Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
December 2018
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

3 Hotel Di Tegal

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Tegal

Kota Tegal merupakan salah satu kota yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Meski mayoritas masyarakat Jawa Tengah berbahasa Jawa namun di Kota Tegal bahasa yang digunakan sering disebut sebagai bahasa ngapak. Logat dan kosa katanya berbeda dengan bahasa Jawa yang digunakan maka dari itu sering kali logat dari masyarakat Tegal ini terlihat sangat unik dan mencolok. Meski bukan merupakan kota yang besar namun kota ini termasuk unik dan memiliki keragaman. Kota ini berulang tahun pada setiap tanggal 28 Juli. Tegal termasuk memiliki perkebunan yang unggul. Ada banyak makanan dan minuman khas Tegal yang patut untuk Anda cicipi. Dijamin semuanya sesuai dengan lidah Anda. Tegal juga terkenal menyediakan teh yang nikmat khas kota Tegal.

Asal Usul Kota Tegal

Kota Tegal awalnya merupakan perluasan daerah yang bernama teteguall. Ki Gede Sebayu adalah tokoh masyarakat kala itu yang memajukan pertanian dan perkebunan kota tersebut. Hingga kemudian Ki Gede Sebayu diangkat menjadi pemimping atau Juru Demung pada tanggal 28 Juli 1988 yang kemudian menjadi hari jadi kota Tegal.

Cara Ke Kota Tegal

Melalui Jalur Udara

Tegal diantara Brebes dan Pemalang di utara pulau jawa. Sayangnya di kota ini belum dibangun Bandara yang dapat menjadi tempat landas pesawat penumpang. Oleh karena itu jika anda yang berasal dari luar Pulau Jawa dan ingin menuju Tegal Anda bisa mendarat di bandara Ahmad Yani Semarang lalu melakukan perjalanan darat menuju kota Tegal. Jarak dari Bandara Ahmad Yani Semarang ke Kota Tegal sekitar 175km yang akan memakan waktu sekitar 3,5 jam.

Melalui Jalur Darat

Menuju kota Tegal menggunakan jalur darat Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, bus atau kereta api yang semuanya bisa dilalui dari segala arah. Untuk bus, anda dapat naik dari terminal dari kota anda lalu turun di terminal tegal yang berada di jalan Dr. Cipto Mangunkusumo. Jika anda dari Jakarta, anda dapat menggunakan bus dari terminal lebak bulus, Kampung Rambutan, Pulo Gadung, Pulo Gebang Bekasi. Perjalanan menuju Tegal dari Jakarta membutuhkan waktu sekitar 6-7 Jam.

Transportasi di Kota Tegal

Transportasi di kota Tegal sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah. Warga maupun wisatawan dapat dengan mudah berpindah tempat di kota ini.

Bus

Di Tegal anda dapat menemukan mini bus feeder yang dapat mengantarkan anda dari dan ke terminal bus Tegal. Beberapa trayeknya adalah.
Terminal Bus Tegal – Pemalang
Terminal Bus Tegal – Pemalang – Randudongkal
Terminal Bus Tegal – Pemalang – Randudongkal – Moga
Terminal Bus Tegal – Slawi – Bumijawa
Terminal Bus Tegal – Slawi – Bumiayu
Terminal Bus Tegal – Brebes – Ketanggungan
Terminal Bus Tegal – Brebes – Losari

Angkutan Kota

Angkutan kota berupa mobil kecil yang biasanya mengangkut penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya adalah angkutan yang ada di kota Tegal.

Andong

Andong atau dokar yang ditarik oleh kuda juga bisa menjadi pilihan kendaraan umum di sana.

Becak

Di hampir seluruh daerah di pulau Jawa masih digunakan begitu juga di kota Tegal.

Ojek

Tak ketinggalan ojek pun masih eksis di kota Tegal.

Tempat Wisata di Kota Tegal

Kota Tegal memiliki pemandangan yang sangat menyegarkan dengan tempat-tempat wisata yang semuanya berbasis alam. Dengan mengunjungi kota Tegal maka dapat menyegarkan kembali tubuh dan pikiran Anda yang penat dengan kesibukan Anda selama ini :

Air Panas Guci

Ini adalah salah satu tempat wisata yang paling cocok untuk menyegarkan tubuh, datanglah ke Air panas guci yang berada di kecamatan bojong tegal dan rasakan sensasi berendam di sumber air panas langsung di kaki gunung yaitu gunung Slamet. Ada 25 kolam pilihan yang berbeda-beda suhu airnya yang bisa Anda pilih untuk berendam dengan nyamannya.

Tirta Waduk Cababan

Ini bukanlah sekedar waduk biasa di kota Tegal, di waduk ini pemandangannya sangat indah, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan di waduk ini seperti mengelilingi waduk dengan kapal air, berkemah dan lain sebagainya. Waduk ini adalah waduk yang berfungsi mengairi areal persawahan di sekitar waduk.

