Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
March 2019
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

38 Hotel Di Surabaya

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 234,700

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 208,500
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 216,100
Sisa 2 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 348,500
Sisa 2 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 2 halaman
Selanjutnya
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Asal usul Surabaya

Dipercaya dari legenda bahwa Surabaya berasal dari kata “suro” yang berarti hiu dan “boyo” yang berarti buaya. Menurut mitos, Surabaya adalah daerah di mana terjadi pertarungan di antara seekor hiu dan seekor buaya. Kedua hewan tersebut bertarung untuk memperebutkan gelar sebagai binatang yang terkuat. Hiu dan buaya tersebut sebelumnya telah menyepakati gencatan senjata dan membagi daerah kekuasaan di mana hiu menguasai lautan dan buaya menguasai daratan.

Pada suatu hari, hiu mencari makan di sungai. Sang buaya melihat peristiwa itu dan naik pitam karena menganggap hiu telah melanggar daerah kekuasaannya. Namun, hiu berpendapat bahwa sungai termasuk daerah kekuasaan hiu karena sungai adalah habitat yang berair, sama seperti lautan. Sang buaya berargumen bahwa sungai itu menjalar jauh ke daratan di mana ia berkuasa. Dari peristiwa itulah yang memicu terjadinya pertarungan antara kedua hewan dan akhirnya sang hiu harus mengakui kemenangan sang buaya.

Surabaya kini pun sudah menjadi kota nomor 2 di Indonesia (setelah kota Jakarta), dan kaya akan destinasi wisata yang menarik serta berjejer hotel di Surabaya dari hotel budget hinggal hotel bintang 5.

Cara ke Surabaya

Melalui Jalur Udara

Mencapai Kota Surabaya melalui jalur udara sangatlah mudah. Bandara Juanda di kota ini menerima berbagai penerbangan domestik dan internasional. Penerbangan domestik yang mencapai Surabaya di antaranya adalah penerbangan dari Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Denpasar, Balikpapan, Makassar, Palu, dan Kualanamu. Sedangkan beberapa negara yang, memiliki penerbangan langsung ke Surabaya adalah Singapura, Malaysia, Taiwan, China, Brunei dan Hongkong. Dari bandara Juanda, anda dapat langsung menuju pusat kota dengan menyewa taxi yang tersedia di bandara. Anda juga bisa memesan hotel di Surabaya yang menyediakan fasilitas antar jemput bandara.

Terdapat juga beberapa counter agen travel di bandara yang akan memberikan transportasi untuk mencapai seluruh area di Surabaya. Untuk pilihan yang lebih ekonomis, tersedia bus DAMRI yang harga tiketnya sekitar 20.000 rupiah, dengan jurusan terminal Bungurasih. Di terminal tersebut terdapat transportasi lain yang dapat mengantarkan Anda ke seluruh kota.

Melalui Jalur Darat

Ada beberapa cara untuk menuju Surabaya melalui jalur darat, yaitu dengan bus, kereta, dan travel. Ada dua stasiun utama di Surabaya, yaitu Stasiun Gubeng dan Stasiun Pasar Turi. Kedua stasiun tersebut menerima kereta dari Jakarta. Untuk Anda yang berasal dari Bandung dan Jogjakarta, Stasiun Gubeng adalah perhentian terakhir Anda.

Terminal terbesar di Surabaya adalah Terminal Bungurasih atau biasa juga disebut sebagai Terminal Purabaya. Bus eksekutif dari Jakarta bisa dipesan dengan harga tiket sekitar 200.000, sedangkan bus dari Bali harga tiketnya berkisar antara 100.000-150.000 rupiah. Jika Anda ingin meneruskan perjalanan ke Gunung Bromo, di terminal ini terdapat banyak armada bus jurusan Malang dan Probolinggo yang tiap harinya pulang-pergi secara teratur. Harga tiket busnya pun sangat terjangkau, sekitar 20.000-30.000 rupiah untuk kelas ekonomi dengan AC.

