Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
March 2020
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1 Malam
Cari Kamar

2 Hotel Di Pekanbaru

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 132,200

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 1 halaman
2 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Tentang Pekanbaru

Pekanbaru merupakan ibu kota serta pusat pemerintahan dan bisnis Provinsi Riau. Dengan luas area sekitar 632 km2 serta perkiraan jumlah populasi 6,8 juta jiwa pada tahun 2019, Pekanbaru merupakan salah satu kota terpadat dan tersibuk di Sumatra. Pekanbaru terhubung langsung dengan Medan, Jambi, dan Padang lewat Jalur Lintas Timur Sumatra. Iklimnya panas dan lembab sepanjang tahun, tetapi dengan kecenderungan hujan pada Bulan September—Desember serta Februari—Mei.

Sungai Siak membelah Pekanbaru dan berperan penting dalam sejarah pembentukan kota tersebut. Pekanbaru awalnya merupakan area perdagangan atau pasar (pekan) pedagang Minangkabau bernama Senapelan. Menjelang akhir abad ke-18, Sultan Alamuddin Syah dari Kesultanan Siak memindahkan pusat kesultanannya ke Senapelan untuk menghindar dari pengaruh Belanda. Area Senapelan semakin berkembang dan akhirnya mendapat julukan Pekanbaru.

Nama Pekanbaru baru diresmikan pada tanggal 23 Juni 1784 oleh Kesultanan Siak. Tanggal ini kemudian dipilih sebagai hari jadi resmi kota hingga sekarang. Sejarah Pekanbaru yang berasal dari aktivitas pedagang Minangkabau juga mempengaruhi demografinya. Saat ini, sekitar 41 persen populasi Pekanbaru adalah orang Minangkabau, sedangkan sisanya terdiri dari suku Melayu, Jawa, Tionghoa, Batak, dan sebagainya.

Perekonomian Pekanbaru pada masa kini didukung oleh perdagangan dan industri seperti logam, kertas, barang elektronik, dan produk pertanian. Pekanbaru juga menawarkan berbagai tujuan wisata budaya, sejarah, serta kuliner. Mayoritas penduduk Pekanbaru yang beragama Islam menjadikan kota ini salah satu tujuan populer wisata halal. Anda bisa menemukan hotel syariah di Pekanbaru dengan mudah.

Transportasi di Pekanbaru

Transportasi Darat

Pekanbaru memiliki Terminal Bandar Raya Payung Sekaki yang menjadi pusat transportasi darat antar kota serta provinsi. Jalan Raya Lintas Timur Sumatra melintasi Pekanbaru dan menghubungkannya dengan kota-kota besar di Sumatra.

Trans Metro

Trans Metro Pekanbaru melayani rute-rute utama seperti Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Jenderal A. Yani, Pasar Wisata, Jalan Yos Sudarso, Pasar Pusat, dan sebagainya. Halte pusatnya berada di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki. Tarifnya Rp4.000 untuk umum dan Rp3.000 untuk pelajar.

Angkutan Umum

Angkutan umum Pekanbaru berwarna biru dan hijau serta bertarif mulai dari Rp3.500. Angkutan umum melayani rute-rute populer serta beberapa jalan kecil, namun dengan armada terbatas.

Ojek Online

Pekanbaru memiliki layanan ojek online seperti Go-Jek dan Ojek PKU (ojek online lokal).

Transportasi Udara

Pekanbaru memiliki Bandara Sultan Syarif Kasim II, melayani rute domestik dan beberapa rute internasional seperti Kuala Lumpur dan Singapura. Maskapai yang menggunakan bandara ini antara lain Garuda Indonesia, AirAsia, Lion Air, Citilink, Batik Air, Malaysia Airlines, Malindo Air, Susi Air, dan Wings Air.

Tempat Wisata Halal di Pekanbaru

Pekanbaru memiliki beragam tempat wisata menyenangkan yang cocok untuk semua kalangan.

