai store yang menjual perlengkapan hobi. Anda juga dapat menikmati tayangan film terbaru dari bioskop.

BG Junction

Anda juga bisa membeli beragam kebutuhan harian di BG Junction yang terletak di Jl. Bubutan No. 1-7, Bubutan. Salah satu retail store yang ada di BG Junction adalah Carrefour. Selain itu, ada pula sejumlah tenant lain yang menyediakan peralatan elektronik, fesyen, furnitur, maupun entertainment.

Anda juga bisa memanjakan lidah dengan bersantap di restoran maupun food court. Tersedia juga layanan perbankan, toko emas, dan salon. Bahkan, Anda pun bisa menyaksikan sejumlah event yang kebetulan digelar pada momen-momen tertentu.

Tempat Jajanan Murah di Surabaya

Pasar Kembang

Apabila Anda ingin menikmati jajanan dengan harga yang terjangkau, Pasar Kembang adalah salah satu lokasi yang perlu Anda tuju. Tempat ini bahkan sudah mulai ramai pada pukul 01.00 WIB. Meskipun namanya Pasar Kembang, tempat ini tidak melayani jual beli kembang, melainkan jajanan pasar.

Menariknya, para pengunjung biasanya membeli jajanan dalam jumlah yang banyak. Mereka rata-rata adalah penjual atau pemilik warung. Ada banyak sekali jenis jajanan yang bisa ditemukan di Pasar Kembang, antara lain lemper, pastel, kue lapindo, morina, dan berbagai jenis roti modern, seperti donat, roti gulung, dan sebagainya.

Soal harga tidak perlu ditanya lagi. Karena tempat ini biasanya menjual jajanan secara grosir, harganya sangat murah. Nah, jika Anda sekadar ingin membeli jajanan untuk dikonsumsi sendiri, datanglah sekitar pukul 06.00 WIB.

Kampung Kue

Selain Pasar Kembang, Anda juga bisa mencari jajanan murah di Kampung Kue yang terletak di gang kecil Rungkut Lor II Surabaya. Kesibukan sudah mulai terasa sejak pukul 02.30 WIB di tempat ini. Ketika memasuki lorong, aroma makanan kecil bahkan sudah mulai terasa dengan jelas.

Kampung ini memang disebut Kampung Kue karena sebagian besar penduduknya membuat kue. Mereka akan menjajakan dagangannya di sepanjang lorong. Di atas meja-meja, beragam jenis makanan kecil sangat menarik untuk disantap. Ada banyak jenis kue yang dijual di Kampung Kue, khususnya jajanan tradisional, seperti lemper, risoles, putu ayu, dan sebagainya.

Selain datang untuk membeli langsung, Anda juga bisa memesan terlebih dahulu. Pesanan tersebut akan diantar sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk datang. Biasanya, pesanan kue ini bermanfaat jika ada acara atau kegiatan yang diselenggarakan di rumah dan Anda tidak ingin terlalu repot mempersiapkan camilan.

Pasar Blauran Baru

Pasar Blauran Baru dikenal sebagai tempat tujuan kuliner yang murah meriah. Sebagai salah satu pasar tertua di Surabaya, pasar ini menyediakan keperluan masyarakat lokal. Meskipun bagian luar pasar terlihat padat karena tempat parkir yang kurang memadai, sebenarnya bagian dalamnya cukup bersih dan rapi.

Nah, bagi Anda yang ingin mencicipi jajanan khas di Surabaya, datang saja ke area ini. Sekadar melepas dahaga, cobalah semangkok es dawet yang segar. Selain itu, tersedia juga rujak cingur dengan beragam buah-buahan menyegarkan. Nah, jenis kuliner lainnya adalah lontong mi. ini adalah sajian makanan yang terdiri atas lontong dan mi kuning dengan tambahan taoge dan sambal petis.

Event Tahunan atau Tradisi di Surabaya

Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan

Salah satu event yang ramai diikuti oleh masyarakat Surabaya adalah Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan. Tunjungan merujuk pada salah satu jalan utama di Surabaya, yaitu Jl. Tunjungan. Event yang dimulai pada sore hari dan berakhir sebelum tengah malam ini dihadiri oleh sejumlah pelaku usaha kreatif. Para pengunjung dapat menikmati aneka jajanan serta hiburan berupa live music.