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan travel. Jika Anda berasal dari kota yang sangat jauh dari provinsi yang berbeda dengan Surabaya, pilihan ini mungkin tidak tepat untuk Anda. Selain karena ketersediaan jasa travel yang belum bisa dipastikan, mobil travel yang kecil tidak memiliki ruang untuk penumpang sebanyak bus dan kereta. Bisa saja dengan perjalanan yang sangat lama di dalam mobil travel membuat anda mengalami pegal-pegal dan bengkak di persendian. Tapi, jika kota asalnya adalah kota yang tidak terlalu jauh seperti Malang, Mojokerto, dan Probolinggo, travel adalah pilihan yang patut dipertimbangkan karena jasa transportasi ini akan mengantarkan Anda sampai tujuan akhir dan bukan hanya sampai terminal. Harga travel dari Malang menuju Surabaya adalah sekitar 100.000 rupiah.

Melalui Jalur Laut

Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya dapat dicapai dari seluruh pelabuhan di Indonesia yang memiliki pelayaran langsung ke Surabaya. Kapal yang mengangkut penumpang dari seluruh Indonesia ke Surabaya disediakan oleh PT. Pelayaran Nasional Indonesia. Sedangkan pelayaran dari Pulau Madura difasilitasi oleh PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan. Dari pelabuhan, terdapat armada bus yang jurusannya menuju terminal Bungurasih. Tiket bus tersebut hanya sekitar 10.000 rupiah.

Transportasi di Surabaya

Tranportasi di Surabaya ada bemacam-macam. Ada angkutan umum atau yang biasa disebut angkot/mikrolet dengan berbagai trayek yang berbeda. Jika jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh, Anda dapat menggunakan becak sembari menikmati pemandangan dengan santai. Untuk transportasi yang cepat dan murah, terdapat bus dalam kota. Bus-bus ini biasanya sangat penuh dan berjejalan. Anda harus bersiap-siap berhimpitan dengan penumpang lainnya dalam kendaraan yang membuat gerah.

Jika ingin angkutan yang lebih nyaman, pilihlah taxi atau mobil rental. Mobil rental mungkin menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mengelilingi kota Surabaya seharian. Dengan adanya mobil rental, Anda tidak harus mencari transportasi lagi setelah mengunjungi suatu situs wisata. Jika Anda memilih salah satu dari kendaraan tersebut, bersiap-siaplah menghadapi resiko kemacetan, walaupun kemacetan tidak selalu terjadi di Surabaya. Ojek online bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengantarkan Anda ke suatu tujuan dengan cepat dan murah. Karena menggunakan motor, Anda dapat menghindari macet dan mengambil jalan pintas melalui jalur yang tidak terlalu padat.  

Tempat Wisata di Surabaya

Berikut Beberapa tempat wisata di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi :

Kebun Binatang Surabaya

Kebun binatang Surabaya adalah salah satu yang tertua di Asia Tenggara. Kebun binatang ini hanya berjarak 3km dari pusat kota. Kebun Binatang Surabaya adalah kebun binatang bersejarah yang telah ada sejak tahun 1916. Kebun Binatang Surabaya tidak hanya memamerkan koleksi fauna dari berbagai daerah di Indonesia (dan negara lain), tetapi juga menawarkan aktivitas rekreasi serta program edukasi. Anda bisa belajar tentang hewan, naik gajah, menyewa perahu, hingga menjajal flying fox.

Monumen Kapal Selam

Monumen kapal selam buatan Uni Soviet ini telah dipamerkan sejak tahun 1962. Kapal selam ini telah direnovasi sehingga memungkinkan untuk publik mengunjungi dan melihat interior dari kapal selam tersebut. Bagian dalam kapat dipertahankan seperti aslinya di mana terlihat tombol-tombol pengendali, pintu, dan periskop yang masih berfungsi dan dapat dicoba untuk melihat keadaan di luar kapal. Di sebelah kapal selam terdapat suatu bangunan yang akan memainkan film singkat tentang sejarah kapal selam tersebut.

