Pesan Tiket Pesawat Susi Air
Kota Asal
Semua Bandara
Kota Tujuan
Semua Bandara
Tanggal Berangkat
22 Apr 2018
Tanggal Pulang
24 Apr 2018
Penumpang
1 penumpang
CARI

 

Susi Air - PT ASI Pujiastuti Aviation, yang beroperasi sebagai Susi Air, merupakan maskapai carter yang berbasis di Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia. Hampir 60% operasi maskapai ini melayani rute reguler dan rute perintis, sementara sisanya merupakan penerbangan carter. Perusahaan ini beroperasi dari beberapa pangkalan di seluruh Indonesia.  

Berdasarkan data statistik pada tahun 2015, terdapat 150-225 penerbangan Susi Air per harinya, 40.800 jam per tahun, 196 rute domestik, 164 tujuan domestik, serta 32 rute komersil yang dilayani Susi Air.

Susi Air dikenal sebagai maskapai yang memiliki pilot yang berasal dari luar negeri, terutama dari negara-negara Barat, karena kurangnya pilot terlatih di Indonesia. Berdasarkan informasi pada tahun 2011, dari 179 pilot yang bekerja untuk Susi Air, 175 orang di antaranya adalah pilot yang berasal dari luar negeri. Film dokumenter berjudul "Worst Place to be a Pilot" mendokumentasikan kisah para pilot ini menjelajahi daerah-daerah terpencil di Indonesia bersama Susi Air.

Selain pilot-pilot andal, Susi Air didukung oleh 75 insinyur pesawat terbang dan mekanik, serta 650 staf pendukung di darat.

Sejarah Susi Air

Susi Air didirikan pada akhir tahun 2004 oleh Susi Pudjiastuti, yang kini dikenal sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja 2014-2019. Pada awalnya, perusahaan ini didirikan untuk membantu mengangkut kargo ikan dari anak perusahaan PT ASI Pudjiastuti karena transportasi darat ke Jakarta membutuhkan waktu lebih dari 12 jam. Akibatnya, sulit menjaga kesegaran produk-produk laut tersebut hingga sampai ke restoran atau konsumen akhir.

Pada tahun 2004, terjadi gempa Samudra Hindia yang memicu tsunami di pesisir Sumatra. Kejadian tersebut memaksa 2 pesawat Cessna Grand Caravans yang baru saja dipesan oleh Susi Air untuk digunakan sebagai sarana transportasi peralatan dan obat-obatan ke lokasi bencana. Pesawat Susi Air merupakan pesawat yang pertama kali mendarat di Aceh setelah tsunami.

Sejak Desember 2004, 2 pesawat tersebut beroperasi secara permanen dengan pangkalan di Medan. Selama tahun 2005, pesawat Susi Air dicarter oleh beberapa NGO di Aceh, yang secara cepat memberikan sumbangsih penghasilan dan memungkinkan Susi Air untuk membeli pesawat baru di tahun 2006. Pada tahun 2006, Susi Air mulai mengembangkan rute penerbangan ke luar Medan.

Pada akhir tahun 2006, Susi Air kemudian dipindah ke Jayapura, Papua. Hal tersebut dilakukan untuk membangun pangkalan baru di tempat-tempat terpencil di Papua, yang merupakan salah satu lingkungan penerbangan paling menantang di dunia.

Pesawat Grand Caravan keempat dibeli pada awal tahun 2007, bersamaan dengan penambahan armada baru berupa Diamond Twin Star yang digunakan untuk penerbangan carter serta membuka kemungkinan program pelatihan pilot Susi Air. Pada akhir 2007, empat pesawat Grand Caravan serta dua pesawat Pilatus Turbo Porter melengkapi koleksi armada Susi Air.

Pada tahun 2008, Susi Air membeli pesawat Diamond Star yang digunakan oleh Susi Flying School yang berbasis di Pangandaran, Jawa Barat. Sejak saat itu, mulai banyak penambahan armada pesawat terutama Grand Caravan yang digunakan sebagai pesawat carter.

Pesawat Garmin G1000 tiba pertama kali pada April 2009, dan pada Juli 2009 diikuti oleh penambahan pesawat Piaggio Avanti.