Tujuan pelaksanaan event ini adalah untuk meningkatkan perekonomian pelaku UKM. Selain itu, Pemkot Surabaya juga ingin menjadikan Jl. Tunjungan sebagai objek wisata baru, baik untuk masyarakat lokal Surabaya maupun wisatawan dari luar kota, terutama pada akhir pekan. Event ini rencananya akan digelar tiap bulan. Bagi Anda yang ingin menghabiskan akhir pekan seru di Surabaya, jangan lupa untuk hadir di sini, ya!

Rujak Uleg Festival

Anda juga bisa menikmati Rujak Uleg Festival saat berkunjung ke Surabaya pada Mei tiap tahun. Festival ini digelar sejak 2007 untuk menyambut hari jadi Kota Surabaya. Lokasi penyelenggaraannya terpusat di Jl. Kembang Jepun, Nyamplungan, Pabean Cantian. Ketika festival berlangsung, jalan ini biasanya akan ditutup untuk sementara. Arus lalu lintas diarahkan ke rute lainnya.

Selain berburu kuliner, masyarakat yang berkunjung ke Rujak Uleg Festival juga dapat menikmati sejumlah atraksi menarik. Salah satunya, melakukan kegiatan mengulek di cobek raksasa yang berdiameter hingga 2,5 m secara bersama-sama. Bukan hanya warga Surabaya asli, festival ini pun diramaikan oleh kehadiran penampil dari daerah-daerah lain. Karena unik, Rujak Uleg Festival menjadi salah satu tujuan para wisatawan, termasuk dari mancanegara.

Pasar Seni Lukis Indonesia

Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) merupakan salah satu event tahunan yang rutin diselenggarakan di Surabaya. Sesuai namanya, kegiatan yang dilaksanakan di PSLI ini berkaitan dengan lukisan, antara lain workshop seni lukis, melukis model, dan melukis on the spot. Selain itu, ada pula berbagai pertunjukan berupa pementasan musik dan teater, serta tari kontemporer.

Memberikan ruang kepada para seniman merupakan salah satu komitmen dari Pemerintah Jawa Timur. Pasalnya, kegiatan seni dapat bermanfaat bagi kehidupan karena menjadi penyeimbang. Khusus untuk Surabaya, adanya penyelenggaraan PSLI merupakan keuntungan tersendiri karena menjadi salah satu objek wisata baru. Ternyata, tidak sedikit wisatawan yang datang ke Surabaya untuk mengunjungi event menarik ini.

Surabaya Cross Culture International Folk And Art Festival

Salah satu gelaran tahunan yang diadakan di Surabaya adalah Surabaya Cross Culture International Folk and Art Festival. Pada 2018, event ini telah diadakan sebanyak 14 kali. Diikuti oleh 10 negara dan tiga kota di Indonesia, merupakan salah satu cara untuk mewujudkan toleransi dalam keberagaman di Surabaya.

Ada banyak atraksi menarik yang bisa disaksikan dari event ini. Para peserta dari berbagai negara menyuguhkan penampilan terbaik mereka sebagai bentuk partisipasi. Selain itu, para peserta juga diajak untuk berkeliling di Kota Surabaya untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata, seperti Tugu Pahlawan, Pantai Kenjeran, dan sebagainya. Jika beruntung, saat berlibur ke Surabaya sekitar tengah tahun, Anda bisa menikmati berbagai performance, baik outdoor maupun indoor

Parade Juang

Tiap tanggal 10 November, Surabaya memperingati hari yang sangat bersejarah, yaitu Hari Pahlawan. Untuk memeriahkan momen tersebut, ada berbagai event yang dilakukan. Salah satunya adalah Parade Juang Surabaya, yaitu rekonstruksi tujuh peperangan yang terjadi pada masa perjuangan meraih kemerdekaan dalam bentuk penampilan teatrikal.

Acara yang digelar sejak pagi ini diikuti oleh ribuan peserta dan sejumlah tokoh nasional. Berlangsung di Jl. Pahlawan, masyarakat yang ingin menonton tidak berpusat di satu titik karena ada sejumlah spot yang akan digunakan. Bagi Anda yang kebetulan sedang berlibur ke Surabaya pada November, jangan lewatkan keseruan menonton aksi para peserta Parade Juang Surabaya.