Jembatan Suramadu

Jembatan ini membentang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Salah satu ujungnya berada di Surabaya dan ujung yang lain berada di kota Bangkalan, Madura. Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) adalah konstruksi ikonik di Jawa Timur yang menghubungkan Surabaya dan Madura. Tempat ini juga terkenal sebagai titik fotografi serta wisata panorama, terutama saat matahari terbenam. Pantai di bagian bawah jembatan berbatu-batu, tetapi populer sebagai tempat mencari lorjuk (kerang bambu), keong, dan kepiting saat air surut. Anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling Selat Madura.

Jika Anda ingin menikmati selat madura dibawah jembatan suramadu ini, Anda dapat menyewa perahu dengan harga yang terjangkau yaitu 10ribu/orang atau 50ribu/perahu.

Tugu Pahlawan

Surabaya memiliki tempat khusus dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tugu Pahlawan adalah ikon Kota Surabaya yang menjadi tempat mengenang pertempuran 10 November antara para pahlawan Indonesia melawan pasukan Belanda dan sekutu yang ingin kembali menjajah. Tugu ini dapat ditemukan di depan balai kota di Jl. Pahlawan. Anda dapat mengunjungi Tugu Pahlawan ini kapan pun karena dibuka selama 24jam.

Masjid Akbar Surabaya

Salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara yang memiliki menara di mana pengunjung bisa naik ke atasnya dan mengobservasi Kota Surabaya dari ketinggian 65m.

Museum Sepuluh November

Museum Sepuluh November berlokasi di dasar Tugu Pahlawan. Walau kecil, museum ini menyimpan koleksi berharga yang berkaitan dengan Pertempuran 10 November. Anda bisa melihat mobil dan senjata peninggalan Bung Tomo, diorama peristiwa 10 November, hingga rekaman asli pidato Bung Tomo.

Museum ini terletak di jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya. Museum ini punya tiket masuk yang harganya sangat murah, yaitu hanya 5 ribu rupiah untuk dewasa maupun anak-anak. Untuk jam buka, Museum Sepuluh November ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Sedangkan pada weekend buka lebih awal jam 7 pagi hingga jam 3 sore.

Jembatan Surabaya

Jembatan Surabaya (Suroboyo) diresmikan sebagai salah satu tempat wisata di Surabaya pada tahun 2016, cocok untuk Anda yang ingin menikmati panorama kota dan mendapat foto bagus. Jembatan ini memiliki dua tingkat, dan cocok untuk memandang matahari terbenam. Setiap Sabtu malam, Jembatan Surabaya menjadi area car free day, dan Anda bisa menonton pertunjukan air mancur dari pukul 19:30 hingga 20:30

Lokasi Jembatan Surabaya ini terletak di jalan Raya Pantai Lama, Kenjeran, Bulak, Surabaya. Kalau jam buka pasti terbuka 24 jam karena jembatan ini merupakan jalan umum.

Jembatan Merah

Ke Surabaya tidak lengkap tanpa berkunjung ke Jembatan Merah, jembatan bersejarah yang telah ada sejak abad ke-17. Jembatan ini telah menjadi saksi bisu kesibukan bongkar-muat barang di kapal-kapal, serta pertempuran antara para pejuang Surabaya melawan pasukan Belanda dan sekutu. Kini, jembatan tersebut telah dipugar, namun kesan klasiknya tetap ada.

Anda bisa menjadikan Jembatan Merah sebagai salah satu titik berfoto wajib. Jembatan ini juga merupakan patokan untuk mengunjungi berbagai lokasi ikonik di Surabaya, seperti area Pecinan dan House of Sampoerna. Lokasi jembatan merah ini terletak di jalan kembang jepun, pabean cantian, kembangan, Surabaya.