Prestasi Susi Air

Susi Air adalah maskapai yang jauh dari komersialisasi industri penerbangan. Susi Air dikenal sebagai maskapai yang tetap beroperasi secara profesional meskipun penumpangnya hanya 3-4 saja dari kapasitas Cessna Grand Caravan berpenumpang 10-12 orang. Sebagian besar rute penerbangan Susi Air pun merupakan rute-rute perintis yang tidak dilayani oleh maskapai komersial lainnya, sehingga Susi Air menjadi urat nadi yang sangat penting bagi perekonomian dari daerah tujuan di pelosok-pelosok Indonesia.

Susi Air juga dikenal sebagai operator pesawat Cessna Grand Caravan terbesar di Asia dan pengguna pertama pesawat carter Piaggio Avanti yang memiliki teknologi mutakhir.

Kontak Maskapai Susi Air

Susi Air berkantor pusat di Jl Merdeka 312 Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia 46396, dengan nomor telepon +62 (265) 631-220 dan fax nomor +62 (265) 631-580. Kantor cabang terdapat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Bandara Kualanamu di Medan.

Pertanyaan, saran, dan kritik dapat disampaikan melalui call center di nomor 0800-122-7874. Reservasi dan pertiketan melalui nomor +62 811 211 3080 atau +62 811 211 3090, sementara permintaan carter melalui nomor +62 811 211 1080 atau +62 811 211 1090.

Kelas Penerbangan Susi Air

Tidak seperti penerbangan dengan menggunakan pesawat komersil berpenumpang banyak pada umumnya, kelas penerbangan dari maskapai Susi Air dibedakan berdasarkan jenis pesawat yang dicarter oleh penumpang. Berikut ini jenis-jenis pesawat yang dioperasikan oleh Susi Air.

Piaggio P180 Avanti

Piaggio Avanti merupakan kelas penerbangan VIP milik Susi Air. Piaggio Avanti adalah pesawat carter berisi 6-8 penumpang. Empat penumpang dapat duduk di area duduk klub di kabin utama dan tiga penumpang dapat duduk di bagian depan badan pesawat. Pesawat juga menyediakan toilet yang tertutup dan terpisah yang telah disetujui badan penerbangan internasional untuk 8 penumpang yang berpergian dalam jarak dekat. 

Kursi duduk penumpang sangat nyaman dengan pelapis kulit yang terlihat mewah dan berkelas. Tempat duduk disusun berhadapan dengan meja sebagai pemisahnya. Dua stop kontak tersedia di masing-masing sisi tempat duduk.

Mesin pesawat yang diletakkan di bagian belakang memungkinkan penumpang dapat terbang lebih nyaman karena level kebisingan yang sangat rendah. Aerodinamika dan konsep tiga sayap yang terdepan memungkinkan Avanti memberikan performa yang mengangumkan. Dengan dua mesin turboprop, kecepatan dan ketinggian yang dicapainya selama terbang seperti layaknya pesawat jet.

Katering kelas pertama pun disediakan untuk penumpang yang membuat perjalanan selama di pesawat akan terasa lebih cepat. Snack disediakan untuk beberapa penerbangan rute tertentu. Terbang menggunakan Avanti juga menjadi solusi yang ekonomis dan ramah lingkungan bagi penumpang VIP karena Avanti dapat terbang dengan jarak yang sama seperti pesawat jet namun dengan bahan bakar yang lebih hemat.

Cessna C208B Grand Caravan

Grand Caravan adalah pesawat yang sangat tepat untuk mengantarkan Anda ke daerah-daerah terpencil di Indonesia, seperti Papua. Pesawat ini dapat membawa hingga 9 penumpang dengan dilengkapi kursi kulit yang mewah dan AC. Untuk penerbangan kargo, semua kursi penumpang dapat dipindahkan. Begitupun jika Anda membawa papan seluncur, sebagian kursi dapat dipindahkan dan Anda dapat tetap duduk dengan nyaman di kursi penumpang. Snack selama penerbangan juga disediakan untuk beberapa penerbangan rute tertentu.

Pilatus PC-6 Turbo Porter

Pesawat ini mampu mengangkut 7-9 penumpang. Pesawat memiliki tempat duduk portable yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Umumnya porter lebih sering digunakan sebagai pesawat kargo. Untuk penerbangan kargo, semua kursi dapat dipindahkan. Pesawat Porter dapat membawa kargo ke landasan manapun di Indonesia. Umumnya daerah tujuan adalah tempat-tempat terpencil di Papua karena banyak tempat di sana yang memiliki landasan dengan jarak yang pendek.