Wisata Dakwah Okura

Wisata Dakwah Okura adalah taman rekreasi keluarga yang mengambil konsep napak tilas aktivitas Nabi Muhammad. Kegiatan utama Wisata Dakwah Okura adalah pelajaran memanah serta menunggang kuda, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Pengunjung bisa menyewa kuda untuk menunggang satu kali (dua putaran), memesan pelajaran privat 45 menit, atau mengikuti kelas menunggang delapan sesi.

Wisata Dakwah Okura juga menghadirkan arena panahan dengan instruktur. Tarif untuk 10 kali memanah adalah Rp30.000. Anda juga akan diajari mengatur postur, posisi tubuh, dan pernapasan. Wisata Dakwah Okura berlokasi di Desa Okura, Kecamatan Rumbai, sekitar satu jam perjalanan dari Pekanbaru.

Wisata Alam Mayang

Wisata Alam Mayang menghadirkan area terbuka hijau serta tempat wisata alam di tengah Kota Pekanbaru. Tempat wisata seluas 24 hektar ini memiliki tiga kolam luas yang cocok untuk memancing, sepeda air, bebek air, kereta naga, dan kolam mandi bola. Ada juga beberapa permainan outbound seperti flying fox dan jembatan tali. Anda juga bisa menyewa ATV untuk balapan, bermain tembak reaksi, atau melihat film di Studio 3D.

Wisata Alam Mayang memiliki fasilitas cukup lengkap, mulai dari kantin hingga toko oleh-oleh. Tempat ini juga sering menjadi lokasi acara, seperti lomba memancing, pertunjukan musik dan budaya, serta pameran seni. Wisata Alam Mayang berlokasi di Jalan Alam Mayang, Tenayan Raya, sekitar 19 menit berkendara dari pusat kota.

Museum Sang Nila Utama

Museum Sang Nila Utama menghadirkan berbagai artefak dan koleksi peninggalan budaya Melayu serta sejarah Riau. Pengunjung bisa melihat replika rumah adat, mahkota, alat musik senjata kuno, dan replika hewan-hewan khas Sumatra. Bagian depan dan belakang museum memiliki replika mesin pengebor minyak tua serta kerangka paus.

Museum Sang Nila Utama berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, dekat dengan Taman Budaya Riau serta gedung DPRD. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 8.00 hingga 14.00 WIB.

Taman Agrowisata SCW Tenayan Raya

Taman Agrowisata SCW Tenayan Raya menghadirkan suasana asri serta kesempatan belajar tentang tanaman pangan. Berlokasi di Kecamatan Tenayan Raya, sekitar 20 menit dari pusat kota, Taman Agrowisata SCW Tenayan Raya memiliki kebun buah dan sayuran seperti jambu, mangga, bawang, melon, kangkung, mentimun, jagung, dan masih banyak lagi. Pengunjung bisa belajar mengenal tanaman pangan ini sekaligus praktik bercocok tanam.

Anda juga bisa melihat kolam ikan lele, kandang kambing dan unggas, serta sawah. Area ini menyediakan berbagai kegiatan seperti memberi makan hewan serta lomba menangkap ikan. Ada juga arena panahan, taman bermain, serta permainan ala outbound. Pengunjung boleh membawa pulang jagung dan kangkung yang dipanen menggunakan kantung yang sudah disediakan. Taman Agrowisata SCW buka setiap hari dari pukul 8.00 hingga 18.00 WIB.

Citraland Waterpark

Sejukkan diri di bawah panasnya matahari Riau dengan berkunjung ke Citraland Waterpark. Wahana kolam untuk keluarga ini berlokasi di Marpoyan Damai, sekitar 15 menit dari pusat kota. Kolam utama Citraland Waterpark mengusung tema hewan dan bajak laut lucu, dengan gurita besar, perosotan, serta ember tumpah dalam kolam dangkal.

Citraland Waterpark tidak terlalu besar, tetapi memiliki beberapa permainan menyenangkan. Ada perosotan besar Bodyslide, arena air mancur Aquasphere dan Aquasplash, serta Giant Mushroom, jamur raksasa yang mengucurkan air. Orang dewasa bisa berenang di kolam renang ukuran semi-Olimpiade yang berada di dalam ruangan.