Taman Hiburan Pantai Kenjeran

Taman Hiburan Pantai Kenjeran adalah hasil pengembangan kawasan pantai yang dulu sepi dan kumuh. THP Kenjeran memiliki berbagai fasilitas untuk wisata keluarga, seperti pantai, penyewaan perahu, serta kios makanan. Anda bisa naik ke Jembatan Suroboyo dari pantai ini.

Untuk menuju taman ini Anda dikenakan tiket masuk yang pastinya terjangkau, yaitu hanya sebesar 10ribu berlaku untuk dewasa dan anak-anak. Sedangkan jam buka, Taman hiburan pantai kenjeran dibuka mulai jam 7 pagi hingga sampai jam 6 sore.

Sentra Ikan Bulak

Sentra Ikan Bulak cocok untuk Anda yang menyukai wisata kuliner sambil melihat kegiatan ekonomi masyarakat lokal. Berlokasi tidak jauh dari Jembatan Suroboyo, Sentra Ikan Bulak menjual berbagai produk hasil laut yang merupakan kebanggaan Jawa Timur. Anda bisa membeli ikan asin, kerupuk kerang, serat teripang, dan ikan asap. Ada juga restoran hidangan laut serta toko pernak-pernik kulit kerang.

Sentra Ikan ini terletak di jalan Sukolilo 7 No.24 Kedung Cowek, Bulak, Surabaya. Untuk tiket masuk, Anda dikenakan 10ribu untuk dewasa dan anak-anak. Sedangkan jam buka, Anda dapat mengunjungi tempat ini mulai jam 7 pagi hingga jam 6 sore.

Patung Sura dan Baya

Patung Sura dan Baya adalah ikon Surabaya yang menggambarkan cerita rakyat populer tentang pertarungan buaya dan ikan sura (hiu). Berfoto di depan patung ini adalah sesuatu yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Surabaya. Patung ini juga merupakan patokan mudah untuk mengunjungi tempat wisata lain di kota. Patung ini bisa kalian temukan di jalan raya Diponegoro No 1-B, Darmo, Wonokromo.

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam adalah tempat wisata sejarah di Surabaya yang unik, yaitu berupa museum di dalam kapal selam KRI Pasopati 410. Anda bisa masuk dan melihat berbagai bagian kapal selam yang rumit serta terawat dengan baik. Bagian dalamnya diberi pendingin udara agar pengunjung tetap nyaman saat menjelajahi bagian-bagian kapal selam yang sempit.

Kapal selam buatan Uni Sovyet ini terkenal karena pernah digunakan dalam Pertempuran Laut Aru, yaitu saat Indonesia berusaha merebut Irian Barat dari Belanda. P biasanya diarahkan dulu untuk menonton dokumenter singkat mengenai Pertempuran Laut Aru sebelum memasuki museum.

Untuk mengunjungi Monumen Kapal Selam, Anda dikenakan harga tiket masuk sebesar 10ribu untuk semua umur. Sedangkan jam bukanya, Monumen dibuka mulai jam 8 pagi hingga jam 10 malam.

Surabaya Carnival Park

Surabaya Carnival Park adalah area wisata keluarga yang berkonsep pasar malam. Anda dan keluarga bisa menikmati berbagai permainan seperti kolam ombak, komidi putar, roller coaster, bianglala, dan Sepur Sirkus. Ada juga kios-kios permainan ala pasar malam, seperti memancing ikan atau menembak berhadiah.

Bagi yang membawa anak kecil, tersedia berbagai area permainan kreatif seperti Kids Play Science, Toddler, serta kelas seni. Wahana Lampion KBS adalah area yang cocok untuk penyuka fotografi malam atau atmosfer romantis. Surabaya Carnival Park juga memiliki rumah hantu, Museum Galeri Angkut, Beskop (bioskop) 360, serta Cinema 4D.

Hutan Bakau Wonorejo

Dibuka pada tahun 2010, kawasan hutan bakau ini menyediakan dermaga dan jalur jalan kaki panjang, melintasi area hutan serta rawa. Anda juga bisa naik perahu untuk menyusuri area lain yang lebih sulit dijangkau (harga tiket masuk sudah termasuk layanan naik perahu).

