Daftar
Daftarkan dirimu sebagai Airy Traveler

DAFTAR
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Sudah punya akun Airy? MASUK
|
Masuk
Masuk sebagai Airy Traveler


MASUK
LUPA PASSWORD?
atau lanjutkan dengan
FACEBOOK
GOOGLE
Belum punya akun Airy? DAFTAR
September 2019
Su
Mo
Tu
We
Th
Fr
Sa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1 Malam
Cari Kamar

152 Hotel Di Jakarta

Urutkan Berdasarkan:Paling direkomendasikanHarga

Hint Icon
​AiryRooms Eco adalah salah satu kategori kamar AiryRooms yang menawarkan kamar dengan harga termurah dengan standar kenyamanan Airy Eco. AiryRooms Eco bekerja sama dengan penginapan, ​​residence dan ​guest house yang tersebar di seluruh Indonesia.
Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 244,900

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 303,300
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 396,300
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 305,400
Sisa 2 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 301,000

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 443,700
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 323,300
Sisa 1 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 1,328,500
Sisa 3 kamar

Airy Indonesia
Harga Per Malam
Rp 431,400
Sisa 3 kamar

Mohon menunggu, sedang mencari kamar terbaik untuk Anda
Maaf kami tidak bisa menemukan property sesuai kriteria pencarian anda.
1 dari 8 halaman
Selanjutnya
1 Filter Diterapkan
Reset Filter
Tampilan Harga
Harga per malam
Harga total
Pengaturan Lain
Tampilkan Full Book
Lihat Peta

Asal Usul DKI Jakarta

Jakarta merupakan salah satu bagian dari Provini Jawa Barat pada tahun 1959. Kemudian ketika itu kota Jakarta yang masih di tuliskan sebagai kota Djakarta ini dari mulai status kotapraja di naikkan tingkatan dengan adanya pimpinan gubernur yang diangkat langsung oleh Presiden Sukarno. Kemudian pada tahun 1961 akhirnya Djakarta dinobatkan menjadi ibu kota khusus yang di jabat oleh Sumarno pada masa itu.

Kini Jakarta merupakan kota paling maju dan menjadi pusat ekonomi di Indonesia. Tak kalah juga berbagai tempat wisatanya yang menarik, membuat para pengusaha juga berlomba-lomba mendirikan hotel di Jakarta untuk para wisatawan dari dalam maupun luar kota.

Cara Menuju Jakarta

Melalui Jalur Udara

Cara ke ibukota negara Indonesia, Jakarta melalui jalur udara dapat dilakukan dengan menaiki pesawat yang bisa mendarat di dua bandara Internasional yaitu Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Bandara Internasional Soekarno Hatta. Bandara Halim, yaitu secara lengkapnya Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma juga menjadi bagian dari markas Koops AU I TNI-AU. Pada tanggal 10 Januari 2014 kemarin, untuk mengantisipasi bandara Soekarno Hatta yang sudah padat akhirnya bandara ini menjadi salah satu bandara yang komersil hingga saat ini.

Setelah mendarat di salah satu bandara tersebut, Anda dapat menuju tempat tujuan dengan menggunakan transportasi bandara dengan beberapa pilihan. Anda dapat menggunakan kereta bandara, Bus, ataupun airport shuttle lainnya. Jika terlalu malam sampai di Jakarta, Anda dapat dengan mudah memesan hotel di Jakarta yang menyediakan fasilitas antar jemput bandara agar Anda bisa lebih mudah.

Melalui Jalur Darat

Cara ke provinsi melalui darat adalah dengan cara angkutan umum maupun pribadi. Jalur yang tersedia untuk darat ini bisa mencakupi jalan tol dalam kota yang hanya bisa masuk kendaraan roda empat atau lebih, kemudian jalan dalam kota yang bisa dilalui beragam alat transportasi berupa becak, motor, dan lain sebagainya. Untuk angkutan umum itu sendiri pada tahun 2004 pemerintah provinsi Jakarta telah memfasilitasi angkutan umum berupa transJakarta. Dengan pelayanan bus AC dan beberapa halte yang ditempatkan di beberapa sektor seperti Blok M, Pulogadung, Kalideres, Kampung Melayu, Pluit, Cililitan, Ragunan, Kampung Rambutan, dan lain sebagainya.

Untuk jalur darat melalui kereta pun, Jakarta memiliki kereta listrik yang bisa masuk kebeberapa jalur seperti jalur Jakarta kota ke Bogor, Bogor ke Jatinegara, Tanah Abang ke Maja, Duri ke Tangerang, Jakarta kota ke Pelabuhan Tanjng Priok. Kereta ini beroperasi dari mulai pagi hari sampai malam hari, dan melayani semua masyarakat yang memang bertempat tinggal di kisaran Jabodetabek.

Melalui Jalur Laut

Jika Anda ingin melalui jalur Laut, Anda dapat berlabuh di pelabuhan terkenal Tanjung Priok. Walaupun biasanya pelabuhan tersebut digunakan untuk bongkar muat barang-barang, namun bisa juga digunakan untuk penumpang. Pelabuhan lainnya adalah pelabuhan Muara Angke yang digunakan untuk transportasi menuju kepulauan Seribu.

Wilayah-Wilayah Utama di Provinsi Jakarta

Provinsi Jakarta memiliki beberapa wilayah utama, yaitu:

Kota Administrasi Jakarta Barat

Terkenal museumnya di Gedung Balai Kota, kemudian kawasan Glodok, dan juga sejumlah mesjid yang terlihat ketika masa jaman Batavia. Memiliki delapan kecamatan dan lima puluh enam kelurahan dan di fasilitasi transportasi yang cukup lengkap, yaitu terminal Kalideres, terminal Grogol, terminal Kota, dan terminal Rawa Buaya. Untuk Stasiun yang tersedian Stasiun Jakarta kota, Stasiun Kalideres, Stasiun Rawa Buaya, Stasiun Grogol, Stasiun Angke, Stasiun Jayakarta, Stasiun Mangga Besar. Untuk TransJakarta yang tersedia yaitu koridor 1, koridor 3, koridor 8, dan koridor 9.

Kota Administrasi Jakarta Pusat

Pusat pemerintahan yang ada di Menteng ini berbatasan dengan Jakarta bagian Utara yang dikenal juga sebagai kota administrasi terkecil di provinsi DKI Jakarta. Pada waktu jaman Hindia Belanda kota administrasi ini disebut juga sebagai Batavia Centrum. Memiliki depalan kecamatan, yaitu Gambir, Cempaka Putih, Johar Baru, Kemayoran, Sawah Besar, Senen, Tanah Abang, dan Menteng.

Kota Administrasi Jakarta Selatan

Kota Administrasi bagian selatan Jakarta. Pusat pemerintahannya ada di Kebayoran Baru, posisinya berada di bagian selatan berdekatan dengan kota Depok. Dikenal pula sebagai kota dministrasi yang paling kaya dari beberapa wilayah lainnya. Untuk kota administrasi ini memiliki sepuluh kecamatan yang terdiri dari, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Pasanggrahan, Cilandak, Pasar Minggu, Jagakarsa, Mampang Parapatan, Pancoran, Tebet, dan Setiabudi.

Kota Administrasi Jakarta Timur

Untuk kota administrasi ini pusat pemerintahannya berada di kota Cakung. Berbatasan dengan kota administrasi sebelumnya yaitu selatan. Stasiun kereta api yang tersedia adalah jalur Stasiun Buaran, stasiun Cakung, stasiun Jatinegara, Stasiun Pondok Jati, stasiun Klender Baru, dan stasiun Cawang. Untuk terminal bus yang tersedia adalah terminal Cililitan, terminal Kampung Melayu, terminal Kampung Rambutan, terminal Pulo Gadung, terminal Rawamangun, dan terminal Klender. Untuk jalur Tol terdapat tiga bagian seperti Tol Lingkar Dalam Jakarta, Tol Lingkar Luar Jakarta, dan Tol Jakarta Cikampek.

Kota Administrasi Jakarta Utara

Pusat pemerintahan kota administasi ini ada di Koja, yang memiliki enam kecamatan yaitu Cilincing, Koja, Tanjung Priok, Penjaring, Pademangan, dan Kelapa Gading. Jika dilihat dari bagian baratnya, wilayah kota administrasi ini berbatasan dengan kota Tangerang, jika dari bagian selatan wilayahnya berbatasan dengan Jakarta  Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur, jika dari sebelah bagian timur, wilayah kota administrasi ini berbatasan dengan Bekasi.

Transportasi di Provinsi Jakarta

Transportasi di Provinsi Jakarta bisa Anda dapatkan dengan menggunakan jalur udara maupun jalur darat. Untuk jalur udara sendiri bisa menggunakan Bandara Halim maupun Bandara Soekarno Hatta yang berada di provinsi Banten. Untuk jalur darat bisa menggunakan transportasi umum seperti Bus, Taxi, Travel, dan juga menyewa mobil yang bisa Anda dapatkan di beberapa informasi media secara umum.

Untuk penyewaan mobil pun Anda bisa memilih beberapa jenis mobil yang terdiri dari berbagai macam merk mobil yang ada di Indonesia, dari segala tipenya, serta tergantung dari harga masing-masingnya. Dari mulai 300 ribu-an sampai harga 750 ribu-an dalam hitungan 24 jam, jika di sewa perminggu ataupun bulanan fasilitas tersebut bisa Anda dapatkan dengan beberapa syarat tertentu dan juga dengan harga yang semakin murah. Hampir setiap daerah pasti ada yang mampu menyediakan jasa penyewaan alias rental mobil untuk Anda bisa menggunakannya di dalam provinsi Jakarta.

Tempat Wisata di Jakarta dan Sekitarnya

Monumen Nasional (Monas)

Monas adalah landmark kota Jakarta. Tidak afdal rasanya berkunjung ke Jakarta tanpa ke Monas, terutama bagi yang pertama kali menginjakkan kaki di ibu kota negara. Monas hari ini tidak banyak berubah sejak pertama kali dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Monumen peringatan setinggi 132 meter ini masih berdiri megah.