Air Tractor AT-8002F

AT-802F memiliki kapasitas 7-9 penumpang dan bisa menempuh jarak hingga 1250 km. Kecepatan maksimal pesawat 230 km/jam sementara kecepatan normal (minimum) untuk survey sebesar 110 km/jam. Pesawat ini bisa mendarat di landasan pendek sejauh 250 meter. Pesawat carter ini biasanya dicarter untuk berbagai keperluan seperti misi penyelamatan.

Diamond DA-42 Twinstar

Untuk kelompok kecil hingga tiga penumpang, pesawat ini merupakan pesawat carter yang sempurna dengan tarif ekonomis dan performa yang istimewa. Sejak Februari 2008, pesawat ini digunakan untuk operasional Susi Flying School yang berlokasi di Pangandaran. Pesawat berpenumpang tiga ini dilengkapi kursi kulit yang empuk sehingga penumpang bisa menikmati penerbangan dengan nyaman.

Agusta Grand A109

Interior kabin penumpang yang luas dan tidak terhalang memungkinkan penerbangan cukup sunyi dan nyaman dengan berbagai formasi kabin eksekutif. Pintu geser yang lebar di kedua sisi dan pijakan elektrik yang dapat ditarik memberikan akses yang mudah, sementara kompartemen bagasi yang diperpanjang menawarkan kapasitas bagasi yang besar.

Pesawat berpenumpang tujuh orang ini dilengkapi kursi penumpang yang dilapisi kulit yang mewah. Enam orang penumpang dapat duduk di kabin, sementara satu orang penumpang dapat duduk di kursi penumpang di kokpit. Alat transportasi VIP satu ini membuat penumpang tidak khawatir harus terjebak kemacetan di jalan raya berjam-jam.

Agusta Koala A119Ke

Helikopter berpenumpang 6 orang ini dilengkapi kursi berlapis kulit standar yang nyaman. Umumnya helikopter Susi Air tidak digunakan untuk penerbangan komersil, namun dicarter untuk misi-misi tertentu.

Program Khusus Maskapai Susi Air

Tidak ada informasi mengenai program khusus baik program membership atau loyalty yang disediakan Susi Air.

Armada Pesawat Susi Air

Kini Susi Air telah memiliki 50 armada pesawat yang terdiri dari 32 Cessna Grand Caravan C208B, 9 Pilatus PC-6 Turbo Porter, 3 Piaggio P180 Avanti II, 1 Air Tractor AT802 “Fuel Hauler”, 1 Diamond Twin Star DA42, 1 Piper Archer PA-28, dan 1 Dornier Do 228 untuk fixed wing aircraft. Pengoperasian helikopter dimulai pada akhir 2009 dengan armada berupa 1 Agusta Westland Grand A109S dan 1 Agusta Westland Koala A119Ke yang bergabung pada Maret 2010.

Piaggio P180 Avanti

Piaggio Avanti adalah pesawat turboprop tercepat yang pernah diproduksi di dunia. Faktanya, pesawat ini lebih cepat dari banyak pesawat jet bisnis lainnya, yaitu dengan kecepatan rata-rata hingga 750 km/jam.

Pesawat ini menyediakan kabin yang sama besarnya dengan pesawat jet kelas menengah. Kabin Avanti memiliki tinggi 1,7 meter dan lebar 1,85 meter, yang lebih besar dari pesawat jet berukuran kecil manapun. Hanya sedikit lebih kecil dari pesawat Falcon 50.

Pesawat ini dilengkapi kemampuan terbang IFR dengan istrumen dobel yang lengkap, 2 unit navigasi GPS, peta GPS bergerak tambahan, 1 GPS based terrain warning, 1 GPS/iridium based aircraft tracking and autopilot, 1 traffic warning system, dan 1 sistem radar cuaca.

Sebanyak 6-8 penumpang dapat terbang di dalam pesawat dengan kecepatan yang sama seperti pesawat jet. Namun, pesawat turboprop ini dapat terbang ke lebih dari 150 tujuan di Indonesia. Pesawat ini bisa menempuh perjalanan hingga 2200 km sekali jalan secara nonstop dari Jakarta ke berbagai daerah di Indonesia.

Pesawat ini dapat digunakan sebagai ambulan di udara dalam waktu cepat jika dibutuhkan. Sebuah tempat tidur pasien dilengkapi perlengkapan medis seperti tabung oksigen pun tersedia selama penerbangan. Sistem tekanan kabin yang baik memungkinkan level oksigen tetap berada dalam kadar tinggi sehingga pesawat bisa terbang pada ketinggian rendah dengan tekanan permukaan laut yang tetap jika dibutuhkan demi alasan medis. 

Cessna C208B Grand Caravan

Caravan adalah pesawat kelas utama bermesin turbin berAC yang dapat digunakan di segala kondisi cuaca. Pesawat ini dibuat di Wichita, Kansas. Pesawat ini memiliki reputasi sebagai pesawat yang paling bisa diandalkan dan aman untuk segala kondisi lingkungan, dengan lebih dari 1900 pesawat yang pernah dibuat. Kecepatan terbang pesawat adalah 300 km/jam dan dapat menempuh perjalanan hingga 1500 km sekali jalan.

Caravan telah terbukti dapat diandalkan untuk diterbangkan ke daerah-daerah terpencil. Dengan mesin turbin Pratt & Whitney bertenaga untuk pengoperasian jarak pendek dan suspensi ekstra berat, pesawat ini cocok untuk digunakan di wilayah Papua dan daerah terpencil di Indonesia lainnya.

Pilatus PC-6 Turbo Porter

Dengan slogan ‘Starts where others Stop’, pesawat ini membuktikan kemampuannya untuk dapat mendarat di mana saja, lebih tepatnya, di landasan dengan panjang bahkan hanya 250 meter. Pesawat jenis ini sangat diminati karena banyak wilayah terpencil di Indonesia yang hanya memiliki landasan kurang dari 500 meter. Hal ini dikombinasikan dengan kemampuan pesawat ini mengangkut muatan seberat 900 kg. Porter umumnya beroperasi di Papua, untuk mengakses tempat-tempat yang tidak bisa diakses oleh Caravan. Dua armada pesawat juga dilengkapi oleh ‘bus listrik misi khusus‘ serta kamera LIDAR yang bersama dengan pintu di bawah pesawat, menjadikannya sebagai favorit bagi operator geosurvei di Indonesia dan negara-negara tetangga.

Pesawat ini dapat menempuh jarak hingga 1250 km dengan kecepatan 230 km/jam maksimal dan 110 km/jam untuk kecepatan rata-rata (minimal).

Air Tractor AT-8002F

Air tractor AT-802F adalah tanker udara bermesin tunggal yang didesain untuk mampu merespons dengan cepat jika terjadi kebakaran hebat. Dengan mesin turbin PT6A-67AG, AT-802F memiliki kecepatan sebesar 200 m.p.h. Mesin turbin tidak membutuhkan pemanasan sehingga pilot AT-802F bisa membawa 820 galon muatan, mengudara dalam waktu singkat, untuk kemudian menuju lokasi kebakaran dalam waktu lima menit. Berbeda dengan tanker udara kelas berat yang digunakan di lokasi yang lebih luas, Air tractor AT-802F bisa mendarat di lahan datar yang sempit, bahkan mengapung di danau di sekitarnya. Kemampuan ini sangat menolong tim penyelamat saat kondisi kritis.

Diamond DA-42 Twinstar

Sejak Februari 2007, Susi Air mengoperasikan salah satu pesawat mesin ganda ringan paling modern yang ada di dunia penerbangan. Pesawat ini dilengkapi peralatan avionik dengan glass panel Garmin 1000.

Agusta Grand A109

Agusta Grand A109S adalah helikopter bermesin ganda tercepat di dunia. Sistem rotor utama dan rotor pada ekor memungkinkan kebisingan ditekan serendah mungkin sehingga penumpang dapat lebih nyaman selama penerbangan. Kecepatan helikopter mencapat 160 knot atau 300 km/jam dengan jarak maksimum yang dapat ditempuh sejauh 890 km.

Sertifikasi Cat A, Kelas 1 memastikan pesawat Agusta Grand dapat terbang dari tempat yang sempit dengan aman. Di area Jakarta, terdapat lebih dari 40 area pendaratan yang dapat diakses helikopter Agusta Grand, contohnya dari heliport di gedung BNI 46, hotel-hotel berbintang lima, Pantai Indah Kapuk, Bandara Soekarno-Hatta, dan berbagai lokasi lainnya.

Agusta Koala A119Ke

AW119 Ke adalah evolusi helikopter A119 Koala yang merupakan helikopter turbin tunggal dengan kabin yang luas yang dikembangkan untuk meningkatkan level keamanan dan menyediakan produktivitas dan performa yang tinggi dengan harga yang bersaing. Kabin yang luas dan tanpa halangan memungkinan pengaturan tata letak kabin dalam waktu cepat untuk berbagai misi, contohnya saat transportasi penumpang atau peralatan, layanan medis darurat, hingga aplikasi militer.

Fleksibilitas dan margin daya yang tinggi dari helikopter memberikan kinerja yang luar biasa dalam berbagai kondisi yang menjadikannya helikopter dengan biaya sangat efektif untuk banyak aplikasi. Penumpang VIP dari AW119 Ke bisa mendapatkan keuntungan dari kenyamanan yang tak tertandingi di antara helikopter turbin tunggal lainnya dengan duduk di tempat duduk klub di kabin, yang terpisah dari area kokpit.

Ruang bagasi yang luas di bagian ekor mampu mengakomodasi beban hingga 150 kg. Kemampuan menanggung beban penumpang yang tinggi dikombinasikan dengan jangkauan yang jauh membuat helikopter ini cocok digunakan untuk aplikasi lepas pantai (offshore). Layanan medis darurat di kabin mengakomodasi dua tandu dan dua petugas medis. Saat panggilan darurat untuk kebutuhan helikopter turbin tunggal datang, tidak ada pesawat lain yang lebih efektif dalam hal tarif dan performa dibandingkan AW119 Ke untuk memenuhi panggilan tersebut. Jarak tempuh helikopter ini hingga 935 km dengan kecepatan maksimal 282 km/jam serta landasan dengan luas 15m2.

Selain 7 jenis pesawat di atas, Susi Air juga mengoperasikan pesawat jenis LET 410 dan Piper Archer PA-28. LET 410 adalah pesawat bermesin ganda untuk penerbangan jarak dekat dengan kapasitas hingga 19 penumpang. Pesawat ini mampu beroperasi di lingkungan ekstrem sehingga sangat tepat untuk digunakan di daerah-daerah terpencil. 

Sementara pesawat tipe Piper PA-28 didesain hanya untuk satu pilot dan tiga orang penumpang. Pesawat ini mampu mengudara dengan kecepatan maksimum 123 knot (230 km/jam).  

Kru Pesawat Susi Air

Armada pesawat Susi Air yang berukuran kecil tidak memungkinkan adanya awak kabin selain pilot dan mekanik untuk ikut dalam penerbangan. Oleh karena itu, Anda tidak usah heran jika selama penerbangan tidak ada pramugari yang melayani penumpang. Tidak ada seragam khusus untuk awak kabin Susi Air, terutama pramugari, seperti yang sering kita temui pada penerbangan komersil pada umumnya. Sementara pilot mengenakan seragam pilot seperti kebanyakan pilot saat bertugas.

Setelah masuk ke dalam pesawat, penumpang dapat memilih kursi yang disediakan. Sang pilot sendiri yang akan menjelaskan prosedur keselamatan penumpang. Mekanik dan dua awak kabin profesional di kokpit yang dilatih di Susi Air Training Center berstandar internasional akan memastikan penumpang tiba dengan selamat di tujuan. Penumpang dipastikan dapat menempuh perjalanan dengan nyaman dengan pelayanan maksimal dari awak kabin serta kenyamana berbagai jenis pesawat Susi Air selama mengudara.

Kebijakan Maskapai Susi Air

Pemesanan Tiket

  1. Pemesanan secara online berlaku untuk penerbangan domestik melalui situs www.susiair.com atau menghubungi call center Susi Air di +62 811 211 3080; +62 811 211 3090, TOLL FREE 0800 1 22 7874, atau mengunjungi bandara lokal atau kantor Susi Air.
  2. Satu orang hanya bisa memesan untuk maksimal 2 penumpang (booking party).
  3. Pemesanan dapat dilakukan minimal satu hari dan maksimum 90 hari sebelum keberangkatan.
  4. Tiket elektronik akan dikeluarkan hanya setelah pembayaran melalui kartu kredit disetujui.
  5. Pembatalan tiket harus dilaporkan maksimal 24 jam sebelum keberangkatan. Biaya administrasi dan pembatalan berlaku.
  6. Pembayaran tiket Susi Air yang dilakukan secara online hanya menerima kartu kredit Visa dan Master.
  7. Mata uang asing untuk kartu kredit hanya dalam bentuk dolar Amerika, namun semua transaksi akan dikonversi ke rupiah.
  8. Pembayaran kartu kredit tersedia hingga maksimum 24 jam sebelum keberangkatan.
  9. Berlaku kurs konversi. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi call center Susi Air.
  10. Pembayaran dengan mengguakan ATM dalam rupiah terbatas untuk beberapa mesin ATM anggota jaringan ALTO, ATM Bersama, dan Prima.
  11. Informasi mengenai metode pembayaran lainnya (transfer bank atau tunai atau melalui indomaret p.o.s) dapat menghubungi call center Susi Air.

Pengembalian Tiket (Refund)

  1. Tiket yang dibeli secara online dapat dikembalikan dengan cara menghubungi kantor pertiketan Susi Air.
  2. Refund dapat dikembalikan ke akun kartu kredit yang digunakan pada saat transaksi pembayaran tiket.
  3. Periode refund, biaya refund, dan biaya lainnya berlaku berdasarkan aturan Susi Air.
  4. Refund tidak bisa dikembalikan dalam bentuk tunai.

Kebijakan Check-in

  1. Konter check-in dibuka 2 jam sebelum keberangkatan dan akan ditutup 30 menit sebelum keberangkatan
  2. Saat check-in, penumpang diminta menyiapkan tiket elektronik dan kartu kredit atau fotokopi kartu kredit yang digunakan pada saat pemesanan. Jika tidak mampu menyediakan dokumen tersebut, Susi Air akan membatalkan tiket penumpang.
  3. Jika pemilik kartu kredit tidak ikut terbang, penumpang diminta melampirkan surat kuasa saat melakukan check-in.
  4. Penumpang yang tidak check-in hingga batas waktu yang ditentukan akan dianggap ‘tidak hadir‘ dan tiket tidak akan dikembalikan.
  5. Penerbangan terjadwal tidak akan mengakomodasi penumpang yang datang terlambat.

Berpergian Bersama Bayi

Bayi yang belum berusia 2 tahun dapat duduk di pangkuan orang dewasa dan berbagi kursi dengan orang tua. Maksimum 50% kursi dapat ditempati oleh orang dewasa dan bayi pada saat yang bersamaan (untuk kapasitas 9 penumpang, maksimum 4 bayi untuk sekali terbang). Anda dapat menghubungi call center untuk menginformasikan jika Anda berpergian bersama bayi.

Kebijakan Bagasi Kargo

Penumpang diperbolehkan membawa bagasi dengan berat maksimal 10 kg. Beban tambahan akan dikenakan biaya per kilogramnya. Anda bisa menghubungi call center untuk keterangan lebih lanjut.

Kebijakan Bagasi Kabin

Setiap penumpang diperbolehkan membawa satu buah bagasi kabin. Barang yang dibawa ke bagasi kabin tidak boleh lebih dari 30cm x 15cm x 10cm dan beratnya tidak lebih dari 6 kg. Jika barang tersebut kelebihan volume atau berat, akan dimasukkan ke dalam kargo atau ditolak untuk masuk ke kabin.

Terminal Maskapai Susi Air

Susi Air memiliki 20 pangkalan operasional utama, yaitu di Medan, Banda Aceh, Padang, Dabo, Bengkulu, Jakarta, Pangandaran, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Malinau, Kupang, Masamba, Manokwari, Biak, Nabire, Timika, Jayapura, Wamena, dan Merauke. Dari kota-kota ini, Susi Air melayani penerbangan ke berbagai kota kecil atau daerah terpencil di Indonesia, seperti Pulau Nias di Sumatera atau Palopo di Sulawesi. Hingga saat ini, Susi Air baru beroperasi di enam pulau besar di Indonesia, yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua.

Beli Tiket Pesawat Lebih Hemat di Airy Tiket Pesawat

Untuk anda yang mencari tiket maskapai penerbangan murah untuk liburan, jangan lupa untuk memesan tiketnya di Airy tiket pesawat. Cek harga tiket pesawatnya, dapatkan harga terbaiknya, booking tiket pesawatnya, dan nikmati liburan hemat dengan Airy kapan saja. Pesan tiket pesawat Lion Air, Citilink, Batik Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Wings Air, Nam Air, AirAsia, Xpress Air, Kalstar Aviation, Trigana Air, TransNusa, Susi Air, Aviastar Mandiri dengan harga terbaik hanya di Airy. Pemesanan dapat dilakukan melalui website maupun aplikasi mobile Airy, dengan tambahan diskon dan berbagai metode pembayaran yang disediakan tentunya akan membuat perjalanan liburan semakin menyenangkan. Mau liburan hemat? Yuk liburan bareng Airy!

Partner Maskapai Domestik
Lion AirCitilinkBatik AirSriwijaya AirGaruda IndonesiaWings AirNAM AirAirAsia  Xpress AirTrigana AirTransNusaSusi Air