Selain berkeliling melihat hutan bakau dan berbagai spesies burung yang tinggal di sana, Anda juga bisa mencoba menanam bibit bakau. Jika sudah lelah, Anda bisa beristirahat di kedai hidangan laut, dengan sajian berbahan dasar kepiting yang ditangkap di lumpur bakau. Sirop berbahan buah bakau juga wajib Anda coba sebagai penutupnya.

Taman Flora

Taman Flora (Kebun Bibit Surabaya) adalah paru-paru kota seluas 2,4 hektar yang memberi kesejukan serta udara segar di kota yang panas. Taman ini berisi berbagai jenis tanaman dan pepohonan, termasuk umbi-umbian, akar-akaran, dan perdu. Jalur jalan kaki, kolam ikan, tempat duduk, serta taman bermain mini membuat tempat ini cocok untuk melepas lelah dan menyegarkan pikiran.

Taman Flora juga memiliki kebun binatang mini, dengan hewan-hewan seperti rusa, burung merak, dan burung unta. Ada juga fasilitas taman bacaan, kantin, dan Wi-Fi gratis, sehingga semakin membuatnya digemari sebagai tempat bersantai di kalangan anak muda.

Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark adalah wahana kolam terbesar di Surabaya. Wahana ini mengambil tema fantasi laut Sinbad, dan memiliki beberapa permainan yang cocok untuk anak-anak maupun dewasa. Anda bisa menjajal terowongan Roc Thunder Ride yang menegangkan, menghadapi ombak buatan di Syracuse Beach, atau meluncur di Racer Slider.

Ciputra Waterpark juga memiliki wahana untuk anak-anak. Si kecil bisa bermain di Sinbad Playground, atau berenang di Marina Lagoon.

Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho adalah masjid unik yang memiliki unsur Tiongkok yang sangat kental. Sekilas, masjid ini terlihat seperti kelenteng, terutama dengan atap meruncing, pagoda, serta dominasi warna cerah seperti merah dan hijau. Bagian dalam masjid juga menunjukkan percampuran budaya Cina dan Timur Tengah. Masjid ini didirikan pada tahun 2001 atas prakarsa Persatuan Islam Tionghoa Indonesia.

Masjid ini merupakan penghormatan bagi Laksamana Cheng Ho, pelaut yang juga terkenal sebagai seorang Muslim. Cheng Ho sempat berlabuh ke beberapa tempat di Indonesia. Anda bisa melihat ukiran Laksamana Cheng Ho dan armadanya di bagian utara masjid.

Masjid Al Akbar

Jika Masjid Cheng Ho terkenal dengan pengaruh budaya yang unik, maka Masjid Al Akbar terkenal sebagai masjid termegah di Indonesia setelah Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid ini dibuka pada tahun 2000, dan mampu menampung sekitar 59.000 orang. Anda bisa mampir untuk memotret keindahannya sekaligus beristirahat selama berkeliling Surabaya.

Masjid ini memiliki kubah utama yang unik, berbentuk melengkung dan meruncing dengan warna hijau serta desain daun. Masjid ini memiliki 45 pintu utama yang masing-masing berhias ukiran kayu. Bagian dalamnya berhias indah dan terbagi menjadi beberapa ruang untuk berbagai kegiatan, mulai dari salat berjamaah hingga pernikahan dan ceramah.

Temple of heaven

Temple of Heaven (Kuil Surga) alias Tian Ti adalah gedung serba guna yang berbentuk mirip Kuil Surga di Cina. Gedung ini memiliki tinggi sekitar 58 meter, dengan ukuran yang lebih besar daripada versi yang ada di Cina. Bangunan ini juga bukan tempat ibadah, sehingga masyarakat bebas masuk dan berfoto.

Bagian luar bangunan ini berbentuk lingkaran, lengkap dengan struktur bersusun yang unik. Setiap tingkat memiliki detail desain serta warna-warni indah. Walau bukan tempat wisata dengan banyak fasilitas, Temple of Heaven cocok sebagai latar belakang foto liburan Anda.

Jembatan Merah Plaza

Jembatan Merah Plaza adalah tempat belanja yang cocok untuk penyuka belanja dengan harga grosir. Pusat perbelanjaan ini menawarkan berbagai produk seperti pakaian, tas, sepatu, kain, mainan, dan perlengkapan rumah tangga, dengan harga relatif murah dibandingkan pertokoan modern. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin membeli banyak oleh-oleh murah.

Jembatan Merah Plaza dibangun mirip dengan pusat perbelanjaan modern. Selain berbagai kios dan gerai, Anda juga bisa makan di beberapa restoran atau kedai hidangan cepat saji. Lokasi pusat perbelanjaan ini tidak jauh dari SMPN 38. Jika Anda naik angkot dan berhenti di dekat sekolah ini, Anda hanya perlu berjalan sekitar 8 menit.

Spikoe Resep Kuno

Spikoe Resep Kuno adalah toko kue dan oleh-oleh yang menjual variasi Belanda-Indonesia dari spit cake, yaitu kue lapis khas Eropa yang dipanggang di oven putar (rotisserie). Versi yang dijual di sini berasal dari resep keluarga era 70-an, dengan tampilan unik yang sedikit bantat tetapi lembut.

Spikoe Resep Kuno menjual empat macam kue, yaitu Spikoe kismis, plum kering (prune), speculaas (rempah), dan Spikoe polos. Kue di toko ini dibuat tanpa bahan pengawet, sehingga sehat dan aman.

Sentra Wisata Kuliner Deles

Sentra Wisata Kuliner Deles merupakan pusat kuliner murah meriah yang baru berdiri pada tahun 2015. Sentra wisata kuliner ini merupakan proyek pemerintah Surabaya untuk memberi kompensasi pada pedagang makanan yang terkena dampak pembangunan jalur Middle East Ring Road (MERR). Anda bisa sarapan, makan siang, makan malam, dan bersantai sambil jajan tanpa menjebol dompet.

Sentra Wisata Kuliner Deles menghadirkan beragam makanan. Anda bisa menemukan kedai ayam dan ikan bakar, rujak, kebab, soto ayam, es campur, Chinese food, kopi, dan masih banyak lagi.

Wisata Kuliner Bratang Binangun

Bratang Binangun merupakan tempat wisata kuliner di Surabaya dengan atmosfer kasual yang cocok untuk berburu makan malam serta jajanan. Areanya memiliki tempat duduk di dalam dan luar ruangan, lengkap dengan dekorasi warna-warni. Bratang Binangun juga memiliki panggung yang memainkan musik setiap pukul 19:00.

Anda bisa menemukan berbagai jenis makanan di sini. Terdapat kedai yang menjual makanan serba nasi, mi, hidangan laut, ayam bakar, bakso, hingga berbagai jajanan. Ada juga kedai kopi, teh, milkshake, dan berbagai minuman lain.

Pakuwon Food Festival

Pakuwon Food Festival adalah sentra kuliner yang juga merupakan bagian dari Pusat Perbelanjaan Pakuwon. Akan tetapi, sentra kuliner ini unik karena merupakan tempat berkumpul favorit berbagai komunitas di Surabaya, mulai dari penggemar fotografi hingga hewan peliharaan dan seni. Jika Anda menyukai suasana meriah dan hidup saat bersantap atau minum kopi, tempat ini bisa menjadi pilihan.

Pakuwon Food Festival menghadirkan berbagai makanan dan jajanan, mulai dari lontong balap, hamburger, bakso, es durian, martabak, aneka nasi, pasta, dan Chinese food. Ada juga kedai minuman yang menjual aneka kreasi kopi, teh, susu, dan es krim.

Jika Anda ingin liburan lebih mudah, disarankan memesan hotel murah di Surabaya yang dekat dengan tempat-tempat wisata di atas.

Kuliner Surabaya

Makanan Khas Surabaya

Rawon adalah makanan pertama yang terlintas di benak pengunjung saat pertama kali menginjakkan kaki di kota ini. Memang sup dengan potongan daging sapi dan kuah hitam yang gurih ini selalu seolah mengundang orang untuk menikmatinya. Dilengkapi dengan taburan toge dan tempe goreng khas Jawa Timur dan sambal pedas yang menambah selera makan.

Tempat Nongkrong di Surabaya

Salah satu tempat nongkrong paling populer di Surabaya adalah Taman Bungkul. Taman ini terletak di Jl. Darmo. Dengan memenangkan penghargaan Asian Townscape Award, keindahan tatanan taman ini tidak perlu diragukan lagi. Banyak anak muda yang mengunjungi taman ini di siang dan malam untuk berkumpul dengan teman atau menikmati kuliner yang dijajakan di sekitar taman. Terkadang ada penampilan live music yang menambah asyik suasana. Pada Hari Minggu, taman ini juga menjadi pusat pasar Minggu atau car free day di pagi itu.

Tempat Makan Enak di Surabaya

Tempat makan yang satu ini cocok bagi pecinta kuliner bercita rasa pedas. Sesuai namanya, Kober Mie Setan menyediakan menu mie yang sangat pedas bagaikan dibumbui oleh setan. Tidak cuma pedas, mienya pun enak dengan rasa yang gurih. Harga dan tempat yang nyaman menambah daya tarik tempat makan yang terletak di Jl. Kacapiring No. 14 ini.

Kuliner Malam

Kunjungi bazaar makanan di mana terdapat berbagai macam counter makanan yang sedang booming di kalangan anak muda. Bazaar ini berlokasi di G-Walk yang terletak di antara Pakuwon Indah Supermall dan Ciputra Land.

Restoran Terkenal di Surabaya

Beberapa restoran terkenal di Surabaya adalah Dream of Kahyangan Art Resto di mana antik menjadi tema desain interiornya dilengkapi dengan alunan musik tradisional Jawa. Makanan yang disajikan adalah makanan autentik khas Indonesia. Restoran ini berada di Jl. Puri Kencana LL 05, Citraland. Restoran lainnya adalah Warung Bu Kris. Restoran ini sudah memiliki reputasi di berbagai kota di Indonesia. Menu andalannya adalah makanan penyetan di mana lauknya disajikan di atas sambal ulek lengkap dengan ulekan batunya. Warung Bu Kris terletak di Jl. Tenggilis Utara No. 1 Surabaya.

Jika Anda ingin liburan lebih mudah dan murah, disarankan memesan hotel murah di Surabaya yang dekat dengan tempat-tempat kuliner di atas.

Oleh-oleh Khas Surabaya

Pusat Oleh-oleh Surabaya

Bagi pengunjung yang ingin memberikan oleh-oleh untuk orang terdekat di rumah, dapat membeli berbagai oleh-oleh khas Surabaya di Pasar Genteng. Di lokasi ini, terdapat berbagai pilihan toko yang menjual oleh-oleh. Toko-toko tersebut kebanyakan telah berdiri sejak lama sehingga memiliki kredibilitas di mata kustomernya. Berbagai makanan dapat dibeli di sini, mulai dari kue lapis legit hingga bandeng presto. Ada pula camilan yang unik seperti keripik bekicot dan keripik tripang. Untuk memuaskan selera makan yang lebih up to date, kue almond crispy menjadi favorit para pengunjung.

Jajanan Khas Surabaya

Jajanan khas kota ini adalah si manis lapis legit. Kue khas yang memiliki bertingkat-tingkat lapisan tipis berwarna krem dan coklat dengan rasa manis yang khas menjadi pilihan tepat untuk teman minum teh. Kue ini juga relatif tahan lama sehingga tepat untuk dijadikan oleh-oleh.