Di bagian luar Monas, para pengunjung dapat melihat relief sejarah Indonesia, mulai dari zaman Kerajaan Singhasari dan Kerajaan Majapahit hingga masa pembangunan modern. Sementara itu, di bagian dasar monumen, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Ada 51 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia di dalamnya.

Anda juga dapat menuju ke pelataran puncak yang berada 115 meter dari permukaan tanah dengan menggunakan elevator. Dari pelataran puncak tersebut, para pengunjung dapat menyaksikan pemandangan di seluruh penjuru Kota Jakarta.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Objek wisata selanjutnya yang identik dengan Kota Jakarta adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Terletak di lahan seluar 150 hektare, ada banyak hal menarik yang bisa dilihat di kawasan wisata ini. Bagian yang paling utama adalah anjungan rumah adat dari berbagai provinsi di Indonesia. Di dalam rumah-rumah tersebut, terdapat koleksi benda-benda khas dari daerah yang bersangkutan.

TMII juga dilengkapi dengan wahana rekreasi, seperti Istana Anak-Anak Indonesia, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Monorel Titihan Samirono, Teater IMAX Keong Mas, dan sebagainya. Selain itu, ada 19 museum dengan tema yang bervariasi, mulai dari Museum Transportasi hingga Museum Serangga dan Kupu-Kupu.

TMII pun identik dengan sejumlah taman, seperti Taman Apotik Hidup, Taman Burung, Taman Kaktus, dan Taman Prasasti APEC. Fasilitas di dalam objek wisata TMII pun terbilang cukup lengkap. Nah, banyaknya opsi tujuan yang bisa dikunjungi di TMII membuat Anda harus meluangkan waktu yang cukup panjang.

Kepulauan Seribu

Bagi masyarakat Jakarta, Kepulauan Seribu adalah lokasi pelarian dari kepadatan dan hiruk-pikuk ibu kota. Lokasinya dapat dijangkau dengan menggunakan speedboat dari dermaga wisata Marina Ancol dalam waktu sekitar 1,5–2 jam, tergantung pada pulau yang dituju.

Ada banyak pulau-pulau cantik yang termasuk dalam gugusan Kepulauan Seribu. Salah satu di antaranya adalah Pulau Harapan. Pulau ini dihuni oleh para nelayan. Keunggulannya adalah pada pemandangan bawah laut yang masih indah.

Para pelancong dapat melakukan snorkeling di sekitar pantainya atau menjelajah pulau-pulau kecil lain di sekitarnya, seperti Pulau Bira Besar, Pulau Putri Barat, Pulau Kayu Angin, Pulau Genteng, dan masih banyak lagi. Semuanya menawarkan panorama alam yang luar biasa cantik.

Selain Pulau Harapan, ada pula Pulau Tidung. Wisata Pulau Tidung cukup terkenal dan menjadi tujuan favorit para pengunjung. Pasalnya, tempat ini sudah dikelola seperti halnya destinasi wisata lainnya. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, mulai dari penginapan, tempat makan, hingga atraksi wisata.

Masih banyak pulau lain yang menarik untuk dikunjungi di Kepulauan Seribu. Perlu diketahui, jumlahnya mencapai 105 pulau, tetapi hanya sebagian kecil yang berpenghuni. Meskipun demikian, Anda tetap dapat menikmati keindahannya dengan melakukan trip singkat atau island hopping.

Taman Impian Jaya Ancol

Tempat wisata lain yang identik dengan Jakarta adalah Ancol. Ada banyak pilihan destinasi yang tersedia di kawasan 552 hektare ini. Salah satu yang paling terkenal adalah Dunia Fantasi (Dufan), sebuah theme park yang menjadi pusat hiburan outdoor. Dufan juga merupakan kawasan edutainment terbesar di Indonesia yang dilengkapi oleh wahana permainan dengan menggunakan teknologi canggih.

Beberapa wahana yang tersedia di Dufan adalah Ice Age Arctic Adventure, Ontang-Anting, Alap-Alap, Arung Jeram, Baku Toki, Kora-Kora, Bianglala, Tornado, Niagara-gara, The Mysterious Land, dan sebagainya. Untuk menikmati permainan di Dufan, Anda perlu menyiapkan bujet sekitar Rp200.000 hingga Rp400.000 per orang.

Selain Dufan, Anda juga dapat menyaksikan keindahan bawah laut dengan berkunjung ke Sea World Ancol. Di sini, para pengunjung dapat mengenal lebih jauh tentang kehidupan 7.300 ekor biota air tawar dan 11.500 ekor biota laut. Semuanya ditampilkan dalam 28 display yang terdiri atas akuarium dan kolam terbuka. Selain menyaksikan langsung, ada pula acara menarik seperti feeding show.

Masih banyak destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi di kawasan wisata Ancol. Berbagai fasilitas yang tersedia akan membuat acara berlibur menjadi lebih menyenangkan. Jadi, jangan sampai lupa untuk memasukkannya ke dalam daftar tempat yang akan dikunjungi saat ke Jakarta.

Kebun Binatang Ragunan

Anda dapat mengajak Si Kecil untuk mengenal dan berinteraksi dengan hewan saat berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Taman margasatwa yang terletak di daerah Ragunan, Jakarta Selatan ini merupakan salah satu opsi menarik sekaligus murah yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

Di area seluas 10 hektare ini, Anda dapat menjumpai aneka spesies fauna, mulai dari mamalia, reptil, dan aves, serta berbagai koleksi flora. Ada pula beberapa fasilitas, seperti Pusat Primata Schmutzer, Taman Refleksi, Taman Satwa Anak, serta sarana rekreasi lain.

Kota Tua Jakarta

Kawasan wisata Kota Tua Jakarta merupakan destinasi andalan selanjutnya yang ada di Jakarta. Kawasan yang dikenal juga dengan nama Batavia Lama ini memiliki luas 1,3 km2 dan terletak di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kota Tua memiliki sejarah yang sangat panjang. Tak heran jika di kawasan ini terdapat banyak bangunan-bangunan tua yang berarsitektur kuno, tetapi masih tampak megah.

Ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi di sekitar Kota Tua, antara lain Gedung Arsip Nasional, Stasiun Jakarta Kota, Toko Merah, Kafe Batavia, Lapangan Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Sejarah Jakarta, Museum Bahari, dan sebagainya.

Selain dapat belajar sejarah, aktivitas lain yang dapat dilakukan di Kota Tua adalah berburu foto-foto cantik. Dengan latar gedung-gedung berkonsep vintage, hasil jepretan akan tampak sangat eksotis. Itulah sebabnya, Kota Tua juga kerap dijadikan tempat foto prewedding atau pemotretan untuk keperluan lainnya.

Kidzania Pacific Place

Kidzania adalah theme park yang mengusung konsep edutainment, yaitu pendidikan sekaligus hiburan untuk anak-anak. Tempat ini dirancang menyerupai sebuah kota dengan skala kecil. Selayaknya sebuah kota, di dalamnya terdapat berbagai fasilitas seperti jalan raya, rumah sakit, teater, pabrik, dan sebagainya.

Kidzania Jakarta merupakan salah satu dari 22 Kidzania yang telah beroperasi di berbagai negara. Ruang seluas 7.500 m2 yang terletak di Pacific Place Mall ini menawarkan berbagai aktivitas menarik untuk anak. Salah satu contohnya, Acting Academy. Di sini, anak-anak dapat berperan menjadi aktor atau aktris. Melalui aktivitas ini, anak dapat belajar berkolaborasi, bersosialisasi, dan mengembangkan kreativitas.

Anak juga dapat menikmati aktivitas menarik lainnya di Archaeological Site, Baking Center, Bank, Beauty Salon, Book Factory, Chocolate Factory, City Clock, Court House, Dental Clinic, Fire Station, Hospital, dan masih banyak lagi.

Taman Suropati

Tempat menarik lain yang bisa dikunjungi adalah Taman Suropati yang terletak di kawasan Menteng. Ini bukan sekadar taman biasa, tetapi menyimpan nilai sejarah. Awalnya, di taman ini terdapat sebuah villa yang dihuni oleh Laksamana Maeda setelah Belanda angkat kaki dari Indonesia.

Oleh para founding fathers Indonesia, tempat ini kemudian dijadikan sebagai lokasi berkumpul ketika membahas naskah proklamasi kemerdekaan, malam sebelum hari bersejarah 17 Agustus 1945. Saat ini, villa tersebut telah berubah wujud menjadi museum. Terdapat pula sejumlah monumen hasil karya para seniman dari negara pendiri ASEAN.

Taman Suropati menjadi tempat berkumpul yang sangat ideal di tengah hiruk-pikuk Jakarta. Bukan hanya menawarkan kesejukan, tempat ini menjadi arena bertemu dan bersosialisasi bagi anggota-anggota komunitas hobi, mulai dari fotografi hingga olahraga.

Museum Nasional

Jakarta memang identik dengan tempat-tempat bersejarah. Ada banyak museum yang dapat dikunjungi di kota metropolitan ini. Salah satunya adalah Museum Nasional Republik Indonesia atau dikenal juga sebagai Museum Gajah. Museum yang terletak di Jl. Merdeka Barat 12 ini merupakan yang pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Salah satu hal menarik dari museum ini adalah arsitektur gedungnya. Dipengaruhi oleh gaya Eropa, bangunan ini tampak unik dan megah. Namun, masuk ke dalam museum, Anda akan menjumpai berbagai koleksi berupa barang-barang kuno dari seluruh Nusantara.

Selain dapat melihat langsung koleksi sejarah tersebut, Anda juga dapat mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak pengelola, mulai dari seminar, lokakarya, diskusi, atau pameran. Tujuannya adalah untuk mengenal lebih jauh lagi tentang budaya dan sejarah Indonesia.

Setu Babakan

Anda pun dapat mengunjungi Setu Babakan, sebuah kawasan yang ditujukan khusus untuk pelestarian budaya asli Betawi. Perkampungan khusus berkonsep budaya ini didirikan pada 2000. Di dalamnya, para pengunjung dapat melihat penampakan rumah-rumah khas Betawi atau menikmati berbagai kesenian yang diselenggarakan, seperti lenong, tari topeng, tanjidor, marawis, gambang kromong, dan sebagainya.

Ada pula sebuah danau buatan yang memiliki luas sekitar 30 hektare di kawasan ini. Danau tersebut menjadi tempat wisata alternatif bagi warga lokal maupun luar daerah. Sembari berwisata, Anda juga dapat mencicipi berbagai kuliner khas Betawi di tempat wisata ini.

Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk

Destinasi wisata yang merupakan bagian dari kawasan konservasi alam di Penjaringan, Jakarta Utara, ini merupakan sebuah alternatif tempat yang bisa dikunjungi saat liburan ke Jakarta. Di tengah hutan beton, Anda dapat menikmati suasana alam yang hijau serta mencoba berbagai aktivitas menarik di TWA Angke Kapuk.

Salah satu di antaranya adalah berburu foto instagramable. Kawasan ini memang menyajikan panorama alam yang cantik. Salah satu spot favorit yang disukai pengunjung adalah jembatan gantung. Dengan latar hutan mangrove yang rimbun, suasana di sekitar jembatan terasa sangat eksotis.

Selain taman wisata alam, di kawasan ini juga terdapat tempat menarik lain, yaitu Suaka Margasatwa Muara Angke yang berguna untuk kegiatan penelitian dan Ekowisata Mangrove Education Center yang identik sebagai lokasi memancing.

Cibubur Garden Diary (Cibugary)

Objek wisata yang terletak di Cipayung, Jakarta Timur ini merupakan pilihan bagi Anda yang ingin mengajak anak untuk liburan ke Jakarta. Dengan konsep wisata agroedukatif, di sini anak-anak dapat belajar mengenai dunia peternakan, khususnya sapi. Mulai dari manfaat susu sapi, proses pasca panen susu sapi hingga enterpreneurship dalam bidang budi daya sapi bisa dipelajari di sini.

Untuk berkunjung ke Cibugary, Anda harus menyediakan bujet mulai Rp50.000 hingga Rp100.000. Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain menikmati susu sapi, touring ke kandang sapi, dan memberi pakan. Bagi Anda yang ingin mengenalkan anak pada hewan ternak ini, datang saja ke Cibubur Garden Diary.

Escape Hunt

Nikmati keseruan bermain bersama para sahabat di Escape Hunt Jakarta. Arena permainan yang didesain sedemikian rupa ini menawarkan pengalaman menarik bagi Anda yang suka tantangan. Seperti namanya, Escape Hunt memiliki beberapa pilihan tantangan. Ada yang santai dan cocok untuk keluarga dan sahabat. Ada pula yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi.

Di dalam arena permainan, Anda dan tim akan ditantang untuk keluar dari room yang dipilih dalam waktu 60 menit. Ada berbagai puzzle yang harus dipecahkan dengan memanfaatkan clue tertentu. Karena dapat melatih kerjasama dan kedekatan antara anggota tim, kegiatan ini juga cocok bagi kalangan corporate.

Taman Cattleya

Bersantai bersama keluarga akan semakin menyenangkan apabila suasananya mendukung. Nah, salah satu tempat yang cocok untuk kegiatan bersantai adalah di Taman Cattleya yang terletak di perempatan Tomang, Jakarta Barat. Taman ini merupakan tempat yang sangat ideal untuk melarikan diri dari rutinitas harian.

Selain teduh, ada berbagai fasilitas yang tersedia di dalam area taman, mulai dari fasilitas kebugaran, jogging track, dan tempat bermain anak. Dari segi lokasi, taman ini pun sangat mudah dijangkau. Jangan lupa untuk mempersiapkan bekal pribadi seperti air minum saat berkunjung ke tempat wisata ini, ya.

Kampung Main Cipulir (KMC)

Kampung Main Cipulir merupakan objek wisata outdoor yang cocok untuk keluarga. Anda dapat mengajak anak bermain di berbagai fasilitas yang tersedia, mulai dari ruang terbuka hijau, tempat outbound, dan kolam renang. Aktivitas ini cukup menarik dan harga tiket masuknya pun sangat terjangkau.

Berkunjung ke Kampung Main Cipulir, Anda hanya perlu mempersiapkan fisik anak supaya dapat menikmati seluruh permainan yang tersedia. Dengan kostum yang tepat, acara bermain menjadi lebih praktis dan nyaman.

Kuliner Khas Jakarta

Suku lokal yang mendiami Jakarta adalah Betawi. Meskipun demikian, sebagai kota metropolitan, Jakarta kini terdiri atas masyarakat plural. Suku Jawa, Sunda, Tionghoa, Batak, Minang, dan sebagainya dapat ditemukan di Jakarta. Meskipun demikian, Jakarta masih identik dengan kuliner khasnya yang lezat. Apa sajakah itu?

Asinan Betawi

Ini merupakan sebuah menu khas Jakarta yang di dalamnya terdapat sayur-sayuran, lalu disiram dengan kuah kental bercita rasa asam pedas. Menyantap makanan ini, Anda akan merasa segar dan sehat karena kandungan yang terdapat di dalamnya. Bahan tambahan lain yang tidak boleh ketinggalan adalah kerupuk mie kuning. Ada banyak asinan Betawi yang terkenal di Jakarta, salah satunya milik H. Mansyur.

Soto Betawi

Ada banyak varian soto yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Di Jakarta, dikenal jenis makanan Soto Betawi. Rasa soto yang satu ini terbilang cukup khas karena kuahnya merupakan campuran antara santan dan susu. Sementara itu, bagian isinya hampir serupa dengan soto pada umumnya.

Gabus Pucung

Jenis makanan khas dari Betawi lainnya adalah Gabus Pucung. Bahan utama menu ini adalah ikan gabus goreng yang disiram dengan kuah kental kehitaman. Dengan ramuan bumbu-bumbu dapur lainnya, rasa makanan yang satu ini sangat lezat. Pada umumnya, gabus pucung juga selalu disertakan sebagai sajian pada acara-acara tertentu, seperti upacara nyorog, yaitu mengantarkan makanan kepada orang tua atau menantu menjelang puasa dan Lebaran.

Sayur Babanci

Makanan lain yang diasosiasikan dengan masyarakat Betawi adalah sayur babanci. Kuliner yang satu ini sudah mulai jarang disajikan karena bahan-bahannya agak sulit ditemukan. Namun, pada hari-hari besar keagamaan seperti Lebaran, sayur babanci masih disediakan sebagai bagian dari menu keluarga. Sayur babanci sangat unik karena menyerupai gulai, bukan berbahan sayur-sayuran seperti namanya.

Kue Cucur

Ada pula makanan khas berbentuk jajanan ringan yaitu kue cucur. Dari segi tampilan, kue cucur berbentuk pipih dan berwarna kecokelatan. Jajanan yang terbuat dari tepung beras dan gula aren ini sering kali disajikan pada upacara-upacara adat, seperti pernikahan. Rasanya memang enak dan lembut.

Kerak Telor

Kuliner khas Jakarta lainnya adalah kerak telor. Bahan dasar makanan asli khas Betawi ini adalah beras ketan, telur, dan ebi (udang yang dikeringkan). Sebagai kudapan ringan, kerak telor mudah ditemukan di tempat-tempat wisata yang ramai pengunjung. Cara memasaknya pun praktis dan mudah.

Pecak Tembang

Kuliner Jakarta lainnya yang mulai jarang ditemukan adalah pecak tembang. Sebenarnya, pecak tembang adalah ikan asing yang digoreng dengan bumbu seadanya. Meskipun sederhana, kekhasan kuliner ini terletak pada pengolahannya. Pecak tembang diolah dengan menggunakan hau atau dapur kayu. Dilengkapi dengan bumbu rempah, makanan ini memiliki aroma yang sangat harum.

Bandeng Pesmol

Olahan kuliner khas Betawi lainnya adalah Bandeng Pesmol. Berbahan dasar ikan bandeng dengan bumbu pesmol, makanan yang satu ini memang lezat. Rasanya cenderung gurih dengan aroma rempah yang kuat. Bagi masyarakat Betawi, ikan bandeng memang banyak digunakan sebagai sajian dalam acara-acara khusus dan perhelatan tradisional.

Soto Mie

Anda pun dapat menjumpai kuliner khas Betawi berupa soto mie saat berkunjung ke Jakarta. Jajanan kaki lima ini merupakan paduan antara soto, mie dan kuah. Sebagai isian, ada daging dan risol, serta berbagai tambahan lain seperti tomat, irisan kol, dan sambal rawit. Rasanya gurih dan segar. Jangan lupa menambahkan emping sebagai pelengkap.

Tempat Hangout Anak Muda di Jakarta

Southbox

Salah satu tempat nongkrong anak muda di Jakarta adalah Southbox. Kafe kekinian yang resmi dibuka untuk umum pada 2015 ini terletak di Jl. Prapanca Raya No. 18, Kebayoran Baru. Suasana di tempat makan dengan tema semi outdoor ini terasa santai sekaligus unik dengan penggunaan beberapa kontainer bekas yang ditumpuk. Dekorasi yang digunakan kental dengan street industrial style.

Anak-anak muda Jakarta kerap menghabiskan waktu di tempat ini, terutama pada akhir pekan. Tempatnya sangat cocok untuk bersantai bersama para sahabat di kala senggang. Makanan yang disajikan juga cukup enak dan lengkap.

Pasar Santa

Pasar Santa adalah objek wisata menarik lain yang cocok bagi para kaum muda. Tempat ini bahkan termasuk destinasi hits di Jakarta. Hal ini disebabkan oleh berkumpulnya komunitas kopi di pasar ini. Tak heran, kondisi pasar berubah cukup banyak. Orang yang datang bukan hanya pembeli barang kebutuhan sehari-hari, tetapi juga para pecinta kopi.

Ada sejumlah pengusaha muda yang terjun ke bisnis kopi dan menyewa tempat di Pasar Santa. Beberapa di antaranya adalah Tuku, Selatan Jakarta, dan Dunia Kopi. Jika Anda tidak ingin menyeruput kopi langsung di tempat, Anda pun dapat membeli berbagai jenis kopi di Pasar Santa ini.

Jalan Sabang

Anak-anak muda Jakarta pasti kenal Jalan Sabang. Kawasan hits ini merupakan surga kuliner bagi penduduk ibukota. Biasanya, Jalan Sabang mulai ramai pada malam hari oleh para penjual makanan, baik gedung permanen maupun warung tenda. Ada banyak camilan enak dan minuman segar yang dijual. Tak heran jika para pengunjung pun tak pernah sepi.

Meskipun disebut Jalan Sabang, sebenarnya tempat ini termasuk dalam kawasan Jalan Hari Agus Salim. Ruas jalan ini berbatasan langsung dengan Jalan Kiai Wahid Hasyim dan Jalan Kebon Sirih. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana malam di Jakarta sambil mengisi perut, datang saja ke Jalan Sabang.

Warung Nagih

Warung Nagih sudah menjadi usaha kuliner sejak Maret 2012. Tempat makan ini ingin mengubah mindset banyak orang mengenai warung yang terkesan kotor dan kurang menyenangkan sebagai tempat nongkrong. Dengan suasana yang nyaman, santai, dan bersih, para pengunjung diharapkan lebih betah.

Pemilik Warung Nagih membidik target pasar anak-anak muda dalam strategi pemasarannya. Ada banyak variasi menu favorit yang disediakan di warung ini, antara lain roti bakar dengan aneka topping. Uniknya, tiap 3 bulan Warung Nagih meluncurkan menu baru. Tujuannya untuk menghindari kebosanan.

Roti Bakar Kemang

Salah satu tempat yang hangat untuk menjadi tempat nongkrong bersama sahabat adalah Roti Bakar Kemang. Tempat ini berlokasi di Jalan Kemang Raya, Mampang Prapatan. Di sini, Anda dapat menikmati sejumlah varian roti bakar yang menggoyang lidah. Roti bakar keju kornet, misalnya, dihargai Rp20.000.

Tempat yang satu ini terbilang cukup ramai. Bukan hanya karena makanan yang disajikan, tetapi juga desain ruangannya yang cozy.

Eat Happens

Tempat nongkrong lainnya di Jakarta yang ramai dikunjungi anak-anak muda adalah Eat Happens. Kafe ini terkenal dengan aneka dessert yang tampak cantik sekaligus enak. Salah satu di antaranya adalah martabak telor malabar yang disajikan dengan kari ayam atau kari daging. Ada pula green burger, roti cane, martabak manis, iced duren, kue cubit, dan sebagainya.

Restoran Terkenal di Jakarta

Cafe Grand Via

Cafe Grand Via berlokasi di Grand Melia Hotel, Jl. HR. Rasuna Said Kav X-0, Kuningan. Karena berada di dalam area hotel, desain restoran juga menyesuaikan. Tempatnya cukup cozy dan hangat meskipun area tidak terlalu besar. Salah satu alasan restoran ini terkenal adalah menu yang disajikan super lengkap, mulai dari Italian, Chinese, Mexican, Indian, maupun Western.

Setelah selesai makan, Anda bisa mencicipi aneka desserts, mulai dari creme brulee, pancakes, donuts, cakes, hingga es krim. Berstatus sebagai lunch buffet di hotel bintang 5, Cafe Grand Via, harganya cukup mahal. Namun, pengalaman kuliner yang didapatkan pun sebanding.

Pasola Restaurant

Restoran lain yang terletak di hotel adalah Pasola Restaurant. Tempat makan ini tepatnya bisa ditemukan di The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place. Restoran yang mengusung konsep all-day dining berada di lantai 6 gedung dengan pemandangan kota yang cantik dari jendela-jendela besar. Kapasitas restoran sekitar 60 kursi.

Uniknya, Pasola Restaurant menyajikan masakan internasional, tetapi menggunakan bahan baku lokal. Anda dapat menyantap sarapan, makan siang, maupun dinner di restoran ini. Menu favoritnya adalah Rendang Arancini, Sop Buntut, Baramundi Dabu-Dabu, dan Bali Chocolate Ganache Kecombrang.

Signatures Restaurant

Nikmati juga sajian all-day dining di Signatures Restaurant, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. Restoran ini menyajikan suasana yang hangat bagi yang ingin menikmati sarapan, makan siang, maupun makan malam di area hotel.

Menariknya, di antara berbagai menu internasional, Signatures Restaurant menyajikan menu lokal dan legendaris, yaitu Bubur Ayam HI. Dengan konsep openkitchen dan area bermain anak, tempat ini menjadi terlihat lebih meriah.

Al Nafoura

Anda juga dapat menikmati sajian kuliner lezat di Hotel Le Meridien Jakarta, yaitu restoran Al Nafoura. Restoran ini mengusung konsep desain dari Timur Tengah begitu pula menu yang disajikan. Salah satu menu andalan di Al Nafoura adalah Haruf Ouzi. Menu ini disajikan bersama assorted nuts dan saus yoghurt. Sebagai appetizer, ada Hommos, Tabouleh, dan Samboussek.

Ada dining room privat di Al Nafoura yang berkapasitas 16 orang. Tempat ini cocok bagi yang ingin mengadakan rapat bisnis atau pertemuan khusus. Didesain open kitchen, bersantap kuliner di tempat ini akan memberikan pengalaman tersendiri.

Collage All Day Dining

Di Pullman Jakarta Central Park, Anda dapat menikmati sajian lezat di Collage All Day Dining. Restoran ini mengusung konsep paduan antara gaya modern, cutting-edge design, dengan pemandangan yang menakjubkan. Hal ini terwujud berkat lokasinya di lantai 12.

Tata ruangan restoran ini menciptakan rasa lega dan relaks. Apalagi dengan berbagai menu yang disajikan pada pagi, siang, maupun malam hari, bersantap kuliner semakin memuaskan. Ingin lebih tertantang? Anda juga dapat mengikuti event yang diselenggarakan, seperti Asian Flavor Seafood Night, Ladies Day Out, Family Weekend Brunch, dan sebagainya.

La Brasserie Restaurant

Tempat makan populer lainnya di Jakarta yang terletak di area lobby hotel Le Meridien Jakarta adalah La Brasserie Restaurant. Restoran ini menyajikan menu-menu spesial dari Indonesia, Asia, maupun Eropa. Dengan konsep desain ruangan yang lebih santai, Anda pun akan lebih nyaman bersantap selama menginap di Le Meridien Jakarta

OKU Restaurant

Satu lagi restoran terkenal di Jakarta yang berada di area Hotel Kempinski Jakarta adalah OKU Restaurant. Ini adalah restoran Jepang level premium yang menyajikan hidangan modern dan dipadu dengan gaya tradisional. Di sini, Anda dapat menikmati hidangan seafood segar yang didatangkan langsung dari Pasar Ikan Tsukiji, Tokyo.

Di dalam restoran, Anda akan merasakan atmosfer yang santai tetapi tetap berkelas sehingga cocok bagi yang ingin mengadakan santap siang bersama rekan bisnis. Anda juga dapat mengajak pasangan atau keluarga untuk menikmati dinner lezat.

Sana Sini Restaurant

Restoran yang satu ini memang all out dalam memberikan yang terbaik kepada pelanggannya. Di dalamnya, budaya dan makanan berpadu menciptakan pengalaman kuliner yang menakjubkan. Suasana yang terasa di Sana Sini Restaurant pun dibangun dengan desain interior bertema kontemporer dan penuh gaya. Menariknya, ini adalah satu-satunya restoran di Jakarta yang memiliki 5 open kitchen.

Plataran Menteng

Nikmati fine dining di Plataran Menteng yang bergaya mewah dan elegan. Terletak di kawasan Menteng yang padat, restoran ini pun sangat mudah diakses. Dengan memadukan antara sejarah dan warisan budaya, pengalaman bersantap di Plataran Menteng menjadi tak tertandingi.

Selain menempati gedung yang memiliki arsitektur kolonial Belanda, Plataran Menteng juga menyajikan hidangan autentik. Beberapa menu andalan yang bisa Anda nikmati adalah Dendeng Batokok, Iga Lada Hitam, Rendang Sapi Singkong, Osobuko Pear, Sapi Lada Hitam, Sate Sapi, dan sebagainya.

Namaaz Dining

Salah satu restoran fine dining di Jakarta adalah Namaaz Dining. Jangan terpaku terlebih dahulu dengan harga menu yang tersedia. Pasalnya, ada banyak hal menarik yang akan ditemukan di restoran dengan konsep unik ini.

Mengusung teknik molecular gastronomy, Namaaz Dining memang berbeda. Teknik ini merupakan pengolahan dan penyajian makanan dengan cara yang sangat menarik sehingga memberikan sensasi mengejutkan bagi orang yang menyantap. Sebagai contoh, hidangan yang berbentuk lilin dan bisa ditiup ternyata berbahan dasar nasi.

Patio Venue & Dining

Restoran yang menyajikan menu Indonesia dan Italian ini dibuka mulai 11.00 WIB sehingga cocok bagi Anda yang ingin menyantap makan siang. Patio Venue & Dining terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dengan suasana yang santai dan menu sajian yang lezat, Patio Venue & Dining dapat menjadi salah satu alternatif tempat makan favorit Anda.

Bukan hanya bersantap, tempat ini juga kerap menjadi lokasi penyelenggaraan event seru, seperti fashion show, birthday party, launching buku hingga pernikahan. Pelayanan dan fasilitas memadai yang tersedia membuat Patio Venue & Dining semakin layak dipertimbangkan.

Social House

Restoran lainnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Jakarta adalah Social House. Dengan suasana yang hangat berkat penataan desain ruangan, bersantap di restoran ini dapat menjadi salah satu pengalaman berkesan. Ornamen bernuansa hijau pun menciptakan nuansa yang segar dan nyaman.

Makanan yang disajikan di Social House tak kalah memuaskan. Bersantap di tempat ini, Anda dapat menikmati sejumlah menu Western pada saat sarapan pagi, brunch, makan siang, maupun dinner.

Oleh-oleh Khas Jakarta

Dodol Betawi

Saat berlibur ke Jakarta, Anda bisa membeli oleh-oleh Dodol Betawi untuk sahabat atau keluarga di rumah. Rasa dodol Betawi tidak terlalu jauh berbeda dengan dodol pada umumnya yang cenderung manis. Meskipun demikian, varian rasanya lebih terbatas. Hanya terbuat dari ketan putih, ketan hitam, dan durian, rasa Dodol Betawi lebih original.

Proses pembuatan dodol sangat rumit. Beberapa daerah di Jakarta, khususnya yang memiliki komunitas warga Betawi, masih memproduksi Dodol Betawi. Anda dapat membeli dodol ini di Dodol Betawi Gurih Rasa, Jalan Angsana No. 26, Pejaten, Jakarta Selatan.

Roti Buaya

Tidak perlu bingung akan membawa oleh-oleh apa saat pulang liburan dari Jakarta. Salah satu pilihan bagi Anda adalah roti buaya. Seperti namanya, roti ini memang berbentuk seperti buaya. Roti tawar yang empuk ini biasanya digunakan sebagai hantaran yang dibawa oleh pihak pria berdasarkan adat Betawi ketika hendak melakukan lamaran.

Anda bisa mendapatkan roti buaya di toko-toko oleh-oleh. Ukurannya pun kini telah disesuaikan supaya mudah dibawa dalam perjalanan. Jadi, tidak perlu menunggu acara lamaran saat ingin mencicipi roti ini.

Kue Geplak

Geplak adalah kue tradisional Betawi. Bahan dasar membuat roti ini adalah beras. Jajanan ini dinamakan geplak karena pengolahannya dilakukan dengan cara ditepuk-tepukkan. Geplak memiliki warna putih dan coklat. Teksturnya lembut dan rasanya manis.

Geplak juga biasa digunakan dalam acara-acara bernuansa tradisional Betawi, misalnya sebagai hantaran saat lamaran. Anda pun dapat menemukan jajanan ini di toko-toko oleh-oleh atau di Jalan H. Taiman No. 338 Pasar Rebo Jakarta.

Kembang Goyang

Oleh-oleh lainnya khas Jakarta adalah kue kembang goyang. Meskipun merupakan kue tradisional Betawi, kembang goyang kini juga sudah banyak tesedia di berbagai daerah di Indonesia. Nama kembang goyang diberikan karena bentuk makanan ini seperti kembang. Sementara itu, istilah goyang mengacu pada cara membuatnya yang digoyang-goyang supaya lepas dari cetakan.

Kue kembang goyang berbahan dasar tepung beras. Dengan bentuk yang sangat cantik, kembang goyang selalu menjadi pilihan sajian pada acara-acara khusus. Anda pun bisa mendapatkan jajanan ini di bebagai toko oleh-oleh, salah satunya Warung Mpok Nini, Jalan Belanak 2, Jakarta Timur.

Marguerite Nougat

Oleh-oleh kekinian dari Jakarta yang prakis dan simpel adalah Marguerite Nougat. Makanan ini adalah semacam permen yang berbahan dasar gula, madu, dan kacang-kacangan, yaitu kenari, pistachio, dan hazel. Tekstur makanan ini kenyal dengan rasa manis.

Nougat bisa dimakan langsung atau disajikan bersama dengan olahan cokelat batangan. Dengan rasa yang tidak terlalu manis, Marguerite Nougat sangat cocok sebagai camilan. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh ini di Boulevard Timur NB1 #36, Kelapa Gading.

Biji Ketapang

Camilan berupa makanan ringan ini umum ditemukan di rumah-rumah penduduk Betawi ketika Lebaran tiba. Rasanya gurih dan renyah sehingga disukai oleh semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun demikian, biji ketapang juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh dari Jakarta. Jadi, Anda tidak perlu menunggu Lebaran hanya untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Ada beberapa variasi penyajian bij ketapang, yaitu dengan menambahkan gula serbuk, menambahkan cokelat, atau menggunakan selai. Anda bisa mencobanya dengan kreatif. Biji Ketapang bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional atau pusat oleh-oleh khas Jakarta.

Daftar Mall di Jakarta

Grand Indonesia

Ada setidaknya 480 toko di dalam bangunan yang terdiri atas 7 lantai tersebut. Dengan luas 640.000 m2, Grand Indonesia dinobatkan sebagai pusat perbelanjaan paling besar di Indonesia. Saat ini, ada 2 department store yang bisa dijumpai di Grandi Indonesia Seibu dan Central. Uniknya, ada pula ruang untuk memamerkan budaya Indonesia dan karya seni milik senimal lokal, yaitu di Galeri Indonesia Kaya.

Dekat dengan Hotel Kempinski, pusat perbelanjaan ini memang memiliki lokasi yang strategis. Ada banyak tempat tujuan wisata kuliner di dalam mall, baik restoran yang mengusung cita rasa lokal maupun internasional. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati hiburan dari CGV Blitz yang tersedia.

Kota Kasablanka

Bukan hanya sebuah mall, Kota Kasablanka juga identik sebagai kawasan apartemen dan perkantoran. Tampilan arsitektur mall Kota Kasablanka tampak modern dan megah karena terinspirasi dengan desain istana Maroko. Bangunan ini terdiri atas 6 lantai dan berada di lahan seluar 11,5 hektare.

Ada banyak tenant terkenal yang menyewa tempat di Kota Kasablanka, antara lain Sogo, Informa, Celebrity Fitness, Ace Hardware, dan Electronic Solution. Selain itu, pusat perbelanjaan ini juga dilengkapi dengan fasilitas memadai, mulai dari musala, nursery room, hingga ruang tunggu pengemudi.

Pondok Indah Mall

Salah satu pusat perbelanjaan yang tergolong mewah di Jakarta adalah Pondok Indah Mall (PIM). Hal ini tak lepas dari lokasinya yang terletak di kawasan perumahan elite. Dari segi interiornya, Pondok Indah Mall memang selalu terlihat modern dan premium sehingga cocok bagi masyarakat kelas atas untuk bersantai.

Bukan hanya itu, mall ini juga menawarkan layanan yang super lengkap, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Ada pula bagian khusus yang menyediakan produk-produk kecantikan dan kesehatan, fesyen, elektronik, dan masih banyak lagi. Fasilitas yang tersedia di Pondok Indah Mall pun tak kalah lengkap, yaitu nurseryroom, peminjaman kursi roda, guest service lounge,playground untuk anak-anak, bahkan busway shelter. Super lengkap, bukan?

Central Park

Pusat perbelanjaan yang memiliki luas area sekitar 22 hektare ini telah berdiri sejak 2009. Merupakan bagian dari Integrated Mega Projects yang dimiliki oleh Podomoro City, target pengunjung mall Central Park adalah kelas menengah atau di atasnya.

Banyak merek ternama menyewa tenant di Central Park sehingga pengunjung mall mendapatkan sejumlah alternatif sebelum berbelanja. Sebut saja Sogo, Zara, Topman Topshop, Mango, Tommy Hilfiger, dan sebagainya. Selain itu, ada pula sarana hiburan yaitu Blitz Megaplex yang memiliki 10 auditorium dan dapat menampung hingga 1.905 orang.

Plaza Indonesia

Plaza Indonesia ternyata merupakan pusat perbelanjaan tertua di Indonesia, yaitu dibangun pada 1990 lalu. Mall ini juga dikenal sebagai pusat perbelanjaan untuk kaum menengah ke atas karena banyaknya produk ternama yang bisa dijumpai, seperti Louis Vuitton, Gucci, Celine, Versace, dan sebagainya.

Bukan hanya sangat lengkap, Plaza Indonesia juga unggul dari segi lokasi. Mall ini berada tepat di kawasan Bundaran Hotel Indonesia dan berdampingan dengan Hotel Grand Hyatt, perkantoran The Plaza, dan Apartemen Keraton. Itulah yang menyebabkan Plaza Indonesia menjadi pilihan tempat bersantai bagi banyak orang di ibu kota.

Plaza Senayan

Anda dapat menemukan Plaza Senayan di kawasan bisnis yang sangat terkenal di Jakarta yang disebut central business district (CBD). Lokasi tepatnya adalah di Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto. Nah, sebagai kawasan bisnis, ada banyak gedung perkantoran di sekitar Plaza Senayan.

Ada pun tenant yang menyewa tempat di Plaza Senayan antara lain Hugo Boss, Aigner, Fendi, dan sebagainya. Tak heran jika mall ini biasa dikunjungi oleh orang-orang kalangan menengah ke atas. Nah, bagi Anda yang tidak berbelanja dan hanya sekadar mencari tempat nongkrong, pastikan untuk melihat spot foto berupa jam raksasa (Marigold Clock) yang terletak di bagian tengah gedung.

Lippo Mall Kemang

Bagi para penyuka musik, Anda dapat memilih Lippo Mall Kemang yang terletak di Jl. Pangeran Antasari No. 36 sebagai tempat untuk bersantai pada saat luang. Selain menawarkan produk-produk dari merek terkenal, pusat perbelanjaan ini juga memiliki program live music setiap hari.

Uniknya, tema lagu-lagu yang dibawakan selalu berbeda tiap hari supaya para pengunjung tidak bosan. Untuk Senin, misalnya, Anda dapat mendengarkan lagu-lagu dari era 1990-an, sedangkan pada Selasa, Anda akan disuguhi musik reggae yang penuh semangat. Program live music ini biasanya dimulai pada 19.00 WIB, kecuali pada Jumat dan Sabtu yang berlangsung hingga di atas pukul 21.00 WIB.

Mall Taman Anggrek

Bagi Anda yang berada di area Jakarta Barat, salah satu pusat perbelanjaan di kawasan ini adalah Mall Taman Anggrek. Lokasi tepatnya di Jl. Letjen S. Parman Kav. 21, Grogol Petamburan. Di mall 7 lantai ini, Anda dapat berbelanja berbagai kebutuhan harian.

Ada supermarket di dalam Mall Taman Anggrek, termasuk berbagai gerai yang menawarkan barang-barang fesyen dan elektronik. Ada pula sarana hiburan, restoran, dan layanan finansial.

Puri Indah Mall

Pusat perbelanjaan lainnya yang terletak di Jakarta Barat adalah Puri Indah Mall, tepatnya di Jl. Puri Agung, Puri Indah Kembangan Selatan. Arsitekturnya unik karena dibangun dengan gaya khas bangunan Victoria.

Memiliki luas sekitar 125.000 m2, ada banyak gerai yang terdapat di dalam mall, mulai dari restoran hingga toko fesyen. Bagi Anda yang senang berbelanja peralatan olahraga, Puri Indah Mall merupakan tempat yang tepat untuk membelinya.

Hal yang paling seru adalah event-event yang diselenggarakan di area center court atau expansion mall Puri Indah Mall. Ada banyak acara menarik yang sering diadakan, seperti program nonton sepak bola bareng.

Mall Kelapa Gading

Mall Kelapa Gading merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta yang elah berdiri sejak 1990. Mall ini dibangun di lahan seluas 30.000m2. Awalnya, gerai yang ada di dalam mall hanya menyediakan kebutuhan sehari-hari. Para pengunjung hanya dapat berbelanja di department store, supermarket, dan toko buku.

Saat ini, pusat perbelanjaan yang terletak di Summarecon Kelapa Gading ini telah mengalami renovasi dan perubahan sebagai upaya untuk terus relevan dengan kebutuhan masyarakat. Luas mall menjadi 40.000 m2 dan gerai di dalam mall semakin beragam. Bukan hanya kebutuhan sehari-hari, kini tersedia pula food court, berbagai tenant dari merek fesyen ternama, area bermain untuk anak, dan sebagainya.

Pacific Place

Mall lainnya yang berada di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD) adalah Pacific Place. Sebagai bagian dari kawasan bisnis di Jakarta, letak pusat perbelanjaan ini sangat strategis. Bahkan, di sekitar area mall, terdapat pula apartemen dan gedung perkantoran.

Gerai perbelanjaan yang bisa ditemukan di Pacific Place sangat beragam. Ada banyak produk fesyen dari berbagai merek ternama, demikian pula produk teknologi. Selain itu, bagi Anda pecinta wisata kuliner, terdapat banyak pilihan gerai makanan, baik yang menyajikan menu lokal maupun internasional, di antaranya Sop Buntut Bogor Cafe dan Fish & Co.

Gandaria City

Mengusung slogan one stop lifestyle hub, Gandaria City menawarkan banyak kelebihan. Mall ini memang berada di area yang sama dengan kondominium Gandaria Heights, hotel bintang 5 yaitu Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, dan Gandaria 8 yaitu gedung perkantoran. Tak berlebihan jika Gandaria City disebut sebagai kawasan superblok paling besar yang ada di Jakarta Selatan.

Di dalam mall, terdapat banyak gerai yang menawarkan aneka produk, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan fesyen. Brand ternama pun tak mau kalah dan menjadi tenant di mall ini, sebut saja Guess, Hugo Boss, Mango, dan sebagainya. Dari sisi lokasi, Gandaria City sangat strategis dan mudah dijangkau sehingga memudahkan pengunjung untuk datang.

Thamrin City

Anda juga dapat berbelanja atau sekadar berjalan-jalan di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, yaitu Thamrin City. Mall yang satu ini banyak dikunjungi oleh masyarakat kelas menengah ke bawah karena harga-harga produknya dianggap lebih terjangkau. Ini adalah pilihan yang berbeda dengan mall lainnya seperti Senayan City atau Plaza Indonesia.

Ada beberapa zona yang tersedia di Thamrin City, yaitu zona batik, zona bursa mobil, dan zona elektronik. Masing-masing zona terdiri atas banyak gerai yang menawarkan berbagai barang berkualitas. Karena menawarkan koleksi super lengkap, bukan hanya konsumen saja yang berbelanja di Thamrin City, tetapi juga para pedagang.

Tempat Jajanan Murah di Jakarta

Bubur Ayam Barito

Warga lokal Jakarta pasti tahu Bubur Ayam Barito, salah satu tempat jajanan murah di Jakarta. Tempat ini berada di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Bubur Ayam Barito merupakan kuliner legendaris yang enak sekaligus murah di Jakarta.

Saat ini, pemerintah kota telah melakukan revitalisasi terhadap tempat para penjual bubur menjajakan daganganya. Tempat baru yang dinamai Loksem Bubur Ayam Barito ini cukup baik kondisinya dan dilengkapi dengan fasilitas seperti meja , kursi, etalase, lampu, dan layanan listrik serta air.

Pecenongan

Kawasan Pecenongan merupakan surga kuliner yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Jakarta. Di tempat ini, ada banyak variasi makanan yang akan Anda temukan, mulai dari Chinese food, martabak, bahkan menu seafood. Menariknya, beberapa restoran dan gerai makanan ada yang buka selama 24 jam di kawasan ini.

Ada beberapa restoran yang menjadi favorit para pengunjung, antara lain Bubur Kwang Tung, Pangkep 33, Martabak Pecenongan 65 A, Putien, dan Yo Kitchen. Jika Anda kebetulan melintas di daerah ini, sempatkan sejenak untuk berhenti dan menikmati macam-macam kuliner lezat.

Balai Pustaka

Di daerah Rawamangun, ada Jalan Balai Pustaka yang terkenal dengan kuliner lezatnya. Daerah yang asri dengan pepohonan rindang ini diramaikan oleh para pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam makanan.

Untuk mengembangkan potensi kuliner di daerah ini, pemerintah setempat pernah melaksanakan Festival Balai Pustaka pada 2013 dan 2014 lalu. Biasanya, para pedagang kaki lima sudah mulai membuka tempatnya sejak pukul 16.00 WIB.

Nah, ada beberapa tempat makan andalan yang bisa Anda coba, yaitu Totti Roti, Sate Padang Ajo Laweh, martabak bangka, Cendol Bandung, Roti Maryam Salman, dan Es Teler Sinar Garut.

Gulai Tikungan

Apakah Anda pecinta masakan gulai? Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba aneka masakan gulai di Gulai Tikungan. Tempat ini berada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, tepatnya perempatan Jalan Mahakam dan Jalan Bulungan. Di tempat ini, ada sekitar 15 pedagang gulai. Mereka telah berjualan sejak lama sehingga kelezatannya tidak perlu diragukan lagi.

Tempat ini merupakan favorit para penghuni ibu kota. Pasalnya, gulai yang ditawarkan memang lezat dan menggugah selera. Lagi pula, untuk menikmati satu porsi gulai, Anda hanya perlu mengeluarkan uang tidak lebih dari Rp10.000. Menarik, bukan?

Roti Bakar Eddy

Salah satu tempat jajanan yang direkomendasikan di Jakarta adalah Roti Bakar Eddy. Ada banyak cabang yang bisa Anda jumpai di seluruh wilayah Jakarta, mulai dari Pondok Gede, Ciledug, maupun di daerah Cilandak.

Roti Bakar Eddy tidak hanya menyajikan roti bakar. Ada banyak pilihan makanan ringan lainnya, seperti berbahan dasar mie, pisang, dan sebagainya. Semuanya diolah dengan lezat sehingga menimbulkan rasa ketagihan bagi penikmatnya.

Meskipun hanya berupa tempat makan tenda, Roti Bakar Eddy biasanya sangat ramai oleh pembeli. Kedai ini mulai buka pada 18.00 WIB dan baru tutup pada pukul 03.00 WIB. Dengan kapasitas bangku 200 buah saja, masih ada banyak pengunjung yang antre. Nah, Anda pun wajib mencicipi jajanan yang satu ini saat berkunjung ke Jakarta.

Sate Ayam Sambas

Apabila Anda merupakan penggemar sate, datanglah ke daerah Sambas, Jakarta Selatan. Anda akan menemukan berjejer penjual sate legendaris, mulai dari sate campur, satu telur muda, sate kulit, hingga sate ayam.

Para penjual sate ini hanya membawa gerobak dan menyediakan tenda dilengkapi kursi-kursi plastik dan meja biasa. Meskipun demikian, banyak orang datang ke tempat ini untuk menikmati kelezatan sate ayam Sambas ini.

Anda bia mencoba sate campur yang berisi daging ayam, kulit, maupu telur ayam. Penyajiannya pun sederhana, tetapi harus daging yang baru saja dibakar tersebut menjadi daya tarik utama. Tak berlebihan jika tempat ini menjadi favorit banyak orang.

Event Tahunan dan Tradisi di Jakarta

Pekan Raya Jakarta (Jakarta Fair)

Pekan Raya Jakarta (PRJ) adalah pameran tahunan terbesar di Indonesia. Bukan hanya sepekan, event ini berlangsung hingga sebulan. Biasanya PRJ digelar mulai pertengahan Juni hingga pertengahan Juli dalam rangka merayakan hari jadi Kota Jakarta.

Event tahunan yang telah berlangsung sejak 1968 ini awalnya digagas oleh Syamsudin Mangan yang menjadi Ketua KADIN pada saat itu. Tujuan pelaksanaan pameran adalah untuk meningkatkan pemasaran produk dalam negeri di tempat terpusat dengan jangka waktu yang lama.

Pada event inilah, para pelaku industri UMKM pun mendapatkan kesempatan untuk memamerkan produknya. Sebaliknya, para pengunjung dapat berburu barang-barang berkualitas, di antaranya produk furnitur, garmen, kerajinan tangan, interior, otomotif, stationary, kosmetik, maupun makanan dan minuman.

Jakarta Fashion Week

Merupakan pekan mode terbesar di Indonesia yang digelar setiap tahun, Jakarta Fashion Week sangat disarankan bagi para pecinta fesyen. Di acara yang dirancang secara eksklusif ini, Anda dapat menyaksikan rancangan terbaru dari para desainer kenamaan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Jakarta Fashion Week mulai diadakan pada 2008 lalu. Event ini biasanya dihadiri oleh para stylist, jurnalis, buyer, fotografer, model-model internasional, dan seluruh profesional di industri mode. Karya yang dihasilkan diharapkan dapat memajukan industri mode nasional.

Jakarta Internasional Java Jazz Festival

Festival musik yang satu ini mulai diselenggarakan pada Maret 2005. Selain musisi jazz dari dalam dan luar negeri, banyak pula musisi dari genre lain yang ikut meramaikan, seperti R&B, Soul, dan Reggae. Ada sejumlah musisi terkemuka yang pernah menghadiri event ini, antara lain James Brown, Angie Stone, Lisa Ono, dan Jamie Cullum.

Event yang satu ini cukup menarik minat banyak orang. Bukan hanya para penggemar jazz, tetapi masyarakat secara umum. Lebih dari puluhan ribu penonton tercatat telah menghadiri festival yang digelar selama 3 hari ini.

Festival Palang Pintu

Salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarat Betawi adalah Tradisi Palang Pintu. Sebenarnya, tradisi ini merupakan bagian prosesi upacara pernikahan adat Betawi. Untuk melestarikan budaya asli Betawi, dilangsungkan festival tahunan, yaitu Festival Palang Pintu. Biasanya, acara ini diselenggarakan tiap Juni bersamaan dengan perayaan ulang tahun Kota Jakarta.

Festival yang diadakan di Jalan Kemang Raya ini menampilkan kesenian dan kebudayaan Betawi sebagai sajian utama. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan serta melestarikan budaya Betawi yang sudah semakin tersingkar karena kemajuan zaman. Pada event ini, para pengunjung dapat menyaksikan prosesi pernikahan dalam adat Betawi lengkap dengan busana tradisional dan musik tradisional.

Festival Teater Jakarta

Acara tahunan lainnya yang juga rutin digelar di Jakarta adalah Festival Teater Jakarta. Festival ini digelar oleh Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Festival Teater Jakarta yang ke-46 dilangsungkan pada 12-27 November 2018 lalu. Dalam acara tersebut, sejumlah grup teater dari 5 wilayah DKI mempertontonkan kebolehannya.

Selain penampilan teater, ada pula sejumlah acara lain seperti diskusi, seminar, dan berbagai pertunjukkan. Bagi para penggemar seni, khususnya seni teater, festival ini perlu dicatat tanggalnya.

Hotel Murah di Jakarta

Saat berkunjung ke kota Jakarta sayang sekali bila pulang kemJakarta ke kota asal di hari itu juga. Apalagi jika anda berasal dari kota yang jauh dari Jakarta, karena banyak tempat wisata di Jakarta yang bisa anda kunjungi selama berada di kota ini. Berkunjung ke Jakarta yang jauh dari rumah tentu tidak cukup untuk sebentar, pastinya Anda butuh dua hingga beberapa hari kedepan menikmati sajian keindahan kota Jakarta.

Selama berada di Jakarta, Anda butuh hotel atau penginapan untuk menginap menghabiskan malam. Untuk itu Anda tak perlu takut tidak menemukan hotel, penginapan atau rumah singgah (guest house) ketika berkunjung ke Jakarta ini.Anda tak perlu bingung karena ada banyak penginapan atau hotel murah di Jakarta yang menawarkan harga menarik.

Perlu diketahui bahwa kategori hotel murah juga memiliki kelas - kelas tersendiri seperti di Airy Jakarta. Hotel murah memang sangat cocok untuk anda yang bertipe budget traveler. Namun bukan berarti tidak bisa digunakan anda dan keluarga. Hotel murah di Jakarta memiliki fasilitas yang lengkap dan membuat tidur anda nyaman seperti menginap di hotel berbintang tinggi sekalipun. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau mulai dari 100 ribuan dan Anda akan menemukan banyak di Jakarta. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis hotel di Jakarta yang ada di Airy yaitu sebagai berikut:

Airy Eco

Jika anda memiliki budget terbatas dan harus menginap saat sedang berkunjung ke kota Jakarta, maka anda dapat memilih hotel jenis Eco ini. Karena hotel ini memberikan harga yang sangat terjangkau dibanding kelas lain diatasnya. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, anda tak perlu ragu, walaupun dengan harga yang lebih murah, tetapi hotel ini juga memiliki jaminan fasilitas yang pastinya membuat tidur anda nyaman. Fasilitas tersebut seperti wifi gratis, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, tv dan air conditioner (AC). Tentu hotel jenis ini cocok untuk para Backpacker dengan budget terbatas yang hanya butuh tempat untuk tidur. Harga untuk hotel eco di Jakarta mulai dari 100 ribuan anda dapat temukan dengan mudah.

Airy Standard

Jika anda memiliki budget yang cukup, tentunya anda dapat upgrade atau meningkatkan fasilitas kenyamanan kamar, maka anda dapat memilih hotel murah di Jakarta dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan kelas ini tidak terlalu berbeda jauh dengan kelas Eco, Anda tetap akan mendapatkan harga yang terjangkau untuk kelas hotel murah ini. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dari kelas Eco, anda dapat menikmati ekstra kenyamanan kamar diatas kelas Eco. Fasilitas tambahan dapat berupa air panas untuk mandi hingga sarapan pagi gratis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata untuk lebih lama di hotel atau staycation saat berkunjung ke kota Jakarta. Selain itu, hotel murah kelas standard ini juga sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis bertemu klien di Jakarta. Anda dapat menikmati malam sambil menyiapkan presentasi atau menyelesaikan pekerjaan saat disaat harus keluar kota di dalam hotel.

Airy Premier

Kelas yang terakhir adalah kelas Premier atau kelas yang paling high class di Airy Jakarta. Ini cocok untuk anda yang memprioritaskan kenyamanan kamar atau hotel secara keseluruhan tanpa bergantung pada budget. Kelas Premier ini menawarkan hotel murah yang setara dengan hotel bintang 4 atau 5. Fasilitas yang ditawarkan hotel keseluruhan termasuk lengkap dan berbeda dengan kelas Standard. Harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari kelas Standard, namun anda dapat menikmati kenyamanan yang lebih ekstra jika anda memilih hotel kelas ini. Cocok sekali untuk yang sedang honeymoon dan lebih banyak berdiam di hotel. Kelas hotel murah ini banyak ditemukan di Kota besar seperti Jakarta.

Tips Memilih Hotel Murah di Jakarta

Sebelum berkunjung dan berwisata ke Kota Jakarta, tentu anda rencanakan dahulu akomodasi saat berada disana. Bagi Anda yang mencari hotel murah di Jakarta, maka anda akan menemukan banyak tawaran. Penting untuk anda mengetahui tips-tips agar terhindar dari hotel murahan. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan.

Perhatikan Harga Per Malam

Budget menjadi faktor penting bagi beberapa wisatawan untuk memilih hotel, karena harganya yang cukup menguras dompet. Itulah yang menjadi kebanyakan wisatawan mencari hotel atau penginapan murah ketika berkunjung ke Jakarta. Tak jarang pula wisatawan yang terjebak dengan harga yang ditawarkan hotel - hotel disana yang sangat murah dengan penipuan fasilitas. Oleh karena itu penting untuk Anda memerhatikan harga yang ditawarkan hotel murah di Jakarta.

Pastikan harga hotel murah yang ingin Anda booking berada pada standar OTA. Hotel murah yang disediakan Airy tentu lebih murah dibanding penyedia hotel lainnya di Jakarta. Harga yang murah bukan berarti fasilitasnya murahan, Anda dapat membuktikannya. Selain itu, jangan memaksakan untuk memilih hotel yang melebihi budget yang anda punya. Karena harga murah pun Anda dapat menikmati kenyamanan yang dijamin oleh Airy Jakarta.

Perhatikan Lokasi Hotel

Selanjutnya Anda harus perhatikan lokasi hotel murah yang Anda pilih di Jakarta. Jangan sampai lokasi yang anda booking jauh dari tempat tujuan anda. Walaupun banyak hotel yang memang sudah dibangun dekat tempat wisata, tetap anda harus mencari lokasi yang terbaik di Jakarta. Ada yang bisa anda perhatikan mengenai lokasi hotel di Jakarta seperti hotel dekat tempat wisata (pantai, pegunungan), hotel dekat wisata kuliner, atau hotel dekat pusat keramaian.

Lokasi juga menentukan transportasi yang akan anda gunakan. Jika anda akan selalu menggunakan taksi di Jakarta atau kendaraan pribadi mungkin tidak menjadi prioritas, namun apabila anda seorang backpacker maka anda perlu memperhatikan transportasi yang anda akan gunakan untuk menuju tempat wisata dari hotel. Lokasi hotel dekat keramaian tentu akan membuat anda dekat dengan kuliner ataupun tempat belanja sehingga tidak perlu pusing ketika berada di Jakarta.

Sesuaikan Fasilitas Yang Anda Butuhkan

Dengan adanya kelas-kelas hotel murah di Jakarta, tentu berdampak dengan fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Anda dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada di hotel-hotel murah di Jakarta. Jika anda Backpacker mungkin hanya butuh stop kontak untuk charge gadget dan tempat tidur yang nyaman saja, tetapi jika anda seorang traveler maka mungkin anda ingin hotel dengan fasilitas lebih lengkap seperti sarapan pagi, kolam renang, atau air hangat. Di hotel Airy Jakarta anda akan menikmati semua fasilitas penunjang kenyamanan anda. Sehingga anda tak perlu takut untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas seadanya. Dengan memilih Airy yang ada di Jakarta, Anda tidak akan kecewa dengan layanan yang diberikan karena Airy sudah memastikan jaminan kenyamanan untuk seluruh hotel di Jakarta yang tersedia di Airy.

Bandingkan Harga

Tentu harga yang dipatok masing-masing hotel murah di Jakarta akan berbeda. Perbedaan harga juga bergantung pada waktu booking anda. Biasanya jika booking di hari yang sama lebih mahal dibandingkan booking hotel dari jauh hari. Kemudian banyak juga penyedia booking hotel di Jakarta secara online. Anda dapat membandingkan harga dengan fasilitas yang disediakan serta benefit yang diberikan dari penyedia hotel. Airy memberikan harga yang lebih murah dibandingkan penyedia hotel lain dengan kamar yang memiliki fasilitas lengkap di Jakarta.

Waspada Dengan Penipuan

Dengan banyaknya penyedia jasa booking hotel online khususnya hotel di Jakarta, Anda harus waspada dengan kasus penipuan yang masih terjadi. Anda dapat memastikan bahwa penyedia jasa booking hotel tersebut memiliki nama yang terpercaya seperti Airy. Airy tidak bisa menjamin jika tidak ada yang melakukan penipuan atas nama Airy. Oleh karena itu sebagai pencegahan, sebelum Anda melakukan pembayaran, pastikan rekening tersebut atas nama Airy Nest Indonesia.

Rekomendasi Hotel Murah di Jakarta

Jika anda sudah punya rencana mengunjungi Jakarta maka anda dapat booking hotel di Jakarta secepatnya agar tak menjadi beban pikiran. Anda akan menemukan hotel murah di Jakarta. Berikut hotel murah yang bisa anda booking untuk tempat menginap selama berada di Jakarta.

Airy Ancol Kemayoran RE Martadinata 12

Ada banyak hotel di Jakarta, mulai dari yang sederhana hingga berbintang. Anda dapat mempertimbangkan akan memilih hotel apa berdasarkan bujet yang dimiliki, akses transportasi, atau kenyamanan menginap di akomodasi tersebut.

Nah, salah satu pilihan hotel murah di Jakarta adalah Airy Ancol Kemayoran RE Martadinata 12. Lokasi tepatnya di Jl. R.E Martadinata No. 12 P-Q. Ada beberapa tipe kamar yang tersedia di hotel ini, mulai dari Standard Twin hingga Superior Double.

Ada pun fasilitas yang tersedia selain fasilitas standar seperti AC, tempat tidur bersih, televisi layar datar, hot shower, dan WiFi gratis, adalah meja, area merokok, layanan kamar, serta alas kaki. Sebelum memesan, perhatikan tipe kamar yang tidak memasukkan sarapan gratis dalam layanannya.

Airy Syariah Pondok Pinang Buana Karya 3 Jakarta

Terletak di Buana Karya No. 3 Pondok Pinang, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, akomodasi yang satu ini cukup luas dan nyaman. Selain itu, tempatnya juga bersih dengan desain minimalis modern. Tersedia fasilitas lift untuk menuju kamar di lantai atas.

Sementara itu, fasilitas yang tersedia di dalam kamar cukup lengkap, mulai dari televisi layar datar, AC, tempat tidur yang nyaman, dan kamar mandi dalam. Anda juga akan mendapatkan perlengkapan mandi dan alas kaki. Karena mengusung konsep syariah, hotel ini mewajibkan pasangan yang menginap menyediakan dokumen terkait apabila berbeda jenis kelamin.

Airy Eco Syariah Fatmawati Raya 19 Jakarta

Hotel yang terletak di Jl. RS Fatmawati Raya No. 19 ini menyediakan WiFi gratis bagi para tamu yang menginap. Meskipun hanya ada satu jenis kamar yang tersedia di penginapan murah di Jakarta ini, fasilitasnya sudah cukup lengkap.

Anda dapat menikmati standar kenyamanan Airy yaitu WiFi Gratis, TV, AC, Tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, serta air minum gratis. Airy Eco adalah tipe penginapan yang menawarkan harga lebih bersahabat dibandingkan hotel lainnya. Biasanya, akomodasi yang termasuk di dalamnya adalah hotel bujet, residence penginapan, dan guest house.

Airy Fatmawati Abdul Majid Raya 12 Jakarta

Ada beberapa objek wisata yang dekat dengan akomodasi ini, antara lain Museum Arsip Nasional, Blok M Square, Museum Satria Mandala, dan Pondok Indah Golf and Country Club. Jarak dari lokasi hotel ke tempat-tempat ini sekitar 2-4 km.

Berada di lokasi yang cukup strategis tersebut, menginap di akomodasi ini adalah keputusan bijak. Meskipun tampilan luarnya tidak terlalu mewah, ternyata bagian dalam kamar yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan hotel berkelas.

Tersedia pula fasilitas parkir bagi Anda yang menggunakan kendaraan sendiri. Selain itu, ada pusat kebugaran yang bisa membantu Anda untuk tetap menjaga kesehatan selama berlibur.

Airy Patal Senayan 2 Jakarta

Objek wisata ini berada di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, tepatnya di Jl. Patal Senayan No. 2. RT 5/RW 7, Grogol Utara. Tersedia satu tipe kamar yang bisa Anda tempati saat berlibur ke Jakarta.

Sebelum check in, sebaiknya ketahui aturan yang berlaku di akomodasi yang dituju. Seperti hotel pada umumnya, Airy Patal Senayan 2 Jakarta memberlakukan check in pada pukul 14.00 WIB. Sementara itu, waktu check out adalah sebelum pukul 12.00 WIB.

Fasilitas tambahan yang tersedia di tempat ini adalah layanan pijat dan layanan kamar. Ada pula area parkir yang cukup luas dan terjaga karena bertempat di basement gedung.

Airy Setiabudi Guntur 40 Jakarta

Bagi Anda yang berkunjung ke area Jakarta Selatan, pilihan akomodasi yang memungkinkan adalah Airy Setiabudi 40 Jakarta. Lokasi tepatnya adalah di Jl. Guntur No. 40 Kecamatan Setiabudi. Penginapan ini sangat dekat dengan Museum Sasmita Loka dan Museum Adam Malik. Ada pula Taman Tangkuban Perahu yang bisa ditempuh dalam waktu singkat.

Terletak di dekat jalan protokol di Jakarta, penginapan yang satu ini juga memiliki banyak kelebihan. Salah satunya, desain hotel yang cukup mewah, baik pada bagian luar maupun dalamnya. Meskipun berkonsep minimalis, kamar penginapan sangat nyaman.

Airy Eco Setiabudi Karet Bek Murad 73 Jakarta

Hotel terdekat di Jakarta sangat bergantung pada jarak destinasi yang akan dituju. Supaya nyaman, sebaiknya upayakan mencari hotel yang tidak terlalu jauh dari sarana transportasi. Namun, jika Anda memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, pilih hotel yang menyediakan area parkir luas.

Airy Eco Setiabudi sendiri dekat dengan beberapa destinasi, antara lain Jakarta World Trade Center, Plaza Semanggi, ITC Kuningan, Orchid Garden Mall, dan Ambassador Mall. Jarak ke tempat-tempat ini kurang dari 2 km dan dapat ditempuh dengan berkendara sekitar 5 menit.

Meskipun berstatus eco, Airy yang satu ini memiliki fasilitas yang memadai, yaitu WiFi gratis, TV, AC, tempat tidur bersih, serta perlengkapan mandi. Selain itu, ada fasilitas tambahan, yaitu kulkas, area merokok, lift, layanan kamar, dan alas kaki.

Airy Thamrin Kota Bumi 31 Jakarta

Apakah Anda sedang mengurus sesuatu di daerah Jakarta Pusat? Salah satu pilihan penginapan yang bisa Anda coba adalah Airy Thamrin Kota Bumi 31 Jakarta. Penginapan ini sangat dekat dengan Kedutaan Perancis dan Kedutaan Jerman. Selain itu, Anda juga dapat berjalan kaki menuju Grand Indonesia Shopping Mall.

Desain hotel ini berkonsep minimalis. Begitu pula bagian kamar yang nyaman dengan nuansa putih bersih. Fasilitas yang tersedia di dalam kamar cukup lengkap, antara lain televisi, AC, WiFi gratis dan kamar mandi dalam. Selain itu, tersedia juga perlengkapan mandi.

Ketika menginap di tempat ini, Anda tidak perlu bingung mencari makan pagi, siang, atau malam karena ada restoran di dalam area hotel. Hal ini dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda saat memilih penginapan.

Airy Sunter Agung Utara Blok A 5B Jakarta

Jika memiliki urusan di area Sunter, cobalah memilih akomodasi yang terletak di Jl. Sunter Agung Utara Raya, Blok A No. 5B, Sunter. Begitu pula jika Anda ingin berkunjung ke Jakarta International Expo atau kawasan wisata Ancol, lokasi hotel hanya sekitar 10-15 menit jika ditempuh dengan berkendara.

Hotel ini menawarkan suasana yang cukup mewah di dalam penataan kamar. Elemen kayu yang dipadu dengan konsep vintage menjadi keunikan tersendiri dari akomodasi ini. Tersedia pula fasilitas rapat, layanan pijat, dan restoran di dalam area hotel. Untuk memudahkan Anda, ada lift dan area parkir yang memadai.

Itulah rekomendasi hotel murah di Jakarta yang bisa anda jadikan penginapan selama berkunjung ke kota Jakarta ini. Tentunya hotel-hotel murah Jakarta bukan hanya hotel yang telah disebutkan diatas. Namun masih banyak lagi hotel murah lainnya di Jakarta ini. Anda dapat mengecek daftar hotel murah di bagian atas halaman ini.

AiryRooms di Wilayah Jakarta