Agro Wisata Loko Antik

Berlokasi di perkebunan tebu dan pengolahan gula peninggalan Belanda, maka PG Pangka ini menyajikan sebuah tempat wisata agro wisata yang di sana juga terdapat beberapa lokomotif antik yang dipamerkan. Anda juga bisa melihat langsung bagaimana pengolahan gula menjadi seperti yang kita gunakan saat ini di pabrik tersebut.

Pantai Alam Indah

Ternyata di Kota Tegal ada juga wisata pantai yang bisa Anda kunjungi yaitu Pantai Alam Indah, di Pantai Alam Indah, Anda bisa menikmati keindahan sunset dengan keadaan pantai yang amat bersih. Selain itu keindahan lain terletak pada pasirnya yang coklat. Ada beberapa fasilitas tambahan yang dibangun di sekitar Pantai Alam Indah, seperti misalnya Waterboom.

Kuliner di Kota Tegal

Tentunya saat mengunjungi sebuah kota yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya maka wisata kulinernya juga harus Anda cicipi karena tentunya di setiap kota di Indonesia selalu memiliki makanan khas yang sangat patut untuk dicicipi, begitu juga saat Anda mengunjungi kota Tegal, ada beberapa masakan khas yang bisa Anda cicipi seperti berikut :

Sate Tegal

Kepopuleran sate Tegal ini tidak hanya ada di dalam Kota Tegal saja, namun di seluruh Indonesia juga banyak yang membuka warung-warung Sate Tegal karena rasanya yang sangat lezat dank has. Sate Tegal ini adalah sate yang dibuat dari daging kambing atau domba muda yang nantinya dibumbui dengan bumbu kecap dan cabe rawit. Biasanya banyak orang menyukai sate tegal yang dimasak setengah matang. Potongan daging sate akan ditusuk dengan tambahan hati dan lemak. Perlu Anda ketahui bahwa kandungan lemak dan kolesterol dalam sate ini cukup tinggi.

Sauto

Sekilas dengan mendengar pengucapan nama makanan ini pasti Anda akan teringat dengan makanan soto karena berdasarkan isinya yang merupakan daging dan jeroan serta tauge maka tentunya Anda akan teringat dengan masakan soto namun bedanya pada masakan sauto ini yang digunakan dalam bumbunya adalah bumbu tauco, sehingga dengan demikian maka sauto akan memiliki rasa yang asam dan manis. Jika belum terbiasa maka mungkin rasanya akan sedikit aneh di lidah namun setelah dirasakan maka rasanya sedap juga.

Kupat Bongkok

Asal kata bongkok pada makanan kupat bongkok ini berasal dari daerah dimana kupat bongkok itu mulai dipopulerkan, tentunya makanan bernama kupat bongkok ini diisi dengan kupat atau ketupat sebagai bahan utamanya, kemudian ditambahkan dengan sayur tempe, tauge yang kemudian disiram dengan sambal dan kecap. Rasanya sangat sedap, perpaduan antara pedas dan manis, sangat cocok untuk dimakan di siang hari atau sore hari.

Kupat Glabed

Kali ini makanan dari Tegal yang berbahan dasar kupat ini disajikan dengan kuah kuning yang kental. Karena arti kata Glabed sendiri pada nama makanan ini berarti kental. Di dalamnya juga terdapat potongan tempe serta sate kikil atau sate kerang dan beberapa tambahan lainnya sesuai dengan keinginan penjualnya. Kupat ini banyak dijajakan di alun-alun Kota Tegal. Harganya pun murah.

Oleh-Oleh Khas Tegal

Tak lupa juga saat Anda berkunjung ke kota lain maka Anda tentunya akan mencari apa oleh-oleh khas dari kota tersebut untuk dibeli dan dibagikan kepada sanak saudara Anda di daerah asal Anda, begitu juga saat Anda datang ke kota Tegal maka jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Tegal untuk menjadi buah tangan saat Anda kembali ke kampong halaman.

Teh Poci

Teh melati yang berasal dari Tegal ini memiliki kepopuleran yang sangat tinggi. Teh poci bahkan sudah dikirim hingga ke luar negeri. Kenikmatan rasanya yang sedikit pahit, manis, sepet dan legit menjadi kekhasan yang tidak bisa dilupakan. Bahkan di kota asalnya sendiri banyak warung yang secara khusus menyajikan teh poci dan kebiasaan minum teh poci di kota Tegal sudah mendarah daging, hampir semua orang di setiap waktu selalu meminum teh yang sedap ini. Maka dari itu jika Anda datang ke kota Tegal dan berencana hendak membeli oleh-oleh maka teh poci ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan kemasan yang kecil dan harga yang murah maka teh poci ini bisa menjadi oleh-oleh yang menarik dan menyehatkan pula.

Tahu Aci

Pernahkah Anda mendengar tentang tahu Aci? Tahu Aci bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Tegal yang sangat tepat. Selain menjadi oleh-oleh, banyak tempat di kota Tegal yang juga menyajikan tahu aci sebagai salah satu kuliner andalan di kota Tegal. Tahu Aci ini terbuat dari tahu kuning yang dipotong menjadi dua bagian membentuk segitiga dan kemudian pada bagian yang terpotong ditutupi dengan menggunakan aci yang merupakan sejenis tepung yang biasanya juga dipakai untuk membuat cireng atau cilok. Banyak tempat yang menjual tahu aci mentah yang nantinya setelah sampai di rumah bisa Anda goreng.

Tahu Pletok

Tak berbeda jauh dengan tahu aci maka tahu pletok juga merupaka tahu yang dilapisi dengan aci namun pada tahu pletok ini, komposisi acinya lebih banyak daripada tahu aci, Anda juga bisa membawa pulang tahu pletok mentah untuk dibagikan kepada sanak saudara sebagai oleh-oleh khas Tegal yang lezat.

Daftar Mall di Kota Tegal

Sebagai salah satu kota di Jawa Tengah, meski tidak begitu besar namun kota Tegal juga difasilitasi dengan adanya mall, beberapa mall yang terkenal di Kota Tegal sebagai berikut :

Rita Supermall Tegal

Rita Supermall Tegal ini adalah mall di Tegal yang lokasinya tidak jauh dari Rita Park yang merupakan taman bermain yang ada di Tegal. Tepatnya Rita Supermall Tegal ini berlokasi di Jl. Kol. Soegiono No 155, Kemandungan, Tegal Barat. Lokasinya berada di pusat kota dan mudah diakses dengan berbagai angkutan umum.

Pacific Mall Tegal

Bisa dikatakan juga bahwa lokasi Pacific Mall Tegal ini juga tidak begitu jauh dari Rita Supermall Tegal. Untuk menuju ke Pacific Mall Tegal ini maka Anda bisa menuju ke alamat Jl. Mayor Jendral Sutoyo No. 35. Mall ini mulai dibuka pukul 09.00 WIB dan sama seperti Rita Supermall, karena lokasinya yang dekat dengan jalan besar maka Anda dengan mudah akan dapat menemukan Pacific Mall Tegal ini.

Event Terkenal di Kota Tegal

Tentunya kota Tegal juga memiliki beberapa event terkenal yang diadakan di dalam kotanya, beberapa diantaranya adalah :

Festival Kuliner

Festival kuliner yang diadakan di Kota Tegal ini biasanya diadakan dalam beberapa minggu. Anda dapat mencicipi berbagai makanan khas kota Tegal dan berbagai makanan lainnya yang semuanya tentu enak dan harganya terjangkau. Menjelahi festival kuliner ini seharian pasti akan membuat Anda sangat kenyang.

Festival Wisata Sejarah Dan Cagar Budaya Kota Tua Tegal

Dahulu di Kota Tegal pernah menjadi salah satu tempat yang dijajah Belanda dan tentunya di Kota Tegal ada beberapa tempat peninggalan Belanda yang masih ada dan harus dijaga kelestariannya. Maka dari itulah event ini ada untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Festival Jajanan Kuna

Festival Jajanan Kuna ini merupakan event yang bertema serupa dengan festival kuliner namun pada festival jajanan kuna yang dihidangkan adalah makanan yang berasal dari masa lampau. Kuna dalam nama festival ini berarti kuno dalam bahasa Indonesia. Biasanya festival ini akan diadakan pada perayaan hari jadi kota Tegal.

Hotel di Tegal

Tidak perlu takut tidak menemukan hotel atau penginapan ketika berkunjung ke Tegal. Jika anda yang berasal dari luar Tegal lalu ingin menghadiri suatu acara atau berkunjung ke sanak saudara di Tegal dan perlu menginap, maka anda harus mencari dan booking hotel atau penginapan. Anda tak perlu bingung karena ada banyak hotel atau penginapan di kota ini yang menawarkan harga yang menyesuaikan kemampuan anda. Perlu diketahui bahwa harga sebuah hotel bergantung dengan kelas hotel tersebut. Untuk itu anda perlu mengetahui hotel-hotel atau penginapan yang ada di Tegal ini yaitu sebagai berikut:

Kelas Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap malam itu juga, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang lebih terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Namun anda tak perlu ragu akan fasilitasnya, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman.

Kelas Standard

Jika anda memiliki budget yang lebih banyak, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel atau penginapan dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel ini. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco.

Kelas Premier

Kelas ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier menawarkan hotel yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini.