Pesan Tiket Pesawat Kalstar Aviation
Kota Asal
Semua Bandara
Kota Tujuan
Semua Bandara
Tanggal Berangkat
24 Nov 2017
Tanggal Pulang
26 Nov 2017
Penumpang
1 penumpang
CARI

Kalstar Aviation merupakan maskapai penerbangan yang mendapatkan predikat keamanan kategori 1 dari Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia. Markasnya berada di Serpong, Indonesia. Selama 18 tahun, armada ini melayani 22 rute penerbangan regional dan 95 domestik. Dengan slogan “fly smart with us”, Kalstar Aviation berkomitmen memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik untuk penumpang. Meskipun hanya memiliki 15 armada pesawat terbang, maskapai tersebut didukung sumber daya manusia yang andal di bidangnya.

Sejarah Maskapai Kalstar Aviation

PT Kal Star Aviation mulanya bernama PT Kal Star Nusantara yang beroperasi pertama kali pada tahun 2000 di Pulau Kalimantan. Saat itu, perusahaan ini bekerja sama dengan maskapai penerbangan swasta nasional. Mereka melayani rute ke kota-kota di Indonesia. Dari sini, manajemen Kalstar melihat adanya peluang besar untuk penerbangan ke Kalimantan. Apalagi didukung banyak kawasan menarik yang belum tereksplorasi.

Tepat pada tahun 2007, Kalstar mengantongi izin dari Departemen Perhubungan untuk melayani rute penerbangan domestik dan regional. Ketika itu pun berdiri sebagai maskapai penerbangan swasta nasional. Jenis pesawat pertama yang digunakan adalah ATR 42-300 dari Perancis. Penerbangan perdananya dimulai dengan rute Samarinda-Tarakan.

Memasuki tahun 2011, Kalstar mulai melayani penerbangan ke luar Pulau Kalimantan dengan pesawat jet tipe Boeing 737-300. Rute domestik pertama dari Jakarta ke Pontianak. Tidak lama berselang, maskapai ini pun terbang ke beberapa kota di negara tetangga, seperti Kuching, Malaysia.

Tahun 2013, penumpang pesawat Kalstar mencapai angka satu juta jiwa. Dengan armada terbang yang semakin bertambah, maskapai ini mengedepankan penerbangan ke Pulau Jawa, Kalimantan, dan Nusa Tenggara. Target utamanya adalah kota-kota kecil. Inilah nilai plus untuk Kalstar; mengingat tak banyak akses udara ke daerah terpencil.

Berlanjut ke tahun 2015, Kalstar menambah armada dengan pesawat jet tipe E-Jet 2-2 Emraer dari Negara Brazil. Meskipun berbentuk mungil, armada ini bermesin ganda sehingga mampu melaju lebih cepat. Desain kabinnya memang tidak terlalu luas. Namun, inovasi kursi empat kolom mampu menambah daya tampung di dalam pesawat.

Terhitung hingga tahun 2016, Kalstar telah mengantarkan 300.000 penumpang dari dan ke 27 bandara di seluruh nusantara. Prioritas terhadap keselamatan membuat maskapai ini semakin diminati. Terlebih dengan lahirnya konsep “Go for Kalimantan”. Kalstar optimis bisa menjadi maskapai terunik di Indonesia. Harapannya, mereka mampu menembus rute internasional dalam waktu dekat.

Terhitung hingga tahun 2016, Kalstar telah mengantarkan 300.000 penumpang dari dan ke 27 bandara di seluruh nusantara. Prioritas terhadap keselamatan membuat maskapai ini semakin diminati. Terlebih dengan lahirnya konsep “Go for Kalimantan”. Kalstar optimis bisa menjadi maskapai terunik di Indonesia. Harapannya, mereka mampu menembus rute internasional dalam waktu dekat.