Fasilitas Citraland Waterpark cukup lengkap, seperti ruang ganti, toilet, kantin, tempat duduk, serta musala. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 17.30.

Tahura Sultan Syarif Hasyim

Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Syarif Hasyim menghadirkan keasrian hutan serta petualangan alam di tengah Kota Pekanbaru. Area hutan dibiarkan alami dan hanya ditambahi jalur-jalur petualangan, beberapa fasilitas, serta area perkemahan. Tahura Sultan Syarif Hasyim juga memiliki danau buatan yang berasal dari proses pembendungan Sungai Takuana.

Pengunjung bisa melakukan wisata alam seperti bersepeda, perjalanan lintas alam, hingga off-roading. Terdapat beberapa permainan outbound, jalur lari, taman bermain, serta gazebo untuk piknik. Sebuah panggung tersedia untuk berbagai acara, seperti festival musik dan seni. Tersedia fasilitas umum seperti musala dan toilet. Tahura Sultan Syarif Hasyim berlokasi di Kabupaten Kampar, sekitar 45 menit berkendara dari Pekanbaru.

Riau Fantasi

Riau Fantasi adalah tempat wisata keluarga terbesar di Pekanbaru. Berlokasi di Jalan Labersa, Simpang Tiga (16 menit berkendara dari pusat kota), Riau Fantasi menghadirkan koleksi wahana kolam dan kering. Wahana kolam memiliki fasilitas ala waterpark pada umumnya, lengkap dengan kolam arus, perosotan raksasa, dan kolam renang dewasa.

Wahana kering memiliki beberapa permainan yang cocok untuk keluarga. Terdapat roller coaster serta Family Swinger yang mengayunkan Anda di ketinggian. Ada juga kereta wisata serta kora-kora ala Dufan. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 9.00 hingga 18.00 WIB.

Kuliner Halal Khas Pekanbaru

Nikmati beberapa kuliner halal nikmat saat Anda berada di Pekanbaru.

Gulai Patin

Gulai patin adalah kuliner yang cukup terkenal di Sumatra, terutama di provinsi yang memiliki sungai besar seperti Riau. Ikan patin memiliki daging lembut dengan lemak yang gurih dan cukup banyak. Gulai patin Pekanbaru memiliki kuah kuning gurih serta menggunakan potongan ikan yang cukup besar.

Mi Sagu

Mi sagu adalah menu sarapan populer di Pekanbaru dan biasanya terbuat dari sagu asal Kepulauan Meranti. Mi sagu berwarna putih pucat mirip bihun, tetapi bertekstur lebih tebal dan kenyal. Mi sagu cepat mengenyangkan perut sehingga Anda bisa kenyang dengan porsi kecil. Mi sagu biasanya digoreng, tetapi ada juga yang dimasak dengan kuah.

Miso

Miso ala Pekanbaru bukan sup ala Jepang, tetapi singkatan dari mi soto. Miso terdiri dari mi beras atau sagu, mi telur, daging ayam, dan tahu dalam kuah jernih kekuningan. Soto ini cukup murah, mengenyangkan, dan juga populer sebagai menu sarapan selain mi sagu.

Nasi Lemak

Nasi lemak tidak hanya terkenal di Malaysia. Karena merupakan warisan kuliner Melayu, Anda juga bisa menemukan nasi lemak di Pekanbaru. Nasi lemak terdiri dari nasi gurih yang dimasak dengan santan, ikan teri, sambal, telur rebus, dan mentimun. Anda juga bisa menemukan variasi lain seperti nasi lemak dengan ayam, daging sapi, udang, atau hati.

Sup Tunjang

Sup tunjang adalah sup berbahan utama tulang kaki sapi yang masih berisi sumsum. Sup ini dihidangkan dengan sedotan untuk menyedot sumsum dari tulang. Kuahnya mirip sup yang sedikit keruh dan diisi sedikit wortel, tomat, daun bawang, serta kentang. Tulang pada sup tunjang biasanya masih memiliki sedikit daging menempel.

Ikan Salai

Ikan salai berasal dari Kabupaten Muara Enim dan Palalawan, namun kini populer di area lain, termasuk Pekanbaru. Hidangan ini terbuat dari ikan segar yang diasap hingga kering dan awet. Walau bagian luarnya terlihat mengering, tekstur dalamnya masih menyisakan kelembutan.

Restoran Halal Terkenal di Pekanbaru

Jangan lewatkan kesempatan berwisata kuliner di Pekanbaru dengan mengunjungi beberapa restoran ini.

Sop Tunjang Pertama

Sop Tunjang Pertama adalah kedai sup tunjang (tulang kaki sapi) paling terkenal di Pekanbaru. Buka sejak tahun 1992, kedai ini terkenal dengan sup tunjang bercita rasa “segar” dan tidak terlalu berlemak. Sop Tunjang Pertama menggunakan metode pemasakan tradisional selama empat jam menggunakan kayu bakar, lengkap dengan rempah khusus yang membuat kuahnya gurih.

Anda tidak hanya bisa memesan sup tulang kaki sapi, tetapi juga sup iga dan sup ayam. Harga menunya yang relatif murah membuatnya ramai saat makan siang. Sop Tunjang Pertama memiliki beberapa cabang di Pekanbaru, misalnya di Jalan Pinang dan Jalan Kayu Manis (Gang Sumo).

Pondok Sagu Cemara

Menemukan mi sagu tidak sulit di Pekanbaru, salah satunya ada di Pondok Sagu Cemara. Kedai ini berlokasi di rumah sederhana di Jalan Cemara, Suka Maju, sekitar 10 menit berkendara dari pusat kota. Sajian khasnya adalah mi sagu goreng dan mi sagu “lembab” (berkuah sedikit). Tempat ini buka dari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 8.00 hingga 16.30 WIB.

Pondok Patin HM Yunus

Pondok Patin HM Yunus adalah restoran gulai patin legendaris di Pekanbaru. Buka sejak tahyn 1989, restoran ini menyajikan aneka olahan patin, mulai dari gulai, asam pedas, hingga pindang. Ada juga pilihan ikan sungai lain seperti baung, salai, dan pantau. Anda juga bisa memesan menu laut yang lebih umum seperti udang galah dan sup kerang.

Pondok Patin HM Yunus sering dikunjungi pejabat dan tokoh lokal lainnya. Akan tetapi, kisaran harganya cukup standar untuk restoran hidangan laut. Restoran ini berlokasi di Jalan Kaharuddin Nasution, sekitar 15 menit berkendara dari pusat kota. Pondok Patin HM Yunus buka setiap hari dari pukul 9.00 hingga 21.00 WIB.

Warung Merry

Berlokasi di Jalan Mutiara, Padang Terubuk, sekitar 15 menit berkendara dari pusat kota, Warung Merry menyajikan nasi lemak dengan harga murah dan porsi cukup mengenyangkan. Anda juga bisa memesan menu sarapan seperti lontong sayur, nasi campur, soto Medan, pisang goreng, dan lupis. Warung Merry buka dari Senin hingga Sabtu, pukul 6.30 hingga 16.00 WIB.

Mie Tanjung Pinang Pekanbaru

Mie Tanjung Pinang Pekanbaru menyajikan mi unik bernama mi lendir. Hidangan ini berasal dari Tanjung Pinang dan sepintas mirip mi ayam. Bedanya adalah kuah gelap yang kental sehingga mirip lendir. Kekentalannya diperoleh dari campuran kacang tanah dan ubi, membuat mi ini cukup mengenyangkan. Mi lendir biasanya disajikan bersama telur dan taoge.

Mie Tanjung Pinang Pekanbaru berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Tanah Datar, sekitar enam menit berkendara dari pusat kota. Kedai ini buka setiap hari dari pukul 7.00 hingga 23.00 WIB (hari Jumat hanya sampai pukul 15.45, dan Sabtu sampai pukul 18.00).

Miso Rempah Rajawali

Miso Rempah Rajawali adalah salah satu restoran miso paling ikonik di Pekanbaru. Berlokasi di Jalan Rajawali, Kampung Melayu (enam menit berkendara dari pusat kota), Miso Rempah Rajawali menyajikan berbagai sajian mi soto dengan harga terjangkau. Tempat ini cocok untuk makan siang dan malam, buka dari pukul 14.45 hingga 21.30 WIB.

Selain miso biasa (mi, ayam, tahu, dan kuah), Anda bisa memesan miso dengan bakso, miso hati, dan miso komplet. Ada juga menu lain seperti nasi goreng biasa dan nasi goreng telur.

Oleh-Oleh Halal Khas Pekanbaru

Pekanbaru menawarkan beberapa pilihan oleh-oleh nikmat yang unik dan halal.

Bolu Kemojo

Bolu kemojo berasal dari kata kojo yang berarti bunga kamboja karena bentuk cetakan kuenya. Kue ini bertekstur lebih mirip kue basah yang padat walau tetap lembut. Bolu ini dimasak dengan cara dikukus, dan adonannya dicampur daun pandan serta suji agar mendapat warna hijau alami.

Bolu kemojo tersedia di banyak toko oleh-oleh, salah satunya adalah Al Mahdi di Jalan Rajawali, sekitar tujuh menit berkendara dari pusat kota. Selain pandan, Anda bisa membeli bolu kemojo dengan rasa lain, seperti durian, cokelat, dan jagung.

Lempuk Durian

Lempuk durian adalah kue yang terbuat dari daging buah durian serta gula aren, tetapi tanpa santan atau ketan seperti dodol umumnya. Teksturnya sedikit lengket tetapi lembut, mirip durian asli. Anda bisa membelinya di Mega Rasa, toko oleh-oleh di Jalan Jenderal Sudirman, sekitar lima menit berkendara dari pusat kota. Selain lempuk, Anda bisa membeli oleh-oleh serba durian lain, seperti pancake, keripik, dan selai.

Kue Bangkit

Kue bangkit adalah kue sederhana tetapi lezat dari tepung sagu. Kue ini berbentuk bunga dan diberi nama “bangkit” karena adonannya membesar dua kali lipat ukuran asalnya setelah dikeluarkan dari oven. Kue bangkit renyah namun cepat lumer saat digigit karena teksturnya yang halus.

Kue bangkit sangat mudah dicari di berbagai toko di Pekanbaru. Salah satu yang terkenal adalah Kue Bangkit Kembang Melati di Jalan Letkol Hasan Basri, tepat di pusat Kota Pekanbaru. Anda bisa memilih berbagai rasa seperti kue bangkit durian, cokelat, jahe, wijen, pandan, dan jeruk purut.

Kacang Pukul

Kacang pukul adalah makanan ringan manis asal daerah Bagan Siapi-api, dan mulanya diciptakan komunitas Tionghoa. Bahan utamanya adalah kacang tanah tumbuk dan gula, mirip dengan ting-ting Jawa. Rasanya manis dengan tekstur padat dan mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh. Anda bisa menemukannya di toko di pusat Kota Pekanbaru, misalnya Mega Rasa.

Amplang Ikan dan Udang

Amplang ikan tenggiri adalah oleh-oleh gurih populer yang cukup murah. Kerupuk ini terbuat dari adonan ikan serta tepung tapioka. Amplang hadir dalam ukuran kecil hingga besar dan siap dimakan. Anda juga bisa membeli amplang udang untuk variasi rasa. Amplang ikan dan udang dapat ditemukan di toko, supermarket, serta pusat oleh-oleh.

Tempat Jajanan Murah dan Halal di Pekanbaru

Ingin duduk sambil makan dan minum dengan santai? Kunjungi beberapa titik populer untuk berburu jajanan murah di Pekanbaru.

Jalan Sam Ratulangi

Jalan Sam Ratulangi adalah titik terkenal untuk mencari jajanan lokal, kue basah, dan aneka minuman. Anda bahkan bisa menemukan kudapan unik seperti kerupuk jengkol dan kerupuk buah. Berbagai kios makanan di jalan ini buka dari pukul 9.00 hingga 24.00 WIB. Anda bisa mencapainya dengan berkendara selama tujuh menit dari pusat kota.

Kuliner Malam Jalan Diponegoro

Jalan Diponegoro berada di pusat Kota Pekanbaru dan terkenal sebagai tempat kuliner malam. Jalan ini mulai ramai sejak pukul 17.00 dan baru sepi sekitar pukul 22.00 WIB. Dikenal juga sebagai daerah Tugu Keris, Anda bisa menemukan berbagai makanan dan minuman enak yang murah, seperti bakso, chicken wings, milkshake, kopi, mi pedas, hingga air tebu.

Jalan Cut Nyak Dien

Jalan Cut Nyak Dien berlokasi di pusat kota, dekat kantor gubernur. Jalan ini menjadi pusat jajanan dan minuman yang ramai dari siang hingga malam hari. Jalan ini cocok untuk berburu minuman dingin khas seperti kolding (“kolak dingin”), kolak durian, cendol sagu, dan es pisang ijo.

Jalan Naga Sakti

Pusat jajan di Jalan Naga Sakti berlokasi dekat dengan Stadium Utama Riau, sehingga mudah ditemukan. Tempat ini biasanya ramai antara pukul 16.00 hingga 21.00 WIB. Jenis makanan dan minumannya beragam, misalnya bakso bakar, jagung rebus, mi rebus, mi goreng, batagor, aneka jus, dan kopi. Anda dapat mencapainya dengan berkendara selama 15 menit dari pusat kota.

Jalan Perdagangan

Jalan Perdagangan adalah pusat kuliner legendaris di Pekanbaru karena sudah ada selama lebih dari 30 tahun. Berlokasi di dekat Sungai Siak, tepatnya di Kampung Baru (10 menit berkendara dari pusat kota), jalan ini ramai dari pukul 17.00 hingga 24.00 WIB. Anda bisa menemukan pisang bakar, mi goreng, sate, dan jagung bakar.

Masjid Terkenal di Pekanbaru

Pekanbaru memiliki beberapa masjid indah yang menjadi kebanggaan masyarakat lokal, cocok untuk wisata religi.

Masjid Agung An-Nur

Masjid Agung An-Nur terkenal sebagai masjid terbesar di Pekanbaru. Arsitekturnya memadukan gaya Turki, India, dan Melayu. Berdiri pada tahun 1968, Masjid An-Nur telah melalui beberapa renovasi dan kini memiliki ruang terbuka serta ruang hijau yang luas. Warna hijau serta dekorasi pada kubah mengingatkan pada desain khas Riau.

Masjid Agung An-Nur tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga pusat pendidikan serta pengembangan wirausaha. Halamannya sering menjadi tempat berolah raga atau bersantai. Masjid ini juga terkenal dengan pohon kurma di halamannya. Masjid Agung An-Nur berlokasi di Jalan Hang Tuah, sekitar lima menit berkendara dari pusat kota.

Masjid Raya Nur Alam

Masjd Raya Nur Alam adalah masjid tertua di Pekanbaru, dulunya dikenal dengan nama Masjid Senapelan. Didirikan pada masa Kesultanan Siak di tahun 1762, masjid ini berfungsi ganda sebagai lokasi makam beberapa sultan Siak. Ciri khas masjid ini adalah gerbangnya yang dipenuhi dekorasi kaligrafi rumit, dengan bagian atas gerbang berbentuk segi tiga.

Masjid Raya Nur Alam telah melalui beberapa kali perbaikan, namun masih ada benda-benda bersejarah di dalamnya. Salah satunya adalah mimbar kayu hadiah dari sultan Siak yang masih digunakan. Masjid Raya Nur Alam berada di Jalan Senapelan, sekitar 10 menit berkendara dari pusat kota.

Hotel Syariah di Pekanbaru

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk menginap di hotel yang memberikan kenyamanan dan ketenangan saat di Pekanbaru, Anda dapat memilih hotel syariah di Pekanbaru. Hotel syariah yang bekerjasama dengan Airy di Pekanbaru ini memiliki jaminan kenyamanan yang lebih tinggi dibanding tipe hotel Airy lainnya. Hal tersebut dikarenakan hotel syariah memiliki ketentuan tambahan demi meningkatkan kenyamanan semua tamu yang menginap di hotel ini.

Apa saja yang menjadi tambahan jaminan kenyamanan yang akan Anda peroleh ketika menginap di hotel Airy Syariah di Pekanbaru ini?

1. Hanya Tamu Yang Memiliki Dokumen Resmi

Tamu yang menginap di Airy Syariah Pekanbaru ini adalah tamu yang memiliki dokumen resmi seperti buku nikah. Karena setiap tamu pasangan lawan jenis yang akan menginap harus menunjukkan dokumen resmi yang menyatakan keduanya telah menikah yaitu dengan buku nikah.

Jadi, jika Anda ingin menginap di Airy Syariah Pekanbaru ini, Anda wajib menunjukkan dokumen seperti buku nikah apabila bersama dengan pasangan lawan jenis. Dengan ketentuan ini, Anda dapat menginap lebih tenang di Airy Syariah tanpa perlu khawatir akan suatu hal buruk terjadi.

2. Memiliki Atribut Tambahan Pendukung

Dengan konsep syariah, tentu Anda akan mendapatkan atribut pendukung keseharian sebagai muslim ketika menginap di salah satu hotel Airy Syariah di Pekanbaru. Anda akan menemukan atribut seperti penunjuk kiblat, perlengkapan sholat (sajadah, mukena, sarung). Di beberapa hotel yang bekerjasama dengan Airy, Anda akan menemukan mushalla untuk Anda beribadah.

3. Jaminan Produk Makanan/Minuman Halal

Konsep muslim-friendly tidak hanya atribut pendukung untuk beribadah muslim, namun juga memastikan produk makanan/minuman yang tersedia baik yang disediakan gratis ataupun diperjualbelikan dijamin halal. Jadi Anda tidak perlu khawatir juga mengenai kehalalan makanan atau minuman yang akan Anda dapatkan di hotel Airy Syariah ini.

Ketiga jaminan kenyamanan tambahan itulah yang akan Anda dapatkan ketika menginap di Airy Syariah Pekanbaru. Hotel syariah memang sangat melekat pada muslim atau orang beragama islam, namun Airy Syariah tidak hanya untuk muslim, melainkan semua orang bisa menginap di Airy Syariah Pekanbaru dengan menunjukan dokumen resmi yang dibutuhkan saat check in hotel.

Pilihan Hotel Airy Syariah di Pekanbaru

Bingung mencari penginapan syariah murah di Pekanbaru? Inilah beberapa pilihan untuk Anda pertimbangkan.

Airy Eco Syariah Sukajadi Nenas 85

Airy Eco Syariah Sukajadi Nenas menghadirkan penginapan sederhana untuk backpacker dengan harga sangat terjangkau. Setiap kamar memiliki fasilitas standar berupa tempat tidur bersih, lemari pakaian, meja dan kursi, TV, AC, serta kamar mandi berpancuran. Tamu bisa mendapat perlengkapan mandi dan air mineral gratis.

Airy Eco Syariah Sukajadi Nenas cocok untuk pelancong yang menghabiskan hari menjelajahi kota. Fasilitas tambahan di penginapan ini cukup sederhana, misalnya tempat merokok, ruang santai, dan layanan kamar. Akan tetapi, penginapan ini hanya berjarak sekitar 2 km dari Masjid Agung An-Nur. Anda dapat berjalan kaki untuk menemukan berbagai tempat makan murah.

Airy Tampan Muchtar Lutfi 69

Airy Tampan Muchtar Lutfi 69 memiliki kamar-kamar nyaman di bangunan dua lantai yang cocok untuk keluarga. Setiap kamar memiliki tempat tidur empuk, AC, kamar mandi berpancuran, TV, Wi-Fi, serta meja dan kursi. Anda mendapat sampo, sabun cair, serta air mineral gratis.

Para pengunjung dapat menggunakan fasilitas umum seperti beberapa area duduk, tempat merokok, dan layanan kamar. Airy Tampan Muchtar Lutfi 69 hanya berjarak sekitar 7 km dari Ciputra Seraya Mall dan 8,5 km dari Masjid Agung An-Nur. Hotel syariah murah di Pekanbaru ini juga dekat dengan berbagai tempat makan.