Tradisi Sedekah Bumi

Tradisi Sedekah Bumi juga dilangsungkan oleh masyarakat lokal di Surabaya. Meskipun dikenal sebagai kota yang sudah modern, Surabaya masih identik dengan berbagai ritual kebudayaan. Tradisi Sedekah Bumi digelar dalam rangka ucapan syukur atas hasil panen yang didapatkan serta doa untuk kemakmuran dan kerukunan warga.

Gunungan dan pertunjukan tradisional pun dipersiapkan warga sekitar beberapa hari sebelumnya. Gunungan ini kemudian akan diarak bersama-sama. Setelah doa bersama, para pengunjung boleh menyerbu gunungan, yang berupa buah dan lauk-pauk seperti ayam panggang.

Salah satu pertunjukan yang diadakan pada saat penyelenggaraan Sedekah Bumi adalah Gulat Okol. Ini merupakan pertunjukan hiburan, yaitu bertanding di atas panggung dengan alas jerami. Tiap pegulat harus berusaha untuk melumpuhkan lawan dengan membantingnya. Pada saat bertanding, pegulat mengenakan selendang pada bagian perut dan ikat kepala.

Bukan hanya pria, pegulat juga bisa berasal dari anak-anak dan ibu-ibu. Apabila menang, peserta akan mendapatkan hadiah. Ajang ini bukan bermaksud untuk menentukan siapa yang terkuat, tetapi sebagai kesempatan untuk bersilaturahmi sesama warga.

Hotel di Surabaya

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Surabaya. Jika anda yang berasal dari luar Surabaya lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Surabaya dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Surabaya ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

Tips Memilih Hotel Murah di Surabaya

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Surabaya, tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Bagi Anda yang mencari hotel murah di Surabaya, maka anda akan menemukan banyak tawaran. Penting untuk anda mengetahui tips-tips agar terhindar dari hotel murahan. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Harga Per Malam

Budget menjadi faktor penting bagi beberapa wisatawan untuk memilih hotel, karena harganya yang cukup menguras dompet. Itulah yang menjadi kebanyakan wisatawan mencari hotel atau penginapan murah ketika berkunjung ke Surabaya. Tak jarang pula wisatawan yang terjebak dengan harga yang ditawarkan hotel - hotel disana yang sangat murah dengan penipuan fasilitas. Oleh karena itu penting untuk Anda memerhatikan harga yang ditawarkan hotel murah di Surabaya.

Pastikan harga hotel murah yang ingin Anda booking berada pada standar OTA. Hotel murah yang disediakan Airy tentu lebih murah dibanding penyedia hotel lainnya di Surabaya. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, Anda dapat membuktikannya. Selain itu, jangan memaksakan untuk memilih hotel yang melebihi budget yang anda punya. Karena harga murah pun Anda dapat menikmati kenyamanan yang dijamin oleh Airy Surabaya.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya Anda harus perhatikan lokasi hotel murah yang Anda pilih di Surabaya. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Surabaya. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Surabaya seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian.

Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Surabaya atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Surabaya.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel murah di Surabaya, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel Surabaya. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Surabaya anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel murah di Surabaya akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian untuk booking hotel Surabaya secara online juga lebih banyak yang menyediakan. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan OTA lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Surabaya.

Rekomendasi Hotel di Surabaya

Airy Raya Rungkut Juanda

Salah satu hotel di Surabaya yang bisa ditemukan di dalam aplikasi Airy adalah Airy Raya Rungkut Juanda. Hotel ini terletak di Jl. Raya Rungkut Menanggal No. 20, Rungkut Menanggal, Gn Anyar, Kota Surabaya. Hotel ini menawarkan sejumlah fasilitas antara lain brankas, lift, area merokok, dan juga restoran.

Selain menawarkan 7 jaminan kenyamanan, yaitu WiFi gratis, air hangat, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, televisi layar datar, dan AC, hotel ini juga cukup dekat dengan sejumlah tempat kuliner. Beberapa di antaranya adalah RC Cafe, La Vegan, Nomos Cafe, dan Bebek Pak JOSS. Semuanya dapat ditempuh dalam waktu beberapa menit berjalan kaki.

Tempat tujuan lain yang paling dekat adalah City of Tomorrow, Royal Plaza Surabaya, Surabaya Zoo, dan Mpu Tantular Museum. Objek wisata ini berada sekitar 4–5 km dari lokasi hotel. Dari Bandar Udara Juanda, Airy Raya Rungkut Juanda berjarak sekitar 5,2 km.

Airy Gubeng Kalimantan Surabaya

Selanjutnya, Anda bisa memilih opsi menginap di Airy Gubeng Kalimantan Surabaya. Hotel di Surabaya ini terletak di Jl. Kalimantan No. 9 Gubeng, Kota Surabaya. Fasilitas yang tersedia di hotel ini selain 7 jaminan kenyamanan adalah area merokok, layanan kamar, TV kabel, restoran, dan sarapan.

Landmark terdekat dengan Airy Gubeng Kalimantan Surabaya adalah Surabaya Plaza Shopping Mall, Monumen Kapal Selam (Monkasel), Monumen Bambu Runcing, dan World Trade Centre. Restoran terdekat berada sekitar 0,2 km. Beberapa di antaranya adalah Larazeta, Hisato Japanese Cuisine, Domicile Kitchen & Lounge, dan Historica Coffee & Pastry.

Airy Ahmad Yani Ketintang Baru Dua 12 Surabaya

Hotel Airy lainnya adalah Airy Ahmad Yani Ketintang Baru Dua 12 Surabaya. Hotel ini terletak di Jl. Ketintang Baru II No. 12, Ketintang, Gayungan, Kota Surabaya. Fasilitas yang tersedia adalah standard 7 jaminan kenyamanan serta area merokok khusus. Pasalnya, semua kamar yang tersedia di Airy bebas asap rokok.

Menariknya, Anda bisa mengunjungi Royal Plaza Surabaya dengan mudah karena jaraknya kurang dari 1 km. Selain itu, beberapa objek wisata terdekat adalah Kebun Binatang Surabaya, Surabaya Town Square, Museum Mpu Tantular, dan Ciputra World Mall. Dari hotel, Anda bisa mengunjungi Oryza Coffee Shop, Boulangerie Komugi, dan Cinema Cafe untuk bersantai sambil bersantap.

Airy Tegalsari Kedungsari 109 Surabaya

Pilihan tempat menginap lain yang bisa didapatkan melalui aplikasi Airy adalah Airy Tegalsari Kedungsari 109 Surabaya. Landmark yang terdekat dengan hotel ini adalah Tunjungan Plaza, BG Junction, dan Monumen Bambu Runcing. Jika ingin menikmati kuliner, ada beberapa tempat makan yang dekat dengan lokasi hotel, yaitu Soto Ayam Kuno Pak Poer, Kwetiao Apeng, Restoran Anggrek, dan Pawon Alit.

Airy Dukuh Pakis Kupang Baru Raya 19 Surabaya

Terletak di Jl. Raya Kupang Baru No. 19 Dukuh Kupang, Dukuh Pakis, Kota Surabaya, hotel Airy yang satu ini cukup dekat dengan sejumlah objek wisata belanja. Sebut saja, Ciputra World Mall, Supermall Pakuwon Indah (SPI), PTC Supermall, dan Surabaya Town Square. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Kebun Binatang Surabaya dengan mudah karena jaraknya hanya sekitar 4 km.

Adapun fasilitas yang bisa Anda jumpai di Airy Dukuh Pakis Kupang Baru Raya 19 ini adalah 7 jaminan kenyamanan seperti hotel-hotel Airy lainnya. Selain itu, tipe kamar di salah satu hotel di Surabaya ini lebih variatif, mulai dari kamar premium backpacker untuk 1 orang (single), superior twin dan superior double.

Tak perlu khawatir, meskipun hotel tidak menyediakan fasilitas sarapan, ada banyak tempat makan yang dekat dengan lokasi hotel, antara lain Depot Mimi, Restoran Seafood Beijing, Gado-gado Kupang Jaya, dan Ayam Goreng Sinar Pemuda Resto.