Berbicara soal konsep “Go for Kalimantan”, Kalstar Aviation telah melayani penerbangan ke beberapa destinasi. Berikut ini daftar daerah tujuan di Borneo yang menjadi target Kalstar Aviation sejak tahun 2011 :

  1. Kabupaten Berau merupakan kawasan yang dipromosikan dalam Go for Salah satu daya tarik di daerah ini adalah event Sukan Borneo. Biasanya diadakan pada Bulan Desember setiap tahun. Kalstar memfasilitasi penerbangan khusus saat pelaksanaan kegiatan tersebut. Selain itu, destinasi wisata Pulau Derawan juga menjadi alasan penerbangan ke kawasan Berau.
  2. Pangkalan Bun memang menjadi sasaran utama penerbangan Kalstar. Banyaknya tempat eksotis di kota ini, menambah jumlah perjalanan wisata ke sana. Peluang tersebut tidak disiakan oleh maskapai Kalstar. Dengan mengusung tema wisata Tanjung Puting, Kalstar siap mengantarkan penumpang ke tempat tujuan.
  3. Tempat di luar negeri yang dibidik secara serius oleh Kalstar adalah Kota Kuching, Malaysia. Kawasan ini memang menjadi destinasi utama penumpang dari Indonesia. Banyak sisi menarik di Kuching yang layak untuk dinikmati, seperti sungai, kelenteng, dan area perbelanjaan.
  4. Kalstar Aviation juga mengajak Anda untuk mengelilingi Borneo secara keseluruhan. Pulau ini sarat dengan keragaman adat dan budaya. Ke mana pun tujuan penumpang, pesawat Kalstar siap melayani penerbangannya. Tak perlu khawatir kehabisan tiket karena bisa dipesan secara online melalui situsnya.

Prestasi Kalstar Aviation

Kalstar Aviation belum pernah mendapatkan penghargaan secara simbolis. Armada ini juga tidak bergabung dalam persatuan maskapai penerbangan dunia, seperti Star Alliance, SkyTeam, dan Oneworld. Namun, Kalstar terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya.

Hal itu dibuktikan dengan sistem pembayaran CoOLPLAY (Corporate Online Payment) pada tahun 2015 yang diterapkan pada transaksi tiket Kalstar. Untuk memperlancar layanan tersebut, Kalstar bekerja sama dengan Maybank. Melalui produk perbankan ini, calon penumpang bisa tidak perlu menggunakan uang tunai untuk membayar tiket.

Agaknya, sistem serupa juga dijalankan dengan beberapa bank di Indonesia. Pembayaran tiket Kalstar kini bisa dilakukan melalui ATM BCA, Mandiri, kartu kredit, dan Indomaret. Selain soal solusi end-to-end pembayaran tiket, Kalstar juga meningkatkan atensi penerbangan ke Malinau.

Sejak tahun 2016 silam, armada Kalstar ke Malinau diberangkatkan setiap hari. Pesawat yang digunakan adalah ATR 42. Kapasitas penumpang maksimal 48 orang. Harga tiket ke sana tergolong murah sehingga bisa dijangkau semua kalangan.

Selanjuntnya, memasuki tahun 2017, Kalstar Aviation mulai menjangkau daerah timur, salah satunya adalah Ende. Daerah Ende terletak di Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau tersebut memiliki sejumlah destinasi menarik, seperti Taman Nasional Kelimutu, Danau Kelimutu, Pantai Batu Biru, dan Pantai Cincin. Keberadaan tempat-tempat tersebut dinilai mampu meningkatkan jumlah penerbangan Kalstar. Pasalnya, hanya Kalstar yang memfasilitasi penerbangan ke pelosok nusantara.

Kontak Kalstar Aviation

Kantor utama Kalstar Aviation berada di Villa Melati Mas Blok SR 1 No.14 BSD, Jakarta. Sementara itu, kantor cabangnya tersebar di beberapa kota, seperti Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Ketapang, Berau, Tanjung Selor, Palangkaraya, Pangkalan Burn, Tarakan, Kotabaru, Nunukan, dan Putussibau. Di Pulau Jawa juga terdapat kantor cabang Kalstar, yaitu di Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Malang, Surabaya, Solo, dan Bandung. Alamat cabang lain tersebar di Kalimantan, antara lain di Banjarmasin, Batu Licin, Malinau, Melak, dan Sintang.

Selain kantor cabang yang tersebar di Jawa dan Kalimantan, Kalstar Aviation juga menyediakan kontak customer service. Penumpang bisa memperoleh informasi jadwal, rute, hingga pelayanan melalui kontak berikut ini :

  1. Call Center 021-29343456 untuk mengetahui informasi umum seputar armada dan jadwal penerbangan.
  2. Hunting 021-29343400 untuk pemesanan tiket pesawat.
  3. Nomor telepon 021-55913885 untuk mengetahui informasi penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.

Selain ketiga kontak di atas, calon penumpang juga bisa menghubungi Email di 23 kantor cabang Kalstar. Semua Email diakhiri dengan @kalstaronline.com, seperti pnk@kalstaronline.com, bnp@kalstaronline.com, serta ktp@kalstaronline.com. Melalui surat elektronik tersebut, Anda dapat menanyakan informasi tiket, jadwal, dan rute penerbangan. Pun boleh mengutarakan keluhan selama penerbangan.

Kelas Penerbangan dan Makanan di Kalstar Aviation

Sampai saat ini, Kalstar Aviation hanya menyediakan penerbangan kelas ekonomi. Namun, fasilitasnya dibedakan berdasarkan jarak tempuh perjalanan. Penumpang yang menempuh rute pendek, mendapatkan makanan ringan berisi roti dan air mineral kemasan. Sementara itu, untuk rute jauh, maskapai menyediakan makanan pencuci mulut, air mineral, dan beberapa jenis kudapan.

Meskipun badan pesawat Kalstar tergolong sempit, penumpang tetap leluasa bergerak. Desain kabinnya modern dengan teknologi avionik terkini. Pun dilengkapi kursi ergonomis dan sandaran kepala yang nyaman. Ukuran ruang kaki cukup luas sehingga penumpang mudah mengganti posisi duduk. Untuk menjaga keselamatan, di antara kaki dan badan kursi tersedia sabuk pengaman.

Tepat di atas kursi, terdapat ruang penyimpanan bagasi. Tempat tersebut dibuat miring dengan tutup geser. Karena itu, tidak menganggu pergerakan penumpang yang lewat. Jarak antara kursi dan bagasi cukup luas sehingga menyisakan celah untuk berdiri. Di  bawah bagasi, terdapat tombol AC dan lampu. Penumpang bebas mengaturnya sesuai keinginan.

Sebuah panel touchsreen dipasang di ujung kursi penumpang. Panel tersebut digunakan oleh pramugari untuk mengendalikan sistem di dalam kabin. Tidak ketinggalan, ruangan kokpit dibekali perangkat penerbangan yang lengkap. Bisa dikatakan, fasilitas di armada Kalstar tidak hanya memanjakan penumpang, tetapi juga kru pesawat.

Program Khusus Kalstar Aviation

Kalstar Loyalty Club merupakan program khusus pertama dari maskapai Kalstar Aviation. Diluncurkan pada tanggal 9 Agustus 2017. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan hadiah kepada penumpang. Beberapa keuntungan yang diperoleh dari Loyalty Club, antara lain cepat mendapatkan tiket, layanan eksklusif, serta dukungan dari support center Kalstar.

Setiap pembelian tiket melalui Loyalty Club Kalstar, penumpang akan memperoleh poin. Jumlahnya akan dihitung dan ditampilkan pada aplikasi Mobile. Poin ini bisa ditukarkan dengan tiket untuk Anda atau anggota keluarga.

Proses pendaftaran Kalstar Loyalty Clup sangat mudah. Pertama, buka situs resmi Kalstar Aviation, kemudian klik menu “Loyalty Club” di pojok kanan atas. Setelah itu, pendaftar akan diarahkan ke Home Loyalty Club. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pilih opsi “Sign Up”, kemudian isi formulir pendaftaran secara lengkap. Adapun data yang wajib dicantumkan, yaitu Email, nama, tanggal lahir, kewarganegaraan, nomor telepon, dan alamat.
  2. Kalau semua data sudah terisi, klik “Register Now”, selanjutnya operator akan mengirim pesan ke Email Anda. Dalam Email, terdapat user ID dan keyword yang bisa digunakan untuk membuka beranda akun pribadi. Langkah berikutnya, klik link yang tertulis di Email.
  3. Setelah memasukkan user ID dan keyword, Anda akan melihat tampilan beranda pribadi yang berisi menu Change Password, Edit Profile, Favorite Passenger, Transaction History, Top Up, dan Log But.

Armada Pesawat Kalstar Aviation

Kalstar Aviation menggunakan pesawat jet dengan dua jenis, yaitu ATR dan ERJ. Pesawat bertipe ATR merupakan buatan Negara Perancis. Saat ini, Kalstar memakai ATR 42 dan 72. Meskipun berasal dari negara yang sama, keduanya memiliki perbedaan. ATR 42 diluncurkan pada tahun 1984 dengan kapasitas 50 penumpang.

Pesawat tersebut memiliki kecepatan terbang hingga 555 km/jam dengan ketinggian 7.600 meter di atas permukaan laut. Panjang sayap mencapai 24, 57 meter dengan badan 22, 67 meter. Sementara itu, ATR 72 mampu menampung 74 penumpang dan 4 kru pesawat. Armada ini memiliki jarak tempuh 511 km/jam.

ATR pertama kali dikembangkan untuk kapasitas penumpang 48 pada tahun 1989. Setelah memperpanjang kabin pesawat menjadi 4,5 meter, meningkatkan kualitas mesin, dan melebarkan sayap; tipe ini pun memperluas daya tampung hingga 78 orang. Pemakai pertama armada ini adalah maskapai Finnair.

Pesawat ini memiliki pintu masuk di belakang. Pintu bagian depan hanya digunakan untuk kargo. Namun, maskapai Finnair menghendaki pintu penumpang dipindah di bagian depan sehingga desainnya diubah. Tepat di ekornya, terdapat baling-baling yang dibekali rem.

Keluaran pertama dari pesawat ATR adalah tipe 72-100. Kemudian, disusul ATR 72-101 pada September 1989. Pengembangan terus dilakukan hingga muncul ATR 72-500 dan 72-600 yang digunakan maskapai Kalstar saat ini.

Armada Kalstar lainnya adalah pesawat Embraer ERJ. Tipe ini merupakan gabungan pesawat komersial dan jet yang memiliki desain kabin sempit. Meskipun jenisnya berbeda, model lambung pesawat nyaris sama. Dibekali sistem avionik dan peralatan penerbangan dari Honeywell Primus, ERJ memberikan kecepatan terbang yang maksimal.

Kehadiran ERJ diawali dengan tipe E-170 pada tahun 2001. Beberapa tahun kemudian, meluncurkan E-190 dan E-195 yang mampu menyaingi Boeing 737. Pengguna pertama pesawat ini berasal dari New York Jet Blue di Amerika Serikat. Lambat laun, diikuti maskapai lainnya, seperti Air Canada. Armada ini membagi kabin ke dalam dua kelas, yaitu bisnis dan ekonomi.

Pesawat Embrair ERJ 190/195 digunakan maskapai Kalstar sejak tahun 2014. Ukurannya lebih besar dengan sayap lebar. Kapasitas kabin mencapai 100 penumpang. Tipe ini mampu terbang hingga ketinggian 12.500 meter di atas permukaan laut. Dari sisi kecepatan, cukup mumpuni dengan 890 km/jam.

Namun, sebuah peristiwa memilukan terjadi di akhir tahun 2015. Saat itu, pesawat Kalstar Aviation tipe ERJ 195, terbakar di Bandara Internasional El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Nomor penerbangan pesawat 676 tersebut membawa 120 penumpang dan lima orang kru.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Pasalnya, pilot mampu mengendalikan pesawat ketika keluar dari landasan pacu. Hal itu sesuai dengan prinsip Kalstar yang mengedepankan keselamatan seluruh penumpang dan awak pesawat.

Selain pesawat jet ATR dan ERJ, Kalstar juga kerap kali menggunakan Boeing 737. Armada ini merupakan jenis pesawat komersial berukuran kecil. Namun, tergolong paling laris dipakai beberapa maskapai nasional. Kualitasnya mampu menyaingi tipe Airbus.

Boeing 737 merupakan besutan pabrik pesawat terbang Boeing di Seattle, Amerika Serikat. Armada ini dibuat pertama kali di era 1960-an. Saat itu, Boeing meluncurkan secara resmi tipe 737 pada tahun 1968. Mulanya, mereka hanya membuat 30 armada.

Memasuki tahun 1980, tipe Boeing 737 mengalami inovasi di bagian mesin. Dari mesin berjenis JT8D diubah menjadi CMFM56. Peletakannya di bagian sayap depan. Penggantian tersebut disertai penambahan angka 300 di belakang 737 sehingga bertransformasi menjadi Boeing 737-300.

Berlanjut di tahun 2001, Boeing kembali berinovasi dengan tipe 737-900. Pesawat ini dirancang sangat canggih dan berjarak tempuh lebih jauh. Kapasitas penumpangnya mencapai 707 orang. Boeing 737-900 ini termasuk next generation dari jet Boeing.

Sayangnya, Kalstar belum melirik tipe armada tersebut. Maskapai tersebut baru menggunakan Boeing 737-300. Pasalnya, Kalstar menerapkan standar penerbangan medium-service dengan kapasitas penumpang tidak lebih dari 140 orang.

Soal bahan bakar, pesawat Boeing 737-300 tergolong hemat. Kapasitas tangkinya mencapai 23,170 liter. Dengan jumlah itu, armada mampu terbang hingga jarak 4 km. Apalagi jika menggunakan Boeing 737-900; bahan bakar 29 liter bisa digunakan untuk penerbangan berjarak 6 km.

Supaya lebih jelas, berikut ini tabel informasi armada Kalstar Aviation :

Jenis Armada

Jumlah Armada

Jumlah Kursi Penumpang

Kecepatan Maksimal

ATR 42-500

4

48

555 km/jam

ATR 72-500

2

72

511 km/jam

ATR 72-600

3

72

511 km/jam

Boeing 737

3

140

877 km/jam

Embraer ERJ-190

3

144

890 km/jam

Kalstar Aviation menggunakan pesawat berdasarkan jarak tempuh penerbangan. Khusus penerbangan domestik, biasanya memakai armada ATR 42/72 dan Embraer ERJ-190. Sementara itu, untuk perjalanan ke luar negeri, pilihannya jatuh pada pesawat Boeing 737 atau Embraer ERJ-190.

Adapun rute penerbangan Kalstar dimulai dari 27 bandara di Indonesia. Berikut beberapa daftar bandaranya :

  1. Bandara Ahmad Yani Semarang
  2. Bandara El Tari
  3. Bandara Hasan Aroebusman Airport
  4. Bandara Hasanudin Ujung Pandang
  5. Bandara Husein Sastranegara Bandung
  6. Bandara Iskandar
  7. Bandara Juanda
  8. Bandara Juwata
  9. Bandara Kalimarau
  10. Bandara Ketapang
  11. Bandara Labuan Bajo
  12. Bandara Malinau
  13. Bandara Melak
  14. Bandara Ngurah Rai
  15. Bandara Nunukan
  16. Bandara Pangsuma
  17. Bandara Sampit
  18. Bandara Soekarno-Hatta
  19. Bandara Stagen
  20. Bandara Supadio
  21. Bandara Susilo
  22. Bandara Syamsudin Noor
  23. Bandara Tanjung Selor
  24. Bandara Temindung
  25. Bandara Wai Otin
  26. Bandara Warukin
  27. Bandara Sintang

Kru Pesawat Kalstar Aviation

Mengusung slogan Fly Smart with Us, Kalstar tidak hanya menjamin keselamatan penumpang, tetapi juga pelayanan prima dari kru pesawat. Untuk mendukung tujuan tersebut, manajemen maskapai membekali kru dengan seragam khas yang menggambarkan semangat, keramahan, dan petualangan. Tanpa meninggalkan budaya Indonesia, pakaian kru dirancang kekinian.

Seragam pramugari pesawat bercorak batik oranye dengan atasan berupa blus seperempat lengan. Kerah baju dibuat melingkar dan bermotif khas Borneo. Roknya berbentuk sepan yang panjangnya hingga mata kaki. Meski tak banyak pola, seragam ini terlihat elegan dan mewah. Apalagi didukung riasan wajah minimalis.

Nah, untuk pilot, seragamnya terdiri dari celana panjang berbahan kain dengan warna hitam. Bagian atasan berupa kemeja putih lengan pendek. Dilengkapi kerah klasik dan dasi hitam. Di bahunya terdapat atribut khas pengemudi pesawat. Pelengkapnya adalah sebuah topi pilot berdesain khusus.  

Kebijakan Airline

Kebijakan untuk Penumpang yang Sedang Hamil

Demi menjaga keselamatan seluruh penumpang, Kalstar membuat beberapa kebijakan untuk wanita hamil. Berikut ini aturan yang harus dipatuhi :

  1. Penumpang yang sedang mengandung, wajib menyertakan surat dokter yang berisi izin bepergian, riwayat kesehatan, umur janin, dan perkiraan kelahiran.
  2. Penumpang hamil wajib mengisi formulir kesediaan menanggung risiko selama penerbangan.
  3. Umur janin yang dikandung maksimal 28 minggu atau 7 bulan. Jika lebih dari itu, maskapai berhak menolaknya.

Kebijakan untuk Penumpang Balita dan Anak-Anak

Kebijakan ini berkaitan dengan pembelian tiket dan keselamatan balita. Kategori balita, yaitu yang berumur antara 0-23 bulan. Mereka tidak dikenai biaya tiket. Begitu pun anak-anak rentang usia 2-12 tahun; dibebaskan dari tarif tiket. Ketentuan lainnya; satu penumpang dewasa hanya boleh memangku seorang balita atau anak-anak.

Kebijakan Check In

Check in merupakan kegiatan bersifat konfirmasi yang dilakukan sebelum menerima boarding pass. Rangkaian aktivitas saat check in meliputi, pemeriksaa tiket, kartu identitas, dan dokumen penting lainnya. Berikut ini ketentuan check in di maskapai Kalstar :

  1. Kegiatan check in wajib dilakukan minimal dua jam dan maksimal 45 menit sebelum keberangkatan. Jika ada penumpang yang check in kurang dari 45 menit, penerbangannya dibatalkan.
  2. Setiap penumpang wajib membawa kartu identitas, tiket asli, dan paspor (khusus perjalanan ke luar negeri).
  3. Penumpang wajib memasuki gerbang keberangkatan maksimal 15 menit sebelumnya. Jika kurang dari itu, penerbangan dinyatakan batal.
  4. Penumpang pesawat wajib melapor di gerbang keberangkatan dan menunjukkan boarding pass.
  5. Jika penerbangan hari itu batal, tiket dianggap hangus. Artinya, penumpang harus memesan tiket lagi.

Kebijakan Bagasi

Bagasi merupakan barang-barang yang dibawa oleh penumpang selama penerbangan. Pemisahan tempat bagasi dan penumpang bertujuan agar pesawat bisa terbang dengan seimbang. Karena Kalstar Aviation menggunakan tiga jenis pesawat, ketentuan bagasinya tidak sama.

Jatah bagasi untuk pesawat bertipe ATR dan ERJ, maksimal 10 kg. Penumpang boleh menambahkan tas tangan dengan berat maksimal 5 kg. Sementara itu, di pesawat Boeing, batas bagasinya 20 kg. Beberapa benda yang dilarang disertakan dalam tas, antara lain bahan kimia berbahaya, bahan peledak, senjata api, benda tajam, dan cairan.

Kebijakan Pembatalan Tiket

Maskapai Kalstar memiliki ketentuan khusus untuk penumpang yang membatalkan keberangkatannya. Pengembalian biaya berlaku jika dilakukan maksimal 4 jam sebelum penerbangan. Berikut ini aturan lengkapnya :

  1. Pemberian refund bisa dilakukan jika penumpang menunjukkan bukti tiket.
  2. Jika pihak maskapai yang melakukan pembatalan, penumpang mendapatkan refund 100%.
  3. Pembatalan dilakukan melalui call center atau datang langsung ke kantor maskapai. Dana boleh diklaim 30 hari setelah pelaporan. Berikut ini ketentuan pembatalan tiket oleh penumpang :

Waktu Pengajuan sebelum Penerbangan

Biaya

Lebih dari 72 jam

25% dari tarif dasar

48-72 jam

50% dari tarif dasar

24-47 jam

60% dari tarif dasar

12-23 jam

70% dari tarif dasar

4-11 jam

80% dari tarif dasar

Kurang dari 4 jam

90% dari tarif dasar

Force majeure

15% dari tarif dasar

Kebijakan Perubahan Jadwal

Perubahan jadwal atau re-book juga memiliki aturan. Berikut ketentuan yang harus dipatuhi penumpang :

  1. Perubahan jadwal boleh dilakukan maksimal dua kali dengan tiket yang sama.
  2. Harga tiket yang ditukar harus sama atau lebih tinggi dari tiket sebelumnya.
  3. Tidak diperkenankan melakukan penukaran tiket dengan harga lebih murah.
  4. Setiap mengubah jadwal, penumpang dikenai penalti dengan ketentuan berikut ini :

Waktu Pengajuan

Besar Penalti

0 sampai dengan 4 jam

70%

4 sampai dengan 11 jam

60%

11 sampai dengan 24 jam

50%

12 sampai dengan 48 jam

40%

48 sampai dengan 72 jam

30%

Lebih dari 72 jam

20%

  1. Sebelum melakukan perubahan jadwal, pastikan data dalam tiket sesuai kartu identitas. Jika menginginkan dana pengembalian ditransfer, sertakan nomor rekening yang benar.

Kebijakan Perubahan Rute

Kalstar Aviation tidak melayani perubahan rute penerbangan. Penumpang harus memesan tiket baru atau refund jika ingin mengubah rute.

Ketentuan PSC (Passenger Servic Charge)

PCS merupakan nominal biaya yang dibebankan kepada penumpang oleh pengelola bandara. Biaya tersebut ditujukan untuk penggunaan fasilitas di terminal bandara. Besaran tarif PSC ditetapkan sesuai Undang-Undang Penerbangan No.1/2009 dan peraturan menteri perhubungan KP-12 tahun 2015. Biayanya sekitar Rp10.000-80.000.

Terminal Maskapai Kalstar Aviation yang Ada di Indonesia

Meskipun tergolong maskapai baru, Kalstar memiliki beberapa terminal di bandara wilayah Jawa dan Kalimantan. Di Bandara Soekarno-Hatta, maskapai Kalstar Aviation berada di terminal 1C. Untuk informasi lengkap mengenai terminal di bandara lainnya, Anda bisa menghubungi call center Kalstar.

Partner Maskapai Domestik
Lion AirCitilinkBatik AirSriwijaya AirGaruda IndonesiaWings AirNAM AirAirAsia  Xpress AirKalstar AviationTrigana Air