Daftar Mall di Surabaya

Surabaya adalah salah satu kota tujuan bagi penggila belanja. Terdapat banyak mall besar yang menawarkan berbagai barang dengan harga yang bervariasi mulai dari harga grosir hingga barang mewah rancangan desainer ternama. Berikut adalah daftar mall-mall yang ada di Surabaya.

  1. Galaxy Mall (Jl. Dharmahusada Indah Timur)
  2. BG Junction (Jl. Bubutan)
  3. City of Tomorrow (Jl. Raya Jendral Ahmad Yani)
  4. Hi-Tech Mall (Jl. Kusuma Bangsa)
  5. Tunjungan Plaza (Jl. Basuki Rahmat)
  6. Jembatan Merah Plaza (Jl. Rajawali)
  7. Royal Plaza (Jl. Raya Jendral Ahmad Yani)
  8. Grand City Mall (Jl. Gubeng Pojok)
  9. Surabaya Town Square (Jl. Adityawarman)
  10. Pakuwon Indah Supermall (Jl. Puncak Indah Lontar)
  11. Kapas Krampung Plaza (Jl. Kapas Krampung)
  12. World Trade Center Surabaya (Jl. Pemuda)
  13. Lenmarc Mall (Jl. Bukit Darmo)
  14. Golden City Mall (Jl. Abdul Wahab Siamin)
  15. Plaza Surabaya/Delta Plaza (Jl. Pemuda)
  16. Ciputra World Mall (Jl. Mayjen Sungkono)
  17. ITC (Jl. Gembong)
  18. Maspion Square (Jl. Margorejo Indah)

Tidak perlu khawatir, bagi Anda yang ingin memilih akomodasi, Airy Rooms telah menyediakan berbagai hotel di Surabaya yang dekat dengan pusat-pusat perbelanjaan di atas sehingga Anda akan lebih mudah menjangkaunya.

Event di Surabaya

Surabaya memiliki event tiap hari minggu pagi pukul 08.30 di mana seni tari Reog dapat disaksikan di dekat Balai Pemuda. Event-event musik dan seminar juga sering diadakan di gedung serbaguna perguruan tinggi dan convention center pusat perbelanjaan.

Hotel di Surabaya

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Surabaya. Jika anda yang berasal dari luar Surabaya lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Surabaya dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Surabaya ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.

Tips Memilih Hotel Murah di Surabaya

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Surabaya, tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Bagi Anda yang mencari hotel murah di Surabaya, maka anda akan menemukan banyak tawaran. Penting untuk anda mengetahui tips-tips agar terhindar dari hotel murahan. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Harga Per Malam

Budget menjadi faktor penting bagi beberapa wisatawan untuk memilih hotel, karena harganya yang cukup menguras dompet. Itulah yang menjadi kebanyakan wisatawan mencari hotel atau penginapan murah ketika berkunjung ke Surabaya. Tak jarang pula wisatawan yang terjebak dengan harga yang ditawarkan hotel - hotel disana yang sangat murah dengan penipuan fasilitas. Oleh karena itu penting untuk Anda memerhatikan harga yang ditawarkan hotel murah di Surabaya.

Pastikan harga hotel murah yang ingin Anda booking berada pada standar OTA. Hotel murah yang disediakan Airy tentu lebih murah dibanding penyedia hotel lainnya di Surabaya. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, Anda dapat membuktikannya. Selain itu, jangan memaksakan untuk memilih hotel yang melebihi budget yang anda punya. Karena harga murah pun Anda dapat menikmati kenyamanan yang dijamin oleh Airy Surabaya.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya Anda harus perhatikan lokasi hotel murah yang Anda pilih di Surabaya. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Surabaya. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Surabaya seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian.

Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Surabaya atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Surabaya.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel murah di Surabaya, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel Surabaya. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Surabaya anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel murah di Surabaya akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian untuk booking hotel Surabaya secara online juga lebih banyak yang menyediakan. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan OTA lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Surabaya.

Rekomendasi Hotel Murah di